You are on page 1of 15

Perbedaan Antara Skizofrenia dan Psikosis

Menurut DSM-IV, skizofrenia adalah suatu gangguan yang ditandai oleh gangguan proses
berpikir, respon emosional yang kurang, gangguan persepsi, dan berbicara ngawur. Diagnosa
skizofrenia ditegakkan bila seseorang mengalami beberap hal di bawah ini, yaitu:
• Tanda telah berlangsung selama setidaknya 6 bulan berturut-turut dan gejala telah
berlangsung selam setidaknya 1 bulan

Mengalami gangguan interaksi sosial dan pekerjaan secara signifikan
Mengalami 2 atau lebih gejala seperti halusinasi, berbicara ngawur, delusi, respon

emosional yang kurang, gangguan berbicara, dan kurangnya ketertarikan terhadap berbagai
aktivitas selama sebulan, hampir setiap hari
Psikosis merupakan istilah umum dari adanya berbagai gejala seperti halusinasi dan delusi.
Untuk menentukan diagnosa psikosis, dokter perlu melakukan berbagai pemeriksaan seperti
pemeriksaan fisik, pemeriksaan kejiwaan, ada tidaknya efek samping obat, riwayat penggunaan
obat-obatan, pemeriksaan klinis, pemeriksaan darah, dan pemeriksaan radiologi. Secara umum,
psikosis merupakan suatu gangguan dalam memahami realitas (gangguan persepsi realitas).
Perbedaan Penyebab
Penyebab pasti dari skizofrenia tidak diketahui, akan tetapi para ahli menduga bahwa faktor
lingkungan dan faktor genetika turut berperan dalam terjadinya gangguan ini. Sebuah teori
lainnya mengatakan bahwa penurunan kadar dopamin akibat pengecilan bagian otak tertentu
menyebabkan terjadinya skizofrenia.
Psikosis disebabkan oleh berbagai hal seperti penggunaan alkohol, ganja, amfetamin, tumor
atau kista otak, stroke, epilepsi, infeksi HIV yang mengenai otak, penyakit Parkinson, penyakit
Alzheimer, dan skizofrenia.
Perbedaan Gejala
Beberapa gejala skizofrenia yang dapat ditemukan adalah:
• Halusinasi

Delusi
Gangguan proses berpikir dan berbicara

• Anhedonia (tidak dapat merasa bahagia saat melakukan apapun, termasuk saat
melakukan berbagai hal yang dulu disenangi)

Kurangnya respon emosional terhadap orang lain maupun situasi
Menarik diri dari lingkungan


Tidak memperhatikan penampilannya atau kebersihan dirinya
Berkurangnya kemampuan untuk menilai sesuatu hal

• Kurangnya motivasi
Psikosis merupakan bagian dari skizofrenia, akan tetapi skizofrenia bukanlah bagian dari
psikosis. Halusinasi dan delusi merupakan gejala utama psikosis dan skizofrenia hanya
merupakan salah satu penyebab terjadinya psikosis.

Neurosis terjadi bisa disebabkan oleh faktor-faktor . gangguan jiwa yang ditandai ketidakstabilan emosi. Wawasan yang tak lengkap mengenai sifat-sifat dan kesukarannya. diperlukan juga terapi intervensi sosial seperti terapi keluarga. obsesi. dan kompulsi. c. Histeria ini bisa berwujud kelumpuhan atau cramp sebagian anggota badan. disasosiasi. represi. Adanya kerusakan parsial pada aspek-aspek kepribadian. Menampakkan reaksi kecemasan. (3) Psychasthenia. Jenis ini antara lain bisa tampil dalam bentuk phobia (takut yang tidak masuk akal). Bila psikosis disebabkan oleh penyakit atau penyalahgunaan zat. (2) Histeria. maka menghentikan konsumsi zat dan mengobati penyakit penyebab dapat membantu mengatasi gejala. gangguan jiwa yang ditandai tidak mampunya diri tetap dalam keadaan hubungan yang normal. yaitu gangguan yang ditandai dengan kelelahan fisik dan mental yang kronis sekalipun tidak ditemukan sebab-sebab fisik. hilang kesanggupan bicara. dan terapi kelompok untuk mengatasi kecenderungan penderita untuk menarik diri dari lingkungan dan gangguan fungsi penderita skizofrenia. Dari definisi dan ciri-ciri di atas bahwa neurosa dapat muncul dalam beberapa bentuk. Definisi Gangguan jiwa (neurosis) merupakan gangguan yang penderitanya masih menyadari atas kondisi dirinya yang tengah terganggu. hilang ingatan. Selain obat-obatan. kepribadian ganda. diantaranya: (1) Neurasthenia. Mengalami konflik batin. d. Gangguan Jiwa (Neurosa) Ada di Dalam Diri Kita 1. Ciri-ciri gangguan tersebut antara lain: a. atau berjalan-jalan dalam keadaan tidur (somnabulism). dan sugestibilitas.Pengobatan Baik skizofrenia maupun psikosis diatasi dengan menggunakan obat anti psikotik seperti risperidone atau clozapine. b. mengelana tidak sadar (fugue). terapi perilaku kognitif.

Ketidakjelasan ini terjadi dalam bentuk adanya peristiwa yang tidak menyenangkan. Akibatnya adalah bahwa masalah itu tetap ada dan berkembang. bahwa dasar utama psikoanalis adalah ketidaksadaran. Dalam pandangan psikoanalisis. Seseorang dikatakan terganggu jiwanya disebabkan karena terdapat represi atas pengalaman atau ingatan yang mencemaskan ke alam tak sadar. id yang merupakan sisi biologis kehidupan kejiwaan seseorang. asesmen klinis (psikodiagnostika). Bahkan ia meninggalkan istilah psikoterapi dan menggantinya dengan psikoanalisis saja. atau bisa juga karena faktor milieu atau lingkungan. tingkah laku. Yang jelas gangguan mental tersebut dapat berpengaruh pada perasaan. tetapi tidak pantas dikemukakan atau direpresikan ke alam bawah sadar (unconscious). Wiramihardja menjelaskan dalam bukunya Pengantar Psikologi Klinis (2004:89). dan super ego sebagai sisi kehidupan sosial manusia. psikoanalisis telah berkembang sebagai teori. ego sebagai sisi psikologis kehidupan manusia. Bentuk neurosa dalam kehidupan sehari-hari: . gangguan kejiwaan terjadi karena ada ketidakjelasan atau ketidakharmonisan antara ketiga komponen kepribadian. yaitu antara dorongan kekanak-kanakan yang tak disadari dan sikap kedewasaannya. dan kesehatan tubuh seseorang yang mengalaminya (LINK TERKAIT). masalah. sehingga melahirkan suatu pola pikiran dan tingkah laku yang tidak wajar ketika ia menghadapi orang lain. walaupun tetap didominasi di dalam diri individu itu sendiri. pikiran. 2.organis fisis. Dalam konsep Freud. dan peristiwa kehidupan lainnya (terutama pada saat orang telah menjadi dewasa). Neurosa ditandai secara khas oleh ketidakmampuan si individu untuk menunjukkan perhatian emosional terhadap orang lain atau barang. dan psikoterapi. faktor psikis dan struktur kepribadian. Konflik yang terjadi pada neurosa ialah terutama antara individu dan lingkungannya.

Phobia.Penyakit Jiwa : Psikosis/Psikosa  . b. Gangguan jiwa yang muncul dengan gejala paksaan karena melakukan pekerjaan secara berulang-ulang.Gangguan Jiwa : Neurosis/Neurosa . Secara etimologis. Bentuk tindakan yang dilakukan adalah anti social compulsive. Dampak dari itu semua adalah pecahnya kepribadian (split personality) individu menjadi dua kepribadian (double personality). Paranoid. Individu yang dalam pikirannya selalu mencoba menerka-nerka kejadian yang belum tentu kebenarannya. d. Histeria yang berhubungan langsung pada mental individu. dll). sebuah tindakan yang bertentangan dengan norma dan nilai-nilai yang berlaku tetapi aktivitas tersebut dilakukan karena keterpaksaan kebutuhan. Dari hasil perbuatannya tersebut penderita tidak menginginkan orang lain mengetahui bahwa dirinya telah melakukan aktivitas-aktivitas tertentu. Tipe individu seperti ini selalu dikusai oleh kekhawatirankekhawatiran negatif. dan psikosomatis (darah tinggi. Compulsive Orderlinese. f. stress. sesuai dengan kamus psikologi: . Bentuknya dapat berupa depresi seorang karyawan yang melakukan kegiatan yang itu-itu saja setiap harinya. 3. Obsesi Mania. c. e. Dalam kehidupan sehari-hari ini serupa dengan fenomena kerasukan.a. Gangguan jiwa ini berbentuk ketakutan yang tidak masuk akal. Repetitive Compulsive. Gangguan jiwa (neurosa) yang dikuasai oleh suatu pikiran yang tidak bisa dihindarinya. Ciri-cirinya antara lain tingkah laku tidak terkontrol dengan perbuatan motorik yang berlebihan dilanjutkan dengan fase hiper aktif dari psikosa manis-depresif. misalnya: Seseorang menjambret karena terpaksa dengan alasan tuntutan ekonomi (compulsive kleptomania).

Sementara itu. baik komunikasi verbal maupun non verbal. dan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi. Anak autis biasanya jarang melakukan kontak mata saat berbicara dan sering melakukan gerakan yang sama secara berulang-ulang. atau kekurangan iodium. akan tetapi faktor genetika diduga memiliki peranan penting. hipoksia (kekurangan oksigen) selama persalinan. Perubahan apapun pada lingkungan sekitarnya cenderung membuat anak merasa terganggu. Perbedaan Gejala Autisme Anak yang menderita autis biasanya lebih suka bermain sendirian dan mengalami kesulitan untuk berinteraksi dengan anak-anak lainnya dan orang dewasa. sering melakukan gerakan yang sama berulang-ulang. terpapar oleh zat racun tertentu (alkohol dan rokok) selama kehamilan. Baik anak autis maupun anak penderita retardasi mental . Sebagian besar anak autis memiliki IQ normal dan beberapa anak lain bahkan memiliki IQ yang tinggi.Perbedaan Antara Autisme dan Retardasi Mental 22 May 2014 14:30 WIB Apa Itu Autisme? Autisme merupakan suatu keadaan di mana anak mengalami perubahan perilaku sosial. retardasi mental biasanya disebabkan oleh kelainan kongenital seperti sindrom Down. sindrom Klinefelter. yaitu kurang dari 70. Apa Itu Retardasi Mental? Retardasi mental merupakan suatu gangguan fungsi kognitif yang diikuti dengan penurunan IQ. Perbedaan Penyebab Penyebab terjadinya autisme tidak diketahui dengan jelas. Anak autis kurang dapat menunjukkan emosinya dan sulit membangun suatu hubungan atau kedekatan dengan orang lain.

Perbedaan Pengobatan Bagi anak penderita autis. Retardasi Mental Anak yang menderita retardasi mental cenderung mengalami keterlambatan perkembangan. sementara anak penderita retardasi mental mengalami kesulitan berkomunikasi akibat adanya gangguan fungsi otak yang berperan dalam proses perkembangan keterampilan. dan analisa. diperlukan kesabaran dan kasih sayang serta perhatian yang lebih karena mereka memiliki kecepatan belajar yang lebih lambat daripada anak-anak lainnya. anak dengan retardasi mental mudah menjalin ikatan atau kedekatan dengan orang lain. logika. pendidikan khusus yang diberikan lebih bertujuan untuk mengajar suatu keterampilan khusus sehingga mereka dapat hidup mandiri. diperlukan terapi konseling dan pendidikan khusus yang membuat mereka lebih dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan anak lainnya. Seringkali.menyukai musik dan keduanya pun cenderung menarik diri dari lingkungan sekitarnya. termasuk dalam perkembangan berbicara dan berjalan. Berbeda dengan anak autis. Untuk merawat anak penderita retardasi mental. Oleh karena itu. Anak penderita retardasi mental akan mengalami kesulitan saat harus melakukan sesuatu yang membutuhkan kemampuan berpikir. Anak autis seringkali mengulang kata-kata yang sama dan melakukan suatu gerakan yang sama berulang-ulang. . anak penderita retardasi mental juga membutuhkan perhatian khusus dan seringkali tidak dapat hidup mandiri. baik dalam segi keuangan maupun berkomunikasi. Anak autis seringkali juga mengalami kesulitan untuk menunjuk suatu benda tertentu sehingga diperlukan pendidikan khusus agar mereka mampu menunjuk benda yang tepat. akan tetapi anak autis mengalami kesulitan berkomunikasi akibat keterlambatan penyampaian impuls. anak yang mengalami retardasi mental juga mengalami fase vegetatif total yang membatasi perilaku dan pergerakan anak. IQ yang rendah membuat anak memiliki kemampuan daya ingat dan kemampuan belajar serta kemampuan menganalisis yang lebih rendah daripada anak-anak lainnya. Selain itu.

belum mendapatkan penanganan yang layak. namun masih minimnya penanganan bagi penderita epilepsi di Indonesia. yaitu epilepsi simptomatik. Sel saraf merupakan bagian dari sistem saraf yang berfungsi sebagai pengatur kesadaran. Ada yang hanya berlangsung beberapa detik dan ada juga yang hingga beberapa menit. meski umumnya kondisi ini terjadi sejak masa kanak-kanak. Tiap sel saraf saling berkomunikasi dengan menggunakan impuls listrik. Sebenarnya yang mengkhawatirkan bukan angkanya. Kejang memang menjadi gejala utama penyakit epilepsi. . dan sistem panca indera kita. kriptogenik. Berdasarkan temuan penyebabnya. dan idiopatik. gerak tubuh.PENGERTIAN EPILEPSI Penyakit epilepsi mungkin tidak asing di telinga kita. epilepsi dibagi menjadi tiga. namun belum tentu orang yang mengalami kejang mengidap kondisi ini. sekitar 80-90 persen penderita epilepsi di negara-negara berkembang pada umumnya. diperkirakan terdapat sekitar 2 juta orang yang menderita epilepsi. diperkirakan jumlah penderita epilepsi di dunia mencapai lima puluh juta orang. Ada yang hanya mengalami kejang pada sebagian tubuhnya dan ada juga yang mengalami kejang total hingga menyebabkan kehilangan kesadaran. Menurut data WHO.Menurut WHO. Tingkat keparahan kejang pada tiap penderita epilepsi berbeda-beda. Kejang terjadi ketika impuls listrik tersebut mengalami gangguan sehingga menyebabkan perilaku atau gerakan tubuh yang tidak terkendali. Di dalam otak kita terdapat neuron atau sel-sel saraf. Kata “epilepsi” sendiri sebenarnya merupakan istilah umum yang berarti “kecenderungan untuk kejang”. kemampuan berpikir. Penyebab epilepsi Epilepsi dapat mulai diderita seseorang pada usia kapan saja. Dalam dunia medis. Di Indonesia. seseorang didiagnosis dengan epilepsi setelah mengalami kejang sebanyak beberapa kali.

Pengobatan serta komplikasi epilepsi Hingga kini memang belum ada obat atau metode yang mampu menyembuhkan kondisi ini secara total. obat anti epilepsi atau OAE mampu mencegah terjadinya kejang. Dalam kasus yang jarang terjadi. atau mengalami kecelakaan saat berkendaraan akibat kejang. Status epiliptikus dapat menyebabkan kerusakan permanen pada otak. Selain obat-obatan. Bertolak belakang dengan simptomatik. penanganan epilepsi juga perlu ditunjang dengan pola hidup yang sehat. serta mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang. bahkan kematian. penyebab kejang pada epilepsi idiopatik sama sekali tidak ditemukan. Contohnya adalah terjatuh. sehingga penderita dapat melakukan aktivitas sehari-hari secara normal dengan mudah dan aman. meski tidak ditemukannya bukti kerusakan struktur pada otak. tenggelam. tidak minum alkohol secara berlebihan. Alasan kenapa kejang-kejang pada penderita epilepsi perlu ditangani dengan tepat adalah untuk menghindari terjadinya komplikasi dan situasi yang dapat membahayakan nyawa penderitanya.Pada epilepsi simptomatik. seperti olahraga secara teratur. namun gangguan belajar yang diderita menunjukkan adanya kerusakan. umumnya kejang-kejang diakibatkan oleh adanya gangguan atau kerusakan pada otak. Sedangkan pada epilepsi kriptogenik. . Status epileptikus terjadi ketika penderita mengalami kejang selama lebih dari lima menit atau mengalami serangkaian kejang pendek tanpa kembali sadar di antara kejang. Meski begitu. epilepsi dapat menimbulkan komplikasi berupa status epileptikus.

kasih sayang. Skizofrenia Definisi : Skizofrenia adalah gangguan psikologis/kejiwaan yang disebabkan oleh kelainan secara kimiawi pada otak. pendengaran atau proyeksi ingatan masa lalu.Komunikasi kacau. .Munculnya halusinasi baik secara visual. sehingga timbul proyeksi yang tidak seharusnya. tingkat aktivitas. energi.10 Penyakit Gangguan Kejiwaan Yang Paling Berbahaya 1. Ciri-ciri umum penderita skizofrenia : . 2. kondisi ini mengakibatkan kegagalan fungsi otak dalam mengolah informasi dari dan ke panca indera. dll . Bipolar Disorder Definisi : Gangguan bipolar. Ciri-ciri umum penderita : Bipolar adalah gangguan/kelainan secara kimiawi pada sistem syaraf otak yang mempengaruhi mood atau suasana hati.Tingkah laku abnormal & berdasarkan insting. adalah gangguan otak yang menyebabkan perubahan yang tidak biasa dalam suasana hati. banyak hal yang dapat menyebabkan pasien melakukan perbuatan yang merugikan diri sendiri untuk itu perlu dukungan penuh. yang pada akhirnya mengganggu fungsi sistemik dan impuls syaraf otak. Data dan Fakta : berdasarkan riset medis hampir 10 % penderita skizofrenia melakukan bunuh diri atau penderita melakukan tindakan kekerasan kepada orang lain disekitarnya. suka menyendiri dan tidak dapat dikontrol. juga dikenal sebagai penyakit manik-depresif. seperti kegembiraan atau kesedihan . dan mempengaruhi kemampuan untuk melaksanakan aktifitas sehari-hari. serta perhatian dari keluarga dan perlunya ada pendamping (caregiver) bagi ODS.Delusi adalah keyakinan bahwa seseorang seolah-olah mengalami sesuatu ( alam khayal) .

OCD menyebabkan kecemasan yang parah pada mereka yang terkena dampak. Tidak memiliki empati (respon) atas rasa sakit atau kedukaan orang lain. Namun.(depresi) yang mendalam. tetapi pada kenyataanya mereka selalu menjadi sumber masalah dikomunitasnya. Obsesif Compulsif Disorder Definisi : Obsesif Kompulsif Disorder (OCD) adalah gangguan otak dan perilaku. bersifat ekstrim (perubahannya sangat cepat) dan menetap (bertahan dalam waktu yang lama) terlebih dari itu penderita gangguan bipolar juga dapat mengalami perubahan suasana hati yang complicated /multi emosi. Memiliki egoisme tinggi Meski tidak semua psikopat itu menjadi pembunuh berdarah dingin. Gangguan bipolar dapat mengakibatkan rusaknya hubungan sosial. psikopat tak sama dengan kegilaan (skizofrenia/psikosis). Ciri-ciri umum penderita: . karena prilakunya yang antisosial yang merugikan orang-orang terdekat tanpa empati sedikitpun. meski mereka menyadari seluruh perbuatannya. pekerjaan atau sekolah. OCD melibatkan kedua obsesi dan dorongan yang mengambil banyak waktu dan mendapatkan di jalan kegiatan penting nilai-nilai orang. menunggu ada kesempatan untuk membalas. serta pandai memanipulasi ekspresi . Secara harfiah. sebab seorang psikopat umunya disebut “Sosiopat”. Contoh lain psikopat adalah koruptor. 3. Ciri-ciri umum penderita Psikopat : Pandai menciptakan kebohongan yang sempurna Memiliki kemampuan menguasai emosi orang lain bahkan memanipulasinya. dan bahkan bunuh diri. psikopat berarti sakit jiwa. Cerdas. 4. Lemah dalam mengontrol emosi dan mampu menyimpan dendam dalam waktu yang lama. Psikopat Definisi : Psikopat berasal dari kata psyche (jiwa) dan pathosi (penyakit).

rasa puas atau kesenangan. terjadinya gabungan gejala skizofrenia seperti : halusinasi. atau kegiatan sosial atau suatu hubungan dengan orang lain.Melakukan tindakan yang berulang-ulang Selalu resah. Penderita OCD tidak dapat lepas dari resah cemas. delusi. Obsesi (pikiran) dan kompulsi (perilaku) sifatnya berulang-ulang secara terusmenerus dalam beberapa kali setiap harinya. Pada kasus gangguan OCD tertentu dan sangat berbahaya adalah ketika pasien terobsesi untuk melukai diri dan orang lain. . Obsesi dan kompulsi menyebabkan terjadinya tekanan dalam diri penderita dan menghabiskan waktu (lebih dari satu jam sehari) atau secara signifikan mengganggu fungsi normal seseorang. melainkan disebabkan oleh rasa khawatir secara berlebihan dan mengurangi stres yang dirasakannya. untuk itu pihak keluarga dan pendamping harus ekstra selektif dalam memberikan informasi atau bahkan saat menonton televisi… 5. Pikiran dan tindakan tersebut tidak memberikan perasaan lega. tertekan dan merasa tidak nyaman dengan keadaan ini. depresi. mendengar bisikanbisikan. amarah atau juga histeria Pasien dengan masalah skizo-afektif ini merupakan tipikal yang paling berbahaya dan lebih berpotensi untuk melakukan bunuh diri dari pada jenis skizofrenia yang lain. kekacauan komunikasi dengan gangguan afektif sepertikecemasan. kesedihan. Skizoaffectif Definisi : Gangguan skizoafektif adalah kelainan mental yang rancu yang ditandai dengan adanya gejala kombinasi antara gejala skizofrenia dan gejala gangguan afektif (gangguan mood) Ciri-ciri umum penderita: Gangguan skizoafektif memiliki ciri baik skiofrenia dan gangguan afektif ( gangguan mood).

Hal inilah yang menyebabkan penderita anoreksia nervosa ini juga mengalami suatu gangguan kecemasan dan depresi yang intens.Amenorrhea (tidak mengalami menstruasi) .Penderita mengalami perasaan tidak nyata.Evaluasi yang tidak pas terhadap berat badan atau bentuk tubuhnya sendiri.Penderita merasa tidak mendiami tubuh mereka sendiri dan menganggap diri sebagai orang yang asing atau tidak nyata. Anorexia nervosa Definisi : Anorexia Nervosa adalah gangguan pola makan.pada banyak kasus pasien Anorexia Nervosa akan mengalami permasalahan kesehatan/ metabolisme tubuh. Multiple Identity Disorder Definisi : Gangguan identitas disosiatif adalah gangguan jiwa yang mengakibatkan terbentuknya dua atau lebih kepribadian yang berbeda. atau mengingkari keseriusan berat tubuhnya yang saat ini kurang . Setidaknya dua kepribadian ini secara berulang memegang kendali penuh atas tubuh si individu. Ciri-ciri umum penderita . perilaku.Mengalami distorsi waktu. kepercayaan. amnesia. Masing-masing individu dengan ingatan sendiri. pola pikir. .Tidak mau mempertahankan berat badan pada level normal atau sedikit di atas normal . Ciri-ciri umum penderita: . .6. orang mengalami gangguan ini merasa tidak puas dengan penurunan berat badannya.Ketakutan intens bahwa berat badan akan naik . 7. serta cara melihat lingkungan dan diri mereka sendiri. merasa terpisah dari diri sendiri baik secara fisik maupun mental. mal nutrisi yang pada akhirnya berujung pada kematian penderitanya. dan penyimpangan waktu .

9.Biasanya pelaku mengalami depresi dan stres berat .Memiliki perasaan agresif yang tinggi . .Kurang mampu mengurus diri sendiri .Sering mengalami iritabilitas Berdasarkan realitasnya kita temui pasien yang mengalami masalah kejiwaan ini dapat menikmati saat ia melukai dirinya atau dengan cara melukai diri/mengancam membunuh diri untuk mendapatkan apa yang menjadi keinginannya.Tidak menyukai dirinya sendiri .Tidak suka akan perubahan.Sulit mengendalikan emosi . ..Berubah-ubahnya kondisi penderita terjadi saat satu kepribadian bertukar dengan kepribadian lain.Sakit kepala dan keinginan bunuh diri 8.Hipersensitif terhadap penolakan . Ciri-ciri umum penderita : .Tidak berfikir logis (pemikirannya kaku) .Selalu menghindari masalah . baik dalam kehidupan sehari-hari maupun pengalaman baru . Self harm/self injures Definisi : Self injury adalah suatu perilaku yang dilakukan seseorang untuk mengatasi rasa sakit emosional dengan cara melukai diri sendiri. Homosexual Definisi : homoseks adalah mengacu pada interaksi seksual dan atau romantis antara pribadi yang berjenis kelamin sama.

sinis. Pada kasus tertentu pasien yang mengalami masalah kejiwaan ini dapat melakukan segala cara. . Antisosial Personality Disorder Definisi : Gangguan kepribadian antisosial sering disebut sebagai sociopathy dalam budaya populer..memiliki sensitifitas yang sangat berlebihan. .Memiliki rasa yang berlebihan kepada sesama jenis. dan menghina perasaan. . nilai-nilai keagamaan dan membahayakan bagi eksistensi ummat manusia.Merasakan kesan berbeda (erotis) ketika bergaul dengan sesama jenis dan Kesulitan dalam menjalin hubungan dengan lawan jenis Perilaku penyimpangan seksual ini sangat bertentangan dari sisi naluriah/kodrati. homoseksual dapat diartikan sebagai suatu kecenderungan yang kuat akan daya tarik erotis seseorang justru terhadap jenis kelamin yang sama. sayang dst. seperti intimidasi. kekerasan fisik atau teror kepada pasangan sejenisnya agar senantiasa menuruti kemauannya. seperti.Kesulitan dalam mengontrol emosi dan hasrat seksual.Memiliki kelainan dalam perilaku yang tidak sesuai dari kodratnya. Istilah homoseksualitas atau Gay lebih lazim digunakan bagi pria yang menderita penyimpangan ini.Memegang teguh pada waham dan delusinya.Homoseksualitas merupakan salah satu penyimpangan perkembangan psikoseksual. Ciri-ciri umum penderita: . Individu dengan antisosial Personality Disorder sering kurang empati dan cenderung tidak berperasaan. etika sosial. . dan penderitaan orang lain. Ciri-ciri umum penderita : . keadaan yang sama disebut “lesbian”. mengagumi. hak.Kesulitan dalam melepaskan diri dari trauma masa lalu.Tidak memiliki hasrat terhadap lawan jenis. sedang bagi wanita. . . 10. rasa suka.

penggunaan alias. untuk kemudian diberikan saran-saran tindakan terapi dan obat yang tepat. Penanganan pasien yang cepat dan tepat dapat membantu proses kesembuhan pasien.Impulsif atau kegagalan untuk merencanakan ke depan . Lakukan konsultasi ke Psikiater atau Psikolog untuk menganalisa masalah sebenarnya yang dialami. 2. dan pendalaman keagamaan.Lekas marah dan agresivitas . kedisiplinan.Kegagalan untuk menyesuaikan diri dengan norma-norma sosial yang berkaitan dengan perilaku yang sah seperti yang ditunjukkan oleh berulang kali melakukan tindakan yang dasar untuk penangkapan . . angggota keluarga.Mengabaikan keselamatan diri sendiri atau orang lain .Kurangnya penyesalan . Hipnoterapi dst 3. kenali dan lakukan tindakan yang seharusnya. rekan kerja atau partner bisnis terdiagnosa mengalami gangguan kejiwaan ini. Berikut ini adalah saran kami jika kita menemui permasalahan seperti diatas : 1. tetangga. Bekam. sahabat.Tipu daya ..Konsisten tidak bertanggung jawab . seperti yang ditunjukkan oleh perkelahian fisik berulang atau serangan . seperti yang ditunjukkan oleh kegagalan berulang untuk mempertahankan perilaku kerja yang konsisten atau menghormati kewajiban keuangan . Pasien diwajibkan menjalani program perbaikan mental-psikis . seperti ditunjukkan oleh acuh tak acuh atau rasionalisasi. Akupunktur. Sebagai terapi pendukung Pasien disarankan menjalankan program terapi holistik seperti : Ruqyah. Totok Syaraf.Terkait dengan gangguan kejiwaan yang berbahaya diatas kita perlu melakukan tindakan yang tepat jika seandainya diri kita. atau menipu orang lain untuk keuntungan pribadi atau kesenangan . seperti ditunjukkan oleh berulang berbohong. .