ANALISA RASIO KEUANGAN BANK SYARIAH

STEI YOGYAKARTA 3 JANUARI 2009

9. 7. 8. SHAHIBUL MAAL PIHAK YANG MENERIMA DAN MEMANFAATKAN DANA BANK SYARIAH PEMBAYAR ZIS PEMEGANG SAHAM OTORITAS PENGAWAS BI PEMERINTAH LPS MASYARAKAT . 3. 5. 4.PIHAK-PIHAK YANG BERHUBUNGAN DENGAN LAPORAN KEUANGAN BANK SYARIAH 1. 2. 6.

KOMPONEN LAPORAN KEUANGAN BANK SYARIAH NERACA LAPORAN RUGI/LABA LAPORAN PERUBAHAN MODAL LAPORAN ARUS KAS LAPORAN PERUBAHAN DANA INVESTASI TERIKAT LAPORAN SUMBER DAN PENGGUNAAN DANA ZIS LAPORAN SUMBER DAN PENGGUNAAN DANA QARDUL HASAN CATATAN ATAS LAPORAN KEUANGAN .

2.RASIO BANK SYARIAH 1. RASIO LIKUIDITAS RASIO AKTIVITAS RASIO PROFITABILITAS RASIO BIAYA . 3. 4.

Quick Ratio 3. Current Ratio = Kas + Penempatan Utang Lancar Untuk mengetahui kemampuan bank untuk membayar kembali kewajiban jangka pendeknya pada deposannya dengan aktiva lancarnya 2. kas Utang Lancar Untuk mengetahui kemampuan bank untuk membayar kembali kewajiban jangka pendeknya pada deposannya dengan uang kasnya FDR = Total Pembiayaan total DPK Untuk mengetahui kemampuan bank untuk membayar kembali kewajibannya dengan menarik kembali pembiayaan yang diberikan = .RASIO LIKUIDITAS Adalah ukuran kemampuan untuk memenuhi kewajiban jangka pendek 1.

Fixed Asset Turnover (FAT): efisiensi dana yang tertanam dalam keseluruhan aktiva tetap bank dalam suatu periode tertentu dengan jumlah keseluruhan aktiva.RASIO AKTIVITAS Untuk mengukur tingkat efisiensi bank dalam memanfaatkan sumber dana yang dimilikinya. Total Asset Turnover : rasio yang menunjukkan kemampuan bank dalam mengelola dana yang tertanam dalam keseluruhan aktiva berputar dalam satu periode tertentu atau kemampuan bank dalam menghasilkan pendapatan Total Asset Turnover = Pendapatan Operasional Total aktiva . 1. Fixed Asset Turnover = Aktiva tetap Total Aktiva 2.

Profit margin: menunjukkan efisiensi bank dalam menghasilkan laba Profit Margin = ____ Laba _____ Total Pendapatan 2.RASIO PROFITABILITAS Rasio yang menunjukkan yang menujukkan tingkat efektivitas yang dicapai melalui usaha operasional bank 1. Return on Asset (ROA): menunjukkan kemampuan bank dalam mengelola dana yang diinvestasikan dalam aktiva dapat menghasilkan keuntungan ROA = LABA AKTIVA .

RASIO BIAYA Menunjukkan tingkat efisiensi kinerja operasional bank BOPO = Biaya operasional Pendapatan operasional .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful