Oleh : Ario Widiatmoko - Fauzi .M. Nur - M. Arief Setiawan XI.IA.

I

1. Taubat (Kembali) 2. Raja (Harapan) .

. Dan menjauhkan diri dari kemurkaan-Nya. Taubat marupakan rahmat Allah yang diberikan kepada hamba-Nya agar mereka dapat kembali kepada-Nya y Membersihkan hati dari segala dosa y Meninggalkan keinginan untuk melakukan kejahatan. karena mengagungkan nama Allah SWT.1. Taubat (kembali) Pengertian Taubat y Taubat adalah kembali kepada Allah setelah melakukan maksiat.

Faktor-faktor yang menyebabkan seseorang berdosa y Internal ( dari dalam diri) yaitu terkena rayuan syaitan dan terpengaruhi oleh hawa nafsu serta kurang mendekatkan diri kepada Allah y Eksternal (dari luar diri ) : mudah terpengaruh pergaulan sekitar Tingkatan Taubat y At-Taubah : memohon ampun y Al-Inabah : penyerahan diri y Al-Aubah : kembali kepada perbuatan terpuji .

syaratnya ditambah dua yaitu: y Meminta maaf pada orang yang telah dizalimi/dirugikan y Mengganti kerugian setimbang dengan kerugian yang dialami/meminta kerelaan .Syarat Untuk Bertaubat Jika berdosa kepada Allah : y Menyesal terhadap perbuatan maksiat yang telah diperbuat (Nadam) y Meninggalkan perbuatan maksiat itu y Bertekad dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatan itu lagi y Kembali kepada kebaikan atau berbuat baik Jika berdosa kepada orang lain.

Hikmah & Keutamaan Taubat y Penghapus Dosa y Akhlak mulia yang harus dikerjakan oleh seseorang yang berdosa y Media penyesalan seseorang y Mendekatkan diri kepada Allah y Menambah Iman dan Taqwa .

Dalil Tentang Taubat Artinya : Hai orang-orang yang beriman. (Q. At Tahriim: 8) . bertobaatlah kamu terhadap Allah SWT. Dengan tobat yang semurni-murninya.S. mudah-mudahan tuhanmu akan menutup kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu kedalam surga yang mengalir dibawahnya beberapa sungai-sungai.

2. dan y Berfikir kritis .W. Raja (Harapan) Pengertian Raja y Segala perbuatan yang semata-mata mengharapkan keridaan Allah S.T Syarat Orang yang Raja y Optimistis y Dinamis.

Faktor Raja Faktor Raja dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu : y Internal : Niat mengharapkan ridha Allah y Eksternal : Melakukan sesuatu untuk kehidupan manusia Ciri Ciri orang yang Raja Bahagia di dunia Bahagia di alam kubur. dan Bahagia di akhirat .

W.T Sarana penyelesaian persoalan hidup Memperoleh kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat .Contoh perilaku Raja dalam kehidupan Bekerja dengan mengharap rida Allah atas penghasilan yang ia dapat Bersedekah dengan mengharap rida Allah Membantu orang lain tanpa pamrih dan hanya mengharap rida Allah Manfaat & Hikmah Raja y y y y y y Memperoleh keridaan Allah Terhindar dari perbuatan dosa Mendapatkan kepuasan hidup Mendekatkan diri kita pada Allah S.

pergilah kamu. melainkan kaum yang kafir. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah. .Dalil Tentang Raja Artinya : Hai anak-anakku. maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful