Maret 2006

Installing and Configuring Kerio Winroute Firewall
Section I. Installation
Section I hanya berisi instruksi / perintah yang digunakan dalam installsi Kerio Winroute Firewall. System Requirements Intel Pentium II 300 MHz or compatible 128 MB RAM 50 MB disk spae for installation Free disk space for logs and cache NIC (ethernet card) Operating system : Win2k or WinXP or Win2k3 Installasi Sebelum melakukan installasi, yakinkan bahwa ethernet telah berfungsi dengan baik, apabila Anda menggunakan 2 ethernet, yakinkan bahwa kedua ethernet tersebut tlelah berfungsi baik yang ke Internet maupun yang ke LAN (mis. eth yg ke Internet di isi dengan IP 192.168.1.1 dan eth. yang ke LAN diisi dgn 192.168.0.1). Jika Anda menggunakan Dial-Up, yakinkan modem dapat dial dengan baik ke internet dan IP untuk LAN telah terisi. Sekarang klik ganda pada file setup (mis. kerio-kwf-6.1.4-1086-win.exe) akan ada tampilan sbb :

Ditulis oleh Henk aka n3cr0 untuk OprekPC.com

Maret 2006

Gambar 1. Setup Kerio Winroute Firewall Kemudian akan tampil kotak dialog yg berisi “License Agreement”, pilih “I accept…” defaultnya “ I do not accept…”.

Gambar 2. License Agreement Kemudian klik tombol Next untuk meneruskan. Setelah itu, setup akan menanyakan lokasi dimana akan diinstall program (mis. C:\Kerio).

Ditulis oleh Henk aka n3cr0 untuk OprekPC.com

Maret 2006

Gambar 3. Choose Destination Location Setelah lokasi tujuan diisi (apabila Anda menggunakan 2 HDD, tempatkan lokasi intallasi di partisi pertama pada HDD kedua untuk menambah perfomance), klik Next. Setup akan menanyakan tipe apa yang akan di gunakan untuk setup. Disii akan diberikan 3 pilihan yaitu : 1. Typical Intallasi tipe ini tanpa merubah apapun (default program) dan tipe ini cocok untuk seorang pemula. 2. Compact Installasi tipe ini diperuntukan bagi mereka yang mempunyai keterbatasan dalam hal free space HDD. Untuk type ini ‘Help’ file minimal dan selain bahasa Inggris ditiadakan (tidak di install). 3. Custom Installasi tipe ini buat mereka yang sudah lebih mengerti (advanced user). Disini kita dapat memilih apa saja yang di install dan apa yang tidak di install.

Ditulis oleh Henk aka n3cr0 untuk OprekPC.com

Select Components Ditulis oleh Henk aka n3cr0 untuk OprekPC.Maret 2006 Gambar 4. Akan tampil komponen dari installasi.com . Select the Setup Type Untuk melihat apa saja yang akan di install. Gambar 5. pilih ‘Custom’ kemudian tekan tombol Next.

installasi akan menanyakan apakah Anda akan menggunakan fasilitas remote untuk installasi? Kalau Anda install Kerio Winroute Firewall lewat remote desktop atau VNC atau program remote lainnya.Maret 2006 Setelah memilih apa saja yang perlu diinstall (saran : un-check / un-tick sebaiknya hanya help files untuk bahasa Czech kalau Anda bukan orang Czech. Ditulis oleh Henk aka n3cr0 untuk OprekPC. selain itu jangan dirubah) tekan tombol Next untuk melanjutkan. pilihan ini wajib di enable dan diisi dengan IP saat Anda melakukan remote. kalau tidak Anda tidak dapat menekan tombol Next). Langkah selanjutnya adalah pengisian password untuk user Administrator (wajib dilakukan.com . Gambar 6. Administrative Account Setelah tombol Next ditekan.

com . Ditulis oleh Henk aka n3cr0 untuk OprekPC. Kalau Anda melakukan instalsi secara lokal (langsung di komputer tersebut). Remote Access Jika Anda install lewat remote dan tidak ‘enable’ fasilitas ini maka selanjutnya Anda tidak akan bisa remote lagi setelah instalasi selesai dan restart komputer karena secara default KWF tidak akan memberikan akses apapun ke mesin KWF.Maret 2006 Gambar 7. fasilitas ini diabaikan saja dan langsung tekan tombol Next untuk melanjutkan.

Ditulis oleh Henk aka n3cr0 untuk OprekPC. Gambar 9. akan tampil kotak dialog yang menanyakan untuk installasi Kerio VPN Adapter. siapa tahu kelak akan berguna.com . Setelah selesai install Kerio VPN Adapter. Walaupun pada saat ini Anda tidak membutuhkan VPN connection. installasi akan meminta untuk restart komputer.Maret 2006 Gambar 8. Setup Status Setelah selesai installasi me-copy-kan files. Kerio VPN Adapter Installation Sebaiknya di jawab ‘Yes’.

com . Installation Wizard Complete Restart komputer wajib dilakukan untuk memulai setting KWF. Tekan tombol Finish untuk restart komputer Anda.Maret 2006 Gambar 10. Ditulis oleh Henk aka n3cr0 untuk OprekPC.

Anda akan diminta untuk memasukan password yang tadi telah Anda isi pada waktu setup. Apabila belum ingin untuk memulai konfigurasi KWF.Maret 2006 Section II. Administration Console Starting Apabila Anda ingin menjalankan KWF. tekan tombol ‘No’ dan akan tampil halaman windows seperti biasanya. Starting and Setting Section II berisi petunjuk konfigurasi sederhana dan cepat untuk memulai internet sharing. langsung tekan tombol ‘Yes’. Tekan tombol ‘Yes’ untuk melanjutkan. Ditulis oleh Henk aka n3cr0 untuk OprekPC. Untuk pengaturan yang lebih dalam dan detil akan di bahas di section III. Starting and setting Setelah selesai restart dan akan masuk ke windows mode. Anda akan ditanyakan untuk memulai ‘Administration Console’ yaitu antarmuka dari program KWF.com . Gambar 11.

Apabila password yang diisi benar maka akan tampil wizard untuk setting rules di KWF sbb : Gambar 13. Wizard akan menanyakan koneksi internet yang akan digunakan. Cable modem or other. 1. Disini akan ada 3 pilihan yang akan aktif apabila jenis koneksi tersebut ada.com . Kerio Winroute Firewall Connection Setelah password diisi tekan tombol Connect untuk login ke Administrative Console KWF.Maret 2006 Gambar 12. Ethernet. Network Rules Wizard Tekan tombol Next untuk melanjutkan. DSL. Ditulis oleh Henk aka n3cr0 untuk OprekPC.

2. Dial-Up (modem. 3. cable modem atau cascade dengan internet koneksi yang sudah ada. Ditulis oleh Henk aka n3cr0 untuk OprekPC. Jenis kenoksi internet yang sering ditemui untuk perusahaan kecil dan pengguna pribadi. Type of Internet Connection Pilih salah satu sesuai dengan jenis koneksi yang akan digunakan (mis. Gambar 14. xDSL.Maret 2006 Jenis koneksi yang menggunakan ethernet. Satellite broadband connection (DirecWay) Adalah jenis internet koneksi dengan menggunakan fasilitas satellite (wireless broadband). Pada halaman ketiga dari wizard.com . ISDN. PPPoE) Jenis koneksi yang menggunakan modem dial-up untuk koneksi ke internet. untuk pengguna dial-up pilih pilhan nomor 2 dan untuk pengguna ADSL atau lease line pilih pilihan pertama) kemudian tekan tombol Next untuk melanjutkan. Anda akan diberikan informasi untuk jenis koneksi internet yang terdeteksi (penulis menggunakan pilihan dial-up telkomnet). Jenis internet koneksi yang paling umum untuk perusahaan menengah ke atas. Jenis internet koneksi untuk perusahaan besar yang membutuhkan koneksi yang stabil dan bisa menjangkau daerah terpencil.

tekan tombol Next untuk melanjutkan. Apabila koneksi dial-up belum disetting atau biar lebih meyakinkan maka pilih ‘Use the following login data’ dan isi kotak isian dengan username dan password untuk login ke ISP (mis. untuk koneksi telkomnet username=telkomnet@instan password=telkom). Pada wizard window berikutnya Anda akan ditanyakan untuk memilih service apa saja yang akan digunakan untuk internet (mis. maka akan tampil pilihan ethernet sebagai berikut Gambar 15a.com . email menggunakan POP dan SMTP. dll). Ditulis oleh Henk aka n3cr0 untuk OprekPC.Maret 2006 Gambar 15. browsing menggunakan HTTP. Internet Connection with Dial-up Apabila dial-up sudah disetting dengan baik di control panel maka pilih ‘Use login data from the RAS entry’. Internet Connection with Ethernet Setelah memilih ethernet mana yang akan digunakan untuk internet (automatis terpilih apabila sudah ada koneksi ke internet). Untuk pengguna ADSL atau cable modem atau wireless.

Jika ada. Anda dapat memilih ‘Allow access to the following services only’ dan services yang sudah ada dapat di uncheck / un-tick untuk disable service tersebut. Selanutnya Anda akan ditanyakan apakah Anda akan membuat rules untuk VPN?. Bila Anda sudah terbiasa dengan jenis service internet dan ingin untuk customise service yang digunakan. disarankan untuk memilih ‘Allaow access to all services (no limitations)’. Untuk membuat rules VPN. Jika tidak. Gambar 17. Outbound Policy Jika Anda belum mengerti tentang jenis service internet. hilangkan tanda check/tick kemudian tekan tombol Next untuk melanjutkan.com . Untuk masalah pembatasan service. masukan IP dari server Ditulis oleh Henk aka n3cr0 untuk OprekPC. Create rules for VPN Setelah tombol Next di tekan. tampil kotak dialog yang menanyakan apakah Anda mempunyai server yang dapat diakses dari internet?. Anda dapat melakukannya nanti sesuai kebutuhan. dapat dilakukan setelah selesai wizard.Maret 2006 Gambar 16.

com . Jika tidak ada atau tidak tahu. Gambar 19. Untuk setting ‘Inbound / Incoming Policy’ dapat dilakukan nanti. Gambar 18. maka NAT akan digunakan (enable). Internet Sharing (NAT) Setelah menekan tombol Next maka akan tampil wizard window terakhir yang memberikan informasi bahwa semua masukan untuk rules internet sharing akan di buatkan (generate rules). Karena tujuan installasi Kerio Winroute Firewall ini adalah untuk berbagi pakai koneksi internet. Jika tidak ingin NAT diaktifkan. tekan tombol Next untuk melanjutkan. Ditulis oleh Henk aka n3cr0 untuk OprekPC. hilangkan tanda tick kemudian tekan tombol Next.Maret 2006 tersebut dengan menekan tombol Add. Create Inbound Policy Wizard selanjutnya adalah menanyakan apakah NAT (Network Address Translation) akan digunakan atau tidak (secara default NAT aktif).

Yang membedakan hanyalah alamat IP. maka yang tampil di ‘Interfaces’ adalah ‘Local area connection’ dan ‘Local area connection 2’. Apabila Anda menggunakan 1 eth dan 1 modem maka hal ini tidak jadi masalah. Interface (antar muka) KWF berfungsi sebagai router untuk semua network interface yang terinstall di dalam system. Untuk memudahkan pengaturan. Setelah tombol Finish ditekan maka akan tampil rules yang telah dibuatkan sebelumnya. yang 1 untuk LAN dan satunya untuk internet. sebaiknya Anda merubah nama dari interface (mis.Maret 2006 Gambar 20. Intefaces with 2 ethernet Ditulis oleh Henk aka n3cr0 untuk OprekPC. Gambar 21.com . Nerwork rules Wizard Finish Tekan Back untuk kembali ke wizard sebelumnya atau tekan Finish untuk mengakhiri wizard. apabila menggunakan 2 eth.

Interaces with modem and ethernet Apabila Anda menggunakan modem maka Anda perlu untuk melakukan pengaturan agar pada saat user browsing. secara otomatis modem akan dial ke ISP. Gambar 22.Maret 2006 Gambar 21a. Pengaturan dapat dilakukan dengan cara klik ganda pada modem interfaces.com . Auto Dial Setting Ditulis oleh Henk aka n3cr0 untuk OprekPC.

Ditulis oleh Henk aka n3cr0 untuk OprekPC.Maret 2006 Traffic Policy Gambar 23. Traffic Policy with 2 Ethernet Gambar 23a. Traffic Policy with Dial-Up Modem Dari traffic policy ini Anda dapat mengatur lalulintas data. cukup dengan klik ganda dikolom service baris NAT kemudian Add service yang di inginkan. Dan sebaliknya apabila ingin menambahkan service yang diinginkan.com . maka service untuk FTP di hapus dari kolom service pada baris NAT. misalnya user hanya bisa browsing tapi tidak bisa menggunakan FTP.

pilih Scope Ditulis oleh Henk aka n3cr0 untuk OprekPC. Apabila DHCP server belum ada maka DHCP server harus di fugsikan (default disable).Maret 2006 Gambar 24.com . NAT Service Edit DHCP Server Apabila DHCP server menggunakan bawaan dari windows. pilih DHCP server pada kolom sebelah kiri dan akan tampil DHCP configuration seperti berikut ini Gambar 25. DHCP server untuk KWF (wajib) diabaikan saja. DHCP Server Untuk memulai konfigurasi DHCP server. Untuk mengaktifkan DHCP server. Anda harus mengaktifkan dengan memberi tanda tick di ‘DHCP Server enabled’ setelah itu tekan tombol Apply. Kemudian tekan tombol Add.

202. dll) kemudian tekan tombol Ok. Add DHCP Scope Dan akan tampil kotak dialog untuk deskripsi dari DHCP server besertaisian untuk komponennya. 192. Address Scope window Masukan deskripsi dari DHCP server.200 berarti user dijaringan <= 190).9.com . ini wajib diisi agar pada saat user meminta alamat IP dari DHCP. default gateway secara otomatis ikut diberikan. masukan juga alamat IP pertama dan IP terakhir untuk DHCP (mis.Maret 2006 Gambar 26.9.168.168.168. Aktifkan default gateway dan masukan IP lokal dari KWF Anda (mis.11 s/d 192. Gambar 27.158. Aktifkan juga Domain name server (DNS) untuk memberitahukan ke user bahwa DNS Anda adalah sekian (mis.1).7 untuk DNS CBN. 192. Ditulis oleh Henk aka n3cr0 untuk OprekPC. Untuk Lease time dapat disetting dengan cara memberi tick di samping kiri Lease time dan masukan berapa hari IP tersebut akan di simpan.134.0.3.9. 202.155 untuk DNS Telkom.

Ditulis oleh Henk aka n3cr0 untuk OprekPC. After Edit Address Scope Setelah selesai pengisian konfigurasi untuk DHCP server.155. • Forward DNS queries to the specified DNS Server(s) Untuk forwarding DNS tipe ini.Maret 2006 Gambar 28. Pilihan pertama yaitu • Forward DNS queries to the server automatically selected from DNS servers known to the operating system.5 untuk Telkom.3.2. beri tanda tick di ‘Enable DNS Forwarding’ kemudian tekan Apply. Untuk mengaktifkan DNS forwarding.134.0. Forward DNS untuk tipe ini adalah menggunakan DNS yang telah di setting di ethernet card. tekan Apply untuk memastikan konfigurasi tersebut tersimpan.158. 202.7. Disini akan diberikan 2 pilihan untuk DNS forwarding. 202.134. Anda perlu memasukan IP DNS dari ISP Anda (mis. dll). 202.com .3.158.6 untuk CBN. Edit Address Scope Gambar 29. Sekarang setting untuk DNS server (DNS Forwarder). 202.

2.kerio. ‘Cache’ dan ‘Proxy Server’.com. Allow automatic updates (enable) Rule ini memberikan ijin untuk update KWF ke hompage www. maka yang akan dibahas hanya tab ‘URL Rules’. Anda dapat merubah/menambahkan URL di ab URL Groups. Sekarang beralih ke Content Filtering – HTTP Policy.Maret 2006 Agar lebih meyakinkan tidak terjadi kesalahan dalam forwarding DNS. Di dalam HTTP Policy akan ditemukan beberapa tab. 1. Deny sites rated in ISS OrangeWeb filter categories (disable) Rule ini berfungsi untuk membuang kata-kata atau gambar yang masuk dalam kategori ISS OrangeWeb. Ditulis oleh Henk aka n3cr0 untuk OprekPC. Gambar 30. Secara default. URL rules telah ada 4 rules dengan fungsinya masing-masing. URL rules ini berfungsi sebagai pengaturan website mana saja yang boleh diakses dan mana yang tidak boleh. 4. Remove advertisement and banners (disable) Rule ini berfungsi untuk membuang iklan dan banner yang isinya dapat di rubah di tab URL Groups. pilih pilihan yang kedua dan masukan IP DNS dari ISP. DNS Forwarder Jangan lupa untuk tekan tombol Apply setelah pengaturan dan pengisian DNS selesai. Allow MS Windows automatic updates (enable) Rule ini memebrikan ijin ke windows update agar dapat otomatis update ke homepage microsoft. begitu juga untuk user yang boleh akses berdasarkan IP atau time range atau group. tapi untuk mempercepat internet sharing. Untuk memeberikan ijin ke antivirus agar dapat otomatis update. 3.com . Langsung ke tab URL Rules. Untuk merubah pengaturannya dapat dilakukan di tab ISS OrangeWeb filter.

Maret 2006 Gambar 31. Tab ini berfungsi untuk menyimpan halaman website yang telah dikunjungi dan apabila ada yang memanggil alamat website tersebut kemudian. Tab Cache Setelah enable semua pilihan. browser tidak mengambil (download) dari website itu lagi melainkan mengambil dari KWF cache. Sekarang beralih ke tab Cache. jangan lupa tekan tombol Apply untuk menyimpan. jangan lupa untuk tekan Apply untuk menyimpan pengaturan. Untuk pengguna awal. Gambar 32. Hal ini sangat berguna bagi yang mempunyai koneksi internet yang terbatas. Tab URL Rules Apabila Anda melakukan perubahan. 3128 dan 8080. Pada umumnya orang menggunakan port 80. Pembahasan satu per satu secara detil akan dibahas nanti.com . sebaiknya semua pilihan di enable. Sekarang beralih ke tab Proxy Server. Pada tab proxy server ini yang akan dibahas hanya port untuk proxy. Apabila Ditulis oleh Henk aka n3cr0 untuk OprekPC.

untuk mengijinkan / tidakmengijinkan user melakukan kirim / terima fil melalui FTP service. Tab Proxy Server Setelah merubah port. FTP Policy Pada FTP policy sudah ada 4 buah rules yang semuanya disable. Apabila port yang diisi telah digunakan oleh aplikasi lain maka akan ada pesan error pada Error Logs (contoh. Failed to bind to port ####: another application is using this port).Maret 2006 Anda ingin merubah port tersebut. Anda harus yakin dulu kalau port tersebut tidak digunakan oleh aplikasi lain. jangan lupa untuk tekan tombol Apply untuk menyimpan konfigurasi.com . Disarankan untuk menggunakan port 3128 atau 8080 saja. Disitu cukup jelas rule yang dibuat. Gambar 33. Ditulis oleh Henk aka n3cr0 untuk OprekPC.

Setelah melakukan perubahan. 6. antivirus akan secara otomatis terinstall. Anda dapat juga menginstall antivirus lain yang di dukung oleh KWF seperti Grisoft AVG Email Server Edition. Selain integrated antivirus.Maret 2006 Gambar 34. pilihan untuk menggunakan integrated antivirus akan disable (tidak bisa dipilih).com . sebaliknya bila license tanpa antivirus. apabila license tersebut sudah dengan antivirus maka antivirus tetap berjalan dengan baik. jangan lupa untuk menyimpannya dengan cara tekan tombol Apply. FTP Policy Anda dapat menambahkan rules untuk FTP dengan cara menekn tombol Add. dll (lihat gambar 35) Ditulis oleh Henk aka n3cr0 untuk OprekPC.x). Antivirus Secara default pada saat intallasi KWF (ver. atau Anda dapat menghapus rules dengan cara memilih rules yang akan dihapus dan tekan tombol Delete. merubah rules yang sudah ada dengan cara pilih rules yang akan di rubah kemudian Edit. Pada saat memasukan license.

Gambar 36. ‘Alert the client’ dan jika pada saat transfer file. Antivirus List Anda juga dapat memilih untuk tidak menggunakan antivirus dengan cara memilih ‘Do not use antivirus’ (tidak disarankan). Disarankan untuk mengaktifkan pilihan ‘Move the file to quarantine’. Untuk installasi ini . Tab ini berisi pilihan untuk pengambilan tindakan apabila ditemukan adaya virus pada saat menggunakan service HTTP dan FTP.Maret 2006 Gambar 35. file tersut tidak dapat di scan oleh AV maka pilhan yang di sarankan adalah ‘Deny transmission of the file’. Ditulis oleh Henk aka n3cr0 untuk OprekPC. gunakan integrated antivirus dengan engine dari McAfee dan secara periodic (dapat dirubah lamanya waktu untuk update) akan update otomatis ke McAfee. Sekarang beralih ke tab HTTP. FTP Sacnning.com . Integrated Antivirus and Period Update Jangan lupa untuk menekan Apply agar perubahan tersimpan.

dan menghapus user dengan cara pilih user kemudian tekan tombol Remove. .Move message to quarantine berfungsi agar bila ada email yang mengandung virus segera di alihkan ke karantina dan tidak diteruskan ke user. . Di tab email scanning hanya 2 pilihan yang perlu diaktifkan yaitu ‘Move message to quarantine’ dan ‘Prepend message subject with text’. Ditulis oleh Henk aka n3cr0 untuk OprekPC. Apabila Anda sudah tidak sabar untuk mencoba internet sharing atau authentifikasi user tidak perlu dilakukan. Users Pada bagian users.Maret 2006 Gambar 37. Setting untuk penambahan user atau authentifikasi user dapat dilakukan setelahnya baik dengan mengisi user secara manual (internal database KWF) maupun dengan import user dari active directory domain controller. Anda dapata menambah user dengan menekan tonbol Add. Beralih ke tab Email Scanning. Apabila Anda tidak menggunakan mail server atau mengambil email dengan cara POP ke server diluar jaringan (internet). HTTP. edit data user dengan cara pilih user kemudiantekan tombol Edit.com . Pada awal subject akan ada tambahan sesuai dengan yang diisi di kolom ‘Prepend message…’. Secara default adalah **VIRUS** kemudian diikuti oleh subject mail. maka pilihan di tab email scanning wajib di enable.Prepen message subject with text berfungsi untuk memberikan informasi kepada penerima email bahwa email tersebut mengandung virus. step user ini dapat diabaikan dan langsung test browsing. FTP Scanning Setelah melakukan perubahan tekan tombol Apply untuk menyimpan.

field yang lain bersifat optional.Maret 2006 Gambar 38. Users Window Untuk menambah user tekan tombol Add maka Anda akan diminta untuk mengisi form pengisian user sbb : Gambar 39.com . maka field ini sangat berguna untuk pengaturan pembatasan penggunaan internet. Adding Users Field yang penting untuk diisi adalaha field ‘Name’ ‘Password’ dan ‘Confirm Password’. Field Name dan Password berfungsi untuk login pada saat user hendak browsing jika Anda menggunakan authenticated users (sangat berguna untuk membatasi browsing policy dan statistik beserta report penggunaan internet jika dibutuhkan). Setelah field diatas diisi. Apabila di perusahaan Anda mempunyai beberapa department dengan penggunaan internet yang dibatasi berdasarkan group masing-masing departement. tekan Next untuk melanjutkan ke step berikutnya yaitu user Groups. Untuk Ditulis oleh Henk aka n3cr0 untuk OprekPC.

Address Group Addres group bertujuan untuk mengasumsi user yang menggunakan internet adalah user dari departement tertentu yang telah dimasukan dalam group. VPN client address Pilihan ini digunakan apabila Anda menggunakan koneksi VPN untuk keperluan tertentu. Users Group Pilih salah satu group yang sesuai dengan departement kemudian tekan Ok. Firewall Field ini berfungsi untuk mengasumsi user yang browsing melalui KWF mesin adalah user yang field firewall di tick (enable) (mis.Maret 2006 menambahkan users ke dalan satu group. Gambar 40. user tidak diminta untuk memasukan username password (buat manager atau direksi yang malas yang bisanya Cuma ngomel :D). 1. Langkah selanjutnya setelah selesai mengatur group adalah menekan tombol Next untuk step berikutnya. Ditulis oleh Henk aka n3cr0 untuk OprekPC. Disini ada 4 buah pilihan yang berfungsi sebagai berikut. Pilihan field ini biasanya hanya untuk level manager keatas yang komputernya jarang diakses oleh orang lain. Tujuan assume user disini agar setiap kali hendak menggunakan internet. 4. 3. 2. Specific host IP address Apabila field ini diaktifkan maka Anda akan diminta untuk memasukan IP address dari user yang bersangkutan. Hal ini bertujuan agar setiap kali user tersebut browsing melalui komputernya. user Admin). maka diasumsikan user yang bersangkutan yang browsing walaupun orang lain yang memakai komputer tersebut. Pada window ketiga dalam Add User adalah pengaturan otomatis login (apabila diperlukan) dan VPN Client Address. tekan tombol Add kemudian pilih group (sebelumnya sudah dibuatkan group) dari user tersebut.com .

Assume User & VPN Client Address Setelah menambah atau merubah user database jangan lupa untuk tekan tombol Aply untuk menyimpan. Authentication Options Untuk mengaktifkan authentikasi user maka beri tanda tick di pilhan ‘Always require users to be authenticated when accessing web pages’. Fasilitas ini akan sangat berguna apabila license yang digukan Ditulis oleh Henk aka n3cr0 untuk OprekPC.Maret 2006 Gambar 41. Gambar 42. Tujuan dari pilihan ini agar apabila user yang sudah authentifikasi tapi tidak melakukan aktivitas di internet selama 120 menit maka user tersebut secara otomatis akan di logout. apabila Anda ingin agar user selalu authentifikasi sebelum menggunakan internet maka Anda dapat merubahnya disini. Pada bagian Automatic Logout telah aktif pilihan ‘Automatically logout users when they are inactive’ dengan ‘Timeout 120 minute(s)’. Sekarang beralih ke tab ‘Authentication Options’. Secara default pilihan di tidak aktif.com . Tab ini berfungsi untuk merubah authentifikasi user saat akan browsing.

Untuk pngaturan yang lebih detil dan dalam akan dibahas pada Section III. Customising.Maret 2006 lebih kecil dari jumlah user yang menggunakan fasilitas internet.com . Selamat mencoba. Untuk timeout dapat dirubah sesuai dengan kebutuhan. H3nk Ditulis oleh Henk aka n3cr0 untuk OprekPC. Sampai disini Kerio Winroute Firewall Anda sudah dapat digukan untuk internet sharing.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful