w w w. i n s t i t u t ve c t o r i n d o n e s i a .

c o m

KREASI

POLA BATIK KAWUNG
MENGUNAKAN ILLUSTRATOR

w w w. i n s t i t u t ve c t o r i n d o n e s i a . c o m

ai temen-teman semua, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial bagaimana menciptakan / kreasi pola batik kawung mengunakan adobe Illustrator. Fitur yang kusuka di illustrator, salah satunya adalah swatch, yaitu palet warna yang berfungsi untuk mengelompokan warna yang akan digunakan. Selain menggelompokan warna teryata swatch pun mampu menghasilkan kreasi pola sama seperti fungsinya mengisi warna pada suatu objek. Triknya simple, kita membuat pola dalam suatu wilayah, grup objek kemudian drag & drop pada kolom swatch dan aplikasikan kreasi pola tersebut dalam wilayah objek baru. Oke, lebih jelasnya ikuti saja penjelasan dibawah ini.

H

Buka Illustrator dan buatlah dokumen baru dengan judul kreasi batik kawung, isi kolom width dan hight dengan 1 cm, color mode CMYK, raster 300 ppi dan preview mode overprint.

1

2

Kita akan membuat kreasi pola batik kawung dengan Illustrator, terlebih dulu kita akan membuat pola dasar batik kawung. Untuk itu ? klik rounded rectangle tool di panel tool ( windows > tools ). ? width dan hight dengan 1 cm Isi kolom dan corner radiusnya 0,45 cm. ? ditengah halaman melalui opsi letakkan align panel dan tambah object rectangle dengan ukuran 0.45 cm. ? panel align dan opsi align to Dengan artboard aktif, atur posisinya di atas pojok kiri. ? Copy rectangle dan paste di atasnya ( cmd + F ), kembali atur posisinya dibawah pojok kanan sehingga hasilnya menyerupai bentuk daun kawung. Saya yakin setiap orang mempunyai teknik sendiri untuk mengolah objek bentuk. Saya hanya memaparkan apa yang saya kuasai dan bila anda mempunyai cara yang lebih cepat mohon bimbingannya.

w w w. i n s t i t u t ve c t o r i n d o n e s i a . c o m

3

Tahap selanjutnya adalah membuat 2 bulatan berukuran 0.20 cm dengan ellipse tool ( L ). ? Pada toolbars, klik object > transform > move ( alt+Shift+M ), ? pada kolom horizontal position dan klik copy. isi 0,5 cm ? Group ( cmd+G) kedua lingkaran, isi dengan warna putih, ? atur posisinya ditengah halaman, ? dengan transform panel rotasikan lingkaran sebesar -45 derajat. kemudian

4
Langkah berikutnya adalah memoles bentuk dasar kreasi batik kawung kita. Pada tahap ini biasanya saya mulai menerapkan warna yang akan diaplikasikan pada kreasi pola batik kawung. Untuk pola ini saya berencana mengunakan 2 warna yang biasa digunakan pada pewarnaan batik kawung. ? memilih beberapa komposisi warna coklat dengan panel color. Saya mulai ? Saya satukan bentuk dasar daun dengan panel pathfinder, klik add to shape area. ?bentuk dasar menjadi satu kesatuan maka saya mulai menambahkan Setelah opsi offset path ( Object > Path > Offset path ). Opsi ini sangat membantu dalam skala bentuk tanpa harus kehilangan bentuk dasarnya. Oke, mari kita skala-kan bentuk daun hingga mendapat efek stroke standar berbasis fill. ? Isikan offset dengan 0.1 cm, Tipe joins miter dan miter limitnya 4. ? Nah, tinggal klik hasil offset tadi dan beri warna coklat lingkaran, ? grup semua bentuk dan duplikat. ? + Shift dan drag ke arah samping kiri, tekan alt + Shift + V dan Tekan alt centang opsi vertical. ? lagi kedua objek tersebut seperti cara barusan, tekan alt + Shift + V Duplikat dan centang opsi horizontal.

w w w. i n s t i t u t ve c t o r i n d o n e s i a . c o m

5

Oke, sekarang pola dasar batik kawung kita sudah mendekati sempurna. Ungroup semua objek ( Object > ungroup atau Alt + Shift + G ). ? Seleksi semua objek offset, copy dan paste di atasnya ( Cmd + F ) kemudian tetap dalam keadaan terseleksi, ?posisinya ke belakang ( Cmd + Shift + [ ) dan aplikasikan add letakan to shape area di panel pathfinder. ?menjadi satu kesatuan objek bongkar kembali kesatuan Setelah tersebut, caranya gampang, ? dan pilih opsi release compound path hingga muncul satu klik kanan objek baru ditengah bidang. Bidang ini merupakan pola juga, karena kita akan mengolahnya menjadi objek pola. ? Klik bidang tengah yang baru terbentuk dan isi dengan warna coklat di bidang daun kawung. ? Aplikasikan kembali opsi offset path ( Object > Path > Offset path ) sebanyak 2 kali dengan nilai offset -0.07 dan selang seling warnanya. ? Group semua objek dan skalakan ukurannya menjadi 1 cm, atur posisinya di tengah dokumen dengan panel align. Sip, pola sudah terlihat. Kita sempurnakan dengan kotak berukuran 1cm dan letakkan posisinya dibelakang objek pola dengan warna daun kawung.

w w w. i n s t i t u t ve c t o r i n d o n e s i a . c o m

? waktunya kita buat pola pada kotak dengan cara Nah, sekarang
? offset path ( Object > Path > Offset path ) dan intersect shape area di panel

6

pathfinder.
? offset path objek terluar dari objek kawung dan isikan nilai offset 0.03. ?area offset tersebut dengan opsi intersect shape area di panel Potong

pathfinder dan klik expand.
? Oya, terlebih dahulu kita harus copy dasar kotak dan paste di atasnya ( Cmd

+ F ) sebagai acuan potong.
? Kita aplikasikan kembali cara diatas dengan nilai offset path yang sama dan

potong kembali.
? Seleksi semua objek dan drag ke panel swatches. ? yang baru saja kita buat di swatches dan namakan pola batik Klik pola

kawung.

w w w. i n s t i t u t ve c t o r i n d o n e s i a . c o m

7

Fiuh.... Mari kita coba pola batik kawung yang baru saja kita kreasikan. ? kotak dengan ukuran 10 cm x 10 cm, Buatlah ? batik kawung dan lihat sendiri hasilnya... klik pola Cobalah untuk membuat pola batik Indonesia lainnya melalui teknik ini dan sharing di forum institutvectorindonesia.com.

Sekian Sharing saya dan mari bersama majukan dinamika grafis Indonesia. VBK!!

Institutvectorindonesia.com adalah tempat para artis vector Indonesia bersua dalam suasana maya. Berbagi dan berkarya bersama. Berbasis di Yogyakarta, Indonesia dan bertujuan untuk mengarsipkan vector art Indonesia agar mampu bersaing dalam kancah international vector art scene.

w w w. i n s t i t u t ve c t o r i n d o n e s i a . c o m

w w w. institutvec torindonesia. c o m

disusun oleh : Rahmat Kurniawan r o o m p o e t l i a r. c o m profile

w w w. i n s t i t u t ve c t o r i n d o n e s i a . c o m

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful