You are on page 1of 5

SALINAN

PUTUSAN
Nomor : 0356 /Pdt.G/2009/PA.Sda

DEMI KEADILAN BERDASARKAN KETUHANAN YANG MAHA ESA
Pengadilan Agama Sidoarjo yang memeriksa dan mengadili perkara tertentu pada
tingkat pertama telah menjatuhkan putusan sebagai berikut dalam perkara gugatan Hak
Hadlonah / pemeliharaan anak yang diajukan oleh :
PEMNGGUGAT ASLI, umur 36 tahun, agama Islam, pekerjaan karyawan salon,
tempat tinggal di Kabupaten Sidoarjo, selanjutnya disebut sebagai
PENGGUGAT;
MELAWAN
TERGUGAT ASLI, umur 38 tahun, agama Islam, PNS tempat tinggal di
Kabupaten Kraksaan, selanjutnya disebut sebagai TERGUGAT;
- Pengadilan Agama tersebut ;
- Telah mempelajari berkas perkara ini ;
- Telah mendengar keterangan Penggugat serta saksi–saksinya ;
TENTANG DUDUKNYA PERKARA
Menimbang, bahwa Penggugat telah mengajukan surat gugatannya tertanggal 13
Februari 2009 yang pada pokoknya mengemukakan hal–hal sebagai berikut :
1. Bahwa dahulu Penggugat dan Tergugat adalah suami istri yang perkawinannya putus
karena perceraian sesuai Putusan Pengadilan Agama Sidoarjo tanggal 19 April 2007
dan telah mendapatkan Akta Cerai Nomor : 729/AC/2007/PA.Sda;
2. Bahwa dalam perkawinannya dahulu antara Penggugat dan Tergugat telah dikaruniai
anak 2 orang, masing-masing bernama :
a. ANAK KANDUNG I, umur 11 tahun;
b. ANAK KANDUNG II, umur 7 tahun;
Bahwa anak yang bernama ANAK KANDUNG I sekarang ikut Tergugat sedangkan
anak yang bernama ANAK KANDUNG II sekarang ikut Penggugat;
3. Bahwa Penggugat ingin mengasuh anak kedua yang bernama ANAK KANDUNG II,
umur 7 tahun dikarenakan :

a.5. bahwa pada hari sidang yang telah ditentukan Penggugat hadir sendiri di persidangan. Foto Copy Akta cerai atas nama Penggugat dan Tergugat Nomor : 729/AC/2007/PA.Sda. .1) . dan kedua tertanggal 28 April 2009 Nomor : 0356/Pdt. untuk berkenan memanggil dan memeriksa Penggugat dan Tergugat. Sejak kecil sampai sekarang anak tersebut ikut Penggugat. 2. Foto copy surat keterangan Penduduk atas nama Penggugat yang dikeluarkan oleh Kepala Desa Tambaksawah Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo Nomor : 470/48/404. bahwa untuk menguatkan dalil–dalilnya Penggugat telah mengajukan bukti–bukti dan saksi–saksi sebagai berikut : 1.G/ 2009/PA.G/2009/PA. selanjutnya menjatuhkan putusan sebagai berikut : 1. Menimbang. Bahwa atas dasar alasan–alasan tersebut. bahwa Majelis Hakim telah berusaha mendamaikan dengan jalan menyuruh Penggugat bersabar dan mengurungkan niatnya akan tetapi tidak berhasil. Mengabulkan gugatan Penggugat. c.SDA tanggal 23 Mei 2007 (P. 3. Atau apabila Pengadilan berpendapat lain. b. sedangkan Tergugat tidak pernah hadir . yang dibacakan di persidangan telah dipanggil dengan patut.2) . mohon putusan yang seadil. akan tetapi Tergugat tidak pernah hadir meskipun telah dipanggil patut . kemudian dibacakan gugatan Penggugat yang isinya tetap dipertahankan oleh Penggugat .adilnya. Menimbang. Menetapkan bahwa anak yang bernama ANAK KANDUNG II umur 7 tahun. Menimbang. 2. Tergugat sekarang sudah menikah lagi dan tidak pernah mengurusi anak tersebut.6. Pengadilan Agama Sidoarjo telah memanggil Tergugat lewat surat panggilan ( relaas ) pertama tertanggal 13 Maret 2009 Nomor : 0356/Pdt. Anak tersebut belum mumayyiz (belum berumur 12 tahun).7/2009 tanggal 13 Februari 2009 (P. Menimbang. bahwa untuk memberikan kesempatan kepada Tergugat menanggapi gugatan Penggugat tersebut. Sejak kecil sampai sekarang ini anak tersebut Penggugat yang mengasuh dan merawatnya. dalam asuhan Penggugat (PENGGUGAT ASLI) . Penggugat mohon kepada Pengadilan Agama Sidoarjo.Sda. d. Membebankan kepada Penggugat untuk membayar biaya perkara ini sesuai dengan peraturan yang berlaku.

3. SAKSI II. Bahwa saksi mengetahui anak Penggugat dan Tergugat tersebut masih belum usia dewasa dan karena Tergugat tidak pernah menjenguk dan memberi nafkah kepada Penggugat dan Penggugat sekarang bekerja di salon sehingga mampu mengasuh anaknya . 2. Bahwa saksi kenal dengan Penggugat dan Tergugat karena saksi adalah ibu Penggugat . umur 30 tahun. . Foto copy Kutipan Akta Kelahiran atas nama ANAK KANDUNG II yang dikeluarkan oleh Kantor Catatan Sipil Kabupaten Probolinggo Nomor : 431/Ist/2003 tanggal 20 Maret 2003 (P. agama Islam. agama Islam. SAKSI I. bahwa di depan sidang dibawah sumpahnya saksi memberikan keterangan yang pada pokoknya adalah sebagai berikut : . bertempat tinggal di Kabupaten Sidoarjo. umur 54 tahun. . . Bahwa saksi mengetahui anak Penggugat dan Tergugat tersebut masih belum usia dewasa dan karena Tergugat tidak pernah menjenguk dan memberi nafkah kepada Penggugat dan Penggugat sekarang bekerja di salon sehingga mampu mengasuh anaknya . Menimbang. bahwa di depan sidang dibawah sumpahnya saksi memberikan keterangan yang pada pokoknya adalah sebagai berikut : . pekerjaan dagang.3) . Bahwa saksi mengetahui antara Penggugat dan Tergugat dahulu suami istri dan sekarang telah bercerai dan telah dikaruniaia dua anak . bertempat tinggal di Kabupaten Sidoarjo. . Menimbang. Bahwa saksi mengetahui antara Penggugat dan Tergugat dahulu suami istri dan sekarang telah bercerai dan telah dikaruniaia dua anak . Bahwa saksi kenal dengan Penggugat dan Tergugat karena saksi adalah adik Penggugat . bahwa disamping itu Penggugat juga telah mengajukan saksi–saksi yaitu : 1. . pekerjaan swasta. Menimbang.

bahwa untuk menyingkat uraian putusan ini ditunjuk segala hal yang tercatat dalam berita acara menyatakan bagian yang terpisahakan dengan putusan ini . maka Tergugat diberi hak untuk menjenguk . maka gugatan Penggugat tersebut dapat dikabulkan . Menimbang. Menimbang. TENTANG PERTIMBANGAN HUKUMNYA Menimbang. bahwa berdasarkan bukti P. Menimbang. bahwa yang menjadi pokok masalah dalam perkara ini adalah. mengirim nafkah untuk anak tersebut . Mengingat. bahwa Majelis Hakim telah menasehati Penggugat agar berdamai dengan Tergugat masalah pengasuhan anak tetapi tidak berhasil .7 tahun 1989 dan peraturan lainnya serta nas–nas syara’ yang berkaitan dengan perkara ini . bahwa Penggugat menyatakan telah mencukupkan keterangannya dan tidak akan mengajukan bukti lagi serta mohon keputusan . pasal 49 Undang–Undang No.2 Akta Ceri terbukti antara Penggugat dan Tergugat sudah bercerai . Menimbang. . bahwa maksud dan tujuan gugatan Penggugat adalah sebagaimana tersebut diatas . Menimbang. bahwa oleh karena perkara tersebut termasuk perkara dibidang perkawinan maka berdasarkan pasal 89 Undang–undang No. bahwa Penggugat sebagai ibunya. bahwa Penggugat menjelaskan tidak bermaksud memisahkan seorang anak tersebut kepada Tergugat akan tetapi Tergugat tidak pernah menjenguk. Menimbang. antara Penggugat dan Tergugat semula sebagai suami istri kemudian bercerai lalu Penggugat minta agar anak Penggugat dan Tergugat tersebut dapat diasuh oleh Penggugat atau ditetapkan Penggugat sebagai pemegang hak asuhnya atau hak hadlonahnya . Menimbang. bahwa Penggugat juga akan selalu berusaha untuk untuk mengasuh dan memlihara anak yang bernama ANAK KANDUNG II sampai anak tersebut dewasa.7 tahun 1989 seluruh biaya perkara ini harus dibebankan kepada Penggugat . Menimbang. Menimbang. oleh karena itu sesuai pasal 41 Undang–Undang nomor 1 tahun 1974 baik bapak / ibu tetap berkewajiban memelihara dan mendidik anak–anaknya semata–mata berdasarkan kepentingan anak tersebut.

BASUNI. H. Oleh kami Dra. M.000.000. bertepatan dengan tanggal 12 Shafar 1430 H. Demikian putusan ini dijatuhkan di Sidoarjo pada hari Rabu tanggal 18 Februari 2009 M. HINDASAH sebagai Hakim Ketua. S.H. serta didampingi FANROYEN ALI HAMKA. bahwa Tergugat telah dipanggil dengan patut untuk menghadap dipersidangan tidak hadir . S.- JUMLAH Rp. M. Pada hari itu juga putusan ini diucapkan dalam sidang terbuka untuk umum dengan dihadiri Penggugat tanpa hadirnya Tergugat. 30. M..- 4. S. Panggilan Rp.000. HINDASAH ttd 2. sebagai Panitera Pengganti. S. MUCHLAS NI’AM. 245. S. 286. 4 Menghukum kepada Penggugat untuk membayar biaya perkara ini sebesar Rp. SITI MU’AROFAH SA’ADAH.H.000. Meterai Rp.Hum . SITI MU’AROFAH SA’ADAH.H. Menyatakan.H. hak hadlonahnya ada pada Penggugat . Administrasi Rp. Mengabulkan gugatan Penggugat dengan Verstek .H Dra. Menetapkan anak Penggugat dan Tergugat bernama ANAK KANDUNG II umur 7 tahun.H. Salinan yang sama bunyinya Perincian Biaya Perkara : Panitera/Sekretaris 1..H.000. 6. Dra.(dua ratus delapan puluh enam ribu rupiah) .- 2.000.H. Panitera Pengganti ttd FANROYEN ALI HAMKA. 286. 5. MENGADILI 1. Hakim Anggota Hakim Ketua ttd ttd 1.H dan Dra.- 3. masing-masing sebagai Hakim Anggota. S. 3. 2. S. Redaksi Rp. didampingi H. BASUNI. H.