PERCEPATAN PEMBANGUNAN SANITASI PERKOTAAN (PPSP

)

2010 - 2014

Ketertinggalan
Tim Teknis Pembangunan Sanitasi Agustus 2009

Upaya Mengejar

15%.” .“Menurut BPS. tetapi hanya 49% yang memiliki septic tank. porsi penduduk yang memiliki akses pada sarana dan prasarana sanitasi dasar mencapai 77.

tetapi secara kualitatif layanan yang tersedia masih belum memadai. dengan mempromosikan strategi sanitasi perkotaan (SSK) sebagai cetak biru bagi pembangunan sanitasi komprehensif di kawasan perkotaan.” Target ini bisa dipenuhi secara kuantitif. Khususnya yang terkait dengan Butir 7 dari Target ke-10 MDG. Di samping sebagai upaya mengejar ketertinggalan dari sektor-sektor lain. roadmap PPSP juga sangat mendukung upaya Pemerintah Indonesia dalam memenuhi tujuan-tujuan Millenium Development Goals (MDGs). Roadmap sanitasi akan diterapkan secara bertahap di 330 kabupaten/kota di seluruh Indonesia mulai 2010 hingga 2014. Percepatan Pembangunan Sanitasi Perkotaan (PPSP) adalah sebuah roadmap pembangunan sanitasi di Indonesia yang dirancang rinciannya oleh Tim Teknis Pembangunan Sanitasi (TTPS). 3 . Roadmap percepatan pembangunan sanitasi khususnya untuk kawasan perkotaan (PPSP) akan diterapkan secara bertahap di 330 kabupaten/kota di seluruh Indonesia mulai 2010 hingga 2014.Latar Belakang Percepatan Pembangunan Sanitasi Perkotaan (PPSP) adalah sebuah roadmap pembangunan sanitasi di Indonesia yang digagas oleh Tim Teknis Pembangunan Sanitasi (T T PS) dengan mempromosikan strategi sanitasi perkotaan (SSK) sebagai cetak biru bagi pembangunan sanitasi komprehensif di kawasan perkotaan. yakni “mengurangi hingga separuh penduduk yang tidak mempunyai akses yang berkelanjutan pada air yang aman diminum dan sanitasi yang layak pada tahun 2015. sesuai arahan Tim Pengarah Pembangunan Air Minum dan Sanitasi.

yang berhasil mengidentifikasi isu-isu terkait sektor sanitasi dan memperkenalkan pendekatan strategi sanitasi perkotaan kota yang lebih praktis. Dimulai dengan Konferensi Sanitasi Nasional. dan Konvensi Strategi Sanitasi Perkotaan. 4 . 2008. April 2009. November 2007. yang merintis kesepakatan langkah-langkah penting pembangunan sanitasi seiring pencapaian MDGs. yang mampu meningkatkan kesadaran dan komitmen pemerintah pusat dan daerah. penyelenggaraan International Year of Sanitation.PPSP atau roadmap percepatan pembangunan sanitasi perkotaan merupakan muara berbagai aktivitas terkait pembangunan sektor sanitasi yang berlangsung beberapa tahun terakhir.

bimbingan.Bagaimana PPSP Dilaksanakan Konsep PPSP dijalankan dengan mendorong pemerintah-pemerintah daerah menyusun SSK bagi kota dan kabupaten mereka masing-masing. Sebab. hanya dengan SSK yang komprehensif. daerah. kampanye dan kesiapan kelembagaan untuk pelaksanaan program pada tahun berikutnya (2011) juga tetap perlu dilakukan. kampanye dan penyiapan kelembagaan serta aspek pendanaan (PPSP harus didukung pendanaanya baik oleh pemerintah pusat. sensitif gender dan poor inclusive pembangunan sektor sanitasi yang berkelanjutan bisa dijamin. menggabungkan pendekatan top-down dan bottom-up. yang mencakup dukungan aspek politis (PPSP menjadi prioritas daerah). penyusunan memorandum program. dan evaluasi. Tahap berikutnya. 2010 – 2014. pemantauan. adalah pelaksanaan program PPSP seperti penyusunan SSK. SSK inilah yang akan menjadi cetak biru bagi perencanaan pembangunan sektor sanitasi. edukasi. edukasi. Pada tahap persiapan ini dilakukan beberapa aktivitas terkait perencanaan program. Tahap pertama pelaksanaan PPSP dimulai pada September 2009. dilanjutkan dengan program advokasi. dan implementasi. berskala kota. dan sumber-sumber lain). 5 . Namun demikian pada periode ini tahap persiapan seperti advokasi.

2010 – 2014.Penyusunan Rencana Strategis. Tahapan PPSP Pelaksanaan PPSP memiliki tahapan sebagai berikut: . Pembimbingan. dan 82 kota/perkotaan secara berturut-turut hingga tahun 2014.Kampanye. 62. Pada tahap pertama (2010) PPSP akan menjaring 41 kota. Edukasi. PPSP akan dilaksanakan selama lima tahun.Pelaksanaan/implementasi. . 49. . Tahap I ditandai dengan dilaksanakannya Lokakarya PPSP. . Selanjutnya pada tahun-tahun berikutnya. Advokasi dan Pendampingan. PPSP tiap tahun akan menjaring. 72.Penyiapan Memorandum Program.Kapan PPSP Dilaksanakan Sebagai roadmap pembangunan sanitasi. untuk 330 kota/perkotaan di seluruh Indonesia.Pemantauan. 1 – 3 September 2009 di Jakarta. . . 6 . dan Pembinaan.Pengembangan Kelembagaan dan Peraturan. Evaluasi.

serta teknologi lain yang aman.Pengurangan genangan di 100 kota/kabupaten rawan genangan seluas 22. baik di perkotaan maupun di perdesaan dengan target yang akan ditentukan kemudian sesuai dengan Renstra Sanitasi tahun 2010-2014 masing-masing departemen/lembaga di Pusat. .Stop Buang Air Besar sembarangan (BABs). .500 hektar.Pengurangan timbulan sampah dari sumbernya dan penanganan sampah yang berwawasan lingkungan seperti penerapan sistem sanitary landfill atau controlled landfill untuk T PA.Sasaran PPSP PPSP diarahkan pada upaya mengatasi tiga sasaran terkait pembangunan sanitasi: . 7 .

Siapa Yang Berhak Bergabung Setiap kota/perkotaan yang menunjukkan komitmen dan memenuhi sayrat-syarat tertentu dapat bergabung dalam skema PPSP. sebanyak 24 kota sudah memiliki SSK. 8 . sasaran PPSP adalah 330 kota/perkotaan rawan kondisi sanitasi dengan komposisi sebagai berikut: air limbah persampahan 63 19 87 57 80 16 8 drainase Jumlah kota dengan permasalahan sanitasi Dari 330 kota sasaran PPSP. Hingga 2014.

perencanaan. dan pemrograman. TTPS sebagai PMU mengkoordinasikan pengelolaan. penyiapan memorandum proyek dan pelaksanaan pembangunan. T T PS membentuk Unit Pengelola Proyek (Project Management Unit/PMU) dan tiga Unit Pelaksana Proyek (Project Implementation Unit/PIU). Pokja Bidang Teknis dan Pendanaan bertindak sebagai PIU Produk untuk kegiatan teknis dalam penyiapan rencana strategis. Pokja Bidang Kelembagaan/Peningkatan Kapasitas sebagai PIU Kelembagaan yang menangani kegiatan pemberdayaan pemerintah daerah dan kesiapan fasilitasi. kesadaran dan penyiapan masyarakat. T T PS juga memberikan bantuan teknis bagi Pokja-pokja Sanitasi/AMPL di Provinsi dan Kota/Kabupaten. 9 . Pokja Bidang Advokasi/Kesehatan sebagai PIU Advokasi mengkoordinasikan kegiatan peningkatan kepedulian.Siapa Yang Melaksanakan Di bawah supervisi Tim Pengarah.

RINGKASAN PPSP ROADMAP 2010 – 2014 10 .

.

12 .

.

RP Soeroso No. Kementrian Negara Perumahan Rakyat. Departemen Perindustrian. Departemen Keuangan. Departemen Pekerjaan Umum dan Kementrian Lingkungan Hidup.50 Jakarta Pusat 10350 Phone: +62 21 3728748. Departemen Dalam Negeri.sanitasi.or. 31903909.id • www.id BAPPENAS KEMENPERA Tim Teknis Pembangunan Sanitasi (T T PS) adalah wadah adhoc inter-departemen yang bertugas mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan pembangunan sanitasi serta merumuskan arah kebijakan strategi pembangunan sanitasi nasional . . 31931013 sekretariat@sanitasi. Departemen Kesehatan. 31935312 • Fax : 62 21 392413.Jl.or. T T PS beranggotakan perwakilan dari Bappenas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful