Sejarah Borland Delphi

yPengenalan Borland Delphi Delphi adalah sebuah bahasa pemrogaman dan lingkungan pengembangan perangkat lunak. Produk ini dikembangkan oleh Borland(sebelumnya dikenal sebagai Inprise). Bahasa Delphi, yang sebelumnya dikenal sebagai object pascal (pascal dengan ekstensi pemrogaman berorientasi objek (PBO/OOP)) pada mulanya ditujukan hanya untuk Microsoft Windows, namun saat ini telah mampu digunakan untuk mengembangkan aplikasi untuk Linux dan Microsoft .NET framework (lihat di bawah). Dengan menggunakan Free Pascal yang merupakan proyek opensource, bahasa ini dapat pula digunakan untuk membuat program yang berjalan di sistem operasi Mac OS X dan Windows CE. Khusus untuk pemrogaman database, Borland Delphi menyediakan fasilitas obyek yang kuat dan lengkap yang memudahkan programmer membuat program untuk aplikasi database. Format database yang dimiliki Delphi yaitu format database Paradox, dBase, MS Access, ODBC, SyBASE, Oracle dan lain-lain yPengembangan Delphi Umumnya delphi lebih banyak digunakan untuk pengembangan aplikasi desktop dan enterprise berbasis database, tapi sebagai perangkat pengembangan yang bersifat generalpurpose ia juga mampu dan digunakan dalam berbagai jenis proyek pengembangan software. Ia juga yang dikenal sebagai salah satu yang membawa istilah RAD tool, kepanjangan dari Rapid Application Development, saat dirilis tahun 1995 untuk windows 16-bit. Delphi 2, dirilis setahun kemudian, mendukung lingkungan windows 32-bit, dan versi c++, C++Builder, dirilis beberapa tahun kemudian. Pada tahun 2001 sebuah versi linux yang dikenal sebagai Kylix tersedia. Dengan satu rilis baru setiap tahunnya, pada tahun 2002 dukungan untuk Linux (melalui Kylix dan CLX component library) ditambahkan dan tahun 2003 .NET mulai didukung dengan munculnya Delphi.Net (Delphi 8). Kini sudah keluar juga untuk versi .NET terbaru yaitu RAD Studio 2007 dan Turbo Delphi .NET dengan versi desktopnya yaitu Delphi 2007 for win 32 dan Turbo Delphi. Chief Architect yang membidani Delphi, dan pendahulunya Turbo Pascal, adalah Anders Hejlsberg sampai kemudian ia pindah ke Microsoft tahun 1996 di mana ia sebagai chief designer C# dan termasuk orang kunci dalam perancangan Microsoft .Net Framework. Dukungan penuh untuk .Net ditambahkan pada Delphi 8 (dirilis pada bulan Desember 2003) dengan penampilan user interface (look and feel) mirip dengan Microsoft Visual Studio .NET. Delphi 2005 (nama lain dari Delphi 9) mendukung code generation baik untuk win32 maupun .NET, dan seperti yang telah dikenal, fitur-fitur manipulasi data secara live dari database secara design-time. Ia juga membawa banyak pembaruan pada IDE secara signifikan.

Toolbar. VCL/CLX (Visual Component Library). Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini. Kompilasi yang dapat menghasilkan kode yang berjalan secara native x86 ataupun managed code pada arsitektur framework . Component Palette. Pendelegasian implementasi interface pada Field ataupun property dari class. Produk delphi ini didistribusikan dalam beberapa rancangan: Personal. Namun dalam pengembangan Delphi. Pendelegasian (type safe method pointer) yang digunakan untuk memproses event yang dipicu oleh component 5. Professional. yHal Umum Tentang Delphi Perbedaan fitur yang utama antara Delphi.NET. dan component library (VCL / CLX) yang disediakan oleh vendor tunggal memungkinkan satu paket yang lebih konsisten dan mudah dikenali. benar. 3. dan banyaknya komponenkomponen pihak ketiga yang mendukungnya. Code Editor dan Object Inspector.Para penganjur delphi mengklaim dengan bahasa pemrograman Delphi. yaitu Main Window. Penekanan konektifitas database yang sangat baik. Property index dan Default yang menyediakan akses pada data kolektif 4. 6. Aspek penting yang perlu dicatat tentang Bahasa pemrograman Delphi termasuk: 1. Form Designer. bersifat sebagai interface yang independen dengan implementasi class sebagai reference counted 8. sebagai getter dan setter (atau accessor and mutator). Implementasi penanganan windows message dengan cara membuat method dalam class dengan nomer/nama dari windows message yang akan dihandle. Properti sebagai bagian dari bahasa tersebut. Penanganan object sebagai reference/pointer secara transparan 2. . yang secara transparan mengenkapsulasi akses pada field-field anggota dalam kelas tersebut. Kylix dengan IDE-IDE yang lain adalah keberadaan bahasanya (Bahasa pemrograman delphi). terdapat 1 bagian IDE lagi yaitu Object Tree View. Enterprise (sebelumnya Client/Server) dan Architect. Lingkungan pengembangan terpadu atau Integrated Development Environment (IDE) dalam program Delphi terbagi dalam 6 bagian utama. 7.

memudahkan distribusi dan meminimalisir masalah yang terkait dengan versioning .y Keunggulan dan Kelemahan Delphi Delphi mempunyai keunggulan ± keunggulan : 1. Komunitas pengguna yang besar pada Usenet maupun web 2. Dapat mengkompilasi menjadi single executable.

Beroperasi umumnya pada sistem operasi berbasis x86. Mendukung multiple platform dari source code yang sama Kelemahan ± kelemahan Delphi : 1. Produk-produk berikut bisa membuat kode delphi berjalan dalam alur yang tidak mungkin dilakukan oleh Delphi (seperti dukungan terhadap sistem operasi yang berbeda. umumnya produk tersebut sudah mensupport linux sebelum kylix muncul. tool debugging) 4. kompatibilitas yang harus mengikutinya) 2. Mendukung Linux. distribusi yang gratis dan penggunaan untuk kebutuhan pendidikan. Fitur yang terdapat pada Delphi versi 4 ke atas hanya diimplementasikan pada seri versi 1. ada beberapa usaha yang dilakukan untuk membuat kompatibilitas bahasa ini menjadi lebih baik atu bahkan lebih buruk dengan membuat kode delphi yang tidak bisa dicapai oleh delphi ataupun kylix sendiri.0. Optimasi kompiler yang cukup cepat 5. Mac OS dan Mac OS X (termasuk implementasi Xcode pada keluarga PowerPC. dan Linux berbasis AMD64. SPARC and arsitektur Mesin RISC Acorn (ARM) masih sedang dikerjakan dan belum siap dideploy.x (akan menjadi seri 2. Dokumentasi atas platform dan teknik-teknik yang menyertainya sulit ditemukan dalam bahasa pascal (contoh akses COM dan Win32) . yBeberapa Klon Delphi Meskipun tidak bersifat subsitutif penuh terhadap keseluruhan paket delphi. Akses pada platform dan library pihak ketiga membutuhkan file-file header yang diterjemahkan ke dalam bahasa pascal 4. Versi beta ini sudah bisa digunakan secara baik. Banyaknya dukungan dari pihak ketiga terhadap VCL (biasanya tersedia berikut source codenya) ataupun tools pendukung lainnya (dokumentasi.9. o Bloodshed Dev-Pascal Salah satu IDE Win32 yang mensupport GNU Pascal maupun Free Pascal o Free Pascal Kompiler berbasis commandline dengan dialek yang sangat dekat dengan Turbo Pascal dan Delphi. Partial single vendor lock-in (Borland dapat menetapkan standar bahasa.3. Produk-produk berikut ini umumnya digunakan untuk kebutuhan edukasi dan mengusahakan agar sisi aplikasi delphi yang berjalan pada server bisa berjalan pada sistem operasi alternatif selain dari yang didukung oleh delphi/kylix. . Terbatasnya kamampuan portabilitas antar-platform OS (sebelum ada kylix) 3. dan penyertaan kode dari kompilernya sendiri) yang menjadikan vendor bisa menjadi lebih independen.x).

komponen DecisionCube dan TeeChart. Delphi 2 diklaim sebagai satu-satunya alat Rapid Application Development yang menggabungkan antara kinerja compiler yang tercepat.o GNU Pascal secara terpisah didistribusikan sebagai bagian dari GNU Compiler Collection dan tidak mendukung dialek pascal yang diimplementasikan borland o InnerFuse merupakan interpreter bahasa Delphi yang dapat diintegrasikan dengan aplikasi Delphi o Lazarus merupakan satu upaya untuk membangun sebuah RAD berbasis Free Pascal. Delphi 1 ± Pertama kali dirilis pada tahun 1995. Delphi 3 ± Dirilis pada tahun 1997. template komponen. DLL Debugging. o OpenSibyl o Virtual Pascal o WDOSX o Winsoft Pocket Studio Sejarah Borland Delphi Diambil dan disarikan dari tulisan Zarko Gajic. memperkenalkan beberapa fitur baru seperti teknologi code insight. method . produktifitas dari desain berbasis komponen dan fleksibilitas arsitektur database dalam suatu lingkungan berorientasi objek. Menambahkan fitur AppBrowser. Delphi 4 ± Dirilis pada tahun 1998. Delphi 3 dinyatakan sebagai tools yang sangat komprehensif untuk pengembangan pemrograman visual dan client/server. pendekatan berbasis form dengan dukungan database yang luar biasa. mendukung tipe data variant dan long string. anchoring dan constraining pada komponen. memperkenalkan teknologi docking. Delphi dan Delphi Client Server merupakan satu-satunya tool pengembangan yang menyediakan keuntungan Rapid Application Development (RAD) dari disain berbasis komponen visual. array dinamis. pengembangan database grid. merupakan pengembangan dari bahasa Borland Pascal dengan menyediakan pemrograman berorientasi object. automasi OLE. Delphi 2 ± Dirilis pada tahun 1996. dikembangkan untuk platform Win32 yang sepenuhnya mendukung teknologi Windows 95. sangat terintegrasi dengan windows dan pengenalan teknologi komponen. teknologi WebBroker dan integrasi dengan COM melalui interface.

maka borland International merilis Turbo Pascal for windows yang dijalankan dibawah sistem operasi windows 3. Keberadaan bahasa pemrograman Delphi tidak bisa dipisahkan dari bahasa Turbo pascal yang diluncurkan pada tahun 1983 oleh Borland International Incorporation. 6. Delphi menyediakan cukup banyak pilihan komponen interface aplikasi. dimana sistem operasi mulai bergeser ke sistem operasi windows.overloading. mendukung Windows 98. Selain itu anda dapat menyusun aplikasi yang lebih interaktif. meletakkan dan mengatur komponen. Turbo pascal memang dirancang untuk dijalankan pada operasi DOS (Disk Operating System) yang merupakan sistem operasi yang banyak digunakan pada saat ini. antara lain berupa tombol menu. 7 dan seterusnya akan dilanjutkan nanti « Minggu. Trend penggunaan bahasa pemrograman visual untuk membangun sebuah aplikasi telah mendorong Borland membuat bahasa pemrograman baru pada tahun 1995 diperkenalkan kepengguna komputer sebuah bahasa pemrograman visual yang berbasis bahasa pascal. Penggunaan delphi dapat mempersingkat waktu pemrograman. kotak text. Delphi 5. Bahkan ada berbagai mascam komponen Skin tampilan yang beragam yang disediakan oleh . karena anda tidak perlu lagi menuliskan kode program yang rumit dan panjang untuk menggambar. radio button. dan sebagainya. drop down. Namun ternyata bahasa pemrograman baru tersebut ternyata masih sulit di gunakan. 01 Februari 2009 Mengenal Borland Delphi 7.0 Delphi adalah sebuah bahasa pemrograman visual di lingkungan windows ( under windows) yang menggunakan bahasa pascal sebagai Compiler. check box. Sejarah Borland Delphi 7. ataupun menu pop up. peningkatan dukungan OLE dan COM sebagai dukungan tambahan untuk koneksi database.X. Seiring dengan perkembangan zaman.0 pada tahun 1992 muncul bahasa pemrograman baru bernama Borland Pascal 7 yang merupakan penggabungan dari Turbo Pascal dan Turbo pascal for windows. Bahasa pemrograman baru tersebut diberi nama Borland Delphi setahun kemudian versi ke dua dari delphi dilempar kepasaran.

y Borland delphi 7. versi terbaru yang dikeluarkan oleh Borland. Hal ini disebabkan kelebihan yang ada pada borland delphi 7. Delphi 7. bila ingin berganti flattform dari Windows ke Linux maka aplikasi yang dibuat di Delphi dapat dijalankan di Kylix 3 yang dikarenakan kedua produk tersebut merupakan produk Borland.0 Borland delphi 7. Foxpro. Oracce.0 antara lain : y y Berbasis Objek Orientid programming. . koneksi atau file pendukung lainnya.0 berikut ini beberapa kelebihan borlan delphi 7. Program yang anda buat dapat langsung didistribusikan dan dijalankan pada komputer lain tanpa perlu menyertakan file lain.exe atau Applikasi tersebut membutuhkan file lain seperti database.0. dan dilengkapi dengan objek-objek yang baru sehingga memudahkan pembuatan database maupun program lainnya (Game. setelah anda merancang program pada IDE Delphi akan mengkomplikasinya pada sebuah file executable tunggal.0 merupakan pilihan bagi sebagian kalangan programmer untuk membuat aplikasi. kecuali file yang beretensi *.beberapa vendor lainnya. seperti. Anda tinggal memilih komponen yang dibutuhkan dengan klik mouse. sehingga kita dapat membuat tampilan sebuah program dengan desain kita sendiri tanpa harus membuat codding yang panjang. Utility dan lainnya). Suatu file EXE. memiliki support yang sangat tinggi terhadap data base-data base yang sudah terkenal (seperti MS Accsses. ini merupakan kelebihan yang sangat berarti. dan lain sebagainya). Dbase.0 Kelebihan Borland Delphi 7.0 hadir bersama borland Kylix 3 yang berbasis Linux. Gambar Tampilan Borland Delphi 7. SUIPack. Sxskincomponents. mengatur tampilannya kemudian menuliskan sedikit kode program. seperti bagian yang ada pada program dipandang sebagai suatu objek yang mempunyai sifat-sifat yang dapat diubah dan diatur . dan lain sebagainya. Paradox. maka aplikasi anda siap dijalankan.

. Enterprise. Yogyakarta Sejarah Bahasa Pemrograman Delphi Delphi«merupakan salah satu jenis bahasa pemrograman yang fleksibel penggunaannya untuk mengembangkan aplikasi program under Windows dengan tampilan yang smooth seperti pada Sistem Operasi Windows itu sendiri. windows 2000 atau windows 98. dan propesional.dll referensi: Wahana Komputer. Spesifikasi minimal yang dibutuhkan antara lain : y y y y y Processor pentium 233 MHz atau yang lebih tinggi. Pemrograman Borland Delphi 7.0 ini dapat dioperasikan dengan baik anda membutuhkan perangkat keras dan perangkat lunak dengan spesifikasi tertentu.0. Mendengar kosakata Delphi mungkin orang sudah tidak asing dengan nama ini yang memang menggunakan kosakata bahasa Yunani.Kebutuhan Sistem Agar delphi versi 7. Borland sebagai pengembang perangkat lunak yang sudah ada sejak era 1980 an menggunakan ikon dan nama Delphi sebagai salah satu perangkat lunak pembantu pemrograman untuk membuat program . Titan dan lain sebagainya. Mouse. Andi Offset. Delphi memerlukan perangkat keras (Hardware) dengan ruang hard disk dan memori yang relatif besar untuk untuk pembuatannya tetapi untuk pemakaiannya / menggunakan hasil file Aplikasinya tidaklah membutuhkan spesifikasi yang besar. Memori membutuhkan RAM 64 MB untuk edisi Architect. Untuk Hard disk minimal size yang kosong sebesar 500 Megabyte.Keybord. Konon dalam sejarah mitologi Yunani. tergantung besar kecilnya program yang kita terapkan pada komputer tersebut. Delphi adalah kuil yang dibangun untuk menyembah Dewa Apollo. kecuali untuk personal 32 MB disarankan 128 MB. salah satu Dewa yang disegani oleh orang-orang Yunani selain Dewa-Dewa lain seperti Jupiter. 2002. Sistem operasi windows XP.

0 menjadi Turbo Pascal 2.5 Pada 23 Oktober 1990. Borland kembali merevisi ulang perangkat lunak Turbo Pascal 3.5 menjadi Turbo Pascal 6. . Kesemua jajaran produk borland tersebut pernah berjaya sebagai produk-produk unggulan di masanya. Borland kembali merevisi ulang perangkat lunak Turbo Pascal 5. 20 Nopember 1983.0 menjadi Turbo Pascal 5.0 Pada 24 Agustus 1988. Borland melakukan riset untuk menerjemahkan ide dari kristalisasi ANSI Pascal (Pascal yang distandarisasi) yang kemudian menelurkan kompiler Pascal ke dalam pengembangan perangkat lunaknya yaitu Turbo Pascal 1. C++ Builder saat ini.0 berjalan pada sistem operasi PC/MS DOS dengan keterabatasan memory yang saat itu bisa berjalan pada ukuran 1 Mbyte saja.0 menjadi Turbo Pascal 3.0. Pada 20 Nopember 1987. Borland melakukan migrasi perangkat lunaknya ke dalam platform sistem operasi Microsoft Windows dengan menelurkan produk Turbo Pascal for Windows 1. Kemudian.0 menjadi Turbo Pascal 5.yang sudah mengarah ke Pemrograman Yang Berorientasi pada Objek atau dikenal dengan istilah OOP (Object Oriented Programming). Pascal sendiri kemudian distandarisasi ke dalam ANSI PASCAL (Pascal umum) oleh badan standarisasi Amerika Serikat (ANSI). Pada 17 September 1986. Pertama. Turbo Assembler belasan tahun silam hingga RAD Tool Delphi. Perjalanan Panjang Delphi Mengenal Delphi berarti kita harus melakukan perjalanan ulang (flash-back). dimana Delphi sendiri sudah melalui perjalanan panjang nan berliku-liku dan ujian dalam sejarahnya hingga dapat hadir dan dipakai hingga saat ini.0 menjadi Turbo Pascal 4. Prof.0. Borland kembali merevisi ulang perangkat lunak Turbo Pascal 4.0. Borland kembali merevisi ulang perangkat lunak Turbo Pascal 2. Niklaus Wirth menerjemahkan paparan ini yang kemudian dikristalisasi ke dalam bahasa yang populer dan digunakan pertama kalinya sebagai bahasa yang berorientasi pada hal-hal yang Science dan Ilmiah yaitu Pascal.0 Pada 2 Mei 1989. Turbo/Borland C/C++. Borland kembali merevisi ulang perangkat lunak Turbo Pascal 5. Niclaus Wirth yang mengemukakan paparan tentang Struktur Data dan Algoritma (Algorthm and Data Structure). Semenjak zaman produk-produk ³turbo´ dengan Turbo Pascal.0 Pada 13 Pebruari 1991.0. dimulai dengan ide brilian Prof. Borland kembali merevisi ulang perangkat lunak Turbo Pascal 1. Pada 17 April 1984. Turbo Pascal 1.

Salam. Borland melakukan migrasi untuk memindahkan platform Delphi ke arah pemrograman . Terimakasih.0 (With Objects). Borland kembali merevisi ulang Delphi 3. 2007 by kuildelphi| Tinggalkan komentar . Semua info sejarah ini diambil dari History of Delphi. Tanggal 5 Agustus 1997. Borland melakukan revitalisasi Turbo Pascal 6.0. Borland kembali merevisi ulang Delphi 2.0.0.0 dan menelurkan produk Borland Delphi 4.0.Pada 8 Juni 1992.0 (With Objects) dengan menerlurkan Borland Delphi for Windows 95 atau Borland Delphi 1.NeT (dot NET) dengan menelurkan produk Borland Delphi 8. Pada 22 Desember 2003 bertepatan dengan The Mother Day alias Hari Ibu Nasional. Borland merevisi ulang perangkat lunak Turbo Pascal for Windows 1. Delphi versi ini berjalan pada Windows 95 atau Delphi 32 bit. yang merupakan gabungan pengembangan Turbo Pascal for Windows 1. Pada 10 Oktober 2005.0. Pada 21 Mei 2001.0.0 dan mengarahkan platform perangkat lunaknya menuju pemrograman berorientasi pada objek dengan menelurkan produk Borland Pascal 7. Delphi versi ini berjalan pada Windows 95 ke atas dengan tambahan fitu rinternet atau web. Pada 10 Agustus 1999.0 dan menelurkan produk Borland Delphi 3. Pada 12 Oktober 2004. untuk pertama kalinya dalam sejarah Borland menelurkan produk terbarunya. Apa itu Delphi? Posted on Desember 9. Pada 9 Agustus 2002. Borland menggabungkan pengembangan perangkat lunak C# dan Delphi ke dalam satu kendali Integrated Develompment and Environment (IDE) dengan menelurkan produk Borland Delphi 2005. bertepatan dengan hari Valentine. setahun setelah kelahiran Delphi 1.0 menjadi Turbo Pascal for Windows 1. Delphi versi ini berjalan pada Windows 3.0 dan menelurkan produk Borland Delphi 5. Pada 17 Juni 1998.NET.0. Borland kembali merevisi ulang Delphi 6. Borland kembali merevisi ulang perangkat lunakn Delphi 2005 ke dalam perangkat lunak baru Borland Delphi Studio 2006.0 for .0 dan menelurkan produk Borland Delphi 6.5 dan Borland Pascal 7. Borland kembali merevisi ulang Delphi 5.5 Pada 27 Oktober 1992. Borland kembali merevisi ulang Delphi 4.1 atau Windows 16 bit. Pada 14 Pebruari 1995. Pada 10 Pebruari 1996. Borland kembali merevisi ulang perangkat lunak ini dan menelurkan produk Borland Delphi 2.0.0 dan menelurkan produk Borland Delphi 7.

Apa itu Delphi? Pertanyaan awal yang sering dipertanyakan kalau mendengar Delphi. Konon dalam sejarah mitologi Yunani. Pascal sendiri kemudian distandarisasi ke dalam ANSI PASCAL (Pascal umum) oleh badan standarisasi Amerika Serikat (ANSI).Dimulai dengan ide brilian Prof. .0. Titan dan lain sebagainya. Sejarah Borland Delphi Mengenal Delphi berarti kita harus melakukan perjalanan ulang (flash back). . Borland kembali merevisi ulang perangkat lunak Turbo Pascal 2.0 menjadi Turbo Pascal 2. Niclaus Wirth yang mengemukakan paparan tentang Struktur Data dan Algoritma (Algorthm and Data Structure).Borland kembali merevisi ulang perangkat lunak Turbo Pascal 3.0 menjadi Turbo Pascal 4. . Prof Niklaus Wirth menerjemahkan paparan ini yang kemudian dikristalisasi ke dalam bahasa yang populer dan digunakan pertama kalinya sebagai bahasa yang berorientasi pada halhal yang Science dan Ilmiah yaitu Pascal. Borland sebagai pengembang perangkat lunak yang sudah ada sejak era 80¶an menggunakan icon dan nama Delphi sebagai salah satu perangkat lunak pembantu pemrograman untuk membuat program yang sudah mengarah ke Pemrograman Yang Berorientasi pada Objek atau dikenal dengan isitlah OOP (Object Oriented Programming).Tahun 1987(20 Nopember) . .Tahun 1984 (17 April).0 menjadi Turbo Pascal 3.Tahun 1986 17 September).0 berjalan pada sistem operasi PC/MS DOS dengan keterabatasan memory yang saat itu bisa berjalan pada ukuran 1 Mbyte saja. Delphi adalah kuil yang dibangun untuk menyembah Dewa Apollo. Borland kembali merevisi ulang perangkat lunak Turbo Pascal 1.0 . apa itu yach? Sejenis makanan atau apa??? Mendengar kosakata Delphi mungkin orang sudah tidak asing dengan nama ini yang memang menggunakan kosakata bahasa Yunani. Turbo Pascal 1. salah satu Dewa yang disegani oleh orang-orang Yunani selain Dewa-Dewa lain seperti Jupiter.0. dimana Delphi sendiri sudah melalui perjalanan panjang nan berliku-liku dan ujian dalam sejarahnya hingga dapat hadir dan dipakai hingga saat ini.Tahun 1983 (20 Nopember) Borland melakukan riset untuk menerjemahkan ide dari kristalisasi ANSI Pascal (Pascal yang distandarisasi) yang kemudian menelurkan kompiler Pascal ke dalam pengembangan perangkat lunaknya yaitu Turbo Pascal 1.0. .

0.Tahun 2003 (22 Desember) bertepatan dengan The Mother Day alias Hari Ibu Nasional.Tahun 2001 (21 May).0 dan menelurkan produk Borland Delphi 6.Tahun 1997 (5 Agustus).0 . . .0 menjadi Turbo Pascal 5.Tahun 1988 (24 Agustu).0. Borland kembali merevisi ulang Delphi 5. Borland kembali merevisi ulang Delphi 2.Tahun 1989 (2 May). .0 menjadi Turbo Pascal 5.0.0 dan mengarahkan platform perangkat lunaknya menuju pemrograman berorientasi pada objek dengan menelurkan produk Borland Pascal 7. Borland merevisi ulang perangkat lunak Turbo Pascal for Windows 1. .0 menjadi Turbo Pascal for Windows 1.0. Borland kembali merevisi ulang Delphi 4.Tahun 1996 (10 Pebruari). Borland kembali merevisi ulang Delphi 3.0. untuk pertama kalinya dalam sejarah Borland menelurkan produk terbarunya.Tahun 1995 (14 Pebruari).0.5 dan Borland Pascal 7. Borland kembali merevisi ulang perangkat lunak Turbo Pascal 5. yang merupakan gabungan pengembangan Turbo Pascal for Windows 1.0 dan menelurkan produk Borland Delphi 7. bertepatan dengan hari Valentine. Borland kembali merevisi ulang perangkat lunak Turbo Pascal 4.Tahun 1990 (23 Oktober).5 menjadi Turbo Pascal 6. Borland melakukan revitalisasi Turbo Pascal 6.0.0. Borland kembali merevisi ulang perangkat lunak Turbo Pascal 5.. .Tahun 1991 (13 Pebruari). Borland kembali merevisi ulang Delphi 6. Borland melakukan migrasi perangkat lunaknya ke dalam platform sistem operasi Microsoft Windows dengan menelurkan produk Turbo Pascal for Windows 1. . setahun setelah kelahiran Delphi 1.Tahun 1992 (8 Juni).Tahun 1998 (17 Juni).0 dan menelurkan produk Borland Delphi 3. Borland melakukan migrasi untuk memindahkan platform Delphi ke .0 dan menelurkan produk Borland Delphi 5.0 (With Objects) dengan menerlurkan Borland Delphi for Windows 95 atau Borland Delphi 1.Tahun 2002 (9 Agustus) . .Tahun 1999 (10 Agustus).0.Tahun 1992 (27 Oktober). .5 .5 .0 (With Objects). .0 dan menelurkan produk Borland Delphi 4. Borland kembali merevisi ulang perangkat lunak ini dan menelurkan produk Borland Delphi 2.0 .

NeT (dot NET) dengan menelurkan produk Borland Delphi 8.0 dan 7. Jendela IDE Delphi 7. Borland kembali merevisi ulang perangkat lunakn Delphi 2005 ke dalam perangkat lunak baru Borland Delphi Studio 2006. Additional dan system. Component Pallete terdiri dari beberapa halaman. Dengan IDE semua yang diperlukan dalam pengembangan. diantaranya adalah standart.0.0 for . Object Treeview Fasilitas ini hadir bersama Delphi 6. Borland menggabungkan pengembangan perangkat lunak C# dan Delphi ke dalam satu kendali Integrated Develompment and Environment (IDE) dengan menelurkan produk Borland Delphi 2005 .NET .Tahun 2004 (12 Oktober). kalau menilik sejarah dari lahirnya Delphi hingga sekarang ini. toolbar yang merupakan langkah cepat dari beberapa menu dan Component Pallete. Jendela Utama Pada jendela utama terdapat menu-menu sebagaimana menu aplikasi windows umumnya. a. dalam kondisi normal.arah pemrograman . jadi Delphi 5.Tahun 2005 (10 Oktober). IDE Delphi nayantaka Mar 19 |04:30 Delphi memiliki lingkungan pemrograman terpadu ( IDE. semuanya telah tersedia. Halaman tersebut berisi komponen-komponen yang sesuai dengan namanya. Object Treeview menampilkan daftar komponen yang digunakandalam pengembangan aplikasi sesuai dengan penempatannya. 1. Integrated Development Enviroment ).0 kebawah belum memilikinya. Misalnya halaman Internet menampilkan komponen-komponen yang berkaitan dengan pengembangan aplikasi internet. ..0 telah didesain sedemikian oleh Boorland sehingga bersifat Intuitif. Semua info sejarah ini diambil dari History of Delphi. yaitu gudang komponen yang akan digunakan untuk membuat aplikasi. Panjang bukan. .

Form Designer Semua program windows memiliki form dan form adalah komponen utama dalam pengembangan aplikasi. terstruktur dan mendefinisikan sintax secara sistematis. Pada tahun 1975. Akan tetapi anda tidak dapat mengubah langsung mengubah langsung property-properti yang tidak ditampilkan kecuali melalui penulisan kode program. Pernyataan Case dan parameter value-result berasal dari Algol. contohnya : struktur data yang dapat tumbuh dan menyusut saat program berjalan. bahasa tingkat tinggi pertama yang mudah dibaca. beberapa usulan evolusi penerus algol dikembangkan. Borland Pascal . Salah satu yang paling sukses adalah Pascal. Semua komponen dapat diubah perilakunya menggunakan kehebatan object inspector. Pascal menambahkan kemampuan untuk mendefinsikan tipe data baru secara lebih sederhana dari yang pernah ada. Object Inspector Object Inspector digunakan untuk mengatur property dan event suatu komponen.c. 2010 Related Filed Under Borland Delphi adalah bahasa tingkat tinggi dan terkompilasi yang mendukung bahasa terstruktur serta Perancangan Berorientasi Object (OOD). dan catatan struktur yang mirip dengan Cobol dan PL 1. ditemukan oleh Prof Niklaus Wirth. Form designer adalah tempat melekatnya komponen yang lain. Wirth berhenti bekerja pada Pascal pada tahun 1977 untuk menciptakan sebuah bahasa baru. Delphi menggunakan bahasa Pascal. Pada akhir tahun 1960-an (196x). Pascal dan Sejarahnya Asal usul Pascal bermula dari rancangan Algol. Delphi menawarkan gaya pemrograman yang bersih dan konsisten dan yang terpenting menghasilkan aplikasi yang lebih dapat diandalkan. sebuah bahasa terstruktur generasi ketiga. Pascal juga mendukung struktur data dinamis. Sejarah dan Perkembangan Bahasa Pemrograman Delphi March 18th. Wirth dan Jensen memproduksi buku referensi Pascal terakhir ³Pascal User Manual and Report´. Modula ± penerus Pascal. Banyak fitur pascal yang berasal dari bahasa sebelumnya. d. Wirth mempublikasikan temuan asli Pascal pada tahun 1971. Artinya form adalah tempat komponen-komponen lain diletakkan. Mulai diimplementasikan di tahun 1973 dengan beberapa modifikasi. Bahasa ini dirancang untuk menjadi alat pembelajaran bagi siswa pada kelas pemrograman.

yang ditulis oleh Anders Hejlsberg. Hejlsberg diam-diam merubah Turbo Pascal menjadi bahasa pengembangan aplikasi berorientasi obyek. tetapi menjadi semacam komedi: semakin keras orang-orang berusaha untuk mengabaikan ³Delphi´ sebagai nama produk. Turbo Pascal memperkenalkan suatu Lingkungan pengembangan terintegrasi / Integrated Development Environment (IDE) dimana anda dapat mengedit code. nama terakhir yang diusulkan adalah AppBuilder. Anders bergabung dengan perusahaan sebagai seorang karyawan dan arsitek untuk semua versi dari kompiler Turbo Pascal dan tiga versi pertama dari Delphi.0 pada November 1983. Kompiler turbo pascal telah menjadi salah satu compiler terlaris sepanjang waktu. semakin banyak nama tersebut mendapat dukungan. Mengapa Delphi? Sangat sederhana: ³Jika Anda ingin berbicara dengan Oracle. Ketika tiba saatnya untuk memilih nama produknya. Sebagai kepala arsitek di Borland. Keputusan yang strategis dengan membuat perangkat database dan konektivitas sentral dari produk pascal.Dengan dirilisnya Turbo Pascal 1. melihat kesalahan dan melompat kembali ke baris yang mengalami kesalahan. . Untuk menciptakan Turbo Pascal 1. dan membuat bahasa ini sangat popular pada platform PC Pada tahun 1995 Pascal kembali dengan memperkenalkan lingkungan aplikasi bernama Delphi ± mengubah pascal menjadi sebuah bahasa pemrograman visual. menjalankan compiler. Sejak Novell merilis Visual AppBuilder. pergilah ke Delphi´. orang-orang Borland perlu mengambil nama lain. Borland mulai perjalanannya dengan lingkungan pengembangan dan perangkatnya. Setelah disebut-sebut sebagai ³pembunuh VB´ Delphi tetap menjadi produk landasan untuk Borland. proyek dengan codename Delphi muncul pada pertengahan 1993.0 Borland melisensikan kompilator inti pascal yang cepat dan murah. Permulaan Delphi Setelah merilis Turbo Pascal 1. lengkap dengan lingkungan yang benar-benar visual dan fitur akses database yang luar biasa Mengapa diberi nama ³Delphi´ Seperti yang dijelaskan dalam Museum artikel Borland. setelah sebuah artikel di µWindows Tech Journal¶ tentang sebuah produk yang akan mengubah hidup programmer.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful