D I S U S U N OLEH : NASRUL SANI JOHANDRI SEMESTER 3 (TIGA) UNIT 5 (LIMA) TARBIYAH PMA

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) ZAWIYAH COT KALA LANGSA 2010

sehingga terbentuklah ilmu pengetahuandan teknologi yang bisa mengantarkan manusia kepada kehidupan yang lebih mudah dari sebelumnya. hingga keberadaan alam semesta. semua diamati dan diteliti secara seksama dan sistimatis. 2 . Bermacam-macam ilmu dipelajari. Dengan akal budinya manusia menemuka berbagai cara untuk melindungi diri terhadap pengruh lingkungan yang merugikan. Akal budi manusia adalah alat untuk berfikir . tentunya dengan selalu berfikir manusia bisa mengetahui apa-apa yang belum diketahuinya. Yamg membedakan manusia dengan makhluk lain ialah akal budinya.BAB I PENDAHULUAN Dengan kekuasan Allah manusia diciptakan sebagai makhluk yang paling istimiwa dan sempurna dari pada makhluk Allah yang lain. tergantung kepada cara manusia menyikapi kehidupan ini. sehingga derajat manusia mengungguli derajat makhluk yang lain. Namun yang perlu dipertanyakan ialah.apakah akal manusia itu digunakan untuk berfikir sesuatu yang baik? Ataukah sebaliknya? Hal ini. Dengan akalnya pula manusia bisa menemukan penemua-penemuan baru. lingkungannya.dengan akalnya manusia bisa membedakan mana yang bermanfaat dan mana yang tidak bermanfaat.dengan hal ini. Dengan penelitiannya manusia menemukan suatu teori kemudian menyusunnya. mulai dari perjalanan hidupnya sendiri.

sifat. Pengetahuan empiris tersebut juga dapat berkembang menjadi pengetahuan deskriptif bila seseorang dapat melukiskan dan menggambarkan segala ciri. dan aroma masakan tersebut. hasil 1 + 1 = 2 bukan didapatkan melalui pengalaman atau pengamatan empiris. Misalnya ketika seseorang mencicipi masakan yang baru dikenalnya. tetapi tidak dibatasi pada deskripsi. Misalnya. konsep.BAB II PEMBAHASAN A. tidak menekankan pada pengalaman. Selain pengetahuan empiris. teori. Pengetahuan termasuk. Pengetahuan ini bisa didapatkan dengan melakukan pengamatan dan observasi yang dilakukan secara empiris dan rasional. ia akan mendapatkan pengetahuan tentang bentuk. hipotesis. seseorang yang sering dipilih untuk memimpin organisasi dengan sendirinya akan mendapatkan pengetahuan tentang manajemen organisasi. Rasionalisme lebih menekankan pengetahuan yang bersifat apriori. dan gejala yang ada pada objek empiris tersebut. Pengetahuan empiris juga bisa didapatkan melalui pengalaman pribadi manusia yang terjadi berulangkali. melainkan melalui sebuah pemikiran logis akal budi. Pengertian Pengetahuan Pengetahuan adalah informasi atau maklumat yang diketahui atau disadari oleh seseorang.Pengetahuan muncul ketika seseorang menggunakan akal budinya untuk mengenali benda atau kejadian tertentu yang belum pernah dilihat atau dirasakan sebelumnya. Dalam pengertian lain. pengetahuan adalah pelbagai gejala yang ditemui dan diperoleh manusia melalui pengamatan akal. 3 . Misalnya pengetahuan tentang matematika. ada pula pengetahuan yang didapatkan melalui akal budi yang kemudian dikenal sebagai rasionalisme. rasa. Pengetahuan yang lebih menekankan pengamatan dan pengalaman inderawi dikenal sebagai pengetahuan empiris atau pengetahuan aposteriori. Dalam matematika. prinsip dan prosedur yang secara Probabilitas Bayesian adalah benar atau berguna.

Sedangkan informasi sendiri mencakup data. dan menyebarkan informasi dengan tujuan tertentu. menganalisa. koran. Jadi contoh dari media massa ini adalah televisi. adalah “that of which one is apprised or told: intelligence. diantaranya: • Pendidikan Pendidikan” adalah sebuah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok dan juga usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. news”.Pengetahuan tentang keadaan sehat dan sakit adalah pengalaman seseorang tentang keadaan sehat dan sakitnya seseorang yang menyebabkan seseorang tersebut bertindak untuk mengatasi masalah sakitnya dan bertindak untuk mempertahankan kesehatannya atau bahkan meningkatkan status kesehatannya. Rasa sakit akan menyebabkan seseorang bertindak pasif dan atau aktif dengan tahapan-tahapannya. memanipulasi. radio. • Media Media yang secara khusus didesain untuk mencapai masyarakat yang sangat luas. menyiapkan. Adanya perbedaan definisi informasi dikarenakan pada hakekatnya informasi tidak dapat diuraikan (intangible). sedangkan informasi itu dijumpai 4 . suara. Selain itu istilah informasi juga memiliki arti yang lain sebagaimana diartikan oleh RUU teknologi informasi yang mengartikannya sebagai suatu teknik untuk mengumpulkan. mengumumkan. Kamus lain menyatakan bahwa informasi adalah sesuatu yang dapat diketahui. program komputer. maka jelas dapat kita kerucutkan sebuah visi pendidikan yaitu mencerdaskan manusia. image. databases . dan majalah. menyimpan. kode. Pengetahuan seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor. teks. • Keterpaparan informsi Pengertian informasi menurut Oxfoord English Dictionary. Namun ada pula yang menekankan informasi sebagai transfer pengetahuan.

Sejarah Pengetahuan Manusia Manusia selalu merasa ingin tahu maka sesuatu yang belum terjawab dikatakan wallahualam. cerita rakyat dan legenda. yaitu tahap teologi (tahap metafisika). Manusia ingin lebih tahu siapa dirinya dan bagaimana dunia. Perkembangan lebih lanjut dari rasa ingin tahu manusia ialah untuk memenuhi kebutuhan nonfisik atau kebutuhan alam pikirannya. tahap filsafat dan tahap positif (tahap ilmu). Tonggak sejarah pengamatan.dalam kehidupan sehari-hari. Anaximenes. Mitos termasuk tahap teologi atau tahap metafisika. pakar di bidang matematika dan teknik. pengalaman dan akal sehat manusia ialah Thales (624-546) seorang astronom. Secara garis besar. Pengetahuan Manusia Manusia berupaya mengenal dirinya dan mengenal dunia. A. Mitos timbul akibat keterbatasan pengetahuan. Pythagoras dan sebagainya. wayang dan lain-lain. yaitu mitos sebenarnya. Cerita mitos sendiri ditularkan lewat tari-tarian. Dua jenis pengetahuan ini 5 . bulan hanya memantulkan sinar matahari. Ia berpendapat bahwa bintang mengeluarkan cahaya. artinya Allah yang lebih mengetahui atau wallahualam bissawab yang artinya Allah mengetahui sebenarnya. ekliptika (bidang edar Matahari) dan bentuk alam semesta yang menyerupai ruangan setengah bola dengan bumi datar sebagai lantainya sedangkan langit-langit dan bintangnya merupakan atap. Mitologi ialah pengetahuan tentang mitos yang merupakan kumpulan cerita-cerita mitos. yang diperoleh dari data dan observasi terhadap dunia sekitar kita serta diteruskan melalui komunikasi B. untuk itu manusia mereka-reka sendiri jawabannya. Comte menyatakan bahwa ada tiga tahap sejarah perkembangan manusia. C. Setelah itu muncul tokoh-tokoh perubahan lainnya seperti Anaximander. dan lain-lain. penalaran dan panca indera manusia serta keingintahuan manusia yang telah dipenuhi walaupun hanya sementara. Herakleitos. mitos dibedakan atas tiga macam. nyanyian. Puncak hasil pemikiran mitos terjadi pada zaman Babylonia (700-600 SM) yaitu horoskop (ramalan bintang).

menghilangkan apatinya.menentukan evolusi. mereka ini laksana anjing dalam palungan (bak tempat makanan dan minuman ternak—pen. juga berupaya membuat manusia mengenal dunia. Agama mengajak manusia untuk mengenal dirinya. dan ada yang memandang mengenal dunia lebih penting. Kenal diri seperti ini tidak menghidupkan jiwa manusia dan juga tidak membangkitkan kemampuan terpendam manusia. sedangkan agama adalah produk dari kenal. selain berupaya membuat manusia mengenal dirinya. Jangan lupa Tuhanmu agar kamu tidak lupa akan dirimu. Itulah sebabnya mengapa ilmuwan dan filosof tidak sensitif dan egois. ilmu pengetahuan dan filsafat terkadang justru membuat manusia tidak sensitif dan lupa akan dirinya. Perbedaan jawaban untuk pertanyaan ini terjadi akibat perbedaan cara berpikir Timur dan Barat. Dari dua jenis pengetahuan ini mana yang lebih penting dan mana yang kurang penting? Jawaban untuk pertanyaan ini tidaklah mudah. Ilmu pengetahuan. Al-Qur'an mengatakan:                    6 . Namun kalau manusia mengenal dirinya melalui ilmu pengetahuan. membakar jiwanya dan membuatnya memiliki rasa kasih sayang dan simpati. Ilmu pengetahuan adalah sarana untuk mengetahui dunia. sedangkan banyak orang tak berpendidikan sadar akan dirinya. kemajuan dan kebahagiaannya. Mereka lupa akan dirinya. maka kenal diri seperti ini menjemukan dan tidak hidup.). Tugas seperti ini tak mungkin diemban oleh ilmu pengetahuan dan filsafat. Pokok-pokok ajaran agama adalah: Kenalilah dirimu agar kamu tahu Tuhanmu. Ada yang menganggap mengenal diri itu lebih penting. Bukan saja itu. tahu atau sadar diri. maka kenal diri seperti ini membuatnya mengetahui realitasnya. Kata pepatah. Namun kalau manusia mengenal dirinya melalui agama. Juga akibat perbedaan pandangan ilmu pengetahuan dan pandangan agama. Tanggung jawab ini diemban berbagai cabang psikologi.

1 Drs. Juga artinya bukan mengetahui biologi diri yang dapat diikhtisarkan dalam pengetahuan tentang binatang yang lebih tinggi daripada beruang dan keras. tetapi konteks mengenal diri disini berarti sadar diri. atau kita memandang keduanya itu sama penting.Nur Hidayati. Jelaslah dalam konteks ini arti mengenal diri bukanlah mengetahui isi kartu identitas diri seperti nama diri. Tetapi adanya akal budi itu juga menimbulkan rasa ingin tahu yang selalu berkembang." Imam Ali as juga mengatakan. bintang. Ilmu Budaya Dasar. al-Hasyr: 19) Nabi saw bersabda. maka kenal Tuhannya. Hidup sama saja dengan pengetahuan. hal. maka yang pasti perluasan pengetahuan berarti perluasan kehidupan manusia. "Pengetahuan yang paling bermanfaat adalah pengetahuan tentang diri. mereka Itulah orang-orang yang fasik. Rasa Ingin Tahu Manusia Ilmu pengetahuan alam bermula dari rasa ingin tahu yang merupakan cirri khas manusia. (Bandung:Pustaka Setia. bulan. nama kedua orang tua. D. Dengan pertolongan akal budinya manusia menemukan berbagai cara untuk melindungi diri terhadap pengaruh lingkungan yang merugikan. 2007). Manusia mempunyai rasa ingin tahu tentang benda-benda di alam sekitarnya. Ilmu Sosial Dasar. "Barangsiapa kenal dirinya. nama tempat kelahiran.” (QS. lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada mereka sendiri. "Saya heran mengapa orang yang mencari apa-apa yang dihilangkan oleh dirinya. dan pengetahuan sama saja dengan hidup.Mawardi-Ir. Ilmu Alamiah Dasar. maka dia lebih memiliki kehidupan. nama tempat tinggal dan sebagainya. bahkan ingin tahu tentang dirinya sendiri (antroposentris)1. Barangsiapa lebih mengenal dirinya dan dunia. dan matahari.Artiya: “Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah.11 7 ." Imam All bin Abi Thalib as mengatakan. tidak mencari dirinya." Entah kita memandang lebih penting mengenal diri atau mengenal dunia.

1996). 8 .Abdullah Ali dan Ir. yakni perkembangan alam pikiran manusia sejak dilahirkan sampai akhir hayatnya dan perkembangan alam pikiran manusia.2-3 diperoleh orang lain. Manusia juga mampu menggunakan pengetahuannya yang terdahulu untuk dikombinasikan dengan pengetahuan yang baru sehingga menjadi pengetahuan yang lebih baru. bagaimana dan mengapa begitu.Eny Rahma. Sebuah proses yang panjang dimana manusia sebelum menemukan 2 Drs. juga merupakan salah satu ciri khas manusia. Akal budi manusia tidak pernah puas dengan pengetahuan yang dimilikinya. Kalau salah satu soal dapat dipecahkan maka timbul soal lain yang menunggu penyelesaian.Rasa ingin tahu itu tidak pernah dapat dipuaskan. manusia selalu berusaha untuk mencari kebenaran. Dengan semangat yang makin berkobar ini diadakanlah kegiatankegiatan lain yang dianggap lebih serasi dan dapat diharapkan akan menghasilkan penyelesaian yang memuaskan. Rasa ingin tahu mendorong manusia untuk melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mencari jawaban atas berbagai persoalan yang muncul dalam pikirannya. Ada dua macam perkembangan alam pikiran manusia. Kegiatan untuk mencari pemecahan dapat berupa: a) b) c) Penyelidikan langsung. sedang memecahkan soal yang sama atau yang sejenis2. Ilmu Alamiah Dasar. Bumi Aksara. sejak zaman purba hingga dewasa ini. Ia mempunyai kemampuan untuk berpikir sehingga rasa keingintahuannya tidak tetap sepanjang zaman. E. (Jakarta. Penggalian hasil-hasil penyelidikan yang sudah pernah Kerja sama dengan penyelidik-penyelidik lain yang juga Rasa ingin tahu. bahkan seringkali justru membangkitkan semangat yang lebih menyala-nyala untuk memecahkan persoalan. Sehingga tidak dapat menghasilkan pemecahan. Dari Rasa Ingin Tahu Menjadi Ilmu Pengetahuan Dalam sejarah kehidupan. Tetapi kegagalan biasanya tidak menimbulkan rasa putus asa. Karena apa? Karena manusia akan selalu bertanya apa. hal. Kegiatan yang dilakukan manusia itu kadang-kadang kurang serasi dengan tujuannya.

Melalui bau.asin dan pahit.  Alat Perasa  3 Drs.Eny Rahma. Demikian juga jika benda yang dilihat terlalu jauh. maka tak mampu melihatnya. Proses Rasa Ingin tahu itu kemudian menjadi ilmu pengetahuan agar dapat dipertanggungjawabkan sebagai sebuah kebenaran.  Alat Pencium dan Pengecap Bau dan rasa tidak dapat memastikan benda yang dicecap maupun diciumnya .000 perdetik. Mitos itu timbul disebabkan antara lain karena keterbatasan alat indera manusia misalnya:  Alat Penglihatan Banyak benda-benda yang bergerak begitu cepat sehingga tak tampak jelas oleh mata. Sehingga pengetahuan yang diperoleh bersifat subyektif3. hal. (Jakarta. Getaran di bawah 30 atau di atas 30.msam .1920 9 .000 perdetik tak terdengar. Mitos Mitos adalah pengetahuan yang diperoleh melalui pengalaman dan pemikiran sederhana serta dikaitkan dengan kepercayaan akan adnya kekuatan ghaib. Proses tersebut dimulai dengan beberapa zaman atau tahap : 1. Ilmu Alamiah Dasar. manusia dapat membedakan satu benda dengan benda yang lain namun tidak semua orang bisa melakukannya. Bumi Aksara. 1996). Mata tidak dapat membedakan benda-benda.kebenaran mereka harus memiliki rasa ingin tahu terhadap kebenaran tersebut. manusia hanya bisa membedakan 4 jenis masa yaiturasa manis. Bau seperti farfum dan bau-bauan yang lain dapat dikenal oleh hidung kita bila konsentrasi di udara lebih dari sepersepuluh juta bagian.Abdullah Ali dan Ir. Alat Pendengaran Pendengaran manusia terbatas pada getaran yang mempunyai frekuensi dari 30 sampai 30.

10 . Jadi. Pengulangan pengamatan dengan berbagai cara dapat mengurangi kesalahan pengamatan tersebut. Semua pengetahuan yang diperoleh diterima apa adanya tanpa mencari asal usul atau sebab akibat. langit yang kita lihat adalah setengah saja. ada yang tidak.  2. langit dan isinya beredar mengelilingi bumi ia juga mengajarkan membuat jam dengan tongkat. salah tafsir dan salah pemikiran. Untuk meningkatkan kecepatan dan ketepatan alat indera tersebut dapat juga orang dilatih untuk itu. di antara manusia: ada yang sangat tajam penglihatannya. kemampuan mengamati dan membeda-bedakan dan dari hasil percobaan yang sifatnya spekulatif atau trial and error. Meskipun alat yang dicipatakan ini masih mengalami kesalahan. mitos itu dapat diterima oleh masyarakat pada masa itu karena:  Keterbatasan pengetahuan yang disebabkan Keterbatasan penalaran manusia pada masa Hasrat ingin tahunya terpenuhi. Usaha-usaha lain adalah penciptaan alat. Tokohtokoh Yunani dan lainnya yang memberikan sumbangan perubahan pemikiran pada waktu itu adalah :  Anaximander.  itu. Zaman Yunani Kuno Ilmu pengetahuan alam pada zaman yunani kuno berasal dari karena keterbatasan penginderaan baik langsung maupun dengan alat. Akibat dari keterbatasan alat indera kita maka mungkin timbul salah informasi. Demikian juga ada yang tajam penciumannya ada yang lemah. Zaman yunani kuno pada tahap ini manusia hanya menerima pengetahuan sebagaimana adanya tidak seperti zaman pertengahan pada abad ke 21 dan zaman modern.Alat perasa pada kulit manusia dapat membedakan panas atau dingin namun sangat relatif sehingga tidak bisa dipakai sebagai alat observasi yang tepat. Alat-alat indera tersebut di atas sangat berbeda-beda. namun tetap sangat tersbatas.

lembah. Anaximenes. maka pada suatu saat akan sampai pada bagian terkecil yang disebut Atomos atau atom. Terjadi transmutasi disebabkan oleh kondisi. seperti pendapat Thales.  Demokritos (460-370) bila benda dibagi terus. Air merupakan salah satu bentuk benda bila merenggang menjadi api dan bila memadat menjadi tanah. yang benar adalah idea serangga. ia memperkenalkan tentang tenaga penyekat atau daya tarik-menarik dan data tolak-menolak.  Herakleitos. dingin. api. Dalam kondisi lembab hule akan 11 . sehubungan dengan alam semesta ia mengatakan bahwa bumi adalah bulat dan seolah-olah benda lain mengitari bumi termasuk matahari.  Empedokles (480-430 SM) menyempurnakan pendapat Pythagoras. Kedua tenaga ini dapat mempersatukan atau memisahkan unsur-unsur. tanpa ada api benda-benda akan seperti apa adanya. udara atau api.  Aristoteles merupakan ahli pikir. Seperti serangga yang beranekaragam itu merupakan duplikat yang tidak sempurna. udara dan air. justru apilah yang menyebabkan transmutasi.  yang berbeda dengan Plato (427-345) yang mempunyai pemikiran orang sebelumnya. (560-470) pengkoreksi pendapat Anaximenes. air. Zat ini tergantung kondisi sehingga dapat berwujud tanah. istilah atom tetap dipakai sampai saat ini namun ada perubahan konsep. ia mengatakan bahwa keanekaragaman yang tampak ini sebenarnya hanya suatu duplikat saja dari semua yang kekal dan immatrial. panas dan kering. Ia juga mengungkapkan dalil Pythagoras C2 = A2 + B2.  Pythagoras (500 SM) mengatakan unsur semua benda adalah empat : yaitu tanah. (560-520) mengatakan unsur- unsur pembentukan semua benda adalah air. Ia mengajarkan unsur dasar alam yang disebut Hule. ia membuat intisari dari ajaran orang sebelumnya ia membuang ajaran yang tidak masuk akal dan memasukkan pendapatnya sendiri.

mengatakan bahwa bumi adalah pusat tata surya (geosentris). Diantaranya adalah Rasionalisme. Oleh karena itu kebenaran merupakan istilah transendental yang mengena kepada semua yang ada.berwujud sebagai api. Al-Farabi. jika ruang itu tidak terisi suatu benda maka ruang itu diisi oleh ether. Ptolomeus (127-151) SM. Thomas Aquinas mendefinisikan kebenaran sebagai “adequatio rei et intellectus” yaitu kesesuaian. Ibnu Sina. 1996. Mereka telah menyebarkan filsafat Aristoteles ke Cordova Spanyol dan kemudian diwariskan serta dikembangkan oleh para kaum Patristik dan Skolastik di dunia barat sehingga tepat apabila dikatakan jika orang-orang Yunani adalah Bapak Metode Ilmiah dan orang Muslim adalah Bapak angkatnya. sedang dalam kondisi kering ia berwujud tanah. Empirisme dan Kritisisme. benda. Zaman Modern Pada zaman modern ini diwarnai dengan timbulnya aliran-aliran tentang perolehan ilmu pengetahuan atau kebenaran ilmiah. Zaman Abad Pertengahan Tokoh yang patut disebut dalam abad pertengahan ini adalah Thomas Aquinas (1224-1274). Menurut Wibisono (1999) pada zaman abad pertengahan ini kita tidak bisa melupakan para filosof Arab seperti Al-Kindi.  seimbang tanpa tiang penyangga. dalam arti tertentu kebenaran bukanlah suatu pernyataan tentang cara hal-hal berada tetapi melalui hal-hal itu sendiri (Bagus. 12 . kesamaan pikiran dengan hal. berbentuk bulat diam 3. Tiga tokoh besar yang mewakili ketiga aliran tersebut adalah Rene Descartes. 415). Ibnu Rusyd dan Al-Ghazaly. Ia juga mengajarkan bahwa tidak ada ruang yang hampa. Aristoteles juga mengajarkan tentang klasifikasi hewan yang ada dimuka bumi ini. David Hume. 4. dan Immanuel Kant.

Manusia merupakan makhluk yang berakal serta mempunyai derajat yang tertinggi bila dibandingkan dengan hewan atau makhluk lainnya. tampak lebih nyata bahwa manusia berbeda daripada hewan. Pemecahan yang secara rasional berarti mengandalkan rasio dalam usaha memperoleh pengetahuan yang benar. Dengan selalu berlangsungnya perkembangan pengetahuan itu. Rasa ingin tahu tidak pernah dapat dipuaskan. lambat-laun manusia berusaha mencari jawab secara rasional dengan meninggalkan cara yang irasional. serta makin bertambahnya pengalaman yang diperoleh. Berkat pengamatan yang sistematis dan kritis.BAB III PENUTUP Kesimpulan Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa manusia adalah makhluk yang unik Makhluk yang berbeda dengan makhluk Allah yang lainnya. Dan dengan pikirannya itu timbullah rasa ingin tahu yang selalu berkembang. Sehingga selain mempunyai insting –sebagaimana makhluk lainnya—manusia juga mampu berpikir. 13 . Kalau salah satu soal dapat dipecahkan maka timbul soal lain yang menunggu penyelesaiannya.

2007. Wawasan Ilmu Alamiah Dasar.DAFTAR PUSTAKA Departemen Agama. 1998.org/wiki/Pembicaraan:Pengetahuan http://pendidikan-tomi. 1996 Ilmu Alamiah Dasar.blogspot. Ilmu Sosial Dasar. Ali. Abu dan A. Mawardi dan Nur Hidayati. 2007 Ilmu Alamiah Dasar.org/wiki/Pembicaraan:Ilmu http://id. Trianto. Bandung : Pustaka Setia.com/2010/07/manusia-dan-rasa-ingin-tahu. Ilmu Alamiah Dasar.html 14 .wikipedia. Abdullah dan Eny Rahma. Alquran dan Terjemahannya Ahmadi.Supatmo. Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara. Jakarta: Rineka Cipta. http://id. Jakarta : Prestasi Pustaka.wikipedia.

sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. khususnya bagi penulis sendiri. kritik dan saran sangat penulis harapkan untuk kesempurnaan makalah.KATA PENGANTAR Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis. Oktober 2010 Penulis 15 . makalah ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca. Juga kepada rekan-rekan mahasiswa yang telah mendukung pembuatan makalah ini. Penulis berharap. Penulis menyadari banyak kesalahan yangterdapat dalam makalah ini. Dalam kesempatan ini tidak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada Dosen Pengasuh atas bimbingan dan arahan dalam penulisan makalah ini. oleh sebab itu. Langsa.

....................................................................................................................................................................... PEMBAHASAN A............... Pengertian Pengetahuan ....................... D.................. B......................................... Sejarah Pengetahuan Manusia....................... Pengetahuan Manusia..................................................DAFTAR ISI i KATA PENGANTAR............................ BAB I BAB II PENDAHULUAN.................................. DAFTAR ISI............... C........... 12 2 4 4 6 i ii 1 DAFTAR PUSTAKA.. Dari Rasa Ingin Tahu Menjadi Ilmu Pengetahuan 7 BAB III PENUTUP Kesimpulan......... E............................. Rasa Ingin Tahu Manusia ....... 13 16 ................................................................................................

ii 17 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful