Teknologi Mobile (SMS

)

SMS Server Informasi Titik Hotspot Wilayah Kehutanan
( Programmer : Fajar Witoko & Bunafit Komputer ) Dikembangin oleh Bunafit Development Programer: Fajar Witoko

Komputer , Redaksi Buku IT & Software

Fajar Witoko , adalah Web Programmer dengan Basis Teknologi Mobile dan
Aplikasi Desktop, CekiDot at www.bunafit-komputer.com.

Absraksi Sistem
Aplikasi ini adalah sebuah aplikasi berbasis teknologi mobile (SMS AutoReplay/ SMS AutoResponse), aplikasi ini berbasis web server, sehigga dapat digunakan pada komputer mana saja yang memiliki system operasi windows. Aplikasi ini bertujuan memberikan informasi kepada anggota yang terdaftar di dalam system tentang lokasi hotspot titik api d i suatu wilayah, informasi yang diberikan melalui 2 jalur akses pengiriman data, yaitu menggunakan metode autorespon informations dan manual information replay, sehingga aplikasi ini sangat mendukung sebagai media untuk pengiriman data, baik data berkarakt er pendek, sedang dan long karakter. Aplikasi ini telah memiliki beberapa validasi yang digunakan sebagai kamanan serta pendukung efisiensi dari kinerja aplikasi ini sendiri, sehingga aplikasi ini telah siap untuk di implementasikan ke lapangan.

Adalah Aplikasi Berbasis Teknologi Mobile yang dikembangkan dengan teknologi Gammu di OS Windows dan di implementasikan ke dalam web service dengan konsep sebagai bahan referensi/contekan/acuan Tugas Akhir (TA), Skripsi, Kerja Praktek atau Tesis bidang Informatika Komputer. Konsep Aplikasi Berbasis Teknologi Mobile ini gratis, tapi skrip programnya dijual dengan harga Rp. 2.000.000,Tersedia Source Code untuk Contoh TA/ Skripsi yang dibuat dari program Java, Visual Basic 6.0, Delphi dan C++ Builder, juga tersedia dengan konsep Multi User dan Client/Server
Untuk mendapatkan No Rekening transfer, silahkan kirim email seperti contoh di atas. Atau, kirim SMS ke nomor

0838 6716 1314 .

ERD (Entity Relation Ship) / Relasi Tabel Desain & Analisis SMS Server Informasi Titik Hotspot Wilayah Kehutanan

Beberapa tabel inti dari Gammu, tabel ini adalah default bawaan dari Gammu sehingga akan lebih baik tidak memberikan nilai perubahan di setiap tabel nya, berikut beberapa tabel default Gammu serta penjelasann ya.

Tabel daemon, adalah tabel yang digunakan untuk start SMS daemon dari Aplikasi Gammu.

Tabel gammu adalah tabel yang digunakan untuk menyimpan data versi dari aplikasi gammu yang kita gunakan.

Tabel inbox adalah tabel yang otomatis digunakan untu k menampung setiap sms yang masuk, nantinya data dari tabel inbox inilah yang kita proses untuk setiap keperluan pengolahan data, sehingga tabel inbox merupakan bagian tepenting dari aplikasi ini.

Tabel outbox adalah tabel inti sebagai tempat text nantin ya akan dikirimkan ke nomor tujuan, tabel ini akan digunakan sebagai tabel sender dari teks sms, sehingga setiap teks yang akan dikirimkan ke nomor tujuan, sebelumnya akan masuk ke table outbox dan nantinya jika sms sudah terkirim, text selanjutnya akan di kirimkan secara otomatis ke tabel sentitems.

Tabel outbox_multipart adalah tabel bantu yang digunakan untuk mengirimkan teks panjang ke satu nomor atau lebih, jadi tabel ini nantinya akan digunakan jika pengiriman SMS jumlah karakternya melebih 160 karak ter.

Tabel pbk, adalah tabel yang nantinya bisa digunakan utnuk menyimpan nomor telepon. Namun beberapa nomor telepon juga bisa di simpan ke dalam group, sehingga nantinya kita juga mambutuhkan tabel pbk_group, seperti berikut :

Tabel pbk_groups adalah tabel tempat penyimpanan data nomor telepon yang dibuat sebagai group, datanya disesuaikan dengan ID pada tabel pbk.

Tabel phones otomatis dibutuhkan untuk menyimpan default data Handphone atau Modem yang anda gunakan, data handphone atau modem akan ter simpan secara otomatis ketika aplikasi gammu dijalankan.

Tabel sentitems adalah tabel yang akan digunakan sebagai penampung setiap sms yang sudah dikirimkan

Tabel admin digunakan untuk pengaturan akun login pada sistem, tabel admin diperlukan untuk melakukan pembagian hakases, sehingga ada keamanan dari segi akses user.

Tabel anggota adalah tabel yang nantinya akan digunakan untuk menyimpan data anggota yang sudah ter-registrasi di dalam sistem. Untuk menjadi anggota dibutuhkan registrasi melalui sms. Contoh : REG#nama_kabupaten

Tabel hotspot adalah tabel yang digunakan untuk menyimpan informasi jumlah lokasi dari kebakaran lahan di hutan. Sehingga tabel ini merupakan tabel inti dari pengiriman informasi.

Tabel nohptmp, adalah tabel yang digunakan sebagai tabel temporery atau tabel tempat penampungan data sementara, data yang akan di tampung sementara adalah data anggota yang nantinya akan dikirimi sebuah pesan berisi data.

Tabel service adalah tabel yang digunakan untuk menyimpan kontrol service untuk setiap SMS yang masuk, sehingga tidak semua orang bisa mengakses informasi, namun hanya orang yang terdaftar dan orang yang tahu service atau kode -kode yang digunakan untuk request beberapa informasi dari sistem.

Tabel wilayah adalah tabel yang di gunakan untuk menyimpan data suatu wilayah tertentu sesuai dengan batasan dari informasi yang akan diberikan.

Implementasi Sistem
Berikut Tampilan Login cPanel Aplikasi SMS Server untuk Informasi Titik Hotspot Wilayah Kehutanan :

Tampilan Home cPanel

Tampilan Menu cPanel

Tampilan List Wilayah

Tampilan List Hotspot Area

Tampilan List Anggota

Tampilan List Inbox

Tampilan List Administrator

Tampilan Pengiriman Pesan

Tampilan Phone Book

Tampilan ketika Di Pilih Datanya(dicek) dan ditekan tombol [OK]

Tampilan Balas Pesan

Tampilan Forward Pesan

Salah satu contoh Tampilan Input Data

Salah Satu Contoh Tampilan Edit Data

MANAJEMEN FILE PROGRAM

Terlihat dari Windows Explorer, semua file program untuk Sistem. Manajemen File untuk cPanel atau halaman Administrator. Semua file program yang terliha dipakai untuk menambah data barang, mengubah, menghapus dan menampilkan. Laporan data dan transaksi juga ada di situ. Semua Kode dibuat lewat Dreamweaver manual, sehingga mudah diEdit.... BUKAN LEWAT TEMPLATE DREAMWEAVER yang bikin bingung buat pemula.

Jika Anda tertarik pada salah satu aplikasi, silahkan kirimkan ke alamat email kami :

CONTOH EMAIL PEMESANAN Tujuan Email Subjek Surat Pesan Source Code Aplikasi SMS HotSpot Pesan surat Anda di sini ........... Isi Surat Identitas Pemesan : 1. Nama Lengkap : ? 2. Mahasiswa Mana : ? 3. Nomor HP Aktif : ?

Setelah transfer Source Code akan dikirim ke Email Anda.
Biaya Workshop (Private) : Rp. 3.000.000, - di Yogyakarta, Anda akan diajari teknik membuat Program yang ada di daftar. (biaya sudah termasuk Web Program)
Untuk mendapatkan No Rekening transfer, silahkan kirim email seperti contoh. Atau, kirim SMS ke nomor

0838 6716 1314 .

www.bunafit-komputer.com
Redaksi Buku IT & Software Development

www.planetKode.Com

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful