Mengatasi Masalah Monitor Out Of Range

Friday, 9 April 2010 Author: Adam
Bagikan:

Tidak bisa saya jelaskan secara ilmiah dan terperinci apa penyebab terjadinya Monitor Out of range ini. Yang jelas ketika PC yang kita miliki diganti monitornya dengan monitor yang lain, ada kemungkinan hal ini terjadi. Mungkin penjelasan yang masuk akal adalah PC tersebut sudah mendeteksi spesifikasi monitor yang lama. Berikut ini salah satu contoh tampilan monitor Out of Range.

gambar: http://ubuntuforum.org

Cara mengatasinya
Cara mengatasinya cukup mudah. Anda cukup menguninstal driver display adapter yang terinstal pada pc tersebut. Berikut penjelasan terperincinya. Nyalakan komputer dalam modus Save Mode. karena jika masalah ini muncul, komputer hanya bisa berjalan dalam modus save mode. Buka My Computer properties dengan mengklik kanan icon My Computer yang terdapat pada dekstop atau pada start menu.

Kemudian klik tab Hardware > Device Manager sampai muncul window device manager. Perhatikan tanda nomor 3 (display adapter).Setelah itu akan muncul System Properties seperti pada gambar dibawah ini. . Klik tanda (+) di samping kiri display adapter.

Setelah Anda Uninstal. 1.pcidatabase.misalnya : HDAUDIOFUNC_01&VEN_1002&DEV_AA01&SUBSYS_00AA0100&REV_10015&393D9 74D&0&0001 kamu catat yang ini VEN_1002&DEV_AA01. klik search maka akan muncul vendor yang memiliki nomor tersebut.Setelah Anda klik tanda (+) tadi. masuk pada Tab Details > Device Instanced Id . Kalau sudah. silahkan restart komputer. . cek di Internet ke sini http://www. sesuaikan dengan punya kamu. Cek Device Manager Lihat properties hardware yang akan kamu cari. masukkan 4 digit vendor dalam contoh ini 1002.com/ Kamu bisa cari type dan merknya berdasarkan Vendor (VEN) atau Device (DEV). Klik kanan kemudian uninstal. akan muncul dibawah tulisan Display adapter nama driver monitor yang lama. Kalau sudah ketemu kamu bisa masuk ke web vendornya utk mendownlad driver yang kamu inginkan. Insya Allah masalah tersebut tidak akan muncul lagi.

Pastikan untuk mendownload dari web-nya langsung. atau kamu bisa gunakan program CPU-Z untuk melihat chipset mobo-nya dan kalau beruntung juga type VGA-nya sekalian. Untuk VGA onboard biasanya driver tersebut 1 paket dengan driver chipset mobo kamu. Tentu saja semua hardware yang ada di komputer kamu akan bekerja dengan adanya driver.php 3.jotti.com/ atau http://virusscan. Coba saja kamu cari vendor-nya seperti langkah diatas.virustotal. Untuk meyakinkan kalau file yang kamu download tidak bersisi virus kamu bisa melakukan online scan di http://www. Kamu bisa donlod CPU-Z di sini http://www. misal kamu mencari driver untuk chipset Intel maka kamu harus usahakan agar mencari di website Intel.org semoga membantu .cpuid.2.com/cpuz.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful