BAB 1

SEJARAH KOPUTER

1.0.0 Pengertian Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi." Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer.

1.1.0 Generasi Komputer
1.1.1 Generasi Pertama
Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, Colossus bukan merupakan komputer serbaguna (general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.

Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks. Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW. Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I. Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann tersebut. Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952. Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

1.1.2 Generasi Kedua
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di [[Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner. Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnisbisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analis sistem, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

1.1.3 Generasi Ketiga
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

1.1.4 Generasi Keempat
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap piranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor. Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaanperusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram. Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan

melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop). IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse. Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat. Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga Local Area Network atau LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.

1.1.5 Generasi Kelima
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri. Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertia manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung. Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang

mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Rujukan : -http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer

BAB 2 Konversi Bilangan

2.0.0 Pengertian Didalam dunia komputer kita mengenal empat jenis bilangan, yaitu bilang biner, oktal, desimal dan hexadesimal. Bilangan biner atau binary digit (bit) adalah bilangan yang terdiri dari 1 dan 0. Bilangan oktal terdiri dari 0,1,2,3,4,5,6 dan 7. Sedangkan bilangan desimal terdiri dari 0,1,2,3,4,5,6,7,8 dan 9. Dan bilangan hexadesimal terdiri dari 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,A,B,C,D,E dan F. Biner 0000 0001 0010 0011 0100 0101 0110 0111 1000 1001 1010 1011 1100 1101 1110 1111 Oktal 0 1 2 3 4 5 6 7 10 11 12 13 14 15 16 17 Tabel 2.0.0 Desimal l 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 A B C D E F Hexadesima

2.1.0 Konversi Antar Basis Bilangan Sudah dikenal, dalam bahasa komputer terdapat empat basis bilangan. Keempat bilangan itu adalah biner, oktal, desimal dan hexadesimal. Keempat bilangan itu saling berkaitan satu sama lain. Rumus atau cara mencarinya cukup mudah untuk dipelajari. Konversi dari desimal ke non-desimal, hanya mencari sisa pembagiannya saja. Dan konversi dari non-desimal ke desimal adalah:

1. Mengalikan bilangan dengan angka basis bilangannya. 2. Setiap angka yang bernilai satuan, dihitung dengan pangkat NOL (0). Digit puluhan, dengan pangkat SATU (1), begitu pula dengan digit ratusan, ribuan, dan seterusnya. Nilai pangkat selalu bertambah satu point.

2.1.1 Konversi Desimal ke Biner Konversi dari bilangan desimal ke biner, dengan cara pembagian, dan hasil dari pembagian itulah yang menjadi nilai akhirnya. Contoh: 10 (10) = ...... (2) Solusi: 10 dibagi 2 = 5, sisa = 0. 5 dibagi 2 = 2, sisa = 1. 2 dibagi 2 = 1, sisa = 0. Cara membacanya dimulai dari hasil akhir, menuju ke atas, 1010. 2.1.2 Konversi Biner ke Oktal Metode konversinya hampir sama. Cuma, karena pengelompokkannya berdasarkan 3 bit saja, maka hasilnya adalah: 1010 (2) = ...... (8) Solusi: Ambil tiga digit terbelakang dahulu. 010(2) = 2(8) Sedangkan sisa satu digit terakhir, tetap bernilai 1. Hasil akhirnya adalah: 12.

2.1.3 Konversi Biner ke Hexadesimal

Metode konversinya hampir sama dengan Biner ke Oktal. Namun pengelompokkannya sejumlah 4 bit. Empat kelompok bit paling kanan adalah posisi satuan, empat bit kedua dari kanan adalah puluhan, dan seterusnya. Contoh: 11100011(2) = ...... (16) Solusi: kelompok bit paling kanan: 0011 = 3 kelompok bit berikutnya: 1110 = E Hasil konversinya adalah: E3(16)

2.1.4 Konversi Biner ke Desimal Cara atau metode ini sedikit berbeda. Contoh: 10110(2) = ......(10) diuraikan menjadi: (1x24)+(0x23)+(1x22)+(1x21)+(0x20) = 16 + 0 + 4 + 2 + 0 = 22 Angka 2 dalam perkalian adalah basis biner-nya. Sedangkan pangkat yang berurut, menandakan pangkat 0 adalah satuan, pangkat 1 adalah puluhan, dan seterusnya. 2.1.5 Konversi Oktal ke Biner Sebenarnya, untuk konversi basis ini, haruslah sedikit menghafal tabel konversi utama yang berada di halaman atas. Namun dapat dipelajari dengan mudah. Dan ambillah tiga biner saja. Contoh: 523(8) = ...... (2) Solusi:

Dengan melihat tabel utama, didapat hasilnya adalah: 3 = 011 2 = 010 5 = 101 Pengurutan bilangan masih berdasarkan posisi satuan, puluhan dan ratusan. Hasil: 101010011(2) 2.1.6 Konversi Hexadesimal ke Biner Metode dan caranya hampir serupa dengan konversi Oktal ke Biner. Hanya pengelompokkannya sebanyak empat bit. Seperti pada tabel utama. Contoh: 2A(16) = ......(2) Solusi: A = 1010 2 = 0010 Hasil: 101010(2). Dengan catatan, angka "0" paling depan tidak usah ditulis.

2.1.7 Konversi Desimal ke Hexadesimal Ada cara dan metodenya, namun bagi sebagian orang masih terbilang membingungkan. Cara termudah adalah, konversikan dahulu dari desimal ke biner, lalu konversikan dari biner ke hexadesimal. Contoh: 75(10) = ......(16) Solusi:

75 dibagi 16 = 4 sisa 11 (11 = B). Dan hasil konversinya: 4B(16) 2.1.8 Konversi Hexadesimal ke Desimal Caranya hampir sama seperti konversi dari biner ke desimal. Namun, bilangan basisnya adalah 16. Contoh: 4B(16) = ......(10) Solusi: Dengan patokan pada tabel utama, B dapat ditulis dengan nilai "11". (4x161)+(11x160) = 64 + 11 = 75(10)

2.1.9 Konversi Desimal ke Oktal Caranya hampir sama dengan konversi desimal ke hexadesimal. Contoh: 25(10) = ......(8) Solusi: 25 dibagi 8 = 3 sisa 1. Hasilnya dapat ditulis: 31(8) 2.1.10 Konversi Oktal ke Desimal Metodenya hampir sama dengan konversi hexadesimal ke desimal. Dapat diikuti dengan contoh di bawah ini: 31(8) = ......(10) Solusi:

(3x81)+(1x80) = 24 + 1 = 25(10) Rujukan : -http:http://id.wikipedia.org/wiki/Penyimpanan_data_komputer

BAB 3 I/O Device

3.0.0 Pengertian Unit Input/Output (I/O) adalah bagian dari sistem mikroprosesor yang digunakan oleh mikroprosesor itu untuk berhubungan dengan dunia luar. Unit input adalah unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor ini, contohnya data yang berasal dari keyboard atau mouse. Sementara unit output biasanya digunakan untuk menampilkan data, atau dengan kata lain untuk menangkap data yang dikirimkan oleh mikroprosesor, contohnya data yang akan ditampilkan pada layar monitor atau printer. Bagian input (masukan) dan juga keluaran (output) ini juga memerlukan sinyal kontrol, antara lain untuk baca I/O (Input/Ouput Read [IOR]) dan untuk tulis I/O (Input/Output Write [IOW]). Port I/O yang berarti gerbang konektor Input/Output pada komputer, seperti pada keyboard, mouse paralel/serial ataupun USB. Menyediakan koneksi untuk piranti eksternal seperti kamera digital, printer dan scanner.

3.1.0 Contoh I/O Device 3.1.1 Keyboard
Papan ketik (bahasa Inggris: keyboard) atau kibor adalah peranti untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer. Papan ketik terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf, angka, atau simbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau pintasan yang telah diatur sebelumnya. Ada berbagai jenis tata letak tombol pada papan ketik. Akan tetapi, yang paling populer dan umum digunakan adalah tata letak QWERTY, meniru sistem tata letak mesin ketik. Papan ketik tipe baru biasanya mempunyai tombol tambahan di atas tombol fungsi (F1, F2, dst.) untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan komputer. Selain itu, papan ketik baru juga sudah banyak yang mendukung teknologi nirkabel.

3.1.2 Mouse

Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik. Tetikus memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus[1]. Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan mouse yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y). Bentuk mouse yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan mouse satu tombol. Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth. Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan tetikus memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya tetikus model ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video.

3.1.3 Printer
Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut. Ada pula kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat. Pada bagian belakang printer biasanya ada port paralel atau USB untuk penghubung ke komputer. Pencetak modem merupakan alat canggih. Perkakasan elektronik yang terdapat dalam sebuah pencetak sama dengan perkakasan elektronik yang terdapat dalam komputer itu sendiri. Pencetak mempunyai 6 jenis yaitu jenis Dot-Matrix,

jenis Daisy Wheel, jenis Ink-Jet / jenis Bubble Jet, jenis Chain, jenis Drum dan jenis Laser.

3.1.4 Scaner
Pemindai atau scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital. Terdapat beberapa jenis pemindai bergantung pada kegunaan dan cara kerjanya, antara lain: - pemindai gambar - pemindai barcode - pemindai sinar-X - pemindai cek - pemindai logam - pemindai Optical Mark Reader (OMR) Di antara jenis-jenis pemindai tersebut, pemindai gambar adalah yang paling sering disebut sebagai pemindai. Seperti halnya pada pemindai OMR, pemindai gambar juga dapat digunakan sebagai pemindai Lembar Jawaban Komputer (LJK). Agar hal tersebut dapat tercapai, dibutuhkan perangkat lunak dengan teknologi Digital Mark Reader (DMR). Bila dikelompokkan berdasarkan cara memasukkan kertas, pemindai gambar terdiri atas 2 jenis, yaitu: 1. Flatbed Pada pemindai gambar Flatbed, kertas diletakkan di atas kaca pemindai, kemudian lampu dan sensor pemindai akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh gambarnya. 2. Automatic Document Feeder (ADF) Pada pemindai gambar Automatic Document Feeder (ADF), kertas diletakkan pada baki/tray, lalu satu per satu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik pemindai dengan adanya pad assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu pemindai, sensor pemindai bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut. Keunggulan pemindai Automatic Document Feeder (ADF) adalah: - kecepatannya tinggi, dapat mencapai > 10.000 lembar per jam - dapat membaca dua sisi kertas sekaligus pada saat yang bersamaan - dengan imprinter, pemindai dapat memberikan tanda pada lembaran yang telah dipindai

- sangat tepat dipasangkan dengan perangkat lunak berteknologi Digital Mark Reader serta untuk - pengarsipan dan manajemen dokumen Rujukan : -http:http://id.wikipedia.org/wiki/Penyimpanan_data_komputer

BAB 4

Storage
4.0.0 Pengertian Penyimpanan data komputer, berasal dari bahasa Inggris "computer data storage" sering disebut sebagai memori komputer, merujuk kepada komponen komputer, perangkat komputer, dan media perekaman yang mempertahankan data digital yang digunakan untuk beberapa interval waktu. Penyimpanan data komputer menyediakan salah satu tiga fungsi inti dari komputer modern, yakni mempertahankan informasi. Ia merupakan salah satu komponen fundamental yang terdapat di dalam semua komputer modern, dan memiliki keterkaitan dengan mikroprosesor, dan menjadi model komputer yang digunakan semenjak 1940-an. Dalam penggunaan kontemporer, memori komputer merujuk kepada bentuk media penyimpanan berbahan semikonduktor, yang dikenal dengan sebutan Random Access Memory (RAM), dan kadang-kadang dalam bentuk lainnya yang lebih cepat tapi hanya dapat menyimpan data secara sementara. Akan tetapi, istilah "computer storage" sekarang secara umum merujuk kepada media penyimpanan massal, yang bisa berupa cakram optis, beberapa bentuk media penyimpanan magnetis (seperti halnya hard disk) dan tipe-tipe media penyimpanan lainnya yang lebih lambat ketimbang RAM, tapi memiliki sifat lebih permanen, seperti flash memory Rujukan : -http:http://id.wikipedia.org/wiki/Penyimpanan_data_komputer

Memori

Memori adalah istilah generik bagi tempat penyimpanan data dalam komputer. Beberapa jenis memori yang banyak digunakan adalah sebagai berikut: - Register prosesor - RAM atau Random Access Memory - Cache Memory (SRAM) (Static RAM) - Memori fisik (DRAM) (Dynamic RAM) - Perangkat penyimpanan berbasis disk magnetis - Perangkat penyimpanan berbasis disk optik - Memori yang hanya dapat dibaca atau ROM (Read Only Memory) - Flash Memory - Punched Card (kuno) - CD atau Compact Disk - DVD Dalam pembicaraan mengenai arsitektur komputer seperti arsitektur von Neumann, misalnya, kapasitas dan kecepatan memori dibedakan dengan menggunakan hierarki memori. Hierarki ini disusun dari jenis memori yang paling cepat hingga yang paling lambat; disusun dari yang paling kecil kapasitasnya hingga paling besar kapasitasnya; dan diurutkan dari harga tiap bit memori-nya mulai dari yang paling tinggi (mahal) hingga yang paling rendah (murah).

Register prosesor
Register prosesor dalam arsitektur komputer, adalah sejumlah kecil memori komputer yang bekerja dengan kecepatan sangat tinggi yang digunakan untuk melakukan eksekusi terhadap program-program komputer dengan menyediakan akses yang cepat terhadap nilai-nilai yang umum digunakan. Umumnya nilai-nilai yang umum digunakan adalah nilai yang sedang dieksekusi dalam waktu tertentu. Register prosesor berdiri pada tingkat tertinggi dalam hierarki memori: ini berarti bahwa kecepatannya adalah yang paling cepat; kapasitasnya adalah paling kecil; dan harga tiap bitnya adalah paling tinggi. Register juga digunakan sebagai cara yang paling cepat dalam sistem komputer untuk melakukan manipulasi data. Register umumnya diukur dengan satuan bit yang dapat ditampung olehnya, seperti "register 8-bit", "register 16-bit", "register 32-bit", atau "register 64-bit" dan lain-lain. Istilah register saat ini dapat merujuk kepada kumpulan register yang dapat diindeks secara langsung untuk melakukan input/output terhadap sebuah instruksi yang didefinisikan oleh set instruksi. untuk istilah ini, digunakanlah kata "Register Arsitektur". Sebagai contoh set instruksi Intel x86 mendefinisikan sekumpulan delapan buah register dengan ukuran 32-bit, tapi CPU yang mengimplementasikan set instruksi x86 dapat mengandung lebih dari delapan register 32-bit.

Jenis register
Register terbagi menjadi beberapa kelas: Register data, yang digunakan untuk menyimpan angka-angka dalam bilangan bulat (integer). Register alamat, yang digunakan untuk menyimpan alamat-alamat memori dan juga untuk mengakses memori. Register general purpose, yang dapat digunakan untuk menyimpan angka dan alamat secara sekaligus. Register floating-point, yang digunakan untuk menyimpan angka-angka bilangan titik mengambang (floating-point). Register konstanta (constant register), yang digunakan untuk menyimpan angka-angka tetap yang hanya dapat dibaca (bersifat read-only), semacam phi, null, true, false dan lainnya. Register vektor, yang digunakan untuk menyimpan hasil pemrosesan vektor yang dilakukan oleh prosesor SIMD. Register special purpose yang dapat digunakan untuk menyimpan data internal prosesor, seperti halnya instruction pointer, stack pointer, dan status register. Register yang spesifik terhadap model mesin (machine-specific register), dalam beberapa arsitektur tertentu, digunakan untuk menyimpan data atau pengaturan yang berkaitan dengan prosesor itu sendiri. Karena arti dari setiap register langsung dimasukkan ke dalam desain prosesor tertentu saja, mungkin register jenis ini tidak menjadi standar antara generasi prosesor.

Ukuran register
Register 4-bit 8-bit 16-bit 32-bit Prosesor Intel 4004 Intel 8080 Intel 8086, Intel 8088, Intel 80286 Intel 80386, Intel 80486, Intel Pentium Pro, Intel Pentium, Intel Pentium 2, Intel Pentium 3, Intel Pentium 4, Intel Celeron, Intel Xeon, AMD K5, AMD K6, AMD Athlon, AMD Athlon MP, AMD Athlon XP, AMD Athlon 4, AMD Duron, AMD Sempron Intel Itanium, Intel Itanium 2, Intel Xeon, Intel Core, Intel Core 2, AMD Athlon 64, AMD Athlon X2, AMD Athlon FX, AMD Turion 64, AMD Turion X2, AMD Sempron

64-bit

RAM
Memori akses acak (bahasa Inggris: Random access memory, RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan. Pertama kali dikenal pada tahun 60'an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belumlah populer karena harganya yang sangat mahal. Saat itu lebih lazim untuk menggunakan memori utama magnetic. Perusahaan semikonduktor seperti Intel memulai memproduksi RAM , lebih tepatnya jenis DRAM. debutnya dengan

Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan memori-baca-saja (read-only-memory, ROM), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang. Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM, karena sifatnya yang sebenarnya juga Random Access seperti halnya SRAM ataupun DRAM. Hanya saja memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM. Selain itu beberapa bagian dari space addres RAM ( memori utama ) dari sebuah sistem yang dipetakan kedalam satu atau dua chip ROM.

Tipe umum RAM
- SRAM atau Static RAM - NV-RAM atau Non-Volatile RAM - DRAM atau Dynamic RAM - Fast Page Mode DRAM - EDO RAM atau Extended Data Out DRAM - XDR DRAM - SDRAM atau Synchronous DRAM - DDR SDRAM atau Double Data Rate Synchronous DRAM sekarang (2005) mulai digantikan dengan DDR2 - RDRAM atau Rambus DRAM

Tipe tidak umum RAM

- Dual-ported RAM - Video RAM, memori port-ganda dengan satu port akses acak dan satu port akses urut. Dia menjadi populer karena semakin banyak orang membutuhkan memori video. Lihat penjelasan dalam Dynamic RAM. - WRAM - MRAM - FeRAM

Produsen peringkat atas RAM
- Infineon - Hynix - Samsung - Micron - Rambus - Corsair

ROM
Read-only Memory (ROM) adalah istilah bahasa Inggris untuk medium penyimpanan data pada komputer. ROM adalah singkatan dari Read-Only Memory, ROM ini adalah salah satu memori yang ada dalam computer. ROM ini sifatnya permanen, artinya program / data yang disimpan didalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik di matikan. Menyimpan data pada ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah, namun membaca data dari ROM dapat dilakukan dengan mudah. Biasanya program / data yang ada dalam ROM ini diisi oleh pabrik yang membuatnya. Oleh karena sifat ini, ROM biasa digunakan untuk menyimpan firmware (piranti lunak yang berhubungan erat dengan piranti keras). Salah satu contoh ROM adalah ROM BIOS yang berisi program dasar system komputer yang mengatur / menyiapkan semua peralatan / komponen yang ada dalam komputer saat komputer dihidupkan. ROM modern didapati dalam bentuk IC, persis seperti medium penyimpanan/memori lainnya seperti RAM. Untuk membedakannya perlu membaca teks yang tertera pada IC-nya. Biasanya dimulai dengan nomer 27xxx, angka 27 menunjukkan jenis ROM , xxx menunjukkan kapasitas dalam kilo bit ( bukan kilo byte ).

Mask ROM
Data pada ROM dimasukkan langsung melalui mask pada saat perakitan chip. Hal ini membuatnya sangat ekonomis terutama jika kita memproduksi dalam jumlah banyak. Namun hal ini juga menjadi sangat mahal karena tidak fleksibel.

Sebuah perubahan walaupun hanya satu bit membutuhkan mask baru yang tentu saja tidak murah. Karena tidak fleksibel maka jarang ada yang menggunakannya lagi. Aplikasi lain yang mirip dengan ROM adalah CD-ROM prerecorded yang familiar dengan kita, salah satunya CD musik. Berbeda dengan pendapat banyak orang bahwa CD-ROM ditulis dengan laser, kenyataannya data pada CD-ROM lebih tepatnya dicetak pada piringan plastik.

Jenis-jenis ROM
- Mask ROM - PROM - EPROM - EAROM - EEPROM - Flash Memory

Flash memory
Flash memory adalah sejenis EEPROM yang mengizinkan banyak lokasi memori untuk dihapus atau ditulis dalam satu operasi pemrograman. Istilah awamnya, dia adalah suatu bentuk dari chip memori yang dapat ditulis, tidak seperti chip memori akses acak/RAM, memori ini dapat menyimpan datanya tanpa membutuhkan penyediaan listrik. Memori ini biasanya digunakan dalam kartu memori, kandar kilat USB (USB flash drive), pemutar MP3, kamera digital, dan telepon genggam.

CD-ROM
CD-ROM (singkatan dari Compact Disc - Read Only Memory) adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita. CD-ROM bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi). Untuk dapat membaca isi CD-ROM, alat utama yang diperlukan adalah CD Drive. Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW.

CD-RW
Compact Disk Rewritable disingkat CD-RW adalah CD-ROM yang dapat

ditulisi kembali. CD-RW menggunakan media berukuran sama dengan CD-R. tetapi bukan menggunakan bahan pewarna cyanine atau pthalocyanine, CD-RW menggunakan logam perpaduan antara perak, indium, antimon, dan telurrium untuk lapisan perekaman. Kandar CD-RW menggunakan laser dengan tiga daya yang berbeda. Pada daya yang tinggi, laser melelehkan logam paduan, yang mengubahnya dari kondisi kristalin reflektivitas tinggi menjadi kondisi amorf refletivitas agar menyerupai sebuah pit. Pada daya sedang, logam paduan meleleh dan berubah kembali dalam kondisi kristalin alamiahnya untuk menjadi land lagi. Pada daya rendah, keadaan/kondisi material ditelaah (untuk pembacaan), tetapi tidak ada transisi fase yang terjadi. Cakram CD-RW relatif lebih mahal dibandingkan cakram CD-R

DVD
DVD adalah sejenis cakram optik yang dapat digunakan untuk menyimpan data, termasuk film dengan kualitas video dan audio yang lebih baik dari kualitas VCD. "DVD" pada awalnya adalah singkatan dari digital video disc, namun beberapa pihak ingin agar kepanjangannya diganti menjadi digital versatile disc (cakram serba guna digital) agar jelas bahwa format ini bukan hanya untuk video saja. Karena konsensus antara kedua pihak ini tidak dapat dicapai, sekarang nama resminya adalah "DVD" saja, dan huruf-huruf tersebut secara "resmi" bukan singkatan dari apapun. Terdapat pula perangkat lunak yang membolehkan pengguna untuk mencadangkan (back-up) DVD sendiri seperti DVD Decrypter dan DVD Shrink.

Motherboard
Motherboard adalah pusat Printed Circuit Board (PCB) dalam beberapa sistem elektronik yang kompleks, seperti modern komputer pribadi. Motherboard ini kadang-kadang alternatif dikenal sebagai mainboard, board sistem, atau, pada Apple komputer, dewan logika. Hal ini juga kadang-kadang biasa disingkat mobo.

Sejarah
Sebelum datangnya dari mikroprosesor, komputer biasanya dibangun dalam kandang kartu-kasus atau mainframe dengan komponen dihubungkan oleh backplane terdiri dari serangkaian slot sendiri terhubung dengan kabel; di desain sangat tua itu diskrit kabel sambungan antara Konektor kartu pin, tapi papan

sirkuit tercetak segera menjadi praktek standar. The central processing unit, memori dan peripheral yang berlokasi di sirkuit tercetak individu yang dicolokkan ke backplane. Pada akhir 1980-an dan 1990-an, menjadi ekonomis untuk memindahkan semakin banyak fungsi perifer ke motherboard (lihat di bawah). Pada akhir 1980an, motherboard mulai memasukkan satu IC (disebut Super I / O chips) mampu mendukung satu set kecepatan rendah periferal: keyboard, mouse, floppy disk drive, serial port, dan port paralel. Sampai dengan akhir 1990-an, banyak didukung motherboard komputer pribadi lengkap audio, video, penyimpanan, dan fungsi jaringan tanpa perlu kartu ekspansi apapun sama sekali; lebih tinggi-end system untuk game 3D dan grafik komputer biasanya hanya dipertahankan kartu grafis sebagai komponen terpisah. Perintis awal manufaktur motherboard yang Micronics, Mylex, AMI, DTK, Hauppauge, Orchid Technology, Elitegroup, DFI, dan sejumlah produsen berbasis taiwan. Populer komputer pribadi seperti Apple II dan IBM PC telah diterbitkan skematik diagram dan dokumentasi lain yang diizinkan cepat reverse-engineering dan penggantian pihak ketiga motherboard. Biasanya dimaksudkan untuk membangun komputer baru yang kompatibel dengan contoh-contoh, banyak tambahan yang ditawarkan motherboard performa atau fitur lainnya dan digunakan untuk meng-upgrade pabrik peralatan asli. Istilah mainboard adalah archaically diterapkan pada perangkat dengan satu papan dan tidak ada tambahan atau kemampuan ekspansi. Dalam istilah modern ini akan mencakup embedded system, dan mengendalikan papan di televisi, mesin cuci dsb motherboard secara khusus mengacu pada Printed Circuit dengan kemampuan untuk menambah / memperluas kinerja / kemampuan dengan penambahan "daughterboards".

Sekilas
Kebanyakan motherboard komputer yang diproduksi saat ini dirancang untuk IBM-kompatibel komputer, yang saat ini mencapai sekitar 90% dari penjualan PC global. Sebuah motherboard, seperti backplane, menyediakan sambungan listrik di mana komponen-komponen lain dari sistem berkomunikasi, tapi tidak seperti backplane, itu juga menjadi tuan rumah central processing unit, dan subsistem dan perangkat lainnya. Motherboard juga digunakan di banyak perangkat elektronik lain seperti ponsel, stop-watch, jam, dan perangkat elektronik kecil lainnya. Tipikal komputer desktop memiliki mikroprosesor, memori utama, dan

komponen penting lainnya pada motherboard. Komponen lain seperti penyimpanan eksternal, kontroler untuk video layar dan suara, dan perangkat perangkat mungkin harus terpasang ke motherboard sebagai plug-in kartu atau melalui kabel, meskipun komputer modern ini semakin umum untuk mengintegrasikan beberapa dari peripheral ke motherboard itu sendiri . Sebuah komponen penting dari motherboard adalah pendukung mikroprosesor chipset, yang menyediakan antarmuka pendukung antara CPU dan berbagai komponen bus dan eksternal. Chipset ini menentukan, untuk suatu hal, fitur dan kemampuan dari motherboard ini. Motherboard modern mencakup, sekurang-kurangnya: soket (atau slot) di mana satu atau lebih mikroprosesor dipasang slots ke sistem yang memori utama yang terinstal (biasanya dalam bentuk DIMM yang berisi modul-modul DRAM chip) sebuah chipset yang membentuk sebuah antarmuka antara CPU's front-side bus, memori utama, dan perangkat bus non-volatile memory chips (usually Flash ROM dalam motherboard modern) yang berisi sistem firmware atau BIOS sebuah clock generator yang menghasilkan sistem sinyal clock untuk menyinkronkan berbagai komponen slot untuk kartu ekspansi (antarmuka ini ke sistem melalui bus didukung oleh chipset) konektor power berkedip-kedip, yang menerima tenaga listrik dari catu daya komputer dan mendistribusikannya ke CPU, chipset, memori utama, dan kartu ekspansi.

CPU soket
Sebuah CPU CPU soket atau slot adalah komponen listrik yang melekat pada papan sirkuit cetak (PCB) dan dirancang untuk rumah CPU (juga disebut mikroprosesor). Ini adalah tipe khusus soket sirkuit terpadu yang dirancang untuk menghitung pin sangat tinggi. Sebuah soket CPU menyediakan berbagai fungsi, termasuk menyediakan struktur fisik untuk mendukung CPU, memberikan dukungan untuk heat sink, memfasilitasi penggantian (serta mengurangi biaya) dan yang paling penting membentuk antarmuka listrik baik dengan CPU dan PCB. Soket CPU dapat paling sering ditemukan di sebagian besar komputer desktop dan server (laptop biasanya menggunakan mount permukaan CPU), khususnya yang berdasarkan pada arsitektur Intel x86 pada motherboard.

Integrated peripherals
Dengan terus mengalami penurunan biaya dan

ukuran sirkuit terpadu, sekarang mungkin untuk mengikutsertakan dukungan untuk banyak periferal pada motherboard. Dengan menggabungkan berbagai fungsi pada satu PCB, ukuran fisik dan biaya total sistem dapat dikurangi; sangatmotherboard terintegrasi dengan demikian sangat populer dalam faktor bentuk kecil dan anggaran komputer. Sebagai contoh, ECS RS485M-M, [6] yang khas anggaran modern motherboard untuk komputer berbasis AMD prosesor, memiliki dukungan onboard yang sangat besar untuk berbagai perangkat: • kontroler disk untuk floppy disk drive, up to 2 PATA drives, dan sampai dengan 6 SATA drives (including RAID 0 / 1 support) • terintegrasi ATI Radeon graphics controller mendukung grafis 2D dan 3D, dengan VGA dan TV output • kartu suara terintegrasi mendukung 8-channel (7.1) audio dan S / PDIF output • Fast Ethernet controller jaringan untuk 10/100 Mbit networking • USB 2.0 controller supporting up to 12 USB port • IrDA controller untuk komunikasi data inframerah (misalnya dengan IrDA enabled Cellular Phone atau Printer) • suhu, tegangan, dan sensor kecepatan kipas perangkat lunak yang memungkinkan untuk memantau kesehatan komponen komputer Kartu ekspansi untuk mendukung semua fungsi-fungsi ini akan berharga ratusan dolar bahkan satu dekade yang lalu, namun sebagai April 2007 seperti motherboard terintegrasi tinggi yang tersedia untuk sebagai sedikit sebagai $ 30 di Amerika Serikat.

Slot kartu Peripheral
Khas motherboard tahun 2009 akan memiliki jumlah koneksi yang berbedabeda tergantung pada standar. Motherboard ATX standar biasanya memiliki 1x PCI-E 16x sambungan untuk kartu grafis, 2x PCI slot untuk berbagai kartu ekspansi dan 1x PCI-E 1x yang pada akhirnya akan menggantikan PCI. Super standar ATX motherboard akan memiliki 1x PCI-E 16x sambungan untuk kartu grafis. Juga akan memiliki jumlah yang berbeda-beda PCI dan PCI-E 1x slot. Kadang-kadang dapat juga memiliki PCI-E 4x slot. Ini bervariasi antara merek dan model. Beberapa motherboard memiliki 2x PCI-E 16x slot, untuk memungkinkan lebih dari 2 monitor tanpa hardware khusus atau untuk memungkinkan penggunaan teknologi grafis khusus yang disebut SLI (untuk nVidia) dan CrossFire (untuk ATi). Ini memungkinkan kartu grafis untuk 2 dihubungkan bersama-sama, untuk memungkinkan performa yang lebih baik dalam tugas-tugas komputasi grafis intensif, seperti game dan video-editing.

Seperti tahun 2007 hampir semua motherboard datang dengan setidaknya 4x USB port di bagian belakang, dengan minimal 2 koneksi di papan internal untuk pengkabelan tambahan port depan yang dibangun ke dalam komputer kasus. Ethernet juga termasuk sekarang. Ini adalah standar kabel jaringan untuk menghubungkan komputer ke jaringan atau modem. Sebuah chip suara selalu disertakan pada motherboard, untuk memungkinkan output suara menjadi tanpa memerlukan komponen tambahan. Hal ini memungkinkan komputer untuk menjadi jauh lebih multimedia berbasis daripada sebelumnya. Sekarang mesin murah sering memiliki chip grafis yang dibangun dalam motherboard, bukan kartu yang terpisah.

Suhu dan keandalan
Motherboard umumnya udara yang didinginkan dengan heat sink sering dipasang pada chip yang lebih besar, seperti northbridge, motherboard modern. Jika motherboard ini tidak didinginkan sebagaimana mestinya, hal ini dapat menyebabkan komputer untuk kecelakaan. Pendingin pasif, atau satu kipas angin yang dipasang di power supply, sudah cukup bagi banyak CPU komputer desktop sampai akhir 1990-an; sejak saat itu, sebagian besar membutuhkan CPU fan terpasang pada heat sink, karena kenaikan kecepatan clock dan konsumsi daya. Kebanyakan motherboard memiliki konektor untuk kasus tambahan penggemar juga. Motherboard yang lebih baru telah terintegrasi sensor suhu untuk mendeteksi suhu motherboard dan CPU, dan dikontrol konektor kipas yang BIOS atau sistem operasi yang dapat digunakan untuk mengatur kecepatan kipas. Beberapa komputer bertenaga tinggi (yang biasanya memiliki prosesor kinerja tinggi dan besar jumlah RAM, serta kinerja tinggi kartu video) menggunakan sistem pendingin air, bukan dari banyak fan. Beberapa faktor bentuk kecil komputer dan home theater PC dirancang untuk tenang dan energi efisien kipas kurang membanggakan desain. Ini biasanya memerlukan penggunaan CPU berdaya rendah, serta tata letak hati-hati motherboard dan komponen lainnya untuk memungkinkan penempatan heat sink. Sebuah studi 2003 menemukan bahwa beberapa komputer palsu crash dan isu-isu reliabilitas umum, mulai dari gambar layar distorsi pada I / O read / write errors, tidak dapat dihubungkan ke perangkat lunak atau perangkat keras, tetapi untuk penuaan kapasitor pada motherboard PC. Akhirnya ini ditampilkan sebagai hasil dari perumusan elektrolit yang rusak. Motherboard menggunakan kapasitor elektrolit untuk menyaring daya DC didistribusikan di sekitar papan. Umur kapasitor ini pada tingkat bergantung pada suhu, sebagai berbasis air elektrolit menguap perlahan-lahan. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya kapasitansi dan malfungsi motherboard berikutnya karena tegangan ketidakstabilan. Sementara sebagian besar kapasitor diberi nilai

untuk tahun 2000 jam operasi pada 105 ° C, desain diharapkan kehidupan mereka berlipat ganda untuk setiap 10 ° C di bawah ini. Di 45 ° C seumur hidup 15 tahun dapat diharapkan. Hal ini tampaknya masuk akal untuk motherboard komputer, namun banyak produsen telah disampaikan di bawah standar kapasitor, Yang secara signifikan mengurangi harapan hidup. Kasus yang tidak memadai pendinginan dan temperatur tinggi dengan mudah memperuncing masalah ini. Hal ini dimungkinkan, tapi membosankan dan memakan waktu, untuk mencari dan mengganti kapasitor gagal pada PC motherboard; itu adalah lebih murah untuk membeli motherboard baru daripada membayar untuk perbaikan.

Form factor
Motherboard diproduksi dalam berbagai ukuran dan bentuk , beberapa di antaranya khusus untuk masing-masing produsen komputer. Namun, motherboard yang digunakan dalam IBM-kompatibel komputer komoditi telah dibakukan untuk memenuhi berbagai kasus ukuran. Seperti tahun 2007 kebanyakan komputer desktop motherboard menggunakan salah satu dari bentuk standar ini faktorbahkan yang ditemukan dalam Macintosh dan Sun komputer yang belum tradisional telah dibangun dari komponen-komponen komoditas. Laptop komputer umumnya menggunakan sangat terintegrasi, miniatur, dan disesuaikan motherboard. Ini adalah salah satu alasan bahwa laptop sulit untuk meng-upgrade dan mahal untuk perbaikan. Sering kali kegagalan salah satu komponen laptop memerlukan penggantian seluruh motherboard, yang biasanya lebih mahal daripada motherboard desktop karena banyaknya komponen yang terintegrasi.

Nvidia SLI dan ATI Crossfire
Nvidia SLI dan ATI CrossFire teknologi memungkinkan dua atau lebih dari seri yang sama kartu grafis dihubungkan bersama-sama untuk memungkinkan lebih cepat kemampuan pengolahan grafis. Hampir semua menengah hingga highend kartu nVidia dan paling high-end kartu ATi mendukung teknologi. Mereka berdua membutuhkan motherboard yang kompatibel. Ada kebutuhan yang jelas 2x PCI-E 16x slot untuk memungkinkan dua kartu untuk dimasukkan ke dalam komputer. Fungsi yang sama dapat dicapai dalam motherboard 650i oleh NVIDIA, dengan sepasang slot x8. Awalnya, tri-Crossfire dicapai pada kecepatan 8x dengan dua slot 16x dan satu 8x slot; meskipun dengan kecepatan yang lebih lambat. ATI membuka teknologi sampai dengan Intel pada 2006, dan semua chipset Intel baru sekarang mendukung Crossfire. SLI sedikit lebih eksklusif dalam kebutuhan. Hal ini membutuhkan sebuah motherboard dengan Nvidia seri chipset nForce sendiri untuk mengizinkannya untuk menjalankan (pengecualian: pilih Intel X58 motherboard berbasis chipset).

Penting untuk dicatat bahwa SLI dan Crossfire biasanya tidak akan skala untuk 2x kinerja kartu tunggal ketika menggunakan setup ganda. Mereka juga tidak dua kali lipat jumlah efektif atau memori VRAM bandwidth.

Bootstrap menggunakan BIOS
Motherboard mengandung beberapa non-volatile memori untuk menginisialisasi sistem dan load sebuah sistem operasi dari beberapa perangkat periferal eksternal. Mikrokomputer seperti Apple II dan IBM PC digunakan ROM chip, dipasang pada soket di motherboard. At power-up, prosesor pusat beban akan programnya counter dengan alamat boot ROM, dan mulai melaksanakan instruksi ROM, sistem menampilkan informasi di layar dan memori menjalankan pemeriksaan, yang pada gilirannya akan mulai loading memori dari perangkat eksternal atau perangkat (disk drive). Jika tidak tersedia, maka komputer dapat melakukan tugas-tugas dari memori lain toko atau menampilkan pesan kesalahan, tergantung pada model dan desain dari komputer dan versi BIOS. Paling modern desain motherboard menggunakan BIOS, disimpan dalam sebuah EEPROM chip yang disolder ke motherboard, untuk bootstrap motherboard. (Chip BIOS Socketed digunakan secara luas, juga.) Oleh boot pada motherboard, memori, sirkuit, dan perangkat yang diuji dan dikonfigurasi. Proses ini dikenal sebagai komputer Power-On Self Test (POST) dan mungkin termasuk pengujian beberapa perangkat berikut: - floppy drive - jaringan controller - CD-ROM drive - DVD-ROM drive - SCSI hard drive - IDE, EIDE, atau SATA hard drive - Eksternal USB perangkat penyimpanan memori Setiap perangkat di atas dapat disimpan dengan kode mesin instruksi untuk me-load sebuah sistem operasi atau program. Rujukan : -http:http://id.wikipedia.org/wiki/Memori_(komputer)

PSU
PSU adalah komponen yang memasok listrik ke komponen lain dalam komputer. Lebih khusus, unit suplai daya biasanya dirancang untuk mengkonversi untuk tujuan umum alternating current (AC) dari listrik utama (100-127V di

Amerika Utara, sebagian Amerika Selatan, Jepang, dan Taiwan; 220-240V di sebagian besar seluruh dunia) untuk digunakan rendah daya DC tegangan untuk komponen internal komputer. Beberapa pasokan listrik ada yang mempunyai switch untuk beralih antara 230 V dan 115 V. Model-model lain memiliki sensor yang otomatis tegangan input saklar secara otomatis, atau dapat menerima tegangan antara batas-batas tersebut. Komputer yang paling umum pasokan listrik yang dibangun agar sesuai dengan faktor bentuk ATX. Hal ini memungkinkan pasokan daya yang berbeda dapat dipertukarkan dengan berbagai komponen di dalam komputer. Catu daya ATX juga dirancang untuk menghidupkan dan mematikan menggunakan sinyal dari motherboard, dan menyediakan dukungan untuk fungsi-fungsi modern seperti modus siaga tersedia di banyak komputer. Terbaru spesifikasi standar ATX PSU sebagai pertengahan-2008 adalah versi 2.31. Perhatikan bahwa beberapa produsen, terutama Compaq dan Dell, telah menghasilkan pasokan listrik dengan menggunakan konektor yang sama seperti ATX tapi dengan tegangan yang berbeda pada berbagai pin; ketidakcocokan PSUs dan motherboard seperti itu dapat mengakibatkan kerusakan terhadap salah satu atau keduanya. Power rating Catu daya komputer dinilai berdasarkan daya output maksimum. Daya khas kisaran dari 300 W sampai 500 W (lebih rendah dari 300 W untuk sistem faktor bentuk Kecil) dan ditujukan untuk komputer rumah biasa, penggunaan yang terbatas pada internet-surfing dan membakar dan memainkan DVD [rujukan?]. Catu daya yang digunakan oleh kebanyakan para gamer dan penggemar berkisar dari 450 W hingga 1400 W. Khas fitur game PC power supplies di kisaran 500800 W, dengan PC yang lebih tinggi menuntut 800-1.400 W persediaan. Tertinggi unit-end hingga 2 kW kuat dan ditujukan terutama untuk server dan, pada tingkat yang lebih rendah, performa ekstrim komputer dengan banyak prosesor, beberapa hard disk dan beberapa kartu grafis (ATI CrossFire atau NVIDIA SLI). The power rating dari sebuah PC power supply yang tidak secara resmi bersertifikat dan diklaim oleh diri masing-masing produsen. [1] Sebuah cara yang umum untuk mencapai angka kekuatan untuk PC PSUs adalah dengan menambah daya yang tersedia pada setiap rel, yang tidak akan memberikan sosok kekuatan sejati. Oleh karena itu adalah mungkin untuk sebuah PSU overload pada satu rel tanpa harus menggunakan kekuatan nilai maksimum. Kadang-kadang produsen peringkat mengembang kekuasaan mereka, dalam rangka untuk memperoleh keuntungan di pasar. Hal ini dapat dilakukan karena tidak adanya standar yang jelas tentang penandaan pasokan listrik dan pengujian. Beberapa cara utama yang digunakan adalah ... [2] * Periklanan puncak kekuasaan, bukan kekuasaan terus-menerus;

* Menentukan output power terus menerus tidak realistis kemampuan pada temperatur rendah (pada suhu kamar sebagai lawan 40 ° C, yang lebih mungkin suhu di dalam kasus PC); * Periklanan daya total sebagai ukuran kapasitas, ketika sistem modern hampir sepenuhnya bergantung pada saat ini tersedia dari 12 volt line (s). Ini mungkin berarti bahwa jika:

* PSU A memiliki peringkat puncak dari 550 watt pada 25 ° C, dengan 25 amp (300 W) pada baris 12 volt, dan * PSU B memiliki rating yang terus-menerus dari 450 watt pada 40 ° C, dengan 33 amp (400 W) pada baris 12 volt, dan orang peringkat adalah akurat, maka PSU B harus dianggap sebagai sangat unggul unit, terlepas dari keseluruhan yang lebih rendah power rating. PSU A mungkin hanya mampu mengirimkan sebagian dari kekuatan diberi nilai di bawah kondisi dunia nyata. Kecenderungan ini telah membawa pada gilirannya untuk pasokan listrik sangat overspecified rekomendasi, dan kekurangan daya berkualitas tinggi pasokan dengan kapasitas yang wajar. Sangat sedikit komputer membutuhkan lebih dari maksimum 300-350 watt. [2] akhir yang lebih tinggi seperti server komputer dan mesin-mesin game dengan beberapa kekuatan tinggi GPU adalah di antara beberapa pengecualian. Penampilan Kebanyakan catu daya komputer adalah sebuah kotak logam persegi, dan memiliki seikat besar kawat yang muncul dari salah satu ujungnya. Berlawanan dengan kawat ikat adalah wajah kembali listrik, dengan ventilasi udara dan konektor IEC C14 untuk memasok listrik AC. Ada opsional dapat menjadi saklar daya dan / atau saklar pemilih tegangan. A label on one side of the box lists technical information about the power supply, including safety certifications maximum output power. Common tanda sertifikasi untuk keselamatan adalah tanda UL, GS menandai, TÜV, NEMKO, SEMKO, DEMKO, FIMKO, CCC, CSA, VDE, GOST R dan BSMI. Common sertifikat tanda untuk EMI / RFI adalah tanda CE, FCC dan C-tick. CE mark diperlukan untuk pasokan listrik yang dijual di Eropa dan India. Sebuah RoHS atau 80 PLUS dapat juga kadang-kadang dapat terlihat. Dimensi dari sebuah catu daya ATX adalah 150 mm lebar, 86 mm tinggi, dan biasanya kedalaman 140 mm, meskipun kedalaman dapat bervariasi dari merek ke merek. [sunting] Konektor Berbagai konektor dari PSU komputer.

Biasanya,

catu

daya

memiliki

konektor

berikut:

* PC Main power connector (biasanya disebut P1): Apakah konektor yang menuju motherboard untuk memberikan dengan kekuasaan. Konektor memiliki 20 atau 24 pin. Salah satu milik pin PS-ON kawat (biasanya hijau). Konektor ini adalah yang terbesar dari semua konektor. Pada catu daya AT lebih tua, konektor ini terbelah dua: P8 dan P9. Sebuah power supply dengan konektor 24-pin dapat digunakan pada motherboard dengan konektor 20-pin. Dalam kasus-kasus di mana motherboard ini mempunyai 24-pin konektor, sebagian pasokan listrik datang dengan dua konektor (satu dengan 20-pin dan lainnya dengan 4-pin) yang dapat digunakan bersama untuk membentuk konektor 24-pin. * ATX 12V 4-pin power connector (juga disebut konektor daya P4). Konektor kedua yang berlangsung pada motherboard (selain utama 24-pin konektor) untuk pasokan daya khusus untuk prosesor. Untuk high-end motherboard dan prosesor, lebih daya yang dibutuhkan, maka EPS12V memiliki sebuah 8 pin konektor. * 4-pin konektor power Peripheral (biasanya disebut Molex untuk produsen): Ini adalah yang lain, konektor yang lebih kecil yang pergi ke berbagai disk drive komputer. Sebagian besar dari mereka memiliki empat kabel: dua hitam, satu merah, dan satu kuning. Tidak seperti kabel listrik utama standar kode warna, masing-masing kabel hitam adalah tanah, kawat merah +5 V, dan kabel kuning adalah 12 V. Dalam beberapa kasus ini juga digunakan untuk menyediakan daya tambahan untuk kartu PCI seperti FireWire 800 kartu. * 4-pin konektor power Berg (biasanya disebut Mini-Konektor atau "miniMolex"): Ini adalah salah satu konektor terkecil yang memasok floppy drive dengan kekuasaan. Dalam beberapa kasus, dapat digunakan sebagai konektor tambahan untuk kartu video AGP. Konfigurasi kabel yang mirip dengan konektor periferal. * Auxiliary power konektor: Ada beberapa jenis konektor tambahan yang dirancang untuk memberikan daya tambahan jika diperlukan. * Kekuatan konektor Serial ATA: a 15-pin konektor untuk komponen-komponen yang menggunakan colokan power SATA. Konektor ini pasokan daya pada tiga tegangan berbeda: 3,3, 5, dan 12 volt. * 6-pin Kebanyakan catu daya komputer modern termasuk 6-pin konektor yang biasanya digunakan untuk kartu grafis PCI Express, tetapi yang baru diperkenalkan 8-pin konektor harus dilihat pada catu daya model terbaru. Setiap PCI Express 6-pin konektor output dapat maksimum 75 W. * 6 2 pin Untuk tujuan kompatibilitas ke belakang, beberapa konektor dirancang untuk digunakan dengan kartu grafis PCI Express fitur semacam ini konfigurasi pin. Hal ini memungkinkan baik kartu 6-pin atau 8-pin sebuah card yang terhubung dengan menggunakan dua koneksi yang terpisah modul terhubung ke sarungnya sama: satu dengan 6 pin dan lainnya dengan 2 pin. * Sebuah IEC C14 konektor dengan kabel C13 yang tepat digunakan untuk memasang power supply untuk daya lokal grid. http://id.wikipedia.org/wiki/VGA

Processor
Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor. Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu : • Aritcmatics Logical Unit (ALU) • Control Unit (CU) • Memory Unit (MU) Sejarah Perkembangan Mikroprocessor Dimulai dari sini : 1971 : 4004 Microprocessor Pada tahun 1971 munculah microprocessor pertama Intel , microprocessor 4004 ini digunakan pada mesin kalkulator Busicom. Dengan penemuan ini maka terbukalah jalan untuk memasukkan kecerdasan buatan pada benda mati. 1972 : 8008 Microprocessor

Pada tahun 1972 munculah microprocessor 8008 yang berkekuatan 2 kali lipat dari pendahulunya yaitu 4004. 1974 : 8080 Microprocessor Menjadi otak dari sebuah komputer yang bernama Altair, pada saat itu terjual sekitar sepuluh ribu dalam 1 bulan 1978 : 8086-8088 Microprocessor Sebuah penjualan penting dalam divisi komputer terjadi pada produk untuk komputer pribadi buatan IBM yang memakai prosesor 8088 yang berhasil mendongkrak nama intel. 1982 : 286 Microprocessor Intel 286 atau yang lebih dikenal dengan nama 80286 adalah sebuah processor yang pertama kali dapat mengenali dan menggunakan software yang digunakan

untuk processor sebelumnya. 1985 : Intel386™ Microprocessor Intel 386 adalah sebuah prosesor yang memiliki 275.000 transistor yang tertanam diprosessor tersebut yang jika dibandingkan dengan 4004 memiliki 100 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan 4004 1989 : Intel486™ DX CPU Microprocessor Processor yang pertama kali memudahkan berbagai aplikasi yang tadinya harus mengetikkan command-command menjadi hanya sebuah klik saja, dan mempunyai fungsi komplek matematika sehingga memperkecil beban kerja pada processor. 1993 : Intel® Pentium® Processor Processor generasi baru yang mampu menangani berbagai jenis data seperti suara, bunyi, tulisan tangan, dan foto. 1995 : Intel® Pentium® Pro Processor Processor yang dirancang untuk digunakan pada aplikasi server dan workstation, yang dibuat untuk memproses data secara cepat, processor ini mempunyai 5,5 jt transistor yang tertanam. 1997 : Intel® Pentium® II Processor Processor Pentium II merupakan processor yang menggabungkan Intel MMX yang dirancang secara khusus untuk mengolah data video, audio, dan grafik secara efisien. Terdapat 7.5 juta transistor terintegrasi di dalamnya sehingga dengan processor ini pengguna PC dapat mengolah berbagai data dan menggunakan internet dengan lebih baik. 1998 : Intel® Pentium II Xeon® Processor Processor yang dibuat untuk kebutuhan pada aplikasi server. Intel saat itu ingin memenuhi strateginya yang ingin memberikan sebuah processor unik untuk sebuah pasar tertentu. 1999 : Intel® Celeron® Processor Processor Intel Celeron merupakan processor yang dikeluarkan sebagai processor yang ditujukan untuk pengguna yang tidak terlalu membutuhkan kinerja processor yang lebih cepat bagi pengguna yang ingin membangun sebuah system computer dengan budget (harga) yang tidak terlalu besar. Processor Intel Celeron ini memiliki bentuk dan formfactor yang sama dengan processor Intel jenis Pentium, tetapi hanya dengan instruksi-instruksi yang lebih sedikit, L2 cache-nya lebih kecil, kecepatan (clock speed) yang lebih lambat, dan harga yang lebih murah daripada processor Intel jenis Pentium. Dengan keluarnya processor Celeron ini maka Intel kembali memberikan sebuah processor untuk sebuah pasaran tertentu. 1999 : Intel® Pentium® III Processor

Processor Pentium III merupakan processor yang diberi tambahan 70 instruksi baru yang secara dramatis memperkaya kemampuan pencitraan tingkat tinggi, tiga dimensi, audio streaming, dan aplikasi-aplikasi video serta pengenalan suara. 1999 : Intel® Pentium® III Xeon® Processor Intel kembali merambah pasaran server dan workstation dengan mengeluarkan seri Xeon tetapi jenis Pentium III yang mempunyai 70 perintah SIMD. Keunggulan processor ini adalah ia dapat mempercepat pengolahan informasi dari system bus ke processor , yang juga mendongkrak performa secara signifikan. Processor ini juga dirancang untuk dipadukan dengan processor lain yang sejenis. 2000 : Intel® Pentium® 4 Processor Processor Pentium IV merupakan produk Intel yang kecepatan prosesnya mampu menembus kecepatan hingga 3.06 GHz. Pertama kali keluar processor ini berkecepatan 1.5GHz dengan formafactor pin 423, setelah itu intel merubah formfactor processor Intel Pentium 4 menjadi pin 478 yang dimulai dari processor Intel Pentium 4 berkecepatan 1.3 GHz sampai yang terbaru yang saat ini mampu menembus kecepatannya hingga 3.4 GHz. 2001 : Intel® Xeon® Processor Processor Intel Pentium 4 Xeon merupakan processor Intel Pentium 4 yang ditujukan khusus untuk berperan sebagai computer server. Processor ini memiliki jumlah pin lebih banyak dari processor Intel Pentium 4 serta dengan memory L2 cache yang lebih besar pula. 2001 : Intel® Itanium® Processor Itanium adalah processor pertama berbasis 64 bit yang ditujukan bagi pemakain pada server dan workstation serta pemakai tertentu. Processor ini sudah dibuat dengan struktur yang benar-benar berbeda dari sebelumnya yang didasarkan pada desain dan teknologi Intel’s Explicitly Parallel Instruction Computing ( EPIC ). 2002 : Intel® Itanium® 2 Processor Itanium 2 adalah generasi kedua dari keluarga Itanium

2003 : Intel® Pentium® M Processor Chipset 855, dan Intel® PRO/WIRELESS 2100 adalah komponen dari Intel® Centrino™. Intel Centrino dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar akan keberadaan sebuah komputer yang mudah dibawa kemana-mana. 2004 : Intel Pentium M 735/745/755 processors Dilengkapi dengan chipset 855 dengan fitur baru 2Mb L2 Cache 400MHz system bus dan kecocokan dengan soket processor dengan seri-seri Pentium M sebelumnya. 2004 : Intel E7520/E7320 Chipsets

7320/7520 dapat digunakan untuk dual processor dengan konfigurasi 800MHz FSB, DDR2 400 memory, and PCI Express peripheral interfaces. 2005 : Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz Sebuah processor yang ditujukan untuk pasar pengguna komputer yang menginginkan sesuatu yang lebih dari komputernya, processor ini menggunakan konfigurasi 3.73GHz frequency, 1.066GHz FSB, EM64T, 2MB L2 cache, dan HyperThreading. 2005 : Intel Pentium D 820/830/840 Processor berbasis 64 bit dan disebut dual core karena menggunakan 2 buah inti, dengan konfigurasi 1MB L2 cache pada tiap core, 800MHz FSB, dan bisa beroperasi pada frekuensi 2.8GHz, 3.0GHz, dan 3.2GHz. Pada processor jenis ini juga disertakan dukungan HyperThreading. 2006 : Intel Core 2 Quad Q6600 Processor untuk type desktop dan digunakan pada orang yang ingin kekuatan lebih dari komputer yang ia miliki memiliki 2 buah core dengan konfigurasi 2.4GHz dengan 8MB L2 cache (sampai dengan 4MB yang dapat diakses tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power ( TDP ) 2006 : Intel Quad-core Xeon X3210/X3220 Processor yang digunakan untuk tipe server dan memiliki 2 buah core dengan masing-masing memiliki konfigurasi 2.13 dan 2.4GHz, berturut-turut , dengan 8MB L2 cache ( dapat mencapai 4MB yang diakses untuk tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power (TDP) -http://id.wikipedia.org/wiki/VGA

VGA Card
VGA, singkatan dari Video Graphics Adapter, adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis. Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apa pun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia. Selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih

digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Standar VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tetapi nyatanya VGA justru digantikan oleh Super VGA.

Rujukan : -http://id.wikipedia.org/wiki/VGA

Network interface card
Network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.

NIC fisik
NIC fisik umumnya berupa kartu yang dapat ditancapkan ke dalam sebuah slot dalam motherboard komputer, yang dapat berupa kartu dengan bus ISA, bus PCI, bus EISA, bus MCA, atau bus PCI Express. Selain berupa kartu-kartu yang ditancapkan ke dalam motherboard, NIC fisik juga dapat berupa kartu eksternal yang berupa kartu dengan bus USB, PCMCIA, bus serial, bus paralel atau Express Card, sehingga meningkatkan mobilitas (bagi pengguna yang mobile). Kartu NIC Fisik terbagi menjadi dua jenis, yakni: - Kartu NIC dengan media jaringan yang spesifik (Media-specific NIC): yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis berdasarkan media jaringan yang digunakan. Contohnya adalah NIC Ethernet, yang dapat berupa TwistedPair (UTP atau STP), Thinnet, atau Thicknet, atau bahkan tanpa kabel (Wireless Ethernet). - Kartu NIC dengan arsitektur jaringan yang spesifik (architecture-specific NIC): yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis, sesuai dengan arsitektur jaringan yang digunakan. Contohnya adalah Ethernet, Token Ring, serta FDDI (Fiber Distributed Data Interface), yang kesemuanya itu menggunakan NIC yang berbeda-beda. Kartu NIC Ethernet dapat berupa Ethernet 10 Megabit/detik, 100 Megabit/detik, 1 Gigabit/detik atau 10 Gigabit/detik. Tugas NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan. Media yang umum digunakan, antara lain adalah kabel UTP Category 5 atau Enhanced Category 5 (Cat5e), kabel fiber-optic, atau radio (jika memang tanpa kabel). Komputer dapat berkomunikasi dengan NIC dengan menggunakan beberapa metode, yakni I/O yang dipetakan ke memori, Direct Memory Access (DMA), atau memory yang digunakan bersama-sama. Sebuah aliran data paralel akan

dikirimkan kepada kartu NIC dan disimpan terlebih dahulu di dalam memori dalam kartu sebelum dipaketkan menjadi beberapa frame berbeda-beda, sebelum akhirnya dapat ditransmisikan melalui media jaringan. Proses pembuatan frame ini, akan menambahkan header dan trailer terhadap data yang hendak dikirimkan, yang mengandung alamat, pensinyalan, atau informasi pengecekan kesalahan. Frame-frame tersebut akan kemudian diubah menjadi pulsa-pulsa elekronik (voltase, khusus untuk kabel tembaga), pulsa-pulsa cahaya yang dimodulasikan (khusus untuk kabel fiber-optic), atau gelombang mikro (jika menggunakan radio/jaringan tanpa kabel). NIC yang berada dalam pihak penerima akan memproses sinyal yang diperoleh dalam bentuk terbalik, dan mengubah sinyal-sinyal tersebut ke dalam aliran bit (untuk menjadi frame jaringan) dan mengubah bit-bit tersebut menjadi aliran data paralel dalam bus komputer penerima. Beberapa fungsi tersebut dapat dimiliki oleh NIC secara langsung, diinstalasikan di dalam firmware, atau dalam bentuk perangkat lunak yang diinstalasikan dalam sistem operasi.

NIC logis
NIC logis merupakan jenis NIC yang tidak ada secara fisik dan menggunakan sepenuhnya perangkat lunak yang diinstalasikan di atas sistem operasi dan bekerja seolah-olah dirinya adalah sebuah NIC. Contoh dari perangkat NIC logis adalah loopback adapter (dalam sistem operasi Windows, harus diinstalasikan secara manual atau dalam sistem operasi keluarga UNIX, terinstalasi secara default, dengan nama interface lo) dan Dial-up adapter (yang menjadikan modem sebagai sebuah alat jaringan dalam sistem operasi Windows). Kartu NIC logis ini dibuat dengan menggunakan teknik emulasi. Rujukan : -http://id.wikipedia.org/wiki/kartu_jaringan

Perakitan
MENYIAPKAN CASING Bukalah kedua penutup samping casing dengan melepas keempat baut yang berada dibflakang casing. Simpanlah kedua penutup samping ditempat yang aman. MEMASANG PROCCESOR 1. Buka plastik penutup pada mainboard yang menutupi socket processor 2. Buka besi penutup dan tuas pengait dengan cara menekannya kemudian menarik tangkai socket ke atas

3. Masukan processor ke dalam socket dengan menjaga keadaan tangkai socket dan besi penutup ketika memasukkan processr 4. Ketika memasukan proccesor harus memperhatikan orientasi yang benar ,ada penunjuk khusus pada proccesor dan socket 5. Dorong kebawah CPU dan kembalikan tangkai socket keposisi semula 6. Letakkan headsink diatas CPU dan pasang pengikatnya dengan benar 7. Pasang kabel power untuk kipas kemainbord. Letak socketnya biasanya ada disebelah proccesor atau cari saja yang dituliskan CPU FAN MEMASANG MEMORY 1. Buka kancing socket 2. Periksa figure cetakan RAM 3. Masukan modul DDR SDRAM ke DIMM slot 4. Kunci atau tekan kembali kancing MEMASANG MAINBOARD Pasang plat penutup belakang sebagai tempat munculnya I/o port (PS2,USB,COM,Paralel,Soundcard). Ambil mainboard dan letakkan kedalam casing. Posisikan dengan mengepaskan lubang baut dialas. Lalu pasang baut-baut mainboard MEMASANG HARDDISK Harddisk yang kita pakai adalah jenis SATA. Ambil kabel yang berwarna merah. Pasang ujung yang satu pada mainbord sesuai dengan kedudukannya. Pasang harddisk sesuai dengan tempatnya,kemudian kencangkan dengan baut. Pasang ujung kabel yang satunya diharddisk MEMASANG KABEL DATA Pemasangan kabel data cukup mudah. Agar pemasangan pas,bagian yang tidak berlubang dari ujung kabel data harus dipaskan kebagian port yang tidak ada pinnya. Cara lain yang lebih sederhana yaitu dengan melihat penanda warna pada kabel. Bagian yang berwarna merah harus ditempatkan dekat socket power untuk harddisk lalu pasang ujung satunya pada socket IDE 1 pada mainboard yang berwarna biru

MEMASANG CDROOM Untuk menginstal CDROOM,langkah pertama adalah membuka kotak tempat CDROOM,kemudian masukkan CDROOM dari depan pasang baut sesuai dengan tempatnya agar CDROOM tidak goyah MEMASANG CONECTOR UNTUK PANEL 1. Pasang dengan teliti conector untuk panel depan casing 2. Posisi pin atau kaki conector tergantung pada mainboard (biasanya sudah tersedia namanya tertulis disekitar mainboard) MERAPIKAN KABEL Agar conector tidak mengenai kipas dan terlihat rapi maka conector tersebut harus dirapikan. Cara merapikan conector tersebut dengan mengikat menggunakan klem. Kelebihan klem dipotong menggunakan tang potong. Untuk menghidupkan kipas tambahan ,pasang conector powernya dengan conector power dari kotak power supply MEMASANG POWER SUPPLY Hubungkan conector kabel power yang berasal dari PSU keport power yang berada dimainboard. Port power biasanya berwarna putih dengan jumlah pin 12 buah. Biasanya letak port power berdampingan dengan socket floopy. Model mainboard modern seluruhnya telah menggunakan conector ATX yang diberi pengait,sehingga pemasangan conector power tidak mungkin terbalik.

Instalasi O/S windows
Sebelum menginstall ulang computer atau laptop, beberapa perangkat yang dibutuhkan antara lain Laptop atau komputer yang akan diinstall, cd installer Windows XP original, serta beberapa cd driver laptop atau komputer kamu. Langkah pertama nyalakan laptop kamu dan masukkan cd installer windows, cd harus dimasukkan pas pertama kali booting, jika sudah terlanjur masuk ke windows, restart-lah laptop kamu. Tunggu beberapa saat hingga pada layar laptop tertulis bacaan : Press any key to boot from CD… Pijit sembarang tombol untuk mem-boot laptop kamu dari CD. Sesaat kemudian laptop kamu akan men-loading file yang terdapat pada CD Installer. Tunggu hingga pada layar laptop kamu terdapat Welcome to Setup tekan Enter untuk continue/melanjutkan. Pada layar selanjutnya kita akan dimintai persetujuan oleh Microsoft Coorporation, tekan F8 bila kamu setuju dan ingin melanjutkan proses instalasi. Pada halaman selanjutnya kita akan diperlihatkan partisi yang terdapat pada hard disk di laptop kamu. Bila kamu ingin menformat ulang partisi tersebut karena alas an tertentu seperti terkena virus dll maka sorot partisi yang kamu ingin hapus dan format ulang lalu tekan D untuk menghapus partisi tersebut. Pilih kembali bagian

yang tidak dipartisi lalu buatlah partisi dengan ukuran yang kamu suka. Sorot partisi yang ingin kamu install windows ke dalamnya ( disarankan C: ), tekan Enter. Pada halaman selanjutnya pilih NTCS boleh yang quick atau yang tidak, tekan Enter. Laptop kamu akan masuk pada proses format hard disk. Tunggu beberapa saat setelah format hard disk selesai laptop kamu akan men-copy file-file installer dari cd ke laptop kamu. Setelah file-file installer tercopy laptop akan reboot secara otomatis. Biarkan laptop sampai muncul tampilan memilih regional setting. Bila kamu ingin laptop kamu bisa mensupport huruf kanji klik Customize lalu pilih Menu Languages lalu centang pada option Japanese and Chinese language. Lalu klik OK, laptop akan mencopy beberapa file tambahan kurang lebih 230 Mb. Dan bila laptop kamu berkeyboard jepang dan kamu ingin bisa menulis Kanji, klik kembali Customize lalu pilih Menu Languages lalu klik Details. Klik Add dan masukkan Keyboard Japan ke dalam kotak pilihan. Ubah Default dari English menjadi Japanese. Kembali pada menu Regional Setting, Klik Next untuk melanjutkan proses instalasi. Beberapa saat kemudian kamu akan diminta Nama dan Organisasi kamu. Kemudian kamu akan dimintai serial number dari produk Windows XP yang telah kamu beli. Setelah itu kamu akan dimintai setingan jam dan hari, isi menurut waktu yang berlaku saat itu. Klik Next dan kamuakan diberi option Typical Setting dan Custom Setting, pilih Typical Setting. Setelah selesai klik Nexk atau OK sehingga kamu akan menemui tulisan “Welcome to Microsoft Windows &ldquo

Instalasi O/S Linux
Sebelum instalasi Linux • Pastikan kita masih memiliki sisa harddisk minimal sebesar 1.5GB untuk Linux. Tidak apa-apa jika harddisk tsb. sudah terformat menggunakan Windows FAT32, kita bisa mengakali agar file system-nya nanti di ubah menjadi Linux. • Catat baik-baik semua data teknis periferal yang ada di komputer yang kita gunakan, seperti, ethernet card (LAN card), sound card, jenis harddisk, video card. Umumnya Linux Mandrake dapat secara otomatis mendeteksi card-card tersebut, hal ini hanya untuk berjaga-jaga kalau Mandrake gagal mendeteksi card periferal tsb. Cara paling sederhana & gampang untuk men-check data teknis peralatan / card periferal yang digunakan adalah menggunakan Windows melalui Start  Settings  Control Panel  System  Device Manager. Klik device yang kita inginkan & catat resources yang digunakan. • Setting BIOS diubah agar urutan booting menjadi FDD (floppy)  CDROM  HDD (harddisk). Untuk memasuki setting BIOS tekan ESC atau DEL pada saat booting pertama kali & cari bagian untuk setting urutan booting.

Siapkan Partisi Untuk Linux

Bagian ini merupakan bagian yang paling seru, merupakan seni tersendiri & sangat tergantung pada kebutuhan kita maupun kondisi awal harddisk yang akan kita instalasi. Minimal sekali Linux akan membutuhkan partisi: Directory / Mount / /home Swap File System Ext2 Ext2 Swap Ukuran 1 Gbyte 100Mbyte 64Mbyte

Proses setting partisi dapat dilakukan secara automatis oleh Linux atau secara manual.

Instalasi Linux
Masukan CD Linux Mandrake (CD 1) ke CD drive & booting komputer. Mohon di pastikan bahwa anda telah menset BIOS agar urutan booting adalah: FDD (floppy)  CDROM  HDD (harddisk). Jika booting dari CDROM Linux dapat dilakukan dengan baik maka anda akan melihat logo Linux Mandrake pada layar. Anda dapat langsung menekan tombol ENTER untuk melanjutkan proses instalasi.

Perlu saya ingatkan disini bahwa proses instalasi Linux, terutama bagi yang menggunakan distribusi Mandrake 8.0 sudah demikian mudahnya karena sebagian besar parameter-nya tinggal di klik OK saja karena Mandrake telah mendeteksi & menyiapkan yang terbaik. Di samping itu, sebagian parameter dapat di set ulang setelah Linux Mandrake terinstall menggunakan fasilitas Mandrake Control Center. Oleh karenanya kita tidak perlu takut akan menderita kesulitan yang berarti untuk menginstalasi Linux. Selanjutnya akan saya overview sedikit proses yang terjadi pada saat instalasi.

Terus terang, sebagian besar yang harus kita lakukan hanya menekan OK, Accept. Kalaupun kita harus menset sesuatu biasanya semua tertera dengan jelas pada layar. Layar pertama yang akan muncul adalah menanyakan bahasa apa yang ingin anda gunakan dalam operasi Linux. Sebagian orang akan memilih bahasa Indonesia yang kebetulan di sediakan juga di Linux Mandrake. Beberapa rekan, masih lebih menyukai untuk menggunakan bahasa Inggris karena terbiasa dengan bahasa Inggris. Tekan tombol OK untuk melanjutkan. Seperti hal-nya proses instalasi software lainnya, anda akan diminta untuk menerima perjanjian lisensi penggunakan software. Anda dapat membaca-nya baik-baik jika dibutuhkan & jika anda menerima perjanjian penggunaan software tersebut dapat menekan tombol ACCEPT. Karena Linux mempunyai banyak sekali koleksi software, maka ada beberapa pilihan instalasi yang dapat dilakukan. Oleh karena itu Mandrake memberikan pilihan apakah kita akan menginstall software yang recommended saja, atau untuk expert (ahli). Pada pilihan recommended hanya software yang diperlukan saja yang akan di install. Pada pilihan expert maka banyak software lainnya yang akan di install yang biasanya hanya dibutuhkan oleh orang yang ahli Linux (bukan user biasa). Bagi para pemula saya sarankan untuk memilih recommended agar sebagian besar proses akan di otomatisasi oleh Linux. Mungkin yang paling penting hanya pemilihan paket program yang akan digunakan, karena Linux membawa banyak sekali paket program. Tentunya sebaiknya anda memilih paket program yang anda butuhkan saja untuk menghemat harddisk. Pada dasarnya pola fikir yang digunakan tidak terlalu rumit, secara sederhana kita biasanya memfokuskan pada penggunaan workstation, server atau development. Masing-masing akan membutuhkan software yang berbeda sekali satu sama lain. Pada saat anda mencoba-coba Linux tidak ada salahnya sebanyak mungkin software di install agar dapat dicoba berbagai hal yang berkaitan dengan Linux. Biasanya cukup salah satu lingkungan grafik yang di install (saya biasanya memilih KDE) agar tidak menghabiskan banyak ruang di harddisk. Biasanya harddisk sebesar 1.5-1.9Gbyte cukup untuk menginstall cukup banyak software termasuk source code untuk development. Waktu instalasi semua paket software akan sangat tergantung pada jenis CD drive & komputer yang anda gunakan. Untuk komputer saya Pentium II 233MHz membutuhkan sekitar 45 menit s/d 1 jam untuk menginstall semua paket software yang saya inginkan. Pada beberapa kesempatan saya sempat menginstall di mesin Pentium III CD drive > 40x, ternyata membutuhkan hanya sekitar 5-10 menit-an untuk menginstalasi semua software yang saya butuhkan.

Setelah semua software di instalasi, anda akan di tanyakan password untuk root (user tertinggi) di mesin anda. Jangan sampai lupa password root, karena dengan root anda dapat melakukan apa saja di komputer anda ini. Kemudian secara bertahap kita dapat memasukan user untuk komputer yang akan kita gunakan. Informasi nama, username, password untuk masing-masing user harus dimasukan secara manual satu per satu. Sebaiknya untuk penggunaan sehari-hari gunakan user non-root untuk menjaga jangan sampai kita mengubah konfigurasi system secara tidak sengaja. Kita akan di sodorkan beberapa pilihan untuk menset layar monitor, resolusi, tingkat warna-nya dll. Biasanya semua sudah di set dengan baik oleh software DrakX. Sehingga kita hampir tidak perlu melakukan apa-apa kecuali menekan tombol OK. Untuk aman-nya pengalaman saya dalam pemilihan monitor yang di Linux, saya biasanya menggunakan setting generic untuk non-interlace monitor jika ingin memperoleh resolusi di atas 800x600.

Local Area Network
Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot. Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai. CIRI-CIRI LAN l Berkerja di area geografis yang terbatas l Dapat digunakan multi-access hingga high-bandwidth media l Administrasi dilakukan melalui administrator local

PERANGKAT LAN l Repeater l Bridge l Router l Hub l LAN Card ARSITEKTUR JARINGAN LAN l Client-Server Communication Terdapat komputer Server dan komputer Client dalam jaringan ARSITEKTUR JARINGAN LAN l Peer To Peer Communication Setiap komputer pada jaringan Peer to Peer berfungsi sebagai client dan server KEUNTUNGAN LAN l Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (File Sharing) l Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua client (Printer Sharing) l File data yang keluar/masuk dari/ke server dapat di kontrol. l Proses backup data menjadi lebih mudah dan cepat Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut : - Mempunyai pesat data yang lebih tinggi - Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit - Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut. CIRI-CIRI WAN l Berkerja di area geografis yang luas l Dapat diakses melalui Serial Interface dengan kecepatan yang rendah

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful