BERKOMUNIKASI DENGAN TELEPON

BERKOMUNIKASI DENGAN PESAWAT TELEPON

DILA NURWAHYUNI KS XII AP2 08

‡ Telepon merupakan alat untuk menyampaikan informasi secara lisan dari satu pihak kepada pihak lain dari jarak jauh.PENGERTIAN HUBUNGAN TELEPON ‡ Kata telepon berasal dari kata tele danphone yang berarti µjauh¶ dan µbunyi¶. ‡ Hubungan telepon adala cara mengadakan hubungan langsung dari jarak jauh untuk menyampaikan dan menerima pembicaraan melalui alat elektronik sdari satu pihak kepada pihak lain. baik dalamlingkungan kantor maupun luar kantor. .

PMBX (Private Manual Branch Exchange) Jenis pesawat ini tidak dapat memungkinkan kita dapat berhubungan langsung tanpa melalui operator. yang di dalamnya terdapat saklar-saklar dari instrumen lain yang berfungsi untuk menyampaikann informasi dari tempat satu ketempat lain. Loundspeaking Telephone (pelantang suara telepon) Alat ini digunakan untuk memperbesar atau memperkeras volume suara. Pesawat ini biasanya digunakan di lingkungan keluarga. maupun instansi tertentu. Telephone Answering Machine (mesin penjawab telepon) Alat ini dapat merekam/menjawab setiap pesan (berita) yang masuk.MACAM-MACAM PESAWAT TELEPON ‡ ‡ Intercom Dalam bahasa Inggris disebut intercomunication yang artinya komunikasi di dalam. ‡ ‡ ‡ ‡ . ‡ Switchboard (papan sambungan) Yaitu alat komunikasi yang terdiri dari papan panel yang lebar. Pesawat Telepon Salah satu jenis pesawat telepon adalah pesawat tunggal. PABX (Private Automatic Branch Excharge) Pesawat ini memungkinkan kita dapat berhubungan langsung tanpa melalui operator. organisasi.

dalam satu kota. Hubungan antarbagian (intern) Yaitu hubungan langsung antara bagian satu dengan yang lain dalam satu kantor. antarkota. 2. 3. Hubungan internasional (oversease call) Yaitu hubungan telepon langsung berjarak jauh dari seseorang atau organisasi disuatu negara dengan orang lainn atau organisasi negara yang lain.JENIS HUBUNGAN TELEPON 1. 4. Hubungan Lokal (setempat) Yaitu hubungan yang dilakukan oleh komunikator dengan komunikan dalam satu lingkup daerah tertentu. Hubungan Interlokal Yaitu hubungan telepon antara dua orang secara langsung dengan jarak jauh. atau antarpropinsi. . namunn tetap dalam satu negara.

Telepon Dinding (wallphone) Yaitu telepon yang diletakkan dan ditempatkan pada dinding. kapal. . 4. Telepon Mobil atau Telepon Genggam Yaitu telepon yang bisa dibawa kemana-mana oleh pemiliknya. 3. Telepon mobil. atau pesawat. 2. atau pesawat Yaitu telepon yang diletakkan pada moil. kapal.PELETAKAN PESAWAT TELEPON 1. Telepon Meja (tablephone) Yaitu telepon yang diletakkan dan ditempatkan diatas meja.

CARA KERJA TELEPON 1. Hubungan Langsung 3. Hubungan Langsung dengan SMS . Hubungan Melalui Operator 2.

tetapi langsung menyebutkan nama organisasi atau perusahaan tempat kita bekerja. Berusahalah untuk menanggapi maksud pembicaraan dengna cepat. Jangan mengucapkan kata-kata yang menyinggung perasaan. Akhiri pembicaraan dengan tepat. Jangan lupa mengucpkan terima kasih kembali. Berusahalah menjadi pendengar yang baik. Bersikaplah bijaksana dalam menanggapi telepon. Bersegerallah minta maaf jika membuat kesalahan-kesalahan pada waktu bertelepon. ‡ ‡ ‡ ‡ Berbicarallah dengan tempo yang tepat Catat hal-hal penting yang akan disampaikan. Jangan memulai pembicaraan hanya dengan ucapan kata halo. ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ . Jangan menggunakan pesawat telepon di tempat kerja untuk kepentingan pribadi atau terlalu lama berbicara dengan penelepon. Letakkan gagangg telepon dengn perahan. serta mengucapkan salam ketika mengakhiri pembicaraan.ETIKET BERTELEPON ‡ ‡ ‡ Jangan membiarkan telepon berdering terlalu lama.

hanya bunyi musik yang diperdengarkan. Berbicara dengan orang lain selagi berbicara di telepon. 2. Panggilan telepon disambungkan ke alamat yang salah berkalikali. Nada dan intonasi yang terkesan malas atau tak ramah. 9. 8. Nerbicara dengan nada kasar atau membentak. 4. Penelepon dibiarkan menunggu terlalu lama. Berbicara sambil memakan sesuatu atau mengunyah permen.HAL-HAL YANG HARUS DIHINDARI DALAM BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON 1. Berbicara terlalu berbasa basi. tanpa penjelasan. . 3. terutama kepada orang yang belum akrab. 5. Memakai bahasa informal. Berbicara dengan nada meremehkan. 6. 7.

Membberikan keterangan kepada penelepon tentang ketidakhadiran orang yang dicari secara singkat. dan mnyenenangkan. ‡ . Sekarang Bapak/Ibu dapat berbicara dengan Bapak/Ibu. Jika orang yang dicari atau diajak kbicara oleh si penelepon sedang keluar. . Ketika penelepon berbicara.Berusaha untuk mendaptkan keterangan selengkapnya tentang identitas penelepon. ucapkan: ³Terima kasih atas kesabaran menunggu Bapak/Ibu. ‡ ‡ ‡ Kadang-kadang penerima telepon harus menjawab telepon dengan kondisi atau keadaan yang bukan sebenarnya tentang kegiatan dan keadaan pimpinan. penerima telepon harus: . penerima telepon berbicara: ³ Maaf Anda telah salah sambung. Apabila penelepon bersedia menunggu sebelum disambungkan kepada yang dituju. Jika penelepom salah sambung. jawablah dengan lembut atau sopan. penerima telepon harus mendengarkan baik-baik dan jangan mengganggu pimpinan. di sini 74321117´ (identitas penerima telepon).MENCIPTAKAN KESAN YANG BAIK ‡ ‡ Jikaa penelepon ingin berbicara langsung dengan atsan perusahaan. tetapi tetap sopan. hati-hati.

MENCATAT PESAN ‡ Mencatat segala sesuatu yang diperlukan ‡ Memberikan keterangan yang lengkap dan jelas ‡ Menanyakan kepada penelapon nama dan nomor teleponnya. hal ini penting bila penerima telepon atau pimpinan ingin menelepon kembali ‡ Menghindari kesalahan-kesalahan isi pesan dari penelepon dengan cara menyebutkan kembli pesan tersebut ‡ Sampaikan pesan tersebut kepada yang berhak menerima .

THE END THANK YOU VERY MUCH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful