P. 1
Cover

Cover

|Views: 251|Likes:
Published by Anika Permata Sari

More info:

Published by: Anika Permata Sari on Nov 03, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/24/2014

pdf

text

original

Tugas Kelompok Mk: Bahasa Inggris 2010

Hari Tanggal

: Sabtu : 17 April

TRYING DON’T SURENDER Oleh :
Amelia Suciana Anika Permatasari Dewi Sri Astuti Eko Suhendri Juwita Winata Maya julita sari Sri Suwarni Dosen Pembimbing : Linda Margaretha, SSi, Mkes Helmi Fitri, Amd. TW Yessi Marlina, SGz

Departemen Kesehatan Republik Indonesia Politeknik Kesehatan Depkes Riau Jurusan Gizi 2010

Kemurnian tepung dapat di tentukan secara mikropis karena setiap tepung mempunyai bentuk granula yang berbeda. tepung maizena.1 Latar Belakang Tepung merupakan sumber karbohidrat penting dalam pembuatan makanan. Dipasaran beras djual eceran atau dalam pembungkus rapi dengan berbagai merek.BAB I PENDAHULAN 1. Proses ini disebut gelantinisasi. tepung hunkue dan lain – lain.2 Tujuan Tujuan Instruksional Umum Pada akhir pratikum diharapkan mahasiswa dapat melihat penyimpanan ditempat mana tepung dan ketan yang aman untuk disimpan yang tidak menunjukan tanda kerusakan. Tempat penyimpanan ketan harus bersih dan kering. keras dan kering serta tidak bercampur dengan beras. Jika ketan lembab harus dijemur agar tidak berulat. Tepung beras dibuat dari beras giling atau di tumbuk halus dan dikeringkan sehingga dapat tahan lama. Ketan yang baik adalah ketan yang butirannya utuh. tepung beras . Tepung terbuat dari jenis padi – padian dan umbi – umbian melalui proses beberapa tahap sampai menjadi tepung yang kering. Tepung tidak larut dalam air dan bila di panaskan dan sambil diaduk akan mengental. 1. Tujuan Instruksional Khusus 1. Mahasiswa dapat mengetahui tanda – tanda kerusakan tepung dan serealia 2. Termasuk makanan bayi atau balita. tepung tapioka . Melihat seberapa lama bahan pangan tersebut dapat disimpan . Terdapat banyakl jenis tepung misalnya tepung terigu. Mengamati tepung dan ketan diberbagai media penyimpanan 3.

kecambah kacang hijau biasa kita kenal dengan tauge. Kacang hijau termasuk dalam golongan polong-polongan. Berbagai makanan seperti onde-onde. Kacang hijau merupakan salah satu makanan populer di Indonesia. Nagasari Hunkwe sampe Es Cendol. Kacang hijau dalam bentuk kecambah mengandung enzim-enzim aktif salah . Menjadi bahan baku pembuatan soun ato vermicelli. berbeda dengan jenis kacang-kacangan. Kue Cantik Manis. dan mie soun. kacang hijau sudah sangat familiar. Namun hati-hati dalam mengolah kacang hijau supaya Anda tidak kehilangan manfaat nutrisinya. es krim tradisional. bubur dapat terbuat dari kacang hijau. Yang lebih istimewa kacang hijau dapat dijadikan tepung biji kacang hijau atau yang biasa disebut tepung hunkwe. Kacang hijau juga sangat mudah berkecambah. kacang hijau dapat Anda temui hampir di semua masyarakat kita sebagai salah satu makanan yang sering dikonsumsi. masih tergolong juga gluten-free.BAB II TINJAUAN PUSTAKA Tepung hunkwe/Tepung kacang hijau/Mungbean Flour. kolak. Di Indonesia. Tepung hunkwe digunakan dalam pembuatan berbagai jenis kue. Kacang hijau dapat diolah dalam berbagai makanan yang lezat.Kalau di Indonesia biasa dipake untuk kue tradisional seperti Puding Hunkwe.

• Rendah karbohidrat Karbohidrat yang terkandung dalam kacang hijau adalah 19 gr/100 gr.6 gr/100 gr. • Tinggi kandungan serat Kacang hijau memiliki kandungan serat yang tinggi sekitar 7.1 Latar Belakang .satunya amilase yang membantu dalam metabolisme karbohidrat. Selain rasanya yang gurih dan lezat. Serat berguna untuk membantu melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi. Protein yang terkandung memiliki asam amino lengkap. tetapi asam aminonya sebagian dalam bentuk bebas yang cepat diserap tubuh. Protein pada kecambah kacang hijau sudah berkurang jumlahnya yaitu hanya 3 gr/100 gr. Cukup rendah dan baik untuk dikonsumsi dalam program diet maupun program muscle building BAB I PENDAHULUAN 1. Kacang hijau mengandung protein tinggi sebanyak 7 gr/100 gr. Kandungan serat ini mencukupi kebutuhan serat harian Anda sebesar 30%. Tinggiprotein Kacang hijau merupakan sumber alternatif protein nabati. kacang hijau dan kecambahnya memiliki banyak manfaat bagi Kandungan Nutrisi Kacang Hijau • kesehatan.

buah dan sayuran. Mengenal tipe tepung yang akan digunakan sangat penting untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Manfaat tanaman kacang – kacangan yaitu sebagai bahan pangan.Penyimpanan hasil pertanian dirasakan perlu dilakukan setelah terjadinya perubahan teknik bercocok tanam yang selalau berpindah ke teknik bercocok tanam yang lebih maju. sebagai bahan baku industry. beras. Selama penyimpanan bahan makanan juga mengalami perubahan kimia dan biokimia serta fisik dan terjadinya perubahan – perubahan tergantung pada lama penyimpanan. Tindakan penyimpanan bahan makanan dimaksudkan untuk memperpanjang usia bahan makanan tersebut sehingga dapat digunakan dalam waktu yang relative panjang. penting untuk diketahui jenis tepung yang cocok 1.Tepung yang banyak digunakan pada dasarnya berasal dari gandum. Masalah yang dihadapi dalam penyimpanan makanan sangat bervariasi tergantung pada tingkat teknologi yang dimiliki. Tepung adalah partikel padat yang berbentuk butiran halus atau sangat tergantung pemakaiannya. Agar berhasil saat membuat kue. dapat sebagai pengendali persediaan makanan sehingga terhindar dari kekurangan makanan. Pemanfaatan tanaman kacang – kacangan bukan hanya untuk memenuhi kepentingan konsumsi semata. tetapi juga bermanfaat bagi kelestarian lingkungan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperpanjang usia bahan makanan. Tanaman kacang – kacangan memililki manfaat yang sangat banyak.2 Tujuan Mampu melakukan penyimpanan bahan makanan serealia dan kacangkacanga BAB II TINJAUAN PUSTAKA . walau terdapat jua tepung berasal dari jagung. sebagai pakan ternak. Kondisi penyimpanan yang kurang baik dapat mengakibatkan penurunan mutu bahan pangan. Disamping itu pengalaman sejarah menunjukkan bahwa penyimpanan bahan makanan memberikan keuntungan seperti dapat terhindar dari kerusakan yang merugikan. dan sebagai pelestari lingkungan. jenis bahan makanan dan cara penyimpanan yang dilakukan.

Produk olahan dari kedelai memiliki kandungan gizi berbeda-beda. kadar vitamin tertentu. kedelai menjadi sumber gizi protein nabati utama. Tahu pada dasarnya terdiri dari protein dan air sehingga tinggi kadar proteinnya.(Sumarno. tahu dan tempe. Sebaliknya. tetapi juga mengandung lemak. Kacang kedelai merupakan salah satu sumber protein nabati dan minyak nabati bagi tubuh. kadar serat dan lain-lain. mineral dan memiliki daya cerna yang baik.Di Indonesia. Untuk menentukan nilai gizi suatu makanan sebaiknya diukur dengan kadar kandungan tertentu. makanan yang rendah kadar lemak dianggap lebih baik dibandingkan dengan makanan yang tinggi kadar lemaknya. Kembang tahu mengandung protein dan lemak yang relatif tinggi. Pemuliaan serta domestikasi belum berhasil sepenuhnya mengubah sifat fotosensitif kedelai putih. Bagi orang yang sedang diet. Sementara tempe tidak hanya mengandung protein tinggi.Kecap dan susu kedelai mengandung protein dan lemak yang tidak terlalu tinggi (kadar protein dan kadar lemak kurang dari 5 persen). vitamin. meskipun Indonesia harus mengimpor sebagian besar kebutuhan kedelai. Kedelai adalah salah satu tanaman polong-polongan yang menjadi bahan dasar banyak makanan seperti kecap. Penyimpanan bahan makanan bertujuan : • Untuk menjaga kestabilan komposisi sifat dari bahan makanan hasil olahan . misalnya kadar protein.(ir.Suprapto. Ini terjadi karena kebutuhan Indonesia yang tinggi akan kedelai putih.1982) Nilai gizi suatu makanan sebaiknya juga dikaitkan dengan tujuan mengkonsumsi makanan itu.1990) Produk-produk yang dibuat dari kedelai umumnya memiliki kadar protein relatif tinggi. Kedelai putih bukan asli tanaman tropis sehingga hasilnya selalu lebih rendah daripada di Jepang dan Cina. kadar lemak. Tauco mengandung protein dan lemak dari kedelai. bagi yang kekurangan energi lebih baik mengkonsumsi makanan yang tinggi kadar lemaknya.

mie. kadar mineral. Penyimpanan biji-bijian merupakan tahapan proses untuk menyelamatkan bibi-bijian tersebut dari kegagalan atau penurunan kualitas dan menunggu proses selanjutnya. Anda tambahkan 1 atau 2 buah cabai merah kering dalam wadah penyimpannya. kadar vitamin. besar kemungkinan tahu tersebut sudah diberi pengawet. tempe memiliki kadar protein. ( Aldiano. Semakin rendah zat anti gizi. roti. Kadar zat anti gizi pada tempe juga rendah. Penyimpanan Produk kedelai memiliki daya tahan berbeda.1985 ) Secara keseluruhan di antara produk-produk di atas. Dapat pula. . Agar kacang kedelai dan beras ketan bebas dari kutu saat disimpan lama.• • • Untuk menstabilkan persediaan pangan Untuk menghindari kehilangan pasca panen Untuk meningkatkan kemampuan daya tahan. demikian pula cara penyimpanannya. Untuk itu sebaiknya susu kedelai segera disimpan di dalam lemari es setelah dibeli atau dibuat. walaupun seringkali penyimpanan merupakan proses penghentian sementara apabila proses sebelumnya belum selesai. misalnya proses pengeringan. maka semakin bagus kandungan gizi pada suatu makanan. Susu kedelai juga tidak tahan lama. caranya cukup mudah. Pada suhu ruang. lalu tutup rapat. kecuali produk susu kedelai yang sudah disterilkan dalam kemasan. tahu hanya dapat tahan setengah hari atau satu hari. misalnya proses pengangkutan. kadar serat dan daya cerna yang tinggi. penyimpanan merupakan tahap “menunggu” proses selanjutnya. Tahu sebaiknya disimpan di lemari es dan dapat tahan selama beberapa hari. Tahap penyimpanan ini sebaiknya dilakukan setelah proses pengeringan biji-bijian.1962) Tepung merupakan bahan dasar pembuat kue. Jika tahu dapat tahan lebih dari satu hari pada suhu ruang. dan pasta.(Norman. kadar lemak. Tepung merupakan sumber karbohidrat yang sangat penting dalam pembuatan makanan.

6. Ada yang merekomendasikan sebaiknya tepung digunakan tidak lebih dari 6 bulan. berubah warna. atau makanan lainnya dengan bau yang keras. bawang bombay.(Kusmiati.net/Bread/FlourTypes. Semua tepung. 4. Tepung baik disimpan dalam tempat yang sejuk dan kering. Jika tepung disimpan dengan cara ini. 2. diberi label dan di tempatkan di freezer dengan suhu 0 degrees F.termasuk makanan bayi/balita. tekstur dan vitamin yang terkandung dalam bahan. Buang tepung jika sudah berbau busuk. warna. akibat terjadinya reaksi-reaksi kimia. Fungsi lain dari tepung adalah memberikan bentuk dan isi sebagai bahan pengikat dan bahan pengental. Simpan whole wheat flour di kulkas.1992) Cara Penyimpanan Tepung : 1. 5. Sebaiknya jua jangan mencampur tepung yang baru dengan tepung yang lama. maka tepung dapat digunakan selama beberapa tahun. Tepung harus disimpan tertutup untuk mencegah bau-bau dan terhindar dari seragga dan tikus. . Tepung selalu tersedia di supermarket. 3. sebaiknya dibeli dalam jumlah yang cukup selama dua sampai tiga bulan. tepung dapat dibungkus kebab uara. container yang lembab. Jangan menyimpan tepung di dekat bubuk sabun. termasuk tepung putih. mempunyai usianya. atau tercampur dengan kuman. Jika freezer tersedia. (http://whatscookingamerica. cita rasa.htm) Faktor–faktor yang mempengaruhi mutu pada penyimpanan bahan makanan olahan : Suhu penyimpanan • Suhu penyimpanan yang terlalu tinggi dapat meningkatkan kerusakan. Bekukan tepung selama 48 jam sebelum disimpan akan membunuh kuman atau telur serangga yang sudah ada di tepung.

Masukan O2 Bahan makanan hasil olahan fermentasi dihindarkan dari masukan O2 Kelembapan ruang penyimpanan Kegiatan respirasi Jenis-jenis kerusakan yang terjadi pada bahan makanan karena penyimpanan yang tidak tepat. Makanan yang dikalengkan. bahan dalam wadah akan memuai sebagai ruang vakum diwadah menjadi lebih kecil. Kerusakan kimia Kerusakan yang disebabkan karena kerusakan kimia Kerusakan mekanik Kerusakan yang terjadi karena penanganan yang tidak tepat BAB III METODE 3.1 Alat dan Bahan Alat : • Karung kain • Kaleng • Keranjang . bila suhu ruang penyimpanan baik.tengik dan berjamur. Sinar/cahaya Untuk produk olahan yang mengandung lemak tinggi dihindarkan penyimpanan sinar/cahaya. antara lain : • • • Kerusakan biologis Adanya hama atau serangga pada bahan makanan.• • Bakteri yang tidak hancur selama proses sterilisasi cenderung untuk tumbuh dan berkembang biak. bila itu terjadi lemak akan rusak.

• Plastik aluminium foil kering kertas Bahan : • Kacang tanah 1 ½ kg • Hunwe 2 bks .

kaleng dan keranjang.2 Prosedur 1. Penyimpanan Hunkwe Hunkwe Dibagi 3 dan masukkan kedalam karung kain. .3. Penyimpanan kacang tanah Kacang tanah Dibagi 3 dan masukkan kedalam karung kain. kaleng dan keranjang. Simpan Di Tempat Kering Lakukan Pengamatan Setiap Minggu Pengamatan di Hentikan apabila sudah Menunjukan Tanda Kerusakan 2.

swadaya.Universitas Indonesia Ir.jakarta Ny. Ilmu Pangan.Suprarto. kacang-kacangan.pusat penelitian pertanian bogor .Kusmiati.Jakarta Norman.1962.1990.Simpan Di Tempat Kering Lakukan Pengamatan Setiap Minggu Pengamatan di Hentikan apabila sudah Menunjukan Tanda Kerusakan DAFTAR PUSTAKA Aldino. bertanam kedelai.1995.Jakarta. aneka kue dari tepung.Balai pustaka.1985.

htm. . deskripsi varietas unggulkacang-kacangan. pusat penelitian pertanian bogor http://whatscookingamerica.1982.Sumarno.net/Bread/FlourTypes.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->