Adaptasi Mahluk Hidup

.

.‡ Mahluk hidup dapat bertahan pada habitat alamiahnya disebut atau dapat dikatakan dapat beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Mahluk hidup beradaptasi dengan lingkungannya dapat berupa: ‡ Memperoleh udara. air atau makanan ‡ Berlindung dari kondisi fisis seperti temperatur dan cahaya ‡ Melindungi diri dari musuh ‡ Reproduksi atau berkembangbiak .

.

Adaptasi dapat berupa STRUKTURAL dan TINGKAHLAKU .‡ Ciri khusus yang dapat membantu mahluk hidup bertahan di habitat alamiahnya disebut ADAPTASI.

Contoh: warna tubuh. bentuk tubuh dan penutup badan .‡ Adaptasi struktural adalah bagian tubuh khusus mahluk hidup yang dapat membantu untuk bertahan di habitat alamiahnya.

‡ Adaptasi tingkah laku adalah cara khusus yang dimiliki mahluk hidup untuk bertahan (SURVIVE) pada habitat alamiahnya. .

.‡ Mahluk hidup yang tidak dapat beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan lingkungannya akan meninggalkan habitatnya atau mati.

Tubuh yang langsing ‡ ‡ ‡ ‡ . Sayap. Otot penerbangan.Adaptasi untuk PERGERAKAN Bergerak di air Bentuk tubuh langsing Punggung yang termodifikasi : kaki selaput. sirip ‡ Gelembung renang ‡ Bergerak di udara : Sayap.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful