Komputer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Langsung ke: navigasi, cari Keakuratan artikel ini diragukan dan artikel ini perlu diperiksa ulang dengan mencantumkan referensi yang dapat dipertanggungjawabkan. Lihat diskusi mengenai artikel ini di halaman diskusinya.

Bagian-bagian Komputer Personal.
1: Monitor 2: Motherboard 3: Prosesor 4: Slot ATA 5: RAM (Memori Akses Acak) 6: Slot PCI 7: Catu Daya 8: Tempat cakram optik 9: Hard Disk 10: Keyboard 11: Mouse

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin i u sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi t hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan denganmatematika. Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "kom puter" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda

dalam kata "komput " dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer. Kata comput secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Ba nha t Conci Dictiona y of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung. Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti li rul juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.
   £ ¢ ¡ ¡ ¡  ¢ ¡ 

Jeni

Sekalipun demikian, definisi di atas mencakup banyak alat khusus yang hanya bisa memperhitungkan satu atau beberapa fungsi. Ketika mempertimbangkan komputer modern, sifat mereka yang paling penting yang membedakan mereka dari alat menghitung yang lebih awal ialah bahwa, dengan pemrograman yang benar, semua komputer dapat mengemulasi sifat apa pun (meskipun barangkali dibatasi oleh kapasitas penyimpanan dan kecepatan yang berbeda), dan, memang dipercaya bahwa mesin sekarang bisa meniru alat perkomputeran yang akan kita ciptakan di masa depan (meskipun niscaya lebih lambat). Dalam suatu pengertian, batas kemampuan ini adalah tes yang berguna karena mengenali komputer "maksud umum" dari alat maksud istimewa yang lebih awal. Definisi dari "maksud umum" bisa diformulasikan ke dalam syarat bahwa suatu mesin harus dapat meniru Mesin Turing uni ersal. Mesin yang mendapat definisi ini dikenal sebagai Turing-lengkap, dan yang pertama mereka muncul pada tahun 1940 di tengah kesibukan perkembangan di seluruh dunia. Lihat artikel sejarah perkomputeran untuk lebih banyak detail periode ini.

[sunting] Komputer benam
Pada sekitar 20 tahun , banyak alat rumah tangga, khususnya termasuk panel daripermainan video tetapi juga mencakup telepon genggam, perekam kaset video, PDA dan banyak sekali dalam rumahtangga, industri, otomotif, dan alat elektronik lain, semua berisi sirkuit elektronik yang seperti komputer yang memenuhi syarat Turing-lengkap di atas (dengan catatan bahwa program dari alat ini seringkali dibuat secara langsung di dalamchip ROM yang akan perlu diganti untuk mengubah program mesin). Komputer maksud khusus lainnya secara umum dikenal sebagai "mikrokontroler" atau "komputer benam" (embedded computer). Oleh karena itu, banyak yang membatasi definisi komputer kepada alat yang maksud pokoknya adalah pengolahan informasi, daripada menjadi bagian dari sistem yang lebih besar seperti telepon, oven mikrowave, atau pesawat terbang, dan bisa diubah untuk berbagai maksud oleh pemakai tanpa modifikasi fisik. Komputer kerangka utama, minikomputer, dan komputer pribadi (PC) adalah macam utama komputer yang mendapat definisi ini.

[sunting] Komputer pribadi
Artikel utama untuk bagian ini adalah: Komputer pribadi Komputer pribadi atau perso l computer (PC) adalah istilah untuk komputer yang dikenal dan diketahui orang pada umumnya sehingga banyak orang yang tak akrab dengan bentuk komputer lainnya. Hanya orang-orang tertentu saaja yang memakai istilah ini secara eksklusif untuk menunjukkan istilah yang lebih spesifik dan tepat.
¥¤

[sunting] Bagaimana komputer bekerja
Saat teknologi yang dipakai pada komputer digital sudah berganti secara dramatis sejak komputer pertama pada tahun 1940-an (lihat Sejarah perangkat keras menghitung untuk lebih banyak detail), komputer kebanyak masih menggunakan arsitektur Von Neumann, yang an diusulkan pada awal 1940-an oleh John von Neumann. Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama:Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, " bus"

[sunting] Memori

modul memori RAM Di sistem ini, memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti "sel" atau "lubang burung dara"), masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisidata yang diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah. Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner) menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte. Secara umum, memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali - memori dapat diumpamakan sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan dihapus kembali, daripada buku tulis dengan pena yang tidak dapat dihapus. Ukuran masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara hebat dari komputer ke komputer, dan teknologi dalam pembuatan memori sud berubah secara hebat - dari relay ah elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan air raksa (dan kemudian pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaan transistor di atas satu chip silikon.

[sunting] Pemrosesan
Unit Pengolah Pusat atau CPU berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer.Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan arahan arahan berkaitan.

dan "jika isi sel 999 adalah 0. orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman "tingkat tinggi" yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler). ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan Logika. Alat output. membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Sekali yang terjadi. "menambahkan isi sel 666 ke sel 042. Komputer hanya mempunyai dalam jumlah terbatas perintah sederhana yang dirumuskan dengan baik. dan tempat akibat di sel 013". dan sebagainya.Berkas:CPU with pins. dan pelaksanaan perbandingan (misalnya. Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang nyata. Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin. dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. perintah berikutnya anda di sel 345". Uni A i i n Logi . [ nting] Input dan hasil I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar. printer. Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data. men-decode data ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. unit kontrol pergi ke perintah berikutnya (biasanya ditempatkan di slot berikutnya. pelaksanaan logis (AND. Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor . ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. NOT). adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan. Dalam pengertian ini. Dalam komputer-komputer modern.jpg Contoh sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array (BGA) ditampilkan terbalik dengan menunjukkan kaki-kakinya.Integrated Circuit). Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer ialah "menyalin isi sel 123. yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit). misalnya. atau Arithmetic Logic Unit (ALU). monitor dan disk drive. dan tempat tiruan di sel 456". dan sebuah Unit Kontrol. [sunting] Instruksi Perintah yang dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa manusiawi. seperti assembler (bahasa tingkat . memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapat kembali informasi (dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu. Dalam praktiknya. OR. pengurangan. kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC . Uni kontrol menyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh komputer. dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O. kecuali kalau perintah itu adalah perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer bahwa perintah berikutnya ditempatkan di lokasi lain). dan menaruh hasil kerjanya di sana. Dalam arsitektur von Neumann yang asli. dari yang akrab keyboard. scanner. dan semacamnya).kode untuk "menyalin" mungkin menjadi 001.

Terlebih lagi. Biasanya. Sebuah komputer pribadi modern yang umum (pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 milyar perintah dalam sedetik. Ini mirip bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan. Sistem operasi adalah program yang biasanya menguasai kali ini membagikan [sunting] Sistem operasi Sistem operasi ialah semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem (misalnya. di sisi lain. Tetapi. Ini biasanya diserahkan ke sebagai multitasking. dan perintah berikutnya dicapai. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Jarak waktu yang kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice)." "Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas biasa (misalnya. Banyak program komputer berisi jutaan perintah. Perintah dilakukan. Ini menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan dengan memberikan waktu CPU di antara program. Sistem operasi. setelah bertahun-tahun. bahasa seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi) [sunting] Arsitektur Komputer kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Central Processing Unit atau CPU. barangkali dengan data di dalam tabel. kebanyakan komputer kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. hasil disimpan. yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian dan perkomputeran ilmiah. kemudian setelah beberapa saat. Komputer mencapai perintah dan data dari memorinya. Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial. memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat CPU. dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Ketika semacam kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-macam program komputer.mereka mempunyai beberapa CPU dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Sistem operasi juga memberikan servis kepada program lain. kapan. dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. mereka melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai. Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal utama . untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O. CPU melakukan perintah dari satu program. programer akhirnya menmindahkannya ke dalam sistem operasi. "programmer. [sunting] Program Program komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer. sudah berbeda secara signifikan dari model di atas." Dewasa ini. beberapa komputer. seperti kode (driver) yang membolehkan programer untuk menulis . menentukan program yang mana dijalankan.rendah). CPU beralih ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya. menggambar titik di layar) dan lalu membuat set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain. Pada kenyataannya. Prosedur ini berulang sampai komputer dimatikan.

komputer awal AS semula didesain untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk persenjataan (artileri). yang dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari 1946 dan melibatkan dala dalam lebih dari satu juta kartu punch. . memiliki ukuran yang besar dan membutuhkan biaya besar untuk pembuatannya. memelihara dan memperbarui rekening dan inventaris.program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung. Akan tetapi. menjadi mungkin menghasilkan komputer yang sangat murah. Dengan penemuan mikroprosesor di 1970-an. Selain itu juga dipakai dalam kriptanalisis. termasuk menyimpan buku. ketersediaan luas komputer dan mudah customization sudah melihat mereka dipakai untuk banyak maksud lain. Internet. memindahkan gambar dan penggunaan lain. Komputer di masa itu umumnya digunakan untuk mengerjakan perhitungan ilmiah. Orang-orang di pemerintah dan perusahaan besar juga memakaikomputer untuk mengotomasikan banyak koleksi data dan mengerjakan tugas yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia . Penurunan harga komputer membuat mereka dapat dipakai oleh organisasi yang lebih kecil. misalnya komputer elektronik digital yang pertama. organisasi. dan pemerintah sering menggunakan amat banyak komputer kecil untuk menyelesaikan tugas bahwa dulunya dilakukan oleh komputer kerangka utama yang mahal dan besar. dibuat selama Perang Dunia II. menulis dan mencetak dokumen. komputer pertama Australia. ilmuwan di berbagai bidang mulai memakai komputer untuk analisa mereka sendiri. mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat penampungan dari Snowy Mountains. [sunting] Penggunaan komputer Anak-anak sedang belajar penggunaan komputer bersama sang guru. Komputer digital pertama. visionaris awal juga menyangka bahwa pemrograman itu akan membolehkan main catur. Colossus. suatu proyek pembangkitan Hidroelektrik besar. menghitung kerapatan penampang neutron untuk melihat jika bom hidrogen akan bekerja dengan semestinya (perhitungan ini. ENIAC.misalnya. Bisnis. Namun. Dalam bidang pendidikan. Kumpulan komputer yang lebih kecil di satu lokasi diserahkan ke sebagai perkebunan server. PC menjadi populer untuk banyak tugas.CSIR Mk 1/CSIRAC. berhubungan dengan e-pos dan. memperlihatkan bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal). Perhitungan meramalkan dan lain berulang matematika dengan spreadsheet.

artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan) [sunting] Jenis komputer y y y Komputer analog Komputer pulsa Mikrokomputer o Komputer rumah (home computer) o Komputer pribadi (PC) o Server . slot untuk masukan kartu tambahan grafis IDE/SCSI/SATA. tempat menyimpan data sementara Hard drive. media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU. mulai menemukan cara mereka ke dalam alat lain seperti peralatan rumah. key oard. memori. perkembangan antikunci rem di mobil). dan kebanyakan batas produksi pabrik dikuasai di samping komputer. [sunting] Bagian-bagian komputer Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Yang ini prosesor benam menguasai kelakuan alat seperti itu yang lebih mudah. kebanyakan bentuk angkutan bertenaga. membolehkan kelakuan kontrol yang lebih kompleks (untuk kejadian. seperti monitor dan printer ¦ [sunting] Perangkat lunak y y Sistem operasi Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux. seperti mouse. kebanyakan alat listrik. serta instalasi software. output. biasanya dengan mengatur memprogram. Kebanyakan insinyur meramalkan bahwa ini cenderung kepada akan terus. komputer kecil. dan tablet Perangkat keluaran. dan Mac OS. mobil. pesawat terbang. Saat abad kedua puluh satu dimulai. slot untuk hard drive/ODD USB.Sekaligus. Windows. pemrosesan. media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU. slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan. [sunting] Perangkat keras y y y y y Prosesor atau CPU sebagai unit yang mengolah data Memori RAM. koordinasi input. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya. Program komputer Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya [sunting] Slot pada komputer y y y y ISA/PCI. media penyimpanan semi permanen Perangkat masukan. dan perlengkapan industri. slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis AGP/PCIe.

memori. Setelah dirapikan. cari Artikel bertopik teknologi informasi ini perlu dirapikan agar memenuhi standar Wikipedia Merapikan artikel bisa berupa membagi artikel ke dalam paragraf atau wikifikasi artikel. ini sama dengan internet. c atting Akses informasi: contohnya web browsing ¨  Agar dapat mencapai tujuan yang sama. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer:  § y y y Minikomputer Mai frame computer Superkomputer . setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (ser ice). [sunting] Klasifikasi Berdasarkan skala : y y y Local Area Network (LAN): suatu jaringan komputer yang menghubungkan suat u komputer dengan komputer lain dengan jarak yang terbatas. negara. Arsitektur ini disebut s dengan sistem client-server. Tujuan dari jaringan komputer adalah: © y y y Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaianprinter. Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut pelayan ( er er). Wide Area Network (WAN): jaraknya antar kota. tolong hapus pesan ini. hanya saja jaraknya lebih luas. Metropolitant Area Network (MAN): prinsip sama dengan LAN. harddisk Komunikasi: contohnya surat elektronik. yaitu 10-50 km. CPU. dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer. i stant messaging.Jaringan komputer Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. ensiklopedia bebas Akurasi Terperiksa Langsung ke: navigasi. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Berdasarkan fungsi : Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. dan benua. Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer.

kantor. serta dalam 1 warnet. y Peer-to-peer Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan.doc kepada C. file server.polban. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A. jaringan komputer dapat dibedakan atas: y y y y y y Topologi bus Topologi bintang Topologi cincin Topologi mesh Topologi pohon Topologi linier Berdasarkan kriterianya. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih.C.detik.xls dan juga memberi akses file soal_uas.B. . 2. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server.D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya.y Client-server Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. web server.ac. Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi: o Jaringan LAN merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam cakupan seperti laboratorium. database server dan lainnya. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data o Jaringan terpusat Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server o Jaringan terdistribusi Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu. jaringan komputer dibedakan menjadi 4 yaitu: 1. Berdasarkan topologi jaringan.com yang dilayani oleh banyak komputer web server.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server. Contohnya adalah sebuah domain seperti www. Contohnya adalah server jtk. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.

Jaringan Tanpa Disk ( Diskless ) Sebagai Sarana murah dalam pengembangan IT Metode jaringan tanpa disk telah banyak dilakukan sejak era mikro komputer berkembang dengan pesat. antara lain untuk platform Novell (Netware). Contohnya jaringan telepon lokal. sistem telepon seluler. Telkomsel. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan. Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data. Indosat. 3. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. o Jaringan Client-Server Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. o Jaringan Peer-to-peer Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server. o Jaringan WAN Merupakan jaringan dengan cakupan seluruh dunia. 4. dan masih banyak lagi. Berdasarkan media transmisi data o Jaringan Berkabel (Wired Network) Pada jaringan ini. serta jaringan relay beberapa ISP internet.o Jaringan MAN Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. o Jaringan Nirkabel(WI-FI) Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo. Unix dengan dumb terminal . Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan. Contohnya jaringan PT Telkom. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client. untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. PT.

Ditambah lagi walaupun perangkatnya cukup PC akan tetapi Software (O/S) nya bukanlah murah.2 atau 2. Herannya sangat sedikit (bila tidak dapat dikatakan nihil) yang memanfaatkan teknik jaringan seperti ini untuk keperluan Internet. Mahalnya perangkat keras untuk type jaringan ini. bahkan gratis bila didownload langsung dari Internet.ataupun platform lainnya yang memungkinkan. Beberapa hal yang dapat penulis simpulkan mengapa metode diskless ini tidak diterapkan pada jaringan Internet di Indonesia walaupun banyak menawarkan kemudahan: 1. modem 9. demikian juga dengan faktor maintenance yang tidak kalah mahalnya dari harga perangkat kerasnya. Kalaupun ada perangkat keras/lunak untuk keperluan jaringan tanpa disk dengan penerapan yang cukup mudah. Selain itu harga perangkat lunaknya juga sangat mahal. bahwa komponen komputer khususnya PC berkembang dengan sangat cepat dan semakin murah dari hari kehari. misalnya mesin-mesin yang berjalan di platform Unix. 2. Demikian juga dengan harddisk yang berkembang sangat cepat baik dari sisi kapasitas penyimpanan. Jaringan yang terhubung ke Internet haruslah cukup tangguh untuk mengatasi permasalahan security dan yang paling banyak terjadi adalah kekhawatiran akan Virus. .6 kbps sudah membuat orang berdecak dibandingkan kecepatan sebelumnya yang 1. didampingi banyak software aplikasi yang populer serta dokumentasi yang tak terbatas jumlahnya dan pendukung yg berjumlah jutaan orang yang setiap saat mau membantu dengan sangat terbuka dan sukarela terutama jika kita bergabung di berbagai mailing list Linux di Internet. Langkanya aplikasi-aplikasi populer untuk Internet yang berbasiskan O/S tertentu. 3. Mudahnya mendapatkan perangkat lunak bajakan. Bukannya tidak bisa akan tetapi akan menghadapi banyak kendala bila dipaksakan.4 kbps. Atau disimpulkan semua serba mahal. 4. Alasan utama menggunakan metode ini kebanyakan untuk mengurangi beban biaya media penyimpanan (harddisk) dan mempermudah perawatan (maintenance). Lalu bagaimana jalan keluarnya? jawabannya adalah gunakan Linux. O/S nya murah. 5. Mengapa Unix? karena pada platform Unix fasilitas Internet merupakan sesuatu yang default. akan tetapi tidak cukup bagus untuk dihubungkan dengan Internet. misalnya Netware dan OS2 juga salah satu faktor untuk menolak dalam penggunaan software-software tersebut. juga merupakan suatu alasan untuk menolak konsep jaringan tanpa disk ini misalnya jaringan berbasiskan Netware yang cukup sulit bila dihadapkan kepada InternetProtocol (IP). membuat pemilik jaringan tidak mau bersusah payah untuk membangun suatu jaringan komputer yang tangguh dengan berbagai macam dalih dari mulai "Tidak ada waktu untuk belajar sampai dengan bajakan menolong ekonomi lemah" yang ujung-ujungnya adalah "pembenaran diri sendiri dengan mengabaikan kepentingan orang lain". tidak ada pembatasan (quota) pemakaian. Teknik demikian sebetulnya telah banyak digunakan di platform PC terutama rental komputer di daerah dekat kampus. kecepatan putarnya serta harganya yang semakin rendah. sebagai gambaran pada pertengahan tahun delapan puluhan. Demikian juga dengan kecepatan komunikasi data di Internet. Seperti kita ketahui bersama.

2. Benar-benar mengurangi ketergantungan terhadap storage lokal dan juga menekan biaya pengadaan suatu jaringan besar. dimana tadinya 10 mbps merupakan standard telah berubah ke 100 mbps sebagai standard bahkan sedang menuju kearah 1 gbps (1 giga bit per second). antara lain: 1. CPU murah (dibawah 100 Mhz). Ini semua mengarah kepada suatu bentuk efisiensi besarbesaran. Keamanan/Security dimana jaringan dikendalikan cukup dari servernya saja. Cara ini juga memungkinkan penghematan biaya "software upgrade". berhubungan satu sama lain dan dengan kecepatan yang seolah-olah seragam. CDROM ataupun Tape. sekolah-sekolah lanjutan ataupun kejuruan untuk fasilitas Laboratorium Komputer mereka dan juga tidak tertutup kemungkinan untuk dimanfaatkan perusahaan-perusahaan besar untuk mengembangkan jaringan dengan optimasi komputer lama mereka. Terdapat beberapa tujuan yang akan dicapai dengan memanfaatkan system diskless ini selain menghindari pemakaian disk.Network Card (janggal untuk menyebut dengan kartu jaringan) juga tidak bedanya. NetworkCard dan VGA Card tanpa perlu ada harddisk. demikian juga pengaturan user yang terlibat. Cara Kerja PC Diskless Konsep ini sudah ada lama dan dasar pemikirannya adalah bagaimana suatu komputer dapat mengaktifkan proses boot tanpa mengandalkan suatu media disk (floppy ataupun harddisk) akan tetapi melalui suatu kode binary yang disimpan dalam memory yang non-volatile seperti ROM Chip dan sejenisnya. misalnya boot melalui network akan tetapi file lainnya didapatkan secara lokal atau boot suatu sistem melalui network dan sistem lainnya melalui harddisk dimana sistem yang diboot melalui . harddisk. baik client ataupun server. 3. Dengan demikian suatu komputer akan dimungkinkan untuk menghubungi servernya dan mendapatkan systemnya melalui network yang ada. Mengurangi beban biaya perawatan system pada jaringan dengan banyak terminal sebab cara ini memungkinkan seluruh file/berkas berada pada satu mesin yang bertindak sebagai server. Dengan diskless maka dimungkinkan membangun suatu jaringan dengan bermodalkan PC sebagai terminal yang hanya bermuatan 8 MB RAM. Motherboard sederhana. bukankah langkah efisiensi merupakan langkah paling tepat di jaman serba susah ini ? Bila anda seorang Administrator suatu network maka cara ini akan sangat membantu anda dalam mengatasi keruwetan bahkan untuk menaikan peringkat anda dalam penilaian kinerja. Penggunaan komputer pada tempat-tempat dimana menggunakan harddisk merupakan suatu hal yang riskan. Maka sangat dimungkinkan untuk mengembangkan suatu jaringan dengan terminal-terminal tanpa media storage. Floppy disk. memory. dikedua sisi. dimana getaran yang tercipta pada mesin akan mengganggu kinerja harddisk. juga biaya administrasi sistem seperti backup. dsb. Sehingga tindakan upgrade terhadap software cukup dilakukan sekali dan terpusat. pada pabrik misalnya. Processor di PC yang sudah melewati batas 1 Ghz (Giga Hertz). Cara ini juga dimungkinkan untuk digabung dengan proses pada harddisk. Metode ini sangat baik untuk perusahaan-perusahaan menengah kebawah. yang terpusat di satu komputer utama (server) dengan demikian dapat mengoptimalkan kinerja prosesor. recovery.

akan tetapi karena dilakukan dengan cepat maka pertukaran ini tidak terlihat kecuali pada saat suatu jaringan mengalami lalu lintas data yang sangat padat diluar batas kemampuan peralatan maka akan terdapat delay yang cukup tinggi untuk disadari. Terdapat trik-trik yang bagus dalam memanfaatkan cara boot melalui network card ini. misalnya: 00:60:67:73:E7:82 dan ini bersifat unik serta berlaku secara global diseluruh dunia sebab masing-masing pembuat networkcard ataupun perangkat network lainnya telah menetapkan suatu blok address untuk produk-produk mereka. Lalu bagaimana masing-masing komputer mengenali identitas satu dengan yang lain dalam suatu network ? Jawabnya adalah setiap network card mempunyai identitas yang khas berupa bilangan 48 bit dengan penulisan berupa 6 blok bilangan hexa yang dipisahkan oleh colon atau tanda ":" dan masing-masing blok terdiri dari 2 digit. biasanya apa yang berjalan di bootp juga berjalan di dhcp sebab dhcp merupakan pengembangan dari bootp. Secara umum DHCP dan BOOTP mengenal dan dapat bekerja dengan berbagai HWA akan tetapi hampir semua dan merata menggunakannya untuk penerjemahan HWA pada peralatan ethernet termasuk networkcard. Operating System Image 4. antara lain: 1. Memiliki identitas (dalam hal ini nomor IP) 3. maka sistem yang baru dapat diperoleh dari server Linux dengan cara menginstallnya kembali melalui network. Cara Kerja Diskless Bila suatu PC akan dihubungkan ke suatu jaringan (network) maka terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Dapat digambarkan bahwa komunikasi yang terjadi antara dua (2) PC yang terhubung . Filesystem yang bekerja Untuk mempermudah istilah maka beberapa singkatan akan dipergunakan: WS = Work Station SV = Server HWA = Hardware Address IPA = IP Address NA = Network Address BC = Broadcast Address SN = SubNet Suatu komputer yang mempunyai network card pada saat terhubung kesuatu jaringan lokal akan melakukan suatu proses pertukaran data yang rumit dengan komputer lain. Protocol yang digunakan dalam menyediakan dan menterjemahkan HWA ke IPA disebut boot protocol (BOOTP) dan Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP). Address ini sangatlah penting karena merupakan identitas dasar suatu PC dalam suatu jaringan dikenal sebagai Hardware Address. Memiliki Network Card 2. misalnya pada saat Windows yang terinstall mengalami corrupt seperti yang biasa terjadi.harddisk memerlukan file-file sangat besar dan kurang bijaksana bila didapatkan melalui jaringan MS-Win9X misalnya. baik secara langsung ataupun melalui suatu server perantara.

akhirnya WS memerlukan root file system untuk menjalankan Operating System dan bagi platform Linux atau Unix lainnya maka protocol yang lazim dipakai adalah NFS (Network File System) dan tidak tertutup kemungkinan menggunakan protocol lain selain NFS. satu adalah konfigurasi dan yang lain adalah daftar IP terpakai berikut kontraknya. maka IP yang baru akan dipasangkan kepada HWA yang meminta berikutnya. Untuk keperluan ini terdapat suatu protokol transfer yang disebut Trivial File Transfer Protocol (TFTP) sebagai bentuk yang lebih kecil dan simpel dari File Transfer Protocol (FTP) dimana perbedaan yang paling mendasar adalah TFTP menggunakan UDP (User Datagram Protocol) yang bekerja secara blok per blok dan tanpa autentikasi sedang FTP menggunakan TCP (Transmission Control Protocol) yang bekerja secara stream serta lebih rumit dibanding TFTP. Dalam hal ini NFS tidak perlu disimpan dalam ROM. Karena metode yang akan dipakai adalah netboot untuk mencapai suatu bentuk diskless maka WS dianggap tidak mempunyai identitas lainnya kecuali HWA maka IPA didapat melalui server yang menjalankan BOOTP atau DHCP.melalui network card akan seperti ini: WS: Halo saya adalah 00:60:67:73:E7:82 secara berkala dan demikian juga PC lain yang terhubung dan akan tetap begitu sampai ada suatu aturan yang membuat hubungan menjadi lebih spesifik. Setelah nomor IP didapat maka WS harus melakukan download Operating System agar dapat mengaktifkan seluruh perangkat keras yang dimiliki serta proses-proses lainnya. cukup berupa bagian Operating System yang telah didownload akan tetapi harus dapat bekerja terhadap file system yang ada. Demikianlah proses pada server dimana akan terbentuk dua buah database. maka komunikasinya akan lebih lengkap lagi: WS: Halo server saya adalah 00:60:67:73:E7:82. Sehingga bila suatu nomor IP yang mempunyai pasangan HWA tertentu serta jangka waktu pemakaiannya belum habis atau sedang terpakai maka IP tersebut tidak dapat digunakan sampai jangka waktu pemakaiannya habis. dan meminta identitas IP. Agar NFS dapat berlangsung dengan baik maka konfigurasi NFS pun harus dilakukan dengan baik agar segala sesuatu yang diperlukan WS dapat terpenuhi. Mekanismenya akan bekerja seperti ini: WS: Berikan saya vmlinuz blok-1 Server: Nih vmlinuz blok-1 WS: Berikan saya vmlinuz blok-2 Server: Nih vmlinuz blok-2 Dan seterusnya sampai selesai. berarti keduanya harus mempunyai suatu database yang berisi daftar nomor IP yang akan diberikan untuk masing-masing WS yang terhubung. Dengan kata lain Operating System yang didownload. tolong beri saya nomor IP. Demikianlah gambaran cara kerja suatu sistem diskless. Maka DHCP akan mencari dalam database serta membuat daftar IP terpakai berikut jangka waktu pemakaiannya. dimana proses boot dilakukan . filesystem serta protocol yang bekerja haruslah dari sumber yang seragam versinya sehingga dapat bekerja sama satu dengan yang lainnya. Setelah selesai proses download diatas. Dengan lebih simpelnya TFTP maka ukuran nya cukup kecil untuk ikut masuk kedalam ROM.

xx keatas. tidak terikat jenis distribusi yang dipergunakan. 3. 1. keduanya terdapat dalam paket etherboot.gz berukuran 4. terdapat dua paket sebagai sumber diskless yang free dan banyak dipergunakan termasuk tulisan ini. yaitu NetBoot dan EtherBoot. PC bisa dilengkapi dengan Processor dari 486 keatas. Saat ini harddisk yang beredar dipasaran berukuran lebih dari 1 GB dan itu sudah lebih dari cukup.2. akan tetapi sering kesulitan untuk mencari perlengkapan networknya yang berkarakteristik 16 bit. . hal ini dapat dilakukan dengan mulus pada distribusi Linux ini. Server dengan storage yang cukup besar. akan tetapi langkah termudah untuk melakukannya adalah dengan melakukannya pada distribusi RedHat. Bila dirasa sulit maka pada tahap awal akan digunakan diskette sebagai sarana latihan dengan hasil yang sama dengan EPROM akan tetapi memakan waktu yang lebih lama pada saat boot. seperti 3Com. Server tersebut telah terinstall Linux O/S. dianggap para pembaca telah memiliki sistem Linux yang telah terinstall dan "cukup komplit". Realtek.com ataupun site-site Linux lainnya.0 dan dari beberapa kali percobaan. Pada tahap awal mencoba sebaiknya dilengkapi dengan floppy drive dan floppy disk akan bertindak sebagai emulator dari ROM Chip.0. Ada juga yang berkelas lebih tinggi sejalan dengan harganya. Network Card pada masing-masing Server dan WS. diperlukan perangkat-perangkat sebagai berikut: 1. Kernel Release bisa 2. dalam hal ini penulis menggunakan diskless-1.3 MB 2.melalui network dengan bantuan ethernet card yang dilengkapi dengan ROM Chip. Dapat diperoleh pada http://www. atau singkatnya ketik make untuk melakukan kompilasi diskless.tar. Pembuatan Diskless PC Untuk mencoba pembuatan sistem tanpa disk ini. Oleh sebab itu pada tahap awal gunakan perlengkapan yang mudah didapat. Ekstrak paket diskless pada komputer yang telah disiapkan sebagai server dan berjalan under RedHat 6. Selain versi komersil. 3. misalnya NE2000. Walaupun diskless dapat bekerja pada semua system Linux.0 4. Dapatkan paket program Diskless. mengingat cara kerja pisik diskette berbeda dengan memory terutama dalam kecepatannya. 2. Ikuti petunjuk yang ada. PC yang akan bertindak sebagai Work Station (WS). penulis menggunakan RedHat6. Pilihlah yang banyak dijual dipasaran dan cukup terjangkau harganya. Processor 386 dan 286 tetap dapat digunakan. Dalam penerapan metode diskless ini.linuxapps. Untuk dapat membuat EPROM (Erasable Programmable ReadOnly Memory) maka anda harus minta orang yang mempunyai alat pemrogram EPROM sehingga image-image yang hendak digunalan dapat ditulis kedalam EPROM.

Bila belum maka silahkan periksa pada server langkah-langkah sebagai berikut: 1. 6. Untuk menuliskannya sebagai suatu image kedalam floppy disk.168. Proses-proses diatas memakan waktu yang cukup lama terutama pada saat membuat salinan directory /usr dan juga root file system untuk masing-masing client. ikuti secara cermat menu tersebut satu persatu. Jalankan program tersebut dengan mengetikan diskless. bahwa kernel untuk diskless yang terpadat pada /tftpboot/kernel bukanlah salinan dari kernel vmlinuz dengan cara mengcopy dari boot directory. menentukan nomor IP yang akan dipakai. bila ini yang didapat. Selamat anda telah membuat jaringan canggih dengan biaya murah. ambilah sesuai dengan networkcard yang kita miliki. Selanjutnya harus mempersiapkan sarana untuk client diskless. Directory yang tercipta adalah /tftpboot dan subdirectorynya ditunjukan dengan nomor IP masing-masing client misalnya /tftpboot/192.rom > /dev/fd0 Maka akan didapat diskette image untuk networkcard ne2k-pci yang kalau diaktifkan dalam proses boot via diskette akan memberi pilihan boot melalui Network atau Local dan akan mencari server DHCP nya. seharusnya terjadi proses boot seperti lazimnya tampilan boot suatu server Linux.5. Ada satu hal yang perlu menjadi catatan disini. silahkan cari program floppy.conf baris yang menyatakan tftpd sudah aktif ? Bila belum.252 yang berjumlah 1 server dan 1 client. seharusnya anda sudah mendapatkan binary (program) diskless yang dapat dieksekusi. Untuk NE2000-PCI maka digunakan nepci. Lihat. akan tetapi hasil kompilasi tool yang bernama mknbi (baca readme pada directory nbi pada paket diskless). misalnya 255. 8. Bila komputer client telah tersambung dengan servernya.load.rom dari 3Com dan banyak lagi yang lain.load.255. maka anda akan disuguhkan menu yang harus diikuti secara ber-urut. 9. seperti yang disampaikan sebelumnya bahwa terdapat image yang harus disiapkan untuk ditulis baik ke diskette ataupun ke EPROM yang dihasilkan dari step 6 diatas dan harus sesuai dengan jenis networkcard yang dipergunakan.rom. Untuk pemula. 10. silahkan kembangkan untuk jumlah yang lebih besar.2 dst. maka anda sudah memiliki server diskless untuk Linux. Periksa apakah pada /etc/inetd. Setelah berhasil.1. oleh sebab itu pada tahap awal pilihlah subnet yang kecil untuk latihan saja. untuk 3c905 digunakan 3c905-TA.255. aktifkan dan ketik killall -HUP inetd . sampai memilih image yang akan ditulis ke EPROM dan menyimpannya di diskette.bin di directory /diskless/src/bin dan lakukan hal berikut: cat floppy. Dari mulai menetapkan nama jaringan Diskless. Bila dilakukan sesuai dengan petunjuk dan benar. 7.bin nepci.

CPU. Hampir di setiap perusahaan terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di dalam perusahaan tersebut. Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server). Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat. Tiap komputer. trust your hope not your fear. bekerja dengan hati-hati dan cermat adalah kunci keberhasilan. jalankan perintah-perintah sesuai menu. setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pengertian Jaringan komputer Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. dimana server RedHat diinstall semuanya. instant messaging. ribuan atau bahkan jutaan node. Agar dapat mencapai tujuan yang sama. mencetak pada printer yang sama dan bersama sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Manfaat Jaringan Komputer Secara umum. memori. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua. Jangan khawatir. HOW-TO dan man adalah kawan setia setiap pengguna Linux. 4.gz dan dikompilasi. Periksa apakah program dhcpd telah dijalankan ? Bila belum. sampai dengan membuat dikette image. 3. Selanjutnya README. sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer yang tergabung dalam Internet berlipat ganda. puluhan. printer dan peralatan lainnya yang terhubung. printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. ternyata langsung berhasil. Tujuan dari jaringan komputer adalah: 1.2. chatting 3. Akses informasi: contohnya web browsing Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer. harddisk 2. kemudian install diskless-1. Pemeriksaan juga dapat dilakukan melalui log message pada server dengan menjalankan tail -f /var/log/messages dan pada saat ada permintaan dari client akan terlihat apa yang belum terpenuhi. dari tingkat pemula sampai dengan akhli selalu berteman baik dengan mereka. dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer. Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer.tar. Komunikasi: contohnya surat elektronik. Arsitektur ini disebut dengan sistem clientserver. Jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini.2. bahkan penulis pernah mencoba instalasi secara asal. Selamat mencoba. aktifkan dengan mengetik dhcpd. Internet yang mulai populer saat ini adalah suatu jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan komputer yang terhubung dan dapat saling berinteraksi. jaringan mempunyai beberapa manfaat yang lebih dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri dan dunia usaha telah pula mengakui bahwa akses ke teknologi .

bahkan suatu mainframe. Hubungan tersebut dalam LAN dikenal sebagai media transmisi yang umumnya berupa kabel. konferensi online dan groupware. Workstation dapat bekerja sendiri (stand-alone) dapat pula menggunakan jaringan untuk bertukar data dengan workstation atau user yang lain. Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda. Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan. Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien. print server. dibandingkan memakai printer kualitas rendah di masing-masing meja kerja. file server. Jaringan membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing). dan sebagainya yang hendak digunakan secara bersama oleh para pemakai di workstation berada dan bekerja pada server. Jaringan memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien. â¼¢Link (hubungan) ---------------Workstation dan server tidak dapat berfungsi apabila peralatan tersebut secara fisik tidak terhubung. Berdasarkan jenis pelayanannya dikenal disk server. Surat dan penyampaian pesan elektronik merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan. banyak pengguna dapat saling berbagi printer tunggal dengan kualitas tinggi. pemantauan proyek. dan suatu server juga dapat mempunyai beberapa fungsi pelayanan sekaligus. â¼¢Server ------Perangkat keras (hardware) yang berfungsi untuk melayani jaringan dan workstation yang terhubung pada jaringan tersebut.informasi modern selalu memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan pesaing yang terbatas dalam bidang teknologi. Sistem komputer ini dapat berupa PC atau dapat pula berupa suatu komputer yang besar seperti sistem minicomputer. Misalnya. lisensi perangkat lunak jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand-alone terpisah untuk jumlah pengguna sama. disamping sistem penjadwalan. dimana semuanya membantu team bekerja lebih produktif. dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses. Akses jarak -jauh ke data terpusat memungkinkan karyawan dapat melayani klien di lapangan dan klien dapat langsung berkomunikasi dengan pemasok. Jaringan membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif. disk. Jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date.pada umumnya sumber daya (resources) seperti printer. Selain itu.Kabel Twisted Pair â¼¢Kabel ini terbagi dua. Adapun beberapa contoh dari link adalah: 1. yaitu Shielded Twisted Pair dan Unshielded Twisted Pair(UTP) â¼¢Lebih banyak dikenal karena merupakan kabel telpon â¼¢Relatif murah . Komponen-Komponen Dasar LAN Beberapa komponen dasar yang biasanya membentuk suatu LAN adalah sebagai berikut: â¼¢Workstation -----------Workstation merupakan node atau host yang berupa suatu sistem komputer.

Hub ----â¼¢Bekerja pada lapisan Physical â¼¢Meneruskan sinyal .â¼¢Jarak yang pendek â¼¢Mudah terpengaruh oleh gangguan â¼¢Kecepatan data yang dapat didukung terbatas. Software ini juga yang memungkinkan sistem komputer yang satu berkomunikasi dengan sistem komputer yang lain. 30 Mbps â¼¢Harga yang relatif tidak mahal â¼¢Ukurannya lebih besar dari Twisted Pair 3. b.Repeater -----------â¼¢Pada OSI.Kabel Fiber Optic â¼¢Jarak yang jauh â¼¢Kecepatan data yang tinggi. tetapi melalui suatu rangkaian elektronika yang dirancang khusus untuk menangani network protocol yang dikenal dengan Network Interface Card (NIC).Kabel Coaxial â¼¢Umumnya digunakan pada televisi â¼¢Jarak yang relatif lebih jauh â¼¢Kecepatan pengiriman data lebih tinggi di banding Twisted Pair. Peralatan Pendukung LAN ======================= a. 100 Mbps â¼¢Ukuran yang relatif kecil â¼¢Sulit dipengaruhi gangguan â¼¢Harga yang relatif masih mahal â¼¢Instalasi yang relatif sulit â¼¢Network Interface Card (NIC) ----------------------------Suatu workstation tidak dihubungkan secara langsung dengan kabel jaringan ataupun tranceiver cable. 10-16 Mbps 2. bekerja pada lapisan Physical â¼¢Meneruskan dan memperkuat sinyal â¼¢Banyak digunakan pada topologi Bus â¼¢Penggunaannya mudah dan Harga yang relatif murah â¼¢Tidak memiliki pengetahuan tentang alamat tujuan sehingga penyampaian data secara broadcast â¼¢Hanya memiliki satu domain collision sehingga bila salah satu port sibuk maka port-port yang lain harus menunggu. â¼¢Network Software ----------------Tanpa adanya software jaringan maka jaringan tersebut tidak akan bekerja sebagaimana yang dikehendaki.

Sebagai contoh mengelola pengiriman file database atau pengolah kata dari workstation atau salah satu node. merupakan komputer yang sangat cepat. Repeaters 6. Sistem operasi jaringan tersimpan disini.. 1. atau menerima email pada saat yang bersamaan dengan tugas yang lain. Concentrators/Hubs 5. Routers File Servers Sebuah file server merupakan jantungnya kebayakan Jaringan. mempunyai memori yang besar.Bridge -------â¼¢Bekerja di lapisan Data Link â¼¢Telah menggunakan alamat-alamat untuk meneruskan data ke tujuannya â¼¢Secara otomatis membuat tabel penterjemah untuk diterima masing2 port d. Card Network.. File Servers 2.terlihat bahwa tugas file server sangat kompleks. harddisk yang memiliki kapasitas besar.Router -------â¼¢Router berfungsi menyaring atau memfilter lalu lintas data â¼¢Menentukan dan memilih jalur alternatif yang akan dilalui oleh data â¼¢Menghubungkan antar jaringan LAN. juga termasuk didalamnya beberapa aplikasi dan data yang dibutuhkan untuk jaringan. Bridges 7. ke node yang lain. . dan segala sesuatu yang berhubungan dengan koneksi jaringan seperti: Printer. dengan kartu jaringan yang cepat.â¼¢Tidak memiliki pengetahuan tentang alamat tujuan â¼¢Penggunaannya relatif mudah dan harga yang terjangkau â¼¢Hanya memiliki satu buah domain collision c. CDROM.. Scanner. Hub. Processor minimal 166 megahertz atau processor yang lebih cepat lagi (Pentium Pro. Bridges. Workstations 3. Sebuah file server bertugas mengontrol komunikasi dan informasi diantara node/komponen dalam suatu jaringan. Network Interface Cards 4. bahkan dengan WAN Perangkat keras yang diperlukan Perangkat keras yang dibutuhkan untuk membangun sebuah jaringan komputer yaitu : Komputer. Sehingga minimal sebuah file server mempunyai beberpa karakter seperti tersebut di bawah ini : 1. Router dan lainnya yang dibutuhkan untuk process transformasi data didalam jaringan.Switch -------â¼¢Bekerja di lapisan Data Link â¼¢Setiap port didalam swith memiliki domain collision sendiri-sendiri â¼¢Memiliki tabel penterjemah pusat yang memiliki daftar penterjemah untuk semua port â¼¢Memungkinkan transmisi secara full duflex (dua arah) e. dia juga harus menyimpan informasi dan membaginya secara cepat.

Sebuah Harddisk yang cepat dan berkapasitas besar atau kurang lebih 10 GB 3. atau 24 port RJ-45 2. 12. Hub mempunyai banyak slot concentrator yang mana dapat dipasang menurut nomor port dari card yang dituju. dan LocalTalk. Kurang lebih 32 MB memori Workstations Keseluruhan komputer yang terhubung ke file server dalam jaringan disebut sebagai workstation. biasanya sebuah workstation tidak begitu membutuhkan Floppy karena data yang ingin di simpan bisa dan dapat diletakkan di file server. Pada komputer notebook ada slot untuk kartu jaringan yang biasa disebut PCMCIA slot. Beberapa komputer seperti komputer MAC. router Repeaters Contoh yang paling mudah adalah pada sebuah LAN menggunakan topologi Bintang dengan menggunakan kabel unshielded twisted pair. LocalTalk konektor. dimana kadang pertumbuhan network sangat cepat makanya di perlukan jembatan untuk itu. Kebanyakan Bridges dapat mengetahui masing-masing alamat dari tiap-tiap segmen komputer pada jaringan sebelahnya dan juga . Hampir semua jenis komputer dapat digunakan sebagai komputer workstation. dan kartu jaringan Token Ring. 2. Biasanya terdiri dari 8. Sebuah tape untuk back up data (contohnya . menggunakan sebuah kotak khusus yang ditancapkan ke port serial atau SCSI port komputernya. Sebuah RAID (Redundant Array of Inexpensive Disks). Dimana diketahui panjang maksimal untuk sebuah kabel unshileded twisted pair adalah 100 meter. yang didalamnya ada Bridges. 4. Network Interface Cards (NIC) atau Kartu Jaringan Kartu Jaringan (NIC) merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antara komputer. Zip. atau CDRW ) 5. Kartu jaringan yang cepat dan Reliabilitas 7. Digunakan pada topologi Bintang/Star 3. Biasanya di jual dengan aplikasi khusus yaitu aplikasi yang mengatur manjemen port tersebut. kabel twisted pair datang dari sebuah workstation masuk kedalam hub. DAT. Bridges / Jembatan Adalah sebuah perangkat yang membagi satu buah jaringan kedalam dua buah jaringan.Pentium II. Yang saat ini populer digunakan adalah Ethernet. server atau perangkat lain. Biasanya disebut hub 5. lalu diikuti oleh Token Ring. Ciri-ciri yang dimiliki Konsentrator adalah : 1. JAZ. Kartu jaringan yang banyak terpakai saat ini adalah : kartu jaringan Ethernet. Kartu jaringan. kebanyakan kartu jaringan adalah kartu inernal. kabel untuk menghubungkan ke jaringan. Biasanya di pasang pada rak khusus. maka untuk menguatkan sinyal dari kabel tersebut dipasanglah sebuah repeater pada jaringan tersebut. Dalam topologi Bintang. Aplikasi jaringan (sofware jaringan). Sebuah workstation minimal mempunyai . 4. PowerPC). yaitu kartu jaringan yang di pasang pada slot ekspansi di dalam komputer. Hub/Konsentrator Sebuah Konsentrator/Hub adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari tiap-tiap workstation. ini digunakan untuk mendapatkan jaringan yang efisien. Mempunyai banyak port network 6.

pada jaringan yang lain di sebelahnya pula. RG-58. . bridges danrouter lainnya. Kabel jenis ini banyak ditemukan pada jaringan dengan topologi bus. router akan mencari jalur yang terbaik untuk mengirimkan sebuah pesan yang berdasakan atas alamat tujuan dan alamat asal. Sinyal ini diterima oleh modem di sisi lain kemudian diubah kembali menjadi sinyal data. Kecepatan koneksi sebuah modem bervariasi tergantung dari jenis modem yang digunakan. Ada dua metode yang biasa digunakan untuk menghubungkan komputer menggunakan kabel ini: crossover dan straight. Jika sebuah perusahaan mempunyai LAN dan menginginkan terkoneksi ke Internet.. kabel koaaksialm atau kabel twisted pair Modem Singkatan dari modulatordemodulator. Sementara Bridges dapat mengetahui alamat masing-masing komputer di masing-masing sisi jaringan. yaitu Internet. Kabel BNC Kabel yang ini memiliki nama lain. Kabel UTP Nama lainnya adalah kabel RJ-45 Kabel UTP terdiri dari 4 pasang kabel tembaga yang terpuntir di dalam sebuah selubung luar. yaitu terdiri atas sebuah kabel utama yang dibungkus selubung plastik yang dikelilingi oleh kabelserabut. Metode crossover digunakan bila hanya dua buah komputer yang akan dihubungkan.. Bentuknya mirip dengan kabel antena televisi. Kabel UTP banyak digunakan untuk jaringan dengan topologi bintang. Mengatur jalur sinyal secara effisien 2. dia hampir sama dengan Bridge namun agak pintar sedikit. Bila jaringan kabel telepon menghasilkan derau yang terlalu tinggi akibat buruknya kualitas kabel. Tapi kecepatan koneksi modem sebenarnya tergantung pada kualitas jaringan kabel telepon yang digunakan. Mengatur Pesan diantara dua buah protocol 3. Ini berarti Router itu : 1. ini juga berarti mencarikan alternatif jalur yang terbaik untuk mengirimkan data melewati internet. sementara metode straight digunakan bila komputer dihubungkan ke jaringan menggunakan hub atau switch. Saat ini kecepatan koneksi sebuah modem yang tertinggi adalah 56 kilobit per detik (kbps). Pada umumnya orang menggunakan modem untuk menghubungkan komputernya ke jaringan yang lebih besar. router mengetahui alamat komputerr. Modem lazim digunakan untuk menghubungkan sebuah komputer ke dalam sebuah server dengan menggunakan jalur telepon sebagai sarana berkomunikasi. Kabel ini banyak digunakan pada jaringan di kantor karena harganya murah serta pemasangannya pun sangat mudah. router dapat mengetahui keseluruhan jaringan melihat sisi mana yang paling sibuk dan dia bisa menarik data dari sisi yang sibuk tersebut sampai sisi tersebut bersih. Diibaratkan bahwa Bridges ini seperti polisi lalu lintas yang mengatur di persimpangan jalan pada saat jam-jam sibuk. Mengatur Pesan diantara melewati Kabel Fiber optic. Bridges juga dapat di gunakan untuk mengkoneksi diantara network yang menggunakan tipe kabel yang berbeda ataupun topologi yang berbeda pula. mereka harus membeli router. Mengatur Pesan diantara topologi jaringan linear Bus dan Bintang(star) 4. Ini berarti sebuah router dapat menterjemahkan informasi diantara LAN anda dan Internet. Modem mengubah sinyal data yang diterimanya menjadi sinyal listrik sehingga dapat diteruskan melalui jaringan kabel telepon. Dia mengatur agar informasi di antara kedua sisi network tetap jalan dengan baik dan teratur. Routers Sebuah Router mengartikan informaari dari satu jaringan ke jaringan yang lain. maka sinyal data tidak dapat dipancarkan dengan kecepatanmaksimum karena modem harus memilah sinyal data dengan sinyal derau.

sekolah atau yang lebih kecil. Komputer-komputer yang terhubung ke dalam jaringan (network) itu biasanya disebut dengan workstation. LAN dapat definisikan sebagai network atau jaringan sejumlah system komputer yang lokasinya terbatas didalam satu gedung. satu komputer biasanya di jadikan sebuah file server. Untuk minggu depan. Kebanyakan LAN menggunakan mediakabel untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi 2. ataupun sebagai perangkat lunak yang dapat digunakan oleh komputerkomputer yang terhubung ke dalam network. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Selain itu. satu kompleks gedung atau suatu kampus dan tidak menggunakan media fasilitas komunikasi umum seperti telepon. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut. Kabel BNC banyak digunakan oleh penyedia jasa televisi kabel serta Internet karena sinyal-sinyal di dalamnya dapat dipisahkan menggunakan peranti khusus yaitu decoder untuk sinyal televisi dan modem kabel untuk memisahkan sinyal data dari Internet. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot. gedung.Kelebihan kabel BNC dibanding UTP adalah lebih tahan gangguan serta memiliki hambatan yang kecil. kantor. saat ini teknologi 802. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada sebuah LAN. kita akan coba membahas bagaimanamembuat sebuah jaringan kecil untuk dipakai di rumah. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit 3. Yang mana digunakan untuk menyimpan perangkat lunak (software) yang mengatur aktifitas jaringan. adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil. Pada LAN. kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802. berbeda dengan konsep dump terminal.3 Ethernet menggunakan perangkat switch. dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi. Local Area Network (LAN) Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil.Sudah mengerti sedikit tentang peranti-peranti yang dibutuhkan untuk membuat sebuah jaringan? Penjelasan di atas merupakan garis besar dari fungsi-fungsi peranti yang biasa dipakai dalam sebuah jaringan. seperti jaringan komputer kampus.1 1b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. misalnya sinyal gambar dan suara. Saat ini. Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN). yang mempunyai kecepatan transfer data 10. setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri. Biasanya kemampuan workstation lebih di bawah dari file server dan mempunyai aplikasi lain di dalam harddisknya selain aplikasi untuk jaringan. umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung. Local Area Network (LAN) /Jaringan Area Lokal. Dari definisi diatas dapat kita ketahui bahwa sebuah LAN dibatasi oleh lokasi secara fisik. seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai. kabel BNC dapat digunakan untuk mengirimkansinyal selain sinyal data. dalam rumah. melainkan pemilik dan pengelola media komunikasinya adalah pemilik LAN itu sendiri. Adapun penggunaan LAN . Klasifikasi Jaringan berdasarkan Luas Area Klasifikasi Jaringan berdasarkan Luas Area : 1. Beberapa model konfigurasi LAN. sehingga cocok dipakai untuk menghubungkan dua buah jaringan pada jarak yang berjauhan. atau 1000 Mbit/s. maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut : 1. 100. Sebuah LAN. Selain teknologi Ethernet. atau sebuah sekolah.

Tapi bagaimanapun juga antara LAN. Sebuah Bank yang ada di Bandung bisa menghubungi kantor cabangnya yang ada di Hongkong. hanya dalam beberapa menit. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar. karena banyak kekurangannya. Menggunakan sarana WAN. jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas. menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN ke dalam Komunikasi Global seperti Internet. Misalnya Bank BNI yang ada di seluruh wilayah Ujung Pandang atau Surabaya. Wide Area Network (WAN) / Jaringan area Skala Besar Wide Area Networks (WAN) adalah jaringan yang lingkupnya biasanya sudah menggunakan sarana Satelit ataupun kabel bawah laut sebagai contoh keseluruhan jaringan BANK BNI yang ada di Indonesia ataupun yang ada di Negara-negara lain. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda. LAN yang umumnya menggunakan switch. Dalam hal ini adalah bahwa switch tidak memiliki pengetahuan tentang alamat tujuan sehingga penyampaian data secara broadcast. dan juga karena switch hanya memiliki satu domain collision sehingga bila salah satu port sibuk maka port-port yang lain harus menunggu. seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. akan tatapi switch sekarang sudah jarang digunakan. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. dari perinsip kerjanyapun tidak banyak malakukan broadcast. akan mengikuti prinsip kerja switch itu sendiri. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan. Biasanya WAN agak rumit dan sangat kompleks. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN dan WAN tidak banyak berbeda dalam beberapa hal. sekarang switch diganti dengan switch yang lebih bagus di bandingkan dengan dengan switch. baik p erangkat . MAN mampu menunjang data dan suara. misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.itu sendiri mengakibatkan semua komputer yang terswitching dalam jaringan dapat bertukar data atau dengan kata lain berswitchingan. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai. Metropolitant Area Network (MAN) Metropolitan Area Network (MAN) Metropolitan Area Network (MAN). Internet Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini. sebagai contoh yaitu : jaringan Bank dimana beberapa kantor cabang sebuah Bank di dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya. pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. hanya lingkup areanya saja yang berbeda satu diantara yang lainnya. Kerjasama ini semakin berkembang dari hanya pertukaran data hingga penggunaan peralatan secara bersama. biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN. seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda . Metropolitan Area Network (MAN) / Jaringan area Metropolitan Sebuah MAN. Wide Area Network (WAN) Wide Area Network (WAN) Wide Area Network (WAN).

katakanlah Pentium II. misalnya AT.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Topologi Peer-to-peer Network Peer artinya rekan sekerja.doc kepada C. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. file server.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server. Peer-to-peer Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. sistem jaringan inilebih sederhana sehingga lebih mudah dipejari dan dipakai. Jaringan Client-Server Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain didalam jaringan dan client adalah komputer-komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server. . Pemakai komputer bernama Dona dapat memakai program yang dipasang di komputer Dino. Contohnya adalah sebuah domain seperti www. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet. Dibandingkan dengan ketiga cara diatas.keras maupun perangkat lunaknya. Ia cukup memasang netword card di kedua komputernya kemudian dihubungkan dengan kabel yang khusus digunakan untuk sistem jaringan. Klasifikasi Jaringan berdasarkan Fungsinya Klasifikasi Jaringan berdasarkan Fungsinya. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. tidak perlu membuang komputer lamanya. Server dijaringan tipe client-server disebut dengan Dedicated Server karena murni berperan sebagai server yang menyediakan fasilitas kepada workstation dan server tersebut tidak dapat berperan sebagai workstation.B. Sistem jaringan ini juga dapat dipakai di rumah. Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). dan mereka berdua dapat mencetak ke printer yang sama pada saat yang bersamaan. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer. web server. Dalam sistem jaringan ini yang diutamakan adalah penggunaan program.polban. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk. Pemakai komputer yang memiliki komputer â¼×kuno⼌. database server dan lainnya. data dan printer secara bersamasama. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A.ac.C.detik. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server.D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client.xls dan juga memberi akses file soal_uas. Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. dan ingin memberli komputer baru. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer: Client-server Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server.

Topologi Jaringan Topologi suatu jaringan didasarkan pada cara penghubung sejumlah node atau sentral dalam membentuk suatu sistem jaringan. Keuntungan â¼¢ Hemat kabel â¼¢ Layout kabel sederhana â¼¢ Mudah dikembangkan Kerugian â¼¢ Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil â¼¢ Kepadatan lalu lintas â¼¢ Bila salah satu client rusak. Bus. yang pada kedua sistem tersebut dapat dilakukan komunikasi atau interkoneksi antar sentral secara bersamaan. Hal ini berbeda sekali dengan yang terjadi pada topologi jaringan mesh atau bintang. topologi jaringan bus tidak umum digunakan untuk interkoneksi antar sentral. Berdasarkan [topologi jaringan]. Bila . Tree. Pada topologi ini semua sentral dihubungkan secara langsung pada medium transmisi dengan konfigurasi yang disebut Bus. masing-masing workstation dihubungkan secara langsung ke server atau hub. Topologi jaringan yang umum dipakai adalah : Mess. maka bandwidth atau lebar jalur komunikasi dalam kabel akan semakin lebar sehingga akan meningkatkan unjuk kerja jaringan secara keseluruhan. Dalam topologi jaringan bintang. Kelemahan dari topologi Star adalah kebutuhan kabel yang lebih besar dibandingkan dengan topologi lainnya. maka jaringan tidak bisa berfungsi. jaringan secara keseluruhan tidak mengalami gangguan. dan Cincin (Ring). salah satu sentral dibuat sebagai sentral pusat. Transmisi sinyal dari suatu sentral tidak dialirkan secara bersamaan dalam dua arah. tetapi biasanya digunakan pada sistem jaringan komputer. Kelemahan dari topologi ini adalah bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan. jaringan komputer dapat dibedakan atas: Topologi bus Pada topologi Bus digunakan sebuah kabel tunggal atau kabel pusat di mana seluruh workstation dan server dihubungkan. Keunggulan topologi Bus adalah pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain. Dan juga bila terdapat gangguan di suatu jalur kabel maka gangguan hanya akan terjadi dalam komunikasi antara workstation yang bersangkutan dengan server. Keunggulan dari topologi tipe Star ini adalah bahwa dengan adanya kabel tersendiri untuk setiap workstation ke server. Bintang (Star). â¼¢ Diperlukan repeater untuk jarak jauh Topologi bintang Pada topologi Star.

karena hanya satu node dapat mengirimkan data pada suatu saat. hal ini karena alasan kerumitan. setiap sentral harus dihubungkan seri satu dengan yang lain dan hubungan ini akan membentuk loop tertutup. Dengan demikian kemungkinan tingkat kerusakan atau gangguan dari sentral ini lebih besar. bila alamat. Dengan demikian kemampuan melakukan switching ke berbagai arah sentral. Keuntungan . juga bila ada gangguan atau kerusakan pada suatu sentral maka aliran trafik dapat dilewatkan pada arah lain dalam sistem. sehingga bila terdapat gangguan di suatu node maka seluruh jaringan akan terganggu. tidak akan mempengaruhi hubungan client yang lain. Tapi hanya jaringan bertipe pohon (tree) saja yang diakui kehandalannya karena putusnya salah satu kabel pada client.dibandingkan dengan sistem mesh. Yang paling banyak digunakan dalam jaringan komputer adalah jaringan bertipe bus dan pohon (tree). kemudahan instalasi dan pemeliharaan serta harga yang harus dibayar. Keuntungan â¼¢ Paling fleksibel â¼¢ Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain â¼¢ Kontrol terpusat â¼¢ Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan â¼¢ Kemudahaan pengelolaan jaringan Kerugian â¼¢ Boros kabel â¼¢ Perlu penanganan khusus â¼¢ Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis Topologi cincin Di dalam topologi Ring semua workstation dan server dihubungkan sehingga terbentuk suatu pola lingkaran atau cincin. Untuk membentuk jaringan cincin. Keunggulan topologi Ring adalah tidak terjadinya collision atau tabrakan pengiriman data seperti pada topologi Bus. Tiap workstation ataupun server akan menerima dan melewatkan informasi dari satu komputer ke komputer lain. Dalam sistem ini setiap sentral harus dirancang agar dapat berinteraksi dengan sentral yang berdekatan maupun berjauhan. sistem ini mempunyai tingkat kerumitan jaringan yang lebih sederhana sehingga sistem menjadi lebih ekonomis.alamat yang dimaksud sesuai maka informasi diterima dan bila tidak informasi akan dilewatkan. Kelemahan dari topologi ini adalah setiap node dalam jaringan akan selalu ikut serta mengelola informasi yang dilewatkan dalam jaringan. tetapi beban yang dipikul sentral pusat cukup berat. Keuntungan dari topologi jaringan ini antara lain : tingkat kerumitan jaringan rendah (sederhana).

DISKLESS WORKSTATION Sistem yang tidak dimiliki disk sendiri dan memanfaatkan disk komputer (server) melalui jaringan. memungkinkan dikembangkannya suatu konfigurasi baru yang menggabungkan beberapa topologi disertai teknologi baru agar kondisi ideal suatu sistem jaringan dapat terpenuhi. WAN memiliki jangkauan jauh (beribu kilometer) namun kecepatan alih data terbatas hingga 64 kbps (ribu bit per detik). LAN/MAN/WAN Yang membedakan LAN (Local Area Network). SERVER (PELAYAN) Sistem atau program data sebuah sistem yang menyediakan servis/ pelayanan pada jaringan. Wireless Local Area Network (wireless LAN) .â¼¢ Hemat Kabel Kerugian â¼¢ Peka kesalahan â¼¢ Pengembangan jaringan lebih kaku Dengan menggunakan segala kelebihan dan kekurangan masing2 konfigurasi. LAN memiliki jangkauan terbatas (2 km) namun kecepatan alih data hingga 100 MBPS (juta bit per detik). Pertukaran informasi membutuhkan data dan metode untuk memindahkan data tersebut. JARINGAN STATELESS Jaringan yang tidak memerlukan referensi tentang status jaringan sebelumnya. CLIENT (PELANGGAN) Sistem atau program pada sistem yang memanfaatkan layanan server. INFORMASI Arti dari sebuah data yang sesuai dengan peraturan yang ditetapkan pada data tersebut. dan WAN (Wide Area Network). data dapat didentifikasikan dan di jabarkan. ialah jangkauan wilayah serta kecepatan alih data. PROTOKOL Cara yang disepakati antara server dan klien untuk berkomunikasi. Beberapa istilah Komunikasi Data (Jaringan) DATA Representasi dari fakta. dan instruksi yang dibentuk hingga dapat diproses oleh manusia ataupun mesin. Secara umum. MAN (Metropolitan Area Network). konsep.

dan peralatan radio lainnya. 7. Wireless LAN Wireless LAN adalah teknologi LAN dengan udara sebagai media transmisinya sehingga memberikan layanan fleksibellitas dan relibilitas untuk para pengguna komputer dalam bisnis maupun non bisnis. Telepon selular dan radio panggil (pager) Layanan yang disediakan untuk aplikasi bergerak dan mudah dibawa. 4. 2. 6. ponsel. . Satelit televisi Memberikan layanan siaran sehingga penonton dapat memilih saluran yang berbeda. penggunaannya seperti pada televisi. Wireless Local Area Network (WLAN) adalah jaringan komputer yang menggunakan gelombang radio sebagai media transmisi data.Pengertian wireless LAN Wireless LAN merupakan jaringan LAN tanpa kabel yang menggunakan udara sebagai media transmisinya untuk menghantarkan gelombang elektromagnetik. seperti mobil. Proses komunikasi tanpa kabel ini dimulai dengan bermunculannya peralatan berbasis gelombang radio. GPRS untuk navigasi Digunakan untuk memudahkan pengguna lalu lintas. Lalu adanya kebutuhan untuk menjadikan komputer sebagai barang yang mudah dibawa (mobile) dan mudah digabungkan dengan jaringan yang sudah ada. Kemudian dengan perkembangan kebutuhan informasi bagi manusia. baik untuk perorangan maupun bisnis. Beberapa model peralatan yang menggunakan wireless diantarannya adalah sebagai berikut: 1. bahkan pengguna akan lebih leluasa dalam bergerak. seperti walkie talkie. remote control. pager dan lainnya. Telepon Cordless Teknologi wireless juga dipakai oleh perusahaan telekomunikasi yaitu berupa Telepon Cordless. Remote Control Berupa alat tanpa kabel yang digunakan untuk mengendalikan peralatan dari jarak jauh. maka penggunaan wireless semakin banyak dan tidak hanya untuk penggunaan radio dan radar saja. Perkembangan wireless sebenarnya telah dimulai sejak lama dan telah dibuktikan secara ilmiah oleh para ilmuan dengan penemuan radio dan kemudian dilanjutkan dengan penemuan radar. 5. Informasi (data) ditransfer dari satu komputer ke komputer lain menggunakan gelombang radio. sehingga penggunaanya dapat dibawa kemana-mana. cordless phone. Hal-hal seperti ini akhirnya mendorong pengembangan teknilogi wireless untuk jaringan komputer. pesawat kapal laut dan lainnya 3. Alat-alat komputer tanpa kabel seperti mouse dan keyboard Mouse dan keyboard terkadang mengalami kendala berupa sulitnya pemasangan konektornya pada CPU. Mouse dan Keyboard dengan teknologi wireless memungkinkan mengatasi kendala tersebut. WLAN sering disebut sebagai Jaringan Nirkabel atau jaringan wireless. terkadang mengalami juga kerusakan pada konektornya.

11b atau 802. dan peningkatan jumlah klien yg terkoneksi.5. Tentu saja kondisi semacam ini sangat rawan krn informasi dapat â¼ ditangkapâ¼ dengan mudah. MIMO mendukung kompatibilitas mundur dengan 802. Pengguna dapat mengatur nomor channel saat melakukan instalasi driver atau melalui utiliti bantu yang disediakan masing-masing vendor.11n. selain itu jangkauannya lebih luas sehingga Anda dapat menempatkan laptop atau klien Wi-Fi sesuka hati.Ada beberapa istilah yang cukup popular berkaitan dengan wireless. Semakin lebar pita frekuensi. keunggulan reabilitas. 4. dan lebih popular dibandingkan kata â¼ IEEE 802. MIMO dibuat berdasarkan spesifikasi Pre-802. Peralatan Wi-Fi dianggap satu . 3.11 a/b/g. 64 bit.11a menggunakan pita frekuensi lebih besar dibandingkan 802. Peralatan Wi-Fi MIMO dapat menghasilkan kecepatan transfer data sebesar 108Mbps. Peralatan 802.11a/b/g. MIMO menawarkan peningkatan throughput. Wi-Fi merupakan merek dagang.11a tersedia sampai 8 non-overlapping channel. Pengguna WEP akan meningkatkan keamanan data yang ditransfer meskipun konsekuensinya penurunan throughput data. Daya tembus MIMO terhadap penghalang lebih baik. 5. 2. Pada 802.11nâ¼ . Beberapa di antaranya yaitu: 1. Kata â¼ Pre-â¼ menyatakan â¼ Prestandard versions of 802.11b dan 802. 802. Setiap peralatan Wi-Fi harus menggunakan SSID tertentu. Oleh sebab itu Wi-Fi dibuat dengan beberapa jenis enkripsi : 40 bit. sedangkan peralatan 802. Sedangkan pada 802.11â¼ .4 .2. WEP WEP (Wired Equivalent Privacy) merupakan salah satu fitur keamanan/sekuriti yang bersifat build-in pada peralatan Wi-Fi.11g bekerja pada frekuansi 2. Secara teknis MIMO lebih unggul dibandingkan saudara tuanya 802. Channel Bayangkanlah pita frekuansi seperti sebuah jalan. Keamanan merupakan masalah yang serius bagi pengguna WiFi akibat gelombang radio yang dipancarkan adapter Wi-Fi dapat diterima oleh semua peralatan Wi-Fi yang ada di sekitarnya (atau gedung di sebelahnya). dan channel seperti jalur-jalur pemisah pada jalan tersebut. Wi-Fi atau WiFi Wi-Fi atau Wireless Fidelity adalah nama lain yang diberikan untuk produk yang mengikuti spesifikasi 802.11g.11a/b/g. Agar dapat saling berkomunikasi. Setiap channel dapat digunakan untuk mengangkut informasi secara penuh. Jadi . MIMO MIMO (Multiple Input Multiple Output) merupakan teknologi Wi -Fi terbaru.11 card/adapter. Sebagian besar pengguna komputer lebih mengenal istilah Wi-Fi card/adapter dibandingkan dengan 802. SSID SSID (Service Set IDentifier) merupakan identifikasi atau nama untuk jaringan wireless.875 GHz. semakin banyak channel yang tersedia.11b/g tersedia 3 non-overlapping channel yang masing-masing dapat â¼ dibebaniâ¼ throughput sampai 11Mbps. Masing-masing dapat â¼ dibebaniâ¼ throughput sebesar 54Mbps. setiap peralatan wireless harus menggunakan channel yang sama. atau total throughput 33Mbps. atau total throughput 432Mbps.15 . 128 bit dan 256 bit.11. Access Point MIMO dapat mengenali gelombang radio yang dipancarkan oleh adapter Wi-Fi 802.11a bekerja pada frekuensi 5. Access Point MIMO dapat menjangkau berbagai perlatan Wi-Fi yg ada disetiap sudut ruangan.497 GHz.

Agar dapat berkomunikasi. sedang IEEE 802. Teknologi wireless menurut para data yang ada saat ini akan mengalami kemajuan dan pengembangan yang cepat beberapa tahun yang akan datang. Protokol tersebut adalah protokol yang telah dikenal dengan TCP/IP. Arsitektur Logic Jaringan Wireless LAN Agar jaringan intranet dapat berjalan sesuai fungsinya maka harus ada aturan standar yang mengaturnya. setiap perlatan wireless haruslah menggunakan SSID dan channel yang sama. 6. keefektifan suatu komunikasi. 5. 5GHz berkembang pesat sekali terutama karena pembebasan ijin frekuensi di band ISM ( industrial.11a dan IEEE 802. baik lokal. Untuk menggunakan SES. metropolitan maupun area yang lebih luas. dan selanjutnya kedua perangkat akan membuat sebuah jalur komunikasi yang aman.11b mempunyai kecepatan maksimum 11Mbps. medical ) maupun band UNII (Unlicensed National Information Infrastructure) oleh pemerintah Amerika Serikat. SES secara otomatis memberikan SSID dan kode sekuriti ke router dan adapter serta menerapkan security WPA (Wireless Protected Access). SES merupakan jawaban terhadap kesulitan setup security jaringan yg selama ini dirasakan sejumlah kalangan. Hanya dengan menekan satu tombol.jaringan jika mengunakan SSID yang sama. SSID bersifat case-sensitive. TCP/IP berperan sebagai pengatur yang bertugas menjaga kestabilan. SES SES merupakan singkatan dari SecureEasySetup. dimana IEEE 802.11g mempunyai kecepatan maksimum 54Mbps. Organisasi standar yang mengatur tentang TCP/IP adalah Organization Standard International (OSI).8GHz. Untuk komunikasi data pada wireless membutuhkan beberapa komponen arsitektur yang dapat diterjemahkan oleh interface protocol. Untuk memperjelas mengenai perkembangan wireless LAN. Dengan demikian maka aplikasi-aplikasi yang berjalan dapat saling mengerti. lalu pada client. komponen ini diimplementasikan sebagai fungsi yang dibutuhkan jaringan. scientific. pengguna hanya perlu menekan tombol SES pada router.Purbo menjelaskan bahwa Teknologi WLAN 2. Standar komunikasi data yang digunakan umumnya adalah keluarga IEEE 802. penulisan huruf besar dan huruf kecil sangat berpengaruh.11. Arsitektur Fisik Jaringan Wireless LAN Komponen fisik dari jaringan wireless diimplementasikan sebagai Physical Data link dan Network Layer Function. karena itu diperlukan suatu protokol intranet yang mengaturnya.4GHz. Kemajuan itu akan terjadi dibeberapa bidang termasuk dalam komunikasi data. Onno W. Cara Menyambung Kabel LAN RJ45 ( 8P8C) . IEEE sebagai lembaga regulasi internasional telah menetapkan protokol untuk wireless yang terdiri atas arsitektur fisik dan aritektur logic dari wireless ini.

Ternyata menyambung Kabel LAN RJ45 itu tidak serumit yang kita bayangkan. OK. pertama siapin aja peralatannya: 1> Crimping Tool. kantor kecil misalnya. Bisa diterapkan apabila anda ingin bikin jaringan warnet. biasanya hasilnya lebih bagus bila dibandingkan yang horizontal (gerakan mata crimping sejajar dengan gerakan penekanan tangan) pilih yang ini --> jangan pilih ini--> berdasarkan pengalaman penulis waktu belajar jaringan. setelah ditinjau secara mekanikal. kita mulai. pilih yang gerakan penekanannya vertikal. gerakkannya gak berbarengan gitulho. 2> LAN tester 3> Gunting Bahan-bahan: 1. malah jadi dobel belinya. Atau bisa juga buat sampingan mumpung OT lagi seret di jaman krisis gini :-). yang awalnya ngirit karena lebih murah.>Kabel LAN dan Plug RJ45 . jadi ya mubazir deh. kali ini silahkan mencoba melakukannya sendiri. yang horizontal sering banget errornya. Kalau selama ini kita hanya "terima bersih" karena selalu dikerjakan oleh bagian MIS atau para jagoan jaringan saja.

3> Susun kabel-kabel kecil didalamnya dengan urutan seperti ilustrasi berikut: Susunan Stright 1> Orange-putih 2> Orange 3> Hijau-putih 4> Biru 5> Biru-putih 6> Hijau 7> Coklat-putih 8> Coklat ujung satunya persis sama Susunan Cross sumber gambar: http://www.incentre. lihat gambar diatas.net/content/view/75/2/ Ujung satu 1> Hijau-putih 2> Hijau 3> Orang-putih 4> Biru 5> Biru-putih 6> Orange 7> Coklat-putih .Cara menyambungnya: 1> Potong kabel sepanjang yang diinginkan 2> Kupas kulit bagian luarnya sepanjang sekitar 1cm dari ujungnya.

maka susunan lampu hidup sbb: 1 --> 3 2 --> 6 3 --> 1 4 --> 4 5 --> 5 6 --> 2 7 --> 7 8 --> 8 9> pastikan semua ditest sebelum disambung ke jaringan 10> Jika Oke. sedangkan Cross digunakan jika akan menghubungkan 2 buah komputer tanpa switch/hub atau bisa juga menghubungkan 2 buah switch/hub. Stright digunakan jika akan menghubungkan komputer dengan switch/hub.com pada project setting jaringan di sebuah warnet. Kata beliau. untunglah ada Pak Delpra yang membimbing penulis dan tim Kerjainsendiri. biar kabelnya kena ama connector RJ 45 dengan bagus.8> Coklat Sedangkan ujung satunya lagi 1> Orange-putih 2> Orange 3> Hijau-putih 4> Biru 5> Biru-putih 6> Hijau 7> Coklat-putih 8> Coklat Kapan kita pakai Stright dan Cross? Ya itu sempat menjadi pertanyaan penulis. Maksudnya sih baik. lakukan hal yang sama pada ujung satunya lagi 8> Test dengan LAN tester Jika memakai sistem stright. maka lampu no 1 sampai 8 harus hidup 1 --> 1 2 --> 2 3 --> 3 4 --> 4 5 --> 5 6 --> 6 7 --> 7 8 --> 8 Sebaliknya Jika memakai sistem cross. maka sambungkan ke switch 11> lalu lakukan test dengan ping -t . 5> Masukkan ke RJ45 6> Tekan handle crimping tools 7> Selesai. Jadi gitu. jadi nyambung semua gitu. 4> Rapikan susunan kabel dengan cara meratakan ujungnya dengan menggunakan gunting.

Jadi kita tidak memerlukan banyak printer untuk mencetak dokumen jika kita mempunyai komputer-komputer yang terjaring.168.13 maka perintahnya ping 192.168.contoh saya mau ping ke IP 192. Kita isikan nama sharing dari printer kita (lebih baik nama yang menjelaskan jenis printer karena jika printer yang terinstal lebih dari satu nanti bisa dibedakan) .13 -t SHARING PRINTER DALAM JARINGAN Untuk Membagi fasilitas printer dalam jaringan kita dapat menginstal printer dalam satu komputer saja kemudian fasilitas ini oleh komputer yang lain dapat digunakan. Kemudian bila belum di sharing maka kita sharing dulu dengan menambahkan fasilitas sharing printer lewat start ₶ printer and faxes Kemudian icon printer yang akan kita sharing diklik kanan ₶ sharing seperti tampilan gambar di bawah ini : Lalu properties dari printer yang dimaksud pada bagian tab sharing akan keluar check box share this printer.1. Misalnya dalam contoh kita instal printer Canon BJC-2100SP.1. Setting Komputer yang Tersambung Langsung Dengan Printer Pertama yang harus kita lakukan adalah menginstal printer dalam salah satu komputer.

Seperti gambar dibawah kemudian kita next untuk meneruskan menambah printer. Kemudian kita tambahkan printer baru lewat add a printer. Kemudian akan muncul wizard untuk menambah printer baru. . Setting Dari Komputer yang Tidak Tersambung Langsung Dengan Printer Pertama yang dilakukan sama dengan setting pada printer server yaitu masuk dalam printer and faxes. Membagi fasilitas printer sudah selesai tinggal dari komputer client yang ingin bisa langsung cetak dari komputer masing-masing kita bagi fasilitas ini.Kemudian kita Apply dan OK.

Seterusnya klik check yang paling atas yaitu browse for a printer untuk mencari secara otomatis printer yang terinstal di jaringan. kemudian next.Kemudian seterusnya ditambahkan pada network printer dan next untuk melanjutkan. . Kemudian pada workgroup komputer yang terinstal otomatis akan keluar dan bisa kita klik printer yang sudah tersharing di jaringan.

Pada tampilan Printer and Faxes akan muncul icon printer jaringan seperti di bawah ini. Kemudian next. . Klik finish untuk mensudahinya. Lalu selesailah setting printer client.Klik Yes pada default untuk menjadikan printer sebagai printer utama jika tidak klik No.

Cara mengetahui IP address Cara mengetahui IP address tanpa software apapun di Windows Klik start > Run ketik cmd nanti muncul layar DOS lalu ketik ipconfig Mengkonekkan 2 PC menggunakan kabel Cross Seorang gila jaringan mungkin ada yang sampai hati untuk membawa-bawa kabel utp jenis crossing lengkap dengan laptop dalam tas gendongnya setiap saat. Yakni USB Wlan. . sebelum dapat mengkoneksikan 2 PC menggunakan kabel crossing ada beberapa hal yang dibutuhkan diantaranya : .Tang kerimping . Dari situlah tutorial ini berawal. tapi tetap saja ini adalah inti permasalahannya. Biasanya hal ini terjadi karena orang gila jaringan tersebut selalu ingin melakukan pekerjaan di berbagai tempat dengan 2 PC sekaligus.2 buah RG 45 . Walaupun pada saat sekarang ada sebuah alat yang tidak repot dan tidak dapat digunakan untuk membelitkan leher. dan berbagai kendala lainnya. Namun ada kondisi yang tidak memungkinkan untuk dapat menggunakan usb wlan.Kabel UTP 5e dengan panjang secukupnya.Setelah settingan ini selesai kita bisa mencobanya dengan mencetak document kitalewat sembarang printer yang kita setting sehingga tidak harus lewat komputer yang terinstal printer secara langsung. sesuai dengan selera anda . . seperti kondisi ekonomi kantong tipis orang gila jaringan tersebut. walaupun hanya mengeluarkan beberapa lembar uang kertas untuk membelinya. Penulis pun pernah dalam kondisi seperti itu.2 buah PC yang akan dikoneksikan. .

inilah yang dinamakan dengan kabel cross. dengan memotong shield tersebut menggunakan tang kerimping. urutan lengkapnya seperti ini ⼦ .Pertama lepaskan shield kabel ( pelindung kabel biasanya bewarna abu -abu ) beberapa centimeter ( 2 cm). kemudian lurus-luruskan kabel-kabel yang berwarna-warni tersebut. kemudian urutkan kabel berdasarkan pewarnaannya di salah satu ujung kabel UTP tersebut. sehingga untuk ujung kabel yang lain urutan pewarnaan kabel tersebut harus berbeda dengan urutan ujung kabel straight ini. Urutannya adalah sebagai berikut : Ini adalah urutan kabel straight. urutan ujung kabel cross adalah seperti ini : Sehingga di kedua ujung kabel tersebut memiliki urutan warna yang berbeda satu sama lainnya.

Nah dari sini anda siap mengkoneksikan 2 PC tersebut. pilih properties . biasanya topologi jaringan itu adalah star di mana di pertengahannya biasa ditemui menggunakan hub ataupun switch. Hal yang harus dilakukan untuk mengkoneksikan kedua PC di windows adalah sebagai berikut : PC Pertama Masukkan ke network connection di control panel : Start menu | run | control panel Setelah itu masuk ke bagian Network Connections Kemudian pilih Local Area Network Connection Klik kanan Local Area Network Connection. Di windows untuk melakukan koneksi 2 PC sama halnya dengan mengkoneksikan PC dengan topologi jaringan yang sering ditemui.

di bagian tab General pilih Internet Protocol ( TCP/IP ) Kemudian Klik Properties Setelah itu masukkan IP Addressnya 192. anda dapat mengisinya dengan 192.1 atau dengan IP 192.1. kemudian Close Nah untuk PC yang kedua tahapnya sama saja dengan yang diatas namun Alamat IP Addressnya berbeda dengan PC yang sebelumnya.1.0 Setelah itu klik button OK.255.168. kemudian Netmasknya 255.x yang lain. terserah anda. Dengan catatan netmasknya .Di kotak dialog Local Area Network Connection Properties.2.168.1.255.168.

C: untuk harddisk primer.255.1 with 32 bytes of data: Reply from 192.0 Kemudian langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi network setup wizard untuk kedua PC tersebut.1: bytes=32 time<1ms TTL=128 Reply from 192.1: bytes=32 time<1ms TTL=128 Reply from 192. Cara sharing folder Anda bisa baca . Jika tampilannya seperti ini maka PC anda telah terhubung satu sama lainnya. Drive mapping adalah huruf yang dipakai untuk menandai sebuah drive di Windows. C:\Documents and Settings\Al-k>ping 192. lakukan ping dari salah satu PC tersebut ke PC lainnya.168.168.168.1 Pinging 192.1: bytes=32 time<1ms TTL=128 Ping statistics for 192. Anda harus mengetahui dulu apa yang dinamakan dengan drive mapping. terus cari My Network Places.1.1.. Average = 0ms Drive Mapping (Map Direktory) Sebelum mempraktikkan pemetaan drive jaringan.1.1.255.168. Received = 4.168. Bagaimana cara memetakan drivedrive tersebut? Pertama-tama Drive atau Folder yang akan dijadikan Mapping Drive pada komputer sumber harus di sharing terlebih dahulu.168. agar keduanya dapat saling terhubung sebagai satu workgroup. dan seterusnya.1. Lost = 0 (0% loss). Kemudian buka Windows Explorer. Setelah selesai. cari Drive atau folder pada komputer sumber yang tersharing tadi.1.harus sama dengan pc yang sebelumnya yakni 255. Jika Anda berada dalam sebuah jaringan. Maximum = 0ms. .1: Packets: Sent = 4. Approximate round trip times in milli-seconds: Minimum = 0ms.disini.. Yang paling umum adalah A: untuk ï¬Ãoppy.168. drive mapping juga bisa dipakai untuk menandai drive lain yang ada di jaringan.1: bytes=32 time<1ms TTL=128 Reply from 192.1.

Secara otomatis didalam Windows Explorer kita sudah ada Drive tambahan yaitu Drive Z . tentukan huruf yang akan dipakai untuk drive tersebut sesuka Anda. Finish. Kemudian muncul box Map Network Drive.Setelah menemukan drive yang dimaksudkan. klik kanan pada drive itu kemudian pilih Map Network Drive.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful