PRESENTASI KASUS

NEURODERMATITIS SIRKUMSKRIPTA

DISUSUN OLEH : ADITYA FUAD ROBBY

Pembimbing : Dr. DIDI SUPRIADI, Sp.KK

KEPANITERAAN KLINIK KULIT DAN KELAMIN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS YARSI RSUD CIERENG SUBANG

Gatal dirasakan baik saat malam maupun pagi atau siang hari. yang dirasakan sejak kurang lebih 1 tahun dan d irasakan hilang timbul. IDENTITAS Nama Umur Jenis kelamin Pendidikan Pekerjaan Alamat : : : : : : Tn. ANAMNESIS Alloanamnesis pada tanggal : 27 juli 2010 Keluhan utama : Bentol bentol disertai rasa gatal dan tebal pada dahi dan lehernya Riwayat penyakit sekarang : Pasien datang ke Poli dengan keluhan bentol-bentol yang disertai rasa gatal dan tebal pada dahi dan lehernya. Subang Agama : Islam II. sampai timbul luka dan kadang kadang sampai keluar cairan berwarna bening ke kuningan. dan kemudi n muncul a pada dahi kanan lalu diikuti pada daerah lehernya. dan pasien sering menggaruk bentol tersebut sehingga sesekali gatal menjadi hilang. pasien mengaku sulit menahan untuk digaruk. semakin tebal dan sedikit bersisik. Awalnya bentol dirasakan pada dahi kiri. Biasanya bila malam hari gatal dirasakan muncul. pasien mengeluh menjadi sulit tidur. Keluhan gatal tersebut dirasakan bertambah berat sejak 3 bulan yang lalu. bentol bentol tersebut dirasakan menjadi bertambah luas . Karena dirasakan sangat gatal. . Pasien juga mengeluh. A 41 tahun Laki laki Tamat SLTA Petani Sumurgintung Kecamatan Pagaden Barat Kab.I.

Pasien menyangkal memiliki riwayat sakit kuning. STATUS GENERALIS Keadaan umum Kesadaran Keadaan gizi Vital sign Tekanan darah Nadi : tidak dilakukan : 80 x/menit : Tampak sakit ringan : Composmentis : Cukup . Riwayat penyakit keluarga: Pasien menyangkal adanya riwayat keluhan yang sama pada keluarganya Riwayat alergi ( susu. dan riwayat asma . . sakit gagal ginjal. asma juga disangkal III. obat ) . tapi pasien menyangkal rasa tebal pada kulitnya. hingga akhirnya sejak 3 bulan yang lalu keluhan gatal dirasa semakin berat. berupa gatal-gatal pada dahi dan lehernya. dan mendapat obat berupa krim dan tablet. telor.1 tahun yang lalu pasien pernah mengalami keluhan serupa. PEMERIKSAAN FISIK 1. Tetapi tidak lama kemudian muncul lagi. Riwayat penyakit dahulu : Pasien mengaku pernah mengalami keluhan serupa sebelumnya. Pasien menyangkal bila keluhan gatal dirasakan bertambah saat berkeringat. Pasien mengaku. Pasien juga menyangkal adanya riwayat alergi. dan kulit dirasakan semakin menebal. belakangan ini pasien banyak memikirkan tentang sawahnya . dan beraktivitas. Keluhan gatal pun berkurang. dan penyakit kulit yang lain. seafood.Lalu pasien berobat ke puskesmas.

STATUS DERMATOLOGIKUS Distribusi At Regio Lesi : Regioner : Facialis. SGOT SGPT. Ureum Kreatinin Kerokan kulit dengan KOH 10% . berbatas tegas. papula ±papula. permukaan menonjol dan kering Efloresensi : ditemukan likenifikasi dengan dasar eritema. IV. tampak relief kulit kering.5 sampai 1cm. dan skuama halus.5 cm sampai 8 cm. ukuran bervariasi dari 0. Pada leher : multiple. ukuran bervariasi dari 0. berbatas tegas.Respirasi Suhu : 20 x/menit : afebris Thorax Abdomen KGB : dalam batas normal : dalam batas normal : dalam batas normal Ekstremitas : dalam batas normal 2. PEMERIKSAAN PENUNJANG Usulan pemeriksaan : y y Pemeriksaan GDS. sebagian berkonfluens. dan leher : Pada wajah : multiple. permukaan menonjol.

1 tahun yang lalu pasien mengalami keluhan serupa. sebagian berkonfluens. VI. Gatal dirasakan bertambah berat sejak kurang lebih 3 bulan SMRS. berbatas tegas. tetapi kemudian gatal muncul kembali. Pada leher : multiple. pagi atau siang hari. dan skuama halus. kering. Pasien mengaku gatal dirasakan hilang timbul. permukaan menonjol.V. permukaan menonjol dan kering Efloresensi : ditemukan likenifikasi dengan dasar eritema. dan berobat ke puskesmas. dan beraktivitas. Pasi n mengaku.5 sampai 1cm. ukuran bervariasi dari 0. Riwayat alergi. e belakangan ini pasien banyak memikirkan tentang sawahnya. berbatas tegas. dan leher : Pada wajah : multiple. Keluhan gatal tidak bertambah saat berkeringat. RESUME Pasien datang dengan keluhan papul-papul eritem disertai likenifikasi yang dirasakan gatal pada daerah wajah dan leher sejak kurang lebih 1 tahun. DIAGNOSIS BANDING y y y y Neurodermatitis sirkumskripta Tinea Facialis Dermatitis seboroik Psoriasis VII. DIAGNOSIS KERJA y Neurodermatitis Sirkumskripta . tampak relief kulit. dan riwayat asma . keluhan gatal dirasakan berkurang. Pasien juga menyangkal adanya riwayat alergi. papula ±papula. ukuran bervariasi dari 0. Status dermatologikus: Distribusi At Regio Lesi : Regioner : Facialis. dan dirasakan baik malam.5 cm sampai 8 cm. asma dan penyakit kulit lain pada pasien disangkal.

1% + Asam salisilat 3% pada tempat yang gatal 2-3x sehari. 4. Sistemik : o Antihistamin : Loratadine 1 x 10 mg tablet IX. PROGNOSIS : ad bonam : ad bonam : dubia ad bonam Quo ad vitam Quo ad functionam Quo ad sanationam Lampiran Tanda Tangan . 2. Hindari gigitan serangga Khusus : Topical : o Diberi Bethametasone valerat cream 0. 3. PENATALAKSANAAN Umum : 1. Hindari stress psikis sebisa mungkin Istirahat yang cukup Menganjurkan untuk menghindari garukan seminimal mungkin. 5. Menjaga kebersihan badan dengan mandi.VIII.