You are on page 1of 6

Rangkuman biologi kelas 2

SEL
Pengertian sel

Sel adalah kesatuan struktural kehidupan

Berdasarkan tipenya sel di bagi menjadi 2 yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik. Sel
prokariotik adalah sel tanpa membrane inti. Sedangkan sel eukariotik adalah sel yang
memiliki membran inti.

Struktur sel

1. Membran sel

Adalah membran yang yang membatasi isi sel. Terdiri dari dua rangkap yaitu
fosfolipiddan protein (lipoprotein). Membran sel bersifat semipermeabel yang
berfungsi mengatur pemasukan dan pengeluaran zat. Substansi yang melalui
membran plasma dapat ditranspor secara aktif dan pasif.

-Transpor aktif

Transpor aktif terjadi dari konsentrasi lebih rendah ke konsentrasi lebh tinggi. Ada
tiga tipe transport aktif yaitu :

•Pompa ion yaitu transpor ion melewati membran plasma yang melawan
gradient konsentrasi.

•Kotranspor yaitu transpor suatu zat yang mengaktifkan transport zat lain
melewati membran plasma.

•Endositosis dan eksositosis yaitu transpor makromolekul dengan membentuk
lipatan membran plasma.

-Transpor pasif

Transpor pasif adalah transpor ion yang tidak memerlukan energi untuk melewati
membran plasma. Transpor pasif ada 2 jenis yaitu :

•Osmosis yaitu perpindahan pelarut melalui membran selektif permeabel dari
konsentrasi pelarut yang tinggi menuju yang rendah.

1. Tipe RE yaitu : -Retikulum endoplasma kasar Disebut RE kasar karena pada permukaannya diselubungi oleh ribosom sehingga terlihat seperti helaian kertas pasir. -Nukleoplasma (cairan inti) yang tersusun dari protein. 1. . Dalam inti terdapat : -Nukleolus atau anak inti yang berfungsi mensintesis berbagai macam molekul RNA (asam ribonukleat) untuk perakitan ribosom. Nukleus Adalah inti sel yang terdiri dari lipoprotein. ion. Bersifat koloid yang terdiri dari cairan berupa air yang terdapat molekul kecil-kecil. cairan. Badan Golgi (aparatus golgi/golgi kompleks) Badan golgi dibangun oleh membran yang berbentuk tubulus dan juga vesikula. -Retikulum Endoplasma Halus Disebut RE halus karena pada permukaannya tidak ditempelin ribosom. RE halus memiliki enzim pada permukaan yang berfungsi untuk sintesis. Retikulum Endoplasma(RE) Adalah system perluasan membran-membran yang saling berhubungan dan berbentuk seperti tabung di dalam sitoplasma dan memiliki fungsi membantu gerakan substansi dari satu bagian sel kebagian lain. •Difusi yaitu proses pergerakan acak partikel-partikel gas. Organel-organel a. 1. a. dan sejumlah protein. dan larutan dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah hingga mencapai kesetimbangan. Sitoplasma Adalah cairan yang terdapat dalam sel tetapi diluar inti dan organel-organel sel. -Butiran kromatin yang berfingsi pada saat pembelahan sel untuk membentuk benang kromosom yang mengandung DNA yang berfungsi menyampaikan informasi genetika.

minyak. a. yaitu plastida berwarna putih yang berfungsi menyimpan amilum. 2.Fungsi badan golgi : 1. Enzim ini mengkatalis perombakan hydrogen peroksida. Peroksisom juga berperan dalam perubahan lemak menjadi karbohidrat. ribosom mengelompokmembentuk poliribosom atau polisoma. a. lipid. . yaitu plastida berwarna karena mengandung pigmen selain klorofil.Membentuk akrosom pada spermatozoa yang berisi enzim untuk memecah dinding sel telur. Pada saat sintesis protein. Glioksisom adalah organel yang hanya terdapat pada sel tumbuhan. fosfolipid. Ribosom Berbentuk bundar dan terdapat diseluruh sel hidup. -Leukoplas. Lisosom Berbentuk agak bulat dan dibatasi membran tunggal dan terbentuk dari ribosom yang dipenuhi protein. 4. 3. Plastida Plastida adalah organel sel yang terdapat pada sel tumbuhan yang membuat tumbuhan tersebut menjadi berwarna.Membentuk kantong (vesikula) untuk sekresi. dan protein. Badan mikro (peroksisom. dan protein.Membentuk dinding pada sel tumbuhan. asam nukleat. a. glioksisom) Peroksisom adalah organel sel yang berisi dengan enzim dan yang paling khas adalah katalase. berfungsi mengubah lemak menjadi gula yang sangat diperlukan untuk perkencambahan. Mitokondria Mitrokondria adalah organel untuk respirasi yang menghasilkan energi (ATP) a.Membentuk membran plasma. a. Karena itu lisosom memiliki peran dalam pencernaan intra sel. Lisosom memiliki enzim yang dapat memecahkan (mencerna) polisakarida. dan pembentukan lisosoma. Ada tiga macam plastida yaitu : -Kromoplas. Ribosom berfungsi dalam sintesis protein.

Mikrotubul berfungsi mengarahkan gerakan komponen-komponen sel. -Kloroplas. Sitoskeleton terdiri dari 3 jenis serabut yaitu : -Mikrofilamen atau filamen aktif Mikrofilamen adalah rantai ganda protein yang saling bertaut dan tipis. antosianin/ zat warna -Glukosa -Alkaloid -Gas a. Sitoskeleton Sitoskeleton adalah rangka penyusun sel. -Filamen antara Filamen antara adalah rantai molekul protein yang berbentuk untaian yang saling melilit. yaitu plastida berwarna hijau karena mengandung pigmen klorofil. -Menjadi kerangka sel. mempertahankan bentuk sel. -Membantu gerakan substansi dari satu bagian sel kebagian lain. yang berfungsi : -Memberikan kekuatan mekanik pada sel. a. Vakuola berisi antara lain : -Asam organik -Garam-garam kristal -Asam amino -Minyak asiri. dibatasi oleh selaput yang disebut tonoplasma. -Mikrotubul Mikrotubul adalah rantai rantai protein yang berbentuk spiral dan spiral ini membentuk tabung berlubang. . Vakuola Adalah organel sitoplasma yang berisi cairan. a. serta membantu dalam pembelahan secara mitosis. Sentriol Sentriol berfungsi dalam pembelah sel.

sedang pada Prokariot regulasi sintesis protein lebih sederhana. Eukariot memiliki intron dan ekson. berbentuk sirkuler. sedang pada Prokariot transkripsi dan translasi dapat terjadi secara simultan. Eukariot memiliki DNA yang lebih kompleks. 7. 5. perbedaan Sel Eukariot dan Prokariot 1. sedang prokariot tidak mempunyai inti yang sebenarnya. . Berfungsi untuk melindungi bagian- bagian sel. Dinding sel Dinding sel hanya terdapat pada sel tumbuhan. Pada Eukariot regulasi sintesis proteinnya lebih kompleks. Sel tumbuhan tidak memiliki sentriol. sedang Prokariot tidak memiliki intron. lebih banyak mengandung pasangan basa nukleotida. 8. sedang Prokariot memiliki DNA yang lebih sederhana. hanya ekson. Pada Eukariot transkripsi terjadi di inti dan translasi terjadi di sitoplasma. Persamaan dan Perbedaan Sel Tumbuhan dan Sel Hewan Tumbuhan memiliki bagian-bagian sel yang membedakan dengan sel hewan. sehingga harus digulung pada protein histon (ada histonnya). Pada Eukariot transkripsi lebih rumit dikarenakan akses RNA polymerase terhadap DNA lebih lamah akibat DNA dikemas secara kompak dengan protein histon. Eukariot mempunyai real nucleus krn materi inti dilingkupi oleh membran inti. 1. 2. prokariot ada operon. dan plastida. dan pada sel hewan vakuola yang dimilikinya berukuran kecil di banding dengan sel tumbuhan. Sedangkan sel hewan memiliki organel yang khas yaitu sentriol yang berfungsi pada saat pembelahan sel. Eukariot tidak memiliki operon. Keduanya tidak dapat dilakukan secara bersamaan. 4. selain itu pada sel hewan tidak memiliki dinding sel dan plastida. sedang Prokariot hanya memiliki kromosom tunggal. sedang pada Prokariot transkripsi terjadi lebih sederhana. 6. Ciri-ciri utama sel Tumbuhan yaitu adanya dinding sel (tersusun dari selulosa). materi inti tersebar dlm sitoplasma krn tdk mempunyai membran inti. Eukariot memiliki kromosom > 1. 3. lebih sedikit mengandung pasangan basa nukleotida. vakuola yang besar.