P. 1
Analisis sirkumsisI

Analisis sirkumsisI

|Views: 813|Likes:
Published by A Pink

More info:

Published by: A Pink on Sep 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/30/2013

pdf

text

original

ANALISIS ARTIKEL PRAKTIK SUNAT PEREMPUAN DI KAWASAN AFRIKA Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Kesehatan Reproduksi

Oleh Syahvira S. 072110101039

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS JEMBER 2009

23 juta perempuan Ethiopia. sakit saat melahirkan. . 11:44 WIB Kompas Cyber Media. Fauziya Kasinga (17). sehingga sering membuat mereka kehabisan darah. Ia minta suaka di Amerika Serikat. Afrika. 24 juta perempuan Mesir. pelaksanaan sunat untuk perempuan. di daerah tertentu di luar Jawa.. gunting. Misalnya. beberapa tahun lalu. Di kawasan Afrika.. Tujuan utamanya mengontrol dorongan seksual perempuan. di beberapa negara. sepotong kunyit diruncingkan kemudian ditorehkan pada klitoris anak.dengan dua istri terdahulunya. kotoran yang menempel pada klitoris dapat membuat libido seks perempuan tak terkendali. tak sedikit yang mempraktikkan infibulasi. Sakitkah rasanya? Sudah pasti. Kasinga lari karena suaminya --yang lebih tua dua kali usianya-. 04 Maret 2004. Ada anggapan. sunat pada perempuan dilakukan dengan benar-benar memotong bagian genital perempuan. Padahal. infertil. dan jarum jahit. dan 12 juta perempuan Sudan. Bahkan. terkena penyakit pembengkakan. ZRP Praktik sunat perempuan sudah begitu berurat berakar pada sekelompok masyarakat tertentu. dengan sangat terpaksa telah menjalani sunat ini. Di Indonesia.Artikel Kesehatan Reproduksi SUNAT Perempuan? Jangan Deh. tidak bisa mengontrol kencingnya. infeksi. dilakukan secara simbolis tanpa menyakiti fisik perempuan bersangkutan. dan tidak bisa menikmati hubungan seksual. praktik tersebut tidak hanya membahayakan kesehatan perempuan tetapi juga merupakan "penyiksaan" secara fisik dan psikis seksual pada mereka. tak sedikit yang melukai alat kelamin bagian dalam memakai pisau. karena tidak mau disunat. Bahkan. Kamis. Menurut perkiraan PBB. sekitar 28 juta perempuan Nigeria. Namun. akan melakukan upacara sunat untuk dirinya sebagai pengantin baru. ada yang menggunakan batu permata yang digosokkan ke bagian tertentu klitoris anak. Seorang perempuan asal Togo. bahkan nekad lari dari negaranya. yaitu praktik memotong klitoris serta menjahit tepi-tepinya dengan menyisakan sedikit lubang untuk buang air dan haid.

tidak ada alasan yang dapat membenarkan praktik sunat perempuan. Isinya antara lain." kata Menteri Dalam Negeri Inggris David Blunkett. tidak ada bukti medis yang membenarkan libido seks perempuan bisa tak terkendali lantaran tak disunat.mengatakan pada titik itulah sebenarnya . Sejauh ini. setidaknya 74. Disamping itu. PBB meluncurkan kampanye zero tolerance atas praktik sunat perempuan. seolah ada kecurigaan atas seksualitas perempuan yang bahkan sejak bayi pun telah dituduh memiliki kecenderungan seks tak terkendali. dan agama. Biasanya dilakukan pada saat anak perempuan berusia 13 tahun. disamping negara-negara seperti Somalia. Apabila ketentuan ini dilanggar ancaman hukumannya bisa mencapai 14 tahun. Alangkah baiknya kita berkaca pada Inggris yang mengeluarkan peraturan "Female Genital Mutilation Act". Indonesia adem-ayem saja. maupun kultural.000 wanita dari generasi pertama imigran Afrika di Inggris telah menjalani sunat. ada juga alasan kebersihan dan mencegah perempuan mengumbar nafsu seksualnya." lanjut Blunkett. kadang dilakukan pada bayi yang baru lahir atau perempuan muda sebelum menikah dan hamil. praktik ini tidak dapat diterima dan dinyatakan melanggar hukum dimana pun Anda melakukannya. Yaman dan Malaysia. "Tindakan mutilasi terhadap alat kelamin perempuan sangat berbahaya. Menurut perkiraan para ahli. melarang orangtua membawa anak perempuannya ke luar negeri untuk menjalani sunat. Selain alasan tradisi. dan sudah dinyatakan ilegal di negara ini. Padahal. Wow! Peraturan ini dikeluarkan karena sekelompok etnik tertentu di Inggris berusaha menghindari larangan sunat perempuan dengan membawa anak perempuannya ke luar negeri untuk disunat. Lies Marcoes Natsir -pemerhati isu kesehatan reproduksi dan pernah melakukan penelitian praktik sunat perempuan di Indonesia-. Itu tindakan yang menimbulkan kesakitan dan penderitaan luar biasa. Indonesia termasuk negara yang masih mempraktikkan sunat perempuan. Etiopia. "Secara medis.Kalau awal Januari 2003." "Apapun latar belakang budaya Anda. Tetapi. Dalam tulisannya di Kompas beberapa waktu lalu.

Berdasarkan sejumlah penelitian. praktik sunat perempuan di Indonesia dilakukan sejumlah keluarga Jawa di daerah Madura dan Yogyakarta. Sumber: http://202. praktik ini dilakukan pula di wilayah Jawa Barat.5.33/kesehatan/news/0403/04/115051.146. Jakarta. Sumatera.htm . dan Sulawesi (zrp/BBC/PIK). Selain itu.masyarakat Indonesia wajib menolak praktik sunat perempuan dan karena itu negara wajib mempertimbangkan kembali adem-ayemnya terhadap praktik sunat perempuan ini.

Ada yang pro dan ada yang kontra terutama setelah beredarnya surat edaran tentang larangan medikalisasi sunat perempuan bagi petugas kesehatan nomor : HK.07. sehingga harus dilarang (Munir. Bahkan. mulai sejak dini harus menjaga kesehatan reproduksi masing-masing baik pria maupun wanita. mental maupun sosial yang berkaitan dengan sistem reproduksi (Anonim. Kesehatan reproduksi adalah keadaan sehat secara fisik. sunat pada perempuan dilakukan dengan benar-benar memotong bagian genital perempuan. yaitu praktik memotong klitoris serta menjahit tepi-tepinya dengan menyisakan sedikit lubang untuk buang air dan haid (Chae.ANALISIS ARTIKEL Alat reproduksi manusia adalah alat-alat atau organ-organ dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk proses reproduksi atau berkembang biak. dan tidak bisa menikmati hubungan seksual. Tanda kematangan alat reproduksi pada wanita ditandai dengan haid yang pertama (menarche). Pemotongan klitoris perempuan di Afrika sebuah fenomena yang dilatarbelakangi oleh pemahaman bahwa perempuan adalah sumber godaan syahwat bagi kaum laki-laki sehingga ada anggapan jika bagian klitoris wanita disunat akan menurunkan kadar libido perempuan dengan begitu perempuan tidak mempunyai nafsu birahi untuk menggoda laki-laki. Di kawasan Afrika. Permasalahan khitan wanita saat ini menjadi perdebatan di kalangan medis dan masyarakat. 2007). terkena penyakit pembengkakan.1. Salah satu upaya menjaga kesehatan reproduksi bagi pria adalah dengan melaksanakan ritual khitan yang telah lazim dilakukan oleh masyarakat muslim.3. Salah satunya diketahui pelaksanaannya di Negara Afrika. tetapi juga kepada wanita.1047a tanggal 20 April 2006. di beberapa negara. 2005). infertil. Tanda kematangan alat reproduksi pada pria ditandai dengan keluarnya air mani (ejakulasi) yang pertama yaitu pada saat mimpi basah. tidak sedikit yang mempraktikkan infibulasi. sehingga sering membuat mereka kehabisan darah. Oleh karena itu. 2008). Dimana di dalam surat tersebut disebutkan bahwa khitan terhadap wanita merupakan praktek perusakan alat kelamin perempuan.00. . infeksi. Khitan dalam Islam tidak hanya dilakukan pada laki-laki. sakit saat melahirkan. tidak bisa mengontrol kencingnya.

Amerika Serikat). Sirkumsisi adalah tindakan medis berupa pembuangan sebagian atau seluruh bagian dari preputium (prepuce. Sirkumsisi (Khitan atau Sunat) Sunat atau khitan atau sirkumsisi (Inggris: circumcision) adalah tindakan memotong atau menghilangkan sebagian atau seluruh kulit penutup depan penis atau preputium. misalnya Islam dan Yahudi.3 . namun menjadi topik kontroversi hangat sejak sekitar 20-an tahun lalu. Tujuannya adalah agar saat ereksi tidak nyeri. kulit yang melingkupi glans penis/kepala penis) (Anonim. Sirkumsisi memiliki riwayat panjang. kulup. Saat dilakukan sirkumsisi. karena ada kulit yang bersifat elastis (Anonim. Pelaksanaan sirkumsisi tidak lepas dalam hal pentingnya mengetahui berbagai organ reproduksi bagi perempuan maupun laki-laki.1. sunat berarti membuang kulit yang menutupi glans penis (kulit preputium). 2001). perempuan pun juga mengalami sirkumsisi meskipun tidak dipelajari sesuai standar yang benar sehingga penerapnnya di berbagai daerah berbeda-beda termasuk di Negara Afrika. 2007).5 cm dari lekukan kepala penis (sulcus coronarius) ke arah kepala penis . Secara medis. Sirkumsisi juga diharuskan dalam agama. bahkan sebelum masehi sudah ditemukan catatan prakteknya di Mesir. Sirkumsisi bertujuan untuk membersihkan dari berbagai kotoran penyebab penyakit yang mungkin melekat pada ujung penis yang masih ada preputiumnya. 2. Sirkumsisi atau sunat sudah dilakukan sejak jaman pra sejarah (Journal of Men’s Studies. Bahkan pada awalnya para pendeta Kristen pun juga melakukan sunat (Akbidyo. Praktek ini berlangsung terus sampai sekarang. kulit preputium dibuang menyisakan mukosa (lapisan bagian dalam kulit) sebanyak 0. .0. Karen tidak hanya laki-laki saja yang mengalami sirkumsisi. Sirkumsisi dan Kesehatan Reproduksi Seorang perempuan maupun laki-laki memiliki alat reproduksi yang berperan dalam melaksanakan fungsi reproduksinya masing-masing. foreskin. 2006).

d. b. ada 2 buah berada di dalam kantung pelir (scrotum). Rahim (uterus) berupa rongga yang terlindungi oleh beberapa lapisan otot dan selaput lendir. Saluran sperma (vas deferens). sebagai tempat lewatnya cairan mani yang mengandung sperma. berfungsi menghasilkan sperma. Batang kemaluan (penis). d. progresteron dll).2 Organ reproduksi laki-laki yang penting dalam proses reproduksi adalah : a. fungsinya tempat berjalannya sel telur setelah keluar dari ovarium (proses ovulasi) dan tempat pembuahan (konsepsi) atau bertemunya sel telur dan sperma. tetapi ditentukan oleh fungsinya yang ditandai dengan ereksi dan ejakulasi. Buah pelir (testis). e. . ukuran penis tidak/bukan merupakan faktor kesuburan. ejakulasi). fungsi menghasilkan sel telur. fungsinya sebagai alat kemih (mengeluarkan air kemih) dan alat reproduksi (sanggama. badan dan ekor. e. fungsinya tempat berkembangnya janin. c. Prostat dan beberapa kelenjar lainnya berfungsi menghasilkan cairan mani. Indung telur (ovarium). Bibir kemaluan (vulva) yang melindungi vagina.1 Organ reproduksi perempuan yang penting dalam proses reproduksi adalah : a. bentuk/ morfologi sperma sangat mempengaruhi proses reproduksi/ kesuburan seseorang. 2008). Saluran telur (tuba falopii). 2008). b. 2. c. (Winastri. sebagai tempat berjalannya sperma dari testis ke prostat. sperma berbentuk seperti kecebong yang memiliki kepala.2. hormon-hormon (estrogen. dinding rahim yang menebal dan berisi pembuluh darah akan keluar sebagai menstruasi. Liang kemaluan (vagina). Uretra (saluran kemih). (Winastri. digunakan untuk sanggama dan jalan lahir bayi.

Preputium dapat menjadi tempat berkumpulnya sisa-sisa air seni dan kotoran lain yang membentuk zat berwarna putih disebut smegma. Sirkumsisi dapat dilakukan dengan cara tradisional dan medis. yaitu pertama mengiris kulit di bagian punggung penis (dorsumsisi). pada masa tua lebih mudah merawat bagian tersebut dan secara seksualitas lebih menguntungkan (lebih bersih.Secara medis dikatakan bahwa sunat sangat menguntungkan bagi kesehatan. Dan menurut ajaran agama Islam. Dalam dunia kedokteran. ada beberapa langkah yang dilakukan ketika melakukan sunat. 2009). Kedua. Hal ini dilakukan untuk mengeluarkan ujung bagian dalam penis. paraphimosis.1 Definisi Khitan bagi laki-laki adalah memotong semua kulup (kulit) yang menutupi ujung zakar (Anonim. 3. ini sangat potensial sebagai sumber infeksi. Selain itu sirkumsisi juga dapat mencegah penyakit seperti phimosis. Dari sisi medis sunat sangat bermanfaat karena kebersihan penis menjadi lebih terjaga. Phimosis adalah gangguan atau kelainan pada kulup. 2008). tumor ganas dan praganas pada daerah kelamin pria. sehingga tidak dapat ditarik ke arah belakang untuk mengeluarkan batang penis. Sirkumsisi pada Pria Pada laki-laki sunat dilakukan dengan cara membuang kulit/ preputium. sirkumsisi bahkan sangat dianjurkan. candidiasis. infeksi saluran kemih. termasuk HIV/AIDS dan juga mencegah penularan human papilloma virus. terhindar dari ejakulasi dini) (Akbidyo. Banyak penelitian kemudian membuktikan (evidence based medicine) bahwa sunat dapat mengurangi risiko kanker penis. 3. dan mencegah penularan berbagai penyakit menular seksual. mengiris kulit kulup yang mengelilingi penis . Pria yang di sunat lebih higienis. tidak mudah lecet/ iritasi. Kemudian candidiasis merupakan sejenis penyakit infeksi pada kulit yang disebabkan oleh jamur jenis Candida. Walaupun tetap kebersihan penis harus dijaga (Winastri. Dengan membuang kulit/preputium maka risiko terkena infeksi dan penyakit lain menjadi lebih kecil. 2007). Dalam beberapa suku bangsa hal ini merupakan bagian dari budaya.

Setelah itu. preputium ditarik. metode yang tidak dilakukan adanya pemotongan kulup. 2007). metode ini merupakan metode sunat paling canggih yang berhasil dikembangkan hingga saat ini. Walaupun demikian kulit harus tetap dijahit supaya penyembuhan sempurna. Ujung penis hanya diikat erat sehingga bentuknya mirip lonceng. sunat selesai. b) Metode cincin yang dicetuskan oleh oleh dr. merupakan metode yang lebih cocok dilakukan untuk balita atau anak yang memiliki pembuluh darah pada kulup lebih kecil dari ukuran normal (Akbidyo. e) Metode laser CO2. Sofin. Yogyakarta. masih ada banyak cara untuk menyunat. penis menjadi terbuka. ujung kulup dilebarkan. 2007). 3. d) Metode lonceng. perhatikan potongan kulit yang dibuang. 2007). lalu ditahan agar tetap meregang dengan cara memasang semacam cincin dari karet. dan dijepit dengan klem. ujung kulup akan menghitam dan terlepas dengan sendirinya.kulit telah terpotong dan tersambung dengan baik. dan sudah dipatenkan sejak tahun 2001. Namun cara ini mengandung risiko terjadinya perdarahan dan infeksi. tanpa setetes darah pun keluar. Setelah disuntik kebal (anaestesi lokal). 2007). sekitar dua minggu (Akbidyo. Dalam 10-15 menit. 2007). lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada.2 Beberapa Cara Dalam Sirkumsisi pada Laki-laki Selain cara klasik di atas. Prosesnya cukup singkat sekitar 3-5 menit (Akbidyo. Biasanya. Di antaranya adalah : a) Cara kuno dengan menggunakan sebilah bambu tajam. Laser CO2 digunakan untuk memotong kulit yang berlebih. Hanya saja metode ini waktu yang cukup lama. Setelah itu dokter akan menjahit luka irisan agar penyembuhannya berlangsung cepat dan tidak timbul komplikasi (Akbidyo. Pada metode ini.(sirkumsisi). Sehingga. Cara sirkumsisi seperti ini cocok untuk anak pra-pubertal. .Setelah klem dilepas. 2007). jaringan akan mati dan terlepas dengan sendirinya dari jaringan sehat. c) Metode mangkuk. bila tidak dilakukan dengan steril (Akbidyo. Untuk sunat dewasa caranya akan sedikit berbeda (Akbidyo.

3. 2007). yaitu : . Istilah sirkumsisi yang bermakna cutting around secara spesifik prosedur medis pemotongan alat kelamin laki-laki yang dilakukan sunat laki-laki.3 Beberapa Manfaat Sirkumsisi bagi Pria Ditinjau dari sudut kesehatan. Orang yang tidak disunat. WHO mengklasifikasikan bentuk FGC dalam 4 tipe. Penis yang disunat kulitnya akan memiliki tipe sel yang lebih tahan terhadap penetrasi virus HIV. Penggunaan istilah sendiri masih seringkali diperdebatkan. Penelitian menunjukkan bahwa sunat tidak hanya melindungi pria dari terkena HIV/AIDS. Sirkumsisi pada Wanita Sunat perempuan di Indonesia mengacu pada sunat lak-laki. kesempatan virus HIV masuk ke tubuh akan berkurang sehingga risiko terkena infeksi HIV/AIDS juga menurun (Akbidyo. di ujung penisnya akan menumpuk kotoran (smegma). (PdPersi. 2007). tetapi mengurangi penularan dari pria positif HIV/AIDS ke wanita yang negatif HIV/AIDS (Akbidyo. Mencegah kanker penis. dapat mengiritasi jaringan sekitarnya. antara lain: 1. 4. 2007). 2007). Sedangkan istilah secara internasional adalah Female Genital Mutilation (FGM) atau Female Genital Cutting (FGC). dikenal juga dengan istilah sirkumsisi atau khitan perempuan.1 Definisi dan Klasifikasi WHO mendefinisikan Female Genital Cutting (FGC) sebagai semua tindakan/prosedur yang meliputi pengangkatan sebagian atau total dari organ genitalia eksterna perempuan atau bentuk perlukaan lain terhadap organ geneti talia perempuan dengan alasan budaya. Tindakan bedah transeksual tidak termasuk dalam hal ini. 4. atau alasan non medis lainnya. ada beberapa manfaat sunat atau sirkumsisi. Dengan demikian. Iritasi yang berlangsung terus menerus (kronis) dapat mengubah sel menjadi sel kanker (Akbidyo. Jika smegma ini tidak atau jarang dibersihkan. 2.

agar darah saat menstruasi dan urine tetap bisa keluar. dari mulai neonatus. hingga dewasa (PdPersi. atau insisi klitoris dan atau labia. Sudan. yaitu eksisi sebagian atau seluruh bagian genitalia eksterna dan penjahitan untuk menyempitkan mulut vulva. tipe yang lebih ekstensif dari tipe I.2 Pelaksanaan Sunat Perempuan Pelaksanaan sunat perempuan sangat bervariasi. Penyempitan vulva dilakukan dengan hanya menyisakan lubang sebesar diameter pensil. dukun bayi. kauterisasi klitoris dan jaringan sekitarnya. Setelah eksisi. . Afrika Timur. remaja. bidan. 4. Tipe I : Clitoridotomy. Pelaksanaan bisa dengan atau tanpa anestesi. jarum. sembilu. Tipe II : Clitoridectomy. Infibulasi sebagai tipe terberat dari FGC digambarkan dilaksanakan dengan cara eksisi vulva dengan dinding musculus dari pubis ke anus. dengan meninggalkan lubang kecil di vulva. mulai dari tenaga medis (baik perawat. menipis dan atau menyempit. 3. 2007). tindakan ini dilakukan pada usia antara dua sampai enam tahun. 2007). 2. maupun dukun/tukang sunat. termasuk di sini adalah menusuk dengan jarum baik di permukaan saja ataupun sampai menembus. dan Peninsula (PdPersi. 2007). Di Amerika Serikat dan beberapa Negara barat lain. meregankan (stretching) klitoris dan atau vagina. kuku) hingga alat moderen (gunting. kaca. yaitu eksisi dari permukaan (prepuce) klitoris. clitoridotomy lebih banyak dilakukan pada wanita dewasa dibandingkan pada anak-anak. Mesir.1. anak usia 6-10 tahun. Usia pelaksanaan FGC bervariasi. serta berbagai macam tindakan yang sesuai dengan definisi FGC di atas (PdPersi. Banyak dilakukan di Negara-negara bagian Afrika Sahara. Di sebagian Negara Afrika di mana FGC tipe infibulasi banyak dilakukan. scapula). yaitu eksisi sebagian atau total dari labia minora. Merupakan tipe terberat dari FGC (PdPersi. menggores jaringan sekitar introitus vagina (angurya cuts) atau memotong vagina (gishiri cut). memasukkan benda korosif atau tumbuh-tumbuhan agar vagina mengeluarkan darah. dengan menggunakan alat-alat tradisional (pisau. 2007). dengan atau tanpa eksisi sebagian atau seluruh klitoris (PdPersi. 4. bamboo. maupun dokter). Tipe III: Infibulasi/Pharaonic Circumcision/Khitan Ala Fir?aun. Tipe IV: Tidak terklasifikasi. kedua sisi labia mayora dijahit disatukan. 2007).

Secara umum. sunat perempuan pada etnis Bugis. lebih identik dengan ritualisasi akil balik perempuan. dengan menggunakan alat-alat tradisional ataupun alat modern (PdPersi. sunat perempuan yang di kenal dengan istilah tetesan sebagian dilakukan oleh dukun bayi dengan cara menempelkan/menggosokkan kunyit klitoris. tetap harus ada darah dari klitoris atau labia minora. Di Sulawesi Selatan. Semua tindakan itu dilakukan tanpa anastesi (PdPersi. Di Yogyakarta. di Jawa dan Madura memotong sedikit ujung klitoris adalah cara yang paling banyak dilakukan. Umumnya sunat perempuan dilakukan pada bayi setelah dilahirkan. Di jawa dan Madura. sunat perempuan 70% dilaksanakan pada usia kurang dari satu tahun dan sebagian pada usia 7-9 tahun. menandai masa menjelang dewasa. tergantung dari budaya setempat. Praktik sunat perempuan di Indonesia sering diminimalkan hanya pada tindakan simbolik. Pelaksanaannya juga sangat bervariasi. 2007). dukun bayi. 2007). Sedangkan etnis Makasar (disebut katang) melakukannya dengan cara memotong ujung kelentit menggunakan pisau. kayu manis. dilakukan dengan cara memotong sedikit klitoris. Kedua kaki wanita diikat selama sekitar dua minggu untuk mempercepat proses penyembuhan. tanap pemotongan yang sesungguhnya pada alat kelamin. dan cengkih. 2007). Penelitian menunjukkan bahwa sunat perempuan di Indonesia sendiri dilakukan pada anak usia 0-18 tahun. kemudian kunyit tersebut dipotong sedikit ujungnya. mulai dari tenaga medis. dan diikuti dengan acara adat (PdPersi. di Soppeng (disebut katte). selain cara simbolik (PdPersi. dan potongan tersebut dibuang ke laut atau dipendam di tanah. Walaupun ada juga dukun bayi di Madura yang berpendapat bahwa walaupun sedikit. . maupun tukang sunat. Kadang juga hanya dengan mengusap atau membersihkan bagian klitoris dan sekitarnya. Rata-rata dilakukan pada usia 7-10 tahun. Kedua potongan tersebut kemudian dimasukkan ke suatu wadah yang berisi parutan kelapa. biji pala.Penyembuhan luka dan pembentukan scar akan menyatukan kedua permukaan labia. 2007). gula. Sang Dukun (sanro) sebelumnya juga memotong jengger ayam. istri kyai (nyai).

2. Agama Dianggap sebagai perintah agama. Dalam agama Islam sendiri. 2007). menghilangkan hambatan atau kesialan bawaan. Terdapat juga pendapat sebaliknya yang yakin bahwa sunat perempuan akan meningkatkan libido sehingga akan lebih menyenangkan suami. yaitu simbolik (tanpa pemotongan/perlukaan sesungguhnya) yang meliputi 28% kasus dan sisanya 72% yang memang dilakukan insisi serta eksisi (PdPersi. perekat sosial.3 Alasan Pelaksanaan Sunat Perempuan WHO membedakan alasan pelaksanaan FGC menjadi 5 kelompok. yang tidak terkait dengan agama. 3. jadi sunat dilakukan untuk meningkatkan kebersihan dan keindahan. dan pendapat bahwa sunat perempuan adalah murni tradisi. . menjaga kesucian dan keperawanan sebelum menikah. Sosiologi Melanjutkan tradisi. Mitos Meningkatkan kesuburan dan daya tahan anak. masa peralihan pubertas atau wanita dewasa. Di Eropa dan Amerika. lebih terhormat. 2007). Hygiene dan estetik Organ genitalia eksternal dianggap kotor dan tidak bagus bentuknya. kesetiaan sebagai istri. FGC dilakukan dengan tujuan untuk menjamin kebersihan dan menambah kecantikan. dan meningkatkan kepuasan seksual bagi laki-laki. Sedangkan di Afrika dan Negara-negara Timur Tengah. Penelitian di Indonesia menunjukkan bahwa sebagian besar sunat perempuan di kaitkan dengan tradisi/adat dan perintah agama. yaitu yang berpendapat sebagai sunah (dianjurkan). 4. 5. 4.Hasil penelitian Population Council di Indonesia menyebutkan bahwa pelaksanaan FGC terbagi menjadi dua bentuk. pendapat tentang pelaksanaan sunat perempuan terbagi menjadi 3. terutama agama Islam. sunat perempuan pernah dipraktikkan sebagai terapi pada penyakit jiwa. yaitu : 1. agar ibadah lebih diterima. (PdPersi. Psikoseksual Diharapkan pemotongan klitoris akan mengurangi libido pada perempuan. wajib (harus dilaksanakan). mengurangi/menghentikan masturbasi.

syok (kesakitan karena tanpa anestesi atau perdarahan). Kauterisasi elektrik klitoris bisa berpengaruh pada psikis yang menghilangkan keinginan untuk masturbasi (PdPersi.4 Dampaknya Terhadap Kesehatan Fisik dan Psikis Komplikasi yang bisa segera terjadi adalah nyeri berat. sepsis. dengan alasan perintah agama. menstruasi. keloid. seperti HIV dan hepatitis (PdPersi. disfungsi seksual. 2007). 2007). perdarahan. ulserasi pada daerah genital. Hal ini berdasarkan pada penelitian yang dilakukan pada wanita yang pernah disunat di enam Negara Afrika. risiko infeksi dan perdarahan meningkat secara bermakna. Infibulasi seringkali menimbulkan kesulitan dalam hubungan seksual sehingga dibutuhkan pembukaan jaitan untuk melebarkan introitus vagina. Komplikasi jangka panjang yang dilaporkan terjadi adalah kista dan abses. infeksi saluran kemih. recurrent bladder. tetanus. retensi urine. dapat menjadi sumber infeksi dan media transmisi penularan penyakit. kesulitan dan gangguan miksi. 2007). karena justru sunat perempuan dilakukan dengan lebih ekstra hati-hati dan dengan luka minimal jika dibandingkan dengan sunat laki-laki (PdPersi. serta infertilitas. dan perlukaan pada jaringan sekitarnya. dan sebagian besar wanita dengan infibulasi membutuhkan section Caesaria untuk melahirkan dengan aman (PdPersi. Penggunaan alat bersama untuk beberapa orang tanpa sterilisasi sesuai prosedur. Episotomi yang luas dan dalam diperlukan pada waktu melahirkan pervaginam. Perdarahan massif dan infeksi bisa menjadi penyebab kematian. WHO telah memperingatkan tentang timbulnya peningkatan risiko kematian ibu dan bayi pada wanita yang disunat. Infibulasi bisa mengakibatkan bentuk scar yang berat. dispareni.Yayasan Assalam di Bandung secara rutin menyelenggarakan acara sunatan massal untuk perempuan (juga laki-laki). dan cronic morbidity (antara lain fistula vesico vaginal). . kerusakan uretra yang mengakibatkan inkontinentia urine. Disfungsi seksual dapat diakibatkan oleh dipaureni serta penurunan sensitivitas permanent akibat klitoridektomi dan infibulasi. 2007). Mereka menentang anggapan bahwa sunat perempuan melanggar Hak Asasi Manusia (HAM). 4. Selama melahirkan.

sehingga tidak terungkap dampak negatifsunat perempuan. Bagi masyarakat Madura. dapat timbul perasaan tidak sempurna. serta komplikasi kesehatan pendek maupun panjang. Hilangnya kepwecayaan dan rasa percaya diri dilaporkan sebagai efek serius yang bisa terjadi. 2007). serta muncul sebagai kilas balik yang sangat mengganggu. Penelitian Population Council di Indonesia juga tidak menjumpai dampak negative sunat perempuan yang dialami oleh perempuan yang disunat. Hanya dapatkan keluhan nyeri saat pelaksanaan sunat (PdPersi. ansietas. dianggap tidak perlu dirisaukan dan dibicarakan. Di Sulawesi Selatan juga tidak dijumpai laporan komplikasi akibat sunat perempuan (PdPersi. 4. sunat perempuan sudah dianggap tradisi turun temurun. tetapi tidak bisa mengungkapkan ketakutan dan penderitaannya secara terbuka. dan 50% lebih banyak anak meninggal dalam kandungan maupun lahir mati dibandingkan pada wanita yang tidak sunat (PdPersi. Banyak perempuan yang mengalami trauma dengan pengalaman FGM tersebut.yaitu didapatkan hasil bahwa 30% lebih banyak yang harus section caesaria.5 Medikalisasi Sunat Perempuan Medikalisasi artinya keterlibatan tenaga kesehatan dalam pelaksanaan sunat perempuan. baik dalam masalah penurunan libido. 2007). depresi. Tidak didapatkan keluhan psikologis maupun fisik perempuan yang mengalaminya ataupun anak perempuannya. 2007). Sunat perempuan mungkin menimbulkan suatu trauma yang akan selalu ada dalam kehidupan dan pikiran seorang wanita yang mengalaminya. dan frigiditas. Komplikasi psikologis dapat terpendam pada alam bawah sadar anak yang bisa menimbulkan gangguan perilaku. Hal ini mungkin dimaksudkan untuk risiko kesehatan . masalah reproduksi. sehingga efek samping yang terjadi tidak pernah dianggap sebagai hal yang serius. iritabilitas kronik. 66% lebih banyak bayi lahir yang harus diresusitasi. Hal-hal tersebut dapat mengakibatkan konflik dalam pernikahannya. Dalam jangka panjang. Yang berkembang justru sugesti tentang adanya peningkatan gairah seksual perempuan.

tenaga kesehatan biasanya berdasar pada warisan seniornya. ternyata secara medis terbukti memang memiliki nilai manfaat. atau bertanya dan mengamati sunat yang dilakukan oleh dukun bayi/sunat di daerah setempat. WHO secara konsisten dan jelas menyampaikan bahwa FGM dalam bentuk apapun tidak boleh dilakukan oleh tenaga kesehatan di manapun. dan kekerasan pada wanita berkaitan dengan penderitaan serta dampak yang timbul. Tidak ada standard dan prosedur tetap sunat perempuan secara medis. hal ini pun ternyata dianggap menjadi berbahaya dan bertentangan dengan etika dasar kesehatan (PdPersi.dibandingkan jika dikerjakan oleh dukun bayi atau tukang suant tanpa pengetahuan kesehatan yang adekuat. dimana latar belakang pelaksanaan awalnya adalah agama. Kesimpulan dan Saran Berbeda dengan suat laki-laki. Berbagai pihak juga menganggap sunat perempuan bertentangan dengan hak asasi manusia terkait dengna tidak adanya inform consent. Masyarakat akan lebih yakin dengan anggapan adanya dukungan dan legalitas oleh provider kesehatan (PdPersi. Menurut WHO. Medikasi tidak menghilangkan bahaya yang ditimbulkan. FGM membahayakan dan tidak berguna bagi wanita. sunat perempuan termasuk bentuk penyiksaan (torture) sehingga dimasukkan dalam salah satu bentuk kekerasan pada wanita. Medikalisasi sunat perempuan juga cenderung akan mempertahankan tradisi ini. tekanan patriakal. WHO berdasar pada etika dasar kesehatan bahwa mutilasi tubuh yang tidak perlu tidak boleh di lakukan oleh tenaga kesehatan. termasuk rumah sakit dan sarana kesehatana lainnya. dan . Berbeda dengan sunat laki-laki. Tetapi. teknik pelaksanaan sunat perempuan tidak pernah diajarkan dalam pendidikan kesehatan. Jadi. walaupun dilakukan oleh tenaga medis. Terdapat juga bidan yang melakukan sunat perempuan sesuai kemauan orang tau si anak (misalnya harus ditusuk/dipotong sampai keluar darah) (PdPersi. baik simbolik maupun dengan insisi serta eksisi klitoris. 5. 2007). 2007). 2007).

banyak dijumpai bentuk simbolik sunat perempuan (tanpa pemotongan sesungguhnya) atau dengan pemotongan tipe 1 atau 4 FGM. sehingga bisa membatasi perbedaan yang ada secara lebih bijak. Mengingat di Indonesia terdapat begitu banyak organisasi keagamaan. mempersulit usaha meyakinkan masyarakat untuk meniadakan sunat perempuan di Indonesia. Yang perlu menjadi pertimbangan adalah bagaimana jika sunat perempuan di Indonesia diyakini sebagai salah satu bentuk ibadah atau perintah agama. sunat perempuan denagn latar belakang budaya dan agama justru dianggap bertentangan dengan kaidah atau etika medis dan tidak terdapat prosedur tetap teknik pelaksanaanya (PdPersi. Walaupun demikian. Hal yang sama juga terhadap masyarakat yang masih memegang kuat tradisi sunat perempuan sebagai budaya atau bahkan kombinasi antara agama dan budaya. yaitu tipe 2 dan 3 FGM yang meliputi sebagian besar dari organ genitalia eksternal wanita. baik ke tenaga kesehatan maupun masyarakat secara luas. 2007).terdapat teknik pelaksanaannya dalam pendidikan tenaga kesehatan. Perintah agama sering merupakan suatu dogma. 2007). Fakta bahwa hampir tidak pernah dijumpai laporan komplikasi akibat sunat perempuan di Indonesia. Sudan. 2007). yang banyak didapatkan bentuk berat. hal ini akan menjadi dilema bagi tenaga kesehatan yang berhadapan langsung dengan masyarakat (PdPersi. terutama Afrika. tentu tidak mudah untuk dihapuskan dan bisa menimbulkan polemik yang kuat. atau budaya malu dan takut untuk mengungkapkan (PdPersi. terlepas dari pertimbangan manfaat ataupun kerugiannya berdasarkan akal manusia. Kedua bentuk tersebut dilakukan baik oleh tenaga tradisional maupun tenaga kesehatan. Kebijakan tentang sunat perempuan semestinya dilakukan dengan pendekatan dua arah. Mesir. dan sebagainya. Pelaksanaan sunat perempuan di Indonesia tidak sama dengan gambaran pelaksanaan di Negara lain. Jika faktanya tetap ada masyarakat yang tetap mempunyai keyakinan untuk harus melaksanakan sunat perempuan dan mereka pergi ke tenaga kesehatan dengan harapan bisa dilaksanakan dengan lebih higienis dan aman dibandingkan oleh tenaga tradisional. sebenarnya ketiadaan laporan bisa disebabkan minimnya pengetahuan reproduksi wanita. Di Indonesia.Direktur Jenderal .

Amerika Latin. tertanggal 20 April 2006. Sedangkan istilah FGM lebih dekat dengan makna damaging. Disebutkan bahwa sunat perempuan dilakukan di 28 negara. serta sebagian kecil Negara di Asia. Pasifik. tetapi juga di berbagai Negara lain. adil. PPNI. sehingga melanggar akidah medis (PdPersi. dan PERINASIA) dan instansi terkait di bawah Depkes. baik secara medis maupun nonmdis. Amerika Utara. Hal ini merupakan salah satu bentuk konsistensi Indonesia dalam mendukung terlindungnya hak perempuan terhadap segala bentuk diskriminasi. . yang ternyata tidak sekadar tindakan simbolis. beberapa Negara Timur Tengah. World Health Organization (WHO) juga menggunakan istilah FGM. dianggap sebagai tindakan di luar prosedur medis dan mengganggu kesehatan reproduksi. tetapi dengan pemotongan yang sesungguhnya. POGI. Disebutkan bahwa prkatik perusakan alat kelamin perempuan disebabkan oleh adanya praktik sunat perempuan. Subat perempuan ini tidak hanya dikenal di Indonesia. tembusan juga diberikan kepada Menteri Pemberdayaan Perempuan RI dan Ketua Komnas Perempuan. dan Eropa (PdPersi. terbanyak dilakukan di sebagian besar Negara Afrika. IBI. Genital Cutting merupakan istilah yang dianggap paling netral karena mengindikasikan prosedur pemotongan genital yang bersifat umum. termasuk kekerasan. yang berisi larangan medikalisasi sunat perempuan bagi petugas kesehatan.Bina Kesehatan Masyarakat Departemen Kesehatan RI telah mengeluarkan kebijakan berupa surat edaran bagi organisasi profesi (IDI. khususnya di Negara bagian Afrika Sahara. 2007). IDAI. Istilah ini dianggap lebih bermakna politis dan seringkali digunakan sebagai alat advokasi aktivis hak-hak perempuan karena menekankan pada sisi negative dari FGM. baik bagi laki-laki maupun perempuan. baik oleh dukun maupun tenaga kesehatan. dan kondusif. 2007). Tetapi.

Anonim. Kebijakan Departemen Kesehatan Terhadap Medikalisasi Sunat Perempuan [Serial online] http://www. .com/doc/21913162/KESPRO (13 Desember 2009). Munir.2005.Kesehatan Reproduksi [Serial online] http://www.5.scribd. Circumsisi.com/2007/12/13/sirkumsisi/ (13 Desember 2009).2007.2004.33/kesehatan/news/0403/04/115051.id/cbprtl/common/stofriend. Anonim.2009. Anonim.html (13 Desember 2009). Pendalaman Materi Membantu Remaja Mengenali Dirinya [Serial online] http://www. Vitrie.com/2006/04/circumsisi-phimosis-dan-khitan.Sirkumsisi [Serial online] http://pikkr.Hukum dan Hikmah Khitan Wanita Menurut Hukum Islam [Serial online] http://www.cbn.2008.info/syariah/attachments/145_Akmal%20Munir.co.net.Organ Reproduksi Pria dan Masalahnya [Serial http://cyberman.com/doc/20899417/Pendalaman-Materi ( 13 Desember 2009).2007.scribd.aspx? x=Mens+Guide&y=Cyberman|0|0|6|927 (13 Desember 2009).uinsuska.146.2007.com/wanita-muslimah@yahoogroups.htm (11 Desember 2009).org/wiki/Sunat Desember 2009). Anonim.pdpersi. Abdul Akmal.DAFTAR PUSTAKA Akbidyo.id/? show=detailnews&kode=1002&tbl=biaswanita (13 Desember 2009). (13 Chae.2001.mailarchive. Winastri. phimosis dan khitan perempuan [Serial online] http://google.2001. online] Anonim. PdPersi.html (13 Desember 2009).wikipedia.Info Khitan/Sirkumsisi pada Wanita [Serial online] http://www.Sunat [Serial online] http://id.pdf (11 Desember 2009). dkk.Sunat Perempuan Jangan Deh [Serial online] http://202.com/info.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->