KATA PENGANTAR

“Puji Syukur Alhamdulillah” Kita panjatkan kepada kehadirat Allah SWT, dengan nikmat kesehatan dan waktu yang di berikan, sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah, walaupun bentuk biasa mengenai masalah “STUDI AJARAN AGAMA ISLAM” Serta tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Dosen pembimbing yang membantu dan membimbing kami dalam pengajaran sehingga makalah ini terselesaikan. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi kami sebagai penyusun makalah ini.

B. damai. Untuk mengetahui sumber ajaran agama islam . rukun. Untuk mengetahui berbagai makna ajaran agama islam untuk dipahami 2. Latar Belakang Masalah Dengan adanya ajaran agama islam yang di bawah oleh N abi Muhammad SAW. terbuka. sebagaimana yang tertera dalam Al-Qur’an dan Hadits Nabi Muhammad SAW. kita dapat meyakini untuk terwujudnya dalam kehidupan manusia yang rukun dan damai serta sejahtera lahir dan bathin. Agama Islam mengajarkan hidup. Dengan berbagai petunjiili-petunjuk Ajaran Agama Islam menyangkut dalam kehidupan manusia. kemakmuran. Yang terdapat di dalamnya dengan berbagai macam petunjuk terhadap manusia bersikap baik serta berkehidupan yang lebih bermakna dan hidup yang sebenar-benarnya. keadilan serta mengutamakan persahabatan dan persaudaraan antar sesama. Tujuan Penulisan Adapun tujuan penulisan makalah ini dengan judul “STUDI AJARAN AGAMA ISLAM” yakni: 1. serta dapat beriorentasi pada kualitas.BAB I PENDAHULUAN A. selalu cinta pada kebersihan. dinamis serta saling menghargai sesama antara sesama. yang kita lihat lebih agung dan mulia. bersikap.

Pengertian Agama Islam Ada 2 sisi yang dapat kita gunakan untuk memahami pengertian Agama Islam. menundukkan. Dari pengertian kebahasan tersebut. Agar manusia mengetahui selak beluk islam 4. Ke dua sisi pengertian tentang islam dapat di jelaskan sbb: • Dari segi kebahasaan “Islam” berasal dari bahasa Arab yaitu dari kata salima yang mengandung arti salama. Sumber lain mengatakan bahwa Islam berasal dari bahasa Arab. . patuh. balasan dan kebisaan. Kata aslama itulah yang menjadi kata islam yang mengandung arti segala arti yang terkandung dalam arti pokoknya. kata islam dekat dengan arti kata “Agama” yang berarti menguasai. sebagai tugas kelompok dari dosen pembimbing pengantar studi islam BAB II PEMBAHASAN A. tunduk. patuh.3. sentosa dan damai. orang yang berserah. yaitu sisi kebahasaan dan sisi peristilahan. patuh dan taat di sebut orang muslim. Oleh sebab itu. dan taat. hutang. Dari kata salima selanjutnya di ubah menjadi bentuk aslama yang berarti berserah diri masuk dalam kedamaian. dan berarti pula menyerahkan diri. terambil dari kata salima yang berarti selamat sentosa.

tidak tumbuh apalagi di paksakan dari luar. tetapi ia diajarkan sebagai pemenuhan alam manusia. sehingga pertumbuhan perwujudannya pada manusia selalu bersifat dari dalam. Dari uraian diatas. Harun Nasution mengatakan bahwa Islam adalah Agama yang ajaran- ajarannya di wahyukan kepada manusia melalui Nabi Muhammad SAW. Sikap ini terdapat ajaran Tuhan kepada hambanya. taat dan berserah diri kepada Tuhan dalam upaya mencari keselamatan dan kebahagiaan hidup baik di dunia maupun di akhirat. • Dari segi peristilahan 1. karena cara demikian menyebabkan islam tidak otentik karena kehilangan dimensmya yang paling mendasar dan mendalam. dapat di simpulkan bahwa kata Islam dari segi kebahasaan mengandung arti penuh.sebagai Rasul.Nurcholish Madjid berpendapat bahwa sikap pasrah kepada Tuhan adalah merupakan hakekat dari pengertian Islam. tunduk. yaitu kemurnian dan keikhlasan. . Pengertian Islam menurut Maulana Muhammad Ali dapat dipahami dari firman Allah yang terdapat pada ayat 202 surah Al-Baqarah. dan juga terdapat dari ayat 61 surah Al-Anfal.

Maulana Muhammad Ali mengatakan bahwa Islam adalah Agama perdamaian dan dua ajaran pokoknya. Berdasarkan keterangan tersebut. Dengan demikian secara istilah islam adalah nama bagi suatu Agama yang berasal dari Allah SWT. akan tetapi secara prinsipil salah. dan bukan berasal dari Nabi Muhammad SAW. . Peristilahan ini karena dinisbahkan pada umumnya Agama di luar Islam yang namanya disandarkan pada nama pendirinya. Penyebutan istilah Muhammadanisme dan Muhammedan untuk Agama Islam menurut Nasruddin Razak. Kata Islam adalah nama yang diberikan oleh Allah sendiri. Bukan berasal dari manusia. 3.2. Kata Islam tidak mempunyai hubungan dengan orang tertentu atau dari golongan manusia atau dari suatu negeri. Islam diidentikkan dengan istilah Muhammadanisme dan Muhammedan. yaitu keEsaan Allah dan kesatuan dan persaudaraan Ummat manusia menjadi bukti nyata bahwa Agama Islam selaras dengan namanya. maka kata Islam menurut istilah adalah mengacu kepada Agama yang bersumber pada wahyu yang datang dari Allah SWT. bukan saja tidak tepat. Di kalangan masyarakat barat. sebagaimana perkataan Agama Budha yang mangandung arti Agama yang dibangun oleh Sidharta Gautama Sang Budha atau paham yang berasal dari Sidarta Gautama. Peristilahan itu bisa mengandung arti bahwa Islam adalah paham Muhammad atau pemujaan terhadap Muhammad.

Al-Parra berpendapat bahwah lafadz Al-Qur’an berasal dari kata Qarain jamak dari kata Qarina yang berarti kaitan. Sumber Ajaran Islam Adapun sumber ajaran Islam adalah: 1. diantaranya : a. Al-Qur’an Dikalangan para Ulama dijumpai adanya perbedaan pendapat mengenai pengertian Al-Qur’an baik dari segi bahasa maupun istilah. Lafadz tersebut sudah lazim digunakan dalam pengertian kalamullah (Firman Allah) yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Al-Asy’ari dan para pengikutnya mengatakan bahwa lafadz Al-Qur’an diambil dari kata Qarn yang berarti menggabungkan sesuatu atas yang lain. Asy-Safi’i mengatakan bahwa Al-Qur’an bukan berasal dari akar kata apapun. c. karena dilihat dari segi makna dan kandungannya ayat-ayat Al-Qur’an itu satu sama lain salin berkaitan. Adapun pengetian Al-Qur’an dari segi istilah dapat dikemukakan berbagai pendapat berikut ini: . dan bukan pula ditulis memakai hamzah. karena surah-surah dan ayat-ayat Al-Qur’an satu dan lainnya saling bergabung dan berkaitan.B. b.

memberi petunjuk kepada mereka dan menjadi sarana untuk melakukan pendekatan diri dan ibadah kepada Allah dengan membacanya. b. melalui Jibril dengan menggunakan lafadz bahasa Arab dan maknanya yang benar. Manna’ Al-Qaththan mengutip pendapat para ulama pada umumnya yang menyatakan bahwa Al-Qur’an adalah firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhanunad SAW. . c. Al-Wahhab Al-Khallaf berpendapat bahwa Al-Qur' an adalah firman Allah yang diturunkan kepada hati Rasulullah.a. Dan bernilai ibadah bagi pembacanya. Al-zarqani mengatakan bahwa Al-Qur’an adalah lafadz yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Abd. agar ia menjadi Hujjah bagi Rasul bahwa ia benar-benar Rasulullah. menjadi Undang-undang bagi manusia. Mulai dari awal surah Al-Fatihah sampai Surah An-Nas.

dapat disimpulkan bahwa kata Islam dari segi kebahasaan mengandung arti patuh. sebagai sumber ajaran agama Islam yang pertama adalah Al-Qur’an dengan berbagai macam petunjuk yang terkandung di dalamnya serta ajaran agama Islam yang ke Dua As-sunnah dengan berbagai macam penjelasan terhadap manusia yang harmonis serta AlQu’ran.BAB III PENUTUP A. Saran Kami dari penyusun makalah menyerahkan sahabat pembaca setelah membaca makalah ini anda dapat memberikan saran dan kritikan yang bersifat membangun dan memotivasi kami karena didalamnya masih banyak kekurangan-kekurangan. Jadi . agar meningkatkan pengetahuan kami mengenai .tunduk dan berserah diri kepada Tuhan dalam upaya mencari keselamatan dan hidup baik didunia maupun diakhirat. B. Serah dalam istilah Islam adalah nama dari suatua agama berasal dari Allah SWT. Kesimpulan Berdasarkan uraian diatas yang telah kami buat.

Abuddin Nata. MA) STUDI ISLAM (Prof. H. Drs. Masjfuk tuhdi) pi raja grafindo persada Jkt . H.pembelajaran metode studi Islam dalam pembahasan “STUDI AJARAN AGAMA ISLAM” DAFTAR PUSTAKA STUDI ISLAM (STKIP Muhammadiyah Bone 2005) METODOLOGI STUDI ISLAM ( Dr.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful