MODUL VI PENGGUNAAN MAIN MENU Hampir setiap program aplikasi(sistem informasi) yang kita bangun terdiri dari

lebih dari satu form dan beberapa menu. Oleh karena itu, pertemuan kali ini kita akan membahas bagaimana menggunakan main menu dan melakukan manajemen sejumlah form dalam sebuah project Delphi. Tampilan program bisa kita lihat seperti gambar di bawah ini. Mode Running(sedang dijalankan)

Euis Marlina (http://adeisti.blogspot.com)

1

Mode Desain

Daftar komponen yang dibutuhkan : Komponen Form1 MainMenu1*) ImageList1(Win32)**) Form2***) Form3 Form4 Properti Caption Name Name Images Name Name Caption Name Caption Name Caption Isi :. Main Menu FormMenu MainMenu1 ImageList1 ImageList1 FormMenu1 Menu 1 FormMenu2 Menu 2 FormMenu3 Menu 3

*) Untuk menambahkan menu, doubleclick pada MainMenu Struktur menu yang akan kita buat latihan adalah sebagai berikut. File &Exit Menu Menu 1 Euis Marlina (http://adeisti.blogspot.com) 2

Menu 2 Menu 3

Gambar Rancangan Main Menu Agar pada menu ada tampilan gambar icon, maka kita seting di properti ImageIndex sesuai gambar yang sesuai dengan fungsi dari menu tersebut. Penambahan gambar pada menu, akan mempercantik tampilan form menu yang kita buat.

Gambar Rancangan Main Menu yang sudah diberi icon

Euis Marlina (http://adeisti.blogspot.com)

3

**) Untuk menambahkan gambar icon pada ImageList, klik kanan komponen ImageList >> ImageList Editor

Gambar Tampilan ImageList Editor Untuk menambahkan gambar icon, klik tombol Add. Lalu cari gambar bawaan Delphi di folder C:\Program Files\Common Files\Borland Shared\Images\Button, atau anda juga bisa membuat icon sendiri menggunakan Paint, dan juga mendownload dari internet icon yang sudah jadi.

Gambar Sesudah Menambahkan Gambar

Euis Marlina (http://adeisti.blogspot.com)

4

***) Untuk menambahkan form baru, klik File >> New >> Form Agar ketiga form menu 1, 2 dan 3 dapat diakses atau di buka dari menu utama, maka ketiga form tersebut harus di Use Unit dari form MainMenu. Caranya adalah aktifkan Form MainMenu, lalu tekan Alt + F11 atau melalui menu File >> Use Unit. Setelah itu akan menampilkan daftar form yang ada pada project tersebut, sbb. Select satu persatu form tersebut, lalu klik tombol OK, dimana artinya kita dapat memanggil ketiga form tersebut dari menu utama.

Gambar Form yang ada pada Project Jika sudah melakukan Use Unit, maka sekarang saatnya untuk memberikan code program pada setiap menu yaitu perintah untuk menampilkan form menu yang dipilih. Caranya double click setiap menu yang ada pada MainMenu untuk membuka code editor.

Euis Marlina (http://adeisti.blogspot.com)

5

Source programnya : Menu Exit
procedure TFormMenu.Exit1Click(Sender: TObject); begin Application.Terminate; end;

Menu 1
procedure TFormMenu.Menu11Click(Sender: TObject); begin FormMenu1.Show; end;

Menu 2
procedure TFormMenu.Menu21Click(Sender: TObject); begin FormMenu2.Show; end;

Menu 3
procedure TFormMenu.Menu31Click(Sender: TObject); begin FormMenu3.Show; end;

Euis Marlina (http://adeisti.blogspot.com)

6

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful