PENGANTAR MANAGEMEN ENERGI UNTUK INDUSTRI

DEFINISI ‡ MANAGEMENT ENERGI ADALAH SUATU LANGKAH PENGATURAN PENGGUNAAN ENERGI YANG EFEKTIF DAN EFISIEN UNTUK MEMAKSIMALKAN KEUNTUNGAN DAN MENINGKATKAN COMPETITIVE POSITION .

Menanamkan komunikasi yang baik mengenai permasalahan-permasalahan energi .TUJUAN 1.Meningkatkan efisiensi energi dan mengurangi penggunaan energi yang tidak perlu sehingga akan mengurangi biaya energi.Membangun. menjaga dan memonitor efektifitas strategi management pemanfaatan energi 3. 2.

. Mengurangi pengaruh dari pembatasan. Membangun kepedulian dan dedikasi semua pegawai terhadap program managemen energi 6. pemadaman dan ³interupsi´ catu energi. Melakukan R & D untuk menemukan cara-cara baru yang lebih baik untuk meningkatkan ³pengembalian´ investasi energi 5.TUJUAN 4.

PENERAPAN METODOLOGI EFISIENSI ENERGI PERUSAHAAN 1. Menentukan Kebijakan dan Sistem Energi Pembentukan Organisasi Managemen Energi Membentuk pola motivasi Membuat sistem informasi terpadu Melakukan pelatihan dan membentuk kesadaran Efisiensi Investasi . 3. 6. 2. 5. 4.

AUDIT ENERGI LISTRIK .

SASARAN DAN TUJUAN ‡ Sasaran : ± Untuk menemukan kemungkinan penghematan pemakaian energi listrik tanpa mengurangi kualitas pelayanan dan kenyamanan bagi pengguna energi. ‡ Tujuan : ± Untuk menentukan cara terbaik yang dapat digunakan dalam mengurangi penggunaan energi dan mengurangi biaya operasi atau biaya produksi .

Manfaat efisiensi energi .

keselamatan dan moral .Internal y Mengurangi resiko kerugian dan menaikkan keuntungan bagi perusahaan melalui: y Pengurangan biaya operasi y Pengurangan pengaruh kenaikan harga energi dan kurangnya pasokan energi y Perbaikan produktivitas dan kualitas produk y Perbaikan kinerja lingkungan y Perbaikan kesehatan.

External y Perbaikan reputasi dengan pelanggan. pemerintah dan masyarakat y Perbaikan pemenuhan peraturan perundangan/hukum dan target-target ISO 14001 .

.

Siapakah Anda ? ‡ Apakah Anda manajer perusahaan yang menginginkan perbaikan efisiensi energi? ‡ Apakah Anda staf produksi yang menginginkan perbaikan efisiensi energi? ‡ Atau apakah Anda suatu organisasi diluar industri yang ingin membantu perusahaan-perusahaan memperbaiki efisiensi energi ? .

.

staf perawatan. atau mekanik.Staf Produksi y Anda mungkin seorang teknisi listrik. y Sebagai staf produksi Anda dapat berbuat banyak untuk membantu perusahaan Anda memperbaiki efisiensi energi. . operator boiler.

Hal ini juga dapat membantu Anda untuk : y Mendapat pengakuan dari manajemen yang memperkuat posisi pekerjaan Anda! y Mengembangkan kemampuan yang diinginkan oleh perusahaan Anda dan juga diinginkan perusahaan lain y Memperbaiki kondisi kesehatan dan keselamatan di tempat Anda bekerja .

Sebagai Staf Produksi Darimana Anda memulai? y Temukan berapa energi yang digunakan di area Anda bekerja y Bicarakan dengan manajer Anda dan pekerja-pekerja lain tentang kemungkinan efisiensi energi dalam area kerja Anda y Laksanakan penelusuran sistematik bagi penghematan energi di area kerja Anda .

TAHAPAN AUDIT ENERGI yTAHAP 1: AUDIT ENERGI AWAL yTAHAP 2: AUDIT ENERGI RINCI yTAHAP 3 : IMPLEMENTASI DAN MONITORING .

Menghitung Intensitas Konsumsi Energi (IKE) tahun sebelumnya 3.TAHAP 1: AUDIT ENERGI AWAL Pengumpulan dan penyusunan data historis energi tahun sebelumnya 2. Bandingkan dengan standard IKE 1. y y y Hemat Sedang Boros .

Analisis PHE 5. Bandingkan hasil pengukuran dengan standard IKE 3. baru dilakukan tahapan berikut 1. Lakukan penelitian dan pengukuran konsumsi energi 2.TAHAP 2: AUDIT ENERGI RINCI ‡ Jika ada indikasi pemborosan. Identifikasi kemungkinan Peluang Hemat Energi (PHE) 4. Rekomendasi PHE .

IMPLEMENTASI 1. Implementasikan rekomendasi dari hasil analisis PHE ± ± ± Re enginering Investasi tambahan Investasi baru 2.TAHAP 3. Lakukan monitoring dan evaluasi terhadap implementasi 3. Kemungkinan hasil : 1. Baik Ada peluang lebih baik . 2.

Energi Bahan Bakar y BBM/Gas Keperluan Kantor y BBM/Gas Keperluan Produksi .AUDIT ENERGI INDUSTRI Meliputi 1. Energi Listrik y y y Listrik Kantor Listrik Fasilitas Umum Listrik Unit Produksi 2.

OBJEK LISTRIK YANG DIAUDIT y Kualitas Daya meliputi y Rugi Tegangan y Rugi Daya y Harmonik y Karakteristrik Sistem meliputi : y Jaringan y Peralatan sistem y Perlengkapan sistem y Pengoperasian Sistem .

Dasar yKajian Ekonomis (Efisiensi dan Produktivitas) yKajian Kehandalan Sistem y SAIDI (System Average Interruption Duration Index) y SAIFI (System Average Interruption Frequency Index). .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful