Nama NIM

: Setiani : 1001170

Tugas Modul 1 Unit 1

Seseorang yang berhasil mempelajari ilmu PKK adalah orang yang mampu mengerti, menghayati, dan bersedia mengabdi. Ada 6 konsep yang harus diberikan dalam memantapkan perkembangan PKK sebagai ilmu pendidikan dewasa ini. Ke 6 konsep tersebut adalah sebagai berikut : 1. Tertarik pada kehidupan manusia yang artinya mempunyai rasa sosial yang tinggi. Maksudnya mempunyai rasa kepedulian terhadap sesama manusia baik dalam kehidupan bermasyarakat dan berkeluarga. Rasa peduli tersebut bisa digambarkan dengan mengikuti kegiatan atau organisasi yang ada di sekitarnya seperti organisasi PMR,PRAMUKA,Karangtaruna dsb. Bisa juga dengan mengikuti kegiatan amal menjadi relawan ketika ada bencana alam, ataupun memberikan penyuluhan kepada masyarakat sekitar mengenai kehidupan bersosial.

2. “Tersentuh” pada keadaan sekitar yang artinya ia memperhatikan lingkungan secara fisik, mental, dan sosial. • Memperhatikan keadaan lingkungan sekitarnya secara fisik berarti ia

memiliki kepedulian terhadap apa-apa saja yang ada di sekitar lingkungannya. Perhatian dan kepeduliaannya itu bisa dicerminkan dengan menjaga kebersihan,, kenyamanan, kesehatan dan keindahan lingkungannya. contoh membersihkan saluran air yang macet, slalu mengikuti kegiatan kerja bakti yang dilaksanakan dilingkungan sekitar dan membuang sampah pada tempatnya.

ataupun keluarga. • Memperhatikan keadaan lingkungan sekitarnya secara sosial berarti memperhatikan segala sesuatu yang berhubungan dengan sosialisasi antar masyarakat. Mempunyai keyakinan kuat bahwa kesejahteraan masyarakat khususnya dan manusia pada umumnya dapat diperbaiki dan ditingkatkan melalui kehidupan keluarga.contohnya memberi salam bila bertemu dengan teman.tetangga.saling menghargai dan menerapkan pembelajaran mengenai keluarga sejahtera dalam kehidupan berkeluarga. Contohnya : seorang ibu yang mendidik anaknya agar menjadi orang yang berguna dan berakhlak mulia yang kemudian diterapkan oleh anak itu dalam kehidupannya saat dewasa dan berkeluarga. Tertarik pada kehidupan keluarga yang artinya ia memberi penilaian yang cukup tinggi pada lembaga ini dengan segala aktifitasnya.• Memperhatikan keadaan lingkungan sekitarnya secara mental maksudnya memperhatikan kondisi lingkungan sekitarnya yang berhubungan dengan cara berpikir dan berperasaan. Mempunyai keyakinan bahwa daya kerja atau usaha seseorang akan mendapat hasil yang diharapkan artinya ia yakin akan apa yang disebut kemauan dan daya kreasi adalah dasar untuk usaha mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan keluarga. yang berarti pula ia mempunyai keyakinan kuat tentang perlunya pendidikan individu untuk mendapat pendidikan kesejahteraan keluarga umumnya dan pendidikan kehidupan keluarga khususnya.tetangga dan keluarga. 4. Contohnya dengan membagikan buku pelajaran yang sudah tidak terpakai kepada anak. Contohnya seseorang membuka toko bakery kecil-kecilan dengan usaha keras yang dilakukan. Contohnya : membangun keluarga yang harmonis. 5. . membantu orang yang membutuhkan dengan senang hati.mengeluarkan semua kreatifitas dan berinovasi tanpa putus asa lambat laun usahanya akan membuahkan hasil yang memuaskan.anak putus sekolah agar tetap bisa belajar. 3.

b. obyek ilmu itu sendiri atau apa yang dipermasalahkan. Tertarik pada bidang PKK yang berdiri sendiri yang artinya ia tertarik akan ilmu PKK yang berdiri sendiri diantara ilmu-ilmu lainnya dengan syarat-syarat atau ciri-ciri disiplin ilmu lainnya seperti. metoda ilmiah yang dipergunakan dalam memperkembangkan ilmu itu dan batas ilmu itu sendiri. Gambarkan ciri-ciri PKK sebagai ilmu dengan kata-kata sendiri! Dalam PKK terdapat berbagai ilmu yang mempunyai teori. Berikan contoh dari kehidupan sehari-hari yang melukiskan tentang setiap ciri PKK sebagai ilmu! .6. Mengapa PKK dapat dipandang sebagai ilmu terapan tentang kesejahteraan dan kehidupan keluarga ? jawaban : karena ilmu PKK merupakan kegiatan pembelajaran mengenai kehidupan berkeluarga yang sejahtera yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan objek manusia/individu yang menerapkannya demi mewujudkan keluarga yang sejahtera. objek yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yang bertujuan untuk mendidik. 2. konsep.a. Nama NIM : Setiani : 1001170 Tugas Modul 1 Unit II 1. membentuk dan memperbaiki kepribadian seseorang sehingga akhirnya bisa memperpaiki kehidupan dalam berkeluarga dan bermasyarakat.

tunjukan definisi PKK yang menekankan pada : o ruang lingkup PKK Pendidikan Kesejahteraan Keluarga mencakup kehidupan individu sebagai anggota keluarga. Gambarkan fungsi PKK yang tersirat dalam : o Tujuan Umum PKK : • Membimbing individu agar dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya sehingga dapat menaikan taraf kehidupan dan kebahagiaan keluarganya • Menciptakan individu yang sadar akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara yang baik sehingga dapat membentuk keluarga yang bahagia . Menurut analisis atau pemikiran anda. 3. dan masyarakat yang menjadi wadah tempat dimana lembaga sosial itu hidup. o Penelitian tentang kebutuhan individu dan perbaikan kondisi masyarakat 4. o Pengembangan individu sebagai anggota keluarga PKK adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan manusia dalam berkeluarga dan bermasyarakat. keluarga sebagai lembaga sosial. o Pengembangan kemampuan individu mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan keluarga PKK adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan manusia dalam berkeluarga dan bermasyarakat.Menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi dikehidupan berkeluarga maupun bermasyarakat dengan cara bermusyawarah untuk mendapatkan penyelesaian tanpa menggunakan kekerasan. salah satunya membimbing individu agar kepribadiannya dapat berkembang khususnya dalam kehidupan keluarga. salah satunya membimbing individu agar kepribadiannya dapat berkembang secara harmonis menurut potensi yang ada padanya.

berorientasi dan beroperasi dalam kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat. keluarga. o Tujuan Khusus PKK : Membentuk kepribadian seseorang agar bisa bersosialisasi. Kemukakan lingkup PKK ditinjau dari segi kehidupan : Lingkup PKK dari segi kehidupan mencakup kehidupan individu (anggota keluarga). • Bidang Materil dalam Kehidupan Keluarga : kemampuan anggota keluarga untuk dapat mengatasi segala masalah-masalah yang ada di dalamnya b.sehingga dapat menjalin keluarga yang bahagia dan memiliki budi pekerti yang baik. Kemukakan lingkup PKK secara kategorial • Human Relations Intra Keluarga : Hubungan antara salah satu anggota keluarga dengan anggota keluarga lainnya yang membentuk relasi positif dengan saling menghargai. c. dan masyarakat. Gambar seorang individu (anggota keluarga) yang memiliki kesehatan mental yang memadai Ketika seorang individu (anggota keluarga) menghadapi atau mengalami sebuah konflik atau masalah yang ada di keluarganya dia bisa menyelesaikannya dengan .menghormati dan memercayai dalam keluarga dengan tujuan dan filsafat hidup yang sama . • Mental Hygiene Intra Keluarga : Menjelaskan bahwa setiap individu memiliki kebutuhan hidup masing-masing dan bertujuan agar setiap anggota keluarga atau individu tersebut dapat mengatasi kebutuhan masalah hidupnya secara wajar tanpa mengganggu kebutuhan orang lain.• Mendidik individu agar memiliki kemampuan/keterampilan dalam kehidupan berkeluarga . 5.a.

.dan selalu berfikir positif terhadap suatu kejadian.kepala dingin tanpa melakukan kekerasan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful