Pengaruh Kemajuan Fungsi Telepon Genggam Terhadap Kehidupan Sehari-hari I.

Permasalahan Komunikasi dilakukan oleh manusia untuk berbicara dan berinteraksi dengan manusia satu sama lain. Betapa sulit manusia yang memiliki tempat tinggal berjauhan untuk dapat saling berkomunikasi. Ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju membuat orang-orang berpikir untuk menciptakan suatu alat komunikasi yang praktis sehingga berkomunikasi dapat dilakukan dengan mudah. Telepon genggam atau yang biasa disebut dengan handphone adalah alat komunikasi yang paling praktis yang digunakan untuk berkomunikasi karena dapat dibawa kemanapun orang berpergian. Dimanapun seseorang berada, ia dapat berkomunikasi dengan orang lain. Pada awal pembuatannya, telepon genggam mempunyai tujuan yang sangat baik yaitu agar komunikasi dapat berjalan lancar, namun sekarang semakin majunya ilmu pengetahuan, telepon genggam tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi namun juga dapat berfungsi sebagai kamera, pemutar musik bahkan saat ini dapat mengakses internet dengan mudah sehingga kemajuan fungsi dari telepon genggam ini, membuat manusia menjadi individualis.

II. Interpretasi Tesis Sebagai Respon Masalah Menurut Keraf & Dua (2001) Beberapa aktifitas kita yang bertolak dari pengetahuan ilmiah dapat membawa dampak-dampak yang menguntungkan dan merugikan. Kemajuan dari fungsi telepon genggam ini membawa dampak yang menguntungkan dan merugikan bagi masyakarat penggunanya. Menguntungkan karena berkomunikasi dapat berlangsung dengan mudah, semua orang di belahan bumi manapun dapat terjangkau tetapi merugikan karena telepon genggam yang ada sekarang ini tidak lagi digunakan sesuai fungsinya. Manusia menjadi individualis. Bila bisa memiliki telepon genggam yang tercanggih mengapa tidak dimiliki sehingga telepon genggam menjadi suatu prestige bagi dirinya tanpa memikirkan apakah telepon genggam itu berguna atau tidak bagi dirinya. Terutama ketika
1

munculnya Blackberry. Manusia tidak lagi bersosialisasi secara langsung dengan masyakarat sekitarnya, manusia cenderung mementingkan diri sendiri dan manusia berada di dalam dunia maya ketika berkomunikasi dengan orang lain seperti sms, chatting, membuka jaringan sosial berupa twitter dan facebook melalui telepon genggam yang dimilikinya.

III. Kesimpulan Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi perkembangan telepon genggam, seharusnya membawa dampak yang baik bagi berlangsungnya kehidupan masyakarat namun pada kenyataannya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi perkembangan telepon genggam ternyata membawa dampak yang tidak baik, karena itu dalam menghadapi ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju, manusia harus memiliki pengontrolan diri yang baik agar manusia dapat membatasi dirinya dalam menggunakan teknologi, membagi waktunya dengan baik dalam berkomunikasi dengan manusia lain baik secara langsung maupun secara tidak langsung, sehingga manusia tidak menjadi individualis.

IV. Daftar Pustaka Keraf, A.S & Dua, M. (2001). Ilmu Pengetahuan Sebuah Tinjauan Filosofis. Yogyakarta : Kanisius.

2