MODAL KERJA

STIKOM

THE LONDON SCHOOL OF PUBLIC RELATIONS

DANA = MODAL KERJA Tersedianya Modal Kerja sangat erat kaitannya dengan Operasi Perusahaan SehariSehari-hari (day to day operations) dan Tingkat Keamanan (margin of safety) para Kreditur (terutama Kreditur Jangka Pendek) Pendek) .

DANA = MODAL KERJA (lanjutan) lanjutan) MODAL KERJA KURANG .Penyebab utama kegagalan perusahaan dalam operasinya .Menimbulkan kesulitan Likuiditas .

Perusahaan beroperasi secara ekonomis .Dana tidak produktif.Perusahaan tidak mengalami kesulitan sebagai akibat krisis keuangan . rentabilitas rendah MODAL KERJA CUKUP .DANA = MODAL KERJA (lanjutan) lanjutan) MODAL KERJA BERLEBIH . aktivitas rendah produktif.

KONSEPKONSEP-KONSEP MODAL KERJA KONSEP KUANTITATIF Menitikberatkan pada JUMLAH yang diperlukan untuk mencukupi kebutuhan dalam membiayai operasi rutinnya. dengan kata lain menekankan pada tujuan operasi jangka pendek. Tidak dimasalahkan dari mana Modal Kerja berasal Modal Kerja = Total Aktiva Lancar .

KONSEPKONSEP-KONSEP MODAL KONSEP KUALITATIF KERJA (lanjutan) lanjutan) Menitikberatkan pada pengertian Modal Kerja sebagai KELEBIHAN Aktiva Lancar terhadap Hutang Jangka Pendek Net Working Capital Dari pengertian ini berarti : Kelangsungan Operasi dapat dijaga Margin of Safety para Kreditur Jangka Pendek dapat dijamin .

KONSEPKONSEP-KONSEP MODAL KONSEP FUNGSIONAL KERJA(lanjutan) lanjutan) Titikberatnya. Kendaraan). Mesinmaka yang dapat dinyatakan sebagai Modal Kerja untuk periode tersebut adalah sebesar PENYUSUTAN atas aktiva yang dimaksud untuk periode tersebut. dana yang dimiliki perusahaan berfungsi untuk menghasilkan LABA. Mesin-mesin. . (dalam hal ini aktiva yang tergolong Aktiva Tetap seperti : Gedung. Karena Aktiva tidak semuanya habis dipakai dalam operasi normal perusahaan pada suatu periode tertentu.

tersedianya Modal Kerja juga : Melindungi perusahaan terhadap krisis modal kerja karena turunnya nilai aktiva lancar Memungkinkan perusahaan membayar semua kewajiban tepat pada waktunya .ARTI PENTING MODAL KERJA Selain memungkinkan perusahaan beroperasi secara ekonomis dan tidak mengalami kesulitan keuangan. keuangan.

ARTI PENTING MODAL KERJA (lanjutan) Perusahaan mempunyai kredit standing yang semakin besar sehingga dapat menghadapi kesulitan keuangan yang mungkin terjadi Memungkinkan perusahaan memiliki persedian dalam jumlah yang cukup Memungkinkan perusahaan memberi syarat kredit yang lebih menguntungkan pelanggan Memungkinkan perusahaan beroperasi secara lebih efisien perusahaan karena tidak ada kesulitan dalam memperoleh barang dan jasa yang diperlukan .

yang tertanam dalam bentuk AKTIVA LANCAR Jumlah tersebut dipengaruhi oleh faktor : Proyeksi VOLUME PENJUALAN PERPUTARAN Modal Kerja tersebut .KEBUTUHAN MODAL KERJA Adalah JUMLAH DANA yang diperlukan untuk menjalankan operasi perusahaan dalam Jangka Pendek.

KEBUTUHAN MODAL KERJA (lanjutan) Untuk menentukan jumlah MODAL KERJA yang dibutuhkan. dapat digunakan pendekatan (antara lain) : FINANCIAL RATIO Beberapa Financial Ratio yang dapat digunakan antara lain : Average Collection Period Days Inventory Days Prepaid Expenses Cash Minimal WAKTU YANG DIPERLUKAN untuk membiayai masing-masing masingunsur AKTIVA LANCAR .

dalam pengertian bertambah atau berkurangnya sangat dipengaruhi oleh Volume Kegiatan Operasi Ke dalam pengertian ini dapat dimasukkan a.l. Kredit Pemasok dan Pos-pos Accrual Pos- SUMBER DANA TIDAK SPONTAN Yaitu sumber dana yang bertambahnya memerlukan Komitmen Khusus .l. a. FLEKSIBEL.SUMBER PEMBIAYAAN KEBUTUHAN MODAL KERJA SUMBER SPONTAN Yaitu sumber dana yang bersifat SANGAT FLEKSIBEL.