FEMINISME GENRE

Kelompok IV Abdul Natsir Hakam Al Muzzammil Yusuf Firda Zulkifli Usman (Teory Perspektif Komunikasi) Sekolah Pascasarjana Universitas Sahid-Jakarta.

woman in the world
di kebudayaan Hindu wanita tidak berbeda dengan budak di kebudayaan Yunani wanita tidak lebih seperti barang belian yang dimiliki oleh suaminya setelah dibeli atau oleh walinya di Romawi wanita hanya dianggap sebagai objek seksual oleh kaum pria

wanita yang menjadikan dirinya sendiri budak wanita yang menjadikan dirinya sendiri barang belian wanita yang menjadikan dirinya sendiri sebagai objek seksual

sejarah feminisme
GELOMBANG PERTAMA
Di awali dengan gerakan kelompok study ilmiah yang di pelopori oleh lady mary wotrley montagudan dan morqois de condorcet. Perkumpulan masyarakat ilmiah untuk perempuan pertama kali didirikan di Middleburg kota di bagian selatan belanda pada tahun 1785. Menjelang abad ke 19 Feminisme menjadi gerakan yang cukup mendapakat perhatian dari kaum perempuan kulit putih di eropa, perempuan di negara eropa memperjuangkan apa yang mereka sebut dengan universal sisterhood.

sejarah feminisme
Secara Etimologis kata feminisme di kreasikan pertama kali oleh aktivis sosialis utopis Charles Fuorier pada tahun 1837. Pergerakan center Eropa ini berpindah ke Amerika dan berkembang pesat setelah publikasi John Stuart Mill dalam tulisannya the subjection of women(1869), perjuangan mereka menandai kelahiran feminisme gelombang pertama.

sejarah feminisme Gerakan ini di anggap perlu saat itu mengingat ada fakta sejarah yang secara umum menjelaskan pendiskreditan kaum wanita dan di nomor duakan daripada laki-laki. Tapi pada tahun-tahun 1830-1840 hak-hak kaum perempuan semakin diperhatikan dan mereka dapat merasakan yang selama ini hanya dirasakan kaum laki-laki. . baik dalam bidang sisial. Tetapi situasi itu berubah drastis pada saat datangnya era liberalisme di Eropa dan terjadinya revolusi prancis di abad ke XVIII yang kemudian melanda Amerika Serikat dan keseluruh dunia. pendidikan. dll.

dari latarbelakang inilah yang memicu berkembangnya gerakan untuk menaikkan derajat kaum perempuan. . tapi gaungnya masih kurang keras.sejarah feminisme Kondisi seperti ini diperparah lagi dengan adanya Fundamentalisme Agama yang cenderung melakukan opresi terhadap kaum perempuan. banyak isi khotbah yang menempatkan perempuan sebagai makhluk yang harus tunduk pada suami. baru setelah di Amerika terjadi revolusi sosial dan politik gaungnya lebih mencuat.

Gerakan feminisme adalah gerakan pembebasan perempuan dari: rasisme. seksisme. penindasan perempuan. . dan phalogosentrisme. Mary Wollstonescraft meletakkan dasar-dasar feminisme yang dalam perkembangannya. kaum feminis mengakui beliau sebagai nenek moyang paham tersebut dalam sebuah karya tulisnya yang terkenal ´Vindication of the right of Womanµ. stereotyping.sejarah feminisme Tahun 1792.

. tahun ini merupakan awal bagi para perempuan mendapatkan hak-hak berpolitik. puncaknya ketika perempuan memiliki hak suara parlemen.sejarah feminisme GELOMBANG KEDUA Feminisme gelombang kedua lahir setelah perang dunia kedua tahun 1960. Pelopor pada gelombang kedua ini adalah para feminis prancis seperti Helene Cixous(Yahudi yang menetap di perancis kelahiran Al Jazair). Julia Kristeva(seorang Bulgaria menetap di perancis) bersamaan dengan kelahiran dekontruksionis.

dan amerika Selatan. banyak feminis individualis kulit putih. dengan asumsi ini maka perempuan dunia ketiga menjadi objek analisis mereka. Karena sebelum perang dunia II para perempuan dunia ketiga masih dalam kelompok yang bisu(Muted Group). Afrika. meskipun tidak semua mengarahkan penelitiannya pada perempuan-perempuan di dunia ketiga. perempuan dunia pertama melihat bahwa mereka perlu menyelamatkan perempuan-perempuan dunia ketiga. dengan asumsi bahwa semua perempuan adalah sama. Dengan keberhasilan gelombang kedua ini. . Asia.sejarah feminisme Lebih spresifik.

feminisme di amerika PERKEMBANGAN FEMINISME DI AMERIKA Gaung feminisme lebih keras bergaung di amerika setelah terbitnya bukuµThe Feminine Mystiqueµ yang ditulis oleh Betty Friedan tahun 1963. dalam bidang perundangan tulisan Betty mendorong dikeluakannya Equal Pay Right(1963) yang mengatur masalah pekerjaan dan gaji bagi perempuan. dan Equal Right Act(1964) yang mengatur hak pilih perempuan dalam segala bidang. buku ini berdampak luas terlebih setelah Betty mendirikan sebuah organisasi wanita National Organization For Women(NOW) tahun 1966 yang kemudian merambat ke segala bidang. .

lembaga ini mengamati bahwa peran kaum wanita dan laki-laki di dunia kapitalis terutama di Amerika seperti penjajah dan yang dijajah. dibentuklah Student For A Democratic Society(SDS). kemudian mulai muncul feminisme radikal dengan membentuk Women Liberation·s Workshop.feminisme di amerika Tahun 1967. . yang mengadakan konvensi di Ann Arbor kemudian di Chichago.

gema pembebasan ini mendapat sambutan diseluruh dunia. Development. . Tahun 1975 masalahµGender. dan Equalityµsudah dicanangkan sejak konferensi perempuan sedunia pertama di Mexico City.feminisme di amerika Tahun 1968. kelompok ini secara terbuka memprotes diadakannyaµMiss American Pegeantµdi Atlantic City yang mereka anggap sebagai pelecehan terhadap kaum wanita dan komersialisasi tubuh perempuan.

Menawarkan genre sains yang berlandas pada nilai-nilai perempuan yang antieksploitasi dan bersifat Egaliter. dan Donna Haraway. Hillary Rose.feminisme di amerika Tahun 1990 an. Sandra Harding. Gagasan tersebut mereka sebut dengan feminist sains(Feminist Science). Berangkat dari kritik tersebut. Termarginalnya peran perempuan dalam institusi sains dianggap dampak dari karakteristik patriarkal yang menempel erat dalam institusi sains. Evelyn Fox Keller. kritik feminisme masuk dalam institusi sains. .kaum feminis telah berani masuk dalam wilayah epistemologi sains untuk membongkar ideologis sains yang sangat patriarkal.

aliran-aliran feminisme FEMINISME LIBERAL Pandangan untuk menempatkan yang memiliki kebebasan secara penuh dan individual. tokoh aliran ini adalah Naomi Wolf. . perempuan harus menyiapkan diri agar mereka bisa bersaing dan punya kedudukan setara dengan laki-laki. Feminisme liberal mengusahakan untuk menyadarkan perempuan bahwa mereka adalah golongan tertindas. berkarir dengan bebas dan tidak lagi bergantung pada laki-laki. wanita-wanita tergiring keluar rumah.

. Kemungkinan dalam konteks indonesia.aliran-aliran feminisme Akar teory ini bertumpu pada kebebasan dan kesetaraan rasionalitas perempuan adalah makhluk rasional. kemampuan yang sama dengan laki-laki. reformasi hukum yang beperspektif keadilan melalui desakan 30% bagi perempuan dalam parlemen adalah kontribusi dari pengalaman feminis liberal. sehingga harus diberi hak yang sama juga dengan laki-laki.

aliran ini sebagai reaksi atas kultur seksisme atau dominasi sosial berdasar jenis kelamin di barat tahun 1960an.aliran-aliran feminisme FEMINISME RADIKAL Paham ini muncul sejak pertengahan 1970an. aliran ini menawarkan ideologoµperjuangan separatisme perempuanµ Secara historis. . utamanya melawan kekerasan seksual dan industri pornografi.

dan dikotomo privat publikµthe personal is politicalµmenjadi gagasan anyar yang mampu menjangkau permasalahan perempuan sampai ke ranah privat.relasi kuasa perempuan kepada laki-laki.aliran-aliran feminisme Feminisme radikal mempermasalahkan antara lain tubuh serta hak-hak reproduksi. seksisme.yaitu masalah yang paling tabu untuk diangkat kepermukaan publik. seksualitas termasuk lesbianisme. .

feminisme dalam islam Dikalangan umat islam. Tokoh reformis Mesir ini menekankan pentingnya anak-anak perempuan dan kaum wanita muslimah mendapatkan pendidikan formal. . wacana emansipasi pertama kali digulirkan oleh Syekh Muhammad Abduh (18491905). supaya mereka mengerti hak-hak dan tanggungjawabnya sebagai seorang muslimah dalam pembangunan Umat.

. 1991) membuktikan bahwa agama islam sangat emansipatoris. Pasca datangnya islam kaum wanita mulai diakui hak-haknya sebagai layaknya manusia dan warga negara (bukan sebagai komoditi).feminisme dalam islam Syekh Abdul Halim Muhammad Abu Syuqqah dalam karya monumentalnya. Tahriru l-mar·ah fi ·ashri r-risalah (kuwait. Beliau mendapati bahwa kedatangan islam telah menyebabkan terjadinya revolusi gender pada abad ke-7 Masehi.

feminisme dalam islam Para peneliti barat juga mendapati bahwa ternyata kaum wanita pada zaman Nabi Muhammad SAW lebih maju dan diakui hakhak asasinya dibanding masa pra Islam. Sehingga tidaklah berlebihan jika dikatakan bahwa gerakan emansipasi wanita dalam sejarah peradaban manusia sebenarnya dipelopori oleh Risalah yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. .

Ketiga: Dangkalnya pemahaman kaum feminis radikal terhadap sumber-sumber islam. Pertama:Merupakan imbas dari apa yang terjadi di negara-negara barat.feminisme radikal islam Gerakan feminisme radikal juga berpengaruh dikalangan muslim. . terutama nasib kaum wanitanya. sedikitnya ada tiga hal yang merupakan raisondetre dan melatarbelakangi munculnya gerakan feminisme radikal. Kedua: Kondisi masyarakat dinegara-negara islam saat ini yang masih terbelakang dan memperihatinkan.

pemerkosaan bahkan pembunuhan. Hasil survey di Inggris menunjukkan bahwa wanita yang bekerja full time digaji 18% lebih rendah dari kaum laki-laki dan wanita yang bekerja part time menerima upah 39% lebih rendah dari laki-laki serta tiap 10 detik terjadi kekerasan terhadap wanita berupa pemukulan.feminisme radikal islam Oleh karena itu. belum bisa menghapuskan bentuk pelecehan. . penindasan dan kekerasan terhadap perempuan. apabila di kalangan muslim pada kenyataannya masih selalu dijumpai diskriminasi terhadap perempuan. bukan agamanya. Sedangkan survey di Amerika serikat menemukan rata-rata pendapatan wanita lebih rendah 25% dari laki-laki. Bahkan gerakan feminisme di tanah kelahirannya sendiri. maka yang seharusnya dikoreksi adalah masyarakatnya.

islam digambarkan sebagai paham yang tidak berlaku adil kepada wanita. dan tidak mengakui hak-hak perempuan. Para pendukung feminisme radikal dalam islam juga latah dengan menganggap bahwa islam adalah agama yang memarginalkan. mendiskreditkan.Menjawab keraguan pendukung feminisme dalam islam Dipengaruhi oleh paham feminisme barat yang liberal dan radikal. menjadikan mereka warga kelas dua. mengebiri dan membatasi ruang geraknya .

.Diantara hal-hal yang sering diangkat sebagai tema yang berhubungan dengan pendiskreditan wanita oleh penganut feminisme dalam islam adalah: † Hukum waris † Kekuasaan talaq pada laki-laki † Poligami † Kiprah poltik perempuan † Masih banyak isu lain yang belum dapat kami bahas di sini.

.An Nisa.Masalah hukum waris Pembagian hukum waris dua berbanding satu(Qs.11) karena: Perbedaan dalam menanggung biaya hidup masing-masing secara normal Jika menikah. Sedangkan perempuan tidak memiliki kewajiban-kewajiban tersebut. kedua orang tua yang sudah tua jika hidup susah. laki-laki memberikan mahar sedangkan perempuan mendapatkan mahar meskipun si perempuan adalah orang kaya. begitu juga saudara sekandung apabila masih kecil dan tidak ada yang mengurusi mereka. Beban hidu laki-laki bertambah berat karena harus membiayai anak-anaknya.

Sebenarnya ketentuan melebihkan laki-laki atas perempuan bukan harga mati. dan kasus kalalah dalam surat an nisa ayat 12. dalam konteks tertentu bagian laki-laki dan perempuan bahkan sama. Studi kasus dalam surat an nisa ayat 11 tentang bagian 1/6 bagi bapak dan ibu yang anaknya meninggal. Bahkan dalam kasus lain bagian perempuan malah lebih besar daripada laki-laki.(studi kasus) .

maka amputasi adalah solusi untuk menghindari menjalarnya penyakit keseluruh tubuh atau untuk menghindari kerusakan yang lebih besar. . sekaligus pil pahit yang harus ditelan manakala tidak ditemukan solusi lain. Talaq tak ubahnya seperti operasi yang dilakukan pada pasien yang sakit parah. ini adalah keputusan akhir.Masalah talaq Talaq adalah hal yang halal tapi dibenci Allah.

. Suami lebih tau tentang berbagai akibat. dan jarang terpengaruh orang lain. jadi kalau keputusan ada ditangannya keputusan yang diambil tidak akan tergesa-gesa. mengayomi dll. lebih banyak sabar. pengurus.Mengapa hak talaq ada ditangan laki-laki Suami adalah pemilik. dan penanggung jawab pertama. suami pula yang memberi mahar dan segala sesuatu setelah mahar hingga melindungi.

Orang-orang amerika dan eropa selalu menyerahkan perceraian menurut pengadilan. tidak semua penyebab perceraian itu perlu di laporkan kepengadilan lantas direkayasa pengacara hingga ramai dibicarakan orang.Perceraian di pengadilan Kurang baik melimpahkan talaq atau perceraian di pengadilan. dan pengadilanpun tak henti-hentinya melayani suami isteri yang ingin bercerai. di AS angka perceraian meningkat setiap tahun hingga angka yang mencengangkan. . akibatnya perceraian semakin banyak diantara mereka.

tapi solusi terbaik untuk menghindari zina dengan banyak hikmahnya. haram hukumnya menikah lagi kalau takut tidak adil(QS.An nisa:4 & hadist Abu daud) Pemerintah atau individu tidak berhak menghapus sesuatu yang telah ada dalam kitab suci. .Masalah poligami Para orientalis barat menganggap poligami adalah bagian dalam syariat islam Dalam islam poligami hukumnya tidak wajib dan juga tidak sunnah. Adil syarat mutlak diperbolehkannya poligami. apalagi dengan argumen yang lemah.

Khalid Muhammad Khalid) . Ketika islam datang batas maksimal yang diperbolehkan adalah 4 orang. lebih lanjut tentang poligami nabi Muhammad baca: ´10 Hari bersama Rasulullahµ(DR.Poligami antara ummat terdahulu dan islam Dalam perjanjian lama disebutkan bahwa Daud as memiliki 300 orang isteri. sulaiman as memiliki 700 orang isteri. mengenai rasul menikah lebih dari 4 orang. salah satu dasarnya adalah hak preogatif yang diberikan Allah kepada beliau karena kebutuhan dakwah.

Ini jelas seperti hukuman berat bagi mereka. dan tidak ada pilihan lain diluar itu: Pertama: Menghabiskan hidup tanpa suami dan menjadi Ibu.Fakta sosial masyarakat Fakta bahwa jumlah perempuan lebih banyak daripada laki-laki. maka kemungkinan ada perempuan yang tidak mendapatkan suami. sedang mereka tidak melakukan kejahatan . dalam hal ini ada satu dari tiga pilihan bagi mereka.

Kedua: Membiarkan diri untuk memperturutkan syahwat serta manjadi mainan laki ² laki hidung belang.anak yang tidak sah menambah jumlah anak yang terbuang yang tidak mendapatkan hak ² hak materi maupun immateri. akibatnya mereka melahirkan anak. menjadi beban masyarakat dan merusak lingkungan. yakni yang memakan daging mereka lantas membuang tulangnya setelah habis kecantikan mereka. .

AlMaidah:50) .Ketiga: Terbuka untuk di nikahi laki ² laki yang mempunyai istri tetapi mampu menafkahi serta melindungi mereka dan yakin bisa berlak adil sesuai yang di perintahkan Allah SWT. Hukum manakah yang lebih baik dari pada hukum Allah bagi orang yang meyakini agamanya (Qs. itupula yang di tetapkan oleh hukum islam sebagai hukum terbaik. Jelaslah bahwa pilihan terakhir itulah sebagai solusi yang adil. sangat relevan dan obat penyembuh.

tapi kenapa hanya islam yang disorot. karena itu hanya oknum. tapi kalau diteliti lebih lanjut apa yang dilakukan umat islam tidak separah apa yang dilakukan barat tentang poligami. . atau ingin menghapus hukum poligami yang sudah jelas dalam islam.Penyalahgunaan poligami Kami tidak memungkiri bahwa umat islam saat ini banyak yang menyalahgunakan dan menyelewengkan poligami. dan kritikan yang keras. tapi hal tersebut tidak serta merta islam yang dituduh dengan tuduhah.

tetapi mengotori kesucian mereka saja setelah itu ditinggalkan dengan menanggung aib. tidak terbuka. Poligami barat dilakukan secara sembunyisembunyi. dan diam-diam. Poligami di barat tidak mengharuskan pelakunya memikul tanggung jawab nafkah isteri-isterinya.Poligami barat Poligami barat tidak menyebut perempuanperempuan sebagai isteri tapi sebagai kekasih Poligami ala barat tidak dibatasi empat perempuan. . tapi batasnya tidak ditentukan.

Poligami dikalangan mereka terjadi karena gejolak seksual dan egoisme serta lari dari tanggunjawab .Poligami barat Poligami barat tidak mengharuskan pelakupelakunya untuk mengakui anak hasil hubungannya. lepas dari perilaku moral dan rasa kemanusiaan. bahkan anak itu dianggap haram hingga hidup menjadi hina. Poligami barat tidak disebut beristri lebih dari satu.

lebih menghargai perempuan dan lebih manusiawi. Dengan demikian manakah dari dua sistem poligami diatas yang lebih dekat dengan moral.Poligami barat Hal tersebut diakui sendiri oleh beberapa penulis barat yang kritis. Tapi para pendukung feminisme radikla dalam islam malah menyerang islam dan mendukung barat. . atau lebih buruk karena syahwat.

menjadi pejabat negara. dan saling melengkapi dalam kebaikan. menjadi mitra.dll Abu hanifah membolehkan perempuan mengurusi hukum dalam hal kesaksian. Imam at Thabari dan imam ibnu hazm meperbolehkan perempuan mengurus dalam hal keuangan. Islam mebolehkan perempuan menjadi pemimpin sesuai dengan kapasitasnya. . termasuk masuk ke parlemen. tapi tidak dalam urusan pidana.Kiprah politik perempuan Laki-laki adalah pemimpin bagi perempuan. pidana dll. harta benda.

Dr.Kiprah politik perempuan Adapun larangan bagi perempuan menjadi khalifah atau kepala negar. karena perempuan tidak kuat menghadapi tekanan dan beban berat mengurusi masalah tingkat negara umumnya. dll tidak ada masalah jika mengandung maslahat.itu semata-mata untuk menempatkan perempuan sesuai kapasitasnya. Adapun perempuan jika menjadi direktur. anggota DPR. dekan fakultas. Syeikh Prof.(Fatawa Al Mu·ashiroh. menjadi menteri.Yusuf Al Qardhawi) . ketua yayasan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful