You are on page 1of 8

Kedalaman Antegonial mandibula

pada wanita menopause dengan osteoporosis

Membantu mengedukasi pasien dan presentasi kasus 4.Pendahuluan  Radiografik panoramik  memberikan gambaran makslofasial (maksila dan mandibula) dan struktur pendukngnya secara utuh dalam satu film Keuntungan Radiorafik Panoramik : 1. Dapat mendeteksi penyakit sistemik yang bermanifestasi pada rahang seperti DM. penyempitan arteri karotis dan osteoporosis . Lebih nyaman untuk pasien yang kesulitan buka mulut 3. Dosis radiasi relatif kecil dibandingkan IO photo 4x 2.

Lanjutan ….Radiografik panoramik merupakan metode alternatif yang relatif murah untuk mengamati keadaan tulang . Wanita cenderung lebih cepat kehilangan kepadatan tulang dibandingkan dengan priaterutama setelah menopause → oleh karena defisien estrogen 2. namun membutuhkan biaya mahal .  Menurut WHO (1994) osteoprosis : penyakit sistemik yang ditandai dengan BMD (Bone Mineral Density) rendah (meningkatkan kerapuhan tulang) 1. Pemeriksaan BMD merupakan “gold standart” pemeriksaan osteoporosis.

besar sudut antegonial.Lanjutan ….  Radiografik panoramik menggambarkan beberapa perubahan tulang maksila dan mandibula osteoporosis  Bebrapa penelitian menggunakan radiografik panoramik mendeteksi osteoporosis seperti mengukur korteks mandibula.  Penulis/ peneliti melakukan metode menukur kedalaman antegonial pada waktu osteoporosis . kedalaman antegonial. corpus mandibulae. alveolar bone loss.

Bahan dan Metode  Penelitian observasional deskriptif dengan sempel 20 wanita menopause usia >50th dan melakukan tes BMD dengan konsul dokter/ radiologi  Peneliti melakukan foto panoramik sampel yang sebelumnya telah menandatangani informed consent  Kedalaman antegonial diukur persingungan antara garis lurus yang sejajar inferior mandibula dengan titik terdalam antegonial mandibula .

91  Berdasarkan tabel 1 menunjukkan keseluruhan antegonial mandibula menopause = 1.98 rerata Pada secara wanita .N Rata-Rata (mm) Kedalaman Antegonial Kanan 20 2.03 Kedalaman Antegonial Kiri 20 1.

Pembahasan  Pemeriksaan radiografik panoramik memiliki perananan penting untuk menunjang diagnosa penyakit gigi dengan dosis radiasi relatif kecil  Radiografik panoramik selain untukmelihat struktur geligi dan rahang dapat juga melihat antegonial mandibula  Kedalaman antegonial mandibula pada wanita dengan osteoporosis memiliki perbedaan dibandingkan wanita normal  Massa tulang yang menurun mempengaruhi kedalaman antegonial yang dapat dilihat dengan radiografik panoramik  Osteoporosis tulang sering terjadi pada wanita >50 th oleh karena penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat menimbulkan karapuhan tulang .

 Diharapkan dokter gigi melakukan pengukuran kedalaman antegonial tersebut dapat mengedukasi pasien untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.Lanjutan ….  Diberbagai negara dapat terjadi perbedaan kedalaman antegonial mandibula …faktor genetik dan lingkungan  Penelitian ini memperlihatkan bahwa wanita menopause dengan osteoporosis dengan tes BMD dapat diidentifikasi dari kortikal mandibula dan indeks OST (Osteoporosis Self Assesment Toll)  Radiografik panoramik dapat berfungsi emngukur kedalaman antegonial mandibula (…) pasien menopause yang tidak memiliki osteoporosis sebagai indikator awal pemeriksaan osteoporosis. .