CARA MUDAH MEMBUAT BLOG ANDA SENDIRI

Dewasa ini blog telah menjadi trend bahkan menjadi kebutuhan masyarakat dari segala lapisan. Tidak hanya kalangan profesional, namun semua kalangan masyarakat membutuhkan blog untuk menunjang aktivitasnya. Dari untuk sekedar sharing pengalaman yang diperoleh pemilik blog tersebut, untuk menyampaikan materi kuliah para dosen, hingga untuk keperluan pemasaran barang dan jasa para pengusaha. Maka dari itu, kami berusaha untuk menyajikan cara mudah membuat blog yang kami sajikan dalam langkah-langkah sistematis. Kali ini penulis mengkhususkan blog dengan domain blogger.com, dengan alasan kemudahan. Masih banyak domain blog yang bisa digunakan seperti wordpress.com, blogdetik.com ataupun berbagai domain blog yang lain. Selamat mengikuti petunjuk berikut.

1. Masukkan alamat URL blogger : www.blogger.com 2. Klik BUAT BLOG 3. Lihat pada gambar 1.

Gambar 1

4. Kemudian isikan data diri anda pada kolom-kolom yang telah disediakan 5. Kali ini kita menggunakan email zulfaevi_hnv@yahoo.com

Created by Haris Pradipta Putra

Page 1

6. Jika sudah mengisikan data dengan baik dan benar, maka jangan lupa mengisikan Verifikasi Kata, pada gambar di bawah ini kata yang harus di verifikasi adalah enhaudshe. Verifikasi yang tampil selalu berbeda setiap anda membuka situs ini. 7. Langkah selanjutnya klik pada LANJUTKAN 8. Lihat pada gambar 2.

Gambar 2

9. Kemudian pada halaman berikutnya isikan negara dimana anda tinggal 10. Isikan nomor ponsel anda atau nomor ponsel terdekat dengan anda saat itu juga. Karena pihak Google akan mengirimi anda kode aktivasi saat itu juga ketika anda mengklik Kirim Kode Aktivasi ke Ponsel saya. 11. Lihat pada gambar 3.

Created by Haris Pradipta Putra

Page 2

Gambar 3

12. Setelah mendapatkan SMS dari Google yang berisikan Kode Aktivasi, anda kemudian dapat mengisikan kode tersebut pada kolom Masukkan Kode. 13. Setelah yakin kode yang anda masukkan telah sesuai, klik Verivikasi dan anda dapat lanjut ke tahap berikutnya. 14. Lihat gambar 4.

Gambar 4

Created by Haris Pradipta Putra

Page 3

15. Masukkan Judul blog anda yang anda kehendaki pada kolom Judul Blog. Judul blog adalah nama blog anda yang akan tertera pada task bar atau tab bar ketika seseorang membuka/mengakses blog anda. 16. Isikan pada kolom Alamat Blog (URL). Yang anda isikan pada kolom ini akan menjadi alamat blog anda. Pada gambar ini kami isikan zulfaevi. Maka alamat blog ini menjadi www.zulfaevi.blogspot.com. 17. Klik LANJUTKAN untuk melangkah ke tahap berikutnya. 18. Lihat gambar 5.

Gambar 5

19. Langkah selanjutnya adalah memilih tampilan yang akan menjadi wajah blog anda. Tampilan mencerminkan karakter pemilik bloh tersebut. 20. Pilih beberapa template tampilan blog pada kolom Pilih sebuah template. Jika anda sudah mendapatkan template yang dikehendaki kemudian check pada bulatan kosong di bawah template..

Created by Haris Pradipta Putra

Page 4

21. Klik LANJUTKAN untuk melangkah ke tahap akhir. 22. Lihat gambar 6.

Gambar 6

23. Anda telah memiliki sebuah blog dan mulailah menulis Post (istilah tulisan pada blog) perdana anda dengan meng-klik MULAI BLOGGING. 24. Lihat gambar 7.

Gambar 7

Created by Haris Pradipta Putra

Page 5

25. Anda sekarang telah siap untuk mulai menulis postingan pertama anda. Tampilan halaman saat menulis post dapat dilihat pada gambar 8 di bawah ini. 26. Setelah masuk pada blog anda, anda bisa klik Posting, kemudian klik Entri Baru. 27. Beberapa komponen saat kita menulis bloh adalah : (1) Kolom judul, isikan judul tulisan yang akan anda post di blog anda. (2) Pilihan Edit HTML dan Tulis, untuk pemula disarankan untuk menggunakan Tulis saja karena Edit HTML terlalu rumit. (3) Tool bar post, yaitu pilihan untuk mengedit post anda. Baik jika anda menginginkan huruf tebal, huruf miring, memasukkan gambar hingga memberikan link pada tulisan anda agar bisa langsung terhubung pada situs terkait dengan sekali klik. (4) Pada kolom lebar ini anda akan menulis post anda. (5) Kolom Label. Anda bisa memberikan label pada post anda, satu label dapat digunakan untuk beberapa judul post (tidak terbatas). Jika anda telah membuat sebuah label, maka anda dapat memilih label terdahulu dengan klik Tunjukkan semua. (6) Untuk menerbitkan postingan anda. 28. Klik TERBITKAN ENTRI (nomor 28 poin 6) jika anda telah selesai menulis postingan anda. Dan tulisan anda akan muncul pada blog anda.

Gambar 8

Created by Haris Pradipta Putra

Page 6

Gambar 9. Tampilan saat anda menulis sebuah post

29. Setelah anda selesai menulis post untuk blog anda dan sudah klik TERBITKAN ENTRI, maka halaman selanjutnya akan muncul seperti pada gambar 10. Terdapat dua pilihan, yaitu (1) Lihat Blog (di jendela baru), jika anda telah yakin postingan anda sudah benar dan siap untuk dibaca oleh orang lain; atau (2) Edit entri, jika ingin merubah postingan yang baru saja anda buat.

Gambar 10

Created by Haris Pradipta Putra

Page 7

30. Anda sekarang bisa mulai membuka blog anda (www.zulfaevi.blogspot.com). 31. Lihat gambar 11.

Gambar 11

32. Melalui blog, anda juga bisa bergabung dengan komunitas-komunitas di dunia maya dengan menambah badge-badge komunitas tersebut. 33. Klik Tata Latek, klik Elemen Halaman, kemudian klik Tambahkan Gadget. 34. Lihat gambar 12

Gambar 12 Created by Haris Pradipta Putra Page 8

35. Misalnya anda ingin bergabung dengan sebuah komunitas (kami contohkan di sini adalah komunitas anti global warming), carilah URL badge dari komunitas tersebut dan Copy badge tersebut. 36. Kembali ke blog anda kemudian klik HTML/Java Script. Lihat gambar 13. 37. Isikan judul dari badge. Pada gambar di bawah kami tuliskan Komunitas. Kemudian Paste URL dari badge yang sebelumnya telah anda copy. Lihat gambar 14. 38. Klik Simpan (Gambar 14) 39. Klik lagi Simpan (Gambar 12)

Gambar 13

Created by Haris Pradipta Putra

Page 9

Gambar 14

40. Maka anda sudah resmi bergabung dengan komunitas tersebut dengan memasang badge dari komunitas tersebut seperti pada Gambar 15.

Gambar 15

Created by Haris Pradipta Putra

Page 10

41. Pada kesempatan berikutnya jika anda ingin masuk pada blog yang telah anda miliki, anda bisa langsung menuju situs www.blogger.com. 42. Masukkan email anda pada kolom Nama Pengguna (Email) dan kata sandi (password) pada kolom Kata Sandi (?). 43. Kemudian klik MASUK, anda bisa mulai ngeblog lagi pada kesempatan yang lain. 44. Lihat gambar 16.

Gambar 16

45. Adapun alamat blog anda yang harus diketahui rekan-rekan anda adalah (contoh dalam tutorial ini) www.zulfaevi.blogspot.com. Dengan tampilan seperti pada Gambar 17.

Created by Haris Pradipta Putra

Page 11

Gambar 17

Semoga panduan singkat membuat blog ini dapat bermanfaat untuk anda dan orang-orang disekitar anda. Masih banyak kesalahan yang terdapat dalam tulisan ini, maka penulis mengharap kritik dan saran dari para pembaca yang budiman. Anda dapat mengirim kritik dan saran ke alamat email kami haris.pradipta@gmail.com. Kami akan sangat menghargainya. Sekian dari kami dan terima kasih

Kunjungi blog kami www.harispradipta.blogspot.com Malang, 13 Juli 2009

Penyusun

Created by Haris Pradipta Putra

Page 12

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful