OLEH: Mahasiswa STIKES Muhammadiyah Banjarmasin

PENGERTIAN
y Skabies (scabies, bahasa latin =

keropeng,kudis,gatal)

Gambar kutu Skabies yang diperbesar secara elektron

y Skabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh

tungau (mite) Sarcoptes scabei,yang termasuk dalam kelas Arachnida. Tungau ini berukuran sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop.

Tungau Skabies pada Kucing

y Skabies (kudisan) merupakan penyakit kulit yang

sering dijumpai terutama pada mereka dengan hygiene yang buruk y Biasanya terdapat pada sela-sela jari tangan,telapak tangan,pergelangan tangan sebelah dalam,siku,ketiak,daerah mammae,daerah pusar dan perut bagian bawah,daerah genitalis eksterna dan pantat. y Pada anak-anak terutama bayi,dapat mengenai bagian lain seperti telapak kaki,telapak tangan,sela jari-jari kaki dan juga muka (pipi).

Etiologi 
Melalui kontak fisik yang erat dengan orang lain

yang menderita penyakit ini.  Tungau betina masuk kedalam kulit dan bertelur, telur akan menetas menjadi kutu setelah beberapa hari sehingga akan menyebabkan gataal dan bintik kemerahan.

Tanda dan Gejala 

Skabies ditandai oleh berbagai macam gejala kulit: ~ timbul benjolan-benjolan kecil berwarna merah ~ adanya garis-garis merah atau keabuan berukuran 2-15 mm. Garis yang tampak sebenarnya merupakan terowongan-terowongan yang dibuat oleh Sarcoptes scabiei dalam beraktifitas. Terowongan ini tidak begitu tampak dengan mata telanjang. 

Lanjutan«.  

Gejala lain yang menyertai kulit adalah rasa gatal yang hebat,terutama dimalam hari. Rasa gatal akan mendorong penderita untuk menggaruk,sehingga akan timbul luka,yang memicu munculnya infeksi sekunder oleh bakteri.

Penularan
Cara penularan skabies: ~ secara kontak langsung (kulit dengan kulit) seperti:bersalaman,berangkulan,tidur bersama dan hubungan seksual. ~ kontak tidak langsung melalui alat yang digunakan dalam rumah tangga seperti: pakaian,handuk,sprei,sarung bantal,selimut,kursi atau sofa,sisir dan mungkin bisa dijumpai di dinding,lantai atau debu rumah.

Pencegahan penularan 

Untuk menghindari penularan kepada orang lain,pakaian,sprei,handuk,dll milik penderita hendaknya direbus dalam air panas untuk membunuh tungau.

Pengobatan
? Pengobatan penyakit kulit atau skabies umumnya dengan obat salep atau

krim. ? Contohnya: ~ salep 2-4 ~ emulsi benzil benzoas ~ gameksan ~ permetrin HCI ~ lindane ~ sulfur presipitatus ~ gama benzene hidroklorida ~ obat minum yang mengandung invermectin.

Pengobatan tradisional
y

y

y

Widuri (calotrapis gigantea R Br) Adalah obat tradisional yang lazim digunakan untuk menyembuhkan skabies. Penggunaannya, ambil daun segar secukupnya,di cuci dan digiling hingga lembut,campur dengan sedikit kapur sirih,lalu dioleskan pada bagian yang sakit.

Perawatan dan pencegahan skabies
y

y

y

Mandi dengan air hangat dan sabun untuk menghilangkan sisa-sisa kulit yang mengelupas dan kemudian kulit dibiarkan kering. Gunakan pakaian dan sprei yang bersih,semua perangkat tidur,handuk dan pakaian yang habis dipakai harus dicuci dengan air yang sangat panas kalau perlu direbus dan dikeringkan dengan alat pengering panas. Cegah datangnya lagi skabies dengan menjaga lingkungan agar tetep bersih dan sehat. Ruangan jangan terlalu lembab dan harus terkena sinar matahari serta menjaga kebersihan diri anggota keluarga dengan baik.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful