1 I. PENDAHULUAN A.

Latar Belakang dan Tinjauan Pustaka Informasi yang masuk dalam proses kognitif merupakan muatan yang pertama-tama diolah pada working memory atau short-therm memory sebelum diproses lebih lanjut (Matlin, 1998). Jika pada tahap ini informasi gagal terolah dengan baik, maka proses selanjutnya akan terganggu. Short-term memory dalam eksperimen ini diwakili oleh memory span, yaitu mengacu pada jumlah yang dapat disimpan dalam short-term memory (Matlin, 1998). Memory span sendiri ditunjukkan dengan chunk1. Memory span dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu usia, kecemasan, distraktor auditori, dan distraktor visual. Penelitian eksperimen kali ini mengangkat distraktor visual sebagai variabel independen, sementara usia, kecemasan, dan distraktor auditori sebagai variabel ekstraneous. Distraktor visual sendiri diwakili oleh background powerpoint slide show yang dalam penelitian ini terbagi menjadi dua level yaitu, background powerpoint slide show yang memiliki tingkat distraksi tinggi dan background powerpoint slide show yang tidak memiliki distraksi. Presentasi dengan medium powerpoint slide show dalam dunia pendidikan dan industri sangat penting dalam menyampaikan informasi. Oleh karena itu, informasi yang disampaikan harus jelas. Bila tidak, akan terjadi kekacauan pemrosesan informasi yang akhirnya menimbulkan gangguan dalam proses belajar mengajar pada bidang pendidikan maupun dalam hubungan bisnis pada industri. Sejauh hasil observasi peneliti, banyak mahasiswa yang suka mengutakatik background powerpoint slide show. Hal ini ditunjukkan dengan bermacam1 Chunk adalah “a well-learned cognitive unit made up of small number of components representing a frequently occuring and consistent perceptual pattern” (Bellezza, 1994; dalam Matlin, 1998, p. 119).

2 macam background powerpoint slide show yang ditampilkan oleh mahasiswa dalam presentasi di kelas. Hampir setiap slide show yang ditampilkan menggunakan background yang berbeda. Perkembangan teknologi sangat memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan bermacam-macam background tersebut melalui jaringan internet. Padahal bermacam-macam background tersebut seringkali asal pasang dan kurang mendukung presentasi secara keseluruhan. Bahkan ada beberapa mahasiswa dan dosen yang juga mengeluhkan penggunaan background yang dianggap berlebihan, sehingga bukannya membantu tapi malah mengganggu. Mengganggu dalam konteks penelitian ini bisa diartikan sebagai menjadi distraktor visual yang menimbulkan divided attention yaitu perhatian yang terbagi karena adanya dua atau lebih stimulus (Matlin, 1998). Akibatnya, informasi yang sebenarnya ingin disampaikan (substansi dari powerpoint slide show) dalam presentasi tersebut menjadi tidak tersampaikan. Untuk itulah peneliti ingin mengetahui apakah ada pengaruh efek distraktor dalam background slide powerpoint terhadap memory span dalam pemprosesan informasi. B. Rumusan Masalah Apakah ada pengaruh penggunaan background powerpoint slide show terhadap memory span? C. Tujuan Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan background powerpoint slide show terhadap memory span.

3 D. Hipotesis Ada pengaruh penggunaan background powerpoint slide show terhadap memory span di mana background powerpoint slide show yang memiliki tingkat distraksi tinggi lebih berpengaruh terhadap memory span.

4 II. METODOLOGI A. Identifikasi Variabel 1.Variabel Independen • Background powerpoint slide show, terbagi menjadi dua level: • Background powerpoint slide show yang memiliki tingkat distraksi tinggi • Background powerpoint slide show yang tidak memiliki distraksi 2.Variabel Dependen Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu memory span. 3.Variabel Ekstraneous Nama Variabel 1. Usia 2. Kecemasan Cara Pengontrolan Constancy Elimination Keterangan Usia antara 18-21 tahun Subyek diperdengarkan musik instrumen klasik dan relaksasi sebelum eksperimen dilakukan untuk menghilangkan 3. Distraktor A/uditori Elimination kecemasan. Distraktor auditori dihilangkan dengan cara ruangan ditutup rapat.

5 B. Definisi Operasional 1. Manipulasi Independen • • Terdiri dari dua kelompok Kelompok pertama merupakan kelompok Variabel

eksperimen yang diberi presentasi dengan background powerpoint slide show yang

memiliki tingkat distraksi tinggi. • Kelompok kedua merupakan kelompok kontrol yang diberi presentasi dengan background powerpoint slide show yang tidak memiliki distraksi. • Powerpoint slide show dibuat berdasarkan adaptasi dari Cusumano (2005). 2. Pengukuran Variabel Dependen Memory span dapat diukur dari jumlah chunk yang berhasil diingat oleh subyek penelitian. C. Subyek Subyek adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. D. Instrumen 1. Alat Manipulasi Menggunakan background powerpoint slide show dengan distraksi tinggi (yaitu diberi gambar yang sangat menarik, bergerak-gerak, atau sangat mencolok) dan background powerpoint slide show yang tidak memiliki

6 distraksi (yaitu tidak diberi gambar yang sangat menarik, bergerak-gerak, atau sangat mencolok). 2. Alat Pengumpulan Data Memory span diukur dengan menggunakan angket pengukuran memory span (terlampir) setelah presentasi diberikan. E. Desain Eksperimen (Randomized) Post-test Group Design KE R Kk -X Y X1 Y

F. Teknik Analisis Data Uji asumsi dalam penelitian eksperimen menggunakan uji normalitas dengan Kolmogorov-Smirnov Test dan uji homogenitas dengan Levene’s Test; sedangkan uji hipotesis dengan Independent Sample T-Test.

7 III. HASIL DAN PEMBAHASAN A. Hasil Analisis Data 1. Deskripsi Data
Kelompok Non-distractor With-distractor Total N 7 7 14 Mean 6.86 7.43 7.14 Minimum 6 6 6 Maximum 8 9 9 Std. Deviation .690 1.134 .949

2.Hasil Uji Asumsi • Uji Normalitas

 Teknik Analisis: Kolmogorov-Smirnov  Nilai (K-S)  Signifikansi : 0,802 : 0,541 (p > 0,05)

 Rekomendasi : Data yang didapat distribusinya normal, sehingga analisisnya dapat dilanjutkan dengan menggunakan Independent sample T-Test (Hartono, 2008) • Uji Homogenitas

 Teknik Analisis: Levene’s Test  Nilai (F)  Signifikansi : 3,109 : 0,103 (p > 0,05)

 Rekomendasi : Data yang didapat homogen, maka pada uji hipotesis yang dilihat adalah pada baris Equal variances assumed (Hartono, 2008) 3.Hasil Uji Hipotesis  Teknik Analisis: Independent Sample T-Test  Nilai (t)  Signifikansi : -1,139 : 0,1385 (one tailed) (p > 0,05)

8  Rekomendasi : tidak ada pengaruh penggunaan background

powerpoint slide show terhadap memory span

B. Pembahasan Berdasarkan hasil uji hipotesis, nilai (t) yang diperoleh adalah -1.139 dan signifikansinya adalah 0,227 pada taraf signifikansi 0,05 yang berarti bahwa tidak ada pengaruh background powerpoint slide show terhadap memory span. Hal ini disebabkan karena adanya selective attention yaitu ketika seseorang dihadapkan pada dua atau lebih tugas, maka orang tersebut akan memfokuskan perhatian mereka pada salah satu tugas dan mengabaikan tugas-tugas yang lain (Hawkins & Presson, 1986; dalam Matlin 1998). Selective attention yang terjadi tersebut menetralisasikan efek dari divided attention yang ditimbulkan oleh distraktor visual dari background powerpoint slide show.

9 IV. PENUTUP A. Kesimpulan Berdasarkan hasil uji hipotesis dan pembahasan, maka kesimpulan yang dapat diperoleh dari eksperimen ini adalah tidak ada pengaruh background powerpoint slide show terhadap memory span. B. Saran Penelitian eksperimen kali ini memiliki beberapa keterbatasan.

Keterbatasan-keterbatasan tersebut antara lain adalah sedikitnya subyek dan instruksi diberikan sebelum adanya relaksasi. Oleh karena itu, saran yang bisa diberikan bagi penelitian selanjutnya adalah memperbanyak subyek dan membalik urutan eksperimen dengan memberi relaksasi terlebih dahulu kemudian baru memberikan instruksi agar efek relaksasinya lebih terasa sehingga kecemasan benar-benar tereliminasi.

10 DAFTAR PUSTAKA Cusumano, Michael A.. 2005. Microsoft Corporation. Encarta Reference Library Premium 2005. Hartono. 2008. SPSS 16.0 Analisis Data Statistika dan Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Matlin, Margareth W.. 1998. Cognition (forth edition). Florida: Harcrout Brace & Company.

11 LAMPIRAN 1. Prosedur pengumpulan data 2. Pelaksanaan eksperimen 3. Data eksperimen 4. Output SPSS 5. Dokumentasi

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful