Aphorism

Doni Viandra

Jika tidak ada lagi yang menarik di dunia ini, maka buatlah duniamu semenarik mungkin...
Shinsaku Takasugi

The End With You
(What the fuck!) Our days are running thin, our hopes will start to fall I can feel the world collapse around me from within And the letters keep coming by to let us know when time will die And please god will you forgive us and give us one more try If you will then we'll go as fast as we go far Maybe we'll be forgotten when the world is torn apart I've been up all night long, counting days that all went wrong I opened my bedroom window, I wish this pain was gone There are no useful drugs to escape from feeling numb I remember an amazing birthday, I remember when I was young If you will then we'll go as fast as we go far Maybe we'll be forgotten when the world is torn apart Cause the sun won't be so blinding and the rains will finally come The ashes will slowly pile up just to prove we're finally done (What the fuck!) Tom DeLonge

untuk Orang–orang yang tidak lagi bisa menikmati menariknya dunia yang fana ini

 

Pengantar
Puji dan syukur untuk Allah S.W.T. atas terselesaikannya buku ini. Salawat dan Salam untuk Nabi Muhammad S.A.W., sumber inspirasi kehidupan manusia. Naskah dari buku ini gw peroleh dari berbagai sumber di internet. Dari bloggers yang telah meluangkan waktunya untuk menulis dan nge – share kata – kata penuh inspirasi di blognya dan tentunya dari berbagai subforum di Kaskus. Terima kasih buat semuanya… Gw ga tahu judul apa yang cocok buat buku ini sampai akhirnya gw namain sesuai dengan nama sebuah cerita di manga Salad Days dan ditambahkan kata Aphorism dibelakangnya… Gw ga menerima ucapan terima kasih dan pujian (fucking hate it!!), tapi gw menerima kritikan dan saran yang membangun… Enjoy… Doni Viandra A Waltzing Day of August, 2008

 

iii

 

Daftar Isi
Pengantar Daftar Isi Catatan Tentang Kita Hubungan Pembelajaran Kepemimpinan Kesuksesan Kebahagian Cinta Matematika Deleterious Quotes Jack & Helena Penutup; Pemenang vs Pecundang iii iv v 1 18 30 46 53 62 78 88 91 97 101

 

iv

Catatan
Nama yang dicetak tebal di bagian Cinta bukanlah nama yang sebenarnya. Nama itu adalah nama yang dipakai di forum Kaskus.

 

v

Tentang Kita
Apa yang harus kita putuskan adalah apa yang harus kita lakukan pada waktu yang telah diberikan kepada kita. (Gandalf, The Lord Of The Ring; The Fellowship Of The Ring)

 

1

Bermimpilah tentang apa yang ingin kamu impikan, pergilah ketempattempat kamu ingin pergi, jadilah seperti yang kamu inginkan karena kamu hanya memiliki satu kehidupan dan satu kesempatan untuk melakukan halhal yang ingin kamu lakukan. Orang besar membicarakan ide. Orang sedang membicarakan barang. Orang kecil membicarakan orang lain. Semoga kamu mendapatkan kebahagiaan yang cukup untuk membuatmu baik hati,cobaan yang cukup untuk membuatmu kuat, kesedihan yang cukup untuk membuatmu manusiawi, pengharapan yang cukup untuk membuatmu bahagia dan uang yang cukup untuk membeli hadiah-hadiah. Sungguh benar bahwa kita tidak tahu apa yang kita milik sampai kita kehilangannya, tetapi sungguh benar pula bahwa kita tidak tahu apa yang belum pernah kita miliki sampai kita mendapatkannya. Hari ini Anda adalah orang yang sama dengan Anda di lima tahun mendatang, kecuali dua hal : orang-orang di sekeliling Anda dan buku-buku yang Anda baca. (Charles "Tremendeous" Jones) Jangan pernah mengucapkan selamat tinggal jika kamu masih mau mencoba. Jangan pernah menyerah jika kamu masih merasa sanggup. Jangan pernah mengatakan kamu tidak mencintainya lagi jika kamu masih tidak dapat melupakannya.

 

2

Ada hal-hal yang sangat ingin kamu dengar tetapi tidak akan pernah kamu dengar dari orang yang kamu harapkan untuk mengatakannya.Namun demikian janganlah menulikan telinga untuk mendengar dari orang yang mengatakannya dengan sepenuh hati. Bahkan kritik dapat membangun rasa percaya diri saat "disisipkan" diantara pujian. (May Kay Ash) Waktu kamu lahir, kamu menangis dan orang-orang di sekelilingmu tersenyum. Jalanilah hidupmu sehingga pada waktu kamu meninggal, kamu tersenyum dan orang-orang di sekelilingmu menangis. (Mahatma Gandhi) Jika pekerjaan Anda lenyap, jati diri Anda tidak akan pernah hilang. (Gordon Van Sauter) Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup. (John Pattrick) Bakat terbentuk dalam gelombang kesunyian, watak terbentuk dalam riak besar kehidupan. (Goethe) Kita hanya berfikir ketika kita terbentur pada suatu masalah.(John Dewey) Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu. (Petrus Claver)

 

3

Hidup adalah lelucon yang baru saja dimulai. (W.S. Gilbert) Tuhan sering mengunjungi kita, tetapi kebanyakan kita sedang tidak ada di rumah. (Joseph Roux) Dunia adalah komedi bagi mereka yan memikirkannya, atau tragedi bagi mereka yang merasakannya. (Harace Walpole) Sejarah manusia merupakan tanah pemakaman dari kebudayaankebudayaan yang tinggi, yang rontok karena mereka tidak mampu melakukan reaksi sukarela yang terencana dan rasional untuk menghadapi tantangan. (Erich Fromm) Kemampuan menertibkan keinginan merupakan latar belakang dari watak. (John Locke) Menyikat lantai dan mencuci pispot sama mulianya seperti menjadi presiden. (Richard M. Nixon) Setelah makan, pendidikan merupakan kebutuhan utama rakyat. (Danton) Kerendahan hati disukai orang-orang terkenal. Namun orang yang bukan apa-apa sulit untuk rendah hati. (Paul Valěry) Emansipasi merupakan seni untuk berdiri di atas kaki sendiri namun dipeluk tangan orang lain. (Alex Winter)

 

4

Sebelum menikah saya mempunyai enam teori tentang bagaimana mendidik anak. Kini saya mempunyai enam anak dan tidak mempunyai teori. (John Wilmot, Earl of Rochester) Harapan adalah tiang yang menyangga dunia. (Pliny the Elder) Saya lebih suka lamunan untuk masa akan datang daripada sejarah masa lalu. (Thomas Jefferson) Tidak ada yang selembut dan sekeras hati. (G.C. Lichtenberg) Orang memerlukan dua tahun untuk berbicara, tetapi limapuluh tahun untuk belajar tutup mulut. (Ernest Hemingway) Seorang manusia harus cukup rendah hati untuk mengakui kesalahannya, cukup bijak untuk mengambil manfaat dari kesalahannya dan cukup berani untuk membetulkan kesalahannya itu. Doa memberikan kekuatan pada orang yang lemah, membuat orang yang tidak percaya menjadi percaya dan memberikan keberanian pada orang yang ketakutan. Dunia ini seperti lautan yang luas. Kita adalah kapal yg belayar di lautan itu. Telah banyak kapal karam di dalamnya. Andai muatan kita adalah iman, dan layarnya adalah takwa, niscaya kita akan selamat dari tersesat di lautan hidup ini.

 

5

Dalam masyarakat manusia ada binatang jalang, tetapi dalam masyarakat binatang tidak ada satu pun manusia jalang. (Aristoteles) Hati yang terluka seperti besi bengkok, walau diketuk, sukar kembali ke bentuk asalnya. TAnda-tAnda orang yang baik ialah dia akan berasa gembira jika dapat berbuat kebaikan kepada orang lain, dan dia akan merasa malu jika menerima kebaikan dari orang lain. Semulia – mulia manusia ialah orang yang mempunyai adab rendah hati ketika berkedudukan tinggi, memaafkan ketika bisa membalas dan bersikap adil ketika kuat. (Khalifah Abdul Malik Marwan) Kita lahir dengan dua mata di depan wajah kita kerana kita tidak boleh selalu melihat ke belakang. PAndanglah semua itu ke depan, pAndanglah masa depan kita. Kita dilahirkan dengan 2 telinga di kanan dan di kiri supaya kita dapat mendengarkan semuanya dari dua sisi, untuk berupaya mengumpulkan pujian dan kritikan dan memilih mana yang benar dan mana yang salah. Kita lahir dengan 2 mata dan 2 telinga, tapi kita hanya diberi 1 mulut. Kerana mulut adalah senjata yang sangat tajam, mulut bisa menyakiti, bisa membunuh, bisa menggoda, dan banyak hal lainnya yang tidak

 

6

menyenangkan. Sehingga ingatlah, bicara sesedikit mungkin tapi lihat dan dengarlah sebanyak-banyaknya. Yang memimpin wanita bukanlah akalnya, melainkan hatinya. Lumbung emas dalam diri kita adalah pikiran kita. Kita dapat menggalinya sedalam-dalamnya dan sepuas-puasnya. (Abdullah Mansur M.H) Kamu dapat mengenal lebih banyak tentang diri seseorang dari adab dan pertanyaannya, bukan dari jawaban-jawabannya. (Voltaire) Emas diuji dengan api, wanita diuji dengan emas dan lelaki diuji dengan wanita. Orang yang berbohong itu sentiasa ingin melarikan diri padahal tidak ada seorangpun yang mengejarnya. Dan orang yang benar itu berani seperti singa. (Goethe) Mengherankan sekali, orang yang mencuci wajahnya berkali-kali dalam sehari, tetapi tidak mencuci hatinya walaupun sekali setahun. Keutamaan akal ialah hikmah kebijaksanaan, dan keutamaan hati ialah keberanian. Bukti akal pikiran seseorang ialah perbuatannya, dan bukti ilmunya ialah ucapannya.

 

7

Tidak ada insan suci yang tidak mempunyai masa lampau dan tidak ada insan yang berdosa yang tidak mempunyai masa depan. Orang yang paling mampu menguasai dirinya ialah yang paling mampu menguasai rahasianya. Orang yang mengikuti emosinya, akan kehilangan adabnya. Jangan sesekali menyalahkan kekhilafan diri sendiri kepada orang lain kerana orang yang tidak mengakui kelemahan diri sukar untuk maju. Barang siapa menanam, dia yang akan menuai. Hidup ini adalah warna-warni yang terlukis di atas kanvas, walaupun tidak cantik ia tetap mempunyai sejuta makna. Jika Anda mau membuat sesuatu, Anda akan mencari jalan. Jika Anda tidak mau membuat sesuatu, Anda akan mencari alasan. (Peribahasa Arab) Harta yang paling menguntungkan ialah sabar. Teman yang paling akrab adalah amal. Pengawal peribadi yang paling waspada diam. Bahasa yang paling manis adalah senyum. Dan ibadah yang paling indah tentunya khusyuk. Wanita yang cantik tanpa kepribadian yang mulia, umpama kaca mata yang bersinar-sinar, tetapi tidak melihat apa-apa.

 

8

Jangan sekali-kali kita meremehkan suatu perbuatan baik walaupun hanya sekadar senyuman. Anda bukan apa yang Anda fikirkan tentang Anda, tetapi apa yang Anda fikirkan itulah Anda. Kata-kata yang lembut dapat melembutkan hati yang lebih keras dari batu. Tetapi kata-kata yang kasar dapat mengasarkan hati yang lunak seperti sutera. Lidah yang panjangnya tiga inci bisa membunuh manusia yang tingginya enam kaki. Kita sentiasa muda untuk melakukan dosa, tetapi tidak pernah tua untuk bertaubat. Setiap mata yang tertutup bukan berarti tidur. Setiap mata terbuka bukan berarti melihat. Jangan dipaksa anak berbuat kebaikan jikalau orang tuanya tidak pernah menyembah Tuhannya. Kemarahan tidak boleh berumur panjang di dada seorang yang berhati baik, kebaikan tidak boleh berakar di hati seseorang yang berhati buruk. Segala hal yang lahir akan mati, tetapi cahaya kehidupan yang dipancarkan akan selalu bersinar untuk selamanya.
  9

Hidup ini ibarat meniti seutas tali, kadang kala kita jatuh sakit dan terluka, dan itulah yang kita rasakan saat ini. Orang yang meminta-minta kepada Tuhan tidak akan kecewa. Hidup itu seperti es krim. Nikmatilah ia sebelum cair. Nilai manusia adalah semahal harga dirinya. (Marcus Aurelius) Cara terbaik menghukum orang yang telah melakukan kesalahan terhadap kita ialah dengan berbuat baik kepadanya. Seekor singa yang ganas lebih mudah dihadapi daripada pemerintah yang kejam, dan pemerintah yang kejam lebih mudah dihadapi daripada angkara fitnah yang kekal. Sifat pribadi yang teguh adalah aset kita yang paling hebat karena ia memberikan keberanian kepada kita untuk berhadapan dengan kecemasan. Apa yang Anda pikirkan mengenai diri Anda, akan mempengaruhi diri Anda sendiri. Antara nasib dan takdir adalah suatu yang lebih kurang sama. Mereka akan berubah hanya dengan doa kita dan dengan izinNya. Apakah diharapkan hujan tanpa awan?

 

10

Siapa yang tidak pernah merasakan kepahitan, tidak akan mengenal kemanisan. Jadilah cahaya suram yang kekal abadi sinarnya daripada menjadi cahaya terang yang hanya bersinar seketika. Air mata wanita adalah senjata yang membuahkan kemenangan. Ingatlah, sabar itu iman, uang itu bukan teman, dunia hanya pinjaman dan mati tak berteman. Kita selalu lupa atau jarang ingat apa yang kita miliki, tetapi kita sering kali ingat apa yang orang lain miliki. Dalam kepala kaum wanita ada kekurangan, tetapi dalam hati mereka ada kelebihan. Gerobak kosong lebih banyak bisingnya (suara ributnya) daripada gerobak yang penuh muatan. Sekiranya Anda meletakan satu nilai kecil ke atas diri Anda sendiri, ketahuilah bahwa dunia tidak akan meningkatkan harga Anda itu. Kehidupan kita di dunia ini tidak menjanjikan satu jaminan yang kekal. Apa yang ada hanyalah percobaan dan peluang. Jaminan yang kekal abadi hanya dapat ditemui apabila kita kembali kepada Ilahi.

 

11

Adab dan akhlak adalah ibarat bendanya dan kemasyhuran adalah seperti bayangannya. Tetapi malangnya, orang lebih senang melihat bayangannya daripada bendanya. Manusia biasanya lebih menghargai sesuatu yang sukar diperoleh, tetapi sering kali melupakan nikmat yang telah tersedia. Manusia tidak perlu dihukum kerana lupa, tetapi manusia perlu dihukum kerana sengaja lupa. Ukuran yang paling tinggi tentang adab seseorang itu, ia wajib menaruh perasaan malu akan dirinya terlebih dahulu. (Aflatun) Sesungguhnya orang yang berakal itu menyembunyikan rahasianya, dan orang yang bodoh itu membuka aibnya. Jangan mengukur kebijaksanaan seseorang hanya karena kepAndaiannya berkata-kata, tetapi perlu dinilai juga buah pikiran serta tingkah lakunya. Akhlak yang buruk itu ibarat tembikar yang pecah. Tidak dapat dilekatkan lagi dan tidak dapat dikembalikan menjadi tanah. (Wahab B. Munabin) Semiskin-miskin orang ialah orang yang kekurangan adab dan budi pekerti. (Hukama) Hidup biar beradab, bukan hidup untuk biadab. (Al-Ghazali Bayruni)

 

12

Berdo’a kepada Tuhan adalah laksana samudera yang dapat mencapai setiap sudut pantai keperluan hidup manusia. Suatu khayalan kadang-kadang menjadi realita. Jika manusia masih tetap jahat dengan adanya agama, bagaimana lagi jika tiada agama? (Benjamin Franklin) Menghitung orang gila di suatu negeri lebih sulit daripada menghitung orang-orang yang berakal. Kecantikan hanya sedalam kulit, tetapi masuk ke dalam tulang. (Pepatah Inggris) Keluhuran budi pekerti akan tampak pada ucapan dan tindakan. Orang yang berjiwa besar teguh pendiriannya, tetapi tidak keras kepala. Naluri berbicara kita akan mencintai yang memuja kita, tetapi tidak selalu mencintai yang kita puja. Contoh yang baik adalah nasehat terbaik. (Fuller) Tiga sifat manusia yang merusak adalah kikir yang dituruti, hawa nafsu yang diikuti, serta sifat mengagumi diri sendiri yang berlebihan. (Nabi Muhammad S.A.W.)

 

13

Semua yang dimulai dengan rasa marah, akan berakhir dengan rasa malu. (Benjamin Franklin) Ancaman nyata sebenarnya bukan pada saat komputer mulai bisa berpikir seperti manusia, tetapi ketika manusia mulai berpikir seperti komputer. (Sydney Harris) Pahlawan bukanlah orang yang berani meletakkan pedangnya ke pundak lawan, tetapi pahlawan sebenarnya ialah orang yang sanggup menguasai dirinya dikala ia marah. (Nabi Muhammad S.A.W.) Musuh yang paling berbahaya di atas dunia ini adalah penakut dan bimbang. Teman yang paling setia, adalah keberanian dan keyakinan yang teguh. (Andrew Jackson) Karena manusia cinta akan dirinya, tersembunyilah baginya aib dirinya, tidak kelihatan olehnya walaupun nyata. Kecil di pAndangnya walaupun bagaimana besarnya. (Jalinus At Thabib) Jauhilah dengki, karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar. (Nabi Muhammad S.A.W.) Takutlah kamu akan perbuatan dosa di saat sendirian, di saat inilah saksimu adalah juga hakimmu. (Khalifah ‘Ali) Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kalian, tapi Dia melihat hati dan amal kalian. (Nabi Muhammad S.A.W.)
  14

Niat adalah ukuran dalam menilai benarnya suatu perbuatan, oleh karenanya, ketika niatnya benar, maka perbuatan itu benar, dan jika niatnya buruk, maka perbuatan itu buruk. (Imam An Nawawi) Penderitaan jiwa mengarahkan keburukan, putus asa adalah sumber kesesatan dan kegelapan hati adalah pangkal penderitaan jiwa. (Bediuzzaman Said Nursi) Sungguh sedikit mereka yang melihat dengan mata mereka sendiri dan merasakan dengan hati mereka sendiri. (Einstein) Benar, engkau adalah seorang raja penguasa dunia. Semua orang menunjukkan kesetiaannya padamu! Lalu bagaimana? Esok kamu akan di baringkan di kubur sebagai rumahmu. Dan dari segala arah, orang-orang akan melemparkan debu ketubuhmu menutupimu. Walaupun engkau dijadikan raja penguasa dunia, engkau tidak akan lari dari kematian, dan meninggalkan dunia untuk para musuhmu walaupun hari ini wajahmu tersenyum, esok hal itu pasti akan membuatmu bersedih. Hai bodoh, yang terpedaya oleh daya tarik dunia! Pikirkanlah dan ambillah sesuatu (kebaikan) dari dunia ini untuk menolongmu di akhirat. Aku tersesat dalam kelalaian, sedang kematian bergerak kearahku, semakin lama semakin mendekat. Jika aku tidak mati hari ini, aku pasti mati esok.

 

15

Aku bayangkan tubuhku remuk menjadi debu dalam lubang kubur, Di bawah gundukan tanah. Keindahan tubuhku akan berangsur-angsur hilang, sedikit demi sedikit berkurang hingga tinggallah kerangka, tanpa kulit dan daging. Aku melihat detik-detik kehidupan lambat laun habis, namun keinginankeinginanku masih belum terpenuhi. Suatu perjalanan panjang terbentang di hadapanku, sedangkan aku tiada bekal untuk jalan itu. Aku menentang Tuhanku, melanggar perintah-perintah-Nya terangterangan, sementara Ia mengawasiku setiap saat. Aduh! Aku memperturutkan hatiku dalam perbuatan-perbuatan yang memalukan! Ah! Apapun yang telah terjadi tak dapat dihapuskan dan waktu bila telah berlalu tidak dapat ditarik kembali. Ah! Aku berdosa secara rahasia, tidak pernah orang lain mengetahui dosadosaku yang mengerikan. Tetapi esok, rahasia dosa-dosaku ditampakan dan dipertunjukan kepada Tuhanku. Ah! Aku berdosa terhadap-Nya, walaupun hati merasa takut, namun aku sangat mempercayai ampunan-Nya yang tak terbatas, aku ber-dosa dan tak tahu malu, dengan berani bergantung kepada ampunan-Nya yang tak terbatas.

 

16

Ah! Aku sendiri ketika dibangkitkan dari kubur (tanpa seorangpun yang menolongku pada hari itu). Wahai Engkau, Yang Maha Esa yang tiada sekutu terhadap keagungan-Mu. Belas kasihanillah kesendirianku, karna ditinggalkan oleh segalanya. Tiada musibah yang lebih besar daripada meremehkan dosa-dosamu dan merasa ridho dengan keadaan rohaniahmu sekarang ini. Barangsiapa yang banyak bicara, maka banyak pula salahnya, siapa yang banyak salahnya, maka hilanglah harga dirinya, siapa yang hilang harga dirinya, bererti dia tidak wara’, sedang orang yang tidak wara’ itu berarti hatinya mati. (Sayidina Ali) Harga diri tergantung ucapannya. (Ronggowarito) Jangan pernah menuntut seseorang untuk melakukan hal yang belum bisa kau lakukan. Barang siapa tidak menyibukkan diri dengan kebaikan, niscaya ia akan disibukkan dalam keburukan

 

17

Hubungan
Yang baik bagi orang lain adalah selalu yang betul-betul membahagiakannya. (Aristoteles)

 

18

Jangan tertarik kepada seseorang karena parasnya, sebab keelokan paras dapat menyesatkan.Jangan pula tertarik kepada kekayaannya,karena kekayaan dapat musnah. Tertariklah kepada seseorang yang dapat membuatmu tersenyum,karena hanya senyum yang dapat membuat harihari yang gelap menjadi cerah .Semoga kamu menemukan orang seperti itu. Sahabat terbaik adalah dia yang dapat duduk berayun-ayun di berAnda bersamamu, tanpa mengucapkan sepatah katapun, dan kemudian kamu meninggalkannya dengan perasaan telah bercakap-cakap lama dengannya. PAndanglah segala sesuatu dari kacamata orang lain. Apabila hal itu menyakitkan hatimu, sangat mungkin hal itu menyakitkan hati orang itu pula. Kata-kata yang diucapkan sembarangan dapat menyulut perselisihan.Katakata yang kejam dapat menghancurkan suatu kehidupan.Kata-kata yang diucapkan pada tempatnya dapat meredakan ketegangan.Kata-kata yang penuh cinta dapat menyembuhkan dan memberkahi. Mungkin Tuhan menginginkan kita bertemu dengan beberapa orang yang salah sebelum bertemu dengan orang yang tepat, kita harus mengerti bagaimana berterima kasih atas karunia itu. Hal yang menyedihkan dalam hidup adalah ketika kamu bertemu seseorang yang sangat berarti bagimu dan mendapati pada akhirnya bahwa tidak demikian adanya dan kamu harus melepaskannya.
 

19

Jangan pernah meninggalkan orang yang menyayangimu demi orang yang kamu sukai karena suatu saat nanti orang yang kamu suka akan meninggalkan kamu demi orank yang dia sayang. Seseorang yang menyayangimu akan menunggumu selamanya, sampai kapanpun. Dalam kelimpahan, teman-teman kita mengenal kita; dalam kesulitan, kita bisa mengenal mana yang sebenarnya adalah teman-teman kita. (John Churton Collins) Marah itu gampang. Tapi marah kepada siapa, dengan kadar kemarahan yang pas, pada saat dan tujuan yang tepat, serta dengan cara yang benar itu yang sulit. (Aristoteles) Jangan pernah melupakan apa pun yang dikatakan seseorang ketika ia marah karena akan seperti itu pulalah perlakuannya pada Anda.(Henry Ward Beecher) Kesalahan orang lain terletak pada mata kita, tetapi kesalahan kita sendiri terletak di punggung kita.(Ruchert) Seorang pendengar yang baik mencoba memahami sepenuhnya apa yang dikatakan orang lain. Pada akhirnya mungkin saja ia sangat tidak setuju, tetapi sebelum ia tidak setuju, ia ingin tahu dulu dengan tepat apa yang tidak disetujuinya. (Kenneth A. Wells)

 

20

Seorang pria sudah setengah jatuh cinta kepada wanita yang mau mendengarkan omongannya dengan penuh perhatian. (Brenden Francis) Jangan pernah membanting pintu, siapa tau kita harus kembali. (Don Herold) Diplomat ialah orang yang selalu ingat pada ulang tahun seorang wanita tetapi tidak pernah ingat berapa umur wanita itu. (Robert Frost) Alat penghemat kerja yang paling populer sampai saat ini masih tetap suami yang berada. (Joey Adams) Jangan memberi nasehat kalau tidak diminta. (Erasmus) Manusia mudah dibohongi oleh orang yang dicintainya. (Molire) Bila Anda mengatakan apa yang Anda pikirkan, jangan harap hanya mendengar apa yang Anda sukai. (Malcom S. Forbes) Komunikasi adalah sesuatu yg mudah, susahnya ialah apabila kita tidak menyebutnya dengan perkataan yg mudah. (T.S Matthews) Anda mungkin ditipu jika terlalu mempercayai, tetapi hidup Anda akan tersiksa jika tidak cukup mempercayai. (Frank Crane) SeAndainya kita tidak mampu untuk memberi secuil kesenangan kepada orang lain, berusahalah supaya kita tidak memberi sedikit kesusahan kepada orang lain.
  21

Memberi maaf mungkin amat berat untuk diberikan kepada orang yang pernah melukai hati kita. Tetapi hanya dengan memberi maaf kita akan dapat mengobati hati yang telah terluka. Sahabat sejati adalah mereka yang sanggup berada di sisimu ketika kamu memerlukan bantuan walaupun saat itu mereka seharusnya berada di tempat lain yang lebih menyenangkan. Kata-kata itu sebenarnya tidak mempunyai makna untuk menjelaskan perasaan. Manusia bisa membentuk seribu kata-kata, seribu bahasa. Tapi kata-kata bukan bukti unggulnya perasaan. Orang cerdik yang mengenal dunia, terungkap baginya musuh yang berbaju kawan. Jangan abaikan permintaan orang kalau tidak mau permintaan kamu diabaikan orang. Barang siapa membawa berita tentang orang lain kepadamu, maka dia akan membawa berita tentang dirimu kepada orang lain. Kawan sejati ialah orang yang mencintaimu meskipun telah mengenalmu dengan sebenar-benarnya yaitu baik dan burukmu. Madam, saya datang dari negara dimana orang-orang digantung ketika berbicara. (Leonhard Euler)
 

22

Jagalah dirimu baik-baik, usahakanlah kemuliaannya, kerana engkau dipAndang manusia bukan kerana rupa tetapi kesempurnaan budi dan adab. (Nabi SAW) Barangsiapa menyebarluaskan berita-berita kekejian yang didengarnya, maka dia seperti pelakunya. Beritahu kepadaku apa bacaan-bacaanmu, niscaya aku akan memberitahu siapa dirimu. Jangan menyalakan api untuk membakar musuh Anda sedemikian panas sehingga Anda sendiri hangus karenanya. Mungkin diam itu suatu jawaban yang baik atau mungkin pula teguran dan nasihat yang baik. Jangan menghina barang yang kecil kerana jarum yang kecil itu kadangkadang menumpahkan darah. Pikirkan permusuhan kita akan dimusuhi. Pikirkan kebencian, kita akan dibenci. Tetapi sekiranya kita fikirkan kasih maka kita akan dikasihi. Ini adalah hukum alam. Kita menjadi seperti apa yang kita pikirkan. Membalas kebaikan dengan kejahatan adalah perangai yang serendahrendahnya. Membalas kejahatan dengan kejahatan,bukanlah perikemanusiaan. Membalas kebaikan dengan kebaikan adalah hal biasa.
 

23

Membalas kejahatan dengan kebaikan adalah cita-cita kemanusiaan yang tinggi. Kita harus sanggup hidup untuk membuat cita-cita itu bertumbuh. Kata-kata yang diucapkan sembarangan dapat mewujudkan perselisihan. Kata-kata yang kejam dapat menghancurkan suatu kehidupan. Kata-kata yang diucapkan pada tempatnya dapat meredakan ketegangan. Kata-kata yang penuh cinta dapat menyembuhkan dan memberkati. Nafsu mengatakan perempuan itu cantik atas dasar rupanya. Akal mengatakan perempuan itu cantik atas dasar ilmu dan kepintarannya. Dan hati mengatakan perempuan itu cantik atas dasar akhlaknya. Kalaulah Anda tidak mampu untuk menggembirakan orang lain, janganlah pula Anda menambah dukanya. Mengapa manusia suka membuat perselisihan sedangkan manusia itu sendiri dilahirkan dari sebuah kemesraan? Kegembiraan ibarat semburan pewangi, apabila kita memakainya semua akan dapat merasakan keharumannya. Oleh karena itu, berikanlah walau secuil kegembiraan yang Anda miliki kepada teman Anda. Reaksi emosi jangan dituruti kerana implikasinya tidak seperti yang dibayangkan. Sahabat yang beriman ibarat mentari yang menyinari.
 

24

Memberi maaf lebih baik daripada membalas dendam. Kemaafan mungkin amat berat untuk diberikan kepada orang yang pernah melukai hati kita. Tetapi hanya dengan memberi kemaafan sajalah kita akan dapat mengobati hati yang telah terluka. Kemaafan yang diberi secara ikhlas layaknya pisau bedah yang bisa membuang segala luka emosi. Dua orang bersaudara ibarat dua tangan, yang satu membersihkan yang lainnya. Jika kejahatan di balas kejahatan, maka itu adalah dendam. Jika kebaikan dibalas kebaikan itu adalah perkara biasa. Jika kebaikan dibalas kejahatan, itu adalah zalim. Tapi jika kejahatan dibalas kebaikan, itu adalah mulia dan terpuji. (La Roche) Biarkan dia membuat pilihan dan keputusannya kerana disitulah tAnda kita gembira melihat orang yang kita sayangi berbahagia. Reputasi Anda adalah apa yang orang lain pikirkan tentang diri Anda. Jika Anda menyayangi seseorang kerana Allah, maka janganlah bertengkar dan berbaikanlah dengannya, janganlah menanyakan siapapun tentangnya, karena orang yang ditanya itu mungkin memberitahu Anda hal yang membuat Anda keliru dan menghalangi hubungan Anda dengan orang yang Anda sayangi itu.

 

25

Selemah-lemah manusia ialah orang yg tak bisa mencari sahabat dan orang yang lebih lemah dari itu ialah orang yg menyia-nyiakan sahabat yg telah dicari. (Saidina Ali) Apa yang dikatakan oleh sahabat yang jujur lebih besar harganya daripada harta benda yg diwarisi dari nenek moyang. (Saidina Ali) Lidahmu adalah bentengmu, jika engkau menjaganya maka ia akan menjagamu, dan jika engkau membiarkannya maka ia tidak akan mempedulikanmu. Jangan lakukan semua yang kamu ketahui, jangan belanjakan semua yang kamu miliki, jangan percaya pada semua yang kamu dengar dan jangan memberitahu semua yang kamu dengar. Adalah tidak mustahil orang yang paling kita benci sekarang adalah sahabat karib kita suatu waktu dahulu. Apa yang terungkap tidak selalu sama seperti apa yang diungkap. Sahabat sejati seperti pohon rindang tempat kita berteduh. Jambatan menjadi penghubung antara dua kampung, pernikahan menjadi penghubung antara dua insan dan anak menjadi penghubung antara ibu dan ayah. Menyesal tidak berbicara lebih baik daripada menyesal berbicara.
  26

Anda akan mempunyai kenalan yang banyak jika Anda menaruh perhatian pada mereka dan bukannya mencoba menarik perhatian mereka pada Anda. Sahabat sejati dan setia adalah lebih bernilai dari semua emas di dunia ini. Adalah mudah menukar status seorang sahabat menjadi kekasih daripada kekasih menjadi sahabat. Jangan mengharapkan kebaikan dari orang yang tidak mengharapkan kebaikan dari kamu. Cinta kepada Allah adalah puncaknya cinta. Lembahnya cinta adalah cinta kepada sesama. Sahabat sejati adalah orang yang dapat berkata benar kepada Anda, bukan orang yang hanya membenarkan kata-kata Anda. Berbuat baiklah kepada orang lain seperti berbuat baik kepada diri sendiri. Memperbaiki diri adalah alat yang ampuh untuk memperbaiki orang lain. Kaca, porselen dan nama baik, adalah sesuatu yang gampang sekali pecah, dan tak akan dapat direkatkan kembali tanpa meninggalkan bekas yang nampak. (Benjamin Franklin)

 

27

Keramahtamahan keramahtamahan

dalam dalam

perkataan pemikiran

menciptakan menciptakan

keyakinan, kedamaian,

keramahtamahan dalam memberi menciptakan kasih. (Lao Tse) Hiduplah seperti pohon kayu yang lebat buahnya; hidup di tepi jalan dan dilempari orang dengan batu, tetapi dibalas dengan buah. (Abu Bakar As – Siddiq) Teman sejati adalah ia yang meraih tangan Anda dan menyentuh hati Anda. (Heather Pryor) Demi Allah yang jiwaku berada di tangan-Nya, seseorang tidak beriman hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri. (Nabi Muhammad S.A.W.) Orang yang paling aku sukai adalah dia yang menunjukkan kesalahanku. (Khalifah ‘Umar) Kebersamaan dalam suatu masyarakat menghasilkan ketenangan dalam segala kegiatan masyarakat itu, sedangkan saling bermusuhan menyebabkan seluruh kegiatan itu mandeg. (Bediuzzaman Said Nursi) Perdamaian tidak dapat dijaga dengan kekuatan. Hal itu hanya dapat diraih dengan pengertian. (Einstein) Manusia Paling baik adalah orang yang dermawan dan bersyukur dalam kelapangan, yang mendahulukan orang lain, bersabar dalam kesulitan.
  28

Hati Adalah Ladang. Sesungguhnya setengah perkataan itu ada yang lebih keras dari batu, lebih tajam dari tusukan jarum, lebih pahit daripada jadam, dan lebih panas daripada bara. Sesungguhnya hati adalah ladang, maka tanamlah ia dengan perkataan yang baik, karena jika tidak tumbuh semuanya (perkataan yang tidak baik), niscaya tumbuh sebahagiannya. Adalah mudah mengalahkan seseorang dengan melukainya, namun sangatlah sulit mengalahkannya tanpa melukai dan menjaga martabatnya.

 

29

 

Pembelajaran
Orang yang tidak dapat mengambil pelajaran dari masa 3000 tahun, hidup tanpa memanfaatkan akalnya. (Goethe)

 

30

 

Lebih mudah belajar sesuatu mengenai segala sesuatu daripada belajar segala sesuatu mengenai sesuatu. (Nathaniel Emmons (1745-1840), rohaniawan) Semakin pAndai Anda, semakin banyak yang Anda perlu pelajari. (Don Herold (1889-1966), pelawak) Jika Anda dapat memimpikannya, Anda dapat melakukannnya. (Walt Disney) Sumber kekuatan baru bukanlah uang yang berada dalam genggaman tangan beberapa orang, namun informasi di tangan orang banyak. (John Naisbitt) Jenius adalah 1 % inspirasi dan 99 % keringat. (Thomas A. Edison) Orang yang menginginkan impiannya menjadi kenyataan, harus menjaga diri agar tidak tertidur. (Richard Wheeler) Kebijaksanaan tidak pernah berbohong. (Homer) Semua yang riil bersifat rasional dan semua yang rasional bersifat riil. (Hegel) 3×25 Watt ≠ 75 Watt. Sebuah bola lampu berukuran 75 watt kelihatan bersinar lebih terang dibandingkan dengan tiga buah bola lampu 25 Watt yang dinyalakan bersamaan.

 

31

 

Dari semua hal, pengetahuan adalah yang paling baik, karena tidak kena tanggung jawab maupun tidak dapat dicuri, karena tidak dapat dibeli, dan tidak dapat dihancurkan. (Hitopadesa) Bila orang mulai dengan kepastian, dia akan berakhir dengan keraguan. Jika orang mulai dengan keraguan, dia akan berakhir dengan kepastian. (Francis Bacon) Hampir semua ide baru mempunyai aspek tertentu dari kebodohan ketika pertama kali mereka diciptakan. (Alfred North Whitehead) Kemajuan merupakan kata yang merdu. Tetapi perubahanlah penggeraknya dan perubahan mempunyai banyak musuh. (Robert F. Kennedy) Tugas dari pendidikan ialah mengusahakan agar anak tidak mempunyai anggapan keliru bahwa kebaikan sama dengan bersikap loyo dan kejahatan sama dengan bersikap giat. (Maria Montessori) Fakta tidak berbicara. (Henry Poincare) Kalau manusia berangsur menjadi tua, umumnya ia cendrung menetang perubahan, terutama perubahan ke arah perbaikan. (John Steinbeck) Selama hidup saya yang sudah 87 tahun ini, saya telah menyaksikan serentetan revolusi teknologi. Tetapi tidak satu pun diantaranya yang tidak membutuhkan watak yang baik atau kemampuan untuk berfikir. (Bernard M. Baruch)
  32

 

Pendidikan mempunyai akar yang pahit, tapi buahnya manis.(Aristoteles) Pendidikan mengembangkan kemampuan, tetapi tidak menciptakannya. (Voltaire) Pendidikan yang baik tidak menjamin pembentukan watak yang baik. (Fonttenelle) Dari pesawat terbang yang saya cintai, saya melihat ilmu pengetahuan yang saya puja memusnahkan kebudayaan, padahal saya mengharapkan mereka dimanfaatkan untuk kebudayaan. (Charles A. Lindbergh, Jr.) Sebelum menulis, belajarlah berpikir dulu. (Boileau) Orang yang berjiwa cukupan, merasa bisa menulis dengan hebat. Orang yang berjiwa besar merasa bisa menulis cukupan. (La Bruyère) Lebih baik mengerti sedikit daripada salah mengerti. (A. France) Penulis buku jarang intelektual. Intelektual ialah mereka yan berbicara tentang buku yang ditulis orang lain. (Françoise Sagan) Saya tak hanya menggunakan semua kecerdasan yang dimiliki otak melainkan juga yang dapat saya pinjam. (Woodrow Wilson) Kesulitan itu ibarat seorang bayi. Hanya bisa berkembang dengan cara merawatnya. (Douglas Jerrold)

 

33

 

Orang pintar dilihat dari jawabannya, tapi orang bijak dilihat dari pertanyaannya Pikirkan tentang dirimu. Jika suatu bangsa telah mulai berfikir, tidak ada satu kekuatan pun yang bisa menghentikannya. (Voltaire) Jika keadilan ditegakkan, keberanian tidak diperlukan lagi. Tidak ada seorangpun yang paling pAndai dan paling bodoh di dunia ini karena setiap yang pAndai itu bisa saja menjadi bodoh dan setiap yang bodoh itu bisa saja menjadi pAndai. Keikhlasan itu seperti seekor semut hitam di atas batu yang hitam di malam yang amat kelam. Berwujud tapi amat sukar dilihat. Pengumpul harta belum tentu memanfaatkannya, dan yang memanfaatkan harta belum tentu mengumpulkannya. Mengetahui sesuatu dan memahami segala sesuatu adalah lebih baik daripada mengetahui segala sesuatu, tetapi tidak memahami sesuatu. Barangsiapa yang hari ini sama dengan kelmarin, maka tertipulah dia, dan barangsiapa hari ini lebih jahat dari kelmarin, maka terkutuklah dia. Agama tidak pernah mengecewakan manusia. Tetapi manusia yang selalu mengecewakan agama.

 

34

 

Berkhianat dalam ilmu lebih jahat daripada berkhianat dalam harta. Sebuah pedang diketahui keampuhannya sesudah memotong. Permulaan sabar adalah pahit, tetapi manis akhirnya. Setiap kali tersandung, ingatlah kita tidak mau terjatuh lagi. Sebelum memberi nasihat kepada manusia dengan ucapanmu, berilah mereka nasihat dengan perbuatanmu. Orang mulia menyalahkan dirinya, orang bodoh menyalahkan orang lain. Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa. Dalam kesempitan hidup ada kekuasaan ilmu. Kebenaran itu apabila dijemur di bawah cahaya mentari, ia tidak akan lekang. Biarpun ditinggalkan dalam hujan lebat, ia tidak akan busuk. Tawadhu ialah apabila setiap kali seseorang berjumpa dengan seorang muslim, ia menyangka bahwa orang itu lebih baik daripada dirinya. Sebaik-baik orang yang diberi nasihat ialah penguasa. Berfikir sejenak, merenungi masa lalu adalah permulaan yang baik untuk bertindak. Sebuah kebenaran kadangkala mengandung kesalahan.
  35

 

Kalau rumahmu dari kaca, janganlah melempari orang lain dengan batu. Berita tidak selalu sama dengan kenyataan. Seseorang yang melakukan kesalahan dan tidak membetulkannya telah melakukan satu kesalahan lagi. (Confucius) Jika alam itu tidak indah, maka alam itu bukanlah sesuatu yang berharga untuk dipelajari. Dan jika alam itu bukanlah sesuatu yang berharga untuk dipelajari, maka hidup ini bukanlah sesuatu yang berharga untuk dijalani. (Henry Poincare) Memulai belajar sejak kecil seperti memahat di atas batu dan memulainya sesudah tua seperti menulis di air. Kekayaan bisa mengaburkan jalan yang jujur. Harta akan habis digunakan tanpa ilmu tetapi sebaliknya, ilmu akan berkembang jika digunakan. Sampan tidak akan dapat belayar di padang pasir betapa pun jua empuknya pasir itu. (Pepatah Arab) Awal mula pohon ialah benih. Saya percaya, besok sudah tidak bisa mengubah apa yang terjadi hari ini, tetapi hari ini masih bisa mengubah apa yang akan terjadi pada hari esok.
 

36

 

Menulis sepuluh jilid buku mengenai filsafat lebih mudah daripada melaksanakan sepotong pesanan. Masa depan itu dibeli oleh masa sekarang. (Samuel Johnson) Kadangkala menyembunyikan suatu perkara dari orang lain lebih baik daripada jika diberitahu, tapi tidak dihiraukannya. Harta yang didatangkan oleh angin akan terbawa pergi oleh taufan. Kekecewaan mengajarkan kita erti kehidupan.Teruskan perjuangan kita walaupun terpaksa menghadapi rintangan demi rintangan dalam hidup. Manusia tak akan tahu semua hal, justru tahu banyak hal lebih baik daripada tidak suka mengetahui walaupun satu hal. Orang yang berkhianat selalu terhina. Orang yang berani tidak akan membabi-buta melompat masuk ke dalam jurang, melainkan masuk dengan perlahan-lahan dan dengan mata yang terbuka setelah mengukur kedalamannya. (Stahl P.J.) Keberanian yang sebenarnya ibarat layang-layang. Sentakan angin yang menentangnya bukan melemparkannya ke bawah, sebaliknya menaikkannya. (John Petitsenn)

 

37

 

Jangan serahkan sesuatu yang penting seperti sifat pribadi Anda kepada nasib. Kemahiran dan ilmu jika semakin sering digunakan akan semakin baik. Setiap hari, kita adalah manusia yang berbeda. Semalam kanak-kanak. Hari ini remaja. Dan esok, hari tua. Semuanya menjadikan kita dan masa sungguh bermakna. Berhati – hatilah dalam bercAnda karena ia membawa kepada keburukan dan menimbulkan rasa dendam. Bukti yang paling jelas tentang ketajaman akal pikiran seseorang ialah apabila ia dapat mempernyatakan apa yang ia mau secara ringkas. Berfikir secara rasional tanpa dipengaruhi oleh naluri atau emosi merupakan satu cara menyelesaikan masalah yg paling berkesan. Jangan sesekali menggadaikan prinsip, demi untuk mendapatkan dunia yang menggiurkan. Kalau tidak karena semalam kita telah berusaha, bersungguh – sungguh, bersabar dan berdoa, belum tentu hari ini kita akan berada di sini. Di dunia ini tidak jaminan, yang ada hanyalah peluang.

 

38

 

Didiklah anak-anakmu itu berlainan dengan keadaan kamu sekarang karena mereka telah dijadikan Tuhan untuk zaman yang bukan zamanmu. (Saidina Umar Al-Khattab) Diam adalah suatu hikmah, tetapi sedikit sekali yang melakukannya. Lebih baik menjadi pendengar yang bijak daripada menjadi pemerhati yang kaku dan tidak tahu apa-apa. Anda tidak bisa menciptakan pengalaman. Anda mesti menghadapinya. (Albert Camus) Dengan ilmu pengetahuan kita membuktikannya, tapi dengan intuisilah kita menemukannya. (Henry Poincare) Mengetahui hal yang baik menjadi tidak bermakna jika tidak melakukan hal yang baik tersebut. Jangan biarkan perahu hanyut tak berpenghuni. Nanti hanyutnya tidak akan singgah ke pelabuhan. Sesungguhnya apa yang kita lihat serupa, sebenarnya tidak semestinya sama. Agama tanpa ilmu adalah buta. Ilmu tanpa agama adalah lumpuh. (Albert Einstein)

 

39

 

Coba selesaikanlah permasalahan yang paling mengganggumu. (Andrew Wiles) Teman manusia yang sebenarnya ialah akal dan musuhnya yang sebenarnya ialah jahil. Keruntuhan keluarga telah melahirkan generasi yang lemah. (Rahmohan Ghandi) Rahasia untuk berhasil adalah menghormati orang lain. Belajar tanpa berpikir tidak ada gunanya, sedangkan berpikir tanpa belajar adalah berbahaya. Ingatlah, boleh jadi manusia itu mencintai sesuatu yang membahayakan dirinya atau membenci sesuatu yang bermanfaat baginya. Mohonlah petunjuk-Nya. Orang besar bukan orang yang otaknya sempurna tetapi orang yang mengambil sebaik-baiknya dari otak yang tidak sempurna. Sifat orang yang berlilmu tinggi adalah rendah hati kepada manusia dan takut kepada Tuhan. Cara untuk menjadi di depan adalah memulai sekarang. Jika memulai sekarang, tahun depan Anda akan tahu banyak hal yang sekarang tidak

 

40

 

diketahui, dan Anda tidak akan mengetahui masa depan jika Anda menunggu-nunggu. (William Feather) Dalam masalah hati nurani, bisikan pertamalah yang terbaik. Dalam masalah kebijaksanaan, pemikiran terakhirlah yang paling baik. (Robert Hall) Belajarlah dari kesalahan orang lain. Anda tak dapat hidup cukup lama untuk melakukan semua kesalahan itu sendiri. (Martin Vanbee) Hanya karena kita tidak bisa menemukan solusi, bukan berarti tidak ada satu solusipun. (Andrew Wiles) Sesuatu yang belum dikerjakan, seringkali tampak mustahil. Kita baru yakin kalau kita telah berhasil melakukannya dengan baik. (Evelyn Underhill) Jika orang berpegang pada keyakinan, maka hilanglah kesangsian. Tetapi, jika orang sudah mulai berpegang pada kesangsian, maka hilanglah keyakinan. (Sir Francis Bacon) Tidaklah cukup untuk memiliki pemikiran yang bagus, yang utama adalah bagaimana kita memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. (Rene Descartes) Setiap orang tidak perlu menjadi malu karena pernah berbuat kesalahan, selama ia menjadi lebih bijaksana daripada sebelumnya. (Alexander Pope)

 

41

 

Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah untuk tenang dan sabar. (Khalifah ‘Umar) Ketahuilah bahwa sabar, jika dipAndang dalam permasalahan seseorang adalah ibarat kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang maka keseluruhan tubuh itu akan membusuk. Sama halnya, jika kesabaran hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak. (Saidina ‘Ali) Dia yang menciptakan mata nyamuk adalah Dzat yang menciptakan matahari. (Bediuzzaman Said Nursi) Pengetahuan tidaklah cukup, kita harus mengamalkannya. Niat tidaklah cukup, kita harus melakukannya. (Johann Wolfgang von Goethe) Dua hal yang membangkitkan ketakjuban saya; langit bertaburkan bintang di atas dan alam semesta yang penuh hikmah di dalamnya. (Einstein) Pencegahan lebih baik daripada pengobatan. (Johann Wolfgang von Goethe) Kearifan ditemukan hanya dalam kebenaran. (Johann Wolfgang von Goethe) Apa yang saya saksikan di Alam adalah sebuah tatanan agung yang tidak dapat kita pahami dengan sangat tidak menyeluruh, dan hal itu sudah semestinya menjadikan seseorang yang senantiasa berpikir dilingkupi perasaan rendah hati. (Einstein)
  42

 

Tidak semua yang dapat menghitung dapat dihitung, dan tidak semua yang dapat dihitung dapat menghitung. (Einstein) Siapa lagi selain Dia, yang akan mengampuni dosa-dosaku. Sesungguhnya Ia patut bagi segala pujian! SeAndainya tidak ada adzab setelah kematian. Tiada janji akan surga, tiada ancaman akan neraka. Kematian dan kebusukan cukup sebagai peringatan, agar kita menjauhi sia-sia. Namun akal kita bebal. Kita tidak mengambil peringatan apa pun. Sekarang tiada harapan lagi bagi kita, kecuali Yang Maha Pengampun mengampuni dosadosa kita, karna bila seorang hamba berbuat salah, hanyalah Tuhannya, tanpa seorangpun yang mengampuninya tak diragukan lagi aku adalah yang terburuk dari semua hamba-Nya. Aku yang mengkhianati perjanjianku dengan Tuhanku yang dibuat di keabadian. Dan, adalah hamba yang cakap yang janji-janjinya tak berarti. Tuhanku, akan bagaimanakah nasibku, ketika api membakar tubuhku? Api yang melelehkan batu yang paling keras! Sungguh jalanan paling licin yang bahkan kaki ulamapun tergelincir di atasnya adalah ketamakan. Tiada yang lebih baik dari dua kebaikan : Beriman kepada Allah dan bermanfaat bagi manusia. Tiada yang lebih buruk dari dua kejahatan : Syirik kepada Allah dan merugikan manusia.

 

43

 

Tiga tAnda kesempurnaan iman : Kalau marah, marahnya tidak keluar dari kebenaran. Kalau senang, senangnya tidak membawanya pada kebatilan. Ketika mampu membalas, ia memafkan. Semua ilmu ada pokok bahasannya. Pokok bahasan ilmu para Nabi adalah manusia. Mereka datang untuk mendidik manusia. Nabi ditanya, bermanfaatkah kebajikan setelah dosa? Ia menjawab: Taubat membersihkan dosa, kebaikan menghapuskan keburukan. Tiga manusia tidak akan dilawan kecuali oleh orang yang hina: orang yang berilmu yang mengamalkan ilmunya, orang cerdas cendikia dan imam yang adil. Hendaklah kamu lebih memperhatikan tentang bagaimana amalan itu diterima daripada banyak beramal, karena sesungguhnya jika terlalu sedikit amalan yang disertai takwa, bagaimanakah amalan itu hendak diterima? (Sayidina Ali) Tidak ada kebaikan ibadah yang tidak ada ilmunya dan tidak ada kebaikan ilmu yang tidak dipahami dan tidak ada kebaikan bacaan kalau tidak ada perhatian untuknya. (Sayidina Ali) Tiada shalat yang sempurna tanpa jiwa yang khusyu’. Tiada puasa yang sempurna tanpa mencegah diri daripada perbuatan yang sia-sia. Tiada kebaikan bagi pembaca al-Qur’an tanpa mengambil pangajaran

 

44

 

daripadanya. Tiada kebaikan bagi orang yang berilmu tanpa memiliki sifat wara’. Tiada kebaikan mengambil teman tanpa saling sayang-menyayangi. (Sayidina Ali) Diantara tAnda-tAnda orang yang bijaksana itu ialah: Hatinya selalu berniat suci. Lidahnya selalu basah dengan zikrullah. Kedua matanya menangis kerana penyesalan (terhadap dosa). Segala perkara dihadapaiya dengan sabar dan tabah. Mengutamakan kehidupan akhirat daripada kehidupan dunia. (Sayidina Utsman bin Affan) Jalan yang lurus selalu terasa tidak lurus. Tahu belum tentu mengerti, mengerti belum tentu bisa, bisa belum tentu menjadi kebiasaan, sudah biasa belum tentu berhasil. Belajar sekali akan membuat kita tahu, mengulanginya akan membuat kita mengerti, menambah pengulangan akan membuat kita keterampil, membiasakan pengulangan akan membuat kita mahir, meresapi arti kemahiran akan membuat kita menghayati dan mencintai.

 

45

 

Kepemimpinan
"Jangan pernah biarkan orang lain mengatakan kamu tidak bisa!!! Mereka berkata demikian karena mereka yang tidak bisa" (Dari film Pursuit of Happyness)

 

46

 

Lebih baik bertempur dan kalah daripada tidak pernah bertempur sama sekali. (Arthur Hugh Clough) Kepemimpinan adalah Anda sendiri dan apa yang Anda lakukan. (Frederick Smith) Pengalaman bukan saja yang telah terjadi pada diri Anda. Melainkan apa yang Anda lakukan dengan kejadian yang Anda alami. (Aldous Huxley) Saya percaya kata “managing” berarti memegang burung dara di kepalan tangan. Kalau terlalu kencang ia akan mati. Tapi bila terlalu kendur, bisa terlepas. (Tommy Lasorda) Kita mengajarkan disiplin untuk giat, untuk bekerja, untuk kebaikan, bukan agar anak-anak menjadi loyo, pasif, atau penurut. (Maria Montessori) Kemenangan yang paling indah adalah bisa menaklukkan hati sendiri. (La Fontaine) Barang siapa memusuhi orang yang di bawahnya, hilanglah kewibawaannya. Orang yang hebat bertindak sebelum berkata dan dia berkata selaras dengan tindakannya. Kebanyakan orang membuang banyak waktu dan tenaga untuk memikirkan masalah dan bukan mencoba untuk menyelesaikannya.
 

47

 

Kecemerlangan sebenarnya adalah apabila Anda dihantam sehingga bertekuk lutut, tetapi mampu bangkit kembali. Biarpun jalan itu panjang, kita akan merintisnya perlahan-lahan. Orang yang mengetahui harga dirinya tidak akan binasa. Seseorang yang jujur diterima ucapannya oleh musuhnya. Kebaikan seorang pemimpin adalah lebih baik daripada kebaikan zaman. Tiada manusia yang berhasil dalam semua yang dilakukannya dan kewujudan kita ini sebenarnya mesti menempuh kegagalan. Yang penting ialah kita tidak menjadi lemah semasa kegagalan itu terjadi dan kekalkan usaha hingga ke akhir hayat. (Joseph Conrad) Berfikir itu cahaya, kelalaian itu kegelapan, kejahilan itu kesesatan dan manusia yang paling hina ialah orang yang menganiaya bawahannya. Orang yg paling berkuasa adalah orang yg dapat menguasai dirinya sendiri. Pemimpin yang berhasil ialah orang yang baik dalam hal berkomunikasi dengan orang yang lebih atas daripadanya dan berkomunikasi dengan orang yang lebih bawah daripadanya. Kebijaksanaan menjanjikan kejayaan dan kebahagiaan, tetapi jika disalahgunakan akan mewujudkan penderitaan
  48

 

Orang yang berhasil dalam hidup adalah orang yang melihat tujuannya dengan jelas dan menjurus kepadanya tanpa menyimpang. (Cecil B. De Mille) Ciri orang yang beradab ialah dia sangat rajin dan suka belajar, dia tidak malu belajar dari orang yang berkedudukan lebih rendah darinya. (Confucius) Orang besar menempuh jalan ke arah tujuan melalui rintangan dan kesukaran yang hebat. Bukan kecerdasan Anda, melainkan sikap Andalah yang yang akan mengangkat Anda dalam kehidupan. Watak keras belum tentu bisa tegas, tetapi lemah lembut tak jarang bisa tegas. Tiadanya keyakinanlah yang membuat orang takut menghadapi tantangan, dan saya percaya pada diri saya sendiri. (Muhammad Ali) Orang paling baik adalah orang yang kita harapkan kebaikannya dan kita terlindung dari keburukannya. Orang yang banyak ketawa itu kurang wibawanya. Orang yang suka menghina orang lain, dia juga akan dihina. Orang yang mencintai akhirat, dunia pasti menyertainya. Barangsiapa menjaga kehormatan orang lain, pasti kehormatan dirinya akan terjaga. (Sayidina Umar bin Khattab)

 

49

 

Janganlah seseorang hamba itu mengharap selain kepada Tuhannya dan janganlah dia takut selain kepada dosanya. (Sayidina Ali) Dudukkanlah dirimu bersama kehidupan duniawi, sedangkan kalbumu bersama kehidupan akhirat, dan rasamu bersama Rabbmu. (Syekh Abdul Qadir Jailani) Orang yang menang dalam perkelahian adalah jago. Orang yang menang perkelahian tanpa melukai lawan adalah ahli. Orang yang memenangkan tanpa perkelahian dan menundukkan lawan tanpa melukai hatinya adalah bijak. Saya bisa saja bangun jam sembilan pagi dan menjadi seorang petani kacang atau bangun jam enam pagi dan menjadi presiden. (Jimmy Carter, mantan petani kacang yang menjadi presiden USA) Bila Anda lunak pada diri Anda maka Hidup akan keras kepada Anda, Bila Anda keras kepada diri Anda maka Hidup akan lunak kepada Anda. (Andrie Wongso) Kebiasaan para pahlawan adalah berpikir lebih cepat daripada orang biasa. Bekerja sebelum orang lain bekerja. Beraktifitas lebih lama daripada orang biasa. Mengurangi jam-jam santainya. Menyedikitkan waktu tidurnya. Memberdayakan semuanya.

 

50

 

Hanya orang Gila yang mengharapkan Hasil yang berbeda dari percobaan yang sama. Mereka boleh mematahkan pedangku, tetapi sekali-kali kebatilan yang mereka usung tidak akan dapat mematahkan kebenaran yang aku bawa. (Umar Mukhtar) Bangsa penakut tidak boleh merdeka dan tidak berhak merdeka. Ketakutan adalah penasihat yang sangat curang untuk kemerdekaan. (Andre Colin) Peperangan hanya akan menjanjikan kemenangan setelah kemusnahan dan kematian. Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai sesuatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa merdeka. (Soekarno) Jangan tanya apa yang telah diberikan oleh negara untukmu, tapi tanyalah apa yang telah kamu berikan untuk negaramu. (Abraham Lincoln) Rakyat itu akar bangsa. Jika akarnya sehat, batangnyapun akan sehat (Beng Tju) Tegas berbeda jauh dengan kejam. Tegas itu mantap dalam kebijaksana sedangkan kejam itu keras dalam kesewenang-wenangan. Jika kita melayani, maka hidup akan lebih berarti. (John Gardne)

 

51

 

Apa yang nampak sebagai suatu kemurahan hati, sering sebenarnya tiada lain daripada ambisi yang terselubung, yang mengabaikan kepentingankepentingan kecil untuk mengejar kepentingan- kepentingan yang lebih besar. (La Roucefoucauld) Perbuatan-perbuatan salah adalah biasa bagi manusia, tetapi perbuatan pura-pura itulah sebenarnya yang menimbulkan permusuhan dan pengkhianatan. (Johan Wolfgang Goethe) Mungkin argumentasi kita memang mampu meyakinkan orang lain, namun untuk bisa membujuknya, kita harus menggunakan argumentasi orang itu sendiri. (Joseph Joubert)

 

52

 

Kesuksesan
Manusia tidak merancang untuk gagal, mereka gagal untuk merancang. (William J. Siegel)

 

53

 

Anak muda, rahasia suksesku adalah bahwa di usia muda aku memahami bahwa aku bukanlah Tuhan. (Oliver Wendell Holmes) Masa depan yang cerah selalu tergantung kepada masa lalu yang dilupakan,kamu tidak dapat hidup terus dengan baik jika kamu tidak melupakan kegagalan dan sakit hati di masa lalu. Harapan seringkali dapat terwujud. Takut akan kegagalan seharusnya tidak menjadi alasan untuk tidak mencoba sesuatu. Kejujuran adalah batu penjuru dari segala kesuksesan. Pengakuan adalah motivasi terkuat (May Kat Ash) Ingatlah, semua ini diawali dengan seekor tikus. Tanpa inspirasi.... kita akan binasa. (Walt Disney) Tidak ada yang dapat menggantikan kerja keras. (Thomas A. Edison) Yang terpenting dalam Olimpiade bukanlah kemenangan, tetapi keikutsertaan. Yang terpenting dari kehidupan bukanlah kemenangan namun bagaimana bertanding dengan baik. (Baron Pierre de Coubertin) Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat. (Winston Chuchill)
 

54

 

Sebuah masalah yang telah terdefinisi dengan baik, telah terselesaikan setengahnya. Mereka yang bermimpi di siang hari akan lebih menyadari bahaya yang luput dari penglihatan mereka yang mimpi di malam hari. (Edgar Allen Poe) ”Mulai” adalah kata yang penuh kekuatan. Cara terbaik untuk menyelesaikan sesuatu adalah “mulai”. Tapi juga mengherankan, pekerjaan apa yang dapat kita selesaikan kalau kita hanya memulainya? (Clifford Warren) Yang kalah adalah wujud hukuman atas kegagalan. Pemenang adalah penghargaan atas kesuksesannya. (Bob Gilbert) Jika Anda bekerja semata-mata untuk uang, Anda tidak akan menjadi kaya kerananya. Tetapi jika Anda mencintai pekerjaan yang Anda lakukan itu, kejayaan akan menjadi milik Anda. (Ray Kroc) Mereka yang berhasil bukanlah mereka yang gagal dalam mencoba, bukan juga mereka yang sering gagal, tetapi mereka yang tidak pernah gagal mencoba dan terus mencoba sehingga keberhasilan dicapainya. Janganlah berputus asa. Tetapi kalau Anda sampai berada dalam keadaan putus asa, berjuanglah terus meskipun dalam keadaan putus asa.

 

55

 

Pengecut mati beberapa kali sebelum kematiannya. Yang berani mati hanya mati sekali. Sabar adalah jalan keluar bagi orang yang tidak bisa menemukan jalan keluar. Kepala yang tidak mempunyai pikiran sama halnya dengan sebuah benteng yang tidak dibela. (Napoleon Bonaparte) Apabila bicara itu perak, diam adalah emas. Kesempatan yang kecil seringkali merupakan permulaan dari usaha yang besar. Siapa yang tidak berpikir panjang, kesulitan telah terbentang di hadapannya. (Khong Hu Cu) Orang bijak tidak duduk meratapi kegagalannya, tapi dengan lapang hati mencari jalan bagaimana memulihkan kembali kerugian yang dideritainya. Yang telah berlalu biarkan ia berlalu, yang mendatang hadapi dengan cemerlang. Berdiam diri adalah unsur terbesar untuk membentuk perkara-perkara besar. Menyimpang seinci, rugi seribu inci. (Peribahasa Cina)

 

56

 

Apabila kepercayaan telah hilang dan kehormatan telah musnah, maka matilah orang itu. (Whittier) Kurang semangat mengakibatkan lebih banyak kegagalan dibanding kurangnya kebijaksanaan atau kemahiran. (Flower A. Newhouse) Kekuatan itu tidak terbina di atas bilangan yang banyak, tetapi kekuatan itu terbina di atas keyakinan dan optimis seseorang dan keserasian perkumpulan. Nilai hidup harus diukur dengan garis yang lebih mulia, yaitu kerja dan bukannya usia. (Richard Brinsley Sheridan) Perjalanan seribu mil dimulai dari satu langkah. (Lao Tze) Manusia yang tidak berharap untuk menang telah kalah saat itu juga. Kita harus memastikan hari ini adalah milik kita karena kita tidak bisa memastikan apakah hari esok kita masih diberi peluang. Hari esok tidak akan memberikan sebarang makna jika kegagalan semalam dijadikan teladan. Kegagalan ialah satu-satunya yang dapat diraih tanpa pengerahan tenaga sedikitpun.

 

57

 

Berbahagialah orang yang dapat menjadi tuan untuk dirinya, menjadi pemandu untuk nafsunya dan menjadi kapten untuk bahtera hidupnya. (Saidina Ali) Jika kamu berhasrat untuk berhasil, jangan hanya memAndang ke tangga tetapi belajarlah untuk menaiki tangga tersebut. Ada dua tipe orang yang tidak akan berhasil yaitu orang yang hanya mengerjakan apa yang disuruh dan orang yang tidak mahu mengerjakan apa yang disuruh. Tidak ada manusia yang hidup untuk gagal, tetapi tidak merancang adalah merancang untuk gagal. Perbedaan antara orang yang berhasil dengan orang yang gagal terletak pada rohaninya. Apa yang dipikirkan menentukan apa yang akan dicapai. Orang yang terakhir berhenti tertawa, tentu lebih banyak tertawa. Seseorang menganggap sekat sebagai batu penghalang. Sedangkan orang lain menganggapnya sebagai batu lonjatan. Kalau kita melakukan semua yang kita bisa lakukan, sesungguhnya kita akan terkejut dengan hasilnya. Jika kita melakukan sesuatu dengan keikhlasan, niscaya ganjaran yang kita terima juga sebanding dengan apa yang kita usahakan.
  58

 

Rahasia kesuksesan hidup adalah kesiapan kita untuk menyambut kesempatan yang datang. Kekuatan tidak datang dari kemampuan fisik, tetapi datang dari semangat yang tidak pernah padam. Kecemerlangan adalah hasil daripada sikap yang sentiasa ingin melakukan yang terbaik. Barang siapa mempertimbangkan keselamatan dalam tindakannya, maka tenanglah batinnya. Melihatlah ke atas untuk urusan akhiratmu dan melihatlah ke bawah untuk urusan duniamu maka hidup akan tenteram. Seseorang yang optimis akan melihat adanya kesempatan dalam setiap kesempitan, sedangkan seorang pesimis melihat kesempitan dalam setiap kesempatan. Bekerja atas dorongan cinta akan terasa senang, tiada jemu dan tiada lelah. Perjuangan seseorang akan banyak berarti jika mulai dari diri sendiri. Dalam perkataan, tidak mengapa Anda merendahkan diri, tetapi dalam aktivitas tunjukkan kemampuan Anda.

 

59

 

Orang yang berhasil akan mengambil manfaat dari kesalahan-kesalahan yang ia lakukan, dan akan mencoba kembali untuk melakukan dalam suatu cara yang berbeda. (Dale Carnegie) Istilah tidak ada waktu, jarang sekali merupakan alasan yang jujur, karena pada dasarnya kita semuanya memiliki waktu 24 jam yang sama setiap harinya. Yang perlu diperhatikan ialah membagi waktu dengan lebih cermat. (George Downing) Orang-orang hebat di bidang apapun bukan memulai kerja karena mereka terinspirasi, namun mereka menjadi terinspirasi karena mereka lebih suka bekerja. Mereka tidak menyia-nyiakan waktu untuk menunggu inspirasi. (Ernest Newman) Orang-orang yang sukses telah belajar membuat diri mereka melakukan hal yang harus dikerjakan ketika hal itu memang harus dikerjakan, entah mereka menyukainya atau tidak. (Aldus Huxley) Banyak kegagalan dalam hidup ini dikarenakan orang-orang tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan keberhasilan saat mereka menyerah. (Thomas Alva Edison) Kebanggaan kita yang terbesar adalah bukan tidak pernah gagal, tetapi bangkit kembali setiap kali kita jatuh. (Confusius)

 

60

 

Setiap kali fajar menyingsing, seekor rusa terjaga. Ia tahu, hari ini ia harus berlari lebih cepat dari seekor singa yang tercepat. Jika tidak, ia akan terbunuh. Setiap kali fajar menyingsing, seekor singa terbangun dari tidurnya. Ia tahu, hari ini ia arus harus mampu mengejar seekor rusa yang paling lambat. Jika tidak, ia akan mati kelaparan. Tidak masalah apakah kau seekor rusa atau seekor singa, karena setiap kali fajar menyingsing, sebaiknya engkau mulai berlari. (Puisi tradisional Afrika) Segala sesuatu bisa dilakukan, asalkan memiliki tekad dan motivasi yang kuat. (dikutip dari film Gameplan) Orang yang berhasil bukanlah orang yang tak pernah gagal melainkan orang yang tak pernah menyerah. Bila Anda menginginkan sesuatu dan tidak memperolehnya, berarti Anda tidak sungguh2 menginginkannya. (Anthony Dio Martin) Tidak ada namanya Gagal!!! Yang ada Hanya Sukses atau Belajar!!! Bila tidak Sukses maka itu artinya kita masih harus belajar hingga sukses. (Tung Desem Waringin) Sukses adalah guru yang jelek, ia bisa menggoda orang pAndai untuk merasa tidak akan pernah bisa kalah. Kesuksesan seseorang bukanlah bakat dari lahir, melainkan buah dari perjuangan yang ia tempuh dalam hidupnya..

 

61

 

Kebahagiaan
Kebahagiaan itu seperti batu arang, ia diperoleh sebagai produk sampingan dalam proses pembuatan sesuatu. (Aldous Huxley)

 

62

 

Ketika satu pintu kebahagiaan tertutup, pintu yang lain dibukakan.Tetapi acap kali kita terpaku terlalu lama pada pintu yang tertutup sehingga tidak melihat pintu lain yang dibukakan bagi kita. (Alexander Graham Bell) Orang-orang yang paling berbahagia tidak selalu memiliki hal-hal terbaik, mereka hanya berusaha menjadikan yang terbaik dari setiap hal yang hadir dalam hidupnya. Kebahagiaan tersedia bagi mereka yang menangis, mereka yang disakiti hatinya, mereka yang mencari dan mereka yang mencoba. Karena hanya mereka itulah yang menghargai pentingnya orang-orang yang pernah hadir dalam hidup mereka. Janganlah pernah pergi tidur sebelum Anda bisa berkata pada diri sendiri, ”Saya sudah membuat satu orang lebih bijak, atau lebih berbahagia hari ini.” (Charles Kingsley (1819-1875), penulis) Uang merupakan hamba yang sangat baik, tetapi tuan yang sangat buruk. (P.T. Barnum) Jangan biarkan jati diri menyatu dengan pekerjaan Anda. (Gordon Van Sauter) Kebahagiaan biasanya merupakan hasil dari sebuah pengorbanan. Sebelum tidur, bertanyalah, kebaikan apa yang sudah kulakukan hari ini ?

 

63

 

Secara teoritis saya meyakini hidup harus dinikmati, tapi kenyataannya justru sebaliknya karena tak semuanya mudah dinikmati. (Charles Lamb) Bila Anda ingin bahagia, buatlah tujuan yang bisa mengendalikan pikiran, melepaskan tenaga, serta mengilhami harapan Anda. (Andrew Carnegie) Orang yang bisa menggunakan dan menyimpan uang adalah orang yang paling bahagia karena ia memiliki kedua kesenangan. (Samuel Johnson) Kebahagian hidup yang sebenarnya adalah hidup dengan rendah hati. (W.M. Thancheray) Yang menjamin kenikmatan bukanlah ilmu pengetahuan, tapi cara kita mempelajarinya, bukan pula kepemilikan, tapi cara kita mendapatkannya. (Carl Friedrich Gauss) Cuma sedikit orang yang menginginkan kebebasan, kebanyakan hanya menginginkan seorang tuan yang adil. (Gaius Sallatus Crispus) Tidak diinginkan, tidak dicintai, tidak diperhatikan, dilupakan orang, itu merupakan derita kelaparan yang hebat, kemiskinan yang lebih besar daripada orang yang tak bisa makan. Kita harus saling merasakan hal itu. (Ibu Teresa) Kebahagian dari setiap negara lebih bergantung pada watak penduduknya daripada bentuk pemerintahannya. (Thomas Chandler Haliburton 17961865)
  64

 

Ketika aku telah berhasil mengklarifikasi suatu permasalahan, aku lalu mengusirnya agar aku bisa kembali ke kegelapan lagi. (Carl Friedrich Gauss) Orang yang paling tidak bahagia ialah mereka yang yang paling takut pada perubahan. (Mignon McLaughlin) Di Indonesia ini hanya ada dua pilihan; menjadi apatis atau idealis. (Soe Hok Gie) Jangan sesali apa yang sudah pergi. Jangan tangisi apa yang sudah tiada. Tetapi bangkitlah dan bina kembali apa yang telah hilang dan pergi. Kita sering tampak sedih hari ini, tapi kita jarang ingat kebahagiaan untuk esok hari, jadi belajarlah untuk menghargai apa yang kita miliki hari ini kerana kita takkan dapat mencapai penghargaan untuk esoknya jika semuanya telah tiada. Dalam hidup, seringkali kita lebih banyak mendapatkan apa yang tidak kita inginkan. Dan ketika kita mendapatkan apa yang kita inginkan, akhirnya kita tahu bahwa apa yang kita inginkan terkadang tidak dapat membuat hidup kita menjadi lebih bahagia. Kita lahir dengan otak di dalam tengkorak kepala kita. Sehingga tidak peduli semiskin apapun kita, kita tetap kaya. Kerana tidak akan ada seorang pun yang dapat mencuri otak kita, pikiran kita dan ide kita. Dan apa yang Anda pikirkan dalam otak Anda jauh lebih berharga daripada emas dan perhiasan.
 

65

 

Mahkota kemanusiaan ialah rendah hati. Akal itu adalah menteri yang menasihati. Hati itu adalah raja yang menentukan. Harta itu adalah tamu yang akan berangkat. Kesenangan itu adalah suatu masa yang akan ditinggalkan. Berbaktilah dalam hidup walaupun tidak dipuji. Setiap orang dapat mencapai keberhasilan dalam hal apa saja, asalkan ia sangat menyukai pekerjaan yang dilakukan. Lebih baik tidur dengan perut yang lapar daripada bangun tidur dengan banyak hutang. Sesuatu yang baik, belum tentu benar. Sesuatu yang benar, belum tentu baik. Sesuatu yang bagus, belum tentu berharga. Sesuatu yang berharga/berguna, belum tentu bagus. Agama menjadi sendi hidup, pengaruh menjadi penjaganya. Kalau tidak bersendi, runtuhlah hidup dan kalau tidak berpenjaga, binasalah hayat. Orang yang terhormat itu kehormatannya sendiri melarangnya berbuat jahat. (Pepatah Arab) Nikmat itu kadang-kadang tidak disadari, hanya apabila ia telah hilang, barulah benar-benar terasa.

 

66

 

Jika dunia ini persinggahan, mengapa tidak kita perbanyak bekal untuk meneruskan perjalanan? Kerana kita hanya punya satu tempat persinggahan. Setiap yang kita lakukan, jujurlah kerana kejujuran itu telalu penting dalam sebuah kehidupan. Tanpa kejujuran hidup sentiasa menjadi mainan orang. Keikhlasan mempunyai kilauan dan sinar, meskipun ribuan mata tidak melihatnya. Musibah dalam harta lebih ringan daripada musibah dalam kehormatan. Masa depan yang cerah selalu tergantung pada masa lalu yang dilupakan. Kita tidak dapat meneruskan hidup dengan baik jika tidak dapat melupakan kegagalan dan sakit hati di masa lalu. Hidup tanpa pegangan ibarat buih-buih sabun. Suatu waktu ia akan pecah. Tidak lurus keimanan seseorang kecuali jika hatinya lurus, dan tidak lurus hati seseorang kecuali jika lurus lidahnya. Ambillah waktu untuk berfikir, itu adalah sumber kekuatan. Ambillah waktu untuk bermain, itu adalah rahasia dari masa muda yang abadi. Ambillah waktu untuk berdoa, itu adalah sumber ketenangan. Ambillah waktu untuk belajar, itu adalah sumber kebijaksanaan. Ambillah waktu untuk mencintai dan dicintai, itu adalah hak istimewa yang diberikan Tuhan. Ambillah waktu untuk bersahabat, itu adalah jalan menuju kebahagiaan. Ambillah waktu
  67

 

untuk tertawa, itu adalah musik yang menggetarkan hati. Ambillah waktu untuk memberi, itu adalah membuat hidup terasa bererti. Ambillah waktu untuk bekerja, itu adalah nilai keberhasilan. Ambillah waktu untuk beramal, itu adalah kunci menuju surga. Tidak penting bagimu mengetahui harganya, tetapi penting mengetahui nilainya. Kehidupan ini dipenuhi dengan seribu macam kemanisan tetapi untuk mencapainya perlu seribu macam pengorbanan. Menikmati kehidupan itu adalah lebih baik dari hanya sekadar memperhatikannya. Setiap bunga mawar pasti ada durinya. Dari kesusahan akan diperoleh kesenangan dan kebahagiaan, seperti durian berduri karena sedap isinya, kulit manggis pahit karena manis di dalamnya dan bunga ros berduri karena harum baunya. Seekor burung di tangan lebih baik daripada sepuluh ekor di atas pohon. Memang amat tinggi letaknya kebahagiaan. Namun kita harus menuju ke sana. Ada orang yang berputus asa berjalan ke arahnya karena disangkanya jalan ke sana amat sukar. Padahal mudah, kerana ia dimulai dari dirinya sendiri. (Said Mustafa)
 

68

 

Jadikan sebagai aturan hidup untuk melakukan yang terbaik dalam apapun yang dilakukan. Hal itu akan menghasil kecemerlangan. Hidup tidak selalunya indah tapi yang indah itu tetap hidup dalam kenangan. Kegagalan dalam kemuliaan lebih baik daripada keberhasilan dalam kehinaan.Memberi sedikit dengan ikhlas lebih mulia daripada memberi banyak tapi diiringi dengan ria’. Seburuk-buruk buta adalah buta hati. Hidup memerlukan pengorbananan. Pengorbanan memerlukan perjuangan. Perjuangan memerlukan ketabahan. Ketabahan memerlukan keyakinan. Keyakinan akan menentukan keberhasilan. Keberhasilaan akan menentukan kebahagiaan. Kekayaan bukanlah satu dosa dan kecantikan bukanlah satu kesalahan. Oleh karena itu, jika Anda memiliki kedua-duanya janganlah Anda lupa pada Yang Maha Kuasa. Gantungkan semangatmu setinggi bintang di langit dan rendahkan hatimu serendah mutiara di lautan. Kebahagiaan adalah keharuman yang tidak boleh kamu semburkan kepada orang lain tanpa kamu sendiri mendapat beberapa tetesan daripadanya. (Emerson)
 

69

 

Hidup adalah gabungan antara bahagia dan derita. Ia adalah menguji keteguhan iman seseorang. Malangnya bagi mereka yg hanya mengikuti kehendak hati, tidak sanggup menerima penderitaan. (Harieta Wahab) Sekiranya seorang manusia dipanggil sebagai seorang penyapu sampah, dia harus menyapu sama seperti Michelangelo melukis atau Beethoven memainkan musiknya ataupun Shakespeare menulis puisinya. Dia harus menyapu dengan begitu baik sekali sehingga semua yang terdapat di surga dan dunia akan berhenti dan berkata “disinilah tempat tinggal seorang penyapu sampah yang paling hebat, yang telah melakukan kerjanya dengan baik sekali.” Kesusahan dan kesulitan adalah laksana musim dingin, basah dan lembab, tidak disukai orang, tetapi sesudah musim dingin itulah tumbuh bunga-bunga yang harum dan buah-buahan yang ranum. Jangan disangka apa yang belum kita miliki adalah janji untuk kebahagiaan kita. Ada kalanya setelah kita miliki itulah awal masalah kita. Jangan disangka semua yang cerah akan cerah selamanya, ada kalanya menjadi hitam dan menyusahkan. Para ilmuan tidak mempelajari alam karena kegunannya, tapi karena kesenangan yang ada di dalamnya, dan dia senang karena keindahan yang ada di dalamnya. (Henry Poincare)

 

70

 

Kita selalu menyangka yang di tangan orang lain indah dan menawan, apa yang di tangan sendiri senantiasa jelek. Kita selalu meletakkan impian yang muluk-muluk pada kepunyaan orang lain sedangkan orang lain terlena dengan apa yang kita miliki. Sahabat yang setia bagai pewangi yang mengharumkan. Sahabat sejati menjadi pendorong impian. Sahabat berhati mulia membawa kita ke jalan Allah. Kaya jiwa lebih baik daripada kaya harta. Setiap manusia adalah arsitek kehidupannya sendiri. Dia membinanya seperti mana yang dikehendakinya, namun setelah dia membina apa yang dikehendakinya, kadang kala dia mendapati bahwa dia tidak menyukai apa yang telah dibinanya dan mencari seseorang atau sesuatu untuk dipersalahkan daripada mencoba untuk mengkoreksi dirinya sendiri. Apa yang diperoleh dalam hidup ini, adalah sepenuhnya dari apa yang kita berikan padanya. Harta tidak akan berkurang karena sedekah dan melakukan amal. Tiada manusia yang gembira sepanjang masa bukanlah suatu alasan untuk hidup sengsara.

 

71

 

Jika kamu mendapat kesusahan, ingatlah untuk menyimpan kesabaran. (Horatius) Kita patut berkorban supaya orang lain juga bisa merasakan kemanisan hidup. Ikhlaslah menjadi diri sendiri agar hidup penuh dengan ketenangan dan kedamaian. Kejujuran adalah perhiasan jiwa yang lebih bercahaya daripada berlian. Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun. (Bung Karno) Kita semua hidup dalam ketegangan, dari waktu ke waktu, serta dari hari ke hari. Dengan kata lain, kita adalah pahlawan dari cerita kita sendiri. (Mary McCarthy) Pekerjaanku adalah mencoba untuk memadukan antara kebenaran dan keindahan, tapi ketika aku harus memilih salah satu diantara keduanya, aku biasanya memilih keindahan. (Hermann Weyl) Hati yang penuh syukur, bukan saja merupakan kebajikan yang terbesar, tetapi juga merupakan induk segala kebajikan yang lain. (Cicero)

 

72

 

Seorang manusia biasanya lebih berhati-hati terhadap uangnya daripada prinsip yang dianutnya. (Oliver Wendell Holmes) Kebanyakan dari kita tidak mensyukuri apa yang sudah kita miliki, tetapi kita selalu menyesali apa yang belum kita capai. (Schopenhauer) Bersikaplah kukuh seperti batu karang yang tidak henti – hentinya dipukul ombak. Ia tidak saja tetap berdiri kukuh, bahkan ia menenteramkan amarah ombak dan gelombang itu. (Marcus Aurelius) Kita melihat kebahagiaan itu seperti pelangi, tidak pernah berada di atas kepala kita sendiri, tetapi selalu berada di atas kepala orang lain. (Thomas Hardy) Tindakan iman terbesar adalah ketika seseorang memahami bahwa dia bukanlah Tuhan. (Oliver Wendell Holmes) Rahmat sering datang kepada kita dalam bentuk kesakitan, kehilangan dan kekecewaan. Tetapi kalau kita sabar, kita segera akan melihat bentuk aslinya. (Joseph Addison) Bagian terbaik dari hidup seseorang adalah perbuatan-perbuatan baiknya dan kasihnya yang tidak diketahui orang lain. (William Wordsworth) Kita berdoa saat kesusahan dan membutuhkan sesuatu, mestinya kita juga berdoa dalam kegembiraan besar dan saat rezeki melimpah. (Kahlil Gibran)

 

73

 

Menjadi remaja berusia tujuh puluh tahun lebih menyenangkan dan penuh harapan daripada menjadi kakek-kakek berusia empat puluh tahun. (Oliver Wendell Holmes) Aku percaya bahwa aku berjalan di tempat yang semestinya, tapi itu bukan berarti bahwa aku harus berhasil mendapatkan keinginanku. (Andrew Wiles) Yang terbaik di antara kalian adalah mereka yang berakhlak paling mulia. (Nabi Muhammad S.A.W.) Kecintaan kepada Allah melingkupi hati, kecintaan ini membimbing hati dan bahkan merambah ke segala hal. (Imam Al Ghazali) Sabar memiliki dua sisi, sisi yang satu adalah sabar, sisi yang lain adalah bersyukur kepada Allah. (Ibnu Mas’ud) Aku mengamati semua sahabat, dan tidak menemukan sahabat yang lebih baik daripada menjaga lidah. Saya memikirkan tentang semua pakaian, tetapi tidak menemukan pakaian yang lebih baik daripada takwa. Aku merenungkan tentang segala jenis amal baik, namun tidak mendapatkan yang lebih baik daripada memberi nasihat baik. Aku mencari segala bentuk rezki, tapi tidak menemukan rezki yang lebih baik daripada sabar. (Khalifah ‘Umar)

 

74

 

Menghidupkan kembali agama berarti menghidupkan suatu bangsa. Hidupnya agama berarti cahaya kehidupan. (Bediuzzaman Said Nursi) Seseorang yang melihat kebaikan dalam berbagai hal berarti memiliki pikiran yang baik. Dan seseoran yang memiliki pikiran yang baik mendapatkan kenikmatan dari hidup. (Bediuzzaman Said Nursi) Agama sejati adalah hidup yang sesungguhnya, hidup dengan seluruh jiwa seseorang, dengan seluruh kebaikan dan kebajikan seseorang. ~ Einstein Berusahalah untuk tidak menjadi manusia yang berhasil tapi berusahalah menjadi manusia yang berguna. (Einstein) Aku melihat manusia datang ke dunia lalu pergi jauh. Dunia dan harta selalu berpindah, dengan sayap-sayap yang sama untuk terbang. Dunia tidak tetap dengan seorang yang hidup di mana pun, juga tidak ada seorang pun yang hidup selamanya menikmati kesenangannya, kematian dan penderitaannya bagaikan dua ekor kuda yang berlari cepat ke arah manusia, untuk menginjak-injak mereka dan melahap mereka. Aku manjakan tubuhku dengan pakaian-pakaian halus dan mewah, sedikit berpikir bahwa itu akan membusuk dan hancur dalam kubur. Tertipulah yang melakukan tiga perkara : Membenarkan apa yang tak terjadi, mengAndalkan orang yang tidak dipercaya, dan menghasratkan apa yang tak dimiliki.
  75

 

Berbagi rezeki dengan tulus, berbakti pada orang tua, berbuat baik pada sesama, mengubah duka menjadi bahagia dan menambah usia. Sebuah wawasan kadang lebih berharga daripada sebuah pengalaman hidup. (Oliver Wendell Holmrs) Jika orang dapat empat hal, ia dapat kebaikan dunia akhirat: Hati yang bersyukur, lidah yang berzikir, badan yang tabah pada cobaan, dan pasangan yang setia menjaga dirinya dan hartanya. Sesungguhnya seorang hamba itu bila merasa takjub kerana suatu perhiasan dunia, niscaya Allah akan murka kepadanya hingga dia melepaskan perhiasan itu. (Sayidina Abu bakar) Orang yang bakhil itu tidak akan terlepas dari salah satu daripada 4 sifat yang membinasakan yaitu: Ia akan mati dan hartanya akan diambil oleh warisnya, lalu dibelanjakan bukan pada tempatnya atau; hartanya akan diambil secara paksa oleh penguasa yang zalim atau; hartanya menjadi rebutan orang-orang jahat dan akan dipergunakan untuk kejahatan pula atau; adakalanya harta itu akan dicuri dan dipergunakan secara berfoya-foya pada jalan yang tidak berguna (Sayidina Abu Bakar) Barangsiapa takut kepada Allah S.W.T. niscaya tidak akan dapat dilihat kemarahannya. Dan barangsiapa takut pada Allah S.W.T., tidak sia-sia apa yang dia kehendaki. (Sayidina Umar bin Khattab)

 

76

 

Nikmat yang paling baik ialah nikmat yang kekal dimiliki. Doa yang paling sempurna ialah doa yang dilAndasi keikhlasan. (Sayidina Ali) Kebanyakan orang merasa bahagia sebagaimana mereka membuat pikiran mereka bahagia. (Abraham Lincoln) Jika seseorang sungguh-sungguh ingin melindungi sesuatu yang berharga baginya, maka dia akan menjadi "kuat"!!! (dari Anime Naruto )

 

77

 

Cinta
Cinta…, ikatan yang kejam, tapi begitu rapuh dan mudah putus. (Davy Jones, Pirates Of The Caribbean; At World’s End)

 

78

 

Ada saat-saat dalam hidup ketika kamu sangat merindukan seseorang sehingga ingin hati menjemputnya dari alam mimpi dan memeluknya dalam alam nyata.Semoga kamu memimpikan orang seperti itu. Awal dari cinta adalah membiarkan orang yang kita cinta menjadi dirinya sendiri, dan tidak merubahnya menjadi gambaran yang kita inginkan.?Jika tidak, kita hanya mencintai pantulan diri sendiri yang kita temukan di dalam dia. Hanya diperlukan waktu semenit untuk menaksir seseorang, sejam untuk menyukai seseorang dan sehari untuk mencintai seseorang tetapi diperlukan waktu seumur hidup untuk melupakan seseorang. Seorang wanita adalah satu-satunya yang kutakutkan bahwa aku tahu mereka tidak akan pernah menyakitiku. (Abraham Lincoln) Cinta adalah jika kamu kehilangan rasa, gairah, romantika dan masih tetap peduli padanya. Cinta dimulai dengan sebuah senyuman, bertumbuh dengan sebuah ciuman dan berakhir dengan tetesan air mata. Cinta datang kepada mereka yang masih berharap sekalipun pernah dikecewakan, kepada mereka yang masih percaya sekalipun pernah dikhianati, kepada mereka yang masih mencintai sekalipun pernah disakiti hatinya.

 

79

 

Suara sebuah ciuman tidaklah sekeras suara meriam, tapi gaungnya terasa lebih lama. (Oliver Wendell Holmes) Sungguh menyakitkan mencintai seseorang yang tidak mencintaimu, tetapi yang lebih menyakitkan adalah mencintai seseorang dan tidak pernah memiliki keberanian untuk mengutarakan cintamu kepadanya. Memberikan seluruh cintamu kepada seseorang bukanlah jaminan dia akan membalas cintamu. Jangan mengharapkan balasan cinta, tunggulah sampai cinta berkembang di hatinya, tetapi jika tidak, berbahagialah karena cinta tumbuh dihatimu. Seorang arkeolog merupakan suami yang terbaik yang bisa diperoleh wanita; makin tua si istri, makin besar minat suami terhadapnya. (Agatha Cristie) Berilah cinta tanpa meminta balasan dan kita akan mendapatkan cinta yang jauh lebih indah. Merindukanmu adalah hobiku, merawatmu adalah pekerjaanku, membuatmu bahagia adalah tugasku, dan mencintaimu adalah hidupku. Dari pria Tuhan membentuk wanita. Bukan dari tulang kaki untuk diinjakinjak. Bukan pula dari tulang kepala untuk memimpin. Tetapi dari tulang rusuk. Dekat dengan hati untuk dikasihi dan dalam rengkuhan tangan untuk di peluk. (Dale S. Hadley)

 

80

 

Tuhan menjadikan wanita cantik dan bodoh; cantik, sehingga lelaki mencintainya; dan bodoh, sehingga wanita itu mencintai lelaki itu. Butuh tiga detik untuk mengatakan aku cinta kamu. Tiga jam untuk menjelaskannya dan seumur hidup untuk membuktikannya. Cinta melihat bukan dengan mata tetapi dengan pikiran, oleh karena itu malaikat cinta digambarkan buta. (William Shakespeare) Saranku kepada kalian (yang belum menikah) adalah menikahlah : Kalau kalian mendapatkan istri yang baik, kalian akan bahagia, kalau tidak, kalian akan menjadi Ahli Filsafat. (Socrates) Kita mendatangi cinta bukan untuk mencari orang yang sempurna, tetapi dengan belajar melihat ketidaksempurnaan seseorang dengan sempurna. (Sam Keen) Dicintai mendalam oleh seseorang memberikanmu Kekuatan; mencintai seseorang dengan mendalam memberikanmu keteguhan hati. (Lao Tzu) Janganlah menikahi orang yang kamu kira kamu bisa hidup bersama dengannya, tapi menikahlah dengan seseorang yang kamu tidak bisa hidup tanpanya. (James C. Dobson) Hanya butuh satu menit untuk menyukai seseorang, dan satu jam untuk mencintai seseorang, tetapi untuk melupakan seseorang, membutuhkan waktu sepanjang hidup.
  81

 

Secercah kasih membuat kita sayang, seucap janji membuat kita percaya, sekecil rindu membuat kita kangen, tapi sebuah cinta selamanya bermakna...keindahan cinta akan terlihat jika kita bisa menerima cinta itu apa adanya. Malamku telah menjadi hari yang cerah karena dirimu. (Ibn Abbad) Ketika kamu jatuh cinta, kamu tidak bisa tertidur karena kenyataan lebih indah daripada mimpi. (Dr. Seuss) Untuk dunia, kamu mungkin hanya seseorang. Tetapi untuk seseorang, kamu mungkin adalah dunianya. Cinta seperti bermain piano. Pertama kamu harus belajar memainkannya dengan aturan aturan, lalu kamu harus melupakan aturan-aturan tersebut dan memainkannya dengan hati. Mempertahankan cinta lebih sulit daripada membuat komitmen untuk mencintai. Suatu gelombang besar akan menguji kekuatan cinta, disanalah kita akan menemukan makna cinta lebih dari kata-kata. Constantine7 Kebencian memenjarakan hidup; cinta membebaskannya. Kebencian melumpuhkan hidup; cinta membangkitkannya. Kebencian memasamkan hidup; cinta memaniskannya. Kebencian menyakitkan hidup; cinta menyembuhkannya. Kebencian membutakan hidup; cinta mencelikkan matanya. (Harry Emerson Fosdick)

 

82

 

Cinta adalah kunci yang membuka kekangan ketidakmungkinan. (Fikayo Ositelu) Cinta sejati itu seperti hantu, dibicarakan oleh semua orang, tapi hanya sedikit yg pernah melihatnya. Cinta bukan saling memAndang satu sama lain, tetapi memAndang ke arah yang sama. (Antoine de Saint – Exupery) Tuhan ciptakan 100 bagian kasih sayang. 99 disimpan disisinya dan hanya 1 bagian diturunkan ke dunia. Dengan kasih sayang yang satu bagian itulah, makhluk saling mengasihi dan menyayangi sehingga kuda mengangkat kakinya karena takut anaknya terinjak. White Girl Jika mencintaimu adalah salah, aku tidak ingin menjadi benar. (Luther Ingram) Kamu dapat jatuh dari pohon, kamu dapat jatuh dari gunung, tapi jatuh dari tempat paling tinggi adalah jatuh cinta. Cucumu Cinta tidak dimulai dan diakhiri dengan cara yang kita pikirkan. Cinta ada perjuangan, cinta adalah peperangan; cinta terus bertumbuh. (James Baldwin) Aku menemukan tasku, namun tidak menemukan uang. Aku mencari dompetku, namun tidak menemukan koin satupun. Ketika aku menelusuri

 

83

 

hatiku, aku menemukanmu; Aku tidak tahu kalau aku sudah sangat kaya. Terkutuklah Bukanlah seberapa banyak yang kita lakukan, tetapi berapa banyak cinta yang kita tanamkan dalam perbuatan. Bukanlah berapa besar yang kita berikan, tetapi berapa besar cinta yang tertanam dalam pemberian kita. Coldwind Tuhan memberi kita dua kaki untuk berjalan, dua tangan untuk memegang, dua telinga untuk mendengar dan dua mata untuk melihat. Tetapi mengapa Tuhan hanya menganugerahkan sekeping hati pada kita? Karena Tuhan telah memberikan sekeping lagi hati pada seseorang untuk kita mencarinya. Itulah namanya Cinta. White Girl Lebih baik untuk mengetahui cinta dalam hidup yang singkat, daripada umur panjang tanpa mengetahui cinta. Terkutuklah Seperti makanan diperlukan untuk tubuh, sama seperti cinta dibutuhkan untuk jiwa. Makanan menguatkan tubuh sedangkan cinta menguatkan jiwa. Seseorang tidaklah lengkap tanpa cinta. Terkutuklah Cinta itu seperti sungai yang akan menemukan jalan baru ketika menemukan hambatan. (Crystal Middlemas) Mencintai, mengetahui bahwa kau akan mendapatkan sakit, adalah seperti hidup dan mengetahui kau akan mati. Namun, tidak mencintai supaya kau

 

84

 

tidak mendapatkan sakit, sama saja seperti melakukan bunuh diri. Terkutuklah Cinta seperti biji sesawi, yang ditanam oleh Tuhan dan disiram oleh manusia. (Muda Saint Michael) Cinta adalah ketika kamu menatap mata seseorang dan kamu akan melihat hatinya. (Jill Petty) Cinta itu seperti mendaki gunung, sangat sulit untuk dilakukan, tapi ketika kau mencapai puncak, kau akan menikmati keindahan. Tikus Putih Orang bilang kalo cinta itu menyakitkan. Orang pikir cinta itu menyebalkan. Tapi tetap saja ada cinta di dunia karena itu adalah gambaran dasar manusia untuk mencintai dan dicintai. Coldwind Cinta tak mungkin mempertanyakan apalagi meragukan, mengharapkan apalagi menuntut imbalan. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan Cinta adalah mengabdi. Red Apple Cinta itu seperti membuktikan langit itu biru dan samudra itu luas. Sulit untuk dijelaskan namun memiliki makna yang dalam. Constantine7 Cinta berarti merindukan seseorang kapanpun kalian terpisah, namun merasa hangat didalam karena kalian dekat di hati. (Kay Knudsen)

 

85

 

Diperhitungan cinta, satu tambah satu sama dengan segalanya dan dua kurang satu sama dengan kehampaan. Red Apple Cinta bak sekuntum bunga mawar liar, indah dan tenang, namun mampu menghasilkan luka ketika engkau memetiknya. Red Apple Cinta itu ketika kau mengatakan kepada seorang pria bahwa kau menyukai bajunya lalu ia mengenakan baju itu setiap hari. Cucu Adam cinta itu dinilai bukan dari banyaknya persamaan yg kita punya, tapi dari banyaknya perbedaan yg bisa kita satukan. Mult1ply Ulurkan cintamu karena Tuhanmu dan tariklah cintamu karena Tuhanmu, Anda tentu tidak akan kecewa. Cinta yang indah seperti bertepuk dua tangan, tak akan indah jika hanya sebelah saja. Jika seseorang tidak mencintai Anda janganlah Anda benci dia, karena mungkin akan tumbuh benih cinta kembali. Cinta akan menggilas setiap orang yang mengikuti geraknya, tetapi tanpa gilasan cinta, hidup tiada terasa indah. Jika rasa cinta terbalas, maka bersyukurlah karena Allah telah memberikan hidup lebih berharga dengan belas Kasih-Nya.

 

86

 

Jika rasa cinta itu tak terbalas maka bersukurlah, karena Anda akan dipilihkan Allah yang lebih baik. Cinta itu kuat seperti maut, ia bisa mengeluarkan seluruh potensi dalam hidupmu, atau ia akan menguburnya sampai akhir hidupmu. (Iwan Wahyudi)

 

87

 

Matematika
Persoalan terbesar bagi para matematikawan yang mungkin sekarang adalah hipotesis Riemann. (Andrew Wiles)

   

88

 

Jika aku terbangun setelah tidur selama lima ratus tahun, pertanyaan pertamaku adalah ; sudah terbuktikankah hipotesis Riemann? (David Hilbert) Kita bisa membayangkan bahwa matematikawan yang hebat adalah seseorang yang bisa melihat analogi diantara analogi. (Stefan Banach) Seorang matematikawan adalah “sebuah alat” untuk mengubah kopi menjadi teorema. (Paul Erdos) Tuhan melakukan aritmetika. (Carl Friedrich Gauss) Esensi dari matematika terletak pada kebebasannya. (Georg Cantor) Keindahan adalah tes yang pertama; tidak ada tempat yang abadi di dunia ini untuk matematika yang jelek. (Godfrey Harold Hardy) Geometri bukanlah masalah “benar”, tapi “manfaat”. (Henry Poincare) Para matematikawan berdiri di atas bahu matematikawan lainnya. (Carl Friedrich Gauss) Aku tidak percaya bahwa Fermat telah membuktikan Fermat’s Last Theorem. Kurasa dia telah membodohi dirinya sendiri sehingga dia berpikir bahwa dia telah membuktikan teorema tersebut. (Andrew Wiles) Di matematika, sebuah pertanyaan haruslah bernilai lebih tinggi daripada pemecahannya. (Georg Cantor)
    89

 

Seorang matematikawan layaknya seorang pelukis atau penyair, mereka adalah pembuat pola. Jika pola yang mereka buat lebih abadi dari diri mereka sendiri, itu karena mereka membuatnya dengan ide. (Godfrey Harold Hardy) Para matematikawan suka untuk memecahkan persoalan yang belum terpecahkan. Mereka sangat mencintai tantangan. (Andrew Wiles) Matematika tidak mengenal ras ataupun batas geografi, bagi matematika budaya dunia adalah satu negara. (David Hilbert)
   

   

90

 

Deleterious Quotes
Perkataan yang lucu tidak membuktikan apa – apa. (Voltaire)

 

91

 

Dalam sebuah revolusi, bapak makan anak itu adalah hal yang lumrah. (Soekarno) Siapa saja yang mencoba melawan, akan saya gebuki. (Soeharto) Tergantung pemerintah. Kalau pemerintah campur tangan terus dalam segala hal yang terjadi, adalah kami tidak ada jalan lain. Kami akan membisikkan pada para pemilih golput aja bareng-bareng. (Gus Dur) Nabi saja seorang pemimpin, tapi nggak sarjana kok. (Megawati Soekarnoputri) Saya tidak suka dengan perkelahian. Bila saya memiliki musuh, saya akan memaafkannya, mengajaknya ke tempat yang tenang, baru menghabisinya di sana . (Mark Twain) Satu dari empat orang di dunia ini mengalami gangguan jiwa. Bila tiga orang yang Anda kenal baik-baik saja, berarti Andalah yang mengalaminya. (Ann Landers) Saya adalah penjaga rumah yang hebat. Setiap kali saya meninggalkan seorang pria, saya selalu berhasil memiliki rumahnya. (Zsa Zsa Gabor) Berpikir adalah pekerjaan terberat, karena itulah sedikit sekali orang yang mau menggunakan otaknya. (Henry Ford)

 

92

 

Bisnis? Caranya mudah sekali; gunakan saja uang orang lain. (Alexander Dumas The Younger) Saya berbusana agar dilihat wanita, dan menanggalkan busana agar dilihat pria. (Angie Dickinson) Memahami pajak adalah hal yang paling sulit dimengerti di dunia ini. (Albert Einstein) Saya tidak mau dikelilingi orang yang bermental “yes-man”. Saya ingin orang yang mengatakan kebenaran meskipun setelah itu saya akan memecatnya. (Samuel Goldwyn) Kita membayar gajinya terlalu besar, sialnya lagi dia pantas menerimanya. (Samuel Goldwyn) Musuh-musuh kita adalah kopi,susu, teh dan air putih. (Roberto Goizueta) Bila Anda berhutang 100 Dollar,andalah yang pusing. Tapi bila Anda berhutang 100 juta Dollar, bank yang akan pusing. (John Paul Getty) Berbahagialah generasi muda, karena merekalah yang akan mewarisi hutang bangsa. (Herbert Hoover) Buku sejarah yang tidak mengandung kebohongan pastilah sangat membosankan. (Anatole France)

 

93

 

Ternyata bertemu penjual asuransi jiwa adalah lebih buruk daripada kematian itu sendiri. (Woody Allen) Penulis yang masih muda, meniru. Penulis yang sudah berpengalaman, mencuri ide. (T.S. Eliot) Saya tidak pernah bilang bahwa para aktor adalah sapi. Saya hanya bilang mereka harus diperlakukan seperti sapi. (Alfred Hitchcock) Bila engkau ingin membaca tentang cinta dan perkimpoian, maka engkau harus membaca dua buku yang berbeda. (Alan King) Jangan pernah meminjamkan buku karena tidak akan pernah dikembalikan. Buku-buku di perpustakaan saya semuanya adalah hasil pinjaman. (AnatoleFrance) Televisi adalah sebuah penemuan Rusia untuk menghancurkan pendidikan di Amerika. (Paul Erdos) Apabila kita bicara soal uang, maka semua orang sama agamanya. (Voltaire) Hasil dari kerja adalah uang. Hasil dari uang adalah lebih banyak uang. Hasil dari lebih banyak uang adalah kompetisi yang ganas. Hasil dari kompetisi yang ganas adalah dunia yang kita diami ini. (D.H. Lawrence)

 

94

 

Apabila dua orang selalu sepakat dalam segala hal, itu berarti cuma satu orang yang berpikir. (Lyndon B. Johnson) Jika seseorang mengumpulkan bersama sepuluh orang yang paling bijak di bumi ini dan menanyakan kepada mereka apa hal yang paling tolol yang pernah ada, maka mereka tidak akan menemukan hal lain yang lebih tolol selain astrologi. (David Hilbert) Hidup bersama orang suci ternyata jauh lebih melelahkan daripada menjadi orang suci itu sendiri. (Robert Neville) Politisi tidak pernah percaya akan ucapan mereka sendiri, karena itulah mereka sangat terkejut bila rakyat mempercayainya. (Charles de Gaulle) Banyak orang yang percaya bahwa suatu hari kala mereka bangun dari tidur, mereka sudah menjadi kaya. Sesungguhnya mereka sudah separuh benar karena mereka memang telah bangun dari tidur. (Thomas Alva Edison) Semua orang memuji-muji surga, tapi tidak ada yang mau pergi ke sana sekarang juga. (James Baldwin) Orang yang munafik adalah orang yang ”hey, siapa sih yang tidak munafik?” (Don Marquis) Orang yang pandai meminta-minta maaf, jarang sekali pandai melakukan hal-hal lain. (Benjamin Franklin)
  95

 

Kematian satu orang adalah tragedi, kematian jutaan orang adalah statistik. (Joseph Stalin) Politik itu mahal, bahkan untuk kalahpun kita harus mengeluarkan banyak uang. (Will Rogers) Alangkah beruntungnya penguasa bila rakyatnya tidak bisa berpikir. (Adolf Hitler) Aku tidak perlu berpikir karena aku adalah pegawai pemerintah. (Adolf Hitler) Demokrasi adalah pemerintahan yang diisi dengan banyak diskusi, namun demokrasi hanya efektif bila engkau mampu membuat orang lain tutup mulut. (Clement Attlee) Holy fucking shit!! This is major..!! (Steve Stiefler)

 

96

 

Jack & Helena
Manusia itu hanya ada 3 macam, yaitu manusia yang tolol, manusia yang konyol, dan manusia yang mentaati perintah Tuhannya.

     

97

 

Hanya orang bodoh yang belajar, dan seandainya lu udah pintar, tapi masih saja belajar, itu berarti lu kurang kerjaan.. Jika gw ga melakukan apa-apa, maka sebenarnya gw sedang melakukan sesuatu, yaitu melakukan “ga ngapa-ngapain”.. Gw mau nyari si inspirasi dulu. Sebaiknya lu jangan dekat-dekat gw, dia agak aneh dan dia ga begitu suka dengan orang lain.. Dunia para matematikawan sangat berbeda dan jauh lebih menyenangkan daripada dunia lu yang damai itu. Bagi kami, “akar” itu dapat ditemukan di aljabar, “pohon” di teori graf, “bola” itu ga harus bundar, dan “dimensi” itu ga harus bilangan bulat positif.. Selama 12 tahun lu belajar dan ngerjain pekerjaan rumah yang nyebelin supaya lu bisa masuk kampus dan sekarang lu hanya pengen kuliah selama 4 tahun?? Ternyata lu lebih bodoh dari gw.. Kalo anjing itu nggigit lu, yaa balas gigit donk.. Kalo lu yakin lu sekarang hidup di dalam realitas yang sebenarnya dan bukan di dalam simulakra, gw yakin lu sekarang adalah seorang penderita schizophrenia..

     

98

 

Gw heran kenapa masih saja ada orang yang mau ngeluarin duitnya buat astrologi. Mereka adalah jenis manusia paling tolol diantara yang paling tolol.. Kalo lu menyatakan bahwa matematika itu ilmu pasti karena satu ditambah satu hasilnya pasti sama dengan dua, maka bagi para matematikawan, lu adalah seorang pelawak.. Gila..!! mereka yang terlalu jenius atau gw yang terlalu tolol ya?? Lu pengen menjadi “just an ordinary people” atau menjadi “diri sendiri”?? Kalo begitu lu sama tololnya kayak orang kebanyakan.. Bagi orang tolol, hidup adalah sebuah tragedi. Bagi orang konyol, hidup adalah sebuah parodi. Dan bagi orang yang mentaati perintah Tuhannya, hidup adalah sebuah komedi.. “Lapaaaarr…” Emangnya kalo ng-share kata-kata kayak gini di facebook, perut kita bakal kenyang ya?? “Huachhiiieemm…” Emangnya kalo ng-share kata-kata kayak gini di facebook, flu kita bakal sembuh ya?? Orang jenius adalah orang waras yang lebih gila dari orang gila..

     

99

 

Mereka bilang mereka suka matematika, tapi mereka malah mempelajari ilmu-ilmu terapan dan mengorbankan ilmu murni. Cara berpikir mereka emank menarik.. Membaca buku dan ebook lebih asik daripada membaca orang.. Vandalisme atas nama kreativitas?? Itulah contoh orang-orang yang berpikir dengan menggunakan pantat dan apa yang mereka hasilkan hanyalah sampah..

     

100

Penutup ; Pemenang vs Pecundang
Pemenang selalu jadi bagian dari jawaban; Pecundang selalu jadi bagian dari masalah. Pemenang selalu punya program; Pecundang selalu punya kambing hitam. Pemenang selalu berkata, "Biarkan saya yang mengerjakannya untuk Anda"; Pecundang selalu berkata, "Itu bukan pekerjaan saya"; Pemenang selalu melihat jawab dalam setiap masalah; Pecundang selalu melihat masalah dalam setiap jawaban. Pemenang selalu berkata, "itu memang sulit, tapi kemungkinan bisa"; Pecundang selalu berkata, "Itu mungkin bisa, tapi terlalu sulit". Saat pemenang melakukan kesalahan, dia berkata, "saya salah"; Saat pecundang melakukan kesalahan, dia berkata, "itu bukan salah saya".

 

101

Pemenang membuat komitmen-komitmen; Pecundang membuat janji-janji. Pemenang mempunyai impian-impian; Pecundang mempunyai tipu muslihat. Pemenang berkata, "Saya harus melakukan sesuatu"; Pecundang berkata, "Harus ada yang dilakukan". Pemenang adalah bagian dari sebuah tim; Pecundang melepaskan diri dari tim. Pemenang melihat keuntungan; Pecundang melihat kesusahan. Pemenang melihat kemungkinan-kemungkinan; Pecundang melihat permasalahan. Pemenang percaya pada menang-menang (win-win); Pecundang percaya, mereka yang harus menang dan orang lain harus kalah. Pemenang melihat potensi; Pecundang melihat yang sudah lewat.

 

102

Pemenang seperti thermostat; Pecundang seperti thermometer. Pemenang memilih apa yang mereka katakan; Pecundang mengatakan apa yang mereka pilih. Pemenang menggunakan argumentasi keras dengan kata-kata yang lembut; Pecundang menggunakan argumentasi lunak dengan kata-kata yang keras. Pemenang selalu berpegang teguh pada nilai-nilai tapi bersedia berkompromi pada hal-hal remeh; Pecundang berkeras pada hal-hal remeh tapi mengkompromikan nilai-nilai. Pemenang menganut filosofi empati, "Jangan berbuat pada orang lain apa yang Anda tidak ingin orang lain perbuat pada Anda"; Pecundang menganut filosofi, "Lakukan pada orang lain sebelum mereka melakukannya pada Anda". Pemenang membuat sesuatu terjadi; Pecundang membiarkan sesuatu terjadi. Para pemenang selalu berencana dan mempersiapkan diri, lalu memulai tindakan untuk menang... Para pecundang hanya berencana dan berharap ia akan menang ...
  103

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful