You are on page 1of 7

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan
Mata Pelajaran
Kelas / Semester
Tahun Pelajaran
Alokasi Waktu

: SMA Negeri 1 Maros
: Bahasa dan Sastra Indonesia
: XI / 1
: 2009 - 2010
: 4 x 45 menit

Standar Kompetensi:
2. (Berbicara) mengungkapkan pikiran, pengalaman, dan informasi melalui kegiatan
bercerita, presentasi, dan berwawancara
Kompetensi Dasar:
2.3 Berwawancara dengan narasumber tentang peristiwa yang terjadi di dalam
masyarakat
Indikator :
1. Menyampaikan alasan dipilihnya topik/permasalahan untuk wawancara
2. Membuat daftar pertanyaan wawancara
3. Menentukan langkah-langkah wawancara yang baik
4. Melaksanakan wawancara dengan kalimat santun
5. Merangkum hasil wawancara
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat berwawancara dengan narasumber tentang peristiwa yang terjadi
dalam masyarakat
2. Siswa dapat mengungkapkan hasil wawancara dan menanggapi rangkuman
hasil wawancara siswa lain
B. Materi Pembelajaran
1. Daftar pertanyaan wawancara
2. Langkah-langkah wawancara
3. Berwawancara
4. Rangkuman hasil wawancara
5. Tanggapan yang baik
C. Metode Pembelajaran
1. Model : Koperatif, Inquiri
2. Metode : Wawancara, Presentasi, Diskusi
D. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama : (2 x 45 menit)
No
a.

Kegiatan
Kegiatan
Awal

Langkah-langkah Pembelajaran

1)
2)

(15 menit)
b.

Kegiatan Inti
(60 menit)

1)
2)
3)
4)

Waktu
Menit
Guru menginformasikan tujuan dan manfaat 5
pembelajaran. (TM)
Guru memotivasi siswa dengan memberikan 10
pertanyaan tentang beberapa topik yang aktual
yang terjadi di dalam masyarakat (TM)
Guru dan siswa mendiskusikan langkah- 10
langkah berwawancara yang baik. (TM)
Siswa membentuk kelompok (satu kelompok 5
terdiri atas empat orang) (PT)
Setiap
kelompok
menentukan
topik 5
wawancara berupa permasalahan yang sedans
hangat di masyarakat dan mengajukan alasan
Setiap kelompok menentukan narasumber 5
yang sesuai dengan topik yang dipilih.(PT)

b. Perekarn wawancara . Kegiatan Awal (10 menit) Kegiatan Inti (70 menit) Waktu (Menit) 5 1) 5 3) 4) 5) 6) Kegiatan Akhir (10 men it) 10 1) Guru menginformasikan tujuan dan judul K.(PT) 6) Setiap kelompok melaporkan daftar 15 pertanyaannya kepada guru untuk melihat kesesuaian dengan topik dan narasumber yang sudah dipilih. (KMTT) 2. KMTT(Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur) E. PT (Penugasan Terstruktur).(TM) c. D. Alat / Bahan / Sumber Belajar. (TM) 2) Guru memotivasi siswa dengan mempertanyakan kesiapan siswa mempresentasi rangkuman hasil wawancara (TM) 2) c. Kegiatan akhir (15 menit) 1) Guru menanyakan kesiapan siswa untuk melakukan wawancara (TM) 2) Siswa ditugaskan untuk melakukan wawancara dengan persiapan-persiapan yang sudah dibuat dan menuliskan rangkuman hasil wawancaranya. Alat : a. 1. Alat mencatat b.5) Setiap kelompok membuat daftar pertanyaan 20 yang sesuai dengan topik. 5 Siswa membentuk kelompok baru yang terdiri atas wakil-wakil kelompok (satu kelompok delapan orang) (TM) Setiap siswa secara bergiliran tampil menyajikan rangkuman hasil wawancara di depan anggota kelompoknya (PT) Siswa yang tidak tampil mengamati dan memberi penilaian juga tanggapan terhadap rangkuman hasil wawancara teman yang tampil (lembar penilaian disiapkan guru) (PT) Siswa merekapitulasi nilai anggota kelompok dan menunjuk wakil kelompok tampil di depan kelas (PT) Wakil kelompok tampil di depan kelas dengan mengemukakan rangkuman hasil wawancara (TM) Siswa dan guru memberikan tanggapan terhadap setiap tampilan siswa (TM) 1) Siswa menyimpulkan proses pembelajaran dengan penguatan dari guru (TM) 2) Guru memberikan evaluasi dan refleksi terhadap seluruh hasil kegiatan pembelajaran yang dilakukan siswa (TM) 5 30 (bersam aan dengan langkah ke-2) 5 30 (bersam aan dengan langkah ke-5) 5 5 Catatan : TM (Tatap Muka). Pertemuan Kedua : (2 x 45 menit) No Kegiatan Langkah-langkah Pembelajaran a.

a.2.. Bahan : a. Sumber pelajaran a. Surat khabar / media elektronik c.. Caleg dari banyak partai tidak dikenal masyarakat (2) Narasumber yang sesuai dengan topik di atas adalah . Narasumber F.. Pilkada akan diadakan di seluruh daerah secara serentak c. Banyaknya caleg akan membingungkan para pemilih e. (1) Mengucapkan salam (2) Meminta kesediaan narasumber untuk diwawancara (3) Menganjukan pertanyaan dengan sopan .. Jumlah calog yang begitu banyak b.. Para pengusaha e. Daftar pertanyaan wawancara 3.. Para caleg d.. Menyusun daftar pertanyaan (4) Langkah-langkah melaksanakan wawancara ... Menyiapkan pokok-pokok wawancara d. a. Menyiapkan alat pencatat perekam wawancara e. Baku panduan bahasa Indonesia b. Para pengguna jalan (3) Yang tidak termasuk dalam langkah persiapan untuk berwawancara adalah .. Topik wawancara b. a... Penilaian dan Program Tindak Lanjut 1. Pertemuan Pertama : 1) Prosedur Penilaian a) Jenis : (1) Tugas individu (2) Ulangan harian (3) Tugas kelompok b) Bentuk : (1) Praktik ( Tugas Wawancara ) (2) Pilihan ganda ( Ulangan Harian ) (3) Uraian bebas ( Tugas Individu Merangkum Hasil Wawancara ) 2) Instrumen Penilaian a) Tugas Kelompok (1) Tentukan topik dan jelaskan alasan Anda memilih topik tersebut ! (2) Tentukan narasumber yang sesuai dengan topik ! (3) Lakukan wawancara dengan narasumber yang sudah Anda pilih ! (dibuktikan dengan rekaman) b) Tugas Individu Tulislah rangkuman hasil wawancara dengan kalimat yang baik dengan bahasamu sendiri minimal dalam tiga paragraf c) Ulangan Harian (1) Topik wawancara : pemasangan baliho para calog Permasalahan yang sesuai dengan topik tersebut adalah . Siswa / pelajar b. Para guru c. Menentukan topik wawancara b. Penilaian a. Menentukan narasumber yang sesuai c. Perlu peraturan daerah untuk menertibkan pemasangan baliho d.

. Isi 2.. Narasumber setuju dengan dibuatnya perda untuk menertibkan pemasangan baliho yang sudah dianggap mengganggu tata kota dan tata lalu lintas e. kurang menarik Kurang sistematis tidak lengkap. tata lalu lintas. Wawancara di atas dapat diubah menjadi sebuah laporan yang baik....(4) Menulis hasil wawancara » (5) Mencacat pokok-pokok isi wawancara Urutan yang benar dalam melaksanakan wawancara adalah . tidak lengkap. tata lalu lintas. a. Bapak setuju penertiban baliho karena pemasangan baliho dianggap seenaknya c. 2-3-1-4-5 b. dsb. jelas dan kreatif Skor 20-25 15-19 10-14 0-9 . Penyusunan Pengembangan Sistematik. Saya sangat setuju jika pemasangan baliho di-Perda-kan karena sudah mengganggu tata kota. 2-1-3-5-4 e. lengkap dan menarik Sistematik lengkap. yaitu kalimat. a.4 (5) Pewanwancara : Apakah Bapak setuju jika pemasangan baliho para caleg ditertibkan dengan Peraturan Daerah atau Perda? Narasumber : Saya sangat setuju karena sekarang ini pemasangan baliho terpasang dengan seenaknya. tata lalu lintas. 1-2-3-4-5 d. tata lalu lintas oleh karena itu perlu adanya Perda. tidak menarik kalimat efektif. 1-3-2-5. 5-3-2-4-1 c. dsb.. menarik Kurang sistematis. Menurut narasumber pemasangan baliho harus ditertibkan karena pemasangannya sudah mengganggu tata kota. b. d. Pemasangan baliho terpasang seenaknya sehingga mengganggu tata kota. sehingga kadang mengganggu tata kota. 3) Kunci jawaban / Penskoran nilai a) Tugas Kelompok (1) Penilaian afektif (a) Semangat siswa berdiskusi (b) Kekompakan siswa mengambil keputusan (c) Kecepatan siswa mengambil keputusan (2) Penilaian psikomotorik melalui rekaman wawancara (a) Kalimat-kalimat pertanyaan 0-25 (b) Isi Pertanyaan 0-25 (c) Tata cara wawancara 0-25 (d) Pengembangan isi wawancara 0-25 Total nilai maksimal 100 b) Tugas Iridividu : Tulisan Rangkuman Hasil Wawancara) No Aspek Penilaian 1.

8. Pertemuan Kedua 1) Prosedur penilaian : a) Jenis : (1) Unjuk kerja / Presentasi (2) Tugas individu b) Bentuk : (1) Uraian bebas (2) Format penilaian 2) Instrumen penilaian : a) Presentasi (mengungkapkan rangkuman hasil wawancara) b) Tugas individu : (1) Tampilkan didepan temanmu dengan menyajikan rangkuman Hasil wawancara tanpa membaca teks! (2) Berilah tanggapan terhadap rangkuman hasil wawancara yang disampaikan temanmu! (3) Nilailah tampilan temanmu dengan mengisi format penilaian di bawah ini! Format Penilaian Tampilan Mempresentasikan Hasil Wawancara Aspek Penilaian (*) No Nama Jumlah nilai Isi Bahasa Vocal Ekspresi 1. kurang baik : 10 3) Kunci jawaban dan penskoran nilai . 6. tidak jelas dan tidak kreatif Pilihan kata sangat baik dan sesuai Pilihan kata baik dan sesuai Pilihan kata kurang baik dan sesuai Pilihan kata kurang baik dan tidak sesuai 4. 5. jelas dan kurang kreatif Kalimat efektif. 7. Kaidah ejaan Tidak ada kesalahan dan penulisan Sedikit kesalahan Cukup banyak kesalahan Sangat banyak kesalahan 20 – 25 15-19 10-14 0-9 20-25 15-19 10-14 0-9 20-25 15-19 10-14 0-9 c) Kunci jawaban Ulangan Harian (1) C (4) B (2) C (5) D (3) C b. Pilihan kalimat Kalimat efektif. tidak jelas dan tidak kreatif Kalimat tidak efektif. cukup baik : 15. (*) : sangat baik : 25. 3. 4. baik : 20.Kalimat 3. 2.

kurang keras. keras.25 15-19 10-14 Baik. intonasi baik Kurang jelas. disampaikan dengan lancar (80-10) 2) Bahasa baik.): 1) Bobot Penilaian: a) Tugas Kelompok (Berwawancara): 30 % b) Tugas Individu ( Menulis Rangkuman Hasil Wawancara i 25° o c) Ulangan Harian (Soal pilihan Ganda) 10% d) Mempresentasikan Rangkuman Hasil Wawancara 25°o e) Memberi Tanggapan 10% 2) Contoh Pemberian Nilai : a) Nilai Tugas Kelompok 75 b) Nilai Tugas Individu 78 c) Nilai Ulhar 90 d) Presentasi 70 e) Tanggapan 70 Nilai Akhir = = 75. sopan.a) Tampilan siswa mengemukakan rangkuman hasil wawancara (Rentang Nilai 0 . intonasi baik Kurang jelas. tidak lengkap. kurang menarik Kurang Sistematis. intonasi baik Jelas. tidak lengkap. kalimat kurang jelas.100) dengan Kriteria : No Aspek Penilaian Isi rangkuman 2 3 4 Bahasa Suara Ekspresi Kriteria Penilaian Skor Sistematis. kurang menarik. kurang keras. kurang semangat 20-25 15-19 10-14 0-9 15-19 10-14 0-9 0-9 0-9 b) Tanggapan siswa (Rentang Nilai 0 . relevan. diksi menarik Kurang baku. tidak menarik 20-25 15-19 10-14 Baku. kurang menarik. kurang relevan. bahasa baik. tersendat-sendat (023) c.100) dengan kriteria : 1) Sopan. diksi tidak menarik 20-25 Jelas. lengkap dan rnenarik Sistematis. diksi menarik Kurang baku. kurang sopan. kurang relevan.D. kalimat jelas efektif. menarik dan semangat Baik. Skor Nilai Akhir (Nilai K. kurang keras. lancar (26-55) 4) Bahasa kurang baik. sopan. lancar (56-79) 3) Bahasa kurang baik. lengkap dan kurang menarik Sistematis. menarik. kurang relevan. kurang baik 20 . 50 . kalimat kurang jelas. kurang semangat Baik. kurang semangat Kurang baik. kalimat kurang jelas. diksi menarik Baku.

H. Remedial : Bagi Siswa yang tidak mencapai nilai KKM (70) ditugaskan untuk mempresentasi ulang rangkuman hasil wawancara di depan guru. Arni Anggrainy Hamid NIP. 19601231 198803 1 105 Dra.N. 19661118 199203 2 009 .Pd NIP. Pengayaan : Bagi siswa yang sudah mencapai nilai KKM diberi seal tentang mengubah kalimat wawancara menjadi kalimat laporan tidak langsung. Maros. b. 27 September 2009 Kepala SMA Negeri Maros Guru Mata Pelajaran Drs.Program Tindak Lanjut a. Muslimin Z. M.