Ganti kampas rem depan

by. DuniaBengkel.Com
*baca dulu secara jelas sebelum melakukan penggantian kampas rem

Buat anda yang ingin ganti kampas rem depan sendiri bisa mengikuti petunjuk kami sebagai berikut. Lakukan penggantian kampas rem satu per satu, kita mulai dari sisi sebelah kanan kemudian lanjut ke bagian sebelah kiri. 1. 2. 3. 4. Parkir kendaraan anda ditempat yang datar tarik handrem Ganjal roda belakang dengan balok Kendurkan baut roda mobil anda Setelah semua baut roda kendur lanjutkan dengan mencari posisi yang tepat dan kuat pada chassis mobil sebagai tumpuan untuk mendongkrak. 5. Dongkrak mobil sampai posisi ban menggantung dan gunakan jakstand seperti pada gambar berikut

6. Kemudian lepas ban dan anda akan melihat kondisi seperti pada gambar dibawah ini, perhatikan bagian-bagian rem dengan seksama, pada gambar terlihat rotor disc yang sudah tipis dan perlu diganti, perhatikan juga selang rem fleksibel apakah kondisinya masih baik tidak pecah-pecah.

7. Kendurkan baut pengikat caliper rem dengan menggunakan kunci ring atau kunci sok (biasanya baut pengikat caliper rem berukuran 12mm atau 14m). Perhatikan gambar dibawah ini

8. Angkat dan lepaskan caliper rem dan sandarkan pada bagian yang aman, perhatikan selang fleksibel rem agar tidak menggantung atau melilit, usahakan agar bebas. Kumpulkan baut-baut dan ingat dimana letaknya, untuk memudahkan pasang kembali baut tersebut ditempat anda mencopotnya, tidak perlu dikencangkan, hanya sebagai pengingat saja.

9. Perhatikan kampas rem sudah tipis dan bagian rotor disc termakan sebelah, perhatikan sisi rotor sebelah kanan lebih tipis bandingkan dengan sisi kiri, umumnya pabrikan mematok 10mm (1cm) sebagai batas minimum tipisnya rotor disc, bila kurang dari angka tersebut sebaiknya diganti.

10. Lepas baut pengikat bracket caliper rem karena kita akan mengganti rotor disc yang rusak seperti gambar ini

11. Setelah itu lepaskan rotor disc dari dudukannya, perhatikan gambar berikut ini

12. Gunakan C-Clamp untuk mendorong piston rem, gunakan kampas rem bekas sebagai alas seperti pada gambar. Kenapa harus dipress..? karena posisi piston keluar banyak pada saat kampas rem tipis, nah karena kita ganti kampas rem baru, posisi piston tidak lagi keluar banyak, cukup sedikit saja, untuk itulah piston perlu ditekan kekondisi awal. Saat anda menekan sebaiknya lihat juga kondisi minyak rem diatas, mungkin dulu anda sempat menambah minyak rem, pada saat menekan piston ini maka minyak rem akan tumpah karena kebanyakan, segera bilas dengan air, minyak rem dapat merusak cat mobil!!. Minyak rem akan turun bila kampas rem sudah mulai tipis, itu sebagai indicator untuk anda segera mengganti kampas rem, bukan menambah minyak rem (dengan catatatan tidak ada kebocoran ya bos..)

13. Selanjutnya pasang rotor disc yang baru , baut kembali braket caliper rem

14. Kemudian Lanjutkan dengan memasang kampas rem baru

15. Lanjtukan dengan memasang caliper rem, ingat untuk mengencangkan dan mengecek ulang baut-baut yang terpasang

Pasang roda dan mur roda, kemudian kencangkan secukupnya, naikkan dongkrak agar jakstand bisa diambil, keluarkan jackstand dan turunkan dongkrak secara perlahan. Kemudian kencangkan baut roda.

Lakukan hal yang sama untuk roda sebelah kiri, setelah semua selesai periksa kembali baut roda, apakah sudah kencang. Kemudian hidupkan mesin mobil anda, sebelum jalan, pompa dulu pedal rem sebanyak 5 kali secara perlahan, untuk memastikan apakah rem berfungsi dengan baik. Pada saat anda memompa pedal pertama kali anda akan merasa pedal rem los, ini suatu hal yang biasa, namun kemudian pedal rem akan kembali normal setelah 5 kali pompa, bila tidak maka ada kesalahan dalam proses anda memasang kampas rem. Periksa ulang Pekerjaan anda sebelum anda test drive.

Selamat mencoba, semoga berhasil. Pekerjaan rem memerlukan ketelitian dan kehati-hatian, jadi ingat untuk selalu utamakan keselamatan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful