P. 1
MEKANISME PELAKSANAAN BOS

MEKANISME PELAKSANAAN BOS

|Views: 160|Likes:

More info:

Published by: Pangeran Suriya Senja on Oct 02, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/05/2014

pdf

text

original

III.

MEKANISME PELAKSANAAN

A. Mekanisme Alokasl Penerirn'a BOS

Pengalokasian jumlah sekOilah penerima BOS dnaksanakan sebagai berlkut (Gambar 1 dan 2).

1. Tim PKPS-BBM Pusat rnengurnpulken data [urnlah slswa per sekolah melalui Tim PKPS-BBM Propinsi dan Kabupaten/Kota., kemudian menetapkan alokasi BOS tiap prcpinsl.

2. Atas dasar data. [urnlah slswa per sekolah, Tim PKPS-8BM Pusat msmbuat draft alokasi dana. BOS hap kabupaten/kota dan meng,jrjmkan kspada tim PKPS-Propinsi dan Tim Kabupten/Kota untuk diverifikasi. dengan melampirkan data jumlah siswa tiap sekolah dl kabupaten/kota tersebut sebagai bahan acuan kabupaten/kota dalam menelapkan alokasl di tlap sekolah.

3. Tim PKPS-BBM KabupatenlKota menetapkan sekolah yang bersedia menerima 80S melalui Sura! Keputusan (SK) yang dltandatanganl oleh Kepala Dinas Pendidikar) Kab/Kota, Kepala Kandepag Kab/Kota, dan Dewan Pendidikan dengan dila.mpiri daftar nama sekolah dan besar dana bantuan yan.g diterima (Format BOS-02A dan Format B08-028). Sekolah yang bersedia menerlma BOS harus mendatangani Surat PerJanjlan Pemberian Bantuan (SPP8).

4. Tim PKPS-BBM Kab/Kota mengirimkan 8K Alokasi BOS ke Tim PKPS·BBM Propinsl, tembusan ke Tim PKPS- 88M Pusat, dengan melamplrkan daHar sekolah.

10

Rekap data tlap prop & kablkota

:"" "3> 1. Menetapkan alokasi BOS & BKM tiap Proplnsi

~ .. : .... > 2. Menetapkan alokasi BOS & BKM tiap KablKota

~ ••• ~ 3. Menyusun draft alokasl BOS tlap sekolah

Gambar 1. Alur Pengiriman Data Jumlah Siswa

Rekap alokasi BaS & BKM tiap sekolah dan kablkota

Alokasl BOS & 8KM nap kabJkot3 & draft alokasi 'BOS tiap sekolah

SPP8 BaS, SK penerima 8KM

Verifikasi& SKaloilasi tlap sekolah. Kirim SKke sekolah dan :'J,F.-'" PoslBank

Gambar 2. Alur Alokasi dan Seleksi

11

Syarat penyaluran dana BOS adalah :

. a. Bagi sekolah yang belum mamillki rekening rutin sekolah, harus membuka nomor rekenlng atas nama lembaga (tidak boleh atas nama prlbadi).

b. Sekolah mengirimkan nomor rekening tersebut kepada Tim PKPS BBM Kabupaten/Kota (Fo:rmat BOS- 03)

c. Tim PKPS BBM Kabupaten/Kota melakukan verifikasi dan rnenpkomptlast nomor rekening Sekolah dan selanjutnya diklrtm kepada Tim PKPS BBM Proplnsi (Format BOS-04A), disertakan pula daftar sekolah yang menolak BOS (Format B08-048).

B. Penyaluran dan Pengambllan Dana 80S

1. Mekanisme PenyaJuran Can a

Penyaluran dana 80S:

a. Dana BOS disalurkan sekaligus dalam satu tahap unluk periode Jull-Desernber 2005.

b, Penyaluran dana dilaksanakan oleh Tim PKPS-8BM Tingkat Proplnsi melafui PT. PoslBank Pemerintah, dengan tahap-tahap sebagai berikut (Gambar 3).

(1), Satker PKPS-BBM Propinsi mengajukan Surat

Permohonan Pemb.ayaran Langsung (SPP-LS) dana BOS kepada Dinas Pendidikan Propinsi.

(2). Dinas Pendidikan Proplnsisetelah melakukan

verifikasi atas SPP-LS dimaksud menerbitkan Surat Perintah Membayar Langsung (SPM-LS)

(3). Dinas Pendidlkan Proplnsi selanjutnya menglrlmkan SPM-LS dlmaksud kepada KPPN Propinsl,

12

(4). KPPN Propinsi rnelakukan verifikasi terhadap SPM-LS

untuk selanjutnya menerbitkan SP2D yang

membebani rekening Kas Negara.

(5). Selanjutnya dana BOS disalurkan ke sekolah penerima BOS melalui Kantor Pos/Bank Pemerintah yang ditunjuk sesual denqan Perjanjian Kerj.asama an tara Dinas Pendidikan Propinsl dengan t.embaga Penyalur (Pos/Bank).. Conioh Perjanjian Kerjasama antara Dltjen Dikdasmen dengan PT Pas da/am rangka penyaluran BKM periode Januari-Juni 2004 disajikan pada Lampiran 3,

Gambar 3. Mekanisme Penyaluran Dana BOS

(6). Tim PKPS-BBM Kabupaten/Kota dan Sekolah harus mengecek kesesualan dan a yang dlsalurkan oleh Kantor Pas/Bank dengan alokasl BOS yang ditetapkan oleh Tim PKPS,BBM Kabupaten/Kota. Jika terdapat perbedaan dalam jumlah dana yang dlterima, maka 'perbadaan terse but harus segera dltaporkan kepada.

Kantor Pos/Bank bersangkutan dan Tim PKPS-BBM Propinsi untuk diselesaikan lebih .Ianjut.

13

2. Pengambilan Dana

a. Tim PKPS-BBM Propinsi menyerahkan data rekening sekolah penerima BOS dan besar dana yang harus dlsalurken kepada Kantor Pos/Bank Pemerintah yang dltunjuk sebagai penyalur dana (Format BOS-05).

b. Selanjutnya Kantor Pas/Bank yang dltunjuk mentransfer dana sekaligus ke setlap rekening sekolah, dan masuk dalam pas penerimaan di dalam RAPBS.

c. Pengambilan dana BOS dilakukan oleh KepaJa Sekolah dengan dlketahui oleh Ketua Komlte Sekolah dan dapat dilakukan sewaktu-waktu sesuai kebutuhan dengan menyisakan saldo minimum sesuai peraturan yang berlaku. Saldo minimum inl bukan termasuk pemotongan.

Catalan:

» Dana BOS harus diterima secara utuh sesuai dengan SK Alokasi yang dibuat oleh Tim PKPS-BBM Kab/Kota, dan tidak dlperkenankan rnelakukan pemotongan atau pungutan biaya apapun dengan alasan apapun dan oleh pihak manapun.

» Apabila dana BOS belum dlambil oleh sekolah sampai d'sngan batas waktu yang cltetapkan, maka Kantor Pos/Bank bersangkutan akan mengembalikan dana tersebut ke Kas Negara.

C, Penggu.naan Dana BOS

Penggunaan dana BOS di sekolah dan madrasah harus didasarkan pad a kesepakatan dan keputusan bersama antara Kepala SekolahlDewan Guru denga.n Komite Sekoiah/Madrasah, yang haws dldsfter sebagai salah satu sumber penerimaan dalarn RAPBS, disamping dana yang diperoleh dart Pemda atau sumber

14

lain (block grant, hasil unit produksl, sumbangan lain, dsb). Khusus untuk Pesantren Salaflyah, penggunaan dana BOS dldasarkan pada kesepakatan dan keputusah bersama antara Penanggungjawab Program dengan Pengasuh Pondok Pesantren dan disetujui oleh Kasi PEKA PONTREN (Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren) Kantor Dep,artemen Agama Kabupatenl Kota. 8agi sskolah keaqarnaan non Islam dalarn penggunaan dana BOS, Kepal.a Se.kolah/PenanggungJawab Program harus meminta perse!ujuan dari Kasi PEMB1MAS (Pembimbingan Masyarakat) Departemen Agama Kabupatenl Kota.

Untuk selanjutnya Komlte Sekolah/Madrasah atau Pengasuh Pondok Pesantren serta Kasl Peka Pontren dan Kasi Pembimas dalam fungsinya sebagai lembaga yang mitra Kepala Sekolah berkaitan dengan pengel,olaan dana 80S dlsebut sebagai Kornlte Sekolah.

1. Dana BOS dlQunakan untlllk:

15

a. uang formulir pendaftaran

b. buku pelajaran pokok dan buku penunjang untuk

perpustakaan

c. biaya peningkatan mulu guru (MGMP, MKS, pelatihan, dill

d. ujIan sekolah, ulangan umum berssma, dan uJangan umum harlan

e. membell bahan-bahan habis pakai, mlsalnya buku tulis,

kapur tulis, pensil, bahan praktikum

f. membayar biaya perawalan ringan

g. membayar daya dan jasa

h. membayar honorariu m guru dan tenaga k'ependidi kan honorer

i. membiayal keglatan keslswaan (remedial" pengayaan, ekatrakurtkuler)

j. rnernberl bantuan siswa mlsklnuntuk blaya transportasl

k. Khusus untu k salafiyah dan sekolah keag amaan non Islam, dana BOoS juga diperkenankan untuk biaya asrams/ pondokan dan membeli peralatan ibadah

2, Dana BOS tidakboleh digunakan untuk:

a. disimpan dalam Jangka waktu lama dengan maksud dibungakan

b. dipinjamkan kepada plhak latn

c. msmbayar bonus, transportaal, atau pakaian yang tldak berkaltan dengan kepentlngan murld

d. rnembangun gedung/ruangan baru

e. rnembell bahaniperalatan yang Hda'k mendukung proses pembelajaran

f. menanamkan saharn.

3 .. Pemb·atalan BOS

Dalam hal sekolah penerima BOS mengalami perubahan sehingga t!dak lagi memenuhi perayaratan sebag.ai penerima BOS atau tutup/bubar rnaka bantuan dlbatalkan dan dana BOS harua disetorkan kembal! ke Kas Negara.. Tim PKPS-BBM Kabupaten/Kota bertanggungJawab dan berwenanq untuk membatalkan BOS.

16

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->