2009

BIANCA
Marketing Plan
Rencana pemasaran BIANCA periode satu tahun pada 2010 di Indonesia oleh Marketing Team NATURE CARE Corp. BIANCA adalah produk inovatif dari perawatan kulit wanita, yaitu berupa gel yang berbahan alami, ringan, praktis, dan teruji klinis dalam memutihkan dan merawat daerah di bagian bawah lengan.

NATURE CARE, Corp
Jl. H.R. Rasuna Said kav. C-22, Kuningan (021) 5263 199, Fax (021) 5263 282, Email naturecare@nature.co,id 12/5/2009

Jl. H.R. Rasuna Said kav. C-22, Kuningan (021) 5263 199, Fax (021) 5263 282, Email naturecare@nature.co,id

Page 2

MARKETING PLAN BIANCA
1.0 Ringkasan Eksekutif
NATURE CARE, yang didirikan pada tahun 2004, merupakan perusahaan rekanan antara lima wirausahawan muda yang merintis bisnisnya sejak duduk di bangku perguruan tinggi. NATURE CARE berkonsentrasi pada produk perawatan kulit yang terbuat dari bahan-bahan alami, ramah lingkungan, dan secara ilmiah terbukti efektif menjawab permasalahan kulit. NATURE CARE memadukan antara khasiat dari tumbuh-tumbuhan dan teknologi yang moderen. NATURE CARE mengedepankan cara perawatan tubuh yang aman dan sehat sehingga dapat menghadapi persaingan pasar yang kompetitif dan sudah ´matureµ dengan langkah pertama NATURE CARE akan di pasarkan di derah Jawa dan Bali dilihat dari cara mengontrol pendistribusian produk dan pemasarannya agar lebih mudah diawasi, tujuan dari pemasaran ini adalah NATURE CARE ingin mencapai pangsa pasar 5% persen dari pangsa pasarnya yang menjangkau umur 15 ² 24 tahun, dan menjaga kestabilan pada periode pertama agar cepat mendapatkan titik impas ´break even pointµ pada tahun ke 2 sehingga dapat memulai perluasan pada periode berikutnya.

2.0 Analisis Situasi
Keinginan untuk tampil cantik bagi wanita merupakan suatu kebutuhan yang selalu ada dari masa ke masa dan menuntut untuk dipenuhi. Selain itu, saat ini kepedulian terhadap lingkungan dan gaya hidup ´back to natureµ telah mendorong dan mempopulerkan pemakaian produk yang terbuat dari bahan alami. Masyarakat pun kini semakin peduli mengenai keramahan lingkungan suatu proses produksi produk yaitu proses produksi yang tidak merusak kelestarian alam. Di dalam situasi inilah, NATURE CARE memasuki pasar produk kecantikan dan perawatan kulit dengan jalan memenuhi kebutuhan wanita untuk tampil cantik melalui keunggulan yaitu produk perawatan kulit berbahan alami. Industri perawatan kulit saat ini di Indonesia merupakan industri yang potensial dan diyakini akan terus bertumbuh. Hal ini salah satunya diindikasikan oleh masuknya produsen perawatan kulit dari luar negeri di pasar Indonesia, investasi dan ekspansi yang dilakukan oleh perusahaan multinasional, dan semakin maraknya produk lokal. Pertumbuhan pasar perawatan kulit di Indonesia sendiri bertumbuh yaitu rata-rata di atas 10 % per tahun. Oleh karena itu, dengan tujuan untuk mendapatkan pangsa pasar di tengah-tengah kompetisi yang ada di pasar perawatan kulit Indonesia, NATURE CARE, sebagai salah satu produk lokal secara cermat mengeluarkan produk yang tidak hanya inovatif namun yang

Jl. H.R. Rasuna Said kav. C-22, Kuningan (021) 5263 199, Fax (021) 5263 282, Email naturecare@nature.co,id

Page 3

tentunya dapat memenuhi kebutuhan segmen-segmen pasar yang spesifik, salah satunya: BIANCA.

2.1 Ringkasan Pasar
BIANCA adalah produk perawatan kulit wanita, berupa gel yang berbahan alami, ringan, praktis dan berkhasiat untuk memutihkan, menghaluskan, dan merawat daerah di bagian bawah lengan. BIANCA hadir berdasarkan insight dari NATURE CARE akan: 1. Tren fesyen saat ini yang suka untuk menampilkan bagian bawah lengan, 2. Faktor sosial-budaya memandang kebersihan tubuh dan kecantikan diri salah satu faktornya bagian bawah lengan yang putih dan halus. 3. Faktor medis dimana ketika wanita menghilangkan rambut di bagian bawah lengan baik dengan wax maupun pisau cukur dapat menyebabkan iritasi dan memiliki potensi memicu kanker. Adapun, pasar yang dituju oleh BIANCA adalah konsumen wanita remaja dan usia muda yang peduli akan kebersihan dan kecantikan diri, yang ingin selalu tampil percaya diri, serta yang peduli akan isu lingkungan. Sasaran pasar yang dituju selama satu tahun pertama meliputi siswi Sekolah Menengah Atas, mahasiswi, serta karyawati/pengusaha.

2.2 Analisis Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman
Kekuatan ‡ Produk ramah lingkungan, BIANCA merupakan produk berbahan dasar alami namun di kemas secara modern yang lebih praktis dalam penggunaannya. ‡ Sebagai produk lokal, BIANCA merupakan produk inovatif. BIANCA memenuhi kebutuhan wanita akan mencerahkan kulit di bagian bawah lengan guna menunjang gaya hidup modern, produk ini memiliki keunggulan berbahan dasar alami tidak mengandung bahan kimia dan alkohol sehingga cocok dipakai untuk berbagai tingkatan usia dari remaja sampai dewasa. ‡ Penetapan harga, dari kandungannya yang berbahan dasar alami dan khasiatnya yang bagus dan teruji, harga yang ditetapkan bagi BIANCA adalah harga yang terjangkau. ‡ Beragam varian, BIANCA menawarkan produk dengan 3 macam varian yang dapat di pilih sesuai dengan kebutuhan dan karakter tiap wanita yaitu lemon, kentang dan coconut oil dikemas dalam bentuk yang lebih praktis dan mudah digunakan.

Jl. H.R. Rasuna Said kav. C-22, Kuningan (021) 5263 199, Fax (021) 5263 282, Email naturecare@nature.co,id

Page 4

Kelemahan ‡ Kurangnya kesadaran merek, BIANCA belum menetapkan merek atau citra di pasar, sementara pesaingnya yaitu produk²produk deodorant dengan khasiat memutihkan telah memiliki pengenalan merek yang kuat, ini merupakan area yang harus di perhatikan oleh BIANCA agar dapat memberi citra pada produknya ‡ Produk tidak familiar, di mata masyarakat sekarang produk pemutih khusus bagian bawah lengan sangat jarang di temukan karena biasanya mereka meramu sendiri ramuan tradisional untuk mengatasinya sehingga ini menjadi tantangan bagi BIANCA agar dapat mensosialisasikan produk kepada calon pembeli

Peluang ‡ Permintaan akan produk pemutih yang tinggi dan terus bertumbuh. Pasar produk pemutih yang secara khusus menangani bagian bawah lengan masih jarang dijumpai. Saat ini, produk perawatan kulit bagian bawah lengan cenderung berpusat pada deodorant, pencegahan terhadap keringat dan bau badan. y Fesyen masa kini mempopulerkan pemakaian pakaian tanpa lengan, yang menampilkan bagian bawah lengan dari pemakainya. Oleh karena itu, bagian bawah lengan yang tampak gelap, bagi wanita dirasa menganggu penampilan dan kepercayaan diri. y Faktor medis, kegiatan menghilangkan rambut di bagian bawah lengan bisa menimbulkan iritasi dan memicu kanker.

Ancaman ‡ Meningkatnya persaingan, walaupun produk pemutih ketiak belum banyak di pasaran namun produk deodorant yang mengandung unsur pemutih telah banyak beredar di pasaran sehingga menjadi pesaing utama BIANCA. ‡ Kepercayaan akan cara tradisional, walaupun produk BIANCA mungandung bahan yang alami namun kepercayaan masyarakat untuk memutihkan bagian ketiak dengan produk tradisional sudah dipercaya kalangan wanita sejak lama. Jadi kini, bagaimana kita merubah cara pandang mereka bahwa BIANCA sama dengan ramuan tradisional yang mereka gunakan namun di kemas dalam bentuk yang lebih modern dan praktis.

Jl. H.R. Rasuna Said kav. C-22, Kuningan (021) 5263 199, Fax (021) 5263 282, Email naturecare@nature.co,id

Page 5

2.3 Persaingan
Semakin banyaknya pesaing dalam pasar produk pemutih yang sudah lebih dahulu menetapkan merek dan citranya di pasar dan inovasi yang dilakukan terus-menerus merupakan faktor utama dalam persaingan di pasar produk pemutih. Para pesaing utama: 1. Rexona skin light Sebagai merek yang sudah terkenal dengan citra yang baik di pasaran menjadikan produk deodorant ini menjadi produk yang tergolong inovatif selain dapat mencegah bau badan yang merupakan funsi utamanya dan juga memutihkan ketiak dengan bahan dasar bunga matahari. 2. Vaselin whitening body lotion Dalam pasar produk body lotion, merek ini sudah sangat melekat dalam masyarakat dapat menghaluskan tubuh ditambah lagi, vaselin whitening body lotion memberikan keunggulan bagi produknya dapat menghaluskan dan mencerahkan daerah gelap pada kulit. 3. Nivea whitening night cream Produk ini hampir sama dengan produk body lotion lainnya hanya saja produk ini dianjurkan pada pemakainya di gunakan pada malam hari dengan memberikan pemahaman pada pemakainya bahwa efek dari pemutihan kulit akan lebih maksimal bila digunakan pada malam hari sehingga produk ini memiliki keunikan tersendiri. 4. Ramuan Tradisional Banyak wanita percaya akan ramuan tradisional yang dapat memutihkan bagian tubuh mereka. Produk dari ramuan tradisional ini banyak ditawarkan oleh toko ² toko jamu tradisional dan dapat pula di jumpai melalui internet produk pemutih alami yang dijual dengan harga murah yang biasanya dikemas dengan plastik bening dan berbentuk serbuk walaupun pemakaian dari produk ini relatif tidak praktis namun masih banyak wanita yang memilih cara ini. Meskipun adanya kompetisi yang ketat, NATURE CARE yakin akan dapat memberikan citra dan mendapat pengakuan terhadap BIANCA di antara segmen² segmen yang di targetkannya, dengan penawaran produk berbahan alami dan diciptakan khusus untuk memutihkan bagian gelap pada bagian bawah lengan. Dengan suatu produk yang inovatif dan ke-spesialisasian-nya serta jaminan hasil yang lebih maksimal, BIANCA yakin dapat bertahan di pasar dan akan mampu bersaing dengan produk sejenisnya.

Jl. H.R. Rasuna Said kav. C-22, Kuningan (021) 5263 199, Fax (021) 5263 282, Email naturecare@nature.co,id

Page 6

2.4 Tawaran Produk
y y y y y y y Bahan yang ringan dan natural. Tidak mengandung bahan kimia dan alkohol. Aman digunakan untuk berbagai usia. Memiliki tiga varian rasa lemon, kentang, dan jeruk nipis yang di kombinasikan dengan mentimun. Kemasan produk yang terbuat dari bahan plastik yang elastis dan berbentuk tube yang praktis dan higienis. Produk berukuran sedang 100 ml tidak terlalu besar sehingga menarik minat pembeli. Kemasan produk yang menarik warna menyesuaikan dengan jenis varian yang ditawarkan, warna kuning untuk varian lemon, warna coklat untuk varian kentang, warna hijau untuk varian jeruk nipis dan mentimun. Khasiat yang langsung bertujuan untuk memutihkan ketiak dan bagian gelap dan menghaluskan kulit di bagian bawah lengan. Khasiat medis yaitu mencegah potensi kanker dan iritasi akibat proses penghilangan rambut bagian bawah lengan.

y y

2.5 Distribusi
BIANCA akan didistribusikan melalui enam supermarket/mini market dan dua apotek yang telah menjadi channel tetap NATURE CARE dan tersebar di daerah-daerah di Indonesia. Channel tersebut antara lain: 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. Carefour Hypermart Giant Alfamart Indomart Circle K Guardian Century

Pada pemasaran di supermarket, NATURE CARE akan menggunakan booth khusus dan dimasukkan ke dalam katalog promosi bulanan dari supermarket tersebut. Hal ini akan dilakukan selama 6 bulan. Jalur distribusi selama 6 bulan pertama hanya terbatas di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat dan kemudian nantinya akan diperluas di seluruh Jawa dan Bali.

Jl. H.R. Rasuna Said kav. C-22, Kuningan (021) 5263 199, Fax (021) 5263 282, Email naturecare@nature.co,id

Page 7

3.0 Strategi Pemasaran 3.1 Tujuan 
Tahun Pertama: Memperoleh 5 persen dari jumlah pasar di kawasan DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, DI Yogyakarta, dan Bali.  Tahun Kedua: Mencapai titik impas dan memasarkan BIANCA di seluruh Indonesia, dengan jalan distribusi awal di kota-kota besar.

3.2 Pasar Sasaran 3.2.1 Demografi Pasar
Profil dari konsumen BIANCA adalah sebagai berikut: Geografis  BIANCA pada pemasaran di tahu pertama, memiliki wilayah sasaran yaitu wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, DI Yogyakarta, dan Bali.  Total populasi sasaran adalah 7,957,800 konsumen.

Tabel 1: Ramalan Proyeksi Penduduk Perempuan (x1000)

Wilayah DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Timur DI Yogyakarta Bali Total Demografi

Usia 15-24 15-24 15-24 15-24 15-24

2010 810.6 3625.2 2995.1 270.2 256.7 7957.8
(Sumber: BPS) 

Segmen sasaran adalah pelajar SMA, mahasiswi, dan karyawati dengan kisaran usia 15-24 tahun.  Komposisi kluster usia antara 15-19 tahun (pelajar dan mahasiswi) dengan 20-24 tahun (karyawati atau pengusaha) adalah masing-masing ± 50%.

Jl. H.R. Rasuna Said kav. C-22, Kuningan (021) 5263 199, Fax (021) 5263 282, Email naturecare@nature.co,id

Page 8

Behavior    Konsumen menyukai perawatan kulit yang praktis, berbahan ringan, dan berkhasiat. Konsumen merupakan pengguna yang rutin dan memiliki sensitivitas terhadap harga. Preferensi konsumen sangat dipengaruhi oleh media iklan.

3.2.2 Kebutuhan Pasar
Segmen spesifik yang ditargetkan selama 1 tahun pertama meliputi pelajar Sekolah Menengah Atas (15-17 tahun), mahasiswi (17-21 tahun), dan karyawati atau wirausahawan (21-24 tahun). Tabel 2 menerangkan bagaimana BIANCA memenuhi kebutuhan masing-masing segmen sasaran.

Tabel 2: Kebutuhan Pasar Segmen Sasaran Pelajar Sekolah Menengah Atas y y y Kebutuhan Perawatan kulit yang ringan dan praktis. Produk yang terjangkau (price sensitive). Mencerminkan kesan gaya dan modern, berkaitan erat dengan fesyen. Perawatan kulit yang ringan, praktis, dan dapat menunjang aktivitas sehari-hari. Produk yang terjangkau (price sensitive). Perawatan kulit yang back to nature dan goes green. Mencerminkan kesan gaya dan modern, berkaitan erat dengan fesyen. Perawatan kulit yang ringan, praktis, berbahan alami, dan berkhasiat. Perawatan kulit yang aman digunakan. Perawatan kulit yang back to nature dan goes green. Mencerminkan kesan sophiscated y y y y Manfaat terkait Berbahan ringan. Kemasan praktis dan moderen. Harga terjangkau. Kemasan yang atraktif.

Mahasiswi

y

y y y y

y y y

Berbahan ringan. Kemasan yang praktis dan higienis. Harga terjangkau. Berbahan alami dan diproses secara ramah lingkungan.

Karyawati / Wirausahawan

y y y y

y

y y

Berbahan alami dan diproses secara ramah lingkungan. Khasiat yang teruji secara medis. Tidak mengandung bahan kimia dan alkohol.

Jl. H.R. Rasuna Said kav. C-22, Kuningan (021) 5263 199, Fax (021) 5263 282, Email naturecare@nature.co,id

Page 9

dan kepedulian terhadap kecantikkan dan vitalitas diri.

y

Kemasan praktis, modern, dan higienis.

3.2.3 Pertumbuhan Pasar
Pasar produk perawatan kulit akan mengalami kenaikkan setiap tahunnya. Diperkirakan kenaikannya di atas 10% per tahun. Hal ini dapat dimaklumi karena seiring dengan perkembangan jaman yang menuntut penampilan para wanita yang senantiasa segar, sehat, dan cantik maka para wanita khususnya mulai memperhatikan kesehatan kulitnya. Kesehatan dan kecantikan kulit juga berkaitan dengan rasa percaya diri. Indikasi pertumbuhan pasar produk perawatan kulit juga dapat dilihat dari masuknya produsen perawatan kulit dari luar negeri di pasar Indonesia, investasi dan ekspansi yang dilakukan oleh perusahaan multinasional, dan semakin maraknya produk lokal.

3.3 Positioning
Dengan menggunakan competitive advantage yang produk BIANCA miliki, NATURE CARE memposisikan BIANCA sebagai produk pemutih yang ramah lingkungan karena berbahan dasar alami. Selain itu BIANCA ini tidak hanya ditujukan untuk kecantikan melainkan juga untuk kesehatan kulit.

3.4 Strategi
Produk BIANCA mencakup semua yang digambarkan pada tawaran produk,BIANCA akan dijual dipasaran dengan tiga varian jenis dalam hal ini perusahaan akan meluncurkan produk yang memberi solusi bagi kaum wanita untuk mengatasi daerah gelap pada kulitnya khususnya bagian bawah lengan dengan cara yang lebih modern dan praktis, membangun merek BIANCA merupakan bagian terpenting yang akan dilakukan perusahaan, merek dan logo yang akan dipamerkan berdasarkan produk dan kemasan produk disertai dengan keunggulan dari kualitas produk yang akan di perkenalkan perusahaan.

Penetapan Harga BIANCA akan diperkenalkan seharga 10.000 sebagai harga grosir, dan 15.000 sebagai harga yang diperkirakan sebagai harga eceran. Perusahaan berharap dapat menurunkan harga produk seiring dengan meluasnya lini produk. Harga ² harga ini mencerminkan strategi yang ingin dicapai perusahaan yaitu;

Jl. H.R. Rasuna Said kav. C-22, Kuningan (021) 5263 199, Fax (021) 5263 282, Email naturecare@nature.co,id

Page 10

1. Ingin menarik pembeli dengan harga yang relatif terjangkau. 2. Mengambil pangsa pasar dari merek ² merek saingannya.

Distribusi Strategi yang kami gunakan dalam pendistribusian antara lain yaitu ´selective channelµ. Hal ini jelas terlihat dari channel distribusi yang memang menjadi channel tetap perusahaan kami. Selain itu kami juga memberikan presentasi pada setiap channel distribusi kami mengenai produk BIANCA agar nilai dari produk ini bisa sampai kepada konsumen dengan baik.

Marketing Communication Penyampaian pesan dan nilai suatu produk kepada target konsumen merupakan hal yang penting di dalam memasarkan suatu produk. Karena hal tersebut maka perusahaan kami berusaha untuk memilih media yang tepat untuk melakukan promosi agar tepat sasaran. Sebelum melakukan hal tersebut perusahaan kami terlebih dahulu melakukan riset mengenai kapan waktu yang tepat untuk launching produk dan promosi agar bisa mencapai sasaran dan nilai tersampaikan dengan baik serta terciptanya brand awareness. Komunikasi dengan advertising agency juga kami lakukan dengan intensif dan berkelanjutan agar mereka tetap bisa menciptakan iklan yang sesuai dengan nilai dari produk dan perusahaan kami. Selain itu kami juga menciptakan forum khusus bagi para pelanggan di dalam web site kami.

3.5 Marketing Mix
Dengan mempertimbangkan hasil dari riset yang kami lakukan maka kami merencanakan untuk melaunching produk BIANCA pada bulan Februari. Berikut ini adalah ringkasan mengenai program dan rencana yang akan kami lakukan dalam enam bulan pertama: Februari Di bulan Februari ini perusahaan kami melakukan tahap-tahap persiapan yang diperlukan untuk melaunching BIANCA. Kami menyiapkan sample yang akan kami tawarkan kepada channel kami dan mengedukasi mereka tentang produk yang kami tawarkan meliputi feature, benefit dan advantage yang ditawarkan produk BIANCA. Selain itu kami juga memberikan sample kepada selected product reviewer, opinion leaders, influential bloggers. y

Jl. H.R. Rasuna Said kav. C-22, Kuningan (021) 5263 199, Fax (021) 5263 282, Email naturecare@nature.co,id

Page 11

y

Maret Di bulan ini kami melakukan peluncuran produk kami yang siap dipasarkan. Setelah itu kami memulai melakukan campaign yang isinya memperkenalkan fungsi dan manfaat dari produk kami di media-media yang telah kami pilih sebagai media promosi. y

April Pada bulan ini kami mulai melakukan promosi di channel-channel distribusi dengan membuat booth khusus dan menempatkan sales promotion girl secara bergilir berdasarkan wilayah regionalnya. y Mei Promosi yang kami lakukan pada bulan sebelumnya terus berjalan, tetapi pada bulan ini kami memulai melakukan kunjungan ke sekolah dan universitas di Jabodetabek untuk mengedukasi para remaja putri yang merupakan sasaran kami. Program ini akan dilakukan setiap bulan selama enam bulan pertama. y Juni Pada bulan Juni ini kami merencanakan untuk memantau dan mereview apakah advertising di berbagai media sudah cukup efektif dan melihat buzz rating dan seberapa besar perhatian pasar terhadap keberadaan produk baru yang kami tawarkan. y Juli Di bulan ini kami mempersiapkan untuk melakukan perluasan jalur distribusi ke daerah-daerah di seluruh Jawa dan Bali yang akan mulai dilakukan pada bulan Agustus. Sebelumnya kami tak lupa untuk tetap melihat seberapa besar brand awareness dari produk kami ini.

3.6 Riset
Dengan menggunakan riset sebelum pada akhirnya melaunch BIANCA, merupakan suatu usaha yang dilakukan perusahaan. Dengan riset perusahaan dapat dengan jelas mengetahui kebutuhan dan keinginan dari target konsumen. Hasil riset yang ada diolah dan diuji hingga tercipta BIANCA. Selain itu perusahaan juga melakukan riset mengenai waktu dan tempat yang tepat untuk melaunching produk. Dan perusahaan juga merencanakan setelah 6 bulan launcing untuk melakukan brand awareness and consumer behavior research untuk mengetahui efektifitas dari promosi penjualan yang kami lakukan. Salah satu cara sederhana yang kami lakukan dalam research adalah membuat polling di dalam web site.

Jl. H.R. Rasuna Said kav. C-22, Kuningan (021) 5263 199, Fax (021) 5263 282, Email naturecare@nature.co,id

Page 12

4.0 Keuangan (Terlampir) 4.1 Ramalan Penjualan dan Biaya
Pada tahun pertama pemasaran BIANCA, diproyeksikan berdasarkan target perusahaan yaitu sebesar 5 % dari populasi sasaran, penjualan adalah sebesar 397.890 unit. Total nilai penjualan adalah sebesar Rp 3,978,900,000. Pada saat yang sama, perusahaan diproyeksikan menanggung biaya-biaya atas dasar hasil studi industri kosmetik dan perawatan kulit sesuai dengan Tabel 3. Tabel 3: Cost Structure in The Cosmetics Manufacturing industry in Indonesia % OF SALES 67.13 21.5 1.58 0.66 1.62 2.74 0.54 1.38 0.48 1.24 % OF SALES 32.87 11.36 0.56 1.99 3.09 2.69 0.7 0.92 0.8 0.5

COST STRUCTURE Cost of Goods Sold Operating Expense Administration Electricity Fuel, Parking, Toll & Retribution Land and Building Rental Repairs and Maintenance Staff Welfare Allowance Stationery & Inventory Utensils and Equipment

COST STRUCTURE Gross Profit Profit (Loss) Before Tax Depreciation Freight Interest Marketing Service Fee Other Expenses Telephone Wages and Salaries

(Sumber: Cosmetics Manufacturing in Indonesia Indonesia Industry Report and Market Research, http://www.disb2b.com/front/industryreport.php?klui=K35232)

4.2 Analisis Break-even
Berdasarkan kalkulasi maka di tahun pertama, perusahaan mengalami kerugian sebesar Rp 369,639,810. Dimana, kerugian tersebut akan tertutupi atau perusahaan akan memperoleh titik impas di tahun kedua, ketika perusahaan di tahun kedua mencapai titik unit penjualan sebesar 112.456 unit (510.346 ² 397.890 unit).

Jl. H.R. Rasuna Said kav. C-22, Kuningan (021) 5263 199, Fax (021) 5263 282, Email naturecare@nature.co,id

Page 13

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful