OLEH : Monica Yusnita X-3

Muhammad Ali Ash-shabuni dalam tafsirnya mengatakan. Menurut Fuqaha kalimat shaum pada surat Maryam ayat 26 memiliki makna menahan diri untuk berbicara. jika kita melakukan shaum pada malam hari tidak akan da unsure masyaqqah (berat) . Rukun shaum . shaum atau puasa dilaksanakan pada siang hari. mengatakan bahwa shaum menurut bahasa juga disebut al-imsaakul muthlaq yang berarti menahan diri secara mutlak ari segala sesuatu. padahal unsur masyaqqah itulah yang membuat hamba mendapat pahal yang lebih besar dan maghrifah. Saat malam hari adalah waktu kita untuk beristirahat. hal inilah yang menyebabkan shaum terasa lebuh berat saat dilakukan disiang hari sehingga akan menghasilkan pahala yang lebih banyak.A. karena disiang hari adalah waktu dimana manusia melakukan banyak aktivitas . mengapa? Syekh Ali Ahmad al-Jarjawy dalam kitabnya mengatakan. Yang Perlu diperhatikan ketika Shaum 1. Tentang Shaum/Puasa Shaum atau puasa menurut bahasa adalah al-imsaak atau menahan diri. Itulah sebabnya mengapa Allah SWT mewajibkan kita untuk melaksanakan ibadah shaum disiang hari. Sehingga ada yang mengatakan bahwa bahwa orang yang menahan diri dari bicara (berdiam diri) juga bisa disebut orang yang berpuasa atau shaaiman. bahwa amal yang paling utama disisi Allah adalah yang paling berat disisi hambahamba-Nya. bahwa shaum menurutadalah al-imsaak ‘anis syai’l menahan diri dari sesuatu dan yang memiliki arti Ada yang meninggalkannya.

ketika berbuka beliau memakan buha kurma segar (ruthab) . Makan Sahur Ketika seseorang hendak melaksanaan shaum. niat dimalam hari atau sebelum fajar. Niat rukun yang pasti ada disetiap ibadah. Kedua. karena dengan makan sahur kekutan fisiknya akan terbantu selama menjalankan shaum. diantaranya makan. Rasulullah SAW mencotohkan . hal itu dilakukan jika matagari benar-benar tenggelam. . Sedangkan niat salam shaum sunnah pelaksanaannya bisa juga dilakukan setelah subuh. agar dapay mengurangi rasa lapar dan haus. b. Sunnah sunnah dalam shaum a.dari pengertian diatas kita dapat mengetahui bahwa rukun puasa terdiri dari: Yang pertama adalah. baik yang wajib maupun yang sunnah. minum dan bersetubuh. Adapun wakru dan tempat niat adalh pada saat akan melakukan ibadah-ibadah tersebut. Para Ulama sepakat bahawa jika melakukan ibadah tanpa diiringi dengan niat karena Allah SWT maka ibadah itu tidak akan sah and tidak akan mendapatkan pahala. Akan lebih utama jika makan sahur silakukan pada akhir waktu. menahan diri dari degala sesuatu yang membatalkan shaum. maka beliau hanya minum air putih saja sebelum melaksanakan sholat maghrib. dianjurkan untuk makan sahur. pelaksanaannya dilakukan pada waktu malam hari atau sebelum wajib. jika beliau mendapatkannya. Berkenaan dengan niat salam shaum wajib. Menyegerakan berbuka (ifthar) Menyegerakan berbuka temasuk sunnah shaum. 2. jika tidak beliau mendapatkannya.

f. sebaik-baiknya makanan adalah yang shaum. bukan sebaliknya. Membalas ejekan orang saama saja seperti membalas kejahatan orang yang berbuat jahat jepada kita. Membaca doa saat berbuka puasa Imam Abu Daud meriwatkan hadist dari Ibnu ra bahwa. Memperbanyak amal kebaikan Rasulullah SAW sangat menganjurkan kepadsa umatnya. selama menjalankan ibadah shaum hendaknya kita memperbanyak amal kebaikan. Sesuai dengan nilai terkandung dalam puasa itu sendiri . Semua itu harus dihadapi dengan sabar sehingga kita mendapatkan pahala dan terhindar dari dosa.c. Tidak terlalu banyak makan Menurut tuntunan isalm . tenggelam orang-orang jadi dapat membantu seseoran dalam beribadah. ketika nabi Muhammad berbuka puasa mengucapkan: . hendaknya orang yang sedang berpuasa mengataka. e. yaitu kesabaran. Menahan diri dari hawa nafsu Jika dicaci maki oleh orang lain. memmperbanyak sholat sunnahdan amal kebaikan lainnya. “ Saya sedang berpuasa” dan jangan memaki balik orang yang maki kita tadi. Sekarang banyak orang yang melaksankan makanan yang seringkali mengakibatkan dengan aktivitas didapur untuk membuat makanan yang berbagai meninggalkan ibadah . seperti melaksanakan sholat wajib secara berjamaah. d. mebaca Alquran .

Murtad dari Islam h. Mengeluarkan air mani e.“Telah hilang dahaga. Berniat berbuka. Hal-hal yang membatalkan shaum a. g. termasuk obat- obatan.” Dan dalam hadist lain. maka saumnya tidak batal. insya Allah. 4. Memasukkan makanan ke dalam perut. minum dan berhubungan badan saja. namun bila seseorang muntah dengan tidak sengaja maka shaumnya tidak batal. Makan dan minum dengan sengaja. minum dan berhubungan . sekalipun tidak makan atau minum. yaitu shaumnya hamba-hamba Allah SWT yang bukan hanya dapat meninggalkan makan. pil yang ditelan lewat tenggorokan atau diinfus. urat-uratnya manjadi basah dan pahala pun pasti. beliau juga mengatakan : “ Ya Allah! Karena-Mu aku berpuasa dan atas rizki yang Engkau berikanlah aka berbuka puasa. Keluarnya darah haid dan nifas f. Imam Al-Ghazali etika dalam tiga katagori: • Shaum umum. Etika Shaum membagi shaum dari segi Hujjatul Islam.” 3. yaitu shaumnya hamba-hamba Allah SWT yang hanya dapat meninggalkan makan. namun jika makan atau minum karena lupa atau dipaksa berbuka. d. Muntah dengan sengaja. Melakukan jima’ ( bersenggama) di siang hari c. • Shaum Khusus. b.

Memelihara hati dari pikiran atau angan-angan yang tidak berguna. 4. yaitu : 1. Syekh Ali Ahmad Al-Jarjawy mengatakan shaum khusus dapat dicapai dengan sempurna melalui enam perkara. . atau dududk bersama ahli kebathilan. 3. dosa. 5. Sedangkan menurut Abu Thalib Al Maliky. 3. 2. Memelihara pendengaran dari hal-hal yang makruh. 4. Tidak terlalu banyak makan sewaktu berbuka. menahan pendengaran dari perkataan yang diharamkan. menahan anggota tubuh yang lainnya dengan yang diharamkan. yaitu : 1. 2. khawatir atau takut. Memelihara pendengaran dari yang diharamkan. serta menghindari hal-hal yang syubhat. apalagi yang diharamkan. Ketika berbuka hendaknya hati seseorang berada di antara harapan. Shaum dengan menahan perut dan farji. Memelihara lidah dari perkataan-perkataan yang tidak berguna. Memelihara pandangan dari perkara-perkara yang dilarang. yang dimaksud dengan shaum khusus adalah memelihara enam anggota badan. 6. Menundukkan pandangan dari hal-hal yang dapat melalaikan diri dari mengingat Allah SWT dan melupakan akhirat.badan saja. Menahan seluruh anggota tubuh dari segala yang diharamkan dan dimakruhkan . karena sesungguhnya ia tidak mengetahui apakah shaum yang dilakukan diterima di sisi Allah SWT atau tidak. Memelihara lidah dari pembicaraan yang hotor dan ucapanucapan dusta.

sebab hal itu dapat menimbulkan penyakit yang sukar disembuhkan. Dengan ibadah shaum secara tidak langsung memberikan kesempatan istirahat kepada perutnya. 6. 2. Shaum dapat mengendalikan hawa nafsu. Shaum dapat meningkatkan ketakwaan. Hikmah Shaum Adapun hikmah atu faedah dari ibadah shaum dapat ditinjau dari beberapa aspek. d. Aspek Sosial Dengan ibadah shaum seseorang bisa merasakan bagaimana lapar dan dahaga yang selalu dirasakan oleh orang miskin. Shaum dapat melahirkan perasaan takut dan malu kepada Allah SWT.5. Menahan kaki dari usaha-usaha yang tidak pernah diperintahkan dan dicontohkan. Shaum dapatmelahirkan sikap disiplin waktu. 1. Dengan . c. Aspek Ruhiyyah a. 3. b. Aspek Kesehatan Para ahli kesehatan atau dokter mengatakan bahwa manusia tidak boleh makan berlebihan. Sikap menahan diri untuk tidak makan dan minum secara berlebihan telah diperintahkan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya. Mencegah tangan untuk tidak terjerumus kedalam usaha haram atau perbuatan keji.

demikian akan timbul dalam hati sanubarinya. 7. 2. 4. Shaum dapat memberikan syafaat kepada orang yang melaksanakannya. Shaum adalah ibadah yang tak ada tandingannnya. Fadhilah Shaum Mengenai keutamaan (fadhilah) shaum ini. Do’a orang yang shaum tidak tertolak. Orang yang melakukan shaum akan memperoleh dua kebahagian ( kesenangan ketika berbuka puasa dan kesenangan berjumpa Tuhannya). 3. perasaan kasih saying terhadap orang miskin untuk dapat menghilangkan rasa lapar dan dahaganya dengan memberikan bantuan dari sebagaian harta yang dimilikinya. 5. Shaum adalah ibadah yang pahalanya tidak terhingga. Shaum wajib . Orang shaum memiliki pintu khusus di surge Macam-macam Shaum 1. Shaum merupakan benteng dari api neraka. Rasulullah saw telah menyatakan antara lain: 1. 6.

Shaum Sunnah Shaum sunnah adalah shaum yang manakala dilaksanakan mendapat pahala. c. Qadla. nadzar secara bahasa adalah aujuba yang berarti meajibkan. secara umum ibasah shaum sunnah sangat dianjurkan oles Rasulullah. qadla menurut bahasa berarti memenuhi. melalkukan mambayar menutupi. Terkait dengan shaum. 2. . dan apabila tidak dikerjakan tidak mendapat dosa. dan sebaliknya jika ditinggalkan akan mendapat siksa yang berat. qadla mengandung pengertian mambayar atau mengganti kekeurangan hari dalam shaum wajib di bulan Ramadhan jika ada halangan atau udzur.Adalah shaum yang bila dilaksanakan pelakunya akan mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah SWR. ketika bulan Ramadha tiba. yaitu: a. Ramadhan. membayar dan memperbaiki. Nadzar. Kafarat oleh yang secara bahasa artinya ia mengganti. Kafarat. Kafarat ini harus dilaksanakan kemaksiatan kafarat. melunasi atau melaksankan. Terkait denan sahum wajib Doktor Wahbah Az-zuhaili megatakan bahwa shaum wajib dilaksanakan karena 4 hal.. Namun demikian. termasuk didalamnya /shaum sunnah yang dimaksudkan sebagai penyempurnaan terhadap kekurangan kekurangan yang terdapat dalam pelaksanaan ibadah shaum wajib. d. Maka ketika seseorang bernadazar untuk shaum berarti ia telah mewajibkan shaum tersebutnya atas dirinya. maka setiap umat seseorang setelah mengharuskan kepadanya muslim yang sudah baligh diwajibkan untuk melaksanakan shau. b.

yaitu: 1. yang termasuk shaum ini antara lain: a. Terkait dengan tata cara pelaksanaannya. dan beliau melaksankannya secara tekun dan hampir tidak pernah meninggalkannya. beliau berharap ketika amalannya diangkat kehadapan Allah SWT beliau dalam keadaan shaum. b. Shaum ibadah Senin. todak harus silaksanakan secara berturut-turut. asalkan enam hari tersebut masih dalam bulan Syawwal. menurut kelapangan hati kita. Shaum sunnah yang muakkadah Yang dimaksud dengan shaum sunnah muakkadh adalh shaum yang diriwayatkan pelaksanaanya dari Nabi Muhammad SAW. Alasannya adalah bahwa setiap hari Senin dan Kamis seluruh amalan anak Adam akan dilaporkan )diangkat).Macam-macam keutamaanya shaum sunnah dan Menurut Ibnu Qayyim Al-jauzziyah. Namun boleh dilaksanakan secara berurut. Shaum enam hari pada bulan Syawwal Shaum enam hari pada bulan Stawwal merupakan sunnah yang tidak pernah dilewtkan oleh Rasulullah.Kamis Rasulullah suka melaksanakan ibadah shaum pada kedua hari tersebut. Keutamaan dari ibadah ini . shaum terbagi menjadi beberapa bagian.

Sgaum setiap hari sabtu dan Ahad c. Shaum hari Arfah Shaum hari Arafah adalah shaum yang dianjurkan bagi kaum muslimin yang tidak sedang melakukan wukuf di Arafah yang jatuh pada tanggal Sembilan Dzukhijjah. e. Shaum sya’ban Shaum Haram dan Makruh . maka demikian itu sama dengan shaum satu tahun penuh. Shaum tiga hari pada setiap bulan b. a. Shaum Daud Shaum Daun adalah shaum shaum yang dilakuakan secara bergatian( sehari shaum.adalah jika kita melaksanakan shaum enam hari ini. c. sehari tidak). Shaum hari Arafah memiliki keutamaan shaum Arafah akan menghapus dosa dua tahun. Shaum Asyura merupakan sarana untuk mendekati diri kapada Allah SWT. tahun yang lalu dan tahaun yang akan datang. Shaum harI Asyura Shaum hari Asyura aalah shaum yang dilaksanakan pada tanggal 10 bulan Muharram. d. namun tidak ada riwayat yang mengatakan bahwa nabi Muhammad menekuninya. 2. Shaum Mustahabbah Yang dimaksud dengan shaum mustahabbah adalah shaum yang diriwayatkan dalam bebarapa hadist keutamaanya.

Shamu Pada hari Tasyrik ( 11.Shaum sunnah yang diharamkan 1. Shaum pada saat haid dan nifas Larangan shaum ini berdasarkan kesepakatan para ulama mengenai batalnya shaum dalam keadaan haid atau nifas. Shaum pada akhir bulan sya’ban . shaum yang dilakukan selama setahun berturut-turut. naman nabi Muhammad tidak membenarkan adanya shaum ini. 3. Shaum pada hari raya Para Ulama sepakat atas haramnya melakukan shaum baik sunnah mauou wajib. 2. Shaum sunnah seorang istri tanpa izin suami pada saat sang suami berada di sisinya Shaum sunnah apapun tidak boleh dilakukan seorang istri. alasannya adalah sama hal dengan larangan shaum pada hari tasyriq karena hari-hari ini adalah hari-hari dimana umat islam untuk menikmati makanan. dan 13 Dzulhijjah) Shaum pada hari-hari tersebut dilarang. 6. 5. pada saat suaminya ada di sisinya. Shaum sepanjang tahun ( shaum Dahr) Shaum dahr. minuman dan bersenang-senang. 4. Shaum Wishal Ehaum wishal adalah shaum yang dilaksanakan selama dua hari berturut-turut tanpa berbuka terlebih dahulu. karena hari-hari tersebut adalah hari-hari dimana umat islam untuk menikmati makanan. kecuali dangan izin suami.12. minuman dan bersenang-senang. Shaum sunnah yang dimakruhkan 1.

Shaum arafah bagi orang yang sedang melakukan wukuf . Shaum pada hari jum’at secera khusus 4.2. Shaum hari sabtu secara khusus 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful