You are on page 1of 4

Cara Pembuatan Model DNA dari Pipa Paralon (Udin Supriatna, S.

Pd -- Bio-XII/1/Bab 3)

1. Alat
a. b. c. d. e. f. g. Gergaji besi Amplas besi halus Penggaris Kain Lap/Pemegang gergaji besi Gunting/Cutter Bor Spidol

2. Bahan. a. Pipa Paralon ½ m b. Kertas HVS secukupnya c. Kertas jilid /kertas tebal 4 warna secukupnya d. Lem Kertas/Lem Kayu 1 botol kecil e. Lem besi f. Kawat jemuran/Benang besar 2 m 3. Cara Pembuatan a. Buatlah potongan kertas HVS dengan ukuran panjang 22 cm dan lebar 1 cm. 1 cm 22 cm b. Siapkan pipa paralon, lalu lilitkan potongan kertas HVS tadi ke sekeliling bagian tepi atas pipa. Potongan Kertas HVS

Potongan Pipa Paralon

c. Tentukan diameter pipa paralon tersebut dengan cara menggeser mistar ke permukaan pipa. Hasil pengukuran terbesar merupakan ukuran diameter pipa tersebut. Mistar

Udin Supriatna. S.Pd - Petunjuk Pembuatan Model DNA ± Bio. XII/1/Bab 3

1

Lalu tarik garis lurus ke arah ujung kertas di sisi sebelahnya sehingga membentuk gambar segitiga. 0. S.Pd . Pada salah satu ujung kertas I. i. Lalu buatlah garis lurus pada kertas yang melilit pada pipa. Potonglah bentuk sgitiga pada kertas tadi sehingga bentuknya seperti di bawah ini. Siapkan 2 buah potongan kertas HVS dengan ukuran panjang sekitar 100 cm dan lebar 2 cm.5 cm g.5 cm dan tandai. XII/1/Bab 3 2 . Tarik garis lurus diameter pipa tersebut hingga ke kertas yang dililitkan pada pipa. Lilitkan kedua kertas tersebut dengan arah yang berlawanan hingga ke bagian bawah pipa paralon dengan posisi ujung kertas menempel pada garis di pipa paralon. ukurlah sepanjang 0. Udin Supriatna. h.d. Tanda titik-titik tersebut sebagai tanda untuk posisi lubang yang dibuat dengan cara dibor. 2 buah garis tepi e. f. masing-masing berjarak 3 cm pada kedua kertas yang dililitkan tadi. Buatlah tanda titik dengan spidol.Petunjuk Pembuatan Model DNA ± Bio.

Catatan: Tulisan huruf A. C) Lipatlah secara membujur potongan kertas tadi sehingga berukuran 8 cm x 2. Lihat bentuknya pada gambar di bawah). T. n.Petunjuk Pembuatan Model DNA ± Bio. m.5 cm. Buatlah lubang (dibor. G. pada kertas model basa nitrogen DNA yang anda buat (tetap polos). atau ditusuk dengan paku panas) pada posisi tik-titik tadi. S. Berilah lem sehingga tidak bergerak/lepas dan dalam keadaan menegang dan lurus.Pd . Masukkan potongan kawat/benang tebal sepanjang diameter pipa paralon pada lubanglubang kecl yang saling berhadapan. p. XII/1/Bab 3 3 . k. r.dan panjang gabungan kedua kertas tersebut tetap 8 cm. q. Bila bekas penggergajiannya kasar. T. l. o. Caranya dengan menggabungkan kedua kertas bentuk basa nitrogen ke kertas lainnya (kertas model A ke kertas model T dan kertas model G ke kertas model C). Setelah melilitkan kertas hingga bagian bawah pipa. buatlah keras berukuran 22 cm x 5 cm dan lakukan cara yang sama seperti pada point a dan b di atas. Tulisan pada gambar di samping hanya sebagai petunjuk untuk setiap model dan susunan yang harus anda buat! Gambar.j. Aturlah pemasangannya sedemikian rupa sehingga rapi dan teratur. C pada gambar di samping tidak boleh dituliskan. Setelah model pasangan basa nitrogennya tersedia. haluskan dengan amplas. Lalu lekatkan (diberi lem) pada kawat/benang di dalam paralon dalam posisi tepat di tengah-tengah kertas model pasangan basa nitrogen tersebut (lihat gambar). ambillah secara acak sehingga susunan basa nitogennya menjadi tampak acak (boleh berurutan tapi dalam keadaan tidak disengaja). Buatlah pasangan basa nitrogen A = T dan G = C yang jumlahnya masing-masing ½ jumlah lubang salah satu sisi. Model Pasangan Basa Nitogen kelompok Purin dan Pirimidin (tampak depan) setelah dipasang pada kawat/benang pada pipa Paralon Udin Supriatna. Dengan cara digergaji. buanglah bagian pipa Paralon yang tidak ditutupi lilitan kertas. G. Buatlah potongan kertas tebal (kertas jilid) dengan ukuran 8 cm x 5 cm sebanyak ½ dari jumlah lubang pada salah satu lilitan kertas pada pipa untuk masing-masing basa nitrogen (A.

Dan berilah cat warna terang sehingga tampak lebih menarik (bebas memilih warna cat).s. u. v. Udin Supriatna. Pada bagian pipa Paralon bagian bawah (pondasi model DNA) tempelkan gambar dan keterangan bentuk kertas yang anda buat pada rangka model DNA tadi. kelas. Jika telah selesai memasang susunan basa nitrogennya. Gambar. ««««««««« «««««««««.. Bentuk Rangka Model DNA t. dan tahun pelajarannya.««««. S.. Tugas ini dikumpulkan pada minggu berikutnya sejak dilaksanakan pertemuan pertama pembuatan Model DNA.Pd . Dan sertakan pula nama-nama anggota kelompok anda.Petunjuk Pembuatan Model DNA ± Bio. XII/1/Bab 3 4 . Keterangan: ««««. bersihkan kertas cetakan pada permukaan Paralonnya.