1 Modul Belajar DOS

Sistem Operasi DOS D i s k Op e rat i n g Sy s t em
DOS (Disk Operating System) adalah suatu program yang berfungsi untuk mengkonfigurasikan suatu komputer agar dapat menjalankan perintah yang diberikan sebagai masukan. Operating system yang lazim dipergunakan adalah MS DOS, karena selain kapasitasnya yang kacil juga perintah-perintah yang dipergunakan relatif lebih mudah jika dibandingkan dengan system lainnya. Beberapa Fungsi dari Operating system (DOS) adalah: 1. Mengorganisasikan atau mengendalikan kegiatan computer 2. Mengatur Memori 3. Mengatur proses input dan output data 4. Menegement file 5. Management directory Pengolahan File dan Directory Dalam pengoperasian DOS terdapat dikelompokkan dalam 2 kelompok yaitu:

Command-command/perintah

yang

Internal Command/Perintah Internal Adalah perintah yang tidak lagi membutuhkan file khusus, karena semua instruksi internal sudah ditampung dalam file command.com External Command/Perintah Eksternal Perintah yang memiliki file tersendiri dan tidak lagi ditampung pada file command.com

Selamat Belajar…!

Created By : Hari Aspriyono

2 Modul Belajar DOS Sebelum Lebih jauh tentang perintah-perintah DOS, kita akan belajar bagaimana menjalankan Aplikasi DOS? Berikut Langkah-langkahnya: 1. Klik Start → Run …, lulu ketik CMD pada Kotak Dialog Run

2. Klik OK atau Tekan Enter 3. Sehingga akan muncul tampilan DOS atau Command Prompt

OK…, Sekarang kita sudah siap untuk belajar perintah-perintah pada DOS Selain Itu, dapat juga dilakukan langkah di bawah ini: - Klik Start → Program → Accessories → Command Prompt Untuk Windows Xp dan Windows 2000 - Klik Start → Program → Accessories → MS-DOS Prompt Untuk Windows 98 atau Windows Me.

Silahkan dicoba and kalau ada yang mengganjal pikiran anda tentang DOS, langsung Tanyakan kepada Pihak yang berwenang (Instruktur Anda).

Created By : Hari Aspriyono

3 Modul Belajar DOS A. PERINTAH INTERNAL 1. Perintah COLOR (maaf saya mendahulukan perintah color karena untuk membuat warna tampilan dengan latar belakang putih, jadi waktu di cetak tidak memakan tinta banyak… he…he…) Perintah COLOR Berfungsi untuk mengubah warna dari background dan foreground pada command prompt. Adapun format penulisannya adalah : COLOR [ATTR]

Attr : adalah parameter untuk warnanya. Attr terdiri dari 2 nilai hexadecimal, nilai pertama untuk menentukan warna background dan nilai kedua untuk menentukan warna pada foreground. Daftar warnanya sebagai berikut : 0 = Hitam 8 = Abu-abu 1 = Biru 9 = Light Blue 2 = Hijau A = Light Green 3 = Aqua B = Light Aqua 4 = Merah C = Light Red 5 = Unggu D = Light Purple 6 = Kuning E = Light Yellow 7 = Putih F = Bright White Misal kita masukkan perintah COLOR 70

Setelah Kita Enter maka akan menjadi:

Created By : Hari Aspriyono

4 Modul Belajar DOS 2. Perintah TITLE [string] Berfungsi untuk mengganti judul pada title bar tampilan

Ketik CD\ untuk mngaktifkan drive “C:\”

Untuk Perintah CD Lebih Lanjut Di Pertemuan Berikutnya…! 3. Perintah VER Untuk menampilkan versi dari Sistem Operasi yang digunakan..

4. Perintah DATE Berfungsi untuk menampilkan tanggal atau mengatur tanggal

5. Perintah TIME Berfungsi untuk menampilkan Jam dan mangatur Jam Baru

6. Perintah VOL [drive] Berfungsi untuk manampilkan Volume Label dan Serial Number suatu drive.

D: → yang disebut dengan Drive

Created By : Hari Aspriyono

5 Modul Belajar DOS 7. Perintah CLS Berfungsi untuk membersihkan layar

KETIKA KITA ENTER MENJADI

Baiklah kita sekarang akan memulai perintah untuk manajemen file 8. Perintah MD Berfungsi untuk membuat Direktory atau Folder

Perintah 1 akan membuat folder dengan nama BELAJAR pada root folder, dalam hal ini Drive C:\ Perintah 2 akan membuat fordel dengan nama KULIAH dan didalam folder KULIAH terdapat folder dengan nama DOS Seperti terlihat pada Jendela Windows Explorer dibawah ini:

Created By : Hari Aspriyono

6 Modul Belajar DOS 9. Perintah CD Berfungsi untuk berpindah dari direktori ke direktori yang lain Perintah di atas berfungsi untuk merpindah dari drive “C:\” ke folder BELAJAR Untuk berpindah dari drive 1 ke drive yang lain, ketikkan nama drivenya, Misal: D: atau E:

10. Perintah DIR Berfungsi untuk menampilkan isi direktori

Dengan mengetikkan DIR pada drive C:\ berarti kita akan menampilkan isi dari Drive C:\ seperti terlihat pada gambar. Keterangan <DIR> menunjukkan Folder, misal :

Untuk file mempunyai ciri-ciri mempunyai ekstensi seperti .BAT, .COM, .DOC, .XLS dan lain-lain Contohnya : Nama filenya : AUTOEXEC dan ekstensinya : .BAT Perintah dir memiliki beberapa attribute, penjelasannya sebagai berikut : /A : berfungsi untuk menampilkan file yang memiliki attribute direktori, file tersembunyi, file system, read only file dan archiving file. Singkatnya dengan menambahkan atribut ini maka semua file yang ada dalam direktori akan ditampilkan.

Created By : Hari Aspriyono

7 Modul Belajar DOS /B : hanya menampilkan nama filenya saja.

/D : menampilkan file secara horizontal

/L /N /O[attr]

: menampilkan nama file secara lowercase : menampilkan file dengan nama format panjang, tanpa /N nama folder “Program files” menjadi “progra~1”. : menampilkan file sesuai urutan, ATTR diisi dengan variabel di bawah ini: N : Urut file sesuai nama filenya (alphabetic) E : Urut file sesuai extension (alphabetic) G : Urut file sesuai group S : Urut file sesuai ukuran file (dimulai dari terkecil) D : Urut file sesuai waktu (dimulai dari yang paling lama)

Misal :

/P /Q /S /W

: Mempause ketika layar Command Prompt sudah penuh. : Menampilkan nama pemilik dari file. : Menampilkan folder beserta subdirectori dan file yang terdapat didalamnya. : Menampilkan file secara horizontal.

Created By : Hari Aspriyono

8 Modul Belajar DOS 11. Perintah COPY [source] [destination] Berfungsi untuk menyalin file dari lokasi satu ke lokasi lain.

Perintah di atas menunjukkan bahwa kita mengcopy file UJIAN.RTF yang berada pada drive E:\ ke dalam drive D:\ dan berhasil yang ditunjukkan dengan informasi 1 file<s> copied.

Perintah diatas maksudnya adalah mengcopy semua file dengan ekstensi PDF yang ada di Drive E:\ ke drive D:\ 12. Perintah DEL [file] Berfungsi untuk menghapus file yang dipilih

Perintah diatas menunjukkan perintah menghapus file dengan nama BASING di drive “D:\” Atau dapat juga dengan cara berpindah dahulu ke drive “D:\” dan ketik perintah DEL BASING.RTF

13. Perintah ERASE [file] Fungsinya sama dengan DEL, yaitu untuk menghapus file yang dipilih

14. Perintah RD [nama folder] Perintah ini berfungsi untuk menghapus folder atau suatu direktori.

Perhatikan Informasi the directory is not empty berarti folder yang kita hapus tidak dalam posisi kosong, jadi folder tidak terhapus, Ingat perintah ini hanya digunakan untuk menghapus folder kosong, jadi lakukan langkah menghapus file dengan DEL atau ERASE untuk mengosongkan folder terlebih dahulu…!

Created By : Hari Aspriyono

9 Modul Belajar DOS 15. Perintah REN [nama file] [nama file baru] Berfungsi untuk mengganti nama file dengan nama file yang baru.

Perintah di atas untuk mengganti nama file GAMBAR.JPG menjadi PICTURE.JPG Anda dapat menggunakan untuk mengganti dengan file lain dengan syarat harus mengikutkan extensinya seperti .JPG. 16. Perintah START [file] Befungsi menjalankan program atau membuka file yang kita kehendaki.

17. Perintah EDIT Berfungsi untuk menampilkan teks editor untuk DOS, dimana kita dapat mengetik text, menyimpan dan mencetaknya…! Dengan perintah di atas, ketika kita tekan tombol ENTER pada keyboard maka akan tampil seperti gambar dibawah ini dan kita siap mengetik sesuka kita.

Untuk keluar dari Text Editor, klik FILE (ALT + F) pilih EXIT. 18. Perintah EXIT Perintah ini berfungsi untuk meluar dari DOS atau mengakhiri DOS Terima Kasih telah mencoba semua perintahnya, anda bisa mengembangkannya lebih lanjut, dengan belajar…belajar…dan belajar…..!

Created By : Hari Aspriyono

10 Modul Belajar DOS B. PERINTAH EKSTERNAL (EXTERNAL COMMAND) External Command merupakan perintah yang dapat dijalankan apabila file system untuk operasionalnya terdapat pada disk (hardisk atau disket). Sebelum kita mengetikkan perintah eksternal ini pada prompt perintah, terlebih dahulu kita harus memeriksa apakah file yang dibutuhkan telah ada. Untuk melihat apakah file pendukungnya dapat dipergunakan perintah DIR. Adapun perintah External antara lain : 1. Perintah FORMAT [drive] Berfungsi untuk memformat ulang suatu drive (misalnya disket, flashdisk, partisi hardisk dan media penyimpanan lainnya) Untuk Memformat Drive A: Standard Untuk memformat Drive A: dengan format System Untuk memformat Drive A: dengan format System dengan memberikan nama atau volume label pada drive. 2. Perintah ATTRIB Perintah ini digunakan untuk menambahkan atau menghapus atribut suatu file atau beberapa file sekaligus. ATTRIB (+R|-R) (+A|-A) (+S|-S) ( +H|-H) ((drive:)(path) filename) (/S) Parameter : (drive:)(path)filename menentukan letak dan nama dari file yang akan diubah. + : Mengadakan suatu attribute. : menghilangkan attribute. R : Mengubah attribute file menjadi Read Only. File yang telah diubah menjadi readonly tidak dapat diubah diganti ataupun dihapus. A : mengubah attribute file menjadi Archieve (file yang telah memiliki arsip). S : Mengubah attribute menjadi sistem. H : mengubah attribute menjadi hidden. /s : memproses file pada direktori maupun seluruh sub direktori.

Perintah diatas berarti kita membuat file UJIAN.RTF yang ada di drive D: menjadi Readonly dan Hidden.

Created By : Hari Aspriyono

11 Modul Belajar DOS 3. Perintah TREE Digunakan untuk menampilkan susunan dari direktori pada suatu drive TREE [drive] [parameter] Parameter : /F /A : untuk menampilkan direktori dan nama filenya lengkap : untuk menampilkan folder dengan menggunakan format ASCII

Menghasilkan :

Menghasilkan :

Created By : Hari Aspriyono

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful