dan yang dipimpin sebagai objek. Kata pimpin mengandung pengertian mengarahkan. membina atau mengatur. menuntun dan juga menunjukkan ataupun mempengaruhi.PEMIMPIN Berasal dari kata pimpin yang memuat dua hal pokok yaitu: pemimpin sebagai subjek. . Pemimpin mempunyai tanggung jawab baik secara fisik maupun spiritual terhadap keberhasilan aktivitas kerja dari yang dipimpin. sehingga menjadi pemimpin itu tidak mudah dan tidak akan setiap orang mempunyai kesamaan di dalam menjalankan ke-pemimpinannya.

Kepemimpinan dengan gaya demokratis dalam mengambil keputusan sangat mementingkan musyawarah. 2. Dengan demikian dalam pelaksanaan setiap keputusan tidak dirasakan sebagai kegiatan yang dipaksakan. . Pemimpin bertindak sebagai penguasa tunggal.Gaya Kepemimpinan dan Pengaruhnya 1. Kepemimpinan demokratis menempatkan manusia sebagai faktor utama dan terpenting dalam setiap kelompok/organisasi. tetapi untuk kepentingan bersama. Kepemimpinan otoriter merupakan gaya kepemimpinan yang paling tua dikenal manusia. Oleh karena itu gaya kepemimpinan ini menempatkan kekuasaan di tangan satu orang atau sekelompok kecil orang yang di antara mereka tetap ada seorang yang paling berkuasa. justru sebaliknya semua merasa terdorong mensukseskannya sebagai tanggung jawab bersama. Setiap anggota kelompok/organisasi merasa perlu aktif bukan untuk kepentingan sendiri atau beberapa orang tertentu.

Agitasi yang dilakukan terhadap orang luar atau organisasi lain. a) Kepemimpinan Agitator Tipe kepemimpinan ini diwarnai dengan kegiatan pemimpin dalam bentuk tekanan. Kepemimpinan Bebas merupakan kebalikan dari tipe atau gaya kepemimpinan otoriter. Pemimpin berkedudukan sebagai simbol. memperuncing perselisihan. adu domba. Kepemimpinannya dijalankan dengan memberikan kebebasan penuh pada orang yang dipimpin dalam mengambil keputusan dan melakukan kegiatan (berbuat) menurut kehendak dan kepentingan masing-masing. menimbulkan dan memperbesar perpecahan dan lainlain dengan maksud untuk memperoleh keuntungan bagi dirinya sendiri. Gaya kepemimpinan simbolik biasanya mempunyai ciri bawahan mempunyai kebebasan untuk mengambil keputusan. pemimpin hanya memberi pendapat kalau diminta dan tidak ada usaha untuk memuji atau mengkritik bawahan. Pemimpin hanya memfungsikan dirinya sebagai penasihat.3. adalah untuk mendapatkan keuntungan bagi organisasinya dan bahkan untuk kepentingan pemimpin sendiri b) Kepemimpinan Simbolik. . yang dilakukan dengan memberi kesempatan untuk berkompromi atau bertanya bagi anggota kelompok yang memerlukannya.

Kriteria Pemimpin yang Baik: 1) Tanggung Jawab 2) Amanah 3) Kreatif 4) Jujur 5) Percaya Diri 6) Adil 7) Konsisten .

Pemimpin seperti dijadikan sebagai teladan bagi anggotanya yang berarti jika seorang pemimpin mempunyai karakteristik yang baik. secara tidak langsung akan berpengaruh positif bagi anggotanya. .KESIMPULAN: Setiap tindakan yang dipilih pemimpin akan berpengaruh besar terhadap orang yang dipimpinnya. entah berupa pemilihan gaya kepemimpinan atau karakteristik pemimpin tersebut.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful