P. 1
Sahabat Bulettin 14

Sahabat Bulettin 14

|Views: 51|Likes:
Published by Dharmawan E Ochner

More info:

Published by: Dharmawan E Ochner on Jul 09, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/25/2012

pdf

text

original

Edisi 14, Tahun 2010

Buletin Internal Sahabat Purba Danarta

12 April 2010

Salam Sahabat
Penasehat: Direksi Redaksi: Dharmawan E. Ochner E-mail: salamsahabat @bankpurbadanarta.com

PAHAMI BISNIS ANDA
ilet. Jika mendengar kata itu, Anda pasti membayangkan sebuah pisau tipis yang sangat tajam. Tapi tahukah Anda bahwa kata tersebut berasal dari salah ucap orang Indonesia dalam menyebut salah satu merek pisau cukur? Ya, Anda bisa menebak merek yang dimaksud. Gillette didirikan oleh King. C.Gillette pada akhir abad 19. Namun perjalanan, panjang merek ini sehingga kini menjadi penguasa pasar pisau cukur dunia bukan karena kebetulan. Hingga kini perusahaan Gillette bisa dibilang terobsesi pada penelitian mengenai kegiatan cukur-mencukur rambut di wajah. Berapa rata-rata jumlah cambang di wajah pria dewasa? 30.000. Berapa cepat cambang itu tumbuh? 15/1000 inci per hari. Itulah beberapa contoh hasil penelitian Gillette. Bahkan mantan direktur utama perusahaan yaitu Alfred M. Zeien punya kebiasaan unik. Ia selalu bercukur dengan 2 jenis pisau cukur, satu sisi dengan pisau cukur Gillette, dan sisi lainnya dengan pisau cukur buatan pesaingnya. Itu sengaja ia lakukan untuk perbandingan. Perusahaan tersebut percaya bahwa pemahaman menyeluruh akan produk dan bisnis mereka akan membuat mereka tahu bagaimana cara meningkatkan produknya. Tampaknya Gillette memang berhasil dengan cara itu. Belajarlah dari cara sukses Gillette ini. Seberapa banyak Anda memahami seluk beluk produk perusahaan Anda? Jika Anda karyawan, apakah yang Anda tahu selama ini hanya pekerjaan uraian tugas Anda saja? Dan jika Anda seorang wira– usaha, apakah yang Anda pahami tidak lebih dari yang dipahami oleh pelanggan terhadap produk atau jasa Anda? Meluangkan waktu untuk belajar akan hal-hal baru yang berhubungan dengan pekerjaan Anda walaupun secara langsung tidak berkaitan tidak akan pernah membuat Anda rugi. Misalnya, Anda adalah staf keuangan, tidak akan ada ruginya jika Anda tahu mengenai pemasaran atau sistem produksi perusahaan. Demikian pula sebaliknya. Atau jika Anda membuka usaha restoran, tidak ada salahnya mempelajari seluk beluk sejarah makanan. Justru ini bisa menjadi bahan promosi yang menarik. Tidak ada ruginya belajar dan mengetahui hal lainnya.

S

Alamat Redaksi : Jl.Pamularsih No. 17 Semarang 50194 Telp: 024-7622280 Fax : 024-7622651

Daftar Isi:

Sekapur Sirih

1

Inspirasi

2

Berbagi Pengetahuan

3

Iklan

3

Tips

4

Membangun Usaha Kecil Mandiri

Salam Sahabat
Halaman 2

INSPIRASI

ANDA PASTI BISA BILA ......
Pasar malam dibuka di sebuah kota, sehingga seluruh penduduk menyambutnya dengan gembira. Terdapat berbagai macam permainan, stan makanan dan sirkus. Tetapi yang paling istimewa dari semua permainan adalah atraksi manusia kuat. Setiap malam selalu ada saja ratusan orang yang menonton pertunjukkan dari manusia kuat. Ada yang bisa melengkungkan baja hanya dengan tangannya. Ada yang bisa menghancurkan batu bata tebal hanya dengan tinjunya. Untuk menutup pertujukkannya, ia memeras sebuah jeruk dengan genggaman tangannya dan terus menerus memeras hingga tetes jeruk terakhir keluar. Lalu suatu hari ada tantangan, “Barangsiapa yang bisa memeras hingga keluar lagi satu tetes saja dari jeruk ini, maka akan diberikan uang satu juta rupiah kepadanya. Tiba-tiba seorang wanita yang kurus setengah baya mengacungkan tangan dan meminta kesempatan untuk mencobanya. Beberapa orang tergelak tertawa untuk mengolok-olok wanita itu. Wanita itu mengambil jeruk dan menggenggamnya, banyak penonton yang menertawakannya. Wanita itu mencoba memeras dengan penuh konsentrasi. Ia memeras...dan terus memeras...dan memeras, lalu tiba-tiba “ting!” setetes air jeruk terperas jatuh membasahi lantai. Semua terperangah. Cemoohan berubah menjadi tepuk tangan riuh. “Nyonya, ratusan orang telah gagal namun Anda berhasil, apa rahasianya?” Bolehkah kami tahu? Wanita itu menjawab, “Begini,jika suami Anda sakit keras dan tidak bisa bekerja lagi untuk mencari nafkah. Sedang Anda memiliki delapan anak yang harus diberi makan setiap hari. Anda harus kuat untuk mencari uang meski hanya satu atau dua rupiah saja. Jika hanya ada satu kesempatan untuk memperoleh uang satu juta rupiah, maka memeras jeruk itu bukanlah hal yang sulit.

“Ketika Anda berada

dalam sebuah keadaan terdesak untuk memenuhi kebutuhan, Anda bisa melakukan apapun yang sebelumnya tidak bisa Anda lakukan. Hal ini dikarenakan didalam diri Anda akan muncul kekuatan ekstra untuk membantu Anda mengatasi masa kesesakan yang terjadi.”

BERBAGI PENGETAHUAN

SEPERTI APAKAH HUBUNGAN ANDA DENGAN UANG ?

H

ari ini kita akan meninjau peranan uang dalam hidup Anda. Kita harus mengetahui cara menggunakan, menangani, serta mendapatkannya. Bacalah pernyataan dibawah ini, pilihlah yang paling sesuai dengan Anda.

Anda menghasilkan banyak uang, tetapi Anda menghabiskannya lebih cepat daripada mendapatkannya. Anda menghasilkan cukup uang dan selalu bisa hidup seadanya, namun tidak pernah puas secara keuangan.
...Bersambung pada halaman 3

Edisi 14, Tahun 2010
Halaman 3

Anda menggenggam uang Anda erat-erat dan merasa berat setiap kali harus menggunakannya. Anda sama sekali tidak mengetahui cara mengatur keuangan. Anda pun merasa tidak memegang kendali jika sudah menyangkut hal keuangan. Anda seringkali tidak memiliki uang dan Anda masih berjuang untuk memperoleh penghasilan yang lebih banyak. Anda merasa tidak nyaman dengan masalah keuangan Anda namun enggan untuk meminta bantuan . Berapapun banyaknya kebenaran dari pernyataan diatas mengenai Anda, jangan merasa gagal. Anda tidak sendirian. Kami akan memberikan bekal pengetahuan setiap minggunya. Ikuti terus ya..
“Jangan biarkan

ketakutan Anda mencegah Anda untuk mengambil langkahlangkah kecil dalam

...Bersambung pada edisi berikutnya.

Perkembangan Unit Dan Cabang Minggu Ini
INFO UNIT Jateng 1 Total Member Total Tabungan Total Pencairan Jumlah Center 11.326 1.444.284.279 1.621.500.000 868 Jateng 2 7.302 447.690.710 549.350.000 511 Jogjakarta 5.267 388.408.337 661.550.000 486 Total 23.895 2.280.383.326 2.832.400.000 1.865

perkembangan Anda.
Anda tidak pernah tahu kemana semua itu mungkin membawa Anda.”

John C. Maxwell

PEMENANG QUIZ 02 Pondok Prasmanan “SEDERHANA” Sedia : Nasi Pecel, Nasi Urap,
Nasi Rames Rp 3.000

Lauk : Tempe.Tahu
Bacem,Tempe, Tahu Goreng,Lele Goreng, Ayam Goreng, Telur Ceplok.

Minuman :
Teh Tawar,Teh Manis, Es Teh Manis, Jeruk Hangat, Es Jeruk

HUB :
PUSAT BAN B.S DATANG DAN BUKTIKAN . KAMI MENAWARKAN DISKON Ban ukuran 225/250 Rp 70.000 Ban ukuran 250/275 Rp 80.000 Ban ukuran 300/18 Rp 85.000
HUBUNGI :

BU WIWIK (Wonodri Sendang) LAYANAN ANTAR

BENGKEL SELA MOTOR

0812.276.09832

024-8448697

Halaman 4

TIPS

PERIHAL MINYAK GORENG YANG WAJIB DISIMAK
Minyak bersih merupakan minyak goreng yang baru dipakai satu kali untuk menggoreng bahan makanan yang tidak berbumbu seperti kacang atau kerupuk. Warnanya masih bening kuning.Sedangkan minyak goreng kotor adalah minyak jelantah yang sudah dipakai untuk menggoreng makanan berbumbu lebih dari sekali. Warnanya sedikit kecoklatan tetapi masih bening. Berikut adalah peringkat minyak dari yang paling sehat ke yang paling tidak sehat : minyak zaitun, minyak canola, minyak matahari, minyak kacang, minyak kedelai, minyak jagung, margarin ringan, minyak ayam dan mentega. Minyak Zaitun. Kebanyakan minyak goreng tergolong lemak jenuh yang tidak menyehatkan.Pilihlah minyak dengan kandungan lemak tak jenuh salah satunya adalah minyak zaitun.Pakailah minyak zaitun untuk menumis namun jangan memanaskannya berlebihan agar tidak berubah menjadi lemak jahat. Hati-hati minyak bekas pakai. Waspada terhadap minyak jelantah yang dikemas ulang dalam plastik literan. Minyak ini ada yang hasil sisa restoran atau sisa industri pangan. Ciri-cirinya adalah berwarna lebih gelap. Ciri lain adalah aromanya tidak biasa dan cepat berasap meski suhunya belum maksimal. Minyak jenis ini dapat meningkatkan resiko terkena jantung koroner. Gunakan minyak sesuai dengan bahan yang digoreng. Gunakan minyak goreng yang baru untuk menggoreng bawang, kerupuk, atau kacang. Setelah selesai menggoreng, saring minyak yang masih berwarna kuning ini, lalu masukkan kedalam wadah bersih. Sisa minyak tadi dapat digunakan kembali di hari yang sama untuk menumis sayuran, bumbu masak, atau menggoreng tahu, tempe dan gorengan lainnya. Jika masih ada daging ayam atau ikan yang akan digoreng gunakan saja sisa minyak tadi untuk menggoreng. Namun sisa minyak dari menggoreng ayam atau ikan warnanya akan menjadi kehitaman dan agak mengental. Sebaiknya setelah itu minyak ini dibuang dan jangan digunakan lagi.

Kantor Cabang Utama: Semarang Jl. Veteran No. 7 Semarang, Jawa Tengah Telp: 024-8413914 Fax: 024-8313795 Kantor Pusat Operasional: Jl. Pamularsih No. 17 Semarang 50194 Telp: 024-7622280 Fax: 024-7622651 Tegal Jl. Karanganyar Raya No. 54 B Tegal, Jawa Tengah Telp: 0283-323352 Fax: 0283-323352 Jakarta Wisma Staco Lt. 7 Jl. Casablanca Kav. 18, Jakarta Selatan Telp: 021-8355599 Fax: 021-8352121 Yogyakarta Jl. Bugisan No. 37, Patangpuluhan, Wirobrajan, Yogyakarta, DI Yogyakarta Telp: 0274-389881 Fax: 0274-389881

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->