You are on page 1of 20

Modul Pendidikan Jarak Jauh, Pendidikan Tinggi Kesehatan

Uraian Materi
Untuk
memudahkan
Saudara
memahami
materi,
pembahasan
akan diawali dengan materi tentang
pemenuhan kebutuhan nutrisi terlebih
dahulu, baru kemudian dilanjutkan
dengan pemenuhan kebutuhan cairan,
dengan sistematika penyajian yang
sama.
ORGAN TUBUH YANG BERPERAN UNTUK KEBUTUHAN NUTRISI

Sebelum membahas lebih jauh
tentang zat gizi, perlu Saudara pelajari
lebih dahulu mengenai organ yang
berperan yaitu saluran pencernaan.
Hal ini dimaksudkan agar Saudara
bisa mengetahui organ-organ yang
berfungsi untuk mencerna makanan,
sehingga ketika melakukan tindakan
misalnya memasang sonde lambung,
saudara mengetahui letak organ yang
dimaksud.

Sistem pencernaan terdiri dari
saluran cerna dan organ pelengkapnya
(accessories). Saluran cerna diawali
oleh mulut, faring, kerongkongan
(osefagus), lambung, duodenum sampai
usus halus bagian distal. Sedangkan
organ accessories (organ pelengkap)
terdiri dari hati, kandung empedu dan
pankreas.

Kembali ke :

Pendahuluan

Uraian Materi

Rangkuman

Gambar. Anatomi saluran cerna

Mulut terdiri dari vestibula
(ruang antara gigi, gusi, bibir dan pipi)
dan rongga mulut. Didalam mulut
makanan mengalami proses mekanik
dengan
pengunyahan
sehingga
makanan menjadi halus.

Tes Formatif

Umpan Balik

2

2

Modul Pendidikan Jarak Jauh, Pendidikan Tinggi Kesehatan

Faring dan esofagus terletak
dibelakang hidung, mulut dan laring.
Faring menyerupai kerucut yang
bagian lebarnya diatas kemudian
kemudian
bersambung
dengan
esofagus yang memeliki panjang 2025 cm. Esofagus terletak dibelakang
trakea sampai menembus diafragma
yang berhubungan langsung dengan
abdomen
untuk
menyambung
dengan lambung. Esofagus berfungsi
menghantarkan makanan dari faring
menuju lambung. Kedua ujung
esofagus dilindungi sfingter untuk
mencegah makanan kembali keatas.


Lambung terdiri dari fundus(
bagian utama dan terletak dibagian
atas) dan antrum (bagian bawah
yang horizontal). Bagian lambung
yang berhubungan dengan esofagus
dibatasi orifisium (kardia) dan yang
berhubungan
dengan
dudenum
dibatasi
oleh
orifisium
pilorik.
Lambung terletak dibawah diafragma
dan didepan pankreas. Pada sebelah
kiri fundus menempel pankreas.
Fungsi lambung sebagai penampung
makanan (reservoir) untuk dicerna
sedikit demi sedikit dan memecah
makanan menjadi partikel-partikel
kecil. Didalam lambung juga, semua
makanan diasamkan oleh HCL yang
juga berfungsi sebagai antiseptik dan
desinfektan.

Kembali ke :

Usus halus merupakan tabung

Pendahuluan

Uraian Materi

berlipat yang panjangnya sekitar 2,5
meter yang berfungsi untuk absobsi
makanan (bentuk chimus: lunak dan
halus) dari lambung. Usus halus terdiri
tiga bagian yaitu duodenum dengan
panjang 25 cm, jejunum dengan
panjang 2 meter dan ileum yang
mempunyai panjang sekitar 1 meter.
Permukaan usus halus dilapisi oleh
vili yang membentuk mukosa seperti
beludru. Vili ini menjaga makanan
yang berada diusus halus tidak cepat
berjalan sehingga absorbsi makanan
lebih banyak terjadi, terutama dibagian
duodenum. Ujung usus halus yang
berbatasan dengan colon terdapat
katub ileokolik / ileosaekal.


Usus besar (colon) merupakan
sambungan dari usus halus yang
dimulai dari katub ileokolik, merupakan
tempat lewat makanan dengan panjang
sekitar 1,5 meter. Kolon terbagi empat
yaitu colon ascendens, transversum,
desenden dan sigmoid. Bagian akhir
dari colon adalah rectum dengan
panjang 10 cm, yang dimulai dari
colon sigmoid dan saluran anal. Fungsi
utama colon adalah untuk absorbsi air
sekitar 90%. Kapasitas absorbsi sekitar
5 liter. Didalam colon juga terdapat
flora normal (mikroorganisme) yang
berfungsi mensintesa vitamin B dan K
dan membusukkan sisa-sisa makanan.

Organ accessories yang terdiri
dari hati, kantong empedu dan pankreas

Rangkuman

Tes Formatif

Umpan Balik

3

Pankreas memiliki dua fungsi yaitu fungsi eksokrin dengan menghasilkan enzim pancernaan dan fungsi endokrin yang menghasilkan hormon. dapatkah Saudara mengingat kembali organ-organ yang berfungsi untuk mencerna makanan dengan mengingat sistem pencernaan pada manusia? Kembali ke : Pendahuluan Uraian Materi Rangkuman KONSEP PEMENUHAN NUTRISI Saudara perlu memahami tentang konsep pemenuhan nutrisi sebagai dasar untuk memenuhi salah satu kebutuhan fisiologis manusia. pergerakan tubuh. Tes Formatif Umpan Balik 4 4 . Oleh karena itu tubuh memerlukan asupan makanan untuk memperoleh zat-zat gizi (nutrients). Unsur Gizi Ketika Saudara makan. Tubuh memerlukan energi untuk mengoptimalkan fungsi-fungsi organ tubuh. Dalam pelaksanaan praktik klinik nanti.Modul Pendidikan Jarak Jauh. Hati berfungsi menghasilkan getah empedu. Pendidikan Tinggi Kesehatan membantu pencernaan makanan secara kimiawi. fagositosis bakteri dan benda asing lainnya. hiperemesis gravidarum dan masih banyak lagi. Pankreas juga menghasilkan hormon insulin yang mengatur kadar gula dalam darah. apa yang ada pada benak saudara? Sekedar menghilangkan rasa lapar atau untuk memenuhi kebutuhan gizi? Apa arti gizi menurut saudara? Jika Saudara makan hendaknya juga memperhatikan adakah unsur gizi pada makanan tersebut. Setelah Saudara mempelajari mengenai organ tubuh yang berperan untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi. Hati terletak disebelah kanan rongga abdomen dibawah diafragma dengan berat sekitar 1500 gram. pertumbuhan dan pergantian sel yang rusak. Gizi atau nutrisi adalah semua makanan yang dikonsumsi dan dibutuhkan oleh makhluk hidup dan setelah melalui proses kimiawi dalam tubuh. Pankreas merupakan kelenjar dengan struktur seperti kelenjar ludah dengan panjang sekitar 15 cm. membentuk sel darah merah dan menyimpan glikogen. Fungsi kantong/kandung empedu adalah sebagai penyimpan cairan empedu yang berfungsi memberi PH yang sesuai dengan enzim di usus halus. mual. saudara akan menemui masalah-masalah yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi antara lain. muntah. Pigmen empedu memberi warna pada faeces yaitu kuning kehijauan. mempertahankan suhu. Kantong empedu merupakan sebuah kantong yang terletak dibagian bawah lekukan hati dengan panjang 8-12 cm.

- Asam lemak jenuh merupakan lemak yang sulit dicerna dan berbentuk padat. Terdapat pada makan sumber hewani seperti daging. Asam amino disimpan dalam jaringan berbentuk hormon dan enzim. Karbohidrat (hidrat arang) Merupakan sumber energi terbesar yang dikonsumsi tubuh karena merupakan makanan pokok dan harganya relative murah. Makanan yang dikonsumi tersebut mengandung bahan yang terdiri atas ikatan kimia dan unsur anorganik yang merupakan keseimbangan bahan-bahan yang essential untuk tubuh. mineral dan air.Modul Pendidikan Jarak Jauh. lemak. buah-buahan ( buah mengandung 5-10% gula. jagung). kacang-kacangan. Sumber karbohidrat dalam makanan antara lain : serealia dan makanan yang terbuat dari serealia ( beras. 2. Lemak terdiri dari: - Asam lemak tak jenuh ganda yaitu lemak yang paling mudah dicerna. terdapat asam lemak essensial yaitu asam lemak yang tidak dapat dibuat didalam tubuh. - Asam lemak tak jenuh tunggal yaitu lemak mudah dicerna. Pendidikan Tinggi Kesehatan digunakan untuk berbagai aktivitas penting dalam tubuh. Zat-zat gizi dalam makanan dapat dikelompokan menjadi 6 (enam) yaitu karbohidrat. vitamin. Lemak Merupakan sumber kalori tinggi karena 1 gram lemak mengandung 9 kkal. 1. mentega. protein. Protein Merupakan zat makanan yang sangat penting bagi tubuh karena mengandung nitrogen yang tidak dapat diperoleh dari karbohidrat maupun dari lemak. Diantara asam lemak yang tidak jenuh . Bahan makanan yang dimaksud adalah merupakan zat gizi. sehingga harus mendapatkan dari bahan makanan misal asam linoleat dan asam linoleat. Protein mengandung sejumlah asam amino yang dipergunakan untuk pertumbuhan dan mempertahankan jaringan yang ada. Rangkuman Tes Formatif Umpan Balik 5 . semakin tinggi kandungan gulanya) dan susu. mengandung protein lebih rendah. 3. Sumber protein ada 2 (dua) yaitu protein hewani yang mengandung asam amino essential lebih tinggi dan protein nabati. telur. Terdapat pada makanan nbati misalnya Kembali ke : Pendahuluan Uraian Materi minyak. sayuran ( kentang. gandum. semakin manis rasa buah. sayuran hijau). Terdapat pada makan yang relative berbentuk cair susu. gula murni (sukrosa).

pe. Merupakan fungsi dari mineral. tetapi penting untuk mempertahankan gizi normal dan hanya diperoleh dari makanan. 5. Air Kebutuhan air dapat dipenuhi dari makan yang dikonsumsi seharihari. Umumnya mineral diperlukan dalam jumlah sangat sedikit dan sudah tercukupi dalam makanan sehari-hari.Modul Pendidikan Jarak Jauh. Pendidikan Tinggi Kesehatan 4. cobalah Saudara ingat kembali makanan yang biasa Saudara konsumsi. Namun secara umum dapat dikelompokkan menjadi 3 (tri guna Kembali ke : Pendahuluan Uraian Materi Rangkuman Tes Formatif Umpan Balik 6 6 . 3. Sebagai Zat Pembangun Merupakan fungsi dari protein.bentukan jaringan baru. Sebagai Sumber Energi Merupakan fungsi dari karbohidrat. meskipun diperlukan dalam jumlah sedikit. Fungsi zat gizi (nutrients) Dari uraian berbagai zat gizi diatas. 6. Zat pembangun merupakan pembentuk berbagai jaringan tubuh baru yang sesalu terjadi dan mempertahankan jaringan tubuh yang sudah ada. mineral dan air. Hipovitaminosis adalah kekurangan vitamin tetapi belum menimbulkan gangguan dalam tubuh. Energi digunakan untuk melakukan berbagai aktifitas otot/organ tubuh. Mineral (pelican) Merupakan zat gizi yang cukup penting bagi tubuh manusia. Setelah Saudara mempelajari mengenai zat-zat gizi dalam makanan. 2. Satu kalori adalah banyaknya panas yang diperlukan untuk menikkan suhu 1 kg air menjadi 1°C lebih tingi. lemak dan protein. Mengatur proses tubuh. apakah sudah memenuhi 6 kelompok zat gizi yang dibutuhkan tubuh? makanan) yaitu: 1. selain air minum. Vitamin Merupakan zat organik yang diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit. vitamin dan protein. Energi yang terdapat pada makanan yang digunakan oleh tubuh diukur dengan satuan kalori. Zat pengatur ini mempunyai peranan yang penting dalam berbagai proses tubuh. masing-masing mempunyai fungsi tersendiri. proses metabolism dan untuk pemenasan tubuh. Jika timbul gangguan disebut avitaminosis.

makanan lumat atau lembek. sampai disini sudah jelaskah Saudara fungsi zat gizi atau nutrisi bagi manusia? Kebiasaan makan setiap tahapan usia Setelah Saudara mengerti fungsi zat gizi. Susu masih diperlukan meskipun bukan makan utama. Masa Balita Anak balita memerlukan lebih banyak nutrisi untuk proses tumbuh kembang. 1) Masa Bayi (Infant) Makanan bayi sehat dikelompokkan 2 yaitu Kembali ke : Pendahuluan Uraian Materi Rangkuman makanan utama yang terdiri dari ASI/ PASI saja dan makanan pelengkap ataupendamping ASI (MP ASI). jenis-jenis makanan apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh kita? Nah. 1. Pada masa balita ini.Modul Pendidikan Jarak Jauh. belajar mengunyah atau menelan. Prinsipnya lunak. Ajak makan bersama anggota keluarga lainnya untuk mengenalkan makanan yang Tes Formatif Umpan Balik 7 . Anak sering mengalami kesulitan makan sehingga mudah terjadi kekurangan gizi. biskuit. Jangan memberikan makanan manis/ camilan yang kurang bergizi secara berlebihan. Makanan pelengkap bertujuan untuk mengembangkan kemampuan bayi menerima berbagai macam makanan. Setiap tahap usia mempunyai kebiasaan makan yang berbeda. Prinsip yang perlu diperhatikan adalah : a. mudah dicerna dan tidak merangsang. selanjutnya agar nanti dapat membantu klien memenuhi kebutuhan makannya. c. adaptasi dengan makanan berkalori tinggi. b. MP ASI terdiri dari buah. ada beberapa kelompok usia. 2) Masa Prasekolah (1-5 tahun) Pola makan anak usia 1-2 tahun tidak jauh berbeda dengan masa bayi. Pendidikan Tinggi Kesehatan Agar lebih jelas coba Saudara perhatikan gambar di bawah ini. d. karena kebiasaan itu akan terbawa pada masa selanjutnya. Jangan memaksa anak bila belum lapar. perlu lebih dahulu mengetahui kebiasaan makan setiap tahap kelompok usia. Oleh karena itu orang tua harus mempunyai kiat mengolah makanan yang bergizi sehingga menarik minat anak. Selain itu juga pada anak balita perlu diajarkan kebiasaan makan yang benar.

Masa Remaja (13-18 tahun) Pada masa ini kebutuhan gizi juga meningkat karena terjadi pertumbuhan yang relatif cepat. sekarang Saudara telah mengetahui bahwa setiap tahap usia mempunyai kebiasaan makan yang berbeda. 2. Dengan gizi cukup. 4. kebutuhan energi relatif besar. Masa Sekolah (6-12 tahun) Pada masa ini anak lebih aktif memilih makanan yang disukai. Dapatkah Saudara menceritakan kebiasaan makan seharihari pada anak usia pra-sekolah di lingkungan Saudara? Menurut Saudara apakah makanan yang dikonsumsi sudah memenuhi kebutuhan zat gizi? Untuk melengkapi pemahaman saudara tentang kebutuhan nutrisi. Dan anak mempunyai nafsu makan yang besar sehingga sering mencari makanan tambahan / jajan. 6.Modul Pendidikan Jarak Jauh. sementara jumlah makanan dikurangi. sedangkan pada anak perempuan lebih banyak membutuhkan protein dan zat besi. daya tahan tubuh anak kuat dan terhindar dari kekurangan gizi. Pada usia 1012 tahun. Masa Usia Lanjut Pada masa ini kebutuhan kebutuhan gizi mengalami penurunan karena kegiatan fisik dan metabolisme basal menurun. 3. Perlu diperhatikan kesehatan dan kebersihan gigi. Nah. e. perhatikanlah tabel perkiraan kebutuhan zat gizi untuk setiap kelompok usia. Selain itu pada laki-laki lebih banyak membutuhkan kalori. 5. Masa Dewasa Pada masa ini kebutuhan gizi relatif lebih sedikit dibanding masa anak karena pertumbuhan fisik sudah minimal. Oleh karena itu makanan yang dikonsumsi harus bernilai gizi tinggi yang menjamin semua kebutuhan nutrien. produksi ASI lancar. Tes Formatif Umpan Balik 8 8 . sehingga nafsu makan anak meningkat. Pendidikan Tinggi Kesehatan bervariasi. Ibu Hamil Dan Menyusui Kebutuhan sebagian nutrisi meningkat. Selama hamil pemberian Kembali ke : Pendahuluan Uraian Materi Rangkuman susu dianjurkan untuk menambah konsumsi kalsium.

Modul Pendidikan Jarak Jauh. dapatkah Saudara menghitung jumlah kalori yang dikonsumsinya? Apakah yang Saudara temukan. kurang atau berlebihkah kalori yang dikonsumsi dan apakah akibatnya bagi wanita tersebut? Kembali ke : Pendahuluan Uraian Materi Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan makan Yang perlu Saudara ketahui tentang faktor. Pendidikan Tinggi Kesehatan Coba amati makanan yang dikonsumsi oleh seorang wanita dewasa dalam 1 hari. Orang yang terbiasa Rangkuman Tes Formatif Umpan Balik 9 . Budaya.faktor yang mempengaruhi kebutuhan makan adalah sebagai berikut : 1.

8. sex. buah dan susu. Waktu dulu orang tua sering beranggapan bahwa banyak makan daging atau kelapa dapat menyebabkan cacingan. 3.Modul Pendidikan Jarak Jauh. sayur. Setiap orang mempunyai kesukaan makanan yang berbeda. Kelompok tertentu (usia. 7.setelah Saudara mengetahui tentang faktorfaktor yang mempengaruhi kebutuhan makan. Iklim yang dingin membiasakan orang mengkonsumsi alkohol untuk menghangatkan tubuh atau obat-obatan tertentu untuk memperoleh efek tertentu. Prinsip Pemenuhan Nutrisi Pernahkah Saudara mendengar slogan 4 sehat 5 sempurna? Saat ini slogan tersebut mulai ditinggalkan karena setiap kali makan tidak selalu terdiri dari nasi. Orang yang status ekonominya tinggi. Keseimbangan zat gizi diperoleh apabila hidangan seharihari terdiri dari sekaligus tiga kelompok bahan makanan yaitu sumber zat tenaga. Sebagai gantinya. Pedoman pemenuhan nutrisi dengan menu gizi seimbang adalah: 1. pada daerah lain sayur tersebut merupakan tumbuhah liar. Nah. Orang muslim tidak makan babi. Psikologis dan status kesehatan. Mengkonsumsi aneka ragam makanan. Pada balita membutuhkan nutrisi yang lebih tinggi. 4. dan sumber zat pembangun. Kepercayaan. sumber zat pengatur. Iklan. sebaliknya orang non-muslim justru boleh makan daging babi tersebut. 9. Agama. pekerjaan). salah satu dari ke-9 faktor tersebut yang mempengaruhi kebutuhan makan seseorang? Jika Saudara telah memahami materi di atas. Pendidikan Tinggi Kesehatan makan sayur tertentu pada satu daerah. adalah menu gizi seimbang yaitu mengkonsumsi makanan sehari-hari yang bervariasi. 6. Alkohol dan obat. dapatkah Saudara memberikan satu contoh konkrit. demikian juga pekerja kasar dan laki-laki. 2. 10 Kembali ke : Pendahuluan Uraian Materi Rangkuman Tes Formatif Umpan Balik 10 . silahkan melanjutkan ke uraian berikutnya tentang prinsip pemenuhan gizi. lauk. Selera individu dan pola hidup (life style). Orang yang mengidap penyakit tertentu membutuhkan jenis makanan tertentu. Setiap makanan memiliki kelemahan dan keunggulan. Ada perbedaan kebutuhan nutrisi pada kelompok tersebut... Promosi makanan sangat mempengaruhi pola konsumsi masyarakat. Status ekonomi. 5. cenderung mengkonsumsi makanan yang kandungan zat gizinya tinggi.

11. Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kecukupan energi. Berat badan. Mengkonsumsi makanan sumber zat besi (Fe) baik untuk ibu hamil dan wanita pubertas. 7. pengukuran antropometri terdiri dari tinggi badan. Perhatikan label pada makanan yang dikemas. Hindari minum-minuman beralkohol. 5. silahkan melanjutkan ke materi berikutnya Kembali ke : Pendahuluan Uraian Materi tentang pengkajian status nutrisi. Mengkonsumsi makanan yang memenuhi kecukupan energi. namun tidak melebihi separuh dari kebutuhan kalori yang bersumber dari karbohidrat. Pengukuran Antropometri Metode pengukuran antropometri meliputi pengkajian ukluran dan proporsi tubuh manusia. lingkar lengan. 3.Modul Pendidikan Jarak Jauh. 1. ketebalan otot dan lemak. Melakukan kegiatan fisik dan olahraga secara teratur. 10. Gunakan garam yodium. Membiasakan makan pagi dan mengkonsumsi air bersih dan aman. Pengkajian status nutrisi Ketika saudara akan memberikan asuhan pada klien yag mengalami gangguan pemenuhan nutrisi. Pendidikan Tinggi Kesehatan 2. 9. ada beberapa hal yang perlu dikaji yaitu dengan pedoman A-B-C-D yang meliputi : Berikut ini akan dijelaskan secara singkat tentang masing-masing pengkajian tersebut. WHO-NCHS mengelompokkan status gizi seseorang dengan kategori sebagai berikut : Rangkuman Gizi lebih : >120% dari BB normal Gizi baik : 80—120% dari BB normal Tes Formatif Umpan Balik 11 . Berikan ASI saja sampai 6 bulan (ASI Eksklusif). 6. Sudah mengertikah Saudara tentang prinsip menu gizi seimbang? Menurut Saudara mengapa ibu hamil dan wanita pubertas sangat baik mengkonsumsi makanan sumber zat besi (Fe) dan dari jenis makanan apa saja dapat terpenuhi kebutuhan tersebut? Jika Saudara telah memahami materi di atas. 8.. 4. Mengkonsumsi makanan yang aman bagi kesehatan.

hemoglobin. silahkan melanjutkan ke uraian berikutnya tentang masalah yang berhubungan dengan pemenuhan nutrisi. 2) ketidakmampuan absorbsi. hematokrit. mata lidah tonos otot dan lain-lain. kulit. hematokrit dan limfosit. diantaranya adalah 1. Setelah Saudara mengetahui bagaimana mengkaji status nutrisi seseorang dengan pedoman A-B-C-D. mulai dari rambut.9% dari BB normal Gizi buruk : < 60% dari BB normal 2. Prinsip pemeriksaan ini adalah head to toe. albumin serum. Pemeriksaan biokimia Nilai yang umum digunakan dalam pemeriksaan ini adalah kadar total limfosit.. Hasil pemeriksaan laboratorium yang menunjukan risiko status nutrisi buruk jika terjadi penurunan Hb. nousea. trasferin serum.Modul Pendidikan Jarak Jauh. Pendidikan Tinggi Kesehatan Gizi sedang : 70-79. krearinin. MASALAH YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMENUHAN NUTRISI Dari hasil pengkajian yang telah saudara lakukan. Selanjutnya dilakukan pengamatan terhadap tanda-tanda atau gejala klinis defisiensi nutrisi. Pemeriksaan klinis Pemeriksan yang dilakukan pada klien merupakan penilaian kondisi yang berhubungan dengan masalah malnutrisi. masalah ekonomi atau kurang 12 Kembali ke : Pendahuluan Uraian Materi Rangkuman Tes Formatif Umpan Balik 12 . hiperemesis gravidarum (muntah yang terus-menerus dan berlebihan pada ibu hamil muda. Kurang dari kebutuhan tubuh karena asupan (intake) yang kurang. Dalam anamnesa ditanyakan bagaimanan pola makan klien termasuk jenis-jenis kelompok makanan yang dikonsumsinya. Intake yang kurang biasanya karena : 1) gangguan pencernaan : anoreksia.9% dari BB normal Gizi kurang : 60-69. dapat diketahui bahwa seseorang yang tidak berprinsip pada menu gizi seimbang maka dapat mengalami beberapa permasalahan. dapatkah Saudara menerapkan prosedur tersebut guna menentukan status nutrisi orang di sekitar Saudara atau bahkan Saudara sendiri? Jika Saudara telah memahami materi di atas. 3. 4. muntah atau emesis (dorongan paksa isi perut keluar melalui mulut . 3) susah mendapatkan makanan akibat transportasi sulit. zat besi. albumin. Riwayat diet Anamnesa diet harus dilakukan pada semua klien dengan risiko penyakit kronis yang berhubungan dengan gizi dan pada klien yang harus menjalani diet.

TINDAKAN UNTUK MENGATASI MASALAH PEMENUHAN NUTRISI 2. Jika klien dapat makan sendiri maka tidak perlu persiapan khusus. Memberikan atau menghidangkan makanan dan minuman pada klien sesuai dengan diet. makan berlebihan saat bayi.Modul Pendidikan Jarak Jauh. Obesitas adalah akumulasi jaringan lemak di bawah kulit yang berlebihan dan terdapat di seluruh tubuh. silahkan melanjutkan ke materi berikutnya tentang tindakan untuk mengatasi masalah pemenuhan nutrisi. saat hamil berat badan (BB) tinggi. Kembali ke : Pendahuluan Uraian Materi Konseling nutrisi : penyuluhan tentang perubahan pola makan dan memberikan instruksi patuh diet atau cara diet yang sehat. 1) menjelaskan makanan yang boleh dimakan dan yang dilarang 2) jumlah makanan yang dikonsumsi dan lain-lain 2. Mengajarkan tentang pemberian diet khusus . apakah ada orang yang mengalami obesitas atau overweight? Menurut Saudara apakah penyebab dari masalah yang dialaminya? Jika Saudara telah memahami materi di atas. Rangkuman Tes Formatif Umpan Balik 13 . Kelebihan makanan dapat mengakibatkan 1) obesitas (kelebihan 20% dari berat badan normal). 3. Untuk memberikan makan melalui sonde akan dijelaskan tersendiri pada pedoman praktikum l. 3. frekuensi makan sering. 2) over weight (kelebihan 10% dari berat badan normal). Memberikan makan melalui selang nasogastrik jika secara oral tidak memungkinkan. Setelah saudara mempelajari konsep pemenuhan nutrisi. Sudah mengertikah Saudara masalah apa yang akan timbul jika seseorang tidak memegang prinsip menu gizi seiimbang? Perhatikan orang-orang di sekitar Saudara. Pada klien yang dapat makan melalui mulut perlu diperhatikan apakah bisa makan sendiri. berikut ini akan dijelaskan tentang cara memenuhi kebutuhan nutrisi pada klien yang bisa makan melalui mulut dan pemenuhan nutrisi melalui selang sonde bagi klien yang tidak bisa makan melalui mulut. Potensial kelebihan kebutuhan nutrisi yaitu suatu kondisi yang beresiko atau terdapat faktor yang berpengaruh terjadinya kelebihan nutrisi misalnya orang tua yang gemuk (genetik). 1. Kelebihan dari kebutuhan tubuh karena intake yang berlebihan misalnya makan yang banyak mengandung kalori atau energi. atau perlu disuapi. Pendidikan Tinggi Kesehatan pengetahuan.

Klien perlu dijelaskan tentang hal-hal yang akan dilakukan dan dibantu untuk duduk di tempat tidur atau kursi. Pelaksanaannya adalah: - Klien diberi serbet untuk alas - Makan dan minuman dihidangkan kepada klien - Klien diingatkan untuk berdoa sebelum makan - Klien dipersilakan makan - Perhatikan habis tidaknya makanan yang disajikan 2.Modul Pendidikan Jarak Jauh. jika diperlukan pisau dan mangkok). - Serbet dibentangkan dibawah dagu untuk alas - Makan dan minuman dihidangkan kepada klien - Bantu untuk memotong lauk atau menuang sayur - Klien diingatkan untuk berdoa sebelum makan - Klien dipersilakan makan - Perhatikan habis tidaknya makanan yang disajikan 3. Klien Yang Dapat Makan Dengan Duduk Persiapan alat meliputi peralatan makan (piring. klien berbaring miring kekiri. Untuk memudahkan makan. gelas. Klien Yang Dapat Makan Dengan Berbaring Persiapan alat sama dengan klien yang dapat makan dengan duduk. Memberikan Makan Melalui Mulut 1. 14 Kembali ke : Pendahuluan Uraian Materi Rangkuman Tes Formatif Umpan Balik 14 . garpu. maka klien diatur dengan posisi kepala lebih tinggi - Serbet dibentangkan dibawah dagu untuk alas - Posisi petugas duduk untuk memudahkan pekerjaan - Klien diingatkan untuk berdoa sebelum makan - Tawari minum lebih dulu kepada klien - Suapkan makanan sedikit demi sedikit sambil berkomunikasi - Perhatikan apakah makanan sudah ditelan seluruhnya sebelum suapan berikutnya - Setelah selesai beri minum dan lanjutkan dengan pemberian obat jika ada - Bersihkan mulut klien dan rapikan kembali klien - Bereskan alat-alat makan Sudahkah Saudara memahami tindakan apa yang dapat Saudara lakukan jika menemui seseorang yang mengalami masalah dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi? Kemudian bagaimana cara Saudara memberikan makan kepada klien melalui mulut? Untuk selanjutnya. serbet. Pendidikan Tinggi Kesehatan namun petugas perlu menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. serta lingkungan klien harus dirapikan. Makanan dan minuman perlu ditata dan disajikan dengan baik. Klien Yang Tidak Dapat Makan Sendiri Setelah alat dipersiapkan. sendok.

Kulit dalam pengaturan cairan terkait dengan proses pengaturan panas yang dikendalikan oleh pusat pengatur panas. paru. ORGAN YANG BERPERAN UNTUK PEMENUHAN KEBUTUHAN CAIRAN Tahukah Saudara bahwa ada mekanisme tersendiri untuk kebutuhan cairan? Pada bahasan pemenuhan nutrisi memang ada kebutuhan air. kontraksi uterus dan mobilitas sistem pencernaan. Organ yang berperan untuk pengaturan cairan didalam tubuh adalah ginjal. aldosteron. Pendidikan Tinggi Kesehatan Saudara akan mempelajari mengenai pemenuhan kebutuhan cairan sebagaimana sudah dijelaskan pada awal kegiatan belajar 3. Hal ini terlihat dari fungsi ginjal sebagai pengatur air. prostaglandin dan glikokortikoid. saluran cerna dan sistem endokrin. Sistem endokrin atau hormonal yang berperan dalam pengaturan cairan adalah ADH. Ginjal memiliki peran penting dalam pengaturan kebutuhan cairan. Proses pelepasan panas dapat dilakukan dengan pengeluaran panas atau penguapan. Kebutuhan cairan pada uraian ini berkaitan dengan mekanisme keseimbangan cairan didalam tubuh. Aldosteron berperan untuk absorbsi natrium. Dalam kondisi normal. mengatur konsentrasi garam dalam darah. Paru juga memiliki peran dalam pengeluaran cairan dengan Kembali ke : Pendahuluan Uraian Materi menghasilkan kehilangan cairan yang tidak dirasakan (insensible water loss) kurang lebih 400 ml/ hari. memilki peran dalam pengaturan penyerapan dan pengeluaran air. Pengeluaran aldosteron terjadi karena perubahan konsentrasi kalium. yang diabsorbsi oleh saluran pencernaan. menjaga keseimbangan asam basa dan sekresi bahan buangan. Glukokortikoid berfungsi mengatur peningkatan reabsorbsi natrium dan air sehingga volume darah dapat meningkat. Demikian juga dengan saluran cerna (gastrointestinal). natrium dan sistem renin angiotensin dalam tubuh. Rangkuman Tes Formatif Umpan Balik 15 . ADH (anti diuretik hormon) memiliki peran dalam peningkatan reabsorbsi air sebagai upaya untuk mengendalikan keseimbangan air. Prostaglandin berfungsi untuk pengaturan sirkulasi ginjal melalui pengendalian tekanan darah. Sudah jelaskah Saudara mengenai organ tubuh apa saja yang berperan untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh? Coba Saudara ingat kembali organ-organ tersebut sambil mengingat fungsinya masing-masing.Modul Pendidikan Jarak Jauh. kulit. cairan yang keluar melalui saluran cerna sekitar 100-200 ml/hr.

dan cairan cerebrospinalis. Pada anakanak. Jumlah cairan tubuh orang dewasa kira-kira 45 – 75% dari berat badan. ada pertukaran cairan antara CIS dan CES. elektrolit dan sisa metabolisme 2. Cairan tubuh kita pada dasarnya terdiri dari air dan zatzat yang terlarut didalamnya. sedangkan wanita kira-kira 55%. Pendidikan Tinggi Kesehatan Untuk selanjutnya. CES meliputi cairan intravaskular. maka jumlah cairan tubuhnya bisa sekitar 7. bahan elektrolit dan non elektrolit. Cairan non elektrolit misalnya glukosa. limfe. bisa memiliki 50 liter cairan dalam tubuhnya. Komponen pembentuk sel. Untuk pria kira-kira 60%. plasma. dibagian mana cairan tersebut tersimpan didalam tubuh? Air atau cairan dalam tubuh. serta cairan pada persendian Untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Orang yang mempunyai berat 70 kg. Zat-zat yang dimaksud dapat dikelompokkan cairan non elektrolit (tak bermuatan listrik) dan elektrolit (ion bermuatan listrik).. 2. menempati dua ruang (kompartemen) utama. Pengatur suhu tubuh. Cairan intraseluler (CIS) adalah cairan yang berada didalam sel dan menyusun sekitar 40% dari jumlah cairan seluruhnya. Jika seorang anak memiliki berat badan 10 kg.Modul Pendidikan Jarak Jauh.5 liter. cairan interstisial dan cairan transeluler. Alat transportasi nutrien.. rata-rata 75% dari berat badan. Cairan dan elektrolit tubuh (selanjutnya digunakan istilah cairan saja) digunakan pada setiap proses fisiologis tubuh. jumlahnya lebih besar dibanding dewasa. darah dan komponen tubuh lainnya 3. Sedangkan pada anak-anak jumlah cairan kira-kira 70 – 80% dari berat badan. diantaranya sebagai: 1. Menurut Saudara. yaitu: 1. sedangkan cairan elektrolit misalnya ion Natrium 16 Kembali ke : Pendahuluan Uraian Materi Rangkuman Tes Formatif Umpan Balik 16 . silakan Saudara pelajari uraian tentang konsep kebutuhan cairan berikut ini. Cairan ekstraseluler (CES) adalah cairan yang berada diluar sel dan menyusun sekitar 20% dari cairan tubuh. Cairan menempati proporsi yang besar dalam tubuh. Cairan interstisial terdapat didalam ruang antar sel. plasma darah. ureum dll. KONSEP KEBUTUHAN CAIRAN Distribusi dan komponen Cairan Tubuh Tahukah Saudara bahwa cairan tubuh mengandung berbagai komponen yang kesemuanya diperlukan oleh tubuh? Cairan tubuh merupakan kebutuhan esensial bagi kesehatan yang terdiri dari air.

dan sebagainya.. Osmosis Osmosis adalah perpindahan cairan melintasi membrane semipermiabel dari area berkonsentrasi pekat ke area berkonsentrasi tinggi. Pertukaran cairan tubuh yang berlangsung dua arah antara CIS dan CES terjadi setiap saat agar tetap terjaga keseimbangan dengan dibantu komponen elektrolit. Bikarbonat. Pergerakan atau pertukaran cairan CES dan CIS merupakan hubungan timbal balik antara air dan komponen yang berada didalamnya. oleh karena itu memerlukan energi dalam bentuk ATP (Adenosin Tri Phosphat) ekstrasel dan intrasel. Perpindahan tersebut ada beberapa cara yaitu: 1. Tekanan hidrostatik Tekanan hidrostatik adalah tekanan plasma dan sel-sel darah dalam pembuluh kapiler. Difusi adalah pergerakan zat terlarut dari daerah pekat ke daerah encer melalui membrane semipermiabel hingga terjadi keseimbangan. Chloride. Contoh dari transport aktif adalah penyerapan kembali fosfat. ATP berguna untuk menjaga konsentrasi ion natrium dan kalium dalam ruang zat-zat tertentu dalam tubulus ginjal. 2. Calsium. Transport aktif Transport aktif adalah pergerakan cairan dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah dan sebaliknya. Dinding pembuluh darah yang sifatnya semipermiabel memungkinkan cairan dan elektrolit bergerak bebas. Keseimbangan dan kebutuhan cairan Bisakah saudara menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh? Rangkuman Tes Formatif Umpan Balik 17 . Magnesium. Kembali ke : Pendahuluan Uraian Materi Proses ini terjadi secara aktif.. 4. 3. Sudah jelaskah Saudara bahwa cairan tubuh merupakan kebutuhan esensial bagi kesehatan? Coba Saudara ingat kembali apa saja fungsi cairan tubuh pada setiap proses fisiologis tubuh? Ada berapa carakah perpindahan cairan di dalam tubuh manusia dan mengapa dibutuhkan perpindahan cairan dalam tubuh? Untuk selanjutnya.Modul Pendidikan Jarak Jauh. Hasilnya adalah volume daerah encer menjadi berkurang dan volume daerah pekat menjadi bertambah. Kalium (Potasium). Pendidikan Tinggi Kesehatan (Sodium). silakan Saudara pelajari uraian tentang keseimbangan dan kebutuhan cairan berikut ini.

kebutuhan 18 Kembali ke : Pendahuluan Uraian Materi Rangkuman Tes Formatif Umpan Balik 18 . Untuk itu saudara perlu tahu berapa jumlah cairan yang masuk kedalam tubuh (intake. Saudara harus mengetahui ada faktor-faktor yang berpengaruh yaitu: 1. telah disebutkan diatas. bisakah Saudara menghitungnya? Cara menghitungnya adalah: 100 ml x15 kg dan 110 ml x15 kg atau kebutuhan cairannya sekitar 1500 -1550 ml/hari. Jumlah cairan yang masuk dan yang keluar dari tubuh kita kurang lebih 2100-2900 cc. Kebutuhan cairan pada bayi akan berbeda dengan orang dewasa karena perbedaan luas permukaan tubuhnya. Pendidikan Tinggi Kesehatan Insensible water loss adalah kehilangan cairan yang tidak dirasakan. ada perbedaan kebutuhan untuk setiap kelompok usia. Meskipun perkiraan jumlah cairan yang masuk. faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi keseimbangan cairan? Jawabannya harus bisa. Perkiraan jumlah cairan yang diperlukan ditampilkan dalam tabel di bawah ini: Tahukah Saudara. asupan) dan yang keluar (output. berapa kebutuhan cairan seorang anak usia 4 tahun dengan berat badan 15 kg. Selanjutnya. dengan distribusi sbb: Faktor yang mempengaruhi keseimbangan cairan Agar keseimbangan cairan di dalam tubuh tetap terjaga. Usia.Modul Pendidikan Jarak Jauh. keluaran).

4. Kelemahan otot. 5. Tanda-tanda vital tidak normal. Penurunan atau peningkatan berat badan tiba-tiba 5. Turgor kulit buruk 6. Temperatur. Jika Saudara telah mengetahui halhal apa saja yang perlu dikaji untuk mengetahui adanya gangguan keseimbangan cairan tubuh. Untuk pemulihan diperlukan nutrisi dan cairan yang cukup. Saat stres dapat meningkatkan metabolisme sehingga juga terjadi peningkatan produksi ADH. Volume dan konsentrasi urine tidak normal 4.. Pengkajian Pemenuhan Cairan Hal-hal yang perlu Saudara kaji untuk mengetahui adanya gangguan keseimbangan cairan tubuh adalah: Kembali ke : Pendahuluan Uraian Materi 1. Untuk selanjutnya. kebutuhan cairan tidak sebanyak saat udara panas. cobalah berikan satu contoh konkrit agar jelas mengapa “tidak seimbangnya antara intake dan output” merupakan indikator dari gangguan keseimbangan cairan tubuh? Untuk selanjutnya. MASALAH PEMENUHAN CAIRAN Dari pengkajian yang sudah Saudara lakukan. silakan Saudara pelajari uraian tentang pengkajian pemenuhan cairan berikut ini. silakan Saudara pelajari uraian tentang masalah pemenuhan cairan berikut ini. metabolisme. Dapatkah Saudara menjelaskan mengapa orang yang mengalami stres akan mengalami ketidak seimbangan cairan di dalam tubuhnya? Jika Saudara dapat menjelaskan kaitan antara keduanya. Diet. berarti Saudara sudah memahami bagaimana salah satu faktor yang telah diuraikan di atas dapat mempengaruhi keseimbangan cairan tubuh manusia. Intake dan output tidak seimbang 3. Orang yang mengalami gangguan gizi akan memecah cadangan makanan dalam tubuh sehingga terjadi pergeseran cairan dari interstisial ke interselular. 3. ada beberapa masalah yang sering terjadi sehubungan dengan keseimbangan cairan yaitu: 1.Modul Pendidikan Jarak Jauh. Saat suhu udara dingin. Pendidikan Tinggi Kesehatan 2.. Edema (hypervolemia) Edema adalah meningkatnya volume cairan ekstraseluler dan ekstravaskuler disertai dengan penimbunan cairan dalam sela- Rangkuman Tes Formatif Umpan Balik 19 . Sakit. Saat sakit ada sel tubuh yang rusak.. Stres.. Suhu bisa meningkat akibat kehilangan cairan berlebihan 2. Edema 7.

- Hypokalemia : kekurangan kadar kalium dalam darah. takut dan bingung. Ditandai nyeri tulang.ditandai mual. Ditandai kram otot dan perut. TINDAKAN PEMENUHAN CAIRAN Untuk mengatasi keseimbangan cairan. Kadar kalium plasma kurang dari 3.. bingung. Ditandai mukosa kering. kulit kemerahan. Teknik pemberian cairan melalui infus akan Saudara pelajari pada pedoman praktikum dengan melakukan praktek langsung. Tindakan yang sering digunakan dan harus dapat Saudara laksanakan adalah dengan memberikan cairan memalui infus. Kadar kalium dalam plasma lebih dari 5 mEq/l. waktu atau lama pemberian dan jenis tetesan makro atau mikro.. silakan Saudara pelajari uraian tentang tindakan pemenuhan cairan berikut ini. mual dan koma. ditandai rasa haus berlebihan. aritmia. - Hypokalsemia : kekurangan kadar kalsium dalam plasma darah. 2. kejang perut. kejang. - Hyperkalsemia : kelebihan kalsium dalam darah.3 mEq/l. hipotensi. Ditandai perut kembung. Dehidrasi (hypovolemia) Dehidrasi adalah gangguan keseimbangan air yang disertai output yang melebihi intake sehingga jumlah air dalam tubuh berkurang. Kadar kalsium dalam plasma lebih dari 4. nadi lemah. Rumus untuk menghitung 20 Kembali ke : Pendahuluan Uraian Materi Rangkuman Tes Formatif Umpan Balik 20 . - Hyperkalemia: kadar kalium dalam darah tinggi. 3. otot lemah. - Hipernatremia : kadar natrium dalam plasma tinggi. jumlah urine sedikit. konvulsi. Setelah Saudara mengetahui beberapa masalah yang sering terjadi sehubungan dengan gangguan keseimbangan cairan. dapatkah Saudara memberikan salah satu contoh gangguan ketidakseimbangan elektrolit.5 mEq/l. haus. Pendidikan Tinggi Kesehatan sela jaringan dan rongga tubuh. Dapat terjadi pada orang yang kelebihan cairan tubuh. Kadar kalsium dalam plasma kurang dari 4. turgor menurun.3 mEq/l. tekanan darah menurun. lebih dari 145 mEq/l. batu ginjal. jelaskan apa penyebabnya dan ditandai dengan gejala seperti apakah gangguan tersebut? Untuk selanjutnya.Modul Pendidikan Jarak Jauh. diare. Ketidakseimbangan elektrolit : - Hiponatremia : kadar natrium dalam plasma rendah kurang dari 135 mEq/l. perlu dilakukan tindakan atau pengobatan. Untuk menghitung tetesan infus perlu diketahui lebih dahulu volume cairan yang diberikan.

Pastikan Saudara bisa menghitung kebutuhan dan tetesan infusnya. saat praktik klinik. Nah. selanjutnya kerjakanlah latihan dibawah ini. dapatkah Saudara menghitung tetesan makro dan mikro pada contoh di bawah ini? Contoh : Jika cairan infus sejumlah 300 ml harus habis dalam waktu 3 jam berapa tetesan makro dan mikro per menit! Tetesan makro : 20x300 = 33. Jika sudah yakin dengan kemampuan Saudara. Kembali ke : Pendahuluan Uraian Materi Rangkuman Tes Formatif Umpan Balik 21 . maka Saudara harus lebih banyak latihan dengan menggunakan model. Saudara bisa mempraktekannya langsung kepada klien.3 tts/ mnt = 33 tts/mnt 180 Tetesan makro : 60x300 = 100 tts/ mnt 180 Agar terampil dalam memasang infus. Pendidikan Tinggi Kesehatan tetesan infus adalah seperti pada rumus di bagian bawah halaman ini: Setelah Saudara mengetahui rumus untuk menghitung tetesan infus kepada klien. selanjutnya Saudara juga harus terampil dalam memasang infus. Untuk menilai kemampuan Saudara. bila saudara sudah dapat menghitung dengan benar tetesan cairan infus yang dibutuhkan per menitnya sesuai kebutuhan. SELAMAT ! Saudara telah menyelesaikan kegiatan belajar 3 pada modul 1 ini.Modul Pendidikan Jarak Jauh.