You are on page 1of 24

ETIKA KEDOKTERAN DAN

SUMPAH DOKTER
ASNIL SAHIM
KETUA KOMITE ETIK DAN HUKUM
RSUP DR M DJAMIL

Latar Belakang


Kesehatan adalah hak azazi manusia karena itu
masyarakat berhak mendapatkan pelayanan yang
bermutu (UUD45)
Negara berkewajiban melindungi masyarakat dari
pelayanan Kesehatan yang tidak profesional.
Dokter adalah sarjana yang mempunyai pengeta
huan dan keterampilan Ilmu Kedokteran dan akan
melakukan pelayanan kesehatan.
Kita harus melayani pasien dengan standard profe
si, standard Prosedur operasional serta kebutuhan
medik pasien berdasarkan etika Kedokteran.

Asal Muasal Etika Kedokteran  Bahasa Latin  Mores dan ethos Kesopanan dan Achlak    etik jabatan kedokteran = medical ethics etik asuhan kedokteran = ethics of medical care .

Etik jabatan = mores  Sikap dokter terhadap Guru sejawat para pembantu Masyarakat Pemerintah  Etika asuhan kedokteran = ethos  etik kedokteran dalam kehidupan sehari-hari peraturan tentang sikap dan tindakan dokter.terhadap pasien ..Pengertian Umum .

Sejarah Kode Etik     Kode etik adalah etik yang tertulis Kode etik medik petama = 2500 th sebelum Masehi. di Mesopotamia Kode etik Hammurabbi adalah mengatur sikap yang diminta dari seorang dokter sudah sulit diterapkan karena terlalu terperinci ilmu kedokteran dan nilai-nilai peradaban berkembang dan makin kompleks .

selanjutnya disempurnakan dalam deklarasideklarasi penyesuaian. pada Muktamar ke 3 WMA  Banyak kali mengalami perubahan dan yang ter akhir pd Muktamar ke 22 thn 1968 di Sydney dinamakan Declaration of Sydney. sampai tahun 1987  . 1968 .Kode Etik Kedokteran Internasional Kode Etik Kedokteran Internasional berdasarkan Declaration of Geneve tahun 1948 menjadi bahan rujukan internasional dirumuskan thn 1949.

2 fsl. .4 fsl Kewajiban dr terhadap TS . berisi tentang : kewajiban umum dokter.3 fsl Kewajiban dr terhadap diri sendiri.Kode Etik Kedokteran Indonesia       Disusun tahun 1969 dalam Musyawarah Kerja Susila Kedokteran bersama-sama Depkes di Jkt Berdasarkan Kode Etik Internasional 1968 terdiri dari 17 fasal. 8 fsl kewajiban Dr terhadap pasien .

5 abad SM. thn 1803. melindungi hak si pasien perasaan dokter yang dalam dan luhur tanpa memerlukan hukuman atau sanksi. pernyataan yang dijunjung tinggi.Sejarah Sumpah Dokter   Sumpah Hipocrates . kejayaan Yunani pernyataan pendek tentang kelakuan dokter . Medical ethics adalah sumbangan yang diberikan oleh Thomas Percival. diterima oleh peradaban kristen abad ke 11 ungkapan sikap dokter yang ideal . . dr dan filsafat Inggeris .

Saja akan merahasiakan segala sesuatu yang saja ketahui dan karena keilmuan saja sebagai dokter. sesuai dengan martabat pekerjaa saja Saya akan memelihara dengan sekuat tenaga martabat dan tradisi luhur jabatan kedokteran.LAFAL SUMPAH DOKTER TAHUN 1969       Saja bersumpah bahwa : Saja akan membaktikan hidup saja guna kepentingan perikemanusiaan. Saja akan menjalankan tugas saja dengan cara yang terhormat dan bermoral tinggi. . Kesehatan penderita senantiasa akan saja utamakan.

kebangsaan. saja akan berichtiar dengan sungguh-sungguh supaya tidak terpengaharuh oleh pertimbangan keagamaan. Saya akan menghormati setiap hidup insanimulai dari saat pembuahan. politik kepartaian atau kedudukan sosial. saja tidak akan mempergunakan pengetahuan saja untuk sesuatu yang bertentangan dengan perikemanuasiaan Saja ikrarkan sumpah ini dengan sungguh2 dan dengan mempertaruhkan kehormatan diri saja.      Dalam menunaikan kewajiban terhadap penederita. Saya akan memberikan kepada Guru-guru saya penghormatan dan pernyataan terima kasih yang selayaknya. kesukuan. . Teman sejawat saya akan saya perlakukan sebagai saudara kandung. Sekalipun diancam.

mental atau emosinal. .Standard etik dokter indonesia      Harus menjunjung tinggi kode etik Kedokteran Indonesia Memelihara status klinik dengan rekam medis yang lengkap Setiap tindakan medik dan bedah harus didahului informed consent Pedoman priktik klinik yang berdasarkan bukti ilmiah terbaik yasng bersifat dinamik Dokter harus sehat fisik.

sosial. Perawatan pasca bedah merupakan komponen integral dengan manajemen pasien secara keseluruhan Memberikan kesempatan untuk mendapatkan opini lain Semua riset klinik harus didasarkan prinsip dasar moral dan keilmuan yang kuat.Standard etik dokter indonesia     Pembedahan ditawarkan kepada pasien setelah mempertimbangkan kebutuhan fisik. . emosional dan pekerjaan pasien.

4 fsl Kewajiban dr terhadap TS . 8 fsl kewajiban Dr terhadap pasien .3 fsl Kewajiban dr terhadap diri sendiri. .Kode Etik Kedokteran Indonesia       Disusun tahun 1969 dalam Musyawarah Kerja Susila Kedokteran bersama-sama Depkes di Jkt Berdasarkan Kode Etik Internasional 1968 terdiri dari 17 fasal. 2 fsl. berisi tentang : kewajiban umum dokter.

KODE ETIK KEDOKTERAN INDONESIA 1993 Pada Mukernas IDI 1993 dijadikan 20 fasal  kewajiban umum dokter. 2 fsl. 2 fsl  Kewajiban dr terhadap diri sendiri. 5 fsl  Kewajibab dokter terhadap guru 1 fsl  Kewajiban dr terhadap TS . 1 fasal.  Penutup .  . 9 fsl  kewajiban Dr terhadap pasien .

Menerima uang selain imbalan yang layak sesuai dengan jasanya. baik jasmani maupun mental. Ikut serta alam memberikan pertolongan Kedokteran dalam segala bentuk. b. seorang Dokter janganlah dipengaruhi leh pertimbangan keuntungan pribadi. meskipun dengan pengetahuan pasien. 3.Perincian KEKI 1969 Bab I Kewajiban Umum     1. Perbuatan berikut dianggap bertentangan dengan etik : a. perbuatan yang bersifat memuji diri sendiri. Tiap perbuatan atau nasihat yang mungkin melemahkan daya tahan makhluk insani. Dalam menunaikan profesinya. 4.Seorang dokter hendaklah senantiasa melakukan profesinya menurut ukuran yang tertinggi. c. hanya diberikan untuk kepentingan pasien. 2. tanpa kebebasan profesi. .

Seorang dokter hanya memberi keteranganatau pandangan yang dapat dibuktikan kebenarannya 7. Dalam kerja sama dengan para pejabat dibidang kesehatan lainnya hendaklah dipelihara pengertrtian sebaik-baiknya. 8. . Seorang Dokter hendaklah berusaha juga menjadi pendidik rakyat yang sebenarnya. 6. Dinasihatkan kepada Dokter supaya sangat berhati-hati dalam mengumumkan penemuan teknik atau pengobatan baru.    5.

. Seorang dokter haruslah senantiasa mengingat akan keawajiban melindungi hidup makhluk insani  10. Pasien hendaklah diberi kesempatan supaya senantiasa dapat berhubungan dengan keluarga dan penashatnya dalam beribadah.  9. Seorang dokter wajib bersikap tulus ichlas terhadap pasien dan mempergunakan segala dumber keilmuannya. Apabila ia tidk mampu melakukan suatu pemeriksaan atau pengobatan.Bab II. Kewajiban pasien terhadap pasien. maka wajiblah ia berkonsultasi dengan dokter lain yang mempunyai keahliandaLam penyakit yang bersangkutan.

Seorang dokter wajib merhasiakan segala sesuatu yang diketahyuinya tentang pasien karena kepercayaan yang telah diberikan kepadanya.  12. kecuali bila ia yakin ada orang lain bersedia dan mampu untuk memberikannnya.  . Seorang dokter wajib melakukan pertolongan darurat sebagai suatu tugas perikemanusiaan. bahkan juga setelah pasien menuinggal dunia.

Seorang dokter memperlakukan teman sejawatnya sebagaimana ia sendiri ingindiperlakukan.  .  15.  14.Bab III. Kewajiban Dokter terhadap Teman Sejawatnya. Seorang dokter tidak boleh merebut pasien dari teman sejawatnya.. Seorang dokter harus menjunjung tinggi atas Declaration Geneva yang telah diterima oleh Ikatan Dokter Indonesia. 13.

16.  17.  .Bab IV. Kewajiban Dokter terhadap diri sendiri. Seorang Dokter harus memelihara kesehatatnnya supaya dapat bekerja dengan baik. Seorang dokter hendaklah senantiasa mengikuti perkembangan Ilmu Penegetahuan dan tetap setiakepada citacitanyayang luhur.

Meningkatkan pelayanan kesehatan di Indonesia. berkaitan dengan parameter yang ditetapkan. Rumusan tingkat kinerja yang disepakati bersama yang mampu dicapai. Batasan kemampuan minimal yang harus dikuasai individu / dokter pada masyarakat. .Standar pelayanan     Pernyataan apa yang seharusnya dilakukan untuk menanggulangi pasien sehingga memperoleh hasil yang diinginkan.

Manajemen Risiko. Ketertutupan -. manajemen keluhan asuransi bahan-bahan berbahaya kualitas data klinis.         Risiko terhadap pasien Risiko terhadap dokter/ petugas Risiko terhadap organisasi. Keterbukaan .kualitas buruk praktik buruk performance buruk .

 Saja bersumpah bahwa :  Saja akan menjalankan tugas saja dengan cara yang terhormat dan bermoral tinggi. Saja akan memberikan kepada guru-guru saja penghormatan dan pernjataan terima kasih yang selayaknya.Lafal sumah dokter tahun 2000  Saja akan membaktikan hidup saja guna kepentingan perikemanusiaan. sesuai dengan martabat pekerjaa saja Kesehatan penderita senantiasa akan saja utamakan. Saja akan merahasiakan segala sesuatu yang saja ketahui dan karena keilmuan saja sebaga dokteri .

kebangsaan. politik kepartaian atau kedudukan sosial.       Teman sedjawat saja akan saja perlakukan sebagai saudara kandung Dalam menuniakan kewajiban terhadap penederita. .Lafal Sumpah dokter 2000 sambungan. kesukuan. Sekalipun diancam. saja tidak akan mempergunakan pengetahuan saja untuk sesuatu yang bertentangan dengan perikemanuasiaan Saja ikrarkan sumpah ini dengan sungguh2 dan dengan mempertaruhkan kehormatan diri saja. Saya akan menghormati setiap hidup insanimulai dari saat pembuahan. saja akan berichtiar dengan sungguh-sungguh supaya tidak terpengaharuh oleh pertimbangan keagamaan.