DOKUMEN RAHASIA

Jangan menyebarkan file ini tanpa seijin editor

SAMPLE HASIL LAPORAN AKHIR KULIAH KERJA (MAGANG)/KKM 2010

EDITOR BY : MUHAMMAD IQBAL TB. I NPM. 071000016

LAPORAN KULIAH KERJA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN TAHUN 2009 DI KANTOR DESA SARIMAHI KECAMATAN CPARAY
KABUPATEN BANDUNG

TENTANG PERKAWINAN DAN POLIGAMI DI DESA SARIMAHI
KECAMATAN CIPARAY Oleh :

Nama : ISI DENGAN NAMA ANDA Nomor Pokok : ISI DENGAN NPM ANDA Program Kekhususan : ISI DENGAN P.K ANDA

Dosen Pembimbing : Agus Mulyono S.H.,M.Hum

FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG
2009/2010

LEMBAR PENGESAHAN

Bandung, September 2009
Mengetahui

Pembimbing,

Kepala Desa Sarimahi

Agus Mulyono, S.H., M.Hum

O. Rosyidin. M

Kepala Pusat Pengelolaan Kuliah Kerja Fakultas Hukum Unpas Ketua Pelaksana,

N. Ike Kusmiati, S.H., M.Hum

M. Wr. kepada kakak penulis Doni Firman Somantri dan Dicky Bambang Setiaji serta adik penulis M.Hum . serta PetunjukNya pada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan Laporan Akhir Kegiatan Kuliah Kerja (Magang) ini sebagai salah satu syarat dalam memenuhi mata kuliah wajib semester VI I Fakultas Hukum Universitas Pasundan Bandung. Oleh karena itu. kritik dan saran yang sifatnya membangun kearah perbaikan dengan kesempurnaan penulisan Laporan Kegiatan Akhir ini sangat penulis harapkan. juga kepada Bapak Agus Mulyono. Rani Rahmania serta Dodi Rogandi dan Ai Rochayati.H. Wb Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Keempat Orang Tua penulis M. Laporan Akhir Kegiatan Kuliah Kerja (Magang) yang penulis tentukan adalah ³PERKAWINAN DAN POLIGAMI DI DESA SARIMAHI KECAMATAN CIPARAY´ Penulis dengan penuh kerendahan hati menyadari bahwa penyusunan Laporan Akhir Kegiatan Kuliah Kerja (Magang) ini masih belum sempurna.. hal ini dikarenakan keterbatasan kemampuan dan pengetahuan penulis dalam pembuatan Laporan Akhir Kegiatan ini. Karunia.KATA PENGANTAR Assalamu¶alaikum. S. dengan memanjatkan Puji dan Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat. Renaldy Sumarna. Sumarna dan Rd.

.. N. 2. Dewi Asri Yustia. Seluruh Dosen Fakultas Hukum Universitas Pasundan Bandung yang turut membantu dalam penulisan Laporan Akhir Kegiatan ini. M. 7.. M. M. Susanto.. Ike Kusmiati. 5.H. Hum selaku Ketua Pelaksana Kuliah Kerja (Magang) Fakultas Hukum Universitas Pasundan Bandung. selaku dosen wali. 8. S.. Pada kesempatan ini juga. 4. S. Deden Sumantr y. Dr. S. yang selalu memberi dukungan kepada penulis baik secara moril maupun materiil. Anthon F.H.H selaku Pembantu Dekan III Fakultas Hukum Universitas Pasundan Bandung. Hum.. M.sebagai dosen pembimbing selama penulis melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja (Magang) ini. Dedy Hernawan. Rosyidin. M.. S. S.H. H.H. Bapak O. S. M selaku Kepala Desa Sarimahi Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung beserta jajarannya yang selama kegiatan Kuliah Kerja (Magang) ini telah bersedia menerima dan membimbing penulis hingga mengetahui lebih jauh mengenai dunia pemerintahan di lingkungan Desa Sarimahi. Dr.Hum selaku Dekan Fakultas Hukum Universitas Pasundan Bandung.H..Hum selaku Pembantu Dekan I Fakultas Hukum Universitas Pasundan Bandung. 3. Rd. 6. Jaja Ahmad Jayus. penulis menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada yang terhormat : 1. M. Hum selaku Pembantu Dekan II Fakultas Hukum Universitas Pasundan Bandung.

9. Penulis berharap semoga Laporan Akhir Kegiatan Kuliah Kerja (Magang) ini dapat ber manfaat dan ber guna bagi mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pasundan Bandung khususnya dan masyarakat pada umumnya. Heri Nurjaya. 11. 10. Wb Bandung. Teman-temanku seperjuangan di Desa Sar imahi Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. yang telah membantu penulis dalam menyusun laporan magang di Desa Sarimahi Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung.H dan Dedy Erlangga yang telah membantu penulis dalam membuat laporan Magang. Terima kasih untuk saudara penulis Isa Ridwan yang r ela mengantarkan penulis ke tempat Kuliah Kerja (Magang). 12. yaitu Roery Ayu Mayangsari Riyadi. Terima kasih pada Gugi Abdurahman. Ilham Taufik. September 2009 Penulis ISI DENGAN NAMA ANDA 071000« . Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu yang telah membantu selama masa perkuliahan sampai akhirnya dapat menyelesaikan penulisan Laporan Akhir Kegiatan Kuliah Kerja (Magang) ini. Wr. Wassalamu¶alaikum. S. Riyon Armendi dan selur uh mahasiswa anggkatan 2006.

4 Metode Pelaksanaan Kegiatan......... BAB IV PENUTUP IV...................... 4 Manfaat Kegiatan............... E....................1 Kesimpulan. 3 Maksud dan Tujuan Kegiatan........... DAFTAR PUSTAKA«««««««««««««««««« ........ 26 27 IV....... B.. C..... Hal-hal Lain yang Perlu Dimuat 5 dalam Rencana Program Kerja««««««««««««««««. DAFTAR ISI««««««««««««««««««««« BAB I PENDAHULUAN i iv A.... 5 A................................................................... BAB II ABORSI DIPANDANG OLEH HUKUM PIDANA ISLAM 1 1 Latar Belakang................. D..................................... 11 BAB III PELAKSANAAN PROGRAM KERJA 15 7 7 Kerja««««««««.DAFTAR ISI Halaman KATA PENGANTAR«««««««««««««««««...................... LAMPIRAN v 26 ........................ Program Kerja di Lokasi Magang«««««««« 10 C..................................................................... .................. Kondisi Umum di Tempat B......... Sistematika Penulisan..............2 Saran......

Salah satu bagian dari pemeliharaan kesehatan adalah pelayanan kesehatan. Unsur utama kesejahteraan manusia adalah kesehatan sehingga pembangunan kesehatan harus dipandang sebagai suatu investasi untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. Hal : 25 . Kesehatan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia selain sandang. 2001. papan. Mandar Maju.BAB I PENDAHULUAN A. agar tidak terjadi konflik membutuhkan apa yang dikenal sebagai nilai kesehatan.1 1 Wila Chandrawila. pangan. lebih difokuskan pada pelayanan kesehatan individu dengan tentunya tidak melupakan pelayanan kesehatan masyarakat. manusia dalam hidupnya dengan manusia lainnya. Nilai ini dalam pelaksanaannya untuk dapat diwujudkan memerlukan pedoman. pedoman inilah yang dikenal sebagai kaidah atau norma. Hukum Kedokteran. Bandung. keinginan untuk mempertahankan hidup tersebut diwujudkan untuk mencapai kesejahteraan kehidupan yang optimal. Untuk memenuhi kebutuhan pokok kesehatan. Latar Belakang Manusia secara alamiah mempunyai keinginan untuk mempertahankan keberadaannya di muka bumi dengan mengelola sumber daya yang dimilikinya. dalam pelayanan kesehatan ini.

Mengaplikasikan secara langsung konsep ilmu hukum yang telah diperoleh mahasiswa di bangku kuliah agar dapat bermanfaat bagi masyarakat dan bagi mahasiswa itu sendiri. mahasiswa. praktek lapangan dan pengabdian masyarakat. baik itu dari kepala desa sebagai bagian dari aparat pemerintahan. . B. sehingga peningkatan kesehatan tersebut dapat langsung menyentuh lingkup masyarakat. sedangkan tujuan dilaksanakannya kegiatan Kuliah Ker ja (Magang) ini diantaranya : 1. Maksud dan Tujuan Kegiatan Maksud dilaksanakannya kegiatan Kuliah Kerja (Magang) ini adalah untuk memenuhi salah satu komponen mata kuliah yang harus dipenuhi oleh setiap mahasiswa tingkat akhir yang pelaksanaannya berupa magang. Kegiatan intr akulikuler Kuliah Kerja (Magang) tahun akademik 2009/2010 yang berlangsung selama dua minggu sejak tanggal 24 Agustus 2009 s/d 7 September 2009 ini memberikan kesempatan yang sangat besar untuk dapat langsung berbaur ke dalam lingkungan masyarakat khususnya di Desa Pakutandang. Kegiatan Kuliah Kerja (Magang) ini sangat bermanfaat untuk menghubungkan peran dari berbagai kalangan masyarakat dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat.Upaya peningkatan kesehatan ini diperlukan campur tangan dari berbagai pihak. maupun masyarakat itu sendiri karena kesehatan sebagai salah satu unsur kesejahter aan umum har us diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia.

Membantu menyosialisasikan hukum pada masyarakat di lingkungan Desa Pakutandang Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. sehingga tercipta keahlian dan profesionalisme dalam pengembangan karir. Membekali dan meningkatkan kemampuan bekerja sama diantara mahasiswa dalam menyelesaikan masalah-masalah hukum sehingga tujuan hukum dapat direalisasikan dalam kenyataan. 3. Memberikan suatu bentuk pengabdian masyarakat dengan mengaplikasikan ilmu yang selama ini dipelajari di bangku kuliah dengan kenyataan yang terjadi di masyarakat. Ikut serta dalam membangun warga Desa Pakutandang Kecamatan Ciparay agar ber wawasan hukum melalui penyuluhan hukum. C. Mengupayakan pengembangan ilmu hukum baik secara akademis maupun praktis. Manfaat ini akan ter capai secara optimal apabila ada kerjasama yang . 5. 4. Manfaat Kegiatan Pelaksanaan Kuliah Kerja (Magang) tidak menyebabkan proses perkuliahan mahasiswa peserta Kuliah Ker ja (Magang) ini terbengkalai.2. Adapun manfaat dari dilaksanakannya kegiatan Kuliah Kerja (Magang) ini diantaranya : 1. 2. Mendekatkan mahasiswa kepada masyarakat sebagai salah satu bentuk pengabdian masyarakat sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

4. serta warga masyarakat setempat. 3. Teknik pengumpulan data juga dilakukan terhadap data-data sekunder non hukum yang diperoleh melalui cara : 1. Teknik pengumpulan data dilakukan terhadap data primer hasil dari penelitian langsung dikombinasikan dengan data monografi Desa Pakutandang.baik antara para pihak yang terkait dengan pelaksanaan Kuliah Kerja (Magang) ini yaitu pihak perguruan tinggi. . pihak kecamatan dan desa. Metode Pelaksanaan Kegiatan Penulis menggunakan pendekatan yuridis-normatif yakni pendekatan atau penelitian hukum dengan menggunakan metode pendekatan/teori/konsep dan metode analisis yang termasuk dalam disiplin ilmu hukum dogmatis. D. Observasi dengan melakukan pengamatan langsung kepada pola kerja aparat pemerintahan daerah Desa Pakutandang. 2. mahasiswa. Browsing internet dalam rangka melengkapi data-data yang berhubungan dengan laporan ini. Studi kepustakaan dari beberapa sumber-sumber literatur terkait. Interview dengan aparat Desa Pakutandang.

Manfaat Kegiatan. dan agama dari masyarakat sekitar. ekonomi.E. budaya. Metode Pelaksanaan Kegiatan. Sistematika Penulisan BAB I PENDAHULUAN Di dalam bab I ini penulis membahas tentang Latar Belakang. program kerja. dan Sistematika Penulisan. serta hal-hal yang harus dimuat dalam program kerja. keadaan sosial. Maksud dan Tujuan Kegiatan. BAB II RENCANA KEGIATAN DAN PROGRAM KERJA Menggambar kan kondisi umum di tempat kerja yakni di lingkungan Desa Pakutandang. BAB III PELAKSANAAN PROGRAM KERJA Bab III ini memuat tentang pelaksanaan pr ogram kerja selama Kuliah Kerja (Magang) berlangsung dengan waktu pelaksanaan selama dua minggu dari tanggal 24 Agustus 2009 s/d 7 September 2009 di Desa Paku Tandang. .

Oleh karenanya. program penyuluhan hukum yang dilaksanakan di Desa Pakutandang untuk pertama kalinya di r espon secara positif oleh masyarakat. . Kondisi Umum di Tempat Kerja Aparat Desa Pakutandang cukup kooperatif dengan Mahasiswa Kuliah Kerja (Magang) Fakultas Hukum Universitas Pasundan.BAB IV PENUTUP Memuat kesimpulan dan saran penulis selama pelaksanaan Kuliah Kerja (Magang) dan pembuatan laporan akhir kegiatan. sampai Kepala Desa sendir i secara khusus meminta untuk diadakan penyuluhan sekaligus menyosialisasikan kenakalan remaja dan bahaya narkotika Program kerja di Desa Pakutandang berlangsung secara padat karya dimana keberadaan mahasiswa Kuliah Kerja (Magang) tidak disia-siakan dengan senantiasa dilibatkan ke dalam berbagai pr ogram desa baik yang sifatnya rutin maupun insidentil. Mereka memiliki semangat untuk terus berkembang dan menerima perubahan serta haus akan segala macam ilmu pengetahuan. BAB II RENCANA KEGIATAN DAN P ROGRAM KERJA A.

Batas Wilayah Sebelah barat. Keadaan Sosial Keadaan sosial di dalam lingkungan kerja di kantor Desa Pakutandang lebih mengutamakan keharmonisan dan kekeluargaan. dan Dusun Paledang.Program Kuliah Kerja (Magang) yang penulis lakukan. Jumlah seluruh penduduk Desa Pakutandang hingga bulan Juli 2009 adalah sebanyak 16. Desa Pakutandang berbatasan dengan Desa Gunung Leutik. sehingga ter cipta situasi yang kondusif dan memudahkan dalam bersosialisasi baik antar unsur-unsur terkait di dalam kantor maupun dengan masyarakat. 4. Desa Pakutandang berbatasan dengan Desa Sarimahi dan Desa Ciparay. Di Desa Pakutandang ini terdapat 26 Rukun Warga (RW) dan 71 Rukun Tetangga (RT). Berikut ini adalah uraian mengenai kondisi umum di desa Pakutandang diantaranya : 1. Dusun Cipaku. 2. Keadaan Ekonomi . Sebelah utara Desa Pakutandang berbatasan dengan Desa Sagara Cipta. Kependudukan Desa Pakutandang ter bagi menjadi 3 (tiga) dusun.902 jiwa. dan sebelah selatan. yaitu Dusun Andir. Desa Pakutandang berbatasan dengan Desa Mekarsari. 3. Sebelah timur. dilaksanakan di Desa Pakutandang yang merupakan salah satu desa di Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung.

6. Hal tersebut terlihat dari keadaan rumah penduduk maupun dari segi mata pencaharian. Keadaan Budaya Pada dasarnya orang-orang yang bekerja di kantor Desa Pakutandang mempunyai latar belakang budaya yang sama. disiplin. dalam setiap mengerjakaan tugas-tugasnya mereka selalu menjunjung tinggi nilai-nilai agama yang mereka anut. dan jujur terhadap tugas yang harus dikerjakan. B. Selain itu. yang paling diutamakan oleh para pegawai di kantor Desa Pakutandang adalah budaya kerja yang penuh integritas. tidak terdapat kesenjangan ekonomi yang berarti karena dari segi. Program Kerja di Tempat Magang Kegiatan Program Kuliah Kerja (Magang) ini dilaksanakan mengikuti permintaan dari kelurahan untuk membuat sendiri jadwal magang sesuai dengan jam kerja dan batas waktu yang diberikan oleh Fakultas Hukum . Masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut pun tidak sedikit dengan tingkat kesadaran yang tinggi. 5. Keadaan Agama Seluruh pegawai yang bekerja di kantor Desa Pakutandang adalah beragama Islam.Ditinjau dari segi ekonomi. masyarakat Desa Pakutandang termasuk ke dalam masyarakat yang religius dimana kegiatan-kegiatan keagamaan secara rutin dilaksanakan. sehingga tidak menimbulkan kesenjangan atau adanya perbedaan perlakuan.

Observasi/pengamatan Observasi/pengamatan dilaksanakan oleh penulis berdasarkan apa yang penulis lihat sebagai peserta magang. 3. data-data penduduk desa (terlampir). 2. dapat melihat program-program kerja desa. 4. Pertemuan dan per kenalan dari pejabat yang berwenang di Kantor Desa Pakutandang Hari pertama kegiatan magang. Kegiatan program kerja magang di desa Pakutandang ini diagendakan sebagai berikut : 1.universitas Pasundan Bandung kepada peserta program ker ja magang ini. Studi kepustakaan Penulis dalam memenuhi pengetahuan dan infor masi mengenai Desa Paku Tandang. mengenai keadaan lingkungan Desa Paku Tandang. penulis diharuskan terlebih dahulu memberitahukan kepada kepala desa bahwa penulis sebagai peserta magang akan melakukan kegiatan di Desa Paku Tandang. Partisipasi Penulis mendapatkan penempatan kerja magang dan ikut membantu di Kantor Desa Pakutandang sebagai peserta magang sesuai dengan keputusan Kepala Kecamatan Ciparay dan Kepala Desa Pakutandang selaku pemilik tempat. .

Pemaparan materi disampaikan oleh pemateri yaitu penulis beserta rekan kelompok yang lainnya secara bergiliran sesuai dengan agenda kegiatan terlampir dengan dipimpin oleh seorang moderator untuk melancarkan kegiatan penyuluhan hukum tersebut. Hal-hal Lain yang Perlu Dimuat dalam Program Kerja Rencana Penyuluhan Hukum Kegiatan Program Penyuluhan Hukum ini dilaksanakan selama satu hari di aula Desa Pakutandang. yaitu pada selasa 1 Agustus 2009 pada saat kegiatan puasa dan saat jam istirahat kantor. dengan materi penyuluhan yaitu : . Pemaparan mater i dengan dipimpin oleh seorang moderator. Kabupaten Bandung. Pelaksanaan penyuluhan hukum a.C. bahwa penulis sebagai pemateri penyuluhan hukum akan melaksanakan kegiatan penyuluhan hukum di aula Desa Paku Tandang. 2. Pertemuan dan pengarahan dari Kepala Desa Pakutandang dan tokoh masyarakat yang diwakilkan oleh Ketua MUI Desa Pakutandang Pada kegiatan penyuluhan hukum. penulis diharuskan terlebih dahulu member itahukan kepada bagian kurikulum untuk diagendakan. Kegiatan program penyuluhan hukum di aula Desa Pakutandang diagendakan sebagai berikut : 1.

Pelaksanaan Program Kuliah Kerja (Magang) 1.1. Pada tahap pertama sebelum melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Magang di Desa Pakutandang. Partisipasi peserta penyuluhan Setelah pemaparan materi disampaiakan. Pertemuan dan Pengarahan dari Kepala Desa Pakutandang dan tokoh masyarakat yang diwakili oleh Ketua MUI desa Pakutandang . 2. Bahaya Narkoba. Kenakalan remaja. Penulis bersama rekan kelompok ditempatkan di Bagian . b. BAB III PELAKSANAAN PROGRAM KERJA MAGANG DAN MANFAAT JAMKESMAS DI DESA P AKUTANDANG KECAMATAN CIP ARAY A. penulis bersama rekan kelompok penulis dihar uskan untuk menemui Bapak Agus Nurul Huda selaku Sekertaris Desa Pakutandang untuk mendapatkan pengarahan awal dan penempatan bagian yang telah ditentukan. maka dibuka sesi tanya jawab oleh moderator kepada peserta penyuluhan agar peserta penyuluhan dapat berperan aktif dan berpartisipasi sepenuhnya terhadap kegiatan tersebut.

Jumlah perangkat desa/kelurahan.Pengarsipan sesuai dengan surat disposisi dan dibimbing oleh Bapak Agus Nurul Huda untuk melaksanakan tugas sesuai dengan fungsi bagian pengarsipan yaitu. Jumlah jiwa dalam kematian. Partisipasi dalam Tugas Pengarsipan di Desa Pakutandang Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung Pada tahap ini setelah mendapatkan pengarahan dari sekertaris desa dan di tempatkan di bidang pengarsipan. Penulis harus mengikuti seluruh aturan yang ditetapkan oleh Desa Pakutandang. . penulis diberikan kebebasan untuk menentukan jadwal magang di Desa Pakutandang tersebut. 7. Agama. sedangkan mengenai jam kerja. Data monografi Desa Pakutandang seperti data masyarakat antara lain : 1. pengisian monografi Desa dan administrasi Desa Pakutandang lainya. Selain itu. 3. 6. 5. Jumlah kepala keluarga. 4. 2. Jumlah penduduk. Luas wilayah. 2. Geografi. penulis berpartisipasi dalam tugas pengarsipan yaitu memeriksa dan mengisi data monogr afi Desa Pakutandang.

Upaya Peningkatan Kesehatan Masyarakat di Desa Pakutandang Kecamatan Ciparay Usaha untuk memberikan pelayanan kesehatan yang memadai yaitu memenuhi standar pelayanan kesehatan telah diusahakan dan tertera dalam kebijaksanaan pemerintah yang intinya mengusahakan pembangunan kesehatan agar terwujud derajat kesehatan yang optimal yang dituangkan di dalam Undang-undang No. B. 3. Jumlah pelayanan dalam masyarakat. 11. Prasarana perhubungan. di sini penulis memaparkan daftar kengiatan r encana pembangunan jangka menengah Desa Pakutandang yang di biayai oleh APBD Kabupaten Bandung (Terlampir). 9. Pembinaan RT/RW. Manfaat Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) di Desa Pakutandang 1. 23 tahun 1992 tentang . 10. Pengairan pertanian. 12. Pajak-retribusi. dll. Observasi/Pengamatan Pada tahapan observasi/pengamatan ini. Pendidikan.8. 13. penulis tidak bisa mengamati secara keseluruhan dari Desa Pakutandang.

Pengadaan semprotan Fogging dalam rangka penjagaan lingkungan/antisipasi penyebaran Demam Berdarah dan Chikungunya. salah satunya adalah pemeliharaan kesehatan. Pengadaan roda sampah dalam rangka mempermudah pengelolaan/pembuangan sampah dan menciptakan lingkungan 2 Ibid .2 Desa Pakutandang telah melaksanakan berbagai pembangunan di bidang kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan masyarakat. yang besar artinya bagi pengembangan dan pembinaan sumber daya manusia Indonesia dan sebagai modal bagi pelaksanaan pembangunan nasional yang pada hakekatnya adalah pembangunan manusia seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya. Aspek sumber daya kesehatan terdiri dari sarana kesehatan antara lain dokter. Sedangkan aspek upaya kesehatan. apoteker.Kesehatan : ³Pembangunan Kesehatan diar ahkan untuk mempertinggi derajat kesehatan. Pemeliharaan kesehatan dibagi lagi menjadi pemeliharaan kesehatan masyarakat dan pemeliharaan kesehatan individu. yaitu aspek upaya kesehatan dan sumber daya kesehatan. b. perawat. diantaranya : a.´ Berbicara tentang kesehatan maka terdapat dua aspek dari kesehatan.

Desa Pakutandang mengadakan kegiatan Jumat Bersih (Jumsih) yang rutin dilaksanakan oleh masyarakat desa sehingga lingkungan dapat terjaga kebersihannya. Pembangunan MCK dalam rangka peningkatan kesehatan masyarakat Desa Pakutandang. Pembangunan sarana air bersih. a. e.yang sehat. Pengadaan mobil ambulance sebanyak satu unit. g. Program Jamkesmas Program Jamkesmas merupakan kebijakan yang sangat strategis untuk mewujudkan keadilan dan kesejahteraan rakyat karena program . Selain pembangunan tersebut. Posyandu yang tersebar di setiap RW. Program Jamkesmas secara umum Setiap orang memiliki tanggung jawab yang sama dalam hal pemeliharaan kesehatan. 2. d. baik itu pemerintah maupun masyarakat itu sendiri sebagaimana tercantum dalam Pasal 1 angka 2 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1992 Tentang Kesehatan yang menyebutkan bahwa upaya kesehatan adalah setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah dan atau masyarakat. c. f. Pemasangan pipa air limbah dalam rangka memperlancar saluran air dan memperbaiki sanitasi lingkungan.

. Dengan demikian masyarakat miskin menjadi sehat dan produktif sehingga mengurangi angka kemiskinan. Selain itu. 4) Nirlaba : dana semata-mata digunakan untuk pelayanan kesehatan. b. 2) Portabilitas : pelayanan kesehatan yang meliputi lintas batas wilayah. Tujuan Jamkesmas Tujuan diadakannya Jamkesmas yaitu meningkatkan Askes dan mutu pelayanan kesehatan seluruh masyarakat miskin sehingga terciptanya pelayanan kesehatan masyarakat yang sesuai standar. program Jamkesmas merupakan upaya untuk memper cepat pencapaian sasaran pembangunan kesehatan dan peningkatan derajat kesehatan yang optimal. c. Prinsip-prinsip Jamkesmas Prinsip-prinsip Jamkesas diantaranya: 1) Nasional : adanya rasa gotong royong di antara masyarakat yang diwujudkan dengan subsidi silang.ini adalah terobosan yang sangat tepat guna meningkatkan aksesibilitas masyarakat miskin terhadap pelayanan kesehatan yang dibutuhkan. 3) Ekuitas : adanya kesetaraan di antara berbagai kalangan di masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

kompas.jamkesmas. Kebijakan Pemerintah Tahun 2008 T entang Jamkesmas Beberapa kebijakan pemerintah mengenai Jamkesmas ini diantaranya: 1) Program pelayanan kesehatan masyarakat miskin adalah program bantuan sosial (bansos). Dalam mekanisme yang baru.com/ program. Dinas Kesehatan dan PT Askes (persero). 4) Peningkatan peran dan fungsi pemerintah daerah dan pembentukan tim pengelola dan koordinasi di tingkat pusat/provinsi/kab-kota. 3 http://www. 3 Fadilah Supari mengatakan program pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat miskin yang sebelumnya disebut Asuransi Kesehatan untuk Masyarakat Miskin (Askeskin) kini namanya diganti menjadi program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas). PT Askes tidak lagi ditugasi melakukan pengelolaan keuangan program dan hanya dibebani tugas mengelola kepesertaan. 3) Perubahan mekanisme penyelenggaraan diantaranya: a) Pemisahan peran pengelola dan pembayar yaitu Departemen Kesehatan. . b) Percepatan pembayaran klaim yaitu penempatan pelaksana verifikasi di rumah sakit dan penyaluran dana langsung dari kas negara ke rumah sakit. praverifikasi peserta dan pelayanan program.d. 2) Sumber dana adalah APBN Departemen Kesehatan. ia menjelaskan.

google. Kecamatan Ciparay a) Peran Aparat Desa dalam Penyelenggaraan Jamkesmas di Desa 4 http://www. Sementara itu.Kegiatan verifikasi yang meliputi verifikasi pelayanan. Program itu nantinya terintegrasi atau menjadi bagian dari sistem jaminan sosial nasional yang bertujuan memberi perlindungan sosial dan kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat.6 triliun untuk rumah sakit dan Rp 1 triliun untuk puskesmas sehingga sebagian dana bisa digunakan membayar utang Askeskin tahun 2007 yang berjumlah Rp 1. jumlah tagihan Jamkesmas tahun 2008 sekitar Rp 2.3 triliun. PT Askes juga bertugas memantau kegiatan pelayanan kesehatan gratis melalui program Jamkesmas dan menampung pengaduan masyarakat terkait pelaksanaan program tersebut.4 2. akan dilakukan oleh tenaga verifikator independen yang direkrut oleh pemerintah melalui Dinas Kesehatan di daerah. Program Jamkesmas di Desa Pakutandang. keuangan dan administrasi. Semua kartu Askeskin secara bertahap akan diganti menjadi kartu Jamkesmas.4 juta jiwa. 5 triliun sehingga tidak melebihi alokasi anggaran berjumlah Rp 3. kata dia. Program Jaminan Kesehatan Masyarakat akan dilanjutkan tahun 2009 ini karena terbukti meningkatkan akses rakyat miskin terhadap layanan kesehatan gratis.com/jamkesmas . Program Jamkesmas pengganti Asuransi Kesehatan untuk Keluarga Miskin (Askeskin) mulai dilaksanakan tahun 2008 yang mencakup 72 juta jiwa dar i kuota 76.

Juli 3. September Jumlah 267 orang 161 orang 43 orang 33 orang . Dalam upaya melakukan peningkatan kesehatan masyarakat. warga tersebut akan mendapatkan Surat Keterangan T idak Mampu untuk kemudian diajukan sebagai rujukan ke berbagai rumah sakit atau puskesmas yang terdapat di Desa Pakutandang. Program Jamkesmas di Desa Pakutandang telah berjalan semenjak Bulan Juni tahun 2008. Dalam prosesnya aparat desa berperan dalam melakukan pendataan terhadap warga yang kurang mampu. Bulan 1. b) Pendaftar Program Jamkesmas di Desa Pakutandang Kecamatan Ciparay. Agustus 4. dengan jumlah pendaftar sebagai berikut : Tahun 2008 No.Pakutandang Kecamatan Ciparay. aparat Desa Pakutandang sangat memiliki peran terutama untuk meningkatkan kesehatan masyarakat yang kurang mampu melalui program Jamkesmas ini. Juni 2.

Desember 41 orang 30 orang 86 orang Tahun 2009 No.5. begitu pula dengan aparat Desa Pakutandang telah . April 5. sehingga jumlah keseluruhan pendaftar hingga tanggal 10 September 2009 ini adalah 1494 orang. Agustus 80 orang 86 orang 173 orang 75 orang 80 orang 118 orang 125 orang 63 orang Jumlah 9. Januari 2. Hingga 7 September 2009 33 orang Dari data tersebut dapat dilihat bahwa jumlah pendaftar Jamkesmas pada tahun 2008 berjumlah 661 orang dan pada tahun 2009 berjumlah 833 orang. November 7. Juli 8. Februari 3. Mei 6. Oktober 6. Juni 7. Bulan 1. Dengan melihat jumlah tersebut dapat dilihat bahwa war ga Desa Pakutandang sangat antusias dalam memanfaatkan program Jamkesmas ini. Maret 4.

c) Masalah dan Kendala ber kaitan dengan Jamkesmas Berdasarkan hasil wawancara antara penulis dengan aparat desa terkait masalah Jamkesmas. . perlu ada ketegasan mengenai rumah sakit mana saja yang benat-benar ditunjuk oleh pemerintah berkaitan dengan pelaksanaan pengobatan dengan menggunakan Jamkesmas ini sehingga tidak ada lagi penolakan-penolakan yang dilakukan oleh rumah sakit.melakukan peranannya dengan baik dalam menyukseskan program Jamkesmas ini. selain itu kualitas sarana dan pra sarana rumah sakit yang ditunjuk untuk menerima pengobatan warga yang menggunakan Jamkesmas harus lebih ditingkatkan kembali. Masalah yang dialami oleh masyarakat tersebut seperti penolakan oleh pihak Rumah Sakit yang berstatus sebagai Rumah Sakit Swasta. penulis mendapatkan informasi bahwa terdapat kendala yang seringkali dihadapi oleh masyarakat yang hendak melakukan pengobatan dengan menggunakan kartu Jamkesmas. hal ini dikarenakan sarana dan pra sarana rumah sakit yang kurang memadai untuk mengobati penyakit yang diderita. Untuk itu. selain itu penolakan lain juga seringkali terjadi karena Rumah Sakit tersebut merasa tidak sanggup melakukan pengobatan atas penyakit yang diderita oleh warga.

BAB IV PENUTUP A. 3. Kesimpulan Dari keseluruhan penjelasan atas laporan kegiatan Kuliah Kerja (Magang) di atas kita dapat menarik beberapa kesimpulan yaitu: 1. terbukti dengan banyaknya masyarakat yang mengajukan per mohonan sebagai pengguna Jamkesmas. 2. Pelaksanaan Kuliah Kerja (Magang) dapat berjalan dengan baik atas kerjasama dari berbagai pihak yang terkait dengan pelaksanaan Kuliah Kerja (Magang) ini sehingga masyarakat mahasiswa peserta Kuliah Kerja (Magang) dapat langsung bersentuhan dengan masyarakat dalam rangka pengabdian terhadap masyarakat sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi. . Jamkesmas sangat bermanfaat bagi masyarakat yang kurang mampu sehingga upaya peningkatan kesehatan masyarakat dapat terlaksana dengan baik ter bukti dengan begitu besarnya antusiasme warga mengenai program Jamkesmas ini. Aparat Desa memiliki peranan yang penting dalam hal upaya peningkatan kesehatan masyarakat yang sebagaimana tertera kebijaksanaan pemerintah yang intinya mengusahakan Pembangunan Kesehatan agar terwujud derajat kesehatan yang optimal yang dituangkan di dalam Undang-undang Nomor 23 tahun 1992 tentang Kesehatan.

3. maka diharapkan aparat desa ini tetap dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik sehingga warga benar-benar memperoleh pelayanan yang optimal. 2. Aparat desa harus dapat terus menyosialisasikan baik mengenai berbagai produk hukum agar masyarakat menjadi sadar dan mengerti tentang hukum begitu pun mengenai program Jamkesmas sehingga peningkatan kesehatan masyarakat ini dapat berjalan dengan lebih baik. Perlu adanya penyelesaian kendala yang berkaitan dengan Jamkesmas di beberapa rumah sakit sehingga masyarakat benar-benar dapat merasakan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standar dan masyarakat yang melakukan pengobatan dengan menggunakan Jamkesmas tidak lagi mendapatkan penolakan-penolakan dari rumah sakit tertentu. Saran Adapun saran yang dapat penulis berikan berkaitan dengan pelaksanaan Kuliah Kerja (Magang) ini diantaranya : 1. DAFTAR PUSTAKA Buku : .B. Dengan cukup tingginya peranan aparat desa.

Bandung. Riduan . Seluk Beluk dan Asas-Asas Hukum Perdata .Instruksi Presiden No. 2004 .http: //www.co. PT Alumni.Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. .Syahrani . Website : . .. 1 Tahun 1991 tentang Kompilasi Hukum Islam (KHI).google. id//PERNIKAHAN DI BAWAH UMUR : TANTANGAN LEGISL ASI & HARMONISASI HUKUM WARNING ! . Peraturan Per-Undang-Undangan : . .

co. BILA ADA YANG KURANG JELAS SILAHKAN TANYAKAN DI >>> tubagusiman@yahoo. semua demi kepentingan para penulis hasil akhir laporan KKM . DILARANG KERAS MENGCOPY ISIAN MATERI INI !!! (malu udah 3 tahun kuliah kalo cuman buat copas :p) mohon maaf sebesar2nya jika ada beberapa bagian dari isian dalam materi yang merasa bahwa ini adalah hasil karyanya.HALAMAN TERAKHIR DIISI OLEH LAMPIRAN-LAMPIRAN SESUAI DENGAN KEPENTINGAN ANDA SEBAGAI PIHAK YG TERKAIT. SELAMAT MENGERJAKAN !!! Bahan-bahan ini hanyalah sebagai SAMPLE/contoh belaka.id . sebagai perbandingan utk teman2.saya menyarankan cari pula bahan2 / contoh lain dari hasil laporan KKM.