PUSAT PERTUMBUHAN DALAM PENGEMBANGAN WILAYAH 1. PENGERTIAN PUSAT PERTUMBUHAN 2. KEUNTUNGAN AGLOMERASI 3.

PENERAPAN KONSEP PUSAT PERTUMBUHAN

1.

PENGERTIAN PUSAT PERTUMBUHAN Teori Pusat Pertumbuhan (Growth Pole Theory) Dipelopori oleh Francois Perroux

pada 1949, dia seorang ahli ekonomi regional berkebangsaan perancis. Teori perroux berlandaskan pada Teori Schumpeter. Peran Inovasi (kewiraswastaan) di dalam

meningkatkan pertumbuhan/ pembangunan ekonomi. - Teori Growth Pole j Salah satu alat utama yang dapat melakukan penggabungan antara prinsip-prinsip Konsentrasi dengan Desentralisasi j Teori yang menjadi dasar strategi kebijakasanaan pembangunanwilayah melalui idustri daerah. j Pembangunan atau pertumbuhan tidak terjadi disegala tata-ruang. Akan tetapi terjadi haya terbatas pada beberapa tempat tertentu dengan variabel-variabel yang berbeda intensintanya. j Salah satu cara untuk menggalakan kegiatan pembangunan suatu daerah tertentu melalui pemanfaatan aglomeration economies sebagai faktor pendorong utama.

- Inti Teori Perroux j Dalam proses pembangunan akan timbul industri unggulan yang merupakan industri penggerak utama dalam pembangunan suatu daerah. Keterkaitan antar industri sangat erat, maka perkembangan industri unggulan akan mempengruhi perkembangan industri lain yang berhubungan dengan industri unggulan. j Pemusatan industri pada suatu daerah akan mempercepat pertumbuhan perekonomian karena akan menciptakan pola konsumsi yang berbeda antar daerah.

j Adanya proses aglomerasi ekonomi 2.timbulnya berbagai jenis polusi. - Terjadinya aglomerasi ditandai dengan : Scale economies : Keuntungan yang dapat timbul karena pusat pengembangan memungkinkan perusahaan industri bergabung dalam operasi skala besar. . Keuntungan dari aglomerasi ekonomi adalah. Sedangkan Industri adalah kumpulan perusahaan yang memproduksi produk yang sejenis.timbulnya kemacetan. Localization Economies : Timbul akibat adanya saling keterkaitan antar industri sehingga kebutuhan bahan baku dan pasar dapat dipenuhi dengan mengeluarkan ongkos angkut yang minimum.meningkatnya angka kriminalitas. karena ada jaminan sumber bahan baku dan pasar.menghemat biaya iklan. Dengan demikian. secara umum maka biaya produksi yang harus dikeluarkan oleh perusahaan akan dapat dihemat dari adanya pengelompokan tersebut. Perusahaan adalah aktivitas yang mengombinasikan input sedemikian rupa untuk menghasilkan barang atau jasa. . Adapun dampak negatif dari adanya aglomerasi ekonomi adalah . .j Perekonomian merupakan gabungan dari sistem industri yang relatif aktif (unggulan) dengan industri yang relatif pasif atau industri yang tergantung industri unggulan. Urbanization economies : Timbul karena fasilitas pelayanan sosial dan ekonomi yang dapat digunakan secara bersamaan sehingga pembebanan ongkos untuk masing-masing perusahaan dapat dilakukan serendah mungkin.menghemat biaya transportasi dan . dan . Menurut Hoover jenis-jenis aglomerasi tersebut terutama disebabkan oleh adanya perbedaan definisi antara perusahaan dan industri. KEUNTUNGAN AGLOMERASI Aglomerasi adalah pengelompokkan beberapa perusahaan dalam suatu daerah atau wilayah sehingga membentuk daerah khusus industri .

PENERAPAN KONSEP PUSAT PERTUMBUHAN Pusat Pertumbuhan Mempunyai Empat Ciri : j Adanya hubungan inter dari berbagai macam kegiatan Hubungan internal sangat menentukan dinamika sebuah kota. Pengembangan Wilayah adalah pewilayahan untuk tujuan pengembangan/ pembangunan/development. Permintaan akan menciptakan produksi baik sektor tersebut maupun sektor yang terkait yang akhirnya akan terjadi akumulasi modal. j Adanya konsentrasi geografis Konsentrasi geografis dari berbagai sektor/ fasilitas selain menciptakan efisiensi diantara sektor-sektor yang saling membutuhkan juga meningkatkan daya tarik tersebut. Unsur efek penggandaan sangat berperan dalam membuat kota mampu memacu pertumbuhan belakangnya. Sedangkan menurut Anwar (2005). pemerataan dan keberlanjutan yang berdimensi lokasi dalam ruang dan berkaitan dengan aspek sosial ekonomi wilayah. j Bersifat mendorong daerah belakangnnya Hal ini antara kota dan wilayah belakangnya terdapat hubungan yang harmonis. Kehidupan kota menjadi satu irama dengan berbagai komponen kehidupan kota dan menciptakan synergi untuk saling mendukung terciptanya pertumbuhan.3. Kota membutuhkan bahan baku dari wilayah belakangnya dan menyediakan berbagai kebutuhan wilayah belakang untuk dapat mengembangkan dirinya. Ada keterkaitan satu sektr dengan sektor lainnya sehingga apabila ada satu sektor yang tumbuh akan mendorong sektor lain karena saling terkait. dari kota . pembangunan wilayah dilakukan untuk mencapai tujuan pembangunan wilayah yang mencakup aspek -aspek pertumbuhan. j Ada efek penggandaan (multiplier effect) Keberadaan sektor-sektor yang saling terkait dan saling mendukung akan menciptakan effek penggandaan.

Menurut Direktorat Pengembangan Kawasan Strategis. Pola pengembangan wilayah bersifat integral yang merupakan integrasi dari daerahdaerah yang tercakup dalam wilayah melalui pendekatan kesetaraan. 2. Ditjen Penataan Ruang.Pendekatan yang diterapkan dalam pengembangan wilayah di Indonesia sangat beragam karena dipengaruhi oleh perkembangan teori dan model ekonomi berkelanjutan melalui penyebaran penduduk lebih rasional. Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah (2002) prinsip-prinsip dasar dalam pengembangan wilayah adalah sebagai berikut. 2002) . Sebagai growth center. 3. namun harus diperhatikan sebaran atau pengaruh (spred effect) pertumbuhan yang dapat ditimbulkan bagi wilayah sekitarnya. 1. Dalam pemetaan strategic development region. . Dalam pengembangan wilayah. mekanisme pasar harus juga menjadi prasyarat bagi perencanaan pengembangan kawasan. Pengembangan wilayah memerlukan upaya kerjasama pengembangan antar daerah dan menjadi persyaratan utama bagi keberhasilan pengembangan wilayah. satu wilayah pengembangan diharapkan mempunyai unsur-unsur strategis antara lain berupa sumberdaya alam. sumberdaya manusia dan infrastruktur yang saling berkaitan dan melengkapi sehingga dapat dikembangkan secara optimal dengan memperhatikan sifat sinergisme di antaranya. meningkatkan kesempatan kerja dan produktifitas (Mercado. bahkan secara nasional. pengembangan wilayah tidak hanya bersifat internal wilayah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful