KELEBIHAN JOOMLA

1. Definisi Joomla! Joomla! adalah salah satu CMS (Content Management System) dari ratusan CMS yang ada di dunia ini yang bisa didapat secara gratis. Pengertian CMS itu sendiri adalah pengelolaan isi atau content. Bila dikaitkan dengan web, maka CMS bisa didefinisikan sebagai software yang mampu mengelola isi atau content dari sebuah website seperti melakukan publikasi, edit, ataupun menghapus sebuah content. Tentu saja, pengelolaan ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang telah diberikan hak untuk melakukannya. Yang termasuk ke dalam kategori content ini bisa saja berupa tulisan, gambar, video, file, ataupun yang lainnya. 2. Sejarah Singkat Joomla! Pada tahun 2001 sebuah perusahaan di Australia bernama Miro membuat sebuah CMS bernama Mambo. Software ini dibuat dengan sistem open source sehingga konstributor terhadap pengembangan software ini sangatlah pesat. Karena melihat sisi bisnis yang semakin cemerlang pada tahun 2002, kini perusahaan mulai berubah pikiran dan membuat dua versi dari Mambo yaitu versi open source dan versi komersil yang dijual. Versi open source dinamakan MOS (Mambo Open Source) sedangkan versi komersilnya dinamakan Mambo CMS. Pada tanggal 17 Agustus 2005, perseteruan antara pengembang Mambo dengan Miro sebagai pemegang hak cipta mencapai puncaknya dimana para pengembang Mambo ramai-ramai hijrah dan mengembangkan CMS Open Source sendiri dengan nama Joomla!. Pada tanggal 16 September 2005 diperkenalkanlah Joomla! versi 1.0.0 kepada publik yang sebenarnya merupakan produk yang sama dengan Mambo 4.5.2.3, tetapi dengan beberapa perbaikan. 3. Kelebihan dan Kekurangan Membuat Web dengan Joomla!. 3.1 Kelebihan Membuat Web dengan Joomla! Joomla! adalah salah satu Open Source Content Management Systems paling powerfull yang pernah ada. Digunakan diseluruh dunia dari situs yang paling sederhana sampai kepada aplikasi korporasi yang kompleks. Kelebihan Joomla! terletak pada kemudahan instalasi dan pengelolaannya. CMS yang satu ini merupakan CMS yang lengkap dan banyak dipakai oleh pengembang web baik luar dan dalam negeri. Sebagai jasa pembuatan website murah, penguasaan banyaknya program CMS sudah menjadi sebuah keharusan. Joomla! terbilang lengkap untuk fitur-fiturnya dan untuk belajar joomla pun gampang karena sudah ada id-joomla.com yang didalamnya

banyak tutorial tentang CMS ini. Id-joomla.com merupakan komunitas Joomla! Indonesia, anggotanya sudah banyak dan mereka saling sharing tentang fitur dan plugin terbaru dari Joomla!. Di dalam web ini kita juga bisa download Joomla! bahasa Indonesia. Berikut ini kelebihan-kelebihan membuat website dengan Joomla!. 3.1.1 Kemudahan Instalasi Kemudahan instalasi merupakan kelebihan CMS Joomla!. Joomla! bisa diinstal secara offline maupun online. Jika kita akan menginstal Joomla! secara offline, maka komputer kita hanya butuh server seperti WAMP. Secara online, Joomla! dapat diinstal di bagian fantastico control panel website kita. Saat ini sudah banyak webhosting yang memberikan fasilitas control panel, hal ini semakin memudahkan kita untuk menggunakan Joomla!. 3.1.2 Kemudahan Pengelolaan Pengelolaan Joomla! tidaklah susah. Kita tinggal mengelola website dari halaman administrator, tanpa harus menguasai bahasa pemrograman web. Orang awam dapat dengan mudah menjalankannya. 3.1.3 Open Source Open Source adalah upaya untuk melepaskan kodekode program kepada publik. Karena Joomla! adalah CMS Open Source, maka kita dapat menggunakannya secara gratis. Kita hanya cukup membayar web hosting. 3.1.4 Banyak Fitur Joomla! mempunyai banyak fitur di dalamnya. Component dan module dapat di download secara gratis. Selain itu pengguna juga dapat dengan gampang merubah tampilan web hanya dengan mendownload template dan menginstalnya. 3.1.5 Kemudahan Peng-costuman. Joomla! mudah di-custom, baik itu dengan cara objectclass ataupun gaya progamming lainnya. Sehingga serumit apapun aplikasi, bisa ditangani dengan mudah tanpa perlu terlebih dahulu memahami API Joomla!. 3.2 Kekurangan Membuat Web dengan Joomla!. Joomla! sebagai alternatif pengembangan web dalam waktu yang cukup singkat, tentunya mempunyai beberapa kelemahan CMS pada umumnya. Kelemahan ini harusnya diketahui oleh pengembang yang benar-benar menggunakan Joomla! sebagai engine website secara utuh, bukan sebagai referensi. 3.2.1 Kemampuan website membuat link yang mudah dibaca dan cepat dikenali oleh mesin pencari masih kurang. Kelemahan ini membuat website kita jarang menempati urutan teratas dari hasil pencarian mesin pencari. Jika anda ingin mengubah Joomla! memiliki kemampuan yang lebih baik dalam hal ini maka anda perlu install komponen freeware Open SEF tetapi kemampuannya tidak sebaik Advanced SEF. Pengguna Joomla!

Pada website ini jika anda klik "Tracker" maka akan ditampilkan semua blog. 3. Administrator. Menurutku sih sebenernya ngga adil kalo ngebandingin Joomla! dengan Moodle. maka Joomla! hanya menyediakan group tertentu saja. forum. Soalnya ngga satu kelas. ngebandingin yang ngga satu kelas itu kesalahan fatal. Kalo di statistik. dengan demikian tidak perlu melakukan query ulang pada database tetapi cukup satu query saja. . Dalam hal ACL. Sehingga jika perlu upgrade maka cukup induknya saja yang di-upgrade. yang pada awalnya diciptakan untuk memenuhi kebutuh an pasar niche dunia pendidikan. maupun komentar yang pernah anda tulis.2.2. Registered Pengguna dan Guest.4 Ketiadaan Tracker Tracker adalah kemampuan CMS untuk menampilkan apa saja yang pernah ditulis atau dikirim oleh pengguna tertentu. 3. 3. Publisher. Ini berguna sekali untuk membangun website komunitas di mana masing-masing anggota mempunyai website-nya sendiri. Fasilitas ini tidak terdapat pada Joomla!.2. Fasilitas Multisite ini tidak terdapat di Joomla!.5 Kurangnya Cache Memory Cache memory pada CMS adalah kemampuan CMS untuk menyimpan secara dinamis halaman website yang telah dibuka. Joomla! tidak mengijinkan anda untuk menambah ACL ini atau mengubah ACL ini. Buah apel ngga bisa dibandingin dengan daging ayam Pengertian CMS yang dianut keduanya beda.3 Ketiadaan Multisite Multisite adalah kemampuan CMS untuk membuat website induk yang terdiri atas beberapa website anak. 3.2 Keterbatasan ACL (Access Control List) ACL atau Access Control List adalah kemampuan CMS untuk memberikan akses yang berbeda kepada setiap penggunas atau group tertentu. Berbeda dengan Moodle yang (aku kutip dari situsnya) menyebut dirinya Course Management System. Editor.juga harus berhati-hati karena website-nya bisa saja tidak bisa diakses setelah SEF diaktifkan. Joomla! adalah Content Management System dengan sasaran pasar umum entry level.2. yaitu: Super Administrator. Cache pada Joomla! hanya sekitar 12%. tapi pengertian dan sejarahnya beda. artikel. Manager. Sama-2 CMS.

Di bawah ini kutipannya Joomla adalah content management system (CMS) yang Open Source. Ok ini beberapa FAQta mengenai Joomla. Apa itu CMS? CMS adalah singkatan dari Content Management System.. Apa itu Content Management System? Content Management System adalah Sebuah sistem yang digunakan untuk mengatur isi website dengan baik dan mudah. Mengapa disebut Open Source? Software/aplikasi web Joomla. Inilah yang menjelaskan . walaupun bukan saya yang buat. situs-situs malaysia. maka. Apa itu Joomla? Joomla adalah Open Sorce CMS. Geeklog.rmdstudio. saya bangga dengan ilmukomputer. tetap saja membuat saya bangga) Apabila googling mencari dengan kalimat ³Joomla adalah´. lagi-lagi.com) punya artikel menarik yang menjelaskan mengapa mereka memilih menggunakan Joomla! daripada Moodle untuk membangun aplikasi web Premier Learning Unit (PLU).Seperti kita ketahui banyak sekali terdapat jenis-jenis CMS.rmdstudio (http://www. diantaranya adalah Mambo. terdiri dari kode-kode hasil karya programer-programer hebat dari penjuru dunia.. Post-Nuke. Selain Ilmu Komputer dot ORG tentunya (Ahh. melainkan Pak Romi dengan temantemannya. maka yang didapat adalah beberapa situs malaysia yang membuat identifikasi Jomla dengan baik. Joomla admin itu adalah kiper yang sebenarnya) Apabila anda mencari definisi Joomla dengan b ahasa Indonesia melalui Google dengan kalimat ³Apa itu Joomla?´.org. dan tidak murah. Drupal. dan bla« bla« bla« baca lebih lanjut di sini (ibarat kiper. Umumnya kode itu dijual.

Mereka bekerja gratis. didukung oleh kom unitas internasional yang banyak. maka Joomla adalah salah satu aplikasi web yang baik dan mudah dipelajari. yang udah bisa ngutak-ngatik dikit script PHP. Dan hasil yang sudah baik itu. CMS Joomla adalah salah satu jawabannya. lalu pada suatu hari tiba-tiba menyadari bahwa website kamu semakin berkembang dan banyak pengunjungnya. apa isi blog kamu. saya dummies. Kalau isi website kamu tadinya sedikit. Kenapa baik dan mudah? Karena gratis dan gampang installnya. pengeksekusi. maka kamu tahu. Selain hebat. bo! Murni sukarelawan tanpa pamrih. Publik (yang mengerti) mengolahnya kembali menjadi lebih baik dan mudah diterima masyarakat (user friendly). yaitu yang membantu jagowan mengembangkan sistem ini. MySql. Gimana dong? Pengguna Joomla itu biasanya terbagi dalam tingkatan user. pengaman sistem.Ada lagi Jagowan User. Bener-bener Hamba Allah yang tidak mau disebutkan nama aslinya (walopun tetap harus pakai nama nick di cyberworld.Ada Advance User. Yang mengembangkan sistem ini. Bahkan ada yang rela nama aseli nya nggak disebut. dan mau membuat website. dul! Open Source. untuk sekolah. Saya newbie« ralat. penangkal serangan musuh. Nah. yang bisanya cuman nginstal dan pakai« kalau bosan. diberikan secara cuma-cuma kepada masarakat. pengembang serta pembuat template dan sebagainya. Apa maksudnya luwes? Maksudnya adalah amat mudah diperbaharui dan dinamis.Ada Basic User. . Selain itu. pembuat. entah itu untuk dagang. uni nstall. adalah upaya untuk melepaskan kode-kode program kepada publik. Selain tiga kategori diatas. Lebih hebat lagi. karena itu kewajiban etik jagowan). Kalau kamu bukan Blogger. Maka kamu perlu website yang mudah dihandle. XML. terdapat pula kategori temen-temennya jagowan. mereka juga orang-orang yang murah hati. . berbahasa Indonesia loh. Apa saja isinya Joomla? Kalau kamu Blogger.mengapa windows bajakan kamu tiba-tiba menjadi haram! Karena kamu harus membeli kode-kode itu. Joomla itu lebih lengkap daripada sekedar WebBlog. Mengapa harus Content Management System? Tidak harus man! Kata siapa harus? Content Management System dipakai karena keluwesannya mengatur isi website. Mereka adalah perancang. untuk komunitas/organisasi. . mereka disebut .

Apa itu 3rd party? Sudah hukum alam.ini di server orang adanya dimana ya« soalny nih bang. Orang-orang tersebut membuat pelengkap. makasih bang atas bacaan commentya. Joomla sebagai aplikasi web itu sebenarnya sudah baik.x. Mereka ada yang volunteer. terlebih lagi jika comment for commentnya. maklum boca santri yang tak baru blajar di dunia ´maya romantisµ nya cerita2 bang aip« ³³³³³³³² Jawaban Bangaiptop ³³³³³³³² Mr Kurt yang baik. Misalnya. ada beberapa cara. adapula Soldier of Fortune. namanya manusia tidak pernah puas. Tapi ini semua memang tergantung servernya. tetap saja ada yang menginginkan feature/tampilan yang lebih baik . jooomla ku default globalsnya on mau dioffkan« waktu dicoba di local server berhasil merubah kode on ke off. Cukup sekian. Nanti saya lanjutin.0. ada orang -orang yang mampu menjawabnya serta membuatnya. Coba saja liat - . misalnya pakai 1. itu amat relatif sekali. alias prajurit bayaran. berbudi luhur.. alias pekerja gratis«. Begitupun berlaku pada dunia. jagowan dan ramah tamah« Saya asumsikan bapak pakai Joomla versi 1. setahu saya. aaah tak salah nih punya tetangga pinter nulis bin pinter guyon bin tukang utak2 script.hehe« Silahkan komen atau bertanya kalau mau. Semuanya sah -sah saja. Kalaupun puas. Untuk menjawab kebutuhan itu. menampilkan data pribadi perusahaan dalam gambar 3 dimensi.5.0.x.3rd party developer. global defaultnya sudah off. Nama kelengkapannya disebut 3rd party. tampan. Namun. dulu. Untuk merubah di setting off pada server orang lain. Saya capek ngetiknya. kebetulan bang mo tanya dikit: kalau mau buka php.12. Sebab biasanya harga 3rd party juga ga mahal-mahal amat kok. menarik bayaran dari user yang mendownload program mereka. Sebab di 1.

1 ) menjadi kode: define( ¶RG_EMULATION·. Ubah settingnya sesuai kemauan bapak. login ke ops melalui FTP lalu ke Main/Web Sit e Management/CGI Management. namun apabila webhost bapak ndak punya wiki. Edit /etc/php. Untuk trik ini.httacces agak aneh (plus riskan tentunya) 4.ini. Disitu bapak akan melihat skrip php. Untuk webhost terkenal. 1. Ini ada wiki dari Dreamhost. 2. Ada beberapa orang yang menyarankan mengubahnya dari . saya tidak menyarankannya kecuali memang diminta webserver anda seperti itu. ganti baris kode: define( ¶RG_EMULATION·. biasanya mereka mempunyai wiki sendiri sebagai panduannya.ini lalu temukan baris kode: register_globals = On ganti menjadi kode: register_globals = Off lalu temukan beberapa baris dibawahnya ganti skrip magic_quotes_gpc. Kopipaste.php pada root directorynya Jo omla di website bapak. kode: magic_quotes_gpc = On Terakhir edit file globals.liat. pindahkan ke notepad (apabila pakai OS Windows) atau gEditor (apabila pakai Ubuntu/Linux). macam dreamhost atau freehostia. Apabila memang semua jalan sudah . barangkali ada teknik yang bisa dipakai. 5.httacces. coba saja open ticket untuk tanya -tanya lebih lanjut. 0 ) 3. Sebab mengubahnya melalui . setelah itu klik PHP Scripting. Bapak bisa liat-liat di wiki mereka.

pemerintahan. Allah selalu bersama orang -orang yang berikhtiar. universitas. Pak. Beberapa penggunaan joomla: Website atau portal perusahaan. website probadi. component dan mambot. Semuanya dapat dengan mudah diunduh di . 6. Forum. Website jual beli online Majalah and media cetak online dan masih banyak lagi« Secara default. kita dapat memiliki joomla secara cumacuma berikut source code nya. Joomla digunakan dalam membuat website dan berbagai aplikasi online. untuk membuat tampilan joomla seperti blog atau pun web jual beli. Bikin saja sendiri. Blog. Artinya. Semoga sukses. Apa itu joomla Sep 17th. sekolah.mentok.ini dari dreamhost. 2008 by Silur. tampilan joomla lebih cocok ke portal. kita dapat mengaturnya dengan menambahkan aplikasiaplikasi tersedia yang sudah tersedia. Joomla mengenal 3 paket (aplikasi) yaitu modul. Joomla adalah CMS ( Content Management System ) yang opensource. Ini adalah panduan bikin php. organisasi. Seorang yang tidak paham pemograman web tidak perlu khawatir karena penggunaan joomla mudah dan sangat user friendly.

modal yang besar untuk melakukannya. seperti detik. CMS mengandung kata content (isi) dan management yang artinya pengolahan terhadap isi. jika pertanyaan anda adalah saat ini. walaupun sebagian kecil dijual. open source dan gratis! terdapat lebih dari 1500 extensions tambahan yang tersedia untuk joomla. karna anda harus menguasai bahasa scripting HTML. toko online. web media seperti koran dan majalah.com. waktu yang panjang. . bila anda hendak membuat situs yang cukup umum. seperti situs klikbca. joomla bisa digunakan untuk membuat website2 perusahaan. serta management lainnya seperti pengaturan hak aksesw/ hak user.joomla. CMS adalah jawaban untuk anda.. anda bisa melakukannya de ngan mudah. seperti menambah. to ko online. serta ribuan situs umum lainnya. siA hanya boleh menulis artikel.. blog.org. siapa tau bisa menambah pengetahuan dikit. web komunitas.extension. cnn. jika anda menanyakan pertanyaan ini 10 tahun yang lalu. untuk teman -teman yang belum paham atau siapa saja dech. jawabannya bisa "tetap sulit". jelas jawabannya adalah sulit. sedangkan B hanya boleh mengganti themes. jika kamu mau buat website yang sangat spesifik dan terintegrasi ke dalam sistem perusahaan. dibutuhkan keahlian ya ng tinggi.. blog. 2. mohon dibaca sampai abis ya . ya. jawaban terhadap pertanyaan ini tidak mudah untuk dilakukan. dan masih banyak lagi lah.) JOOMLA! joomla adalah salah satu W -CMS (Web CMS) yang paling terkenal saat ini. namun angka ini menunjukkan bahwa anda hampir bisa melakukan semuanya dengan joomla. forum. namun bisa juga "sangat mudah". dan menghapus. CMS memang didesain untuk keperluan website forum. tentu merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. 1. atau peru sahaan yang biasa hak aksesnya bermacam2 seperti.com.) Sekilas tentang CMS !!!!!!! CMS atau Content Management System mengandung arti yang sangat luas. merubah. e-learning. dan tentu saja. Link yang berguna buat belajar joomla: kali ini kita akan membahas sedikit tentang JOOMLA. kayak gitulah gambarannya 3.) MEMBANGUN WEBSITE ITU SULIT DAN MAHAL? ITU CUMA ISSUE .

CMS adalah jawabannya. or just about anything you can think of. video. and publications E-commerce and online reservations Government applications Small business Web sites Non-profit and organizational Web sites Community-based portals .5 juta copy pada pertengahan 2007. Joomla is an open source solution that is freely available to everyone. A major advantage of using a CMS is that it requires almost no technical skill or knowledge to manage. Since the CMS manages all your content. documents.joomla juga secara konsisten diperbarui dengan teknology terkini sehingga anda bisa meng-upgrade website yang anda gunakan tanpa perlu takut ketinggalan jaman lagi. newspapers. jadi. Many aspects. dan JOOMLA adalah bintang diantara CMS Lainnya What is Joomla? Joomla is an award-winning content management system (CMS). murah. For example: Corporate Web sites or portals Corporate intranets and extranets Online magazines. have made Joomla the most popular Web site software available. dan mudah. you don't have to. which enables you to build Web sites and powerful online applications. joomla telah didownload sebanyak 2. Bes t of all. Content can be simple text. music. What's a content management system (CMS)? A content management system is software that keeps track of every piece of content on your Web site. What are some real world examples of what Joomla! can do? Joomla is used all over the world to power Web sites of all shapes and sizes. photos. jika ingin membuat website penuh kreasi dan profesional. much like your local public library keeps track of books and stores them. including its ease-of-use and extensibility.

How will Joomla! help me? Joomla is designed to be easy to install and set up even if you're not an advanced user.greenmaven. How can I be sure there will be Joomla! support in the future? Joomla is the most popular open source CMS currently available as evidenced by a vibrant and growing community of friendly users and talented developers.com PlayShakespeare. as a Web designer or develope r. Then.quizilla. I'm a developer.http://www.http://www.School and church Web sites Personal or family homepages Who uses Joomla? Here are just a few examples of Web sites that use Joomla: MTV Networks Quizilla (Social networking) .com (Cultural) . Many Web hosting services offer a single -click install.http://www. Joomla's roots go back to 2000 and.000 community users and contributors. If your clients need specialized functionality.http://www. Since Joomla is so easy to use. What are some advanced ways I can . getting your new site up and running in just a few minutes.Not publicly accessible The Green Maven (Eco-resources) . you can quickly build sites for your clients.harvard.com Senso Interiors (Furniture design) .http://www. I need to build a site for a client.playshakespeare. Joomla is highly extensible and thousands of extensions (most for free under the GPL license) are available in the Joomla Extensions Directory.http://www.com Outdoor Photographer (Magazine) .co.com IHOP (Restaurant chain) . with over 200.outdoorphotographer.za More examples of companies using Joomla can be found in the Joomla Community Site Showcase.com Harvard University (Educational) .sensointeriors.http://gsas. with a minimal amount of instruction. you can empower your clients to easily manage their own sites themselves. the future looks bright for the award winning Joomla Project.edu Citibank (Financial institution intranet) .ihop.

In those cases. share. and support. you're building powerful applications on an open platform anyone can use. If you're ready to install Joomla. To find out more information on leveraging the Joomla framework. download the latest version here you'll be up and running in no time. How do I get started? Joomla is free. Read Getting Started with Joomla to find out the basics then try out our online demo and you'll quickly discover how simple Joomla is. .use Joomla? Many companies and organizations have requirements that go beyond what is available in the basic Joomla package. Joomla's powerful application framework makes it easy for developers to create sophisticated add-ons that extend the power of Joomla into virtually unlimited directions. Joomla! seems the right solution for me. and available to anyone under the GPL license. visit the Joomla Developer Network. The core Joomla framework enables developers to quickly and easily build: Inventory control systems Data reporting tools Application bridges Custom product catalogs Integrated e-commerce systems Complex business directories Reservation systems Communication tools Since Joomla is based on PHP and MySQL. open.

. Server web diasumsikan terhubung dengan Internet/Intranet yang berfungsi sebagai penyedia layanan situs. RSS. yaitu server web (webserver). Ada lebih tersedia 1. category. Permintaan ini yang dalam istilah teknis lebih dikenal dengan query string selain terdapat URL juga mengandung parameter konten (section. Joomla! adalah Sistem Manajemen Konten (SMK atau CMS) yang bebas dan terbuka (free opensource) ditulis menggunakan PHP dan basisdata MySQL untuk keperluan di internet maupun intranet. Secara garis besar dan gamblang. pengguna meminta akses terhadap halaman Joomla dengan mengeksekusi URL pada browser web yang kemudian terhubung dengan server web. blogs. Terakhir. Joomla! menggunakan lisensi GPL. Fitur-fitur Joomla! diantaranya adalah sistem caching untuk peningkatan performansi. Definisi Joomla << yup saya akan mendefiniskan asal kata joomla itu sendiri walau kurang lengkap mohon di maafkan. Berdasarkan parameter tersebut.0.700 "plugins" yang secara resmi didelegasikan oleh OpenSourceMatters tersedia di http://extensions.0... gambar.joomla. konten dan templat (template) digabung bersama dan kembali sebagai halaman html. Pertamakali. skrip PHP dan basisdata MySQL. dll. Skrip PHP terdiri dari kode program dalam bahasa PHP dan basisdata merupakan tempat penyimpanan konten. css dan javascript. dapat dengan mudah dikembangkan dan diintegrasikan.org dengan dukungan server yang lebih lengkap. tapi nggak ada salahnya kita mnyegarkan kembali pikiran kita dari awal toh. Paket Joomla! terdiri dari beberapa bagian yang terpisah dan termodul yang sangat fleksibel.Mungkin teman-teman semua sudah pada mengerti tentang joomla. Sebagai contoh "plugins" WikiBot yang memperbolehkan penulis di Joomla menggunakan "Wikitags" pada bagian artikel yang fungsinya secara otomatis membuat pranala dinamis ke artikel Wikipedia pada saat ditampilkan. Joomla menggunakan Apache sebagai server web dan MySQL untuk basisdatanya. sistem skrip Joomla melakukan kontak dengan basisdata dan mengambil konten yang dimaksud berdasarkan parameternya. Asal kata Joomla sendiri berasal dari kata Swahili yang mengandung arti "kebersamaan".. Joomla pertamakali dirilis dengan versi 1.org/ dan saat ini secara resmi dipindahkan ke http://joomlacode. Joomla! terdiri dari 3 elemen dasar. ID article dan lain-lain). poling.

Pemimpin Tim saat itu Andrew Eddie yang dikenal dengan sebutan "MasterChief" menulis surat terbuka di komunitas dan diumumkan di forum mamb oserver.KV Posted: 26/10/2010 by safitri in Tugas 0 1. Apa itu Content Management System? Content Management System adalah Sebuah sistem yang digunakan untuk mengatur isi website dengan baik dan mudah. component. home 4. tambahkan plugin. tambahkan iklan 8.0 yang merupakan versi alias dari Mambo 4. buat 3 artikel tiap kategori (harus ada gambar di artikelnya) 6. template yg sesuai tema 7. Apa itu CMS? CMS adalah singkatan dari Content Management System. modul. . pengembang. diluncurkan Joomla versi awal yaitu 1. Tim pengembang kemudian membuat situs OpenSourceMatters untuk mendistrubusikan informasi ke pengguna.Pada tanggal 17 September 2005. desainer web dan komunitas lain pada umumnya. home 3.0. Kriteria website joomla kel. buat menu utama isinya : contact.com.3 yang dikembangkan oleh "Pengembang Inti Mambo hingga Agustus 2005" yang hengkang dari Mambo. buat top menu : contact. buat menu dari section yg anda buat : harus ada 3 kategori 5.2. weblink.5. tema tidak boleh website pribadi 2. w ebsite dan artike l harus rapi dan menarik selamat mengerjakan Apa itu Joomla? Joomla adalah Open Sorce CMS.

Ada lagi Jagowan User. Kalau isi website kamu tadinya sedikit. Nah. pembuat. Gimana dong? Pengguna Joomla itu biasanya terbagi dalam tingkatan user. berbahasa Indonesia loh. Mereka adalah perancang. yang bisanya cuman nginstal dan pakai kalau bosan. apa isi blog kamu. saya dummies. Kenapa baik dan mudah? Karena gratis dan gampang installnya. . Joomla itu lebih lengkap daripada sekedar WebBlog. Lebih h ebat lagi. Maka kamu perlu website yang mudah dihandle. Apa maksudnya luwes? Maksudnya adalah amat mudah diperbaharui dan dinamis. yang udah bisa ngutak-ngatik dikit script PHP. XML. lalu pada suatu hari tiba -tiba menyadari bahwa website kamu semakin berkembang dan banyak pengunjungnya. Apa saja isinya Joomla? Kalau kamu Blogger. entah itu untuk d agang. CMS Joomla adalah salah satu jawabannya.Mengapa disebut Open Source? Software/aplikasi web Joomla. adalah upaya untuk melepaskan kode-kode program kepada publik. dan tidak murah. . uninstall. Dan hasil yang sudah baik itu. . maka kamu tahu. dul! Open Source. Selain itu. Kalau kamu bukan Blogger.Ada Advance User. Publik (yang mengerti) mengolahnya kembali menjadi lebih baik dan mudah diterim a masyarakat (user friendly). . Yang mengembangkan sistem ini. Saya newbie ralat. untuk sekolah. Inilah yang menjelaskan mengapa windows bajakan kamu tiba -tiba menjadi haram! Karena kamu harus membeli kode-kode itu. dan mau membuat website. diberikan secara cuma -cuma kepada masarakat. didukung oleh komunitas internasional yang banyak. MySql.Ada Basic User. untuk komunitas/organisasi. maka Joomla adalah salah satu aplikasi web yang baik dan mudah dipelajari. terdiri dari kode-kode hasil karya programer-programer hebat dari penjuru dunia. Umumnya kode itu dijual. Mengapa harus Content Management System? Tidak harus man! Kata siapa harus? Content Management System dipakai karena keluwesannya mengatur isi website.

Joomla adalah salah satu aplikasi manajemen situs yang terbuka untuk umum dan aplikasi Joomla! juga untuk proses pembuatan website.(hanya sebuah referensi saja) mengapa harus Joomla! apa itu Joomla! ? . adapula Soldier of Fortune. tentang Joomla! Mungkin diantara Anda ada yang sudah/belum mengenal Joomla!. penangkal serangan musuh. Dengan teknologi website yang kian berkembang & semakin canggih. mereka juga orangorang yang murah hati. kita bisa membuat website secara instant dengan Joomla!. Selain tiga kategori diatas.java. Mereka bekerja gratis. terdapat pula kategori temen -temennya jagowan.Karena pada umumnya. yaitu yang membantu jagowan mengembangkan sistem ini. jika ingin membuat sebuah website kita harus memiliki pengetahuan tentang bahaasa php. Semuanya sah -sah saja.html. pengembang serta pembuat template dan sebagainya. alias prajurit bayaran. alias pekerja gr atis .pengeksekusi. Selain hebat. menarik bayaran dari user yang mendownload program mereka. Bener -bener Hamba Allah yang tidak mau disebutkan nama aslinya (walopun tetap harus pakai nama nick di cyberworld. karena itu kewajiban etik jagowan). Mereka ada yang volunteer. pengaman sistem. Ya. ada cara yang lebih praktis dan bisa dikerjakan oleh orang yang awam sekalipun. bo! Murni sukarelawan tanpa pamrih. mereka disebut 3rd party developer. Tentu saja dalam mempelajarinya membutuhkan waktu & proses yang sangat panjang/lama. Sebab biasanya harga 3rd party juga ga mahal -mahal amat kok. Bahkan ada yang rela nama aseli nya nggak disebut. dan lainnya.

Joomla! menjadi milik bersama bagi semua. yPenyempurnaan mass mailer yang terbuka bagi spam. Lewat OSM inilah Jommla! Beralih untuk meninggalkan Mambo. Saat ini Joomla! Sudah memasuki area komunitas. Bahkan. bahwa dunia open source bisa berkembang dengan baik dan sempurna. Dengan demikian.Joomla ! merupakan salah satu system aplikasi manajemen situs yang terbuka (Open Source Content Management System ± OS CMS) yang sangat hebat dan tercanggih di kelas CMS. yPenambalan cacat di fitur aktivasi yang mengandung ruang terbuka untuk diserang dengan SQL injection.komunitas. yPenyempurnaan cacat di komponen Poling ( polls component).Joomla! menjadi milik semua orang yang dapat digunakan untuk dikembangkan berdasarkan kemampuan dan keterampilannya untuk menjadi penyumbang dalam pengembangan proyek situs. Beberapa kelemahan yang sudah disempurnakan oleh Joomla! yaitu : yPenyempurnaan cacat di class phpmailer.serta melengkapi keamanannya secara lengkap. Joomla juga merupakan pecahan dari tim Mambo.Semua orang berhak mengetahui dan menggunakan Joomla! dan mengutak -atik Joomla!.Joomla! menjadi sebuah Trade mark atau Brand Image. Tim inti penunjang open source ini bergabung dalam kelompok yang bernama Open Source Matters (OSM).dan masyarakat. semua orang punya kesempatan yang sam a dalam hal pengembangan proyek Joomla!ini. .Dari Joomla! juga banyak perbaikanperbaikan atau perubahan-perubahan dari Mambo.

Dukungan dari pihak ketiga Jika kita ingin menginstal komponen atau modul yang didownload dari internet. komponen tersebut harus sesuai dengan versi Joomla yang . Kita tidak harus memiliki pengetahuan tentang desain atau bahasa pemrograman bagi seorang pemula untuk belajar membuat website.banyak kemudahan lainnya yang ditawarkan Joomla!. Tentu saja.Pengguna Joomla! tinggal membuat sajaapa yang ingin di isikan ke dalam website nya. membuat website menjadi lebih mudah. Kemudahan mengganti tampilan website Tampilan atau yang biasa disebut template Joomla! sangat banyak dan beragam sesuai dengan versi Joomla! yang kita gunakan.template tersbut bias di edit tanpa harus mempersoalkan hal -hal yang tidak diinginkan. Kemudahan mengelola isi website Mengelola isi website dengan menggunakan Joomla! lebih mudah karena sudah disediakan untuk pengaturannya.bias dengan mudah digunakan dan di konfigurasikan sesuai keinginan kita .Proses dan pengerjaanya pun relative mudah dan tidak memakan waktu lama dibandingkan menggunakan aplikasi lain. diantaranya : Gratis Joomla! bisa didapatkan secara gratis dengan mendownload aplikasinya di internet.template akan berubah sesuai yang anda inginkan.yang dibutuhkan hanyalah pengetahuan dasar mengenai cara menginstal software. Selain kemudahan dalam membuatnya.Dengan Joomla!.Dengan demikian.Memodifikasi template yang kita pakai pun sangat mudah dengan menggunakan software Photoshop.

View these Tweets.bahkan ditempat tidur anda. Tweet 0 Masukan ini dipos pada 30 Januari 2009 4:32 am dan disimpan pada Info. Jika Anda ingin mengetahui tentang Joomla! lebih lanjut. mungkin saja anda dapat membuat komponen-komponen atau modul tersebut untuk website anda sesuai yang anda k ehendaki. Namun tidak menutup kemungkinan.java dan lainnya. Joomla juga terbuka untuk di download disini. dapat memberikan wawasan baru untuk Anda yang sudah/belum mengetahui tentang Joomla! dan apa fungsi dari Joomla! Terima kasih untuk Pak Anto yang sudah mau memberikan informasinya tentang Joomla. Karena menurut saya pribadi tidak ada ruginya bahkan mungkin bisa me mberikan banyak pengetahuan kepada Anda cara membuat website yang bagus.0 .kantor.kita pakai/install. Untuk saat ini mungkin anda belum dapat membuat modul atau komponen Joomla! sendiri.Mas Erima Oneto & Mas Sudarma yang sudah mau membagikan pengetahuannya mengenai cara mudah membuat website menggunakan aplikasi Joomla!. Alangkah baiknya jika anda ingin mengerti cara membuat website. semata -mata hanya untuk berbagi pengetahuan saya membuat website dengan instant. Anda dapat mengikuti semua aliran respons RSS 2. Semoga apa yang saya tulis di atas.html.me/snqh3-84/ on Twitter The URL http://wp. Share this: Share http://wp. Artikel ini sedikit banyak saya ambil dari sebuah buku yang saya koleksi untuk sekedar membuka wawasan saya tentang bagaimana membuat website dengan mudah dan tidak sulit. turitorial . jalanilah proses belajar mengenai website dan pelajari juga bahasa pemrograman seperti php.Anda pun bisa melakukannya dirumah. Artkel yang saya buat diatas.me/snqh3-84/ has been shared 0 times. silahkan klik disini. New's.namun suatu saat nanti.

dalam artian bahwa pihak manajemen atau humas perusahaan A harus dapat memperbarui website tersebut dengan mudah tanpa bantuan webmaster lagi. Jadi jika lebih kompleks diharapkan setiap bagian dari perusahaan A memiliki hak akses dan otoritas masing -masing untuk mengelola website tersebut. atau trackback dari Apa Itu Joomla???? Rabu. CMS adalah sebuah aplikasi web yang memiliki sistem. maka prosedur yang . 06 Agustus 2008 by manusia biasa Mengapa Joomla Disebut sebagai cms (Content Management System) ? Sebelum menjawab pertanyaan diatas. Sesuai dengan pengertian CMS diatas maka web yang dibuat oleh webmaster nantinya harus dapat dikelola dengan mudah.dari masukan ini Anda dapat memberikan tanggapan . Sebagai contoh demikian : ³Sebuah perusahaan A ingin membuat website yang berbasiskan CMS kepada seorang webmaster. ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan CMS (Content Management System). dimana sistem tersebut dapat mengatur atau mengelola web tersebut dengan mudah. Bayangkan jika sebuah website tidak berbasiskan CMS dan perusahaan ingin memperbarui website-nya.

5 .Dengan banyaknya dukungan dan yang mengembangkan menyebabkan selalu munculnya perbaikan-perbaikan dan fasilitas-fasilitas terbaru pada Joomla.´ Kerumitan inilah yang menyebabkan bahwa membuat website saat ini mutlak harus berbasis CMS. dll. Situasi yang lebih rumit jika perusahaan mem-vendor-kan dalam pembuatan website.5. Related Posts by Categories tutorial joomla Buat Drop Down Menu joomla 1. salah satunya adalah Joomla. hal ini menyebabkan Joomla sebagai CMS yang paling banyak diminati dan digunakan oleh para webmaster. Didalam joomla sudah memiliki kemudahan pengaturan untuk mengelola dan memperbarui isi website. pengaturan warna. kemudahan pengaturan tampilan halaman dalam suatu template.harus dilakukan adalah pihak perusahaan harus menghubungi webmaster untuk mengirimkan data yang akan diperbarui.5 Pasang ShoutMix Pada Joomla 1. Prosedur ini tentu sangat tidak efektif karena untuk memperbaiki website sangat tergantung oleh webmaster dan tentunya sangat membebani biaya operasional perusahaan. apalagi jika perusahaan mempunyai ketergantungan terhadap website sehingga perbaruan data pada website harus dilakukan rutin misalnya tiap hari atau 1 minggu sekali. baru data tersebut diolah oleh webmaster untuk ditampilkan dalam website. dapat menambah fasilitas-fasilitas website dengan mudah. Sehingga Joomla sudah dapat dikatakan sebagai CMS. Saat ini di internet banyak suatu komunitas yang membuat website berbasis open source dimana kode -kode programnya dapat digunakan oleh orang lain secara gratis.15 Siap di Rilis Ngomong Masalah SEF Joomla Pasang Iklan Pada Joomla 1.5 Cara Mengubah Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Indonesia Pada joomla Joomla Versi 1.

Membuat Favicon Pada Joomla Cara Membuat Teks Berjalan Pada Joomla Install Template Joomla Pasang Yahoo Mesengger Pada Joomla Cara Mudah Mengganti Header Joomla Membuat Shout Book Pada Joomla 1. agar orang lain dapat mempelajari dan MELIHAT ilmu kamu" KEEP SMILE N HAPPY BLOGGING!!! ENJOY IT!!! Mengapa Joomla Disebut sebagai cms (Content Management System) ? Sebelum menjawab pertanyaan diatas. Sebagai contoh demikian : ³Sebuah perusahaan A ingin membuat website yang berbasiskan CMS kepada seorang webmaster. dalam artia n bahwa pihak manajemen atau humas perusahaan A harus dapat memperbarui website tersebut . dimana sistem tersebut dapat mengatur atau mengelola web tersebut dengan mudah.0 AccountLiveJournalWordPressTypePadAIMOpenID Name/URLAnonymous Karena ³Ilmu itu untuk diamalkan ´ jadi «"Letakkanlah Ilmu itu di Depan JIDAT Kamu. ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan CMS (Content Management System). CMS adalah sebuah aplikasi web yang memiliki sistem. Sesuai dengan pengertian CMS diatas maka web yang dibuat oleh webmaster nantinya harus dapat dikelola dengan mudah.

dapat menambah fasilitas-fasilitas website dengan mudah. maka prosedur yang harus dilakukan adalah pihak perusahaan harus menghubungi webmaster untuk mengirimkan data yang akan diperbarui. dll. pengaturan warna.dengan mudah tanpa bantuan webmaster lagi. baru data tersebut diolah oleh webmaster untuk ditampilkan dalam website. Saat ini di internet banyak suatu komunitas yang membuat website berbasis open source dimana kode-kode programnya dapat digunakan oleh orang lain secara gratis. Situasi yang lebih rumit jika perusahaan mem-vendor-kan dalam pembuatan website. apalagi jika perusahaan mempunyai ketergantungan terhadap website sehingga perbaruan data pada website harus dilakukan rutin misalnya tiap hari atau 1 minggu sekali.Dengan banyaknya dukungan dan yang mengembangkan menyebabkan selalu munculnya perbaikan -perbaikan dan fasilitas-fasilitas terbaru pada Joomla. Jadi jika lebih kompleks diharapkan setiap bagian dari perusahaan A memiliki hak akses dan otoritas masing -masing untuk mengelola website tersebut. Prosedur ini tentu sangat tidak efektif karena untuk memperbaiki website sangat tergantung oleh webmaster dan tentunya sangat membebani biaya operasional perusahaan. . Didalam joomla sudah memiliki kemudahan pengaturan untuk mengelola dan memperbarui isi website. Sehingga Joomla sudah dapat dikatakan sebagai CMS.´ Kerumitan inilah yang menyebabkan bahwa membuat website saat ini mutlak harus berbasis CMS. hal ini menyebabkan Joomla sebagai CMS yang paling banyak diminati dan digunakan oleh para webmaster. Bayangkan jika sebuah website tidak berbasiskan CMS dan perusahaan ingin memperbarui website-nya. salah satunya adalah Joomla. kemudahan pengaturan tampilan halaman dalam suatu template.

Anda menemukan beberapa hal yaitu tampilan banner Joomla. Konstruksi dari bangunan Joomla sangat mudah. Pembahasan tentang Joomla Component (komponen Joomla) module. Itu adalah hasil capturing ± jepretan penulis tampilan muka (frontpage) situs Joomla. mudah diubah-ubah (changeable). Bagian kiri (left) 4. Sekarang kita amati satu-per-satu. joomla plugins dan Joomla atribut. iklan. module. Karena warna membuat hidup ini ini. Mulai! 1. template joomla. search. Bagian kaki (footer) Hidup ini penuh warna dan begitu indah. Kotak-kotak berwarna ini (colour box) ini mewakili module-module di Joomla. Template yang didesain juga sangat mudah diaplikasikan ke dalam engine Joomla. ramah. dan Main menu. newsflash . Pembagian kerangka situs Joomla Pembagian tata letak ini mengikuti paham Joomla dalam mendesain layout template. dan mudah pengontrolannya. Bagian tengah (content) 3. Bagian Top Bagian atas situs Joomla biasanya berisi menu (biasanya top menu). menu atas Joomla. joomla plugins dan Joomla atribut dilakukan di lain bab. Fokusnya adalah mengamati desain dan layout situs Joomla saja. Secara umum Joomla membagi tata letak (lay-out) desain Joomla dalam beberapa bagian yaitu : 1. Yuk. Lihat gambar di atas. mambot. Bagian atas (top) 2. logo. Bagian kanan (right) 5. mari kita bermain warna. mambot. penulis akan memaparkan bagaimana konstruksi tampilan joomla dengan template default dari Joomla. Tulisan ini tidak membahas Joomla Component (komponen Joomla). template joomla. Popular. saya menggunakan blocking warna untuk memudahkan analisa. Search. Penulis membagi tampilan template Joomla dalam kotak -kotak warna yang bervariasi. kotak pencarian. banner. Silakan amati dari gambar yang saya berikan. Apa yang anda dapat. Lates News. Untuk detailnya saya buat kerangka analisis (bukan google-analytic )di bawah ini.Tentang joomla Untuk memudahkan anda memahami Joomla . ada Poll Joomla. menu sebelah kiri Joomla.

Ini adalah inti dari Joomla (core Joomla). Yang menyebut body content dalam analisisnya juga ada. menu tambahan. Sekarang giliran anda untuk melakukan otak-atik template joomla. Sehingga bentuk kontruksi situs Joomla bisa disesuaikan dengan kebutuhan.(lintasan berita) dan logo. dan elemen penjelas situs Joomla. Bagian kanan (right) Setipe dengan bagian kiri. Kalau saya menyebut bagian tengah saja. Di bagian tengah Joomla bisa berisi content body. Selain kedua module itu. Bagian ini bisa dipertukarkan dengan bagian kanan. dan module search. Seperti anda lihat gambar di atas. . Silakan dilihat gambar berikut ini. Bagian kiri (left) Nah di sayap kiri ini (bukan sayap-sayap patah). module login dan module lainnya. Para desainer bisa menguba h posisi dan tempat module sesuka hatinya sesuai selera masing-masing. 4. Anda bisa melakukan rotasi atau ubah posisi module sesuka hati. keterangan situs dan copyright. semaunya. Jadi bisa saling bertukar-tukar posisi. Semua module bisa dipasangkan di mana saja sesuai estetika dan desain yang pas. Tergantung selera. pathway. module menu bottom. Bagian content body ini diatur dan dikontrol oleh komponen Frontpage (halaman muka). Di bagian ini adalah berisi main menu. Di bagian ini biasanya berisi taburan beberapa module seperti module popular dan module last news. 5. Sisi buntut belakang Joomla ini berisi banner. module menu . Ini settingan umum (default) Joomla. Silakan lihat gambar di bawah ini 3. dan sesuai kesenangan anda. Di bagiah bawah ini bisa juga diletakkan menu bottom sebagai menu tambahan. ada logo Joomla. 2. Namun aturan itu tidak baku. Banyak template joomla yang tidak memiliki bentuk seperti di atas. Ada yang menyebut content box. Bagian tengah (content) Di sektor tengah desain joomla adalah content. bagian kanan (right) juga memiliki sifat flexibiltas untuk ditukarkan dengan menu bagian kiri. Sebagai gambar lengkap dan utuh silakan lihat gambar di bawah ini sebagai rujukan. Kesimpulan Penjelasan di atas merupakan analisa bangun template joomla seara default. Bagian kaki (footer) Ini adalah bagian ekor. penulis mengajak anda mengamati bagian kiri. Modul Newsflash.

Seperti yang dikutip bakhosting.com dari http://syarifudin.id/2008/05/mengenal-tubuh-joomla-yangseksi-dan-aduhai/ .web.Nanti baru kita belajar membuat template joomla di bagian akhir.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful