You are on page 1of 6

Uvea

Uvea merupakan lapisan vaskular di dalam bola mata yang terdiri atas iris, badan siliar, dan koroid. Iris merupakan suatu membran datar sebagai lanjutan dari badan siliar ke depan (anterior). Di bagian tengah iris terdapat lubang yang disebut pupil, penting untuk mengatur besarnya sinar yang masuk mata. Pada iris terdapat 2 macam otot yang mengatur besarnya pupil, yaitu : 1. Musculus dilatator yang melebarkan pupil, dan 2. Musculus sfingter yang mengecilkan pupil. Kedua otot tersebut memelihara ketegangan iris sehingga tetap tergelar datar. Dalam keadaan normal, pupil kanan dan kiri kira-kira sama besarnya, keadaan ini disebut isokoria. Apabila ukuran pupil kanan dan kiri tidak sama besar, keadaan ini disebut anisokoria. Badan siliar berbentuk cincin yang terdapat di sebelah dalam dari tempat tepi kornea melekat di sklera. Badan siliar merupakan bagian uvea yang terletak antara iris dan koroid. Badan siliar menghasilkan humor akuos. Humor akuos ini sangat menentukan tekanan bola mata (tekanan intraokular = TIO). Humor akuos mengalir melalui kamera okuli posterior ke kamera okuli anterior, kemudian lewat trabekulum meshwork menuju canalis Schlemm, selanjutnya menuju kanalis kolektor masuk ke dalam vena episklera untuk kembali ke jantung. Koroid merupakan bagian uvea yang paling luar, terletak antara retina (di sebelah dalam) dan sklera (di sebelah luar). Koroid berbentuk mangkuk yang tepi depannya berada di cincin badan siliar. Koroid adalah jaringan vascular yang terdiri atas anyaman pembuluh darah. Retina tidak menimpali (overlapping) seluruh koroid, tetapi berhenti beberapa millimeter sebelum badan siliar. Bagian koroid yang tidak terselubungi retina disebut pars plana. http://doctorology.net/?p=348

Peradangan yang terbatas pada iris disebut iritis. Koroid : lapisan mata bagian dalam yang membentang dari ujung otot silier ke saraf optikus di bagian belakang mata. jika terbatas pada koroid disebut koroiditis. Uvea (disebut juga saluran uvea) terdiri dari 3 struktur: 1. Badan silier : otot-otot yang membuat lensa menjadi lebih tebal sehingga mata bisa fokus pada objek dekat dan lensa menjadi lebih tipis sehingga mata bisa fokus pada objek jauh 3. uveitis bisa dengan segera menyebabkn kerusakan mata dan menimbulkan komplikasi jangka panjang seperti glaukoma. Sebagian atau seluruh uvea bisa mengalami peradangan. PENYEBAB Penyebab uveitis: • • • • • • • • • • • • • • • • Spondilitis ankilosis Sindroma Reiter Artritis rematoid juvenil Pars planitis Toksoplasmosis Infeksi sitomegalovirus Nekrosis retinal akut Toksokariasis Histoplasmosis Tuberkulosis Sifilis Sindroma Behcet Oftalmia simpatetik Sindroma Vogt-Konayagi-Harada Sarkoidosis Sarkoma atau limfoma. katarak dan ablasio retina.Uveitis (Radang Uvea) DEFINISI Uveitis adalah peradangan pada uvea. Apapun penyebabnya. Iris : cincin berwarna yang melingkari pupil yang berwarna hitam 2. .

Ini juga dapet berkembang tiba-tiba dan berlangsung beberapa bulan. penyakit peradangan yang mempengaruhi bagian-bagian lain tubuh. atau luka pada mata. termasuk infeksi dengan suatu virus. sklera dan bagian vital mata lainnya. Retinitis mungkin disebabkan oleh virus-virus seperti shingles atau herpes dan infeksi-infeksi bakteri seperti syphilis atau toxoplasmosis. Retinitis dan choroiditis dapat setiapnya disebabkan oleh suatu penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis atau lupus. Penglihatan menjadi kabur atau penderita melihat bintik-bintik hitam yang melayang-layang.GEJALA Gejala awal pada uveitis mungkin tidak terlalu berat. Hampir selalu diberikan corticosteroid dan obat untuk melebarkan pupil. badan siliar dan koroid. jamur-jamur.html UVEITIS (RADANG UVEA) Uveitis merupakan peradangan pada uvea. penyebab dari uveitis tidak dketahui. . Iritis mungkin berkembang tiba-tiba dan mungkin berlangsung sampai delapan minggu. Ia mungkin maju secara cepat. Uvea mengandung banyak pembuluh darah yang berperan dalam memberikan nutrisi ke mata. Ada empat tipe-tipe dari uveitis: • Iritis adalah bentuk uveitis yang paling umum.blogspot. membuatnya sulit untuk dirawat. DIAGNOSA Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan mata. Ia mungkin juga disebabkan oleh suatu infeksi seperti tuberculosis. Pada ujung iris tampak penojolan pembuluh darah. PENGOBATAN Pengobatan harus segera diberikan untuk mencegah kerusakan menetap. kemerahan pada sklera (bagian putih mata) dan fotofobia (peka terhadap cahaya). • Cyclitis adalah suatu peradangan dari bagian tengah mata dan mungkin mempengaruhi otot yang mengfokuskan lensa. Uveitis mempunyai banyak penyebab-penyebab yang berpotensi. http://sehat-enak. perubahan yang ringan pada kornea serta kekeruhan pada cairan yang mengisi mata (humor vitreus). retina. • Retinitis mempengaruhi belakang mata. Peradangan pada uvea dapat mempengaruhi kornea. Pada sejumlah besar kasus-kasus. Ia mempengaruhi iris dan seringkali dihubungkan dengan kelainan-kelainan autoimun seperti rheumatoid arthritis. bakteri-bakteri atau parasit. • Choroiditis adalah suatu peradangan dari lapisan dibawah retina.com/2010/01/uveitis-radang-uvea. bahkan dengan perawatan. Pada iritis biasanya timbul nyeri hebat. Obat lainnya diberikan untuk mengatasi penyebabnya (misalnya anti-infeksi diberikan untuk membasmi bakteri atau parasit). namun ia seringkali dikaitkan dengaGejala uveitis antara lain: • Uveitis paling sering terjadi pada usia 20-50 tahun. Uvea adalah lapisan pada mata yang berada di antara lapisan sklera dan retina dan terdiri dari iris.

Uveitis biasanya hanya peradangan ringan sehingga pengobatan dengan obat tetes mata. Uvea termasuk iris (bagian mata yang berwarna).com UVEITIS Prakata Uveitis melibatkan semua proses-proses peradangan dari lapisan-lapisan tengah mata. . jika anda mempunyai gejala-gejala apa saja dari uveitis.• • • • • Mata merah Mata nyeri Fotofobia (Sensitif terhadap cahaya) Pandangan kabur dan kurang jelas Terdapat bercak gelap di lapang pandang Uveitis dapat menyerang secara tiba-tiba dengan gejala mata merah dan nyeri. juga disebut bidang uvea atau uvea. Uveitis posterior lebih susah diobati dibandingkan uveitis anterior. dapat berlangsung selama 6-8 minggu dan pada tahap awal dapat dikontrol dengan penggunaan tetes mata saja. choroid (suatu selaput tipis yang mengandung banyak pembuluh-pembuluh darah) dan badan ciliary (bagian mata yang menyambungkan ini bersama-sama). Uveitis anterior biasanya terjadi secara tiba-tiba. Ia mungkin memerintahkan tes-tes laboratorium termasuk kerja darah atau X-rays. Oleh karenanya. adalah sangat penting untuk anda untuk segera mengunjungi dokter mata (ophthalmologist) anda segera. Komplikasi yang dapat terjadi antara lain seperti glaukoma (peningkatan tekanan bola mata). diperlukan obat-obatan yang diminum maupun disuntik. Pasien dianjurkan untuk menggunakan kacamata hitam. PENGOBATAN Pengobatan secepatnya diperlukan untuk meminimalisasi berkurangnya penglihatan. Uveitis posterior biasanya terjadi secara lambat dan dapat berlangsung lebih lama.klikdokter. namun dapat pula terjadi secara perlahan dengan mata sedikit merah dan nyeri namun pandangan kabur secara bertahap stress Uveitis dapat merusak secara permanen penglihatan anda dan bahkan menyebabkan kebutaan. terapi bedah dapat dilakukan. terutama yang berisi kortikosteroid dan obat-obatan untuk dilatasi (pembesaran) pupil. Kaca mata hitam ini akan membantu mata yang peka terhadap sinar. katarak atau neovaskularisasi (pembentukan pembuluh darah baru) juga perlu diobati dalam perjalanan penyakit uveitis.com. Bila komplikasi terlalu berat. Sumber : www. adalah pengobatan terutama untuk mengurangi peradangan dan nyerinya.totalkesehatananda. Dokter mata anda akan melaksanakan suatu pemeriksaan mata-mata anda secara hati-hati. Untuk peradangan yang lebih berat. www.

bakteri-bakteri atau parasit. Ia mungkin juga disebabkan oleh suatu infeksi seperti tuberculosis. terutama jika suatu mata merah yang nyeri tidak hilang secara cepat. Ada empat tipe-tipe dari uveitis: • • • • Iritis adalah bentuk uveitis yang paling umum. atau luka pada mata. uveitis mungkin merusak penglihatan anda secara permanen. bahkan dengan perawatan. jamur-jamur. . Iritis mungkin berkembang tiba-tiba dan mungkin berlangsung sampai delapan minggu. Ia mungkin maju secara cepat. Ia mempengaruhi iris dan seringkali dihubungkan dengan kelainan-kelainan autoimun seperti rheumatoid arthritis. Gejala-Gejala Uveitis Gejala-gejala uveitis mungkin termasuk: • • • • • Kemerahan dan iritasi mata Penglihatan yang kabur Nyeri mata Kepekaan yang meningkat pada sinar Noda-noda yang mengambang didepan mata-mata Uveitis mungkin berkembang dengan cepat. Penyebab Uveitis Uveitis mempunyai banyak penyebab-penyebab yang berpotensi. Ini juga dapet berkembang tibatiba dan berlangsung beberapa bulan. Choroiditis adalah suatu peradangan dari lapisan dibawah retina. Cyclitis adalah suatu peradangan dari bagian tengah mata dan mungkin mempengaruhi otot yang mengfokuskan lensa. dan adalah sangat penting bahwa anda mengunjungi dokter mata (ophthalmologist) anda untuk suatu pemeriksaan mata yang komplit jika anda mengembangkan gejala-gejala ini. termasuk infeksi dengan suatu virus. membuatnya sulit untuk dirawat. penyakit peradangan yang mempengaruhi bagian-bagian lain tubuh. Retinitis mempengaruhi belakang mata. Retinitis mungkin disebabkan oleh viris-virus seperti shingles atau herpes dan infeksi-infeksi bakteri seperti syphilis atau toxoplasmosis. Jika ditinggalkan tak terawat.Uvea adalah sangat penting karena banyak vena-vena dan arteri-arterinya mengangkut darah ke bagian-bagian mata yang adalah kritis untuk penglihatan.

perawatan perlu dimulai segera. adalah sangat penting untuk anda untuk segera mengunjungi dokter mata (ophthalmologist) anda segera. katarak-katarak. Untuk uveitis yang tidak disebabkan oleh suatu infeksi. dan kehilangan penglihatan. Ia mungkin memerintahkan tes-tes laboratorium termasuk kerja darah atau X-rays. cairan dalam retina. dokter mata anda mungkin meresepkan tetes-tetes mata yang mengandung steroid-steroid untuk mengurangi bengkak dan obat-obat untuk menghilangkan nyeri. Diagnosis dini dan perawatan oleh dokter mata anda adalah kritis.com/uveitis. Antibiotik-antibiotik digunakan pada pasien-pasien dengan uveitis yang infeksius. Merawat Uveitis Karena uveitis adalah serius. Dokter mata anda akan melaksanakan suatu pemeriksaan mata-mata anda secara hatihati. Uveitis mungkin mempunyai penyebab yang mendasarinya ditempat lain didalam tubuh anda. Pada sejumlah besar kasus-kasus. pertumbuhan pembuluh-pembuluh darah yang abnormal dalam mata-mata yang mengganggu penglihatan. Mendiagnosis Uveitis Uveitis dapat merusak secara permanen penglihatan anda dan bahkan menyebabkan kebutaan. Komplikasi-komplikasi dari uveitis mungkin termasuk glaukoma. jika anda mempunyai gejala-gejala apa saja dari uveitis.Retinitis dan choroiditis dapat setiapnya disebabkan oleh suatu penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis atau lupus. http://www. Kacamata-kacamata hitam akan membantu dengan kepekaan sinar. dan dokter mata anda mungkin ingin berbicara dengan dokter pelayanan utama anda atau seorang spesialis untuk mengevaluasi kesehatan medis keseluruhan anda. Oleh karenanya.html . namun ia seringkali dikaitkan dengan stress.totalkesehatananda. penyebab dari uveitis tidak dketahui.