► Faktor lain yang diduga sebagai penyebab kanker payudara adalah; tidak menikah, menikah tapi tidak punya

anak, melahirkan anak pertama sesudah usia adalah suatu penyakit dimana terjadi pertumbuhan berlebihan atau perkembangan tidak terkontrol dari selsel (jaringan) payudara, Hal ini bisa terjadi terhadap wanita maupun pria. Penyakit kanker payudara (Breast Cancer/Carcinoma mammae) diberitakan sebagai salah satu penyakit kanker yang menyebabkan kematian nomor lima (5) setelah ; kanker paru, kanker rahim, kanker hati dan kanker usus. 35 tahun, tidak pernah menyusui anak. ► Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa penyakit kanker payudara meningkat pada orang yang sering menghadapi kondisi stress (goncangan jiwa) dan juga bagi wanita yang sebelumnya mengalami menstruasi dibawah usia 11 tahun. 1. Inspeksi (melihat) payudara di muka cermin Berdirilah di muka cermin, kemudian gantungkan kedua lengan secara lemas disisi tubuh. Perhatikan apakah ada kelainan pada payudara, seperti ketidaktarikan kulit, putting susu masuk ke dalam, benjolan, borok pada payudara, perubahan warna kulit, pori-pori yang melebar seperti kulit jeruk, atau ketidaksamaan bentuk/besar payudara kanan dan kiri. Kemudian angkat kedua lengan di samping kepala. Perhatikan apakah ada kelainan atau ketidaksamaan gerakan payudara kanan-kiri pada saat lengan diangkat.

Cara pemeriksaan Payudara :

Gejala Ca.Mamae :
1. adanya benjolan dipayudara 2. terjadi perubahan ukuran atau bentuk payudara yang tidak simetris atau sama. 3. serta adanya sekret pada puting susu. 4. terjadi perubahan warna kulit payudara.

yang berisiko tinggi :
► Genetik, Jika ibu atau saudara wanita mengidap penyakit kanker payudara, maka anda kemungkinan memiliki resiko kanker payudara 2 kali lipat dibandingkan wanita lain yang dalam keluarganya tidak ada penderita satupun. ► Pemakaian obat-obatan, Misalnya seorang wanita yang menggunakan therapy obat hormon pengganti {hormone replacement therapy (HRT)} seperti Hormon eksogen akan bisa menyebabkan peningkatan resiko mendapat penyakit kanker payudara.

2. Palpasi (meraba) payudara sambil berbaring Pemeriksaan palpasi dilakukan dengan ujung 4 jari tangan (jari telunjuk sampai dengan kelingking) kecuali jempol. Lakukan perabaan, dengan tangan kiri untuk payudara kanan dan dengan tangan kanan untuk payudara kiri. Pada saat memeriksa payudara sebelah kanan, punggung kiri diganjal bental, demikian pula sebaliknya saat memeriksa payudara kiri.

Lakukan palpasi dengan sirkuler (melingkar), mengitari putting susu kemudian pindah ke daerah di atasnya, lakukan itu secara melingkar juga. Demikian seterusnya sampai ke tepi. Perhatikan, apakah ada perbedaan kepadatan anatar payudara kanan dengan payudara kiri, atau teraba benjolan, dan terasa nyeri pada bagian yang anda raba, kalau iya pastikan di mana letaknya.

Ada lima langkah mudah yang dapat merawat payudara untuk tetap kencang dan indah:
1. Perhatikan konsumsi makanan. Payudara juga membutuhkan nutrisi, sama halnya dengan tubuh. Karena itu konsumsilah makanan yang seimbang dengan jumlah kalori yang cukup, sehingga berat badan Anda ideal sesuai harapan. Berat badan ideal, otomatis akan memperbaiki bentuk tubuh secara alami, termasuk payudara. 2. Hindari gesekan terlalu keras. Kulit payudara hanya mengandung sedikit kolagen, terutama di bagian areola (kulit sekitar puting) dan puting. Sehingga jangan menggesek payudara dengan benda kasar, seperti handuk dan scrub. 3. Berikan pelembab. Untuk mengatasi kulit kering, gunakan pelembap tanpa pewangi, dapat pula menggunakan minyak zaitun. Agar hasil maksimal, lakukan pijatan ringan dengan gerakan lembut. Bersihkan secara rutin daerah seputar puting dengan kapas yang di basahi air hangat 4. Olahraga rutin. Lakukan senam ringan dengan fokus untuk memperkuat otot dada. Gerakan olahraga yang dilakukan secara rutin akan melatih otot-otot dada. Lakukan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal 5. Gunakan bra yang sesuai. Bra yang sesuai dengan ukuran dan bentuk payudara sangat penting, pastikan pula bra tersebut nyaman saat di pakai.

Saat berolah gunakan bra khusus, sehingga keringat mudah terserap dan payudara tersangga dengan baik. Pilih ukuran bra yang sesuai agar dapat menopang payudara dengan baik.

Cara benar :

pemijatan

payudara

1. Tangkupkan telapak tangan hingga tepi payudara, lalu putar searah jarum jam. 2. putar pijatan hingga tepi payudara namun berlawanan dengan arah jarum jam. 3. pijat payudara dengan arah atas ke bawah. 4. Terakhit. Pijat payudara dari bawak ke atas. Lakukan pijatan masing-masing sebanyak 8 putaran. Dan jangan lupa tahan nafas selama 10 detik selama pijatan.

(KANKER PAYUDARA)

Oleh:

KELOMPOK B3 & B4

PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN

STIKES BINA SEHAT PPNI
MOJOKERTO 2010

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful