You are on page 1of 9

CORAL BLEACHING MENGAPA DAN BAGAIMANA

CORAL BLEACHING
BLEACHING MERUPAKAN WARNA YANG TIMBUL DALAM SIMBIOSIS ANTARA ALGA DINOFLAGELLATA DARI GENUS Symbiodinium DAN HEWAN BENTIK, SEPERTI KARANG. BLEACHING ADALAH KEJADIAN HILANGNNYA WARNA KARANG KARENA ADANYA DEGRADASI DARI PIGMEN ALGA. PADA MUSIM TERTENTU DIMANA TEMPERATUR LAUT SEMAKIN MENINGKAT DAPAT BERPOTENSI TERJADINYA BLEACHING. Symbiodinium ADALAH BAGIAN DARI ZOOXANTHELLAE YANG BERWARNA KUNING KECOKLATAN. WARNA DARI Symbiodinium DIDOMINASI OLEH KLOROFIL A DAN C2 DAN BERBAGAI JENIS KAROTENOID. PADA UMUMNYA BLEACHING MENYEBABKAN PERTUMBUHAN KARANG TERHAMBAT DAN BERPOTENSI TERJADI KEMATIAN. BLEACHING DAPAT DIANGGAP SEBAGAI RESPON FISIOLOGIS ATAU GEJALA YANG DIALAMI OLEH KARANG.

SEBUAH PENELITIAN BERPENDAPAT BAHWA YANG MENYEBABKAN BLEACHING TERDIRI DARI 3 ELEMEN : 1. FAKTOR EKSTERNAL (PERUBAHAN TEMPERATUR YANG EKSTRIM) 2. FAKTOR ELIMINASI (MEKANISME KARANG TERHADAP LINGKUNGAN) 3. FAKTOR GEJALA (SEL ALGA DAN PIGMEN MENJADI HILANG) TERUMBU KARANG SANGAT SENSITIF TERHADAP PERUBAHAN TEMPERATUR. PERUBAHAN SUHU 10 C PADA WAKTU YANG LAMA DAPAT MENYEBABKAN BLEACHING PADA KARANG.

BERIKUT BEBERAPA FENOMENA CORAL BLEACHING

MEKANISME TERJADINYA BLEACHING

1. FAKTOR PEMICU - PERUBAHAN TEMPERATUR YANG EKSTRIM - PENYINARAN YANG TERLALU TINGGI - KEGELAPAN YANG TERLALU LAMA - LOGAM BERAT (Copper DAN Cadmium) - MIKROORGANISME PATOGEN (BAKTERI Vibrio shiloi MENYEBABKAN BLEACHING PADA KARANG Oculina patagonia, KARENA BAKTERI TERSEBUT DAPAT BERTAHAN PADA SUHU > 250 C

2. TERJADI BLEACHING YANG AKAN MERUSAK METABOLISME INANG

3. GEJALA PENGELUARAN SEL Symbiodinium DARI INANG

PENYEBAB SIMBIOSIS Symbiodinium BLEACHING

1. PERGANTIAN SIMBION DARI TEMPAT YANG MUTUNYA RENDAH MENUJU KE SIMBION LAINNYA. CONTOH KOLONI DARI Montastraea faveolata. 2. PERGANTIAN POPULASI Symbiodinium BERHUBUNG HABISNYA HEWAN YANG DITEMPATI. CONTOH : Hydra DAPAT DIINFEKSI OLEH ALGA HIJAU (Chlorella) 3. ALTERNATIF INANG Symbiodinium COCOK

KESIMPULAN
1. BERDASAR PENELITIAN SELAMA 2 DEKADE BERPENDAPAT BAHWA BLEACHING PADA UMUMNYA MERUSAK KARANG DAN BERLANJUT PADA KOMUNITAS TERUMBU KARANG. 2. BLEACHING DAPAT DIARTIKAN SEBAGAI PENYAKIT YANG MENGAKIBATKAN HILANGNYA RESPON FISIOLOGI KARANG. 3. VARIASI TEMPERATUR PADA GEOGRAFI DAPAT MENGINDIKASIKAN PENYEBARAN BLEACHING. 4. DIBUTUHKAN MANAJEMEN YANG BAIK UNTUK MELINDUNGI EKOSISTEM TERUMBU KARANG DARI FAKTOR LOKAL ANTHROPOGENIC.

TERIMA KASIH ATAS SEMUA PERHATIANNYA