P. 1
Periskop

Periskop

|Views: 2,896|Likes:
Published by Dita Asyri Vebrina

More info:

Published by: Dita Asyri Vebrina on Oct 04, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/14/2013

pdf

text

original

Periskop

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Prinsip kerja periskop. Periskop di kiri menggunakan cermin yang terletak pada "a", sedangkan periskop kanan menggunakan prisma yang terletak pada "b". "c" adalah posisi pengamat. Periskop merupakan alat optik untuk mengamati dari posisi tersembunyi. Periskop sederhana dapat dibuat dengan menggunakan tabung yang diberikan cermin paralel yang saling berhadapan dengan sudut 45° pada setiap sisinya. Periskop sederhana sering digunakan sebagai alat untuk melihat ketika dihalangi kerumunan orang. Periskop yang canggih biasa ditemukan pada kendaraan tempur lapis baja dan kapal selam.

Kemasan Bekas Susu Jadi Periskop MESKI bukan unsur utama, namun keberadaan alat peraga untuk membantu kegiatan belajar dan mengajar sangat diperlukan. Sebab, alat peraga merupakan salah satu media untuk memberikan ilustrasi yang efektif sehingga selain teori, gambaran praktek pun bisa langsung dilihat. Sayangnya keberaaan alat peraga pendidikan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, melalui pameran alat peraga yang dilaksanakan oleh Geeta School, Minggu (8/3) pesan mengenai kreativitas guru dan murid untuk membuat alat peraga menjadi jawaban untuk persoalan tersebut. Sebab, untuk membuat sebuah alat peraga dengan berbahan dasar bahan daur ulang, biaya untuk membeli material secara signifikan bisa dipangkas. Kreativitas guru dan anak tersebut salah satunya terlihat dari karya yang dibuat oleh SDN

front office Geeta School juga dihiasi dengan kehadiran persikop sederhana yang dibuat dari kemasan bekas susu instan. Prinsip kerja periskop pada kapal selam diadaptasi dalam alat sederhana tersebut. Sebab. rata-rata alat peraga yang dipamerkan tingkat kesulitan untuk membuatnya tidak terlalu tinggi dan bahan yang digunakan pun bahan bekas. padahal keberadaan alat tersebut sangat membantu untuk proses belajar mengajar. Menurut Kepala Sekolah Geeta Sechool.” ujarnya kepada Radar. di sela-sela pameran tersebut. selain murah tetapi juga melatih kreatifitas guru dan murid serta membantu untuk mengurangi sampah sekolah. Salah satu bentuk kepedulian tersebut adalah melalui pameran alat peraga pendidikan yang menggunakan bahan-bahan daur ulang. dua cermin yang diletakan di bagian atas dan bawah dengan sudut kemiringan tertentu menghasilkan pantulan objek seperti yang dihasilkan periskop kapal selam. sebab kedua alat peraga tadi benar-benar menggunakan bahan-bahan bekas yang dimanfaatkan kembali sehingga memiliki nilai guna misalnya adalah alat pembangkit listrik sederhana yang dibuat dari velg bekas yang berfungsi seperti layaknya generator. pembuatan alat peraga dari bahan bekas juga melatih kreatifitas guru dan murid. pameran alat peraga pendidikan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian Geeta School terhadap isu internasional yaitu global warming. Bernadete Wresni. Murah? tentu saja. yang menampilkan alat peraga pendidikan berupa filter air yang mampu menjernihkan air keruh. Dia menambahkan.Jabang Bayi. Alat tersebut terbuat dari dua buah galon bekas yang dihubungkan dengan selang untuk mengalirkan air yang sudah disaring dengan filter air dan alat penjernih air tersebut merupakan alat peraga pendidikan yang menjadi juara untuk kategpri sekolah dasar. “Alat peraga pendidikan memang mahal. “Karena bahan-bahannya daur ulang. (yuda sanjaya) . maka pastinya biaya pembuatannya tidak mahal. selain untuk menghemat biaya. Selain alat penjernih air. Dengan menggunakan bahan daur ulang.

Cara Pembuatan: 1.Rasdiana Rajab dari SD Inpres Bertingkat Mamajang III dapat dilihat pada gambar yang diperlihtkan oleh Pak Supriadi salah seorang fasilitator roll-out IW secara mandiri. dan alat pendukung lainnya. 2.kardus bekas.keributan massa dan peristiwa anarkis lainnya yang terjadi di Tanah Air kita. Alat/bahan yang digunakan relatif murah dan mudah didapatkan.cermin datar 2 buah ukuran relatif kecil.yaitu:kardus bekas. . Periskop Sederhana Ditulis pada Juni 14. Buatlah dua buah persegi kecil. 5. sebagai reflikasi sederhana periskop yang pernah dipakai di kapal selam. Sediakan dua macam cermin datar. Bukankah lebih baik melakukan hal positif untuk anak bangsa dengan berkarya?. 3. dan gunting serta kertas biasa HVS atau kertas koran maupun kertas pembungkus kado.lem/selotip.menghasilkan karya mandiri guru berupa Alat Peraga Murah (APM) “Periskop” yang dapat dipergunakan dalam teaching and learning untuk mata pelajaran IPA SD. dan sebagainya.Alat Peraga Murah.demonstrasi dimana-mana. Tanggal 10 sampai 12 Juni 2008. APM hasil karya Ibu Rahmawati dari SD Kartika Wirabuana 1dan Ibu St.pilkada. Bagilah kardus menjadi empat bagian yang sama. waktu terbuang percuma hanya karena kalah atau tidak mau kalah dalam sengketa tanah. Alat ini dapat digunakan untuk mengintai atau melihat benda-benda di balik tembok. Lipatlah kardus membentuk tabung dan rekatkan dengan selotip. 2008 oleh mallarangan15 Disaat kebanyakan masyarakat Indonesia kesehariannya disuguhkan berita kekerasan. PSBG Karya Mandiri Guru melaksanakan roll-out IW secara mandiri. APM ini lahir untuk memperkuat Pembelajaran “Penerapan Sifat Cahaya”. Potonglah persegi panjang kecil membentuk sudut 45 derajat pada dua sisi yang lain. 4.busur derajat.

.berkreasi dan penuh inspirasi. Catatan: APM ini dapat pula dibuat dari pipa paralon ukuran kecil. DIarsipkan di bawah: Uncategorized Alat Peraga Murah : Replika Mesin Uap Ditulis pada Mei 15. menjadi energi uap lalu berubah menjadi energi gerak. 2008 oleh apakabarpsbg Alat Peraga Murah (APM) Replika Mesin Uap ini diproduksi oleh PSBG Borobudur. Selipkan cermin datar pada celah bersudut dan rekatkan dengan selotip. Dapat dimanfaatkan pula untuk memvisualisasikan prinsip kerja dari PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap). Propinsi Jawa Tengah. Kecamatan Banjar Rejo. prinsip kerja kereta api uap dan cara kerja penyulingan. Alat peraga ini dapat dipergunakan untuk menjelaskan perubahan energi kimia menjadi energi panas.6. Kabupaten Blora. Salah satu cermin menghadap ke atas dan yang lainnya menghadap kebawah. Silahkan mencoba. 7.

Sedangkan alat yang digunakan adalah gunting. 3 kaleng obat padi bekas. kemudian tempelkan pipa besi yang berdiameter 1.10 cm pada kaleng baigon bekas 3. kawat jeruji sepeda . kaleng baigon bekas.5 cm dan panjangnya 5 . Cara pembuatan : 1. 2 kaleng bedak purol bekas. Replika mesin uap dioperasikan . karet gelang. tong. 2 cup pentil sepeda bekas.Bahan yang dibutuhkan untuk membuat alat peraga ini meliputi Kaleng roti bekas yang berbentuk persegi panjang. Buatlah lubang kecil pada kaleng baigon bekas. Buatlah lubang dengan paku besar selebar pipa besi yang berdiameter 1. lem besi/plastik stil. Tempelkan kaleng baigon bekas diatas dua kaleng bedak purol bekas 4. Buatlah baling-baling dari kaleng sprite bekas. spirtus dan cat. Sebelum api dinyalakan. pipa besi berdiameter 1. Buatlah 2 sentir yang berasal dari kaleng obat padi bekas yang diisi dengan spirtus 8. masukkan pipa tembaga kecil dan lem dengan plastik stil sampai rapat 5.5cm pada kaleng baigon bekas. air. kaleng sprite bekas. berilah penyangga kawat/jeruji sepeda dan letakkan baling-baling tersebut diatas kaleng cat bekas kecil 6.5 cm. palu. Buatlah kawat penyangga yang di lem dengan kaleng cat bekas sedang 7. 2. pipa tembaga kecil. Tutuplah pipa dengan plastik dan ikatlah dengan karet gelang 10. 1. isilah air ke dalam kaleng baigon bekas secukupnya 9. gergaji besi. plastik. kaleng cat bekas sedang dan kecil. Tempelkan dua kaleng bedak purol bekas diatas kaleng roti bekas dengan lem plastik stil. korek api.

Teropong Bintang Teropong bintang adalah alat yang digunakan untuk melihat atau mengamati bendabenda di luar angkasa seperti bulan. Teropong Bumi Teropong bumi adalah alat yang digunakan untuk melihat atau mengamati benda-benda jauh yang ada di permukaan bumi. dan lain-lain. Proyektor Slide.Cara penggunaannya adalah Mengisi air secukupnya pada tabung/kaleng yang atas dan diberi sumber energi panas menggunakan sentir/lilin (lampu minyak) sehingga air akan mendidih dan menguap lewat pipa tembaga kecil dan menyemprot ke baling-baling sehingga baling-baling dapat bergerak. 08/12/2007 . Lensa optik bisa terbuat dari bahan kaca. fiber. dan lain sebagainya. virus. plastik. Sujito Ketua PSBG : Karyono PBS 1 : Purwanto. Sifat bayangan yang terjadi yaitu maya. S. Sifat bayangannya adalah maya. 2. Lup. terbalik dan diperbesar. 3. Dsb Sat. Mikroskop Mikroskop adalah alat yang dapat digunakan untuk melihat suatu benda yang jaraknya dekat dengan ukuran yang sangat kecil (mikron) untuk diperbesar agar dapat dilihat secara detil. Periskop. Berikut di bawah ini merupakan arti definisi / pengertian dari beberapa benda / alat optik yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Bayangan yang terbentuk sifatnya maya.3:51pm — godam64 Benda optik adalah benda yang menggunakan lensa optik untuk melakukan fungsinya dalam membantu kegiatan tertentu.Pd Pengertian Alat/Benda Optik : Mikroskop. S. 1. diperbesar dan tegak. bintang. OHP. Teropong. . Tim Produksi : • • • • LRC (Learning Resource Coordinator) : Drs. Biasanya digunakan untuk melihat bakeri.Pd PBS 2 : Sri Suwarni. komet. terbalik dan diperbesar. dan lain sebagainya. sel.

10. Overhead Proyektor / OHP Over Head Projectror adalah benda yang berguna untuk melihat bayangan gambar diapositif seperti yang umumnya digunakan untuk presentasi di kelas. diperbesar. 7. 5. 11. 8. Periskop Periskop adalah teropong yang digunakan oleh kapal selam yang pada umumnya digunakan untuk melihat keadaan sekitar di luar kapal selam. 6. Proyektor Slide Proyektor slide adalah alat yang memiliki fungsi menampilkan bayangan sebuah gambar positif yang dapat ditembus cahaya. 9. Teropong Radio Teropong radio adalah benda optik yang digunakan untuk melihat benda angkasa di luar angkasa yang jaraknya sangat jauh sekali. Teropong Prisma Teropong prisma adalah tropong yang berfungsi untuk melihat benda yang jauh agar tampak lebih dekat dan terlihat jelas. Episkop Episkop adalah suatu benda yang berguna untuk memproyeksikan gambar yang tidak tembus cahaya dengan sifat bayangan tegak diperbesar.4. maya. Teropong Cermin Tropong Cermin adalah teropong yang digunakan untuk melihat benda-benda langit antariksa dengan sifat gambar tidak terbalik. • fisika . Kaca Pembesar / Lup / Loop Kaca pembesar adalah benda optik yang berguna untuk mengamati benda kecil agar tampak lebih besar dan jelas dengan menggunakan jenis lensa positif.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->