³HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SDN

GUNUNGGANGSIR II KECAMATAN BEJI KABUPATEN PASURUAN´

³Metode Penelitian Pendidikan´

Oleh WILDA HANIM NIM: 07.A.60.081 Semester: IV ± A

Dosen Pembimbing: Drs. H. Sami¶uddin, M.Si

JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM PANCAWAHANA BANGIL. 2010

KATA PENGANTAR

Dengan puji syukur kehadirat Allah Swt yang memberikan petunjuk, nikmat, karunia dan hidayahNya sehingga dapat menyelesaikan tugas ini. Sholawat serta salam kita sanjungkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah membimbing manusia dari jalan kegelapan menuju jalan yang diridhoi oleh Allah. Dalam penulisan tugas ini saya menyadari masih begitu banyak kekurangan, maka saya menyadari bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna kecuali hanya Allah semata, dan penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun serta nasehat yang berguna demi perbaikan tugas ini. Dengan terselesaikannya tugas ini tak lupa saya sampaikan kepada ibu tersayang dan calon suami saya yang selalu mendorong saya untuk selalu bersemangat. Akhirnya semoga amal baik yang telah Bapak / ibu berikan kepada saya mendapat balasan yang sebaik mungkin dari Allah. Amin«

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah. Masalah pendidikan, khususnya Pendidikan Agama Islam merupakan tanggung jawab bagi setiap orang tua selaku pemimpin sekaligus pendidik dalam keluarganya. Ini bukan berarti bahwa orang tua dituntut untuk terjun langsung memberi / mengajar kepada anak-anaknya, tetapi yang dimaksud ialah bagaimana agar orang tua bisa memberikan bimbingan serta motivasi dan kesempatan kepada anak-anaknya agar bisa memperoleh / menerima pendidikan yang dibutuhkan. Di dalam keluarga , orang tua mempunyai peranan dan tanggung jawab yang besar sekali atas berhasil atau tidaknya pendidikan yang diberikan kepada anakanaknya. Hal itu jelas sekali bila diamati dari segi kehidupan anak itu sendiri. Mereka anak-anak memperoleh pendidikan pertama sekali dari dalam keluarganya dan orang tua sendirilah yang menjadi pendidikan utama dan pertama. Pada prinsipnya anak yang selalu mendapatkan motivasi serta perhatian dari orang tuanya akan cenderung memperoleh prestasi belajar yang baik. Anak yang dibiarkan tanpa diberi motivasi / dorongan kecil kemungkinannya akan tumbuh kesadaran untuk tekun dalam belajarnya dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam.

B. Rumusan masalah Bertitik tolak pada judul, maka dapat diangkat pokok permasalahan sebagai berikut: 1. Bagaimana motivasi yang diberikan orang tua terhadap siswa SDN Gununggangsir 2 kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan?

2. Bagaimana prestasi belajar pendidikan Agama islam SDN Gununggangsir 2 kecamatan Beji kabupaten Pasuruan? 3. Adakah pengaruh motivasi orang tua terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SDN Gununggangsir 2 Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan?

C. Tujuan Penelitian 1. Untuk mengetahui motivasi yang diberikan orang tua terhadap siswa SDN Gununggangsir 2 kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan 2. Untuk mengetahui prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SDN Gununggangsir 2 Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan. 3. Untuk mengetahui pengaruh motivasi orang tua terhadap protes prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SDN Gununggangsir 2 Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan.

D. Kegunaan Penelitian 1. Untuk mengetahui pengaruh motivasi orang tua terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SDN Gununggangsir 2 kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan sehingga dapat bermanfaat bagi orang tua siswa agar lebih memperhatikan bimbingan yang diberikan kepada anak-anaknya. 2. Untuk mengamalkan salah satu tugas Tri Darma perguruan tinggi dalam bidang penelitian dan sekaligus sebagai syarat guna memperoleh gelar sarjana (Strata 1) dalam ilmu Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam Pancawahana Bangil Pasuruan.

E. Hipotesis Hipotesis adalah pernyataan yang masih lemah kebenarannya dan masih perlu dibuktikan kenyataannya. Jika hipotesis telah dibuktikan kebenarannya namanya bukan lagi hipotesis melainkan suatu tesis. Adapun hipotesis yang diajukan adalah: ³Ada hubungan antara motivasi orang tua dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam anak di SDN Gununggangsir 2 Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan.´ ³Tidak ada hubungan antara motivasi orang tua dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam anak di SDN Gununggangsir 2 Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan.´

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful